Mengenal Pantai Baruna, Destinasi Wisata Tersembunyi Di Kota Semarang

Pernahkah kamu mendengar nama Pantai Baruna? Untuk yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah mungkin pernah mendengar mengenai tempat ini atau mengunjunginya.

Meskipun namanya kurang populer di telinga namun pantai ini rupanya layak menjadi salah satu destinasi wisata. Berikut informasi lengkap mengenai pantai ini.

Lokasi Pantai Baruna

Lokasi Pantai Baruna
(sumber gambar: GoogleMaps_heru makmun afandi)

Secara administratif pantai ini berlokasi di kawasan Pelabuhan Mas, Desa Tanjung, Bringin, Semarang Utara, Jawa Tengah. Tempat ini terletak persis disebelah timur Pantai Marina yang sudah sangat terkenal, sehingga mudah ditemukan.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, kamu harus berhati-hati karena ketika mencari nama pantai ini di internet maka kamu akan menemukan 2 lokasi yang berbeda yaitu di Semarang dan di Malang.

Meski pesonanya tidak kalah dari Pantai Marina namun pantai ini merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi sehingga tidak banyak diketahui orang. Apalagi lokasinya cukup tersembunyi karena dekat dengan pabrik semen sehingga membuat keindahannya semakin tertutup.

Walau sekilas sama namun kedua pantai tersebut sangat berbeda mulai dari lokasi, karakteristik ombak, dan pemandangan yang ditawarkan.

Pantai Baruna di Semarang memiliki daratan pasir yang lebih sempit dan ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai yang ada di Malang. Perlu kamu ketahui, pantai yang ada di Kota Malang tersebut kerap digunakan sebagai tempat pelatihan oleh TNI wilayah Jawa Timur.

Rute Perjalanan ke Pantai Baruna

Rute Perjalanan ke Pantai Baruna

Jika ingin berwisata ke pantai ini kamu tidak perlu bingung memilih rute karena hanya ada 1 rute perjalanan. Kamu bisa mulai dari Kota Semarang atau Simpang Lima menuju Jalan MT. Haryono atau Jalan Mataram, jalan lurus sampai tiba di Bundaran Bubakan.

Perjalanan dilanjutkan ke Jalan Ronggo Warsito kemudian lanjut ke perempatan lampu merah. Sampai di sana, kamu harus lurus ke kawasan Pelabuhan Semarang.

Sayangnya, meski pantai ini terletak di Kota Semarang, namun akses jalan menuju ke sana masih sulit. Jalur menuju lokasi masih berbentuk tanah alias belum diaspal sehingga jika musim hujan jalanan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Oleh sebab itu, jika mengunjungi Pantai Baruna sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Tidak dianjurkan untuk datang beramai-ramai menggunakan bus karena kondisi jalanan yang kurang terawat sehingga akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Selain datang sendiri kamu juga bisa mengikuti program tour yang ditawarkan beberapa agen travel di Kota Semarang. Meski belum begitu banyak, namun sudah ada beberapa agen yang menawarkan wisata ke pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Baruna di Semarang:

Alamat: 393X+X75, Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah

Tiket Masuk ke Pantai Baruna

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 3.000Rp 5.000

Perlu diketahui jika pantai ini belum dikelola maksimal baik oleh warga sekitar atau pemerintah daerah. Namun menurut informasi lain, baru-baru ini pantai ini sudah menarik biaya retribusi.

Kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribuan per orang. Adapun untuk tiket parkir sepeda motor adalah Rp 3 ribuan dan untuk parkir mobil akan dikenakan Rp 5 ribuan.

Harga tiket masuk yang disebutkan barusan bukanlah harga tetap alias bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola. Perubahan harga tiket umumnya terjadi saat musim liburan.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membawa budget lebih untuk membeli tiket masuk dan biaya parkir. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena belum dikelola baik.

Pantai ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga jangan berharap terdapat banyak fasilitas di pantai tersebut seperti destinasi wisata lain.

Jam Operasional Pantai Baruna

HariJam Operasional
Senin05.00 WIB – 22.00 WIB
Selasa05.00 WIB – 22.00 WIB
Rabu05.00 WIB – 22.00 WIB
Kamis05.00 WIB – 22.00 WIB
Jumat05.00 WIB – 22.00 WIB
Sabtu05.00 WIB – 22.00 WIB
Minggu05.00 WIB – 22.00 WIB

Meski masih dibuka setiap hari namun destinasi wisata ini mulai dibuka pukul 05.00 WIB – 22.00 WIB. Jika tertarik untuk berkunjung maka disarankan untuk datang pagi atau sore hari saat musim kemarau yang cuacanya selalu cerah.

Saat itu, matahari sedang tidak bersinar terik sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan tempat ini.

Hindari datang saat musim hujan karena selain ada resiko cuaca buruk, akses menuju lokasi akan semakin buruk dan berbahaya. Mengingat, jalan untuk menuju Pantai Baruna tetap berupa tanah biasa dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 saja.

Fasilitas di Pantai Baruna

Fasilitas di Pantai Baruna
(sumber gambar: GoogleMaps_al aziz photography)

Perlu diingat jika tempat ini masih termasuk pantai yang alami karena belum dikelola baik oleh masyarakat setempat. Oleh sebab itu, jangan heran jika fasilitas yang ada di tempat ini masih sangat sederhana bahkan cenderung tidak memadai.

Jangan bandingkan Pantai Baruna dengan pantai-pantai lain yang notabene telah dikelola baik. Kamu tidak akan menemukan fasilitas dasar seperti toilet, mushola, gazebo, atau warung makan di sekitar lokasi. Hanya satu fasilitas yang tersedia di sini adalah tempat parkir.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membawa perbekalan atau peralatan sendiri karena hampir tidak ada penjual di sekitar pantai tersebut. Kamu juga sangat tidak disarankan untuk membawa anak-anak ke tempat ini.

Minimnya fasilitas dasar jelas akan membuat pengunjung yang membawa anak-anak kerepotan sehingga sulit untuk menikmati keindahan pantai.

Meski sangat disayangkan namun hal ini memiliki dampak positif untuk ekosistem Pantai Baruna. Pemandangn dan lingkungannya masih sangat asri dan terjaga sehingga cocok untuk dijadikan tempat healing melepas penat.

Daya Tarik Pantai Baruna

Walau tidak sepopuler Pantai Marina namun tempat ini memiliki kelebihan tersendiri yang tidak bisa kamu temukan di wilayah Indonesia lainnya. Apa sajakah itu? Berikut adalah deretan daya tarik Pantai Baruna Semarang.

Daya Tarik Pantai Baruna
(sumber gambar: GoogleMaps_Daniii Xp)

1. Padang Savana

Daya tarik utama Pantai Baruna yang tidak dimiliki pantai lain di Indonesia yakni keberadaan padang ilalang atau kerap dikenal savana yang tumbuh di dekat pantai.

Padang rumput ini menjadi pemandangan tidak biasa bahkan mungkin satu-satunya yang ada di Pulau Jawa. Di tengah-tengah padang savana kamu bisa menemukan sebuah pohon yang sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Pemandangan pohon di tengah-tengah padang rumput ilalang yang tumbuh di tepi pantai ini cocok untuk diunggah di sosial media. Menurut beberapa pengguna internet, pemandangan pantai dan padang ilalang di sekitarnya sekilas mirip dengan yang ada di negara Skotlandia.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin merasakan suasana liburan seperti di luar negeri bisa mencoba berkunjung kesini lebih dahulu. Karena begitu uniknya tempat ini kerap dijadikan lokasi pemotretan pre wedding oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Selain masih asri dan jarang diketahui rakyat, pemandangan laut Jawa disekitarnya membuat suasana disana cenderung lebih tenang dan nyaman.

2. Kisah Peace of Soul

Tahukah kamu jika Pantai Baruna menyimpan kisah sejarah yang bisa dipelajari? Di pantai ini kamu bisa menemukan situs bersejarah yang bernama Peace of Soul yang merupakan simbol perjuangan perang antara tentara Jepang melawan penduduk Indonesia selama 5 hari di Semarang.

Uniknya, monumen itu bukanlah dibuat oleh warga sekitar namun oleh tentara Jepang. Situs tersebut adalah bentuk penyesalan mereka yang dulu turun berperang sehingga menyebabkan banyak tentara dan pejuang yang gugur.

Sesuai namanya, monumen tersebut menjadi harapan agar arwah-arwah para tentara yang sudah gugur tetap tenang di alam baka. Tidak hanya tujuan pembuatannya yang mengharukan tetapi posisi monumen ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Konon, posisinya sengaja diatur sedemikian rupa agar sejajar dengan arah Kota Tokyo, Jepang. Hal ini merupakan bentuk dari harapan para tentara Jepang yang ingin monumen tersebut menjadi jembatan yang menghubungkan para arwah agar kembali ke negerinya.

Tidak hanya posisi monumen yang berbau Jepang, kamu dapat menemukan berbagai kaligrafi huruf kanji Jepang yang menghiasi monumen tersebut. Sekilas, memiliki bentuk persis seperti yang ada di pemakaman orang Tionghoa.

Pengunjung Pantai Baruna sering menjadikan monumen sebagai spot foto. Namun, karena bangunan tersebut memiliki sejarah yang cukup kelam dan sengaja dibuat untuk menghormati orang-orang yang telah meninggal maka sebaiknya kamu menjaga perilaku di tempat ini.

Kisah Peace of Soul
(sumber gambar: GoogleMaps_Tribunnewsdotcom)

3. Pemandangan Pantai

Walau pantai ini tidak memiliki daratan berpasir yang luas seperti pantai kebanyakan namun pemandangan di lokasi ini bisa diadu wilayah lain. Kamu bisa mendengar suara ombak yang menyembur menabrak pemecah beton di sekeliling pantai.

Untungnya, arus airnya relatif tenang sehingga kamu dapat menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di pemecah ombak tersebut.

Jangan beranggapan jika bentuk pemecah karang di tempat ini akan sama dengan pemecah karang di tempat lain. Bentuk pemecah karang disini terlihat lebih unik dan menarik sehingga kerap dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung.

Pemandangan di sekitar pantai akan semakin menarik menjelang matahari terbenam alias sunset. Saat itu kamu akan melihat pemandangan matahari terbenam secara pelan-pelan dan semburat jingga yang menyinari air laut.

Pemandangan romantis ini cocok untuk dinikmati bersama pasangan atau bersama dengan orang-orang yang disayangi.

4. Menjelajah Sekitar Pantai

Karena termasuk tujuan wisata tersembunyi maka jangan heran jika kamu tidak menemukan banyak pengunjung seperti di objek wisata pantai lainnya. Namun, hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri karena kamu bisa lebih leluasa menjelajah sekitar pantai.

Selain berjalan-jalan di pinggir pantai, kamu bisa menjelajah padang savana yang ada di pinggir Pantai Baruna. Meski hanya berjalan-jalan namun suasananya yang tenang sangat cocok untuk yang ingin menenangkan pikiran.

Menjelajah Sekitar Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Maulana Resha Vivadi)

5. Memancing

Meski tidak punya daratan berpasir yang luas tetapi Pantai Baruna dikenal memiliki spot memancing yang bagus. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi memancing oleh warga sekitar dan wisatawan yang datang berkunjung.

Sayangnya, kamu harus membawa peralatan memancing sendiri karena tidak ada tempat yang menyewakan alat pancing di sekitar pantai ini. Jika tertarik, kamu bisa turut bergabung bersama nelayan jika ingin memancing hingga ke tengah laut.

Untuk yang suka berenang atau bermain di pasir pantai, sebaiknya jangan lakukan hal itu di sini karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika daratan berpasir di pantai ini sangat sempit sehingga tidak cocok digunakan untuk bermain.

Tidak hanya itu, air laut di pantai ini juga tidak jernih bahkan cenderung kotor sehingga tidak disarankan untuk dipakai berenang. Meski tidak terkontaminasi limbah berbahaya, namun hal tersebut bisa saja berakibat buruk untuk kesehatan kulit terutama untuk yang memiliki kulit sensitif.

Ditambah tidak ada fasilitas kamar mandi dan air tawar yang biasanya digunakan untuk membersihkan diri dari air laut tentu membuat badan kamu tidak nyaman jika masih nekat berenang di pantai ini.

Penginapan di Sekitar Pantai Baruna Semarang

Untuk yang ingin bermalam di sekitar Pantai Baruna ada beberapa pilihan penginapan dengan harga terjangkau yang bisa dipilih sesuai budget. Meski terjangkau namun fasilitas yang ditawarkan penginapan tersebut termasuk bagus.

Berikut adalah beberapa hotel terjangkau yang cocok untuk tempat menginap, antara lain:

1. Narra Hotel Bandara Semarang

Narra Hotel Bandara Semarang
(sumber gambar: Agoda)

Narra Hotel Bandara Semarang, terletak secara strategis di Semarang Barat, tempat kami akan memastikan kamu memiliki akses yang mudah ke atraksi menarik dan restoran pilihan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Lawang Sewu yang terkenal.

Nikmati fasilitas seperti resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, dan banyak lagi. Sempurnakan pengalaman menginap kamu dengan singgah di kedai kopi atau manfaatkan layanan laundry kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 163.999 per malam

PESAN HOTEL Narra Hotel Bandara Semarang Diskon 70%

2. Hotel Marina Airport Semarang

Hotel Marina Airport Semarang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Marina Airport Semarang, tempat yang penuh kenyamanan dan fasilitas unggulan! Terletak di Semarang Barat, properti kami memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran terbaik. Pastikan untuk mengunjungi Lawang Sewu sebelum pulang.

Bonus tambahan, restoran di dalam properti siap memenuhi kebutuhan kuliner kamu. Kami menawarkan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis, dan sarapan gratis. Waktu check-in dan check-out fleksibel untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 183.015 per malam

PESAN HOTEL Hotel Marina Airport Semarang Diskon 63%

3. Smart Budget Hotel

Smart Budget Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Smart Budget Hotel, tempat yang pintar untuk perjalanan hemat di Pecinan, Semarang. Terletak dekat dengan atraksi dan restoran menarik, hotel kami adalah pilihan cerdas bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi.

Jangan lewatkan kunjungan ke Lawang Sewu yang ikonik sebelum kamu kembali. Kami menyediakan fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, dan layanan kamar 24 jam. Manfaatkan penitipan barang dan nikmati layanan kamar yang siap memenuhi kebutuhan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 164.301 per malam

PESAN HOTEL Smart Budget Hotel Diskon 55%

4. Hotel New Puri Garden

Hotel New Puri Garden
(sumber gambar: Agoda)

Hotel New Puri Garden, tempat penginapan berbintang-3 dengan akses mudah ke atraksi dan restoran terbaik di Semarang Barat! Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Lawang Sewu sebelum mengakhiri hari kamu.

Fasilitas kami termasuk resepsionis 24 jam, shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis, dan check-in/check-out ekspres. Nikmati juga restoran dan spa di dalam properti untuk pengalaman menginap yang berkelas. Waktu check-out kami adalah pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 224.100 per malam

PESAN HOTEL Hotel New Puri Garden Diskon 62%

5. DS CoLive Marina Airport

DS CoLive Marina Airport
(sumber gambar: Agoda)

DS CoLive Marina Airport, Berlokasi strategis di Semarang Barat, properti kami memberikan kemudahan akses ke atraksi dan restoran populer di sekitarnya. Jangan lewatkan Lawang Sewu yang terkenal sebelum melanjutkan perjalanan kamu.

Bonus tambahan, restoran di properti kami siap memenuhi selera kuliner kamu dengan mudah. Fasilitas kami meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis, check-in/check-out ekspres, dan layanan laundry. Dapatkan keamanan 24 jam untuk kenyamanan tambahan selama menginap di DS CoLive Marina Airport.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 104.352 per malam

PESAN HOTEL DS CoLive Marina Airport Diskon 66%

Perlu diingat jika harga sewa di atas dapat berubah-ubah bergantung kebijakan hotel. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya bertanya sebelum menyewa kamar. Kamu sebaiknya menyiapkan budget lebih untuk penginapan sebagai persiapan jika ada biaya tambahan yang tidak terduga.

Jika ingin berhemat, hindari datang saat peak season seperti akhir pekan, hari libur nasional atau saat hari besar keagamaan. Pada saat itu biasanya hotel-hotel akan cepat penuh dan harga sewanya bisa naik berkali-kali lipat.

Mencoba Kuliner Lezat Khas Semarang di Sekitar Pantai Baruna

Pantai Baruna di Semarang, Jawa Tengah, terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Beberapa hidangan khas Semarang yang mungkin bisa kamu coba di sekitar Pantai Baruna antara lain:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Semarang di Sekitar Pantai Baruna

    • Lumpia Semarang: Lumpia Semarang terkenal dengan isian rebung, udang, telur, dan daging ayam. Kuliner ini umumnya disajikan dengan saus kacang.
    • Tahu Bakso Ungaran: Tahu bakso Ungaran adalah tahu yang diisi dengan bakso dan disajikan dengan kuah khas. Rasanya gurih dan nikmat.
    • Tahu Petis Semarang: Tahu petis adalah hidangan yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan saus petis khas Semarang yang kental dan beraroma kuat.
    • Wingko Babat Cap Kereta Api: Wingko Babat adalah kue kelapa yang terbuat dari kelapa parut, gula kelapa, dan ketan. Cap Kereta Api adalah merek terkenal yang membuat wingko babat.
    • Bandeng Presto Juwana: Bandeng presto Juwana adalah bandeng yang dimasak dengan teknik presto sehingga dagingnya menjadi lembut. Biasanya, bandeng ini dipanggang atau digoreng.
    • Tahu Pong: Tahu pong adalah tahu yang diisi dengan adonan daging ikan tenggiri dan rempah-rempah. Kemudian, tahu ini digoreng hingga crispy.
    • Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel: Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel adalah roti khas Semarang yang memiliki bentuk panjang dan dilubangi di tengahnya. Rasanya manis dan lembut.
    • Kue Mochi Kacang (Moaci Gemini): Kue mochi kacang atau moaci Gemini adalah kue tradisional Semarang yang terbuat dari ketan yang diisi dengan pasta kacang dan gula kelapa.

Tips Berkunjung ke Pantai Baruna

Karena Pantai Baruna ini masih memiliki banyak kekurangan terutama dari segi fasilitas maka jika kamu ingin berwisata di sini sebaiknya mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Agar tidak bingung, berikut sedikit tips saat berkunjung ke Pantai Baruna pertama kali, antara lain:

Tips Berkunjung ke Pantai Baruna

    • Membawa sunblock, pakaian, topi, kacamata dan sepatu ganti jika ingin memancing di tempat ini.
    • Membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah karena tidak ada rumah makan di sekitar pantai.
    • Membawa uang tunai lebih banyak untuk mengantisipasi karena tidak ada ATM di sekitar pantai tersebut.
    • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Disarankan untuk membawa kantong sampah sendiri.
    • Selalu waspada saat memarkir kendaraan. Pilih tempat parkir yang ramai dan mudah dilihat orang banyak.
    • Tidak disarankan untuk berkunjung bersama keluarga besar terutama dengan membawa anak-anak. Sebaiknya datang sendiri atau berkelompok dengan jumlah terbatas.
    • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan sekitar.

Kesimpulan

Walau masih kurang dari segi fasilitas dan akses jalan namun tidak dapat dipungkiri jika Pantai Baruna layak menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang. Tidak hanya punya cerita peristiwa yang menarik, padang savana di pantai ini juga sangat jarang ditemukan di Indonesia.

You might also like