Pantai Banyu Tibo di Pacitan: Destinasi Wisata Pantai yang Indah dengan Air Terjunnya

Nama Pantai Banyu Tibo mungkin belum seterkenal Pantai Klayar, yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Timur. Namun, meski kurang terkenal tempat ini menyimpan potensi wisata yang sangat besar karena memiliki pemandangan yang unik.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo
(sumber gambar: GoogleMaps_TaKuro)

Jika dilihat dari namanya, Banyu Tibo sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti air jatuh. Nama tersebut rasanya sangat cocok digunakan mengingat di pantai ini terdapat air terjun yang berukuran cukup besar.

Menurut cerita warga sekitar, dahulu kawasan pantai ini dimiliki oleh sebuah keluarga dan mereka tinggal tidak jauh dari pantai. Melihat potensi wisata dan keindahan pantai ini maka keluarga tersebut membukanya sebagai objek wisata.

Bahkan, mereka yang pada awalnya membangun jalan masuk menuju objek wisata tersebut. Karena semuanya berasal dari dana pribadi maka jangan heran jika jalan yang dibangun tidak begitu bagus. Sayangnya, kekuatan wisata pantai ini kurang diperhatikan pemerintah pusat karena lokasinya berada di perbatasan.

Lokasi objek wisata ini terletak di daerah Pacitan tepatnya di Desa Widoro, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Meski berada di Pacitan, namun tempat ini cenderung lebih dekat ke Wonogiri karena terletak di perbatasan kedua wilayah tersebut.

Jika kamu tertarik ingin berkunjung ke destinasi wisata ini, sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Hal ini karena tidak banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan kamu ke Pantai Banyu Tibo sehingga lebih praktis jika membawa kendaraan sendiri.

Biarpun jalanan menuju lokasi wisata tersebut sudah mulus karena diperbaiki, namun jalan dari pintu gerbangnya sangat buruk sehingga kamu perlu berhati-hati. Agar tidak tersesat jangan lupa untuk mengaktifkan GPS kendaraan kamu.

Jika dibandingkan pantai-pantai lainnya di Pacitan, tempat ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu berupa air terjun tinggi yang segera bermuara ke laut. Keberadaan air terjun seperti ini merupakan hal yang tidak biasa.

Rute Menuju Pantai Banyu Tibo

Rute Menuju Pantai Banyu Tibo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika pantai ini terletak di perbatasan antara Pacitan dengan Wonogiri. Oleh sebab itu, kamu bisa datang dari kedua wilayah tersebut meskipun disarankan lebih baik datang dari arah Wonogiri.

Jaraknya tempat ini dari pusat Kota Pacitan sangat jauh yakni sekitar 40 Km dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan. Jika menggunakan rute dari Solo akan menempuh waktu sekitar 3-4 jam perjalanan karena jaraknya sekitar 100 Km dari pantai.

Jika berangkat dari Pacitan kamu harus berjalan menuju Jalan Letjen S. Parman dilanjutkan ke arah Jalan Nasional III. Setelah itu, kamu tinggal berbelok ke arah Jalan Punung-Goa Gong lalu ke Jalan Punung Kalak dan tinggal meng ikuti petunjuk arah untuk sampai di Pantai Banyu Tibo.

Untuk yang datang dari Solo maka rute yang harus diambil adalah Solo Baru kemudian lanjut ke arah Sukoharjo. Sesampainya disana kamu tinggal lanjut ke arah Wonogiri. Begitu sampai di pertigaan Wonogiri langsung belok kanan ke arah Pracimantoro.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Pantai Nampu. Namun, sebelum sampai di Pantai Nampu terdapat sebuah persimpangan yang memiliki tanda khusus. Ikuti petunjuk tersebut karena itu akan mengarahkan kamu ke Pantai Banyu Tibo.

Kamu masih harus berjalan lagi sekitar 10 menit untuk bisa sampai ke pintu masuk pantai tersebut dan jalan dari pintu masuk ke arah pantai sudah mulai rusak, berkelok, dan sempit. Oleh sebab itu, pastikan pengemudi memiliki kemampuan mengemudi yang bagus.

Setelah berjalan selama 30 menit baru kamu sampai di area parkir objek wisata ini. Meski terdengar melelahkan, namun semua akan terbayar dengan pemandangan yang dimiliki oleh pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Banyu Tibo:

Alamat: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Harga Tiket Pantai Banyu Tibo

Harga Tiket MasukParkir
DewasaAnak-anakMotorMobil
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000 – Rp 10.000Rp 2.000 – Rp 10.000Rp 2.000Rp 5.000

Sama seperti objek wisata lainnya, kamu harus membayar biaya masuk dan parkir jika membawa kendaraan sendiri. Untuk tiket masuknya sendiri masih murah yaitu sebesar Rp 3 ribuan per orang pada hari biasa dan Rp 5 ribuan per orang saat hari libur.

Namun, harga tiket tersebut hanya berlaku untuk orang dewasa. Untuk anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp 2 ribuan pada hari biasa dan Rp 3 ribuan pada hari libur.

Sementara itu, untuk yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribuan untuk kendaraan roda empat dan Rp 2 ribuan untuk kendaraan roda dua.

Selain tiket masuk kamu juga akan diminta tambahan sebesar Rp 10 ribuan per orang ketika akan masuk wilayah Pantai Banyu Tibo. Biaya ini dibayarkan ketika wisatawan akan menuruni anak tangga menuju ke pantai.

Biaya tersebut nantinya akan digunakan untuk mengembangkan objek wisata pantai ini dan pembangunan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Jam Operasional Pantai Banyu Tibo

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Objek wisata pantai ini sebenarnya buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga sebenarnya kamu bisa datang pada jam berapapun. Tetapi, kamu tidak disarankan untuk datang diluar jam normal seperti tengah malam atau dini hari.

Di luar jam normal tempat tersebut seringkali sudah sangat sepi dari pengunjung. Bahkan petugas pantai dan warga sekitar yang berjualan disana juga sudah tidak ada. Jika masih nekad maka bukan tidak mungkin kamu menjadi korban kejahatan di daerah itu.

Waktu terbaik untuk berwisata ke tempat ini adalah ketika musim kemarau. Saat itu cuaca cenderung cerah sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan kamu saat liburan. Kamu dapat datang pada saat pagi atau sore hari, karena pada jam tersebut matahari sedang tidak bersinar terik.

Sebaliknya, hindari datang pada musim hujan karena selain mendung ada resiko cuaca buruk yang membahayakan seperti badai, hujan petir, dan sebagainya.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo
(sumber gambar: GoogleMaps_rara khaerani)

Karena termasuk objek wisata tersembunyi maka jangan heran jika fasilitas pendukung di pantai ini kurang memadai. Meski seadanya namun fasilitas di tempat tersebut bisa dikatakan sudah cukup lengkap.

Selain terdapat papan petunjuk jalan menuju Pantai Banyu Tibo dan pintu gerbang. Di tempat ini sudah tersedia area parkir kendaraan, toilet, warung makan, dan tempat penyewaan alat-alat snorkeling.

Meski terbatas namun untuk urusan kuliner destinasi wisata ini bisa diandalkan. Karena, di sini kamu bisa menikmati olahan laut lobster mutiara yang dikenal cita rasanya yang nikmat.

Aktivitas Seru di Pantai Banyu Tibo

Sebagai salah satu destinasi wisata tentu saja banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Namun, untuk yang baru pertama kali berkunjung berikut adalah referensi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan:

Aktivitas Seru di Pantai Banyu Tibo
(sumber gambar: GoogleMaps_Budi Sutrisno)

1. Bermain di Air Terjun

Ciri khas Pantai Banyu Tibo terletak pada keberadaan air terjun besar yang mengalir hingga ke laut lepas. Kamu mungkin pernah mendengar tentang pantai yang memiliki air terjun sendiri namun air terjun di pantai ini sangat berbeda.

Jika air terjun di pantai biasanya berukuran kecil tetapi air terjun disini memiliki ukuran cukup besar dan bermuara ke laut. Air terjun ini tidak pernah kering bahkan saat musim kemarau sekalipun. Jadi, jika berlibur ke tempat ini kamu bisa berwisata ke 2 objek sekaligus yakni pantai dan air terjun.

Karena air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, maka tempat ini sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Bahkan ada beberapa yang mencoba mandi di bawah air terjun itu karena airnya dikenal jernih dan segar.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, air terjun di Pantai Banyu Tibo dikenal begitu jernih karena berasal dari sungai alami yang berada di pegunungan alias dari mata air pegunungan sehingga tidak heran jika airnya begitu menyegarkan.

Sayangnya, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi air itu secara langsung. Meski sumber mata airnya berasal dari pegunungan tetapi sebagai objek wisata, air itu kemungkinan sudah tercemar oleh banyak pengunjung sehingga tidak murni lagi

Meski tidak bisa dikonsumsi, kamu bisa bermain atau berendam di sungai dan air terjun tersebut. Jika ingin bermain di bawah air terjun sebaiknya tunggu waktu yang tepat terlebih dahulu.

Ombak di tempat ini cukup besar seperti kebanyakan ombak di pantai selatan. Jarak antara bibir pantai dengan air terjun sangat dekat yaitu hanya beberapa meter saja sehingga rawan terkena ombak.

2. Menikmati Pemandangan Alam

Mengingat jika tempat ini memiliki ombak besar maka berenang tidak direkomendasikan. Meski begitu kamu bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai cara. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar pantai atau cukup duduk santai sambil menikmati pemandangan.

Bila perlu kamu bisa membawa tikar dan berpiknik ria bersama teman atau keluarga. Tetapi, mengingat daratan di Pantai Banyu Tibo tidak terlalu luas sebaiknya pilih tempat yang aman dan teduh.

Sebenarnya jika dilihat dari keindahan alamnya, tempat ini tidak kalah dengan objek wisata lain. Karena tidak begitu populer maka tempat ini cukup tenang sehingga dapat digunakan untuk healing alias menenangkan pikiran.

Menikmati Pemandangan Alam
(sumber gambar: GoogleMaps_Stephanie Jessy JS)

3. Mengambil Foto

Tidak lengkap rasanya jika liburan di sini tidak mengambil foto estetik karena terdapat banyak spot foto menarik. Selain air terjun sebagai ciri khas tempat ini, pemandangan sekitar pantai sangat menarik untuk dijadikan latar foto.

Dengan pasir pantai yang berwarna kecoklatan dan deretan tebing tinggi yang mengelilinginya membuat tempat ini memiliki pemandangan yang unik. Jika dipotret dari atas, pantai ini terlihat sangat eksotis mirip pantai-pantai yang berada di luar negeri.
Memancing

Tahukah kamu jika Pantai Banyu Tibo ini memiliki spot pemancingan yang jarang diketahui orang? Hal ini justru membawa keuntungan tersendiri karena tempatnya sepi dan masih banyak ikan sehingga kamu bisa lebih leluasa memancing di sana.

Sayangnya jika ingin memancing kamu perlu membawa perlengkapan memancing sendiri karena tidak ada tempat penyewaan alat pancing di sekitar pantai tersebut.

Kamu hanya bisa memancing di pinggir pantai saja, tidak bisa memancing hingga ke tengah laut karena tidak ada penyewaan perahu.

4. Berburu Foto

Dengan pemandangan alamnya yang indah, unik dan menarik membuat tempat ini menjadi spot foto yang estetik. Apalagi jika menjelang matahari terbit atau terbenam. Dapat dipastikan pemandangan tersebut menarik untuk diunggah ke media sosial.

Di sana terdapat sebuah jembatan yang biasa dipakai sebagai spot foto oleh para pengunjung. Dengan latar belakang pemandangan pantai plus sungai yang bisa digunakan untuk tempat berenang, membuat jembatan ini banyak dijadikan tempat selfie.

Pemandangan air terjun di Pantai Banyu Tibo tentu akan semakin menambah keindahan tempat tersebut. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengambil foto sebanyak mungkin terutama saat matahari terbenam karena saat itu suasananya terkenal sangat romantis.

Jika dirasa kurang, kamu bisa berfoto ayunan kecil yang sengaja dibuat agar wisatawan bisa berfoto sambil santai menikmati matahari terbenam.

Berburu Foto
(sumber gambar: GoogleMaps_alda fitriyani)

5. Snorkeling

Salah satu kelebihan dari objek wisata tersembunyi ini adalah lingkungannya yang asli dan belum tercemar. Hal ini berkaitan dengan lingkungan di sekitarnya yang bersih dan banyak ditemukan biota laut.

Dengan beragam hewan dan terumbu karang warna-warni maka jangan heran jika Pantai Banyu Tibo menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Pacitan. Jika ingin menyelam kamu tidak perlu membawa perlengkapan sendiri karena ada tempat penyewaan alat snorkeling.

Cukup membayar Rp 50 ribuan saja kamu sudah menyewa peralatan snorkeling berstandar internasional. Untuk yang masih pemula, kamu bisa bertanya ke pelatih agar diajarkan bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut dengan aman dan benar.

Penginapan Dekat Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Untuk wisatawan yang ingin bermalam tidak perlu cemas soal fasilitas karena di sekitar Pantai Banyu Tibo terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau. Karena ada banyak, berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan terdekat yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. AZKA HOMESTAY

AZKA HOMESTAY
(sumber gambar: Agoda)

AZKA Homestay, tempat yang strategis di Pacitan! Properti kami terletak di bagian Pacitan yang menawarkan dekatnya dengan atraksi menarik dan beragam pilihan restoran lezat.

Kami menyediakan fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan kebersihan harian, dan disinfeksi harian. Staf kami terlatih untuk memastikan protokol keselamatan di tempat kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 76.346 per malam

PESAN HOTEL AZKA Homestay Diskon 75%

2. Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation

Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation
(sumber gambar: Agoda)

Watukarung Prapto Homestay, tempat menginap yang sangat strategis di Watukarung! Kami menawarkan kenyamanan dengan dekatnya lokasi kami dengan atraksi menarik dan restoran pilihan.

Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00, dan kamu dapat menikmati berbagai fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, fasilitas BBQ, dan kolam renang luar ruangan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 300.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Prapto Homestay Diskon 53%

3. Harry’s Ocean House Watukarung

Harry's Ocean House Watukarung
(sumber gambar: Agoda)

Harry’s Ocean House Watukarung, tempat yang nyaman di bagian Watukarung! Dengan lokasi yang strategis, properti kami menawarkan kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan fasilitas kami mencakup shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, fasilitas BBQ, dan layanan laundry. Nikmati kesejukan ruang keluarga dan jangan lewatkan pantai yang hanya sejauh langkah dari penginapan kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 130.000 per malam

PESAN HOTEL Harry’s Ocean House Watukarung Diskon 66%

4. Watukarung Ristu Homestay

Watukarung Ristu Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Watukarung Ristu Homestay, penginapan yang strategis di Watukarung! Dengan waktu check-in mulai pukul 15.00, kami menyediakan berbagai fasilitas termasuk shuttle bandara.

Tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, fasilitas BBQ, kolam renang luar ruangan, dan ruang keluarga. Tidak hanya itu, kamu bisa menikmati keindahan pantai yang dekat dengan properti kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 339.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Ristu Homestay Diskon 55%

5. OYO 92183 Komang Resort Klayar

OYO 92183 Komang Resort Klayar
(sumber gambar: Agoda)

OYO 92183 Komang Resort Klayar, tempat yang strategis di Pacitan! Properti kami menawarkan kenyamanan dengan dekatnya atraksi dan restoran menarik.

Fasilitas yang kami sediakan meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan kamar, dan kebersihan harian. Staf kami dilatih untuk memastikan protokol keselamatan, termasuk jarak fisik minimal 1 meter.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 90.059 per malam

PESAN HOTEL OYO 92183 Komang Resort Klayar Diskon 73%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Pacitan di Sekitar Pantai Banyu Tibo

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dan dikenal dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai terkenal di Pacitan adalah Pantai Banyu Tibo. Jika kamu ingin mencoba kuliner lezat khas Pacitan di sekitar Pantai Banyu Tibo, berikut beberapa rekomendasi makanan yang mungkin bisa kamu nikmati:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Pacitan di Sekitar Pantai Banyu Tibo

    • Gulai Ikan Kuah Santen: Pacitan juga terkenal dengan hidangan gulai ikan kuah santen yang lezat. Hidangan ini biasanya menggunakan ikan segar dan bumbu rempah-rempah yang khas.
    • Pecel Pacitan: Pecel adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kacang. Di Pacitan, kamu dapat menikmati Pecel Pacitan yang khas dengan citarasa yang unik.
    • Nasi Pecel Tumpang: Nasi Pecel Tumpang adalah hidangan nasi pecel yang menggunakan sambal kacang khas Pacitan. Biasanya, nasi ini disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti tahu, tempe, dan sayuran.
    • Sate Kambing Pacitan: Sate kambing adalah hidangan yang populer di Indonesia. Di Pacitan, kamu dapat mencoba sate kambing dengan bumbu dan cita rasa khas daerah tersebut.
    • Ikan Bakar: Pantai Banyu Tibo pasti menyediakan ikan segar. kamu dapat menikmati ikan bakar dengan cita rasa alami dan nikmatnya udara pantai.
    • Klepon Pacitan: Sebagai penutup manis, kamu bisa mencoba klepon khas Pacitan. Klepon adalah kue tradisional yang berisi kelapa parut dan gula kelapa, dilapisi dengan tepung ketan dan direbus. Rasanya manis dan lezat.
    • Es Dawet: Jangan lupa mencoba minuman segar Es Dawet. Minuman ini terbuat dari campuran agar-agar, santan, dan gula merah. Cocok untuk meredakan dahaga setelah seharian menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo.

Tips Berkunjung ke Pantai Banyu Tibo

Untuk yang sudah sering pergi ke pantai pasti tidak akan bingung untuk membawa perbekalan liburan. Namun, jika kamu baru pertama kali datang ke tempat ini berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu selama berlibur:

Tips Berkunjung ke Pantai Banyu Tibo

    • Bawa perlengkapan seperti sunblock, topi, dan kacamata sendiri. Jika ingin menyelam jangan lupa bawa peralatan mandi dan baju ganti.
    • Membawa bekal makanan sendiri jika ingin berhemat atau punya alergi pada makanan tertentu.
    • Membawa uang tunai dengan jumlah yang lebih banyak dari biasa karena di Pantai Banyu Tibo tidak ada ATM. Berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak yang perlu dibeli.
    • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
    • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
    • Patuhi aturan yang berlaku di pantai ini.

Kesimpulan

Itu merupakan sedikit informasi mengenai Pantai Banyu Tibo yang bisa dikumpulkan. Untuk yang ingin ke sana semoga informasi di atas bisa menolong dan bisa digunakan sebaik mungkin terutama untuk kamu yang belum pernah ke pantai itu sebelumnya.

You might also like