Owabong Waterpark Purbalingga: Waterpark Terlengkap Pilihan Keluarga Saat Liburan

Owabong Waterpark merupakan taman wisata bertema air yang ada di Purbalingga. Warga Purbalingga dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan waterpark ini. Owabong Waterpark ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menyajikan berbagai jenis wahana dan fasilitas di dalamnya.

Purbalingga merupakan salah satu kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Secara letak geografis, Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di sebelah utara, Kabupaten Banjarnegara di sebelah timur dan selatan, dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat dan selatan.

Purbalingga memiliki semua spot wisata alam, kecuali pantai. Di sana kamu bisa menyaksikan air terjun yang keren, beragam curug yang mempesona, dataran tinggi yang mengagumkan, atau mendaki gunung.

Wisata alam yang terhampar indah tersebut salah satunya adalah Pantai Widuri di Pemalang, Kutabawa Flower Garden, Jembatan Cinta Pring Wulung, Kampung Kurcaci, Jembatan Lampion Desa Bawahan, Gunung Sendaren, Curug Nagasari, dan Bukit Mertulu.

Selain wisata alam, di Purbalingga juga banyak terdapat tempat wisata lainnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah Owabong Waterpark.

Tempat wisata ini memiliki beragam wahana, baik wahana air atau non-air dan fasilitas yang memadai. Ditambah lagi dengan pemandangan alamnya yang indah karena berada di dekat Gunung Slamet.

Karenanya, tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Purbalingga, namun tidak menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Datanglah beramai-ramai bersama keluarga, teman, atau kerabat.

Owabong Waterpark Purbalingga, Jawa Tengah

Owabong Waterpark Purbalingga, Jawa Tengah
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

Nama Owabong Waterpark Purbalingga sebenarnya merupakan singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari yang kemudian disingkat menjadi Owabong. Penamaan ini diambil dari nama tempat waterpark ini berada, yakni di Kecamatan Bojong Sari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Wisata taman air ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di daerah Purbalingga dan sekitarnya. Konon, tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1946. Awalnya, tempat ini merupakan sebuah kolam renang pribadi yang dimiliki warga Belanda.

Seiring perkembangan zaman, pada tahun 2004, kawasan Owabong kemudian diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga dan dijadikan tempat wisata umum. Tempat wisata ini juga diperluas dari 1 hektar sehingga mencapai luas 4,8 hektar saat ini.

Kini Owabong Waterpark sudah menjelma menjadi tempat wisata kebanggaan masyarakat Purbalingga. Satu hal lagi sebagai keunikan sekaligus keunggulan waterpark ini dibanding waterpark lainnya adalah kesegaran airnya di yang dari sumber mata air Gunung Slamet. Oleh karena itu, air di tempat ini dijamin bebas kaporit dan sangat menyegarkan.

Lokasi dan Rute Owabong Waterpark Purbalingga

Lokasi dan Rute Owabong Waterpark Purbalingga

Owabong Waterpark berlokasi di Jalan Raya Owabong nomor 1, Dusun 2, Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53362. Nomor telepon: 0852 2751 1333 / 0858 9999 6967. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari kantor Bupati Purbalingga, yaitu hanya sekitar lima kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit.

Tempat wisata ini juga berdekatan SMPN 1 Bojongsari atau SDN 1 Bojongsari. Jarak dari kedua sekolah itu ke Owabong cukup dekat, yaitu kurang dari 1 km. Agar lebih jelas dan tidak nyasar ke mana-mana, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau semacamnya.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Owabong Waterpark:

Alamat: Jl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362

Harga Tiket Masuk Owabong Waterpark Purbalingga

RetribusiHarga
WeekdaysRp 25.000
WeekendRp 35.000

Agar bisa menikmati wahana yang ada di Owabong Waterpark ini, pengunjung harus membeli tiket masuk. Harga tiket masuk bervariasi, tergantung hari kedatangan.

Khusus anak berusia 3 tahun ke bawah maka tidak dikenakan tiket masuk alias free. Untuk harga tiket masuk pada weekdays atau hari Senin – hari Jumat dikenakan tiket seharga Rp 25.000 per orang.

Untuk harga tiket masuk pada weekend (hari Sabtu – hari Minggu) atau hari libur dikenakan tiket seharga Rp 35.000 per orang. Dengan tiket seharga di atas, maka harga tiket masuk ke tempat wisata ini termasuk murah dibandingkan waterpark lainnya.

Jam Operasional Owabong Waterpark Purbalingga

HariJam Operasional
Senin07.00 WIB -17.00 WIB
Selasa07.00 WIB -17.00 WIB
Rabu07.00 WIB -17.00 WIB
Kamis07.00 WIB -17.00 WIB
Jumat07.00 WIB -17.00 WIB
Sabtu07.00 WIB -17.00 WIB
Minggu07.00 WIB -17.00 WIB

Waktu operasional Owabong Waterpark ini adalah dibuka setiap hari, mulai dari hari Senin – hari Minggu. Adapun jam operasionalnya dimulai sejak pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Ragam Wahana di Owabong Waterpark Purbalingga

Banyak wahana yang ada di Owabong Waterpark ini. Tidak sekadar wahana air, terdapat banyak pula wahana non-air lainnya. Apa sajakah wahana itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Ragam Wahana di Owabong Waterpark Purbalingga
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

1. Waterboom

Wahana waterboom merupakan kolam berisi sebuah tempat seluncuran raksasa dengan ketinggian 40 kaki. Pengunjung yang ingin merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 40 kaki bisa mencoba peluncuran Capsule, Torpedo, dan Spiral. Dijamin akan bikin jantung seperti copot.

2. Kolam Sagara

Kata “sagara” berasal dari kata segara yang artinya adalah laut. Dari nama tersebut, bisa dibayangkan wahana kolam sagara tentu ada hubungannya dengan laut. Tidak salah memang karena wahana di kolam ini menghadirkan sensasi seolah-olah mereka yang berada di dalamnya tengah berenang di pantai.

Tidak hanya itu, wahana ini dilengkapi ombak yang siap menerjang saat pengunjung berenang. Ada beberapa pohon kelapa yang ada di pinggir kolam. Terasa benar-benar berada di laut.

Perbedaannya hanya satu, yaitu air di kolam ini tidak asin sebagaimana air laut. Jadi pengunjung yang berenang di wahana ini dapat lebih nyaman karena airnya tidak asin dan lengket.

Di wahana ini pengunjung Owabong Waterpark juga bisa menggunakan ban yang sudah disediakan pihak pengelola. Karena air di wahana ini dangkal, anak-anak bisa bermain dengan aman di tempat ini. Namun, orang tua atau orang dewasa harus tetap mengawasi mereka saat bermain.

Kolam Sagara
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

3. Spiral Slider

Spiral Slider adalah wahana dengan seluncuran extra besar yang ada di dalamnya. Seluncuran ini memiliki jalur melingkar dengan ketinggian mencapai 15 meter. Wahana ini memang diperuntukkan untuk pengunjung yang suka menguji adrenalin.

Untuk bermain di wahana ini, pengunjung bisa berseluncur dengan menggunakan ban atau tanpa ban. Kedua cara ini tentunya menghasilkan sensasi yang berbeda. Pengunjung Owabong Waterpark juga bisa mencoba kedua cara ini.

Saat berada di ketinggian dan sebelum meluncur, pengunjung bisa melihat dengan jelas dan menikmati indahnya pemandangan ke arah Gunung Slamet.

4. Ember Tumpah

Wahana ember tumpah merupakan favorit semua orang sehingga wahana ini hampir dipastikan selalu ada di setiap waterpark. Di wahana ini terdapat satu ember berukuran besar yang berada di ketinggian.

Setiap empat menit sekali, ember ini akan menumpahkan air yang langsung disambut teriakan kegembiraan para pengunjung yang ada di wahana ini. Terbayang kan keseruan saat air tumpah? Rasanya seperti berada di bawah air terjun. Seru sekali.

Ember Tumpah
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

5. Coralia 3

Wahana Coralia 3 merupakan wahana seluas 2.000 meter dengan aneka permainan menantang yang siap menguji adrenalin pengunjung. Karena sangat menantang, wahana ini tidak disarankan untuk anak-anak dan hanya khusus untuk orang dewasa.

Salah satu permainan di wahana ini adalah Psicobloc, yakni berupa permainan panjat dinding tanpa tali yang dibentangkan di atas kolam. Pengunjung yang mencoba permainan ini dan terpeleset maka dia akan langsung tercebur ke pada kolam.

Psicobloc adalah wahana yang jarang disediakan oleh waterpark-waterpark yang ada di tanah air dan dipercaya jika Owabong Waterpark yang merupakan waterpark pertama di tanah air yang menyediakan wahana ini.

Permainan menantang berikutnya di wahana ini adalah Highline. Permainan highline merupakan permainan berjalan di atas seutas tali yang juga berada di atas kolam. Jika tidak berhati-hati dan kehilangan keseimbangan tubuh maka siap-siap tercebur ke dalam kolam.

Permainan lainnya juga ada Russian Swing Flip yaitu wahana yang secara umum serupa dengan ayunan. Permainan ini dimulai pengunjung diayun-ayun tinggi terlebih dahulu sebelum terjun bebas ke atas air. Semakin kuat ayunannya maka tubuh pengunjung juga diputar balik sampai akhirnya terbang menuju kolam.

6. Pertunjukan Flyboard

Salah satu daya tarik Owabong Waterpark ini ialah adanya pertunjukan flyboard. Pertunjukan ini berupa wahana menaiki papan seluncur terbang yang ada di atas kolam renang.

Pertunjukan ini sangat unit bahkan menjadi salah satu wahana flyboard pertama yang ada di Indonesia. Sayangnya, pertunjukan ini terbatas pada hari tertentu saja.

Pertunjukan Flyboard
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

7. Kolam Busa

Kolam busa adalah kolam dangkal yang dipenuhi busa yang menumpuk seperti hamparan salju. Wahana ini kian seru saat air mancur menyemburkan lebih banyak busa sehingga tak heran jika wahana ini menjadi salah satu favorit anak-anak.

Di sarana ini mereka bisa bermain busa sepuasnya hingga saling ciprat dan melempar busa. Meski aman untuk anak, sebaiknya orang tua atau orang dewasa masih tetap mengawasi anak-anaknya yang bermain di wahana ini.

8. Kolam Renang Olympic

Kolam renang olympic merupakan kolam renang yang dibangun menggunakan standar atlet atau standar kolam renang olimpiade.

Untuk pengunjung yang ingin mencoba kolam ini maka haruslah mempunyai kemampuan berenang yang oke sebab jarak dan kedalaman airnya memang ditujukan untuk atlet renang.

Kolam Renang Olympic
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

9. Kolam Arus

Kolam arus merupakan wahana yang dibuat seperti sebuah sungai. Di wahana ini pengunjung akan diajak berkeliling menyusuri sungai buatan sepanjang 200 meter dengan bantuan arus buatan. Pengunjung hanya perlu duduk santai di atas ban karena ban itu akan bergerak seirama dengan arus yang membawanya.

Kolam arus ini relatif aman karena hanya memiliki kedalaman kurang dari satu meter sehingga anak-anak juga bisa ikut bermain di sini. Satu hal yang tidak kalah serunya adalah pada satu titik tertentu, pengunjung akan menemukan kejutan seperti guyuran ember tumpah.

10. Zipline Coaster

Ingin mencoba wahana yang lebih ekstrem? Cobalah Zipline Coaster. Di wahana ini pengunjung akan diajak untuk mencoba jalur roller coaster hanya dengan menggunakan tali zipline. Saat itulah pengunjung akan merasakan sensasi serunya menukik, berayun, hingga meluncur cepat dari atas ketinggian.

Zipline Coaster
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

11. Kolam Terapi Ikan

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi kaki yang dikerumuni segerombolan ikan maka bisa mencoba kolam terapi ikan. Terapi ikan ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

12. Kolam Terapi Air Hangat

Pengunjung yang ingin melakukan relaksasi, dapat mencoba terapi air hangat yang juga ada di Owabong Waterpark ini. Terapi air hangat dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

Kolam Terapi Air Hangat
(sumber gambar: GoogleMaps_Owabong Water Park Purbalingga)

13. Gokar

Selain beraneka ragam wahana air, Owabong Waterpark menyediakan ragam permainan non-air lainnya. Salah satunya adalah gokar. Di tempat wisata ini ada sirkuit gokar yang memungkinkan pengunjung ikut bermain balap sepuasnya.

Fasilitas Lainnya di Owabong Waterpark Purbalingga

Tempat wisata ini dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai. Fasilitas ini disiapkan agar para pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama bermain dan berada di tempat wisata kebanggaan masyarakat Purbalingga ini.

Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Owabong Waterpark Purbalingga, Jawa Tengah:

Fasilitas Lainnya di Owabong Waterpark Purbalingga
(sumber gambar: GoogleMaps_Vaqih Tukang Odong-odong)

1. Area Parkir yang Luas dan Aman

Owabong Waterpark Purbalingga, Jawa Tengah ini memiliki area parkir yang luas dan aman yang bisa memuat semua jenis kendaraan para pengunjung. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat parkir, terutama saat high season.

2. Gazebo

Pengunjung yang datang biasanya membawa banyak barang. Untuk itu, sudah disediakan beberapa buah gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat atau menyimpan barang-barang bawaannya. Pengunjung juga bisa menikmati wahana di tempat wisata ini dengan nyaman dan aman.

Gazebo
(sumber gambar: GoogleMaps_Nurfitria Giana)

3. Food Court

Pengunjung yang membutuhkan makanan maupun minuman bisa mendapatkannya di area food court. Di area ini tersedia berbagai macam jenis makanan dan minuman. Pengunjung juga bisa membelinya sesuai selera masing-masing.

4. Toko Suvenir

Pengunjung yang ingin membawa pulang suvenir atau cendera mata bisa mendapatkannya di toko suvenir yang ada di tempat wisata ini.

Toko Suvenir

5. Kamar Mandi

Ada fasilitas kamar mandi atau toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin membersihkan diri selesai bermain di wahana atau pengunjung yang ingin buang hajat. Kamar mandi yang tersedia cukup bersih dan terawat dengan airnya yang segar dan bersih.

6. Mushola

Untuk pengunjung Muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat, mereka tetap bisa melakukannya di tempat ini. Tersedia mushola yang cukup luas dan tempat wudu dengan air yang bersih dan segar.

Mushola

7. Spot Foto Menarik

Tersedia banyak spot foto menarik di tempat ini. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk mengabadikan momen-momen berharga saat berada di tempat ini bersama orang-orang tercinta.

Tips Berwisata di Owabong Waterpark Purbalingga

Owabong Waterpark di Purbalingga, Jawa Tengah, adalah destinasi wisata yang populer bagi mereka yang mencari kesegaran dan kegembiraan di tengah-tengah alam. Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata di Owabong Waterpark:

Tips Berwisata di Owabong Waterpark Purbalingga

    • Pastikan kondisi kesehatan kamu dan keluarga dalam keadaan prima sebelum berwisata ke tempat ini.
    • Datanglah pada waktu terbaik, yaitu saat pagi atau sore hari. Waktu terbaik yang dimaksud adalah saat cuaca sedang tidak terik.
    • Bawalah pakaian ganti secukupnya, peralatan mandi, dan jangan lupa untuk menyiapkan tas plastik yang berguna untuk menaruh pakaian yang basah dan kotor.
    • Jika membawa anak kecil, pastikan anak kamu selalu ada dalam pengawasan.
    • Jagalah kebersihan dan kerapihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori tempat wisata.
    • Selalu berhati-hati dan waspada, baik saat berada di wahana atau saat ada pada keramaian.

Rekomendasi Penginapan Dekat Owabong Waterpark Purbalingga

Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang terletak dekat dengan Owabong Waterpark di Purbalingga:

1. Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga

Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga
(sumber gambar: Agoda)

Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga menyajikan lokasi strategis di Purbalingga, membuat kamu berada dekat dengan beragam atraksi dan pilihan restoran yang menarik. Dengan peringkat bintang-4, properti ini menawarkan pengalaman berkualitas dengan fasilitas seperti kolam renang luar ruangan.

Kolam renang dalam ruangan, dan restoran yang memikat. Kamu dapat menikmati waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00. Fasilitas tambahan meliputi wifi gratis, parkir gratis, pusat kebugaran, dan masih banyak lagi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 353.283 per malam

2. Queen Garden Hotel

Queen Garden Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Queen Garden Hotel berlokasi strategis di Baturaden, bagian dari Purwokerto, memberikan akses mudah ke berbagai atraksi dan opsi restoran yang menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Bakso & Soto “Sami Asih” yang terkenal sebelum pulang.

Dengan peringkat bintang-3, hotel ini menyediakan fasilitas seperti kolam renang luar ruangan, pijat, dan restoran yang memuaskan. Kamu bisa check-in mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00. Wifi gratis, parkir gratis, serta kemudahan membawa hewan peliharaan juga tersedia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 265.000 per malam

3. RedDoorz near Alun Alun Purbalingga

RedDoorz near Alun Alun Purbalingga
(sumber gambar: Agoda)

RedDoorz near Alun Alun Purbalingga memberikan lokasi yang nyaman di Purbalingga, membawa kamu dekat dengan atraksi dan pilihan restoran yang menarik. Hotel yang simpel namun menyenangkan ini terletak di antara pertokoan di jalan yang rindang dengan pepohonan.

Dengan jarak yang dekat ke Pasar Segamas, Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, dan Jalan Nasional Rute 9, hotel ini menjadi tempat yang ideal untuk menginap. Fasilitas seperti wifi gratis, parkir gratis, dan layanan resepsionis 24 jam akan memastikan kenyamanan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 198.409 per malam

4. Green Valley Resort Baturaden

Green Valley Resort Baturaden
(sumber gambar: Agoda)

Green Valley Resort Baturaden menghadirkan pengalaman istimewa di Baturaden, bagian dari Purwokerto. Properti ini menawarkan akses mudah ke berbagai atraksi lokal dan restoran yang patut dicoba seperti Bakso & Soto “Sami Asih”.

Dengan peringkat bintang-3, resort ini menawarkan kolam renang luar ruangan, kolam renang dalam ruangan, dan restoran yang memikat. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, sementara check-out dapat dilakukan hingga pukul 12.00. Fasilitas tambahan termasuk wifi gratis, parkir gratis, ruang keluarga, dan lapangan golf untuk hiburan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 282.777 per malam

Mencoba Makanan Khas Purbalingga yang Menggugah Selera

Makanan khas Purbalingga menawarkan beragam cita rasa yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas yang patut kamu coba saat berkunjung ke Purbalingga:

Mencoba Makanan Khas Purbalingga yang Menggugah Selera

    • Buntil: Buntil adalah hidangan yang terbuat dari campuran kelapa parut, ikan teri, dan rempah-rempah lainnya yang dibungkus dengan daun pepaya dan direbus. Rasanya gurih dan lezat.
    • Sate Blater: Sate Blater adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan rempah khas dan kemudian dipanggang. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong.
    • Gulai Melung: Gulai Melung adalah gulai khas Purbalingga yang terbuat dari daging kambing dan bumbu rempah yang kaya. Rasanya gurih dan beraroma.
    • Es Durian: Es Durian adalah minuman segar yang terbuat dari buah durian yang dicampur dengan susu, gula, dan es. Cocok dinikmati sebagai penyejuk di cuaca panas.
    • Soto Kriyik: Soto Kriyik adalah sup khas Purbalingga yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas. Biasanya disajikan dengan lontong dan bawang goreng.
    • Mendoan: Mendoan adalah camilan khas Purbalingga yang terbuat dari tempe yang dilumuri adonan tepung bumbu dan digoreng hingga renyah. Rasanya gurih dan enak sebagai teman makan nasi.
    • Sroto Klamud: Sroto Klamud adalah hidangan soto khas Purbalingga yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas. Rasanya lezat dan cocok dinikmati sebagai hidangan hangat.
    • Soto Bancar: Soto Bancar adalah soto khas Purbalingga yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah kaya. Biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Berwisata ke Purbalingga memang menyenangkan dan bisa menjadi momen yang tidak terlupakan. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan banyak ragam kuliner yang penting untuk dicoba di kota tersebut. Indonesia memang terkenal dengan keindahan alam, kelezatan dan keberagaman kuliner, dan keramahtamahan penduduknya.

Oleh karena itu, untuk kamu yang akan ke Purbalingga, jangan lupa untuk memasukkan nama Owabong Waterpark sebagai salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi.

Datanglah beramai-ramai bersama keluarga, teman, atau kerabat. Rasakan sendiri keseruan saat mencoba semua wahana yang ada di tempat wisata tersebut. Dijamin kamu akan ketagihan.

You might also like