Kegiatan Seru di Pantai Bali Lestari Sumatera Utara yang Harus Kamu Coba

Kegiatan Seru di Pantai Bali Lestari Sumatera Utara yang Harus Kamu Coba (sumber: Google Maps: Maden Aja)

Tahukah kamu bahwa terdapat pantai di Sumatera Utara yang memiliki nuansa seperti berada di pulau Dewata, yaitu pantai Bali Lestari. Awalanya lokasi ini bernama pantai lestari indah, tetapi pihak mengelola mulai lakukan perubahan besar, peralihan berikut yang pada akhirnya mengubah ide dari tempat ini jadi mirip dengan tujuan rekreasi pantai yang berada di pulau Dewata, Bali.

Perubahan pada ide pantai disambut baik oleh warga dan memulai menarik perhatian para wisatawan, mereka tidak perlu lagi jauh-jauh menuju pulau Dewata.

Semua ornamen, desain bangunan, dan dekorasi outdoor di pantai ini dibuat semirip mungkin dengan pantai-pantai ciri khas Bali.

Aksen khas Bali seperti gapura besar berbentuk candi, terpampang jelas di area pintu masuk pantai. Ingin tahu semirip apa pantai Bali lestari dengan pulau Dewata? Yuk kita baca bersama-sama penjelasannya:

Daya Tarik Pantai Bali Lestari yang Serupa dengan Pulau Dewata

Begitu masuk daerah pantai, kamu akan secara langsung merasakan kesegaran hembusan angin laut dan kesejukan tanaman-tanaman rindang di tepi pantai.

Daya Tarik Pantai Bali Lestari yang Serupa dengan Pulau Dewata
Daya Tarik Pantai Bali Lestari yang Serupa dengan Pulau Dewata (sumber: Instagram @pantaiwisatabalilestari)

Hamparan pasir putih yang bersih juga siap memanjakan kaki dan mata kamu. Dari kejauhan akan langsung terlihat daya tarik birunya air laut dengan gelombang ombak yang cukup tenang.

Sekitaran daerah pantai Bali Lestari juga dikitari oleh perbukitan hijau yang terlihat fresh dan memanjakan mata.

Sobat wisata bisa nikmati jernihnya air laut sembari jalan kaki menyusuri bibir pantai yang diselimuti pasir putih.

Struktur pasir di pantai ini cukup lembut hingga benar-benar aman dilalui kaki telanjang.

Ternyata, pengunjung bisa menanjak ke perbukitan yang ada disekitaran pantai loh! Disebelah bukit ada anak tangga yang dibuat dari kayu kokoh, diperuntukkan untuk pengunjung yang ingin nikmati pemandangan pantai dari atas bukit.

Pemandangan di atas bukit akan membuat kamu terpesona, hamparan air laut dan garis pantai akan kelihatan jelas, jarak pandang kamu semakin lebih luas dibandingkan cuma menyaksikan dari bibir pantai.

Pepohonan yang lebih tinggi dan teduh membawa kesan sejuk, walaupun kamu tiba pada siang hari tetapi sinar matahari tidak membuat kamu kepanasan.

Jumlah tanaman di pantai ini cukup banyak, hingga benar-benar cocok sebagai lokasi berpiknik, sekalian mengawasi anak-anak bermain air di pinggir pantai.

Aktivitas Hebat di Pantai Bali Lestari

Selain nikmati keelokan alam seperti pulau Dewata, kamu bisa melakukan beragam kegiatan hebat yang mengasyikan.

Kegiatan disekitaran pantai bisa dinikmati untuk berbagai usia, dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga sampai lanjut usia, sehingga tempat rekreasi ini benar-benar pas untuk tujuan berlibur keluarga.

Daripada ingin tahu apa sih kegiatan yang ditawarkan pantai Bali Lestari ini? Berikut daftarnya:

1. Nikmati Wahana Air

Nikmati Wahana Air
Nikmati Wahana Air (sumber: Instagram @steven.visual)

Pantai Bali Lestari populer dengan wahana air yang cukup lengkap loh! Untuk kamu yang suka menguji adrenalin, tidak ada kelirunya mencoba beberapa sarana disini.

Salah satu sarana yang paling populer ialah Jetski, kamu bisa ajak anak-anak ikut bermain tetapi dengan didampingi oleh lifeguard.

Jika kamu telah berpengalaman dan pernah mengendarai Jetski sebelumnya, maka diperkenankan untuk berkendara sendiri mengelilingi perairan laut disana.

Umumnya wahana Jetski ini bisa dinaiki maksimal 2-3 orang.

Ingin semakin banyak rekan saat nikmati wahana air? Maka jawabnya ialah banana boat! Selain Jetski, di sini ada permainan banana boat yang tidak kalah mengasyikan.

Berbeda dengan Jetski, banana boat ini benar-benar pas buat kamu yang tidak berani sendiri saat ada di tengah laut.

Banana boat bisa diisi oleh 8 penumpang, jadi kamu bisa ajak teman dekat dan keluarga bersama berpetualang di tengah-tengah laut.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Selain menikmati sarana water sport, kamu bisa bermain air dengan rileks sembari berenang.

Berenang dan Bermain Pasir

Kegiatan satu ini pasti benar-benar disukai oleh anak-anak dan orang dewasa yang cuma ingin berendam, rasakan kesegaran air laut sekalian sesekali rasakan gulungan ombak yang ramah.

Ada tempat khusus di sisi pantai yang diperuntukkan untuk anak-anak dan pengunjung yang cuma ingin berendam.

Tempat ini semakin aman dan tidak digabung area water sport, jadi kamu tak perlu khawatir dengan keamanannya.

Sekitaran tempat berenang dipasang pagar pembatas, hingga tidak terkena ombak besar saat pantai mulai pasang.

Jenuh berenang? kamu bisa menepi sesaat di bibir pantai sekalian bermain pasir. Jalan sedikit ke sisi pantai lainnya, kamu akan temukan hamparan pasir putih yang lembut dan bersih.

Bahkan lokasi ini lebih sepi dibanding area berenang, di sini kamu bisa membuat istana pasir atau sekadar menyaksikan kulit kerang dan hewan laut yang terdampar.

Pastikan saat bermain pasir, kamu mencari lokasi yang lebih sepi ya!. Ini karena disekitaran pantai ada penyewaan kuda, dicemaskan kamu akan terkena kuda-kuda yang lewat.

Garis pantai di sini begitu panjang jadi ada banyak lokasi yang aman untuk membangun istana pasir.

3. Sewa Kuda

Sama seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, jika di pantai Bali lestari ada persewaan kuda.

Sewa Kuda

Coba menunggangi kuda berkeliling-keliling daerah pantai akan memberikan pengalaman tidak terlewatkan dan seru.

Jika kamu takut dan baru pertama kalinya menunggang kuda, alangkah baiknya jika bilang ke pemandu.

Nanti, pihak pemandu akan menemani kamu selama jam persewaan. Kamu akan bebas berkeliling-keliling pantai menggunakan kuda yang dipilih.

Pemandu juga akan senang hati mengantarkan dan mengambil gambar saat kamu menunggang kuda. Kamu akan dibawa menyusuri sepanjang bibir pantai.

Sensasi naik kuda di pantai akan terasa sangat berbeda saat menjelang sore hari, kamu akan melihat matahari terbenam sekalian naik kuda dan mengambil gambar aesthetic.

Jika kamu ingin sewa kuda di jam-jam tertentu, lebih bagus konfirmasi lebih dulu, supaya pihak pengurus penyewaan mempersiapkan kuda yang akan kamu tumpangi.

4. Nikmati Paralayang Pantai

Wahana memacu adrenalin lainnya yang ada di pantai Bali Lestari yakni paralayang pantai!

Nikmati Paralayang Pantai

Wah tentu menegangkan sekali ya terbang pada ketinggian dengan pemandangan bagian bawah laut lepas.

Sayangnya, bila ingin coba sarana satu ini kamu harus sudah berpengalaman, bila belum maka wajib ditemani oleh lifeguard.

Mencoba sarana satu ini dijamin tidak membuat kamu menyesal, kamu akan dibawa berkeliling-keliling udara melewati hamparan pasir putih pantai.

Kamu akan merasakan kesan yang luar biasa saat ada di tengah laut lepas. Untuk kamu yang mempunyai phobia pada ketinggian, benar-benar tidak dianjurkan untuk coba sarana ekstrim satu ini karena dikhawatirkan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan.

5. Berburu Spot Foto Nuansa Bali

Populer dengan nuansa pantainya yang serupa dengan pantai pulau dewata, sayang sekali bila kamu tidak mendokumentasikan momen sepanjang ada disini.

Berburu Spot Foto Nuansa Bali
Berburu Spot Foto Nuansa Bali (sumber: Instagram @meggiyin)

Ada banyak spot foto instagramable dan kekinian, seperti satu diantaranya ialah gazebo warna hijau yang bisa ditemui di pinggir pantai.

Gazebo itu sangat unik, sebelah kiri gazebo ada pohon kelapa yang menjuntai hingga benar-benar bagus untuk jadi background foto.

Selanjutnya adalah lokasi yang ada banyak payung berwarna-warni. Sisi belakang akan terlihat ukiran barong ciri khas Bali yang hendak menambahkan kekhasan dari foto kamu.

Spot payung dan barong itu adalah yang terfavorit, karena benar-benar seperti ornamen Bali, hingga orang awam tidak menduga jika foto tersebut diambil di pulau Sumatera.

Spot foto yang tidak kalah menarik lainnya ialah pada tempat gapura pintu masuk pantai.

Gapura selamat datang di pantai Bali Lestari dibikin sedemikian rupa agar serupa dengan gapura candi yang berada di pulau Dewata.

Siapa saja yang menyaksikan foto kamu waktu ada di gapura ini pasti mengira jika foto tersebut diambil di Bali.

6. Santai Nikmati Sunset

Menyaksikan matahari terbenam ialah peristiwa yang paling dinanti-nantikan bila berkunjung ke pantai.

Santai Nikmati Sunset
Santai Nikmati Sunset (sumber: Google Maps: zulfykar hafni)

Saat berada di pantai Bali Lestari kamu bisa melihat matahari terbenam dari dua tempat. Pertama, dari bibir pantai dan kedua di atas bukit yang menjuntai ke tengah lautan lepas.

Masing-masing lokasi akan memberikan kesan tertentu, bila memilih di bibir pantai kamu akan rasakan keromantisan sunset sembari ditemani pasir putih dan pemandangan kuda-kuda yang berlalu lalang. Tetapi, situasi berbeda akan didapat bila kamu sedikit beranjak naik ke bukit.

Dari atas bukit kamu akan melihat matahari terbenam dengan benar-benar eksotik, pantulan cahaya oranye akan menembus lautan biru, menampilkan kilau sinar yang jelas membuat kamu terpana beberapa saat.

Tidak berhenti sampai disitu, kamu akan menyaksikan garis laut yang seakan-akan jadi rumah untuk sang surya yang tenggelam, sejauh mata memandang akan disuguhi kombinasi di antara pantai dan sunset yang keindahannya sulit diutarakan kata-kata.

7. Berkemah

Pantai Bali Lestari populer di kalangan masyarakat lokal Sumatera sebagai lokasi favorit untuk berkemah.

Berkemah

Umumnya saat hari kerja, pantai ini ramai oleh mahasiswa dan komunitas-komunitas pencinta alam.

Ada khusus camping ground yang disiapkan oleh pihak pengurus, lokasinya benar-benar nyaman dan cukup aman untuk mencari ketenangan.

Tidak boleh cemas akan perlengkapan kemah, karena di sini disiapkan persewaan tenda dan beragam perlengkapan kemah lainnya.

Bahkan juga kamu bisa sewa semua peralatan dan minta pihak penyewa untuk memasangkannya. Hingga saat tiba di lokasi, kamu dan kelompok tinggal menikmati tenda yang telah teratur rapi.

Saat berkemah, kamu akan melihat pemandangan alam yang tidak ditemukan saat siang atau sore hari, yakni jejeran bintang-bintang saat malam hari.

Langit malam yang cerah, bulan dan bintang akan makin terlihat jelas dari pantai ini.

Suasana akan makin syahdu bila melihat langit malam sekalian nikmati jagung bakar atau sekadar menyanyi rileks bersama teman- keluarga dan rekan.

8. Menyantap Kuliner Khas Pantai

Menyantap Kuliner Khas Pantai

Ketika hendak pulang, rasanya tidak afdol bila belum merasakan sajian ciri khas laut yang disajikan oleh warung-warung disekitaran pantai.

Di sini kamu bisa pilih sendiri menu makanan laut dari beragam jenis dan olahan, menunya benar-benar lengkap pada harga yang terjangkau.

Kamu bisa beli beberapa camilan olahan laut untuk dijadikan buah tangan. Pastikan kamu memilih makanan yang tahan lama dan sudah dibuat jadi makanan kering.

Tetapi, beberapa warung juga mempersiapkan makanan laut khusus untuk dibawa oleh pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh dalam kemasan vakum.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Bali Lestari

Lokasi pantai Bali Lestari benar-benar gampang diketemukan, berada di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Bali Lestari
Lokasi dan Akses Menuju Pantai Bali Lestari (sumber: Google Maps: Bona Todo Tua)

Jarak ke arah pantai dari pusat perkotaan Sumatera Utara cuma sekitaran 1 jam perjalanan, selain Bali Lestari, kamu bisa temukan pantai laut yang berdekatan seperti pantai Mangrove, Mutiara, Cermin, dan Romantis.

Rute perjalanan akan dimulai dari pusat perkotaan Medan, kamu bisa ambil belokan ke kiri menuju arah pantai cermin, saat sebelum kota Perbaungan.

Selanjutnya saat sudah ada di jalur belokan kiri, kamu akan menemukan sebuah persimpangan ke arah pantai Gudang Garam, ambilah arah belokan kanan ke arah Theme Park pantai cermin, setelah melalui pintu masuk Theme Park, beloklah ke kiri.

Akses menuju pantai sangat bagus, semua permukaan jalan telah diaspal, hingga pengunjung tidak perlu cemas jalanan licin ketika musim hujan atau setelah hujan.

Sepanjang perjalanan juga ramai, terdapat berbagai warung, pom, dan bengkel-bengkel hingga kamu akan merasa lebih nyaman.

Lokasi lengkap menuju pantai Bali Lestari:

Alamat: Jl. Mayjen H. T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987

Info Fasilitas dan HTM Pantai Bali Lestari Terkini

Tiket masuk pantai Bali Lestari benar-benar murah dan tidak membuat kantong kamu menjerit, cukup dengan Rp.10.000 per orang kamu sudah bisa memasuki daerah pantai dengan nyaman.

Info Fasilitas dan HTM Pantai Bali Lestari Terkini
Info Fasilitas dan HTM Pantai Bali Lestari Terkini (sumber: Google Maps: Green S)

Ongkos selanjutnya yang perlu kamu siapkan ialah parkir, untuk kendaraan roda dua akan dikenai ongkos parkir Rp.5.000 dan kendaraan roda empat Rp.10.000.

Wahana-wahana yang ada dalam pantai juga dikenakan ongkos tambahan, seperti bila kamu ingin coba water sport maka dikenai ongkos dimulai dari Rp.20.000 per orang.

Begitu juga untuk sewa kuda dan paralayang pantai, ongkos akan lebih mahal bila kamu didampingi oleh lifeguard.

Seperti pantai di Sumatera pada umumnya, selain tawarkan kecantikan alam yang mempesona, pantai Bali Lestari juga mempunyai sarana yang komplet.

Sebagai pengunjung, kamu akan terasa nyaman saat ada di sini, salah satunya sarana yang terbanyak ditanya ialah permasalahan toilet.

Jangan panik, jumlah toilet di sini sangat banyak. Tiap warung menyediakan toilet umum yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Kebersihan toilet juga terjaga, karena pengunjung membayar upah retribusi sebesar Rp.1.000.

Disediakan masjid untuk umat muslim yang ingin beribadah, tak heran bila lokasi pantai ini jadi favorit untuk berkemah, karena sarananya yang terjaga dan lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Pantai Bali Lestari

Berikut kelebihan dan kekurangan dari pantai Bali Lestari:

1. Kelebihan

Kelebihan yang paling penting dari pantai ini ialah mempunyai situasi yang unik, dengan semua ornamen ciri khas Bali pasti membuat kamu berdecak takjub dan berasa seperti berkunjung ke pulau dewata.

Wahana water sport yang komplet jadi kelebihan, kamu dapat bebas pilih sarana yang anti jenuh.

Kelebihan dan Kekurangan Pantai Bali Lestari
Kelebihan dan Kekurangan Pantai Bali Lestari (sumber: Google Maps: Putra Rambe)

2. Kekurangan

Kekurangan dari pantai Bali Lestari khususnya saat musim penghujan, masih tetap ada beberapa tempat yang terendam hingga jadi becek dan tidak indah dipandang.

Kemudian kekurangan lainnya ialah saat akhir pekan atau musim liburan, pantai ini akan penuh oleh pengunjung, hingga kurang aesthetic untuk berfoto.

Semoga pembahasan ini berguna dan bisa memberikan insight baru untuk kamu yang hendak berkunjung ke pantai Bali Lestari.

Tidak ada salahnya merasakan atmosfer pulau dewata tanpa mengunjungi langsung daerahnya.

Pastikan kamu tiba saat pantai sedang sepi, yakni di weekday supaya memperoleh pengalaman berlibur yang lebih mengagumkan, selamat berkunjung!.

Rekomendasi Hotel Mewah Sekitaran Pantai Bali Lestari

Hotel dekat Pantai Bali Lestari adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan pantai yang menakjubkan di Kualanamu.

Dibawah ini ayowisata.co.id akan memberikan penjelasan lengkap mengenai lima hotel terbaik yang terletak dekat dengan Pantai Bali Lestari, yaitu Hotel Horison Sky Kualanamu, Thong’s Inn, Wing Hotel Kualanamu, Prime Plaza Hotel Kualanamu, dan Nusantara Garden Hotel, berikut penjelasannya:

1. Hotel Horison Sky Kualanamu

Hotel Horison Sky Kualanamu
Hotel Horison Sky Kualanamu (sumber: Google Maps: Hotels)

Hotel Horison Sky Kualanamu merupakan hotel bintang empat yang terletak hanya beberapa menit berkendara dari Pantai Bali Lestari.

Hotel ini menawarkan fasilitas modern dan kamar yang nyaman dengan pemandangan yang memukau.

Setiap kamar dilengkapi dengan AC, TV layar datar, kamar mandi pribadi, dan akses Wi-Fi gratis.

Selain itu, hotel ini juga memiliki restoran yang menyajikan hidangan lezat serta kolam renang yang menyegarkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.970.853 per malam

2. Thong’s Inn

Thong's Inn
Thong’s Inn (sumber: Google Maps: Hotels)

Thong’s Inn adalah hotel butik yang terletak strategis di dekat Pantai Bali Lestari. Dengan desain yang elegan dan suasana yang hangat, hotel ini menawarkan kenyamanan dan keramahan kepada para tamu.

Kamar-kamar di Thong’s Inn dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV kabel, dan kamar mandi pribadi.

Tamu juga dapat menikmati sarapan lezat di restoran hotel sebelum memulai petualangan mereka di Pantai Bali Lestari.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.465.499 per malam

3. Wing Hotel Kualanamu

Wing Hotel Kualanamu
Wing Hotel Kualanamu (sumber: Google Maps: Hotels)

Wing Hotel Kualanamu adalah hotel bintang tiga yang terletak dalam jarak yang singkat dari Pantai Bali Lestari.

Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV satelit, dan akses Wi-Fi gratis.

Tamu dapat bersantai di kolam renang hotel atau menjelajahi daerah sekitarnya yang menawarkan berbagai tempat wisata dan pantai yang menakjubkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.1.598.121 per malam

4. Prime Plaza Hotel Kualanamu

Prime Plaza Hotel Kualanamu
Prime Plaza Hotel Kualanamu (sumber: Google Maps: Prime Plaza Hotel Kualanamu)

Prime Plaza Hotel Kualanamu merupakan hotel mewah yang berlokasi dekat dengan Pantai Bali Lestari.

Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan dengan kamar-kamar yang luas dan elegan.

Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV layar datar, minibar, dan kamar mandi mewah.

Tamu dapat menikmati fasilitas hotel seperti pusat kebugaran, spa, dan restoran yang menyajikan hidangan internasional.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.399.689 per malam

5. Nusantara Garden Hotel

Nusantara Garden Hotel
Nusantara Garden Hotel (sumber: Google Maps: Google Street View)

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Bali Lestari, Nusantara Garden Hotel menawarkan penginapan yang tenang dan nyaman bagi para wisatawan.

Dikelilingi oleh kebun tropis yang indah, hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas dan dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi pribadi.

Tamu dapat bersantai di taman hotel yang hijau atau menjelajahi pantai-pantai terdekat untuk merasakan keindahan alam yang tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.14.250.000 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Bali Lestasi yang Diskon Hingga 59%

Kuliner Lezat Sekitaran Pantai Bali Lestari yang Bisa Kamu Coba

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai Bali Lestari di Sumatera Utara:

Kuliner Lezat Sekitaran Pantai Bali Lestari yang Bisa Kamu Coba

  1. Ikan Bakar: Pantai Bali Lestari terkenal dengan ikan bakarnya yang lezat. Wisatawan dapat menikmati beragam pilihan ikan segar seperti ikan kakap, ikan gurame, atau ikan bawal yang dibakar dengan cita rasa khas. Nikmati kelezatan ikan bakar sambil menikmati pemandangan indah pantai.
  2. Mie Titi: Jika kamu menginginkan hidangan mie yang unik, cobalah Mie Titi yang terkenal di daerah ini. Mie Titi adalah mie khas Medan yang disajikan dengan kuah kental, daging ayam, dan irisan pangsit goreng. Rasakan kelezatan mie yang kenyal dan kuahnya yang gurih.
  3. Sate Matang: Sate Matang adalah hidangan khas Sumatera Utara yang tidak boleh dilewatkan. Daging sapi atau ayam ditusuk dalam tusukan bambu kemudian dibakar dengan bumbu khas. Sate Matang memiliki cita rasa yang kaya dan disajikan dengan saus kacang yang lezat.
  4. Bika Ambon: Untuk pencuci mulut yang lezat, cobalah Bika Ambon. Kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung beras, telur, dan santan yang kemudian dipanggang hingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan manis. Bika Ambon biasanya dijual dalam berbagai varian rasa seperti pandan, cokelat, atau keju.
  5. Es Campur: Es Campur adalah minuman penyegar yang terdiri dari berbagai bahan seperti cincau, kolang-kaling, nata de coco, kelapa muda, dan sirup manis. Minuman ini cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca pantai yang panas.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like