Pantai Batu Bengkung di Malang Selatan: Menyajikan Satu Keindahan Eksotis

Malang Selatan memang dikenal banyak memiliki pantai dengan keindahan yang eksotis. Lautnya yang bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia membuat keindahan ombak pantai di sana tidak perlu diragukan. Salah satunya ada Pantai Batu Bengkung yang menjadi bagian dari ikon wisata Pantai Kabupaten Malang.

Setelah pandemi berakhir objek wisata ini telah dibuka Kembali untuk umum, sehingga wisatawan lokal dan luar kota dapat menikmati keindahannya kembali. Sebelum pergi ke Pantai Batu Bengkung, akan lebih baik jika menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Sejarah Nama Pantai Batu Bengkung

Sejarah Nama Pantai Batu Bengkung
(sumber gambar: GoogleMaps_Meta aditya pratiwi)

Setiap tempat tentu mempunyai asal-usul dari namanya yang berdasarkan catatan sejarah atau cerita warga sekitar. Begitu juga dengan Pantai Batu Bengkung ini yang mempunyai asal usul penamaannya menurut cerita masyarakat setempat.

Nama Batu Bengkung sangat berkaitan erat dengan bentuk batuan karang yang menghiasi pantai ini. Konon bentuknya melingkar dan diapit 2 pulau karang kecil jika dilihat dari atas dengan menggunakan drone. Inilah yang menyebabkan masyarakat sekitar menyebutnya dengan “Batu Bengkung”.

Kata bengkung berasal dari kata di bahasa Jawa yang maknanya kain panjang yang digunakan melingkar di perut seorang perempuan, dengan tujuan untuk mengencangkan perut. Biasa dipakai untuk perempuan setelah melahirkan atau perempuan yang menggunakan jarik.

Nah kemiripan bentuk keduanya inilah yang memunculkan nama Pantai Batu Bengkung, yang artinya pantai dengan batu karang yang berbentuk melingkar seperti bengkung. Sebuah nama yang penuh dengan filosofis dari masyarakat sekitar.

Memang jika dibuktikan dengan melihatnya dari atas ketinggian, bentuk batu karang yang berada di pantai ini berjajar rapi melingkari bukit karang yang mengapitnya. Tidak salah memang jika masyarakat memberikan nama pantai ini dengan sebutan Batu Bengkung.

Namanya sangat menggambarkan bentuk batuan karang yang ada di sana. Bebatuan itu merupakan ciri khas dari pantai ini, yang tidak bisa ditemukan di pantai mana pun yang ada di Malang ini.

Info Lokasi dan Rute ke Pantai Batu Bengkung

Info Lokasi dan Rute ke Pantai Batu Bengkung

Jika ingin berkunjung ke pantai ini wisatawan memang membutuhkan effort yang cukup besar, karena lokasinya yang terdapat di pinggir selatan Kabupaten Malang. Alamat persisnya ialah di jalur lintas Selatan, RT 42, RW 05, desa Gajahrejo kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa timur.

Dalam perjalanan menuju Pantai Batu Bengkung ini, wisatawan akan melalui sejumlah pantai lainnya yakni pantai Goa CIna, Pantai Bajulmati dan Pantai Sendang Biru, semua objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Malang Selatan.

Dari pusat kota Malang jarak ke pantai ini sekitar 64 Km, bisa ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam. Dari pusat kota Malang ambil rute menuju Turen selanjutnya ke selatan menuju arah Sumbermanjing.Lalu lanjutkan dengan mengikuti rute pantai Sendang Biru sampai kamu bertemu pertigaan.

Dari pertigaan itu ambil arah belok kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Disana jarak ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 Km. Ambil arah barat untuk menemukan pantainya.

Untuk menuju lokasi Pantai Batu Bengkung, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pemerintah kabupaten Malang telah melengkapi infrastruktur yang baik dan lengkap untuk wisatawan.

Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178

Harga Tiket masuk dan Jam Operasional

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 10.000

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Batu Bengkung, wisatawan tidak butuh membayar mahal, arena harga tiketnya memang sangat terjangkau. Objek wisata ini memangsangat pas untuk kamu sekalian yang ingin berlibur tetapi kondisi kantong sedang minimalis.

Tiket masuk yang perlu dibayar pengunjung adalah 7.500 per orang dewasa. Dan untuk biaya parkirnya yakni 5.000 per motor dan 10.000 per mobil. Jadi kamu bisa menghitung kebutuhan biaya tiketnya mulai dari sekarang sambil merencanakan liburan kamu ke pantai ini.

Untuk jam operasional sebenarnya tidak ada jam khusus, objek wisata pantai ini dibuka sepanjang hari atau 24 jam non stop. Jadi kapan pun kamu sempat, bisa segera berangkat menuju lokasinya tanpa takut pintu masuk tertutup saat kamu datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bengkung

Seakan tidak ada selesainya memang daya tarik pantai di wilayah Malang Selatan ini, termasuk Pantai Batu Bengkung yang mempunyai keunikan sekaligus daya tarik tersendiri. Berbeda dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Malang Selatan. Daya tarik pantai ini ialah sebagai berikut:

1. Kolam Gugusan Karang Alami

Kolam Gugusan Karang Alami
(sumber gambar: GoogleMaps_Yudha Jatayu)

Kontur Pantai Batu Bengkung memang sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Di sini ada tembok batu karang yang mengelilingi pantainya, yang memanjang dari bukit karang satu ke bukit lainnya.

Batuan tersebut membentuk garis lengkung sempurna yang menjadi tembok pembatas antara lautan dan daratan di pantai ini. Tembok karang inilah yang kemudian membentuk kolam alami dari gugusan karang di sepanjang pantai.

Air laut yang pasang dan ombak yang tinggi, kemudian mengisi air di ruangan yang kosong di tembok karang tersebut, sehingga terbentuklah genang air sedalam 1,5 m seperti kolam renang. Kolam alami ini memiliki air yang berwarna biru jernih, tetapi hanya akan terbentuk jika laut pasang saja.

2. Pemandangan Alam yang Indah Dari Atas Tebing

Pemandangan Alam yang Indah Dari Atas Tebing
(sumber gambar: GoogleMaps_nashirul haq)

Pesona keindahan Pantai Batu Bengkung memang tidak ada duanya. Pasir putih terhampar di pantainya, gulungan ombak besar yang jernih dan melebur di pinggir pantai setiap saat membuat pemandangan indah yang tidak membosankan.

Belum lagi bukit-bukit karang yang berjejer di pantainya, menambahkan keeksotisan pantai ini. Pepohonan yang hijau mewarnai tepian pantainya dengan indah. Selain itu tembok karangnya yang melingkupi pantai menjadi pemecah gelombang besar yang berlari ke pantai menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Semua pemandangan pantai ini akan semakin indah jika dinikmati dari atas tebing. Wisatawan bisa mendaki tebing yang telah dilengkapi trek pendakian untuk menikmati keindahan pantai dari atas tebing.

3. Kuliner Seafood

Kuliner Seafood

Seperti kawasan pantai umumnya, seafood selalu menjadi daya tarik untuk wisatawan yang menyukai kulineran. Di Pantai Batu Benkung ada kulineran seafood yang berasal dari hasil tangkapan nelayan setempat.

Wisatawan bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan kemudian memasaknya sendiri di rumah atau menggunakan jasa warung yang berada di sana. Nikmati kulineran seafood segar dari lautan Malang Selatan dilengkapi bumbu dari kearifan lokal. Rasanya tentu lebih lezat dan tidak akan terlupakan.

4. Dominasi Batu Karang di Tepi Pantainya

Dominasi Batu Karang di Tepi Pantainya

Hal yang menjadi daya tarik utama di Pantai Batu Bengkung memang batu karangnya yang cantik dan mempesona. DI sepanjang pantainya didominasi oleh keberadaan bukit dan gugusan batu karang yang melingkar seperti “Bengkung”. Benar-benar pemandangan yang tidak bisa didapat di tempat lain.

Dominasi batu karang inilah yang selanjutnya membuat keindahan sekaligus keunikan pada pantai ini. Wisatawan dapat menyaksikan batu-batu karang yang berjajar rapi di pinggir pantai, bahkan juga ada pemandangan bukit-bukit kerang yang berserakan hingga ke tengah lautan.

Aktivitas Seru di Pantai Batu Bengkung

Berwisata tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas seru selama di tempat wisata. Untuk mengisi waktu selama di lokasi wisata ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini, contohnya seperti di bawah ini:

Aktivitas Seru di Pantai Batu Bengkung

1. Camping

Camping atau berkemah memang bisa menjadi aktivitas menarik yang dilakukan di pantai ini. Terdapat lokasi datar dan aman yang bisa dijadikan tempat mendirikan tenda di pinggir pantai. Apalagi di sekitar tempat ini belum ada penginapan, sehingga berkemah adalah pilihan yang tepat.

Membawa tenda dan bekal yang cukup dari rumah jika memang berniat untuk camping. Hitung secara baik kebutuhan makanan dan air untuk memenuhi kebutuhan semua orang yang ikut bermalam. Hal ini karena saat malam tiba warung-warung di sekitar pantai sudah tutup jadi memiliki perbekalan sangatlah penting.

2. Berenang di Kolam Alami

Di atas telah dijelaskan jika Pantai Batu Bengkung mempunyai kolam alami yang terjadi dari gugusan batu karangnya. Oleh sebab itu pengunjung dapat berenang di kolam itu. Kolam alami ini berbentuk memanjang dari utara ke selatan, sehingga pengunjung bisa puas berenang dari ujung ke ujungnya.

Perlu tetap siaga yaa waktu berenang, karena ombak di pantai ini lumayan besar walaupun akan terpecah oleh tembok karang di pinggir pantai, tetapi tidak ada kelirunya jika masih tetap siaga. Ikuti ketentuan dan larangan yang berjalan di pantai ini untuk keselamatan.

Berenang di Kolam Alami

3. Bermain Pasir

Bermain pasir dapat dilakukan ketika air laut sedang surut, sehingga bibir pantai menjadi lebih luas dari biasanya. Pada saat itulah anak-anak bisa bermain pasir dengan puas dengan membawa peralatan bermain pasir sendiri dari rumah tentunya.

Membuat istana atau membuat bentuk-bentuk dari pasir akan sangat menyenangkan untuk anak-anak. Terutama untuk anak yang domisili di kota yang jarang terekspos dengan alam apalagi pasir, pasti akan sangat menyukai kegiatan ini.

4. Menikmati Sunset Di Pantai

Bukan rahasia lagi jika pantai di Malang Selatan ialah tempat yang pas untuk melihat sunset yang indah. Lautnya yang bersebelahan langsung dengan samudera Hindia membuat cakrawala yang luas. Akan sangat indah pemandangan pantai di saat sunset tiba.

Matahari akan terbenam, hilang perlahan-lahan di garis cakrawala yang luas itu. Mengubah warna air laut yang biru jadi jingga dan hitam keperakan karena tidak ada lagi cahaya. Sungguh pemandangan yang mahal, sayang jika dilewatkan.

Menikmati Sunset Di Pantai

5. Memotret Pemandangan

Dari uraian daya tarik di atas tentu sudah terpikir yaa keindahan pemandangan laut dan Pantai Batu Bengkung ini. Untuk kamu yang merupakan pecinta fotografer akan sangat menarik jika memotret landscape pemandangan di lokasi objek wisata ini.

kamu akan mendapatkan berbagai landscape pemandangan yang sangat menarik untuk didokumentasikan. Bawalah kamera terbaik yang dimiliki untuk mendokumentasikan setiap landscape yang kamu dapatkan dari berbagai posisi dan angle pemotretan.

6. Mendaki Tebing

Untuk wisatawan yang menyukai tantangan, aktivitas mendaki tebing dapat menjadi alternatif yang menarik untuk dilakukan. Ini untuk mendapatkan view pemandangan pantai lebih menarik jika dilihat dari atas bukit yang ada di sana.

kamu dapat mendaki ke atas bukit melalui jalan yang tersedia. Jalannya cukup sempit untuk dilewati, tetapi terdapat tali pengaman untuk berpegangan saat melewatinya.

Perlu kehati-hatian saat melintasinya, jangan sampai terpeleset karena akan sangat berbahaya. Akan lebih bagus jika menggunakan sepatu atau sandal khusus untuk mendaki yang anti selip.

Mendaki Tebing

7. Olahraga Pantai

Untuk yang datang bersama rombongan dan bisa membentuk tim, bisa melakukan olahraga pantai untuk mengisi waktu selama di pantai. Olahraga seperti voli pantai akan sangat menarik untuk dilakukan jika kamu menyukainya.

Futsal pantai bisa juga menjadi pilihan menarik untuk dilakukan saat kamu berada di Pantai Batu Benkung ini. Untuk pecinta olahraga, melakukan olahraga di mana pun bisa menjadi momen yang menyenangkan.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Batu Benkung

Untuk penginapan memang sangat terbatas, kamu yang dari luar kota bisa menginap di daerah kota Malang dan sekitarnya yang lumayan jaraknya dari Pantai Batu Bengkung. Berikut beberapa rekomendasi hotel atau penginapan di kota Malang:

1. Hotel Tugu Malang

Hotel Tugu Malang
(sumber gambar: Agoda)

Tersembunyi di kawasan kota tua Malang, Hotel Tugu Malang adalah pilihan mewah yang hanya berjarak 3 menit berjalan kaki dari Museum Malang Tempo Doeloe dan 5 menit dari stasiun kereta Malang.

Waktu check-in pada pukul 14.00 dan check-out pada pukul 12.00. Fasilitas populer yang dapat dinikmati termasuk kolam renang, spa, serta sarapan gratis dan Wi-Fi gratis. Dengan lokasi yang strategis, hotel ini menjadi tempat yang sempurna untuk menjelajahi pesona kota Malang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.053.183 per malam

PESAN HOTEL Hotel Tugu Malang DISKON 75%

2. Ijen Suites

Ijen Suites
(sumber gambar: Agoda)

Jarak 3 km dari Desa Jodipan yang unik dan 2 km dari Museum Brawijaya serta taman Alun Alun Malang, Ijen Suites menawarkan suasana santai yang tak tertandingi. Waktu check-in dan check-out disesuaikan pada pukul 14.00 dan 12.00.

Fasilitas yang populer di hotel ini meliputi kolam renang, spa, bak air panas, dan Wi-Fi gratis. Dengan lokasinya yang strategis, Ijen Suites menjadi tempat yang ideal untuk merasakan keunikan dan kesejukan kota Malang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 685.240 per malam

PESAN HOTEL Ijen Suites DISKON 72%

3. Kampung Lumbung ECO Boutique

Kampung Lumbung ECO Boutique
(sumber gambar: Agoda)

Hotel butik yang tenang ini menghadirkan pengalaman unik dengan bangunan terbuat dari kayu jati tradisional. Terletak 3 km dari Batu Secret Zoo dan Museum Tubuh Manusia Bagong Adventure, serta 14 km dari Air Terjun Coban Rondo.

Waktu check-in pada pukul 02.00 dan check-out pada pukul 12.00. Fasilitas yang menonjol meliputi kolam renang, sarapan gratis, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi. Kampung Lumbung memberikan ketenangan dan keindahan tradisional di Malang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 481.303 per malam

PESAN HOTEL Kampung Lumbang ECO Boutique DISKON 71%

4. SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa II

SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa II
(sumber gambar: Agoda)

Terletak strategis di Malang Pusat, properti ini menawarkan kemudahan akses ke berbagai atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan kunjungan ke Malang City Square yang terkenal.

Fasilitas di antaranya tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis di semua kamar, layanan kamar, serta disinfeksi harian. Dengan jarak fisik minimal 1 meter, SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa II adalah pilihan modern dan nyaman di pusat kota Malang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 50.109 per malam

PESAN HOTEL SPOT ON 92474 Penginapan Rusunawa II DISKON 64%

Fasilitas Umum yang Tersedia di Pantai Batu Bengkung

Fasilitas Umum yang Tersedia di Pantai Batu Bengkung

    • Sebagai salah satu objek wisata yang populer dikunjungi wisatawan di Malang, fasilitas umum di Pantai Batu Bengkung termasuk lumayan lengkap. Ada fasilitas yang bisa diakses semua pengunjung seperti, toilet, mushola dan tempat parkir yang luas.
    • Menariknya lagi, di sini ada saung-saung yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan berteduh dari teriknya sinar matahari. Namun jumlah saungnya memang masih terbatas, sehingga terkadang harus antri lama agar bisa menikmati fasilitas ini.
    • Fasilitas lainnya seperti tempat makan, ada beberapa warung di sekitar pantai, namun jumlahnya terbatas. Selain itu jam operasional warung-warung ini terbatas, hanya membuka sampai petang saja. Jadi yang ingin menginap di pantai harus bawa perbekalan yang cukup untuk bertahan sampai pagi hari.
    • Selama ini tidak ada fasilitas tempat penginapan untuk para pengunjung baik hotel atau guest house di dekat pantai. Jika ingin bermalam di pantai pengunjung harus berkemah. Tetapi untuk pengunjung dari luar kota, dapat menginap di hotel yang berada di kota Malang sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai.

Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai Batu Benkung

Jika kamu berada di sekitar Pantai Batu Benkung di Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplor kuliner khas yang menggoda selera di sekitarnya. Berikut adalah 7 hidangan lezat yang wajib dicoba:

Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai Batu Bekung

    • Rawon Nguling Bu Dewi: Nikmati cita rasa rawon yang khas di Rawon Nguling Bu Dewi, terletak di dekat Pantai Batu Benkung. Dengan bumbu rempah yang kaya, rawon di sini menjadi hidangan yang memanjakan lidah.
    • Bakso Bakar Pak Man: Cicipi sensasi bakso bakar yang unik di Bakso Bakar Pak Man. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai membuat pengalaman makan semakin istimewa.
    • Sate Klopo Ondomohen: Jangan lewatkan Sate Klopo Ondomohen, sajian sate khas Malang dengan tambahan kelapa parut yang memberikan sentuhan istimewa pada cita rasanya.
    • Pecel Kawi: Rasakan kelezatan pecel khas Malang di Pecel Kawi. Dengan bumbu kacang yang autentik, pecel di sini menjadi hidangan yang sangat disukai oleh pengunjung.
    • Rujak Cingur Mbak Siti: Lezatnya rujak cingur di Mbak Siti akan memanjakan lidah kamu. Rasa yang segar dan bumbu yang pas membuatnya menjadi pilihan yang tepat.
    • Soto Ayam Cak Har: Hangatkan perut kamu dengan soto ayam khas Malang di Soto Ayam Cak Har. Kuah yang gurih dan daging ayam yang lembut akan membuat kamu ingin kembali lagi.
    • Nasi Pecel Madiun Bu Tarno: Coba nasi pecel yang lezat di Nasi Pecel Madiun Bu Tarno. Kombinasi aneka sayur segar dan sambal khas membuat hidangan ini sangat menggoda selera.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Pantai Batu Bengkung mulai dari sejarah, lokasi, rute, HTM dan lain-lain. Wisatawan bisa menjadikannya referensi sebelum berangkat untuk melihat daya tariknya secara langsung.

Pergi ke pantai ini akan jadi liburan yang menyenangkan bersama rekan atau keluarga. Menyaksikan ciptaan Tuhan YME secara langsung akan mencharge lagi energi positif kamu, sehingga kamu dapat menjalani lagi aktivitas rutin kembali setelah berlibur. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan selama menjalankan liburan.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like