Pantai Barat Pangandaran, Pesona Eksotis Pantai Berpasir Coklat

Pangandaran memang terkenal dengan pantainya. Tetapi, pernahkah kamu mendengar atau berkunjung ke Pantai Barat Pangandaran?

Meski kawasan ini tidak terlalu populer jika dibandingkan wilayah lainnya namun pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Penasaran, seperti apa daya tarik pantai ini sebenarnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Lokasi Pantai Barat Pangandaran

Lokasi Pantai Barat Pangandaran
(sumber gambar: GoogleMaps_Ekayanthi Wulandari)

Secara administratif, Pantai Barat Pangandaran terletak di Jalan Pamugaran Bulak Laut, Desa Pananjung, Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat Kota Ciamis cukup jauh yaitu sekitar 92 Km.

Jika kebanyakan pantai memiliki pasir berwarna putih atau hitam maka di sini kamu akan menemukan pasir berwarna kecoklatan tepatnya coklat muda yang halus. Bahkan, karena begitu halusnya jari dan telapak kaki kamu bisa merasakannya ketika melepas alas kaki.

Tempat ini cocok untuk wisata keluarga karena ombaknya cenderung tenang dan tidak terlalu besar. Air lautnya terkenal jernih dan berwarna kebiruan sehingga menghasilkan pemandangan yang indah.

Destinasi wisata pantai ini diketahui memiliki garis pantai yang sangat panjang. Dari kejauhan kamu bisa melihat kawasan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang lebat.

Selain dijadikan sebagai pilihan objek wisata, Pantai Barat Pangandaran juga masih aktif digunakan sebagai tempat nelayan mencari ikan. Oleh sebab itu, kamu akan menemukan banyak perahu kecil yang bersandar.

Jika tertarik, kamu bisa menyewa perahu-perahu tersebut untuk berkeliling atau menuju ke suatu tempat. Harga sewanya tergantung dengan kesepakatan antara pemilik dan calon penyewa perahu.

Rute Perjalanan ke Pantai Barat Pangandaran

Rute Perjalanan ke Pantai Barat Pangandaran

Karena berada tidak jauh dari pusat kota maka jangan heran jika tempat ini mudah ditemukan. Akses jalan menuju lokasi sudah cukup bagus karena sudah diaspal. Jika kamu ingin ke sana disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena jauh lebih praktis.

Jika menggunakan kendaraan umum kamu bisa menggunakan bus jurusan Pangandaran atau Kota Banjar. Jika menggunakan bus jurusan Kota Banjar maka tinggal lanjut menggunakan bus tujuan Pangandaran, lalu turun di Tugu Marlin Pangandaran.

Dari sana kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju Pantai Barat Pangandaran. Jika menggunakan jasa ojek pangkalan, sebaiknya tanyakan dahulu biaya perjalanan ke tempat tujuan dan bila perlu tawar jika dirasa harganya terlalu tinggi.

Jika hanya ingin berwisata singkat di sekitar daerah Indramayu maka kamu bisa menggunakan jasa agen perjalanan. Ada beberapa agen yang menyediakan paket city tour ke berbagai destinasi wisata populer seperti pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Barat Pangandaran:

Alamat: Jl. Pamugaran Bulak Laut, Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46396

Harga Tiket Pantai Barat Pangandaran

Harga Tiket Masuk
Biaya Kontribusi + Tiket Masuk
MotorMobilBus BesarBus SedangBus Kecil
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000
Rp 5.000Rp 13.000Rp 34.000 – Rp 65.000Rp 300.000Rp 180.000Rp 120.000

Sama seperti objek wisata pantai lainnya, Pantai Barat Pangandaran juga memasang tiket masuk dan retribusi parkir yang ditentukan sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Pembelian tiket dapat dilakukan secara langsung di pintu masuk pantai ini.

Adapun untuk harga tiket masuknya termasuk murah yaitu sebesar Rp 5 ribuan per orang. Untuk biaya parkir sendiri dibedakan antara kendaraan roda 2 dan roda 4. Untuk kendaraan roda 2 dibanderol harga sekitar Rp 13 ribuan saja.

Dan untuk kendaran roda 4 atau kendaran besar lainnya dibedakan menjadi beberapa kriteria. Untuk kendaraan jenis Jeep atau sedan akan dikenakan biaya sebesar Rp 34 ribuan. dan yang berjenis Carry dikenakan Rp 65 ribuan.

Adapun untuk kendaraan penumpang dengan kapasitas besar akan dikenakan biaya sebesar Rp 93 ribuan. Khusus untuk kendaraan seperti bus dibedakan berdasarkan ukurannya.

Bus berukuran kecil atau Elf akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 120 ribuan dan untuk bus berukuran sedang sekitar Rp 180 ribuan. Bus berukuran besar seperti bus pariwisata akan dikenakan biaya sebesar Rp 300 ribuan.

Jika tidak mau repot, kamu bisa menggunakan layanan biro perjalanan yang menyediakan tour wisata ke pantai ini. Kamu perlu menyetor uang sesuai kesepakatan dan pihak agen yang akan mengurus biaya tiket dan sebagainya.

Jam Operasional Pantai Barat Pangandaran

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Destinasi wisata ini buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga kamu bisa datang kapan saja. Baik datang saat hari kerja, akhir pekan, bahkan libur nasional, harga tiketnya tetap sama.

Namun, jika ingin berkunjung sebaiknya datang saat musim kemarau. Saat itu cuaca akan cerah sehingga meminimalisir resiko kecelakaan akibat cuaca buruk.

Untuk yang ingin mengeksplorasi lebih jauh disarankan datang saat hari kerja. Hindari datang saat akhir pekan atau musim liburan karena biasanya harga barang dan jasa penyewaan di sekitar pantai bisa naik berkali-kali lipat.

Aktivitas Seru di Pantai Barat Pangandaran

Sama seperti tempat wisata lain, ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan. Untuk yang berniat pergi ke sana, berikut adalah rekomendasi berbagai kegiatan yang bisa kamu coba, antara lain:

Aktivitas Seru di Pantai Barat Pangandaran
(sumber gambar: GoogleMaps_Bagus Reza Erlangga)

1. Menyelam atau Snorkeling

Taman laut yang terdapat di Pantai Barat Pangandaran dikenal memiliki pemandangan indah dan kaya akan biota laut berwarna-warni. Oleh sebab itu, lokasi ini sangat cocok dijadikan spot menyelam atau snorkeling. Perlu diketahui jika taman laut di pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Barat.

Oleh sebab itu, jangan heran jika kamu akan melihat banyak pengunjung yang datang ke Pantai Barat Pangandaran hanya untuk menyelam.

2. Menikmati Pemandangan

Pemandangan pantai dengan pasir kecoklatan memang terlihat eksotis. Tetapi, yang paling ditunggu oleh para wisatawan justru momen-momen saat matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise).

Keduanya dikenal memiliki pemandangan yang indah terutama saat matahari terbenam. Pengunjung banyak menantikan momen tersebut karena tidak perlu repot-repot datang pagi dan suasana yang romantis cocok dinikmati bersama pasangan.

Menikmati Pemandangan
(sumber gambar: GoogleMaps_David Theonardy)

3. Mengambil Gambar di Skywalk

Salah satu hal yang ada di Pantai Barat Pangandaran, namun tidak ada di pantai lainnya adalah keberadaan skywalk di tepi pantai. Skywalk sendiri adalah area khusus pejalan kaki yang dibuat menggantung di udara.

Dari atas skywalk, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian. Bangunan ini merupakan kerjasama antara pemerintah daerah dengan perusahaan cat terkemuka.

Oleh sebab itu, jangan heran jika bangunan itu dipenuhi berbagai lukisan bertema laut yang dibuat oleh seniman lokal. Selain gambar atau lukisan biasa, kamu juga bisa menemukan lukisan 3 dimensi di tempat ini.

Jika dilihat dari sudut tertentu, lukisan tersebut terlihat nyata sehingga banyak dijadikan spot berfoto yang kemudian akan diunggah ke media sosial.

4. Bermain Pasir

Pantai dengan pasir kecoklatan seperti yang dimiliki oleh Pantai Barat Pangandaran memang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Selian terlihat halus, pasir pantai seperti ini biasanya memiliki tekstur yang empuk sehingga cocok dijadikan tempat bermain terutama untuk anak-anak.

Kamu cukup membawa sekop dan ember kecil saja. Hanya dengan 2 peralatan tersebut kamu sudah bisa bermain atau membuat istana pasir sendiri.

Bermain Pasir

5. Berenang

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke pantai, namun tidak sempat berenang. Karena karakteristik ombak di pantai ini cenderung tenang dan tidak ganas maka sangat cocok untuk berenang. Apalagi air pantai ini dikenal sangat jernih sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Meski begitu, jika membawa anak-anak terutama yang masih balita sebaiknya jangan biarkan berenang tanpa pengawasan. Meskipun ombaknya tenang, namun tetap saja berbahaya dan ada resiko kejadian yang tidak terduga.

6. Bermain Air Terjun

Keberadaan air terjun terutama dengan sumber air tawar di dekat pantai memang cukup jarang ditemukan. Di Pantai Barat Pangandaran kamu bisa menemukan air terjun di kawasan cagar alam Pangandaran.

Pengunjung bisa datang melihat sendiri bagaimana air terjun tersebut bermuara ke laut lepas. Tempat ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama 1 jam. Meski melelahkan namun semua akan lenyap begitu kamu sampai di tempat tujuan.

Jika tidak mau lelah, kamu bisa menyewa perahu ke lokasi air terjun. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit perjalanan. Namun, jika menggunakan perahu kamu hanya bisa melihat keindahan air terjunnya saja.

Bermain Air Terjun
(sumber gambar: Google_myPangandaran)

7. Wisata Sarang Walet

Tahukah kamu jika di wilayah Pangandaran terdapat goa sarang walet? Sesuai namanya, goa ini memang menjadi tempat tinggal untuk ribuan ekor burung walet liar. Lokasinya berada di pinggiran semenanjung cagar alam dan hanya bisa diakses menggunakan perahu.

Tempat ini bisa dijangkau selama 30 menit dari pantai. Sayangnya, kamu tidak bisa eksplor lebih dalam ke goa tersebut, karena dari mulut goa akan langsung menuju perairan bebas.

8. Wisata Kuliner

Pantai memang menjadi surganya wisata kuliner khususnya hidangan laut. Di sekitar pinggir Pantai Barat Pangandaran terdapat banyak warung makan yang menyediakan berbagai olahan laut. Semuanya masih fresh karena ditangkap langsung oleh para nelayan.

Kamu bisa memilih, ingin yang sudah matang atau yang masih mentah untuk dimasak sendiri. Semuanya dijamin berkualitas dan menariknya, jika kamu pandai menawar maka bisa mendapatkan berbagai ikan, cumi, dan kepiting dengan harga miring.

Lebih-lebih jika kamu membelinya di tempat pelelangan ikan yang terletak tidak jauh dari Pantai Barat Pangandaran. Kawasan tersebut sejak dulu memang populer sebagai pusatnya pelelangan hasil laut di daerah Jawa Barat.

Dulu, sebagian besar rumah makan tersebut berada di pinggir jalan raya. Tepatnya menghadap langsung ke arah pantai dan membelakangi jalan raya. Sayangnya hal tersebut justru membuat lingkungan sekitar terlihat kumuh dan tidak terawat sehingga akhirnya dipindahkan.

Sekarang, semua penjual sudah terlihat tertib, rapi, dan bersih. Kamu bisa memilih ingin duduk di pantai sambil menikmati hidangan atau makan di tempat.

Wisata Kuliner

9. Berkuda

Menunggang kuda sambil menikmati suasana pantai tentu adalah pengalaman yang langka. Di tempat ini kamu bisa melakukan hal tersebut karena di sekitar tepi pantai banyak warga yang menyediakan layanan tersebut.

Kamu tidak perlu takut karena terdapat pemandu yang membantu dan mengendalikan kuda-kuda itu agar tidak bergerak sembarangan. Sayangnya, kegiatan ini terbatas karena hanya bisa dilakukan mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB saja.

10. Naik ATV

Bukan hanya berkuda, kamu bisa berkeliling pantai menggunakan kendaraan ATV. Dibandingkan dengan kuda tentu kendaraan ATV lebih mudah digunakan karena ATV sendiri adalah kendaraan berukuran sedang yang memiliki 3 atau 4 buah roda.

Motor ATV ini umumnya bisa digunakan oleh 2 orang sekaligus sehingga memudahkan kamu untuk berkeliling. Biasanya, tempat penyewaan ATV selalu ada di pinggir pantai atau sekitar lokasi penginapan. Sama seperti berkuda, kegiatan ini terbatas dan hanya bisa dilakukan mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB saja.

Naik ATV

11. Jalan-jalan Malam

Karena buka 24 jam maka Pantai Barat Pangandaran selalu ramai baik oleh pengunjung atau penjual yang menawarkan beragam produk menarik. Jika ingin suasana berbeda kamu bisa mencoba datang dan berjalan-jalan di sekitar Pantai Barat Pangandaran saat malam hari.

Kamu tidak perlu khawatir karena wilayah ini cenderung aman saat malam. Hal ini dikarenakan ada petugas penyelamatan wisata pantai yang selalu siap membantu para wisatawan. Ada banyak penyewaan odong-odong yang bisa kamu gunakan secara beramai-ramai.

Berbeda dengan odong-odong biasa, di sini kendaraan tersebut dilengkapi lampu warna-warni dan musik yang meriah. Pantai ini selalu terlihat ramai selama seharian penuh. Berbanding terbalik dengan Pantai Timur Pangandaran yang cenderung sepi dan sunyi.

Fasilitas di Pantai Barat Pangandaran

Fasilitas di Pantai Barat Pangandaran
(sumber gambar: GoogleMaps_Cahyo Wiwoho)

Sebagai destinasi wisata terkenal, Pantai Barat Pangandaran sudah memiliki fasilitas penunjang yang layak dan memadai. Kamu bisa menemukan berbagai fasilitas dasar seperti toilet, area perkemahan, mushola, warung makan, toko souvenir, area parkir dan sejenisnya.

Bahkan, kamu dapat menemukan pelayanan pos, telekomunikasi, dan tempat penukaran uang di pantai ini. Tidak hanya itu, terdapat pramuwisata dan pusat informasi pariwisata yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai informasi.

Jumlah fasilitas tersebut ada banyak sehingga pengunjung tidak perlu lama-lama antri untuk menggunakannya. Meski begitu, kondisi fasilitas di kawasan tersebut masih cukup bagus dan terawat sehingga nyaman digunakan.

Rekomendasi Penginapan di Pantai Barat Pangandaran

Untuk masalah akomodasi kamu tidak perlu pusing. Sebagai objek wisata terkemuka pasti ada banyak tempat menginap yang bisa kamu pilih sesuai budget yang dimiliki. Sebagai referensi, berikut beberapa penginapan terdekat yang bisa dicoba.

1. Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran

Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
(sumber gambar: Agoda)

Surya Kencana Seaside Hotel, tempat di mana kenyamanan dan kepraktisan bertemu di Pantai Barat Pangandaran! Lokasinya yang strategis memberikan akses mudah ke atraksi dan objek wisata lokal, sementara Bandara Nusawiru yang terkenal tak jauh dari sini.

Dengan peringkat bintang-3, properti ini menawarkan kolam renang luar ruangan yang menyegarkan dan restoran yang siap memanjakan selera kamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan kamu dapat menikmati fasilitas seperti resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, serta WiFi gratis di seluruh kamar. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati sarapan prasmanan yang lezat!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 373.975 per malam

PESAN HOTEL Surya Kencana Seaside Hotel Diskon 60%

2. Sun In Pangandaran Hotel

Sun In Pangandaran Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Sun In Pangandaran Hotel, persembahan kelas bintang-3 di Pantai Timur! Nikmati akses mudah ke berbagai atraksi dan objek wisata lokal, sambil menjadikan Bandara Nusawiru sebagai destinasi berikutnya sebelum pulang. Fasilitas properti ini meliputi kolam renang luar ruangan, kolam renang dalam ruangan, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00. Selain itu, manfaatkan fasilitas seperti shuttle bandara, layanan resepsionis 24 jam, serta WiFi gratis di semua kamar. Jangan lewatkan BBQ seru dan penitipan barang yang disediakan!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 387.299 per malam

PESAN HOTEL Sun In Pangandaran Hotel Diskon 63%

3. Long Beach Hotel

Long Beach Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Long Beach Hotel, persembahan khusus untuk kamu yang mencari kenyamanan di Pantai Barat Pangandaran! Properti bintang-3 ini menawarkan kolam renang luar ruangan untuk mempercantik pengalaman menginap kamu. Dengan lokasi yang strategis, kamu dapat dengan mudah menjelajahi atraksi lokal dan berkunjung ke Bandara Nusawiru.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 11.00. Manfaatkan fasilitas seperti WiFi gratis di semua kamar, tempat parkir mobil, dan resepsionis 24 jam. Untuk pengalaman yang lebih personal, nikmati juga fasilitas check-in/check-out pribadi dan tempat main anak yang menyenangkan!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 533.000 per malam

PESAN HOTEL Long Beach Hotel Diskon 62%

4. Pondok Indah Beach Hotel

Pondok Indah Beach Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Pondok Indah Beach Hotel, tempat di mana kesejukan kolam renang luar ruangan bertemu kepraktisan Pantai Barat Pangandaran! Nikmati akses mudah ke atraksi dan objek wisata lokal serta Bandara Nusawiru yang terkenal.

Properti bintang-3 ini menyediakan shuttle bandara, layanan penyewaan sepeda, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00. Fasilitas lainnya meliputi tempat parkir mobil, layanan laundry, serta layanan kamar yang siap memenuhi kebutuhan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 306.983 per malam

PESAN HOTEL Pondok Indah Beach Hotel Diskon 53%

5. Hotel Grand Pacific

Hotel Grand Pacific
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Grand Pacific, tempat di mana kenyamanan dan kesenangan berpadu di Pantai Barat Pangandaran! Properti bintang-3 ini menawarkan kolam renang luar ruangan untuk menambah kesan menyenangkan pada pengalaman menginap kamu. Akses mudah ke atraksi lokal dan Bandara Nusawiru membuat lokasinya semakin istimewa.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00. Nikmati fasilitas seperti penyewaan sepeda, resepsionis 24 jam, dan keamanan 24 jam. Tidak lupa, layanan kebersihan harian akan menjaga kenyamanan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 311.383 per malam

PESAN HOTEL Hotel Grand Pacific Diskon 78%

Perlu diperhatikan jika harga sewa yang dicantumkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya berjaga-jaga dengan membawa budget lebih untuk akomodasi dan sejenisnya.

Agar lebih praktis, kamu bisa booking penginapan menggunakan aplikasi khusus. Biasanya, penginapan yang ada di sekitar objek wisata terkenal dapat dibooking menggunakan aplikasi tersebut.

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Pangandaran, Jawa Barat

Kuliner khas Pangandaran, Jawa Barat, menawarkan berbagai hidangan lezat yang mencerminkan kekayaan cita rasa daerah tersebut. Berikut adalah beberapa kuliner khas Pangandaran yang bisa kamu cicipi:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Pangandaran, Jawa Barat

    • Ikan Asin Jambal Roti: Hidangan ikan asin yang diolah dengan cara khusus, biasanya digoreng kering. Jambal roti memiliki cita rasa gurih dan asin yang lezat.
    • Sale Pisang: Sale pisang adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Kemudian, adonan ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.
    • Opak Mini: Opak mini adalah camilan tradisional Pangandaran. Opak ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur kelapa parut, gula merah, dan garam. Kemudian, adonan ini dipanggang hingga matang.
    • Noga Suuk: Noga suuk adalah perpaduan antara kacang tanah dan gula yang dipanggang. Rasanya manis dan renyah, cocok sebagai camilan.
    • Gula Merah: Gula merah sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak hidangan Pangandaran, termasuk kue tradisional dan minuman.
    • Noga Kelapa: Noga kelapa adalah varian noga yang dicampur dengan kelapa parut. Tekstur dan rasa yang unik membuatnya menjadi camilan yang digemari.
    • Ikan Teri: Pangandaran terkenal dengan hasil lautnya, termasuk ikan teri. Ikan teri sering digoreng kering dan dapat dijadikan lauk atau camilan.
    • Keripik Cau: Keripik cau adalah keripik yang terbuat dari singkong. Biasanya digoreng hingga kering dan memiliki rasa gurih.

Tips Berkunjung ke Pantai Barat Pangandaran

Untuk yang ingin berkunjung ke Pantai Barat Pangandaran ada baiknya untuk menyiapkan banyak hal terlebih dahulu. Agar tidak kebingungan, berikut adalah beberapa tips yang bisa di ikuti ketika berkunjung ke tempat tersebut, diantaranya:

Tips Berkunjung ke Pantai Barat Pangandaran

    • Membawa perlengkapan khusus seperti sunblock, topi, kacamata, pakaian dan sepatu ganti. Bila perlu membawa alat mandi sendiri jika ingin berenang di pantai.
    • Membawa perbekalan makanan sendiri jika ingin berhemat atau punya alergi khusus.
    • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dipakai.
    • Membawa uang tunai dalam jumlah lebih.
    • Membawa kamera berkualitas baik.
    • Selalu mengontrol kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi seputar objek wisata Pantai Barat Pangandaran. Semoga apa yang dituliskan di sini bisa berguna untuk kamu yang ingin berlibur dan menjelajah berbagai objek wisata di Jawa Barat.

You might also like