Kunjungi Pantai Ayah di Kebumen: Melihat Pemandangan Indah Perpaduan Antara Hutan dan Laut

Pantai Ayah adalah pantai yang terletak di Kebumen. Objek wisata pantai ini mempunyai pemandangan yang benar-benar unik dan tidak biasa jika dibandingkan pantai lainnya di Indonesia atau di Jawa Tengah khususnya.

Keindahan yang ditimbulkan merupakan hasil dari perpaduan antara hutan dan lautan. Komposisi geografis pantai seperti ini mungkin tidak ditemukan di mana pun di Jawa Tengah. Kondisi hutan yang asri memberi warna tersendiri bagi pemandangan Pantai Ayah ini.

Sejarah Pantai Ayah di Kebumen

Sejarah Pantai Ayah di Kebumen
(sumber gambar: Google_Rumah Pendidik)

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau nama asli dari Pantai Ayah ialah pantai Logending. Nama itu bukan sembarang nama, tetapi ternyata ada sejarah dibalik nama Logending itu. Nama Logending ini ternyata terdiri dari 2 kata yakni Lo dan Gending.

Setiap kata itu mempunyai makna dan arti tertentu yang dari Bahasa Jawa. Kata Lo yang merupakan sebutan untuk pohon yang terdapat disekitaran pantai. Dan Gending dapat di definisikan instrument musik yang berasal dari jawa.

Pada jaman dahulu, rupanya kawasan pantai Logending ini adalah lokasi pertahanan tentara Belanda dan Jepang. Ini bisa dilihat dari keberadaan benteng yang ada di sekitar hutan jati Logending. Lokasi ini dipakai sebagai tempat persembunyian untuk bala tentara Belanda dan Jepang.

Nah, mengapa saat ini pantai ini disebut “Pantai Ayah”? Ini karena lokasinya yang berada di jalan Ayah. Sampai sekarang ini pantai ini dikenal dengan nama itu, hanya warga setempat yang tetap menyebutnya pantai Logending. Itulah sejarah singkat dari pantai yang terkenal di Kebumen ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ayah di Kebumen

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ayah di Kebumen
(sumber gambar: Google_Pinhome)

Pantai kebanggaan kebumen ini berlokasi di jalan Ayah-Karangbolong, Logending, kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah. Keindahan pantai Logending/ Ayah dapat dinikmati setelah menempuh 68 km dari pusat kabupaten Kebumen. Posisi pantau berada di 8 km sebelah selatan gua Jatijajar.

Akses menuju Pantai Ayah termasuk gampang untuk dilalui, jika kamu datang dari Yogyakarta atau dari timur. kamu dapat melalui jalur selatan ke Gombong, selanjutnya langsung belok ke selatan yaitu arah kecamatan Ayah.

Rute lain jika kamu datang dari Purwokerto (arah Barat), maka tinggal ke arah timur menuju Gombong sampai menemukan gapura wisata yang letaknya di kanan jalan. kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Goa Jatijajar, pantai ini searah dengan lokasi goa ini, ikutinya saja petunjuk arahnya.

Alamat: Hutan, Argopeni, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Informasi Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Ayah

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Senin24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 10.000Rp 15.000

Untuk kamu yang ingin melakukan liburan tapi memiliki budget terbatas, pantai ini bisa menjadi tujuan wisata hemat kamu bersama orang-orang terdekat. Ini karena harga tiket masuk ke objek wisata ini terbilang sangat murah yaitu, hanya 5.000 per orang. Kemudian untuk sewa perahu tarifnya ialah 5.000 per orang.

Di harga tiket masuk yang sangat murah itu, pengunjung bisa menikmati fasilitas-fasilitas umum yang ada di sana. Pantai Ayah memang tujuan yang pas untuk wisatawan yang ingin menikmati berlibur tanpa merogoh kantong terlalu dalam.

Fasilitas Umum yang Tersedia di Pantai Ayah

Sepintas pantai ini terlihat sangat teratur dan rapi, hingga bisa membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Di Pantai Ayah disediakan beragam fasilitas umum oleh pengelola kawasan untuk memberikan kenyaman pada pengunjung, berikut ini fasilitasnya:

Fasilitas Umum yang Tersedia di Pantai Ayah
(sumber gambar: Google_JALAN JALAN MAKAN MAKAN)
    • Tempat Parkir Kendaraan: Pengunjung bisa merasa tenang selama berada di pantai ini untuk berwisata, karena kendaraan bisa diparkir aman di tempat yang sudah disediakan pengelola.
    • Musholla: Jangan cemas akan ketinggalan waktu sholat selama berwisata di pantai ini, karena ada mushola yang disiapkan untuk melakukan beribadah selama liburan.
    • Tempat Makan: Untuk pengunjung yang merasa lapar, ada beberapa tempat makan yang dapat didatangi.
    • Toilet: Ini adalah fasilitas umum paling penting di mana pun berada, di Pantai Ayah ada toilet yang memadai untuk para wisatawan yang datang berkunjung.
    • Gazebo: Fasilitas ini bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, sekaligus menikmati pemandangan pantai. Ada banyak gazebo yang ada di tepi pantai bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.
    • Playground Anak: Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, tidak perlu cemas anak akan bosan, karena ada playground untuk anak-anak di sini.

Apa Saja Daya Tarik di Pantai Ayah?

Selain fasilitas yang lengkap, yang menjadi pertimbangan wisatawan berkunjung ke Pantai Ayah ialah daya tariknya yang mempesona. Pemandangan unik dan lain daripada yang lain kamu akan temukan setelah berkunjung ke pantai ini. Berikut daya tariknya yang begitu menarik untuk dinikmati:

1. Garis Pantainya Panjang

Garis Pantainya Panjang
(sumber gambar: GoogleMaps_Je)

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, jarak antara air laut dan pasir pantainya cukup panjang. Jadi area pantai yang berpasir cukup luas untuk pengunjung yang ingin sekedar duduk di pantai sambil menikmati deburan ombak yang pecah di pantai.

Warna pasir di pantai ini adalah hitam kecoklatan, meski begitu pasir pantainya terbilang cukup bersih. Tidak tampak sampah atau kotoran yang terdapat di pinggir pantainya atau di atas pasirnya. Jadi walaupun warna pasirnya gelap, tetap saja terlihat bersih.

Warna pasir yang gelap menambah suasana eksotis pada pantai ini dan tetap menarik pengunjung untuk datang. Apalagi ketika musim berlibur datang atau saat akhir pekan pasti jumlah pengunjung melonjak memenuhi pantai.

2. Pemandangan Hutan Di Sekelilingnya

Pemandangan Hutan Di Sekelilingnya
(sumber gambar: GoogleMaps_Sri Warsono)

Hal yang membuat Pantai Ayah ini menjadi unik dengan adanya hutan jati yang mengelilingi pantainya. Ini merupakan pemandangan berbeda jika melihat pantai pada umumnya, pantai umumnya berada di dataran rendah yang dikelilingi pohon kelapa, tetapi tidak demikian dengan pantai ini.

Pantai ini dikelilingi oleh hutan pohon jati milik perhutani, membuat pemandangan di sini jadi sangat cantik. Pemandangannya adalah perpaduan di antara hijaunya hutan dan birunya lautan lepas, benar-benar indah luar biasa. Udaranya sejuk tidak begitu panas seperti pantai pada umumnya. Pengunjung pasti senang berlama-lama berada di pantai ini.

3. Indahnya Samudera Hindia

Indahnya Samudera Hindia
(sumber gambar: GoogleMaps_KOPI HITAM)

Pantai ini sangat terkenal di Kebumen, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata utama masyarakat Kebumen dan sekitarnya. Wilayah lautnya memang bersebelahan langsung dengan samudera Hindia atau laut lepas, yang terkenal dengan keindahan ombaknya yang tinggi, Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung.

Wisatawan bisa melihat ke laut lepas secara langsung dari pantai Logending ini. Pemandangan yang sungguh menenangkan sekaligus menyenangkan ini bahkan mampu memberi energi positif untuk siapa pun yang melihatnya. Jika kamu berada di kebumen, memang wajib untuk membuat rencana liburan kesini untuk melihat pemandangan tersebut.

4. Terdapat Muara Sungai

Terdapat Muara Sungai
(sumber gambar: Google_PPDI KEBUMEN)

Daya tarik atau keunikan lain yang dapat ditemukan di Pantai Ayah ialah muara sungai di pantai ini. Sungai itu bernama sungai Bodo, yang merupakan aliran sungai pembatas antara kabupaten Kebumen dan kabupaten Cilacap. Sebuah fenomena geografis yang unik karena hutan, sungai dan lautan bertemu pada satu tempat.

Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan lama sekaligus keunikan alam di pantai ini. Lokasi sungai di sini dikelilingi oleh pepohonan rindang membentuk tempat yang sangat sejuk untuk pengunjung.

5. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik
(sumber gambar: Google_Pariwisataku)

Pantai ini penuh dengan daya tarik yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Wisatawan harus mendokumentasikannya dengan lensa kamera agar bisa dijadikan kenang-kenangan. Banyak spot yang dapat menjadi objek pengambilan foto selama berada di Pantai Ayah.

Ada samudera Hindia yang biru, ada sungai yang mengalir sampai ke laut, delta sunga Bodo, hutan jati yang teduh dan masih banyak lagi pemandangan lainnya. kamu jangan melupakan tiap-tiap inchi tempat ini untuk dijadikan objek foto.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Ayah

Untuk wisatawan tidak perlu bingung harus melakukan apa saat di Pantai Ayah, karena banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat liburan kesini. Berikut daftar aktivitas menarik yang dapat dilakukan wisatawan:

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Ayah
(sumber gambar: GoogleMaps_lee suganda)

1. Berenang

Ke pantai tapi tidak berenang memanglah tidak akan lengkap rasanya. Untuk wisatawan yang berkunjung, berenang pasti masuk daftar aktivitas yang perlu dilakukan saat mengunjungi Pantai Ayah ini. Tetapi harus diingat, pantai ini berbatasan langsung dengan samudera Hindia, sehingga memiliki ombak yang cukup besar.

Oleh sebab itu berenanglah dalam kawasan yang saudah ditentukan oleh pengelola. Ikuti aturan-aturan yang berlaku di pantai ini agar keselamatan tetap terjaga. Ombak bisa datang dan pergi, di saat tertentu bahkan bisa lebih tinggi. Jadi harus tetap waspada dan perhatikan jarak amannya dalam berenag.

2. Menikmati Pergantian Hari

Untuk kamu yang berkunjung ke pantai bersama pasangan, ada momen romantis yakni saat penggantian hari datang. Menikmati sunset bersama pasangan bisa menjadi momen indah yang tidak dapat dilupakan.

Apalagi sunset di pantai ini benar-benar cantik, saat matahari tenggelam di cakrawala akan membuat suasana menjadi sendu dengan cahaya kuning keemasan semburat di langitnya.

Cahaya mataharinya yang jingga menerangi air laut di bawahnya, hingga membuat semua pemandangan saat itu juga berubah menjadi romantis. Jika pergi ke pantai ini jangan sampai melewati momen sunsetnya, karena akan sangat disayangkan.

Menikmati Pergantian Hari
(sumber gambar: GoogleMaps_Rachmat Aji Pambudhi)

3. Bersantai Ria

Wisatawan yang pergi ke pantai ini kadang hanya ingin bersantai sekalian menikmati pemandangan yang disuguhi alam di depan mata. Keinginan ini juga didukung oleh situasi dan kondisi yang ada di pantai ini.

Jika berwisata bersama keluarga, dapat memanfaatkan fasilitas gazebo yang ada untuk bersantai, sambil mengawasi anak-anak bermain di pantai atau di playground. Hal ini akan sangat menyenangkan. Bisa juga dengan bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut lepas lengkap dengan hutan jati disekelilingnya.

4. Berfoto

Sudah dijelaskan di atas jika banyak spot foto menarik di Pantai Ayah ini, jadi berfoto-foto adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan yang berkunjung. Bergantian memfoto atau berselfie ria bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan.

Imbuhkan stok foto di HP dan kamera yang kamu bawa, untuk bahan update di sosial media. Jangan lewatkan satu momen juga tanpa berfoto, agar kamu mendapatkan kenangan dari liburan di tempat ini.

Berfoto
(sumber gambar: Google_Solotrust)

5. Mengelilingi Hutan

Jika kamu termasuk pecinta alam, mengelilingi hutan jati yang terdapat disekitaran pantai bisa menjadi opsi kegiatan menarik yang dapat dilakukan. Namun perlu diketahui jika wisatawan dapat mengunjungi wilayah hutan jati bagian selatan saja.

Bukan hanya pohon jati, wisatawan bisa juga melihat hutan mangrove di pinggir pantai. Sebuah hutan yang dibuat untuk melindungi pantai dari abrasi gelombang laut. kamu bisa menikmati keindahan dua hutan itu jika berada di pantai Logending ini.

6. Menyusuri Sungai

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat dilakukan ialah menyusuri sungai. Kegiatan ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang. Sepanjang menyusuri sungai, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat menyegarkan mata di sekelilinginya. Merasakan kesegaran sungai secara langsung sambil berjalan-jalan akan menyenangkan untuk dilakukan.

Tapi tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku untuk keselamatan. Jangan melakukan aktivitas ini saat musim penghujan datang karena akan beresiko. Ijinlah dahulu pada penjaga pantai saat sebelum melakukan aktivitas ini agar keselamatan tetap terjamin.

Menyusuri Sungai
(sumber gambar: GoogleMaps_Azzam Najib Habibie)

7. Berwisata Kuliner

Setiap wilayah pasti mempunyai kuliner khasnya masing-masing, demikian pula di sini. kamu dapat mencoba kuliner yang berada di beberapa warung masyarakat yang ada di sekitar lokasi wisatanya. Menikmati makanan dengan kearifan lokal Kebumen yang ada di sana.

Dengan demikian kamu akan mendapatkan referensi citarasa makanan yang baru untuk dinikmati. Mencoba rasa makanan yang baru pasti sangat menyenangkan, apalagi untuk penyuka kuliner nusantara.

8. Berburu Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh selesai berwisata seperti kewajiban yang tidak tertulis. Oleh sebab itu berburu oleh-oleh memang seharusnya dilakukan saat berwisata. Di Pantai Ayah wisatawan dapat berburu oleh-oleh hasil tangkapan nelayan setempat. Aneka ikan segar umumnya dijual harga yang lebih murah dibandingkan di kota.

Kegiatan ini selain dapat mendapatkan kualitas bahan makananan yang bagus, kamu membantu ekonomi nelayan setempat. Temukan rumah pelelangan yang ada di dekat pantai untuk mendapatkan ikan laut segar yang kamu inginkan.

Berburu Oleh-oleh
(sumber gambar: Google_GenPIdotco)

9. Naik Perahu

Menyusuri pantai dengan menaiki perahu nelayan bisa menjadi kegiatan wisata yang sangat menyenangkan. Kamu dapat menelusuri sungai yang mengalir ke lautan dengan menyewa perahu nelayan yang ada di sana.

Menikmati indahnya pemandangan hutan disekitaran sungai dari atas perahu dapat menjadi pengalaman yang berkesan. Sewa perahu di sini sangat murah tidak menghabiskan banyak biaya. Oleh sebab itu akan sangat disayangkan bila tidak mencobanya.

10. Berkemah

Dengan pantainya yang luas akan memungkinkan untuk melakukan aktivitas ini bersama keluarga atau beberapa teman. Bawa alat-alat kemah dari rumah dan mendirikan tenda di tepi pantai bisa menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan.

Tetapi harus diingat, ijinlah dahulu kepada pihak pengelola untuk melakukan aktivitas berkemah ini. Dan yang juga sangat penting, tetap menjaga kebersihan pantai degan membersihkan semua sampah dan kotoran setelah berkemah. Jangan lakukan pembakaran yang tidak diperlukan supaya tidak ada kebakaran, karena posisi pantainya dekat dengan hutan.

Berkemah
(sumber gambar: Google_Suara Purwokerto)

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Ayah Kebumen di Kebumen

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan yang dekat dengan Pantai Ayah di Kebumen:

1. RedDoorz near Goa Jatijajar 2

RedDoorz near Goa Jatijajar 2
(sumber gambar: Agoda)

Terletak strategis di Kebumen, properti ini berada di bagian yang menyenangkan dari Kebumen, menjadikannya pusat atraksi dan pilihan restoran menarik. Dengan waktu check-in yang nyaman pukul 14.00, RedDoorz near Goa Jatijajar 2 menawarkan fasilitas populer, termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 127.512 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz near Goa Jatijajar 2 Diskon 79%

2. OYO 93025 Surya Abadi Homestay Syariah

OYO 93025 Surya Abadi Homestay Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Menawarkan Wi-Fi gratis di semua kamar, OYO 93025 Surya Abadi Homestay Syariah memiliki lokasi yang strategis di Karangputat, area yang penuh dengan daya tarik dan opsi restoran menarik. Fasilitas yang disediakan meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, layanan kamar, WiFi di tempat umum, keamanan 24 jam, dan layanan kebersihan harian.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 165.311 per malam

PESAN HOTEL OYO 93025 Surya Abadi Homestay Syariah Diskon 76%

3. Hotel Wisma CK

Hotel Wisma CK
(sumber gambar: Agoda)

Terletak strategis di Kebumen, Hotel Wisma CK adalah properti yang memberikan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Waktu check-in yang fleksibel pukul 13.00 dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 166.050 per malam

PESAN HOTEL Hotel Wisma CK Diskon 78%

4. Candisari Hotel & Resto

Candisari Hotel & Resto
(sumber gambar: Agoda)

Sebuah hotel sederhana yang dikelilingi oleh taman yang hijau dan pohon palem, Candisari Hotel & Resto berjarak 20 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Karanganyar. Terletak 8 km dari air terjun yang indah di Curug Pandansari dan 9 km dari Alun-Alun Kota Kebumen, yang merupakan taman kota. Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, AC, dan Wi-Fi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 300.000 per malam

PESAN HOTEL Candisari Hotel & Resto Diskon 77%

5. Hotel Ungu

Hotel Ungu
(sumber gambar: Agoda)

Sebuah hotel budget yang berada di bangunan berwarna di Jalan Nasional Rute 3, Hotel Ungu berjarak 3 km dari stasiun kereta Kebumen, 4 km dari mal RITA Pasaraya, dan 6 km dari taman Alun-Alun Kota Kebumen. Dengan waktu check-in pada pukul 11.00 dan waktu check-out pada pukul 12.00, fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 245.300 per malam

PESAN HOTEL Hotel Ungu Diskon 60%

Mencoba Kuliner Khas Kebumen di Sekitar Pantai Ayah

Pantai Ayah di Kebumen, Jawa Tengah, dikenal dengan keindahan alamnya dan tentu saja keberagaman kuliner lokalnya. Berikut beberapa kuliner khas Kebumen yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sekitar Pantai Ayah:

Mencoba Kuliner Khas Kebumen di Sekitar Pantai Ayah
(sumber gambar: Google_cookpaddotcom)
    • Gulai Ikan Nila: Kebumen dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Gulai ikan nila adalah hidangan khas yang menggunakan ikan nila sebagai bahan utama, dimasak dengan bumbu rempah yang kaya rasa.
    • Gethuk Lindri: Makanan ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut. Gethuk Lindri biasanya diberi taburan kelapa parut di luar dan gula merah di dalamnya. Rasanya manis dan lezat.
    • Sate Ambal: Sate ini terbuat dari daging ayam atau kambing yang ditusuk dan dipanggang dengan bumbu kacang khas. Sate Ambal biasanya memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari sate pada umumnya.
    • Sego Abang: Sego Abang adalah nasi kuning khas Kebumen yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti telur, ayam, tahu, tempe, dan sambal. Nasi kuning ini biasanya dihidangkan dalam acara-acara spesial.
    • Liwet Kebumen: Liwet adalah hidangan nasi yang disajikan dengan aneka lauk dan disiram dengan kuah santan. Liwet Kebumen memiliki cita rasa yang khas dan biasanya disajikan dalam acara-acara besar.
    • Es Dung-Dung: Minuman tradisional ini terbuat dari campuran sirup, air kelapa, dan es serut. Es Dung-Dung adalah minuman segar yang cocok dinikmati di pantai.
    • Jenang Greng: Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan kelapa dan gula kelapa. Jenang Greng biasanya disajikan dalam acara-acara tertentu dan memiliki rasa yang lezat.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai objek wisata Pantai Ayah, dimulai dari sejarahnya sampai fasilitas yang ada di sana. Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini, dipastikan wisatawan tidak kecewa bila mengunjunginya.

Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai ini bersama rekan dan handai taulan. Oleh sebab itu cepat jadwalkan liburan kamu bersama rekan atau sanak saudara, dan tentukan Pantai Ayah sebagai salah satu daftar objek wisata yang perlu dikunjungi.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like