Pantai Asmara di Kalimantan Selatan: Memiliki Keindahan Alam Seromantis Namanya

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di pulau Kalimantan yang mempunyai pesisir pantai di bagian selatan wilayahnya. Salah satu kawasan pantai yang dapat menjadi objek wisata di sana ialah Pantai Asmara.

Objek wisata ini diresmikan oleh pemerintah sebagai tempat wisata sejak tahun 2006, sekitar 17 tahun yang lalu. Setelah peresmiannya kawasan ini mulai ramai pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantainya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Asmara

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Asmara
(sumber gambar: GoogleMaps_Pantai Asmara)

Jika sebelumnya Kalimantan Selatan dikenal daerah yang banyak memiliki objek wisata sungai karena daerahnya yang mempunyai sungai besar, tetapi ternyata kota ini mempunyai pantai yang indah. Pantai Asmara yang berlokasi di kecamatan Jorong, kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Untuk yang bosan dengan wisata sungai, objek wisata pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata saat ini. Berjarak sekitar 115 km dari kota Banjarmasin, wisatawan bisa menempuhnya dalam kurun waktu 2 jam 35 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Memang cukup jauh, tapi sangat layak dengan pemandangan alam yang dapat dinikmati di pantai nanti. Nama panti ini rupanya berasal dari singkatan nama wilayahnya yakni Pantai Asam-asam Muara (disingkat Asmara). Untuk menuju pantai ini dari Banjarmasin dapat menempuh perjalanan ke arah Pelaihari, lalu teruskan menuju arah Jorong atau Batulicin ikuti jalan utama saja.

Sesampai di Jorong, wisatawan dapat menemukan papan petunjuk yang bertuliskan “Pantai Asmara” di samping kanan jalan. Dari titik tersebut perjalan ke pantai tinggal sedikit lagi, sekitar 8 km saja.

Alamat: Jl. Muara Asam-Asam, Muara Asam Asam, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70881

Informasi Harga Tiket Masuk, Tiket Parkir dan Jam Operasional Pantai Asmara

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp 5.000Rp 10.000

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Asmara Kalsel, pengunjung harus membayar harga tiket masuk sejumlah 10.000 per orang dewasa. Bila pengunjung datang membawa kendaraan pribadi, karena itu harus membayar biaya parkir sejumlah 10.000 untuk mobil dan 5.000 untuk motor.

Selain HTM ada juga tambahan biaya untuk pengunjung yang ingin menaiki speed boat dengan tarif 20.000 per orang. Dengan menunggangi speedboat pengunjung dapat memacu adrenalin dan berkeliling di sekitar pantainya sambil merasakan deburan ombak yang mengguncang.

Harga di atas ialah harga yang berlaku di tahun ini, kemungkinan akan terjadi kenaikan harga setiap tahunnya. Untuk memastikan kamu bisa menghubungi pihak pengelola dan menanyakan harga tiket terbaru untuk menyiapkan budget yang benar untuk liburan.

Mengapa Harus Mengunjungi Pantai Asmara?

Setiap pantai di Indonesia mempunyai daya tarik masing-masing yang mungkin tidak ditemukan di objek wisata pantai yang lain. Hal ini karena letak geografis setiap pantai berbeda sehingga membuat pantai yang berbeda pula.

1. Memiliki Hamparan Pasir Putih yang Luas

Memiliki Hamparan Pasir Putih yang Luas
(sumber gambar: GoogleMaps_Nolianto Ananda)

Pantai di Indonesia mempunyai tipe pasir yang berbeda dimulai dari putih, cokelat, hitam dan merah semua tergantung dari letak geografis pantai itu. Nah, Pantai Asmara ini mempunyai warna pasir yang putih sehingga mempunyai nilai plus di mata wisatawan.

Pantainya luas dan berwarna putih, menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung. Pasalnya dengan warna pasir yang putih, pantai akan terlihat lebih cerah dan bersih karena warna putih ini akan memancarkan kilaunya saat terkena cahaya matahari.

Hamparan pasir putihnya luas, menambahkan daya tarik tersendiri pada objek wisata yang satu ini. Ini memungkinkan wisatawan untuk menjelajah dan menelusuri pantainya dengan nyaman.

2. Pepohonan Rindang

Pepohonan Rindang
(sumber gambar: GoogleMaps_Sainul Hermawan)

Objek wisata ini masih terbilang baru, bila dibandingkan objek wisata yang lain yang sudah populer di Kalimantan Selatan. Oleh sebab itu alamnya masih terjaga karena belum begitu dijamah oleh banyak orang. Ada banyak pepohonan rindang yang menghiasi pantainya.

Walau sebenarnya di pikiran banyak orang, pantai identik dengan panas-panasan oleh sinar matahari, tetapi tidak demikian di Pantai Asmara ini. Pepohonan rindang yang ada di tepian pantainya membuat keadaan pantai tidak sepanas itu.

Pengunjung yang tidak suka berjemur, dapat memanfaatkan pohon-pohon rindang ini untuk berlindung sambil menikmati pemandangan pantai. Selain itu banyaknya pohon rindang di pantai ini membuat suasana jadi lebih segar dipandang mata.

3. Memiliki Pelabuhan

Memiliki Pelabuhan
(sumber gambar: Google_Banjarmasin Post)

Lokasi Pantai Asmara memang dekat sama Pelabuhan batu bara, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Berkunjung ke pantai ini bisa memberi pengalaman menarik untuk menyaksikan bongkar muat batu bara di Pelabuhan besar.

Apalagi jika berwisata dengan anak-anak, maka bisa sekaligus menjadi wisata pembelajaran yang memberikan pengetahuan mengenai kapal angkut, pelabuhan besar dan tentang batu bara. Orangtua dapat memberikan pengalaman menarik untuk anak-anak apabila berkunjung ke pantai ini.

4. Area Pantai Bersih dari Batu Karang

Area Pantai Bersih dari Batu Karang
(sumber gambar: GoogleMaps_Rizki Ariani)

Selainnya pasirnya yang putih, yang menarik dari pantai ini ialah tidak ada batu karang yang berjajar di sepanjang pantainya. Hal ini jadi alasan sekaligus daya tarik kenapa wisatawan banyak berkunjung ke pantai ini.

Dengan tidak ada batu karang yang berjajar di pantainya, maka wisatawan akan merasa sangat nyaman untuk berjalan kaki menyusuri pantai atau sekadar bermain pasir di pantainya. Tidak akan ada ceritanya kaki sakit terkena batu karang saat berjalan-jalan di pantai.

Disamping itu, dengan tidak ada karang di pantai ini, membuat kesan bahwa pantai ini benar-benar bersih. Pantainya hanya berwarna biru dari airnya dan putih dari pasirnya, kesan yang ditimbulkan menjadi sangat bersih.

5. Lautnya Masih Jernih

Lautnya Masih Jernih
(sumber gambar: Google_KOMPASdotcom)

Daya tarik yang lain ialah air laut di Pantai Asmara ini termasuk masih jernih dengan warna biru yang indah. Ini jadi nilai plus tertentu untuk objek wisata pantai Asam-asam Muara ini, bila dibandingkan objek wisata yang lain.

Air laut yang jernih memperlihatkan jika tidak ada pencemaran di sana. Lautnya masih bersih dari sampah dan kotoran yang merusak kejernihan lautnya.

Dengan begitu memungkinkan biota laut di pantai ini hidup sehat dan beraneka ragam. Wisatawan dapat menikmati cantiknya biota laut dari permukaan saja, karena air lautnya yang jernih, sebuah hal yang sangat menyenangkan.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Jangan bingung mau melakukan aktivitas apa saat mengunjungi objek wisata Pantai Asmara ini, karena ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan. Apa saja aktivitas itu? Simak daftar aktivitas menariknya di bawah ini:

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan
(sumber gambar: Google_Tiketdotcom)

1. Banana Boat

Aktivitas pertama yang dapat dilakukan saat ada di kawasan pantai ini ialah banana boat. Melakukan permainan ni bersama teman-teman atau keluarga yang sudah cukup usia akan sangat menyenangkan sekaligus menegangkan.

Tentu saja untuk lakukan aktivitas ini tidak tersedia fasilitas secara gratis, tetapi pengunjung harus membayar sewa dengan tarif 20.000 per orang. Biaya yang murah untuk sebuah kesenangan yang akan didapatkan bermain banana boat ini. Oleh sebab itu jangan lewatkan kegiatan yang ini, pasti sangat menarik untuk dilakukan.

2. Snorkeling

Kegiatan menarik selanjutnya adalah snorkeling, yang memang banyak digemari oleh para wisatawan yang datang kesini. Air lautnya yang jernih dan belum terkontaminasi benar-benar memberikan dukungan untuk dilakukannya kegiatan yang satu ini. Wisatawan bisa menikmati cantiknya pemandangan bawah laut di pantai ini sambil merasakan segarnya air laut di sana.

Pemandangan eksotis di Pantai Asmara dapat dinikmati langsung dengan snorkeling di bawah air pantainya yang dangkal. Wisatawan yang menyukai berenang tentu benar-benar menyukai kegiatan snorkeling ini karena akan memberikan pengalaman yang menarik.

Snorkeling
(sumber gambar: Google_Boladotcom)

3. Hunting Foto

Wisatawan bisa juga melakukan hunting foto di berbagai spot yang ada di pantai ini. Banyak angle foto yang dapat diambil di beberapa tempat yang ada di seluruh kawasan pantai ini. Pemandangan indah yang tersaji akan sangat bagus bila didokumentasikan dalam jepretan kamera.

Selain pemandangan yang ada di permukaan, wisatawan juga bisa memotret pemandangan bawah lautnya, bila kameranya memadai. Dengan begitu wisatawan akan mendapatkan stok foto yang berlimpah. Untuk pecinta fotografi kegiatan ini akan menjadi sangat menyenangkan.

4. Piknik

Pantainya yang luas, pohonnya yang rindang memungkinkan jika wisatawan yang berkunjung melakukan piknik di sini. Apalagi bila berkunjung dengan keluarga, membawa makanan dari rumah dan alas tikar untuk duduk di pantainya pasti sangat menyenangkan.

Menggelar tikar, mengeluarkan makanan dan duduk melingkar kemudian makan bersama keluarga dapat menjadi kegiatan yang berkesan. Piknik dengan pemandangan laut yang indah di bawah pohon yang rindang akan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga.

5. Berenang

Tidak lengkap rasanya jika ke pantai tanpa melakukan aktivitas yang satu ini, yakni berenang. Pantainya yang luas, tanpa batu karang dan airnya yang jernih benar-benar mendukung aktivitas yang satu ini. Bersenanglah sepuasnya di Pantai Asmara ini dengan tetap mengindahkan peraturan yang ditetapkan pengelola.

Petugas penjaga akan menyebar di seluruh pantai untuk mengingatkan para pengunjung yang berenang. Jangan sampai lengah saat berenang, tetap waspada dan dengarkan pengumuman dari penjaga pantai.

Berenang
(sumber gambar: Google_InfoPublik)

6. Memasang Gembok Cinta

Pengelola berinisiatif untuk membuat tempat khusus untuk memasang gembok cinta. Ini karena nama pantainya yang disebut Pantai Asmara, sehingga untuk menyesuaikan dan menambahkan kesan romantis fasilitas ini juga diadakan.

Pasangan yang datang bisa memasang gembok cinta bertuliskan nama masing-masing di sana. Banyak kios yang menjual gembok cinta untuk dipasangkan. Wisatawan bisa membeli di kios-kios tersebut.

Persiapkan budget khusus untuk hal ini karena pasti harganya mahal sesuai kualitas gemboknya. Kemudian pasangkan kunci gembok yang sudah dibeli ke tempat yang telah disediakan oleh pengelola kawasan.

Fasilitas Umum yang Tersedia Bagi Pengunjung

Jika dibandingkan objek wisata lain, fasilitas Pantai Asmara memang bisa disebut masih kurang. Fasilitas umum yang ada hanya fasilitas-fasilitas standar saja, tidak ada fasilitas unggulan yang ditawarkan oleh pengelola. Berikut fasilitas yang dapat ditemukan di pantai ini:

Fasilitas Umum yang Tersedia Bagi Pengunjung
(sumber gambar: Google_Tripadvisor)
    • Parkiran: Lahan parkir ialah fasilitas umum yang selalu ada di sebuah kawasan wisata, demikian juga di pantai Asam-asam Muara ini, tersedia tempat parkir lumayan luas untuk pengunjung.
    • Warung Makan: Untuk tempat makan, tersedianya hanya beberapa warung milik masyarakat sekitar, belum ada restoran milik pengelola objek wisata sendiri.
    • Mushola: Untuk kaum muslim yang berwisata ke pantai ini tidak perlu bimbang jika melewati waktu sholat, karena telah disediakan tempat sholat untuk umum.
    • Toilet: Jumlah toilet lumayan banyak di kawasan ini, namun pengunjung diminta bayar untuk menggunakan toilet umumnya.
    • Penyewaan Speedboat: Untuk yang tertarik naik speedboat, ada tempat penyewaan speedboat di pantai ini.

Informasi Penginapan di Sekitar Pantai Asmara

Dalam kawasan Pantai Asmara memang tidak ada penginapan. Tetapi untuk yang ingin menginap jangan cemas, karena ada beberapa hotel dan penginapan di sepanjang jalan menuju lokasi wisata ini. Berikut ini beberapa tempat menginap yang bisa dijadikan referensi saat ingin menginap:

1. Ervina Homestay

Ervina Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan tinggal di Ervina Homestay dengan fasilitas Wi-Fi gratis di semua kamar. Terletak secara strategis di Pelaihari, bagian dari Banjarmasin, kamu akan mendapati diri kamu berdekatan dengan atraksi menarik dan pilihan restoran yang menggiurkan.

Pastikan kamu mengunjungi Bandara Internasional Syamsudin Noor yang terkenal sebelum melanjutkan perjalanan kamu. Fasilitas yang ditawarkan termasuk tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis di semua kamar, check-in/check-out pribadi, Wi-Fi di tempat umum, keamanan 24 jam, layanan kebersihan harian, termometer tubuh, serta dokter/perawat panggilan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 54.774 per malam

PESAN HOTEL Ervina Homestay Diskon 88%

2. Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin

Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan menginap di Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin, sebuah hotel santai di tepi sungai yang hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari Swargaloka Golf Club. Dengan lokasi yang strategis, hotel ini juga berjarak 1,3 km dari Menara Pandang Banjarmasin.

Bangunan menarik di tepi sungai dengan dua menara, serta 5 km dari Masjid Sultan Suriansyah. Waktu check-in pada pukul 14.00 dan waktu check-out pada pukul 12.00. Fasilitas populer yang bisa dinikmati termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 580.226 per malam

PESAN HOTEL Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin Diskon 72%

3. Hotel Indiana

Hotel Indiana
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman menginap yang simpel namun nyaman di Hotel Indiana, yang terletak di jalan raya utama. Dengan jarak 3 km dari Taman Burung Hutan Kota dan 6 km dari Tugu Obor, hotel ini menawarkan kemudahan akses ke berbagai atraksi. Bandara Warukin juga hanya berjarak 11 km.

Waktu check-in pada pukul 13.00 dan waktu check-out pada pukul 13.00. Fasilitas yang tersedia meliputi tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 246.400 per malam

PESAN HOTEL Hotel Indiana Diskon 55%

4. Hotel Sabumi

Hotel Sabumi
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan tinggal di Hotel Sabumi, yang terletak strategis di Loktabat Selatan, bagian dari Banjarbaru. Properti ini menempatkan kamu dekat dengan atraksi menarik dan beragam opsi restoran.

Fasilitas yang ditawarkan termasuk sarapan gratis, Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, dan AC. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman menginap yang nyaman dan penuh fasilitas di Hotel Sabumi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 261.954 per malam

PESAN HOTEL Hotel Sabumi Diskon 54%

Kuliner Lezat Khas Kalimantan Selatan di Sekitar Pantai Asmara

Jika kamu berkunjung ke Sekitar Pantai Asmara di Kalimantan Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner lezat khas daerah tersebut. Berikut adalah beberapa hidangan yang patut dicoba:

Kuliner Lezat Khas Kalimantan Selatan di Sekitar Pantai Asmara
(sumber gambar: Google_detikFood)
    • Soto Banjar: Rasakan kelezatan Soto Banjar, semangkuk sup tradisional dengan bumbu khas Kalimantan Selatan. Dengan cita rasa yang kaya dan aroma rempah yang menggoda, Soto Banjar pasti memuaskan selera kamu setelah bersantai di Pantai Asmara.
    • Lempeng Pisang: Cicipi lempeng pisang, camilan ringan yang terbuat dari pisang yang dipadatkan dan dipanggang. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk menemani momen santai kamu di sekitar pantai.
    • Patin Bakar: Jika kamu menyukai hidangan laut, Patin Bakar adalah pilihan yang tepat. Ikan patin segar dibumbui dan dipanggang dengan cita rasa khas Kalimantan Selatan. Nikmati sensasi rasa yang unik dan kelezatan daging ikan yang lembut.
    • Nasi Goreng Kambing: Cobalah Nasi Goreng Kambing yang khas daerah ini. Dengan rempah-rempah yang melimpah, nasi goreng ini dijamin menggugah selera kamu. Paduan antara daging kambing dan bumbu-bumbu tradisional menciptakan hidangan yang lezat dan berkesan.
    • Dadiah Martabak: Sajian manis untuk penutup, Dadiah Martabak adalah pilihan yang cocok. Martabak manis yang diisi dengan dadiah (susu fermentasi) memberikan pengalaman rasa yang unik dan menyegarkan.
    • Manday: Manday adalah makanan tradisional dari Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cimpedak yang digoreng dengan rempah-rempah khas Kalimantan.
    • Buras: Buras adalah nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang dan kemudian dikukus. Isi buras bisa bermacam-macam, mulai dari daging, ikan, hingga sayuran. Biasanya dimakan dengan sambal atau lauk-pauk lainnya.
    • Pundut: Pundut adalah makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan, yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah dan kemudian dibentuk bulat dan dibungkus daun pisang sebelum dipanggang.

Kesimpulan

Bila ingin bermalam saat ke Pantai Asmara ini, sudah pasti harus menyiapkan budget khusus. Apalagi bila pergi bersama keluarga maka budget untuk sewa kamar tentu saja akan bertambah.

Informasi lengkap mengenai Pantai Asmara di atas semoga bisa menjadi referensi untuk yang ingin liburan di Kalimantan Selatan, Banjarmasin dan sekitarnya. Akan selalu menarik menikmati objek wisata pantai di Indonesia ini, karena setiap wilayah mempunyai keunikan pantai yang berbeda-beda.

Wisatawan tidak bosan menikmati pantai-pantai di Indonesia dengan daya tariknya masing-masing. Hal ini yang membuat objek wisata pantai tidak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun. Maka akan sangat menarik membuat rencana liburan ke Pantai Asmara bersama keluarga dan orang terdekat.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like