Pantai Bira di Sulawesi Selatan: Pantai Eksotis di Bulukumba dengan Pasir Sehalus Tepung

Pernahkan kamu mendengar nama Pantai Bira? Meski namanya masih asing di telinga masyarakat Indonesia namun tujuan wisata ini sebenarnya sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena memiliki pemandangan yang eksotis.

Jika kamu sudah bosan dengan suasana pantai di Bali dan Yogyakarta maka sangat disarankan untuk datang ke tempat ini. Sekilas Pantai Bira punya pemandangan yang mirip dengan pantai-pantai di selatan Jawa namun ombaknya cenderung tenang sehingga cocok untuk wisata air.

Lokasi Pantai Bira

Lokasi Pantai Bira
(sumber gambar: GoogleMaps_Andrew Wahyudi Yuwono)

Secara administratif Pantai Bira terletak di Jalan Tanjung Bira, Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Objek wisata ini dikenal pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan air laut yang begitu jernih.

Jika dilihat seksama, tempat ini ternyata miliki daratan yang sedikit lebih tinggi sehingga kamu bisa melihat aktivitas nelayan dan pelabuhan kapal ferry yang berada dekat dengan lokasi pantai.

Tidak hanya dikenal keindahan alamnya, pantai ini diketahui merupakan pusat pembuatan berbagai kapal pinisi yang terkenal sejak dahulu dan sudah berlayar di segala penjuru nusantara.

Meski Pantai Bira secara resmi bernama Pantai Bira namun masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Pantai Tanjung Bira. Oleh sebab itu, kamu jangan sampai kebingungan ketika ada yang menyebut pantai ini dengan nama berbeda.

Rute Perjalanan Pantai Bira

Rute Perjalanan Pantai Bira

Pantai indah ini terletak jauh di ujung selatan-timur Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya berjarak 200 Km dari pusat Kota Makassar. Lokasinya yang sangat jauh membuat perjalanan kesana dari Makassar membutuhkan waktu lebih dari 5 jam perjalanan jika menggunakan mobil.

Namun, untuk kamu yang datang dari arah Kabupaten Bulukumba, pantai ini hanya berjarak 40 Km saja sehingga bisa ditempuh dalam 1-2 jam perjalanan.

Untungnya, meski jaraknya sangat jauh tapi akses jalannya sudah bagus sehingga bisa dilalui baik kendaran pribadi dan transportasi umum. Namun, jika ingin lebih praktis disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum hanya tersedia sampai sore.

Sebenarnya ada beberapa rute perjalanan menuju Pantai Bira yang bisa digunakan. Namun, semua rute tersebut berawal dari Kota Makassar karena merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari Makassar kamu harus melewati Kabupaten Gowa terlebih dahulu kemudian lanjut ke Kab. Takalar, Kab. Jeneponto, dan terakhir ke Kab. Bantaeng. Jarak pantai yang dituju kabupaten ini hanya tinggal beberapa kilometer saja.

Meski perjalannya sangat lama, namun kamu dijamin tidak akan bosan. Hal ini dikarenakan di sepanjang jalan menuju lokasi kamu akan disuguhkan pemandangan alam dengan pemandangan indah khas Sulawesi Selatan.

Kamu akan dimanjakan deretan sawah yang menghijau, pantai dengan air laut yang jernih dan berwarna biru, tambak-tambak garam, dan deretan rumah tradisional yang masih asli.

Untuk sampai ke lokasi sebaiknya kamu pergi menggunakan mobil terutama jika datang beramai-ramai mengingat lamanya perjalanan. Jika tidak ada mobil pribadi kamu bisa menyewa mobil dengan harga sekitar Rp 500-600 ribu untuk sekali jalan.

Jika ingin lebih praktis kamu bisa ikut agen perjalanan wisata yang menyediakan tour atau paket wisata khusus ke pantai tersebut. Dengan meng ikuti agen maka kamu cukup membayar dan tinggal menikmati perjalanan saja.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Bira:

Alamat: Jalan Tanjung Bira, Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Tiket Masuk Pantai Bira

Hari
Harga Tiket MasukParkir
LokalMancanegaraMotorMobil
SeninRp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
SelasaRp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
RabuRp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
KamisRp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
JumatRp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
SabtuRp 15.000 – Rp 20.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000
MingguRp 15.000 – Rp 20.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 10.000

Meski termasuk destinasi wisata yang banyak disukai turis asing namun harga tiket masuk ke Pantai Bira masih terhitung murah yaitu sekitar Rp 10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 20 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Sayangnya, harga tiket masuk di atas hanya berlaku untuk hari biasa saja. Untuk hari libur dan akhir pekan harganya akan naik menjadi Rp15-20 ribu. Selain tiket masuk, kamu diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Jika ingin berkunjung ke pulau-pulau yang ada di sekitar pantai ini kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk menyeberang. Harga sewa perahu di sana mulai dari Rp 300 ribu saja. Namun, jika pandai menawar maka kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika dilihat dari harga tiket masuk dan parkir apabila dibandingkan tiket masuk di beberapa objek wisata pantai yang ada di Pulau Jawa khususnya di wilayah Yogyakarta maka masih lebih murah tiket di pantai ini.

Sayangnya, sama seperti kebanyakan objek wisata, harga-harga yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, kamu sebagai wisatawan disarankan untuk membawa uang lebih terutama yang pecahan kecil untuk mengantisipasi kenaikan harga di sana.

Jam Operasional Pantai Bira

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Tempat ini diketahui selalu buka setiap hari selama 24 jam penuh. Pantai Bira akan selalu ramai wisatawan terutama saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Meski tempat ini buka selama 24 jam namun kamu tidak disarankan untuk datang di luar jam-jam normal seperti tengah malam atau dini hari. Meski lingkungan sekitar termasuk aman, namun sebaiknya kamu tidak datang ke tempat sepi pada malam hari untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Kamu dapat datang ke pantai saat pagi atau sore hari dimana saat itu matahari sedang tidak bersinar terik. Namun, jika kamu suka hal-hal yang romantis maka disarankan untuk datang sore hari agar bisa melihat momen matahari terbenam secara langsung sekaligus menginap.

Waktu terbaik untuk datang adalah saat musim kemarau karena saat itu cuaca akan selalu cerah. Tidak ada mendung yang akan mengganggu rencana liburan kamu. Sebaliknya, hindari datang saat musim hujan karena rawan cuaca buruk yang bisa membahayakan keselamatan kamu.

Fasilitas Pantai Bira

Fasilitas Pantai Bira

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Sulawesi Selatan maka jangan heran jika fasilitas di Pantai Bira sudah sangat layak dan memadai. Nampaknya pemerintah daerah sudah memberikan perhatian serius soal sarana dan prasarana penunjang wisata di tempat ini.

Selainnya fasilitas standard seperti toilet, rumah makan, tempat persewaan alat snorkeling, dan sejenisnya kamu juga bisa menemukan banyak sekali penginapan mewah di tempat ini.

Hal ini wajar mengingat pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing sehingga banyak pengusaha yang membangun hotel, resort, dan penginapan mewah untuk turis-turis yang ingin bermalam di dekat pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Bira

Sebagai destinasi wisata unggulan, apa sajakah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Bira? Berikut adalah rekomendasi beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama teman atau keluarga tercinta.

Aktivitas Seru di Pantai Bira
(sumber gambar: GoogleMaps_Rahmat Dwi Susanto)

1. Menikmati Liburan Mewah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika ada banyak hotel dan resort di sekitar Pantai Bira. Selain menawarkan pemandangan indah yang eksotis, destinasi wisata ini juga menawarkan akomodasi yang mewah dan nyaman kepada wisatawan.

Dengan pemandangan dan fasilitas kelas internasional maka tidak heran jika banyak paket wisata mewah yang diadakan di pantai ini. Biasanya paket wisata tersebut sering ditawarkan kepada wisatawan asing atau wisatawan domestik kelas menengah atas.

2. Berenang

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai dengan pemandangan eksotis namun tidak sempat berenang. Pantai Bira memang dikenal punya spot berenang yang bagus karena selain memiliki pemandangan indah, karakteristik ombaknya cukup ramah sehingga aman untuk berenang.

Jika ingin aktivitas lain yang lebih ekstrim, kamu bisa mencoba bermain banana boat di tempat ini. Biaya untuk menikmati permainan air ini juga tidak mahal sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

Berenang

3. Snorkeling dan Diving

Pantai Bira dikenal sebagai salah satu spot snorkeling dan menyelam yang bagus. Selain karena airnya yang jernih, di sana lingkungannya masih belum tercemar sehingga kamu bisa menemukan beragam biota laut unik dan terumbu karang warna-warni yang menarik.

Kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling sendiri karena sebagai destinasi wisata unggulan tentu ada banyak tempat penyewaan alat-alat snorkeling dengan harga terjangkau. Bila masih pemula biasanya tempat penyewaan tersebut menyediakan pelatih snorkeling profesional.

4. Melihat Pembuatan Kapal Phinisi

Sejak dulu warga sekitar Pantai Bira terkenal jago membuat kapal pinisi. Tempat ini bahkan dikenal sebagai rumah pembuatan kapal pinisi terbaik sehingga sayang jika kamu tidak melihat proses pembuatan kapal ketika berkunjung ke sana.

Kapal pinisi sendiri adalah kapal tradisional kebanggaan masyarakat Sulawesi terutama etnis Bugis. Sejak dulu masyarakat Bugis terkenal sebagai pembuat kapal yang handal sehingga tradisi tersebut masih tetap dipertahankan sampai saat ini.

Setidaknya ada 3 tempat pembuatan kapal phinisi yang berada di Tanjung Bira di mana lokasi yang paling terkenal ada di Tana Beru tepatnya di Desa Tanetang.

Melihat Pembuatan Kapal Phinisi

5. Melihat Pemandangan dari Pua Janggo

Di sekitar Pantai Bira terdapat sebuah view point di atas bukit yang bernama Pua Janggo. Untuk sampai ke sana kamu harus berjalan kaki sejauh 2 Km. Memang melelahkan namun dari sana kamu bisa menyaksikan semua pemandangan pantai plus Pulau Liukang Loe.

6. Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke suatu daerah tanpa mencicipi hidangan khas di daerah tersebut. Meski rumah makan di Pantai Bira kebanyakan menyajikan makanan olahan laut. Namun kamu bisa menemukan berbagai hidangan khas Makassar lainnya seperti Coto dan Konro.

Wisata Kuliner

7. Bermain di Pasir

Jika bosan berenang atau menyelam kamu bisa mencoba bermain di pasir seperti membangun istana pasir, berolahraga, atau hanya sekedar duduk santai di atas pasir sambil menikmati pemandangan.

Pasir Pantai Bira memang dikenal bersih dan memiliki tekstur yang halus seperti tepung sehingga tidak menyakiti kulit. Bahkan kehalusan pasir pantai ini sudah menjadi ciri khas tersendiri. Kamu dijamin akan betah berlama-lama jika bermain pasir pantai ini.

Jika ingin suasana yang baru atau tidak mau berkotor-kotoran di pasir maka kamu bisa mencoba piknik di pasir pantai. Cukup menggelar matras atau tikar maka kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai sambil menikmati makanan ringan yang dibawa.

8. Berjemur

Kegiatan berjemur biasanya dilakukan oleh wisatawan asing. Namun, jika kamu ingin ikut berjemur sebaiknya pilih tempat yang bersih dan terhindar dari sinar matahari langsung. Hindari berjemur saat tengah hari dan jangan lupa menggunakan sunblock untuk meminimalisir resiko kanker kulit.

Berkunjung ke Objek Wisata Lain

Berkunjung ke Objek Wisata Lain
(sumber gambar: GoogleMaps_Rangga Pramana)

Objek wisata Pantai Bira memang berada dekat dengan pantai lainnya sehingga kamu bisa berkunjung ke sana. Pantai ini sangat dekat dengan Pantai Bara sehingga keduanya sering disebut nama pantai kembar.

Tidak hanya itu, di pantai ini kamu bisa menyebrang ke Pulau Liukang Loe. Sebuah pulau kecil namun dikenal pemandangan bawah laut yang sangat bagus sehingga sering dijadikan tempat menyelam.

Tidak hanya Liukang Loe, salah satu spot terbaik untuk menyelam lainnya ada di wilayah Pulau Selayar. Namun, jaraknya cukup jauh sehingga kamu harus naik kapal ferry jika ingin berkunjung kesana.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Bira

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika di Pantai Bira ada banyak hotel dan resort mewah yang bisa dipilih untuk tempat bermalam. Namun, untuk kamu yang punya budget terbatas jangan dulu bersedih karena ternyata disana ada banyak penginapan dengan harga terjangkau.

Kamu bisa memilih sendiri ingin menginap di homestay, hostel, hotel budget, bungalow, atau villa. Semuanya bisa disesuaikan budget yang dimiliki. Akan tetapi, jika ingin penginapan yang dekat pantai, berikut adalah deretan penginapan yang bisa dipilih:

1. Phinisi Hostel Bira

Phinisi Hostel Bira
(sumber gambar: Agoda)

Phinisi Hostel Bira, berlokasi strategis di Bira, bagian dari Tanete, memberikan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Pijat dan restoran adalah fasilitas khusus kami yang akan meningkatkan kenyamanan kamu selama menginap. Check-in dimulai pukul 14.00, dan kami mempersilakan check-out hingga pukul 12.00.

Nikmati fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, ruang permainan, dan BBQ. Kami juga menyediakan layanan check-in/check-out ekspres serta penitipan barang untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 194.103 per malam

PESAN HOTEL Phinisi Hostel Bira Diskon 63%

2. Bara Beach Bungalows

Bara Beach Bungalows
(sumber gambar: Agoda)

Dengan bangga kami mempersembahkan Bara Beach Bungalows di Bira, Tanete. Kami menawarkan lokasi strategis yang dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Pijat dan restoran adalah fasilitas istimewa kami untuk meningkatkan pengalaman menginap kamu. Check-in dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out adalah pukul 12.00.

Fasilitas kami meliputi shuttle bandara, kebijakan hewan peliharaan, tempat parkir mobil, layanan shuttle, WiFi gratis di semua kamar, ruang permainan, dan penitipan barang. Kami juga menyediakan layanan check-in/check-out pribadi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 697.000 per malam

PESAN HOTEL Bara Beach Bungalows Diskon 68%

3. Cosmos Bungalows

Cosmos Bungalows
(sumber gambar: Agoda)

Cosmos Bungalows, terletak strategis di Bira, bagian dari Tanete. Kami menawarkan kenyamanan dengan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Check-in dapat dilakukan mulai pukul 14.00, dan kami mengharapkan check-out sebelum pukul 11.00.

Nikmati fasilitas kami, termasuk tempat parkir mobil, sarapan gratis, pantai pribadi, restoran, bar, ruang keluarga, area merokok, dan layanan kebersihan harian.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 409.180 per malam

PESAN HOTEL Cosmos Bungalows Diskon 60%

4. Tevana House Reef

Tevana House Reef
(sumber gambar: Agoda)

Tevana House Reef di Bira, Tanete. Kami menawarkan lokasi strategis dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Check-in dimulai pukul 14.30, dan waktu check-out adalah pukul 12.00.

Fasilitas unggulan kami termasuk shuttle bandara, kebijakan hewan peliharaan, tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, pusat kebugaran, pantai pribadi, check-in/check-out ekspres, dan BBQ. Kami berkomitmen untuk membuat pengalaman menginap kamu tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.079.925 per malam

PESAN HOTEL Tevana House Reef Diskon 58%

5. Woywoy Paradise

Woywoy Paradise
(sumber gambar: Agoda)

Woywoy Paradise di Bira, Tanete, berlokasi strategis, kami menawarkan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Check-in dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out adalah pukul 12.00.

Fasilitas kami meliputi shuttle bandara, tempat parkir mobil, layanan shuttle, resepsionis 24 jam, BBQ, check-in/check-out bebas kontak, kolam renang luar ruangan, dan layanan laundry. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan nyaman bagi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 637.560 per malam

PESAN HOTEL Woywoy Paradise Diskon 56%

Perlu diingat jika harga yang dicatat di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Harga yang ditampilkan sebelumnya merupakan harga yang ditampilkan oleh berbagai aplikasi traveler sehingga mungkin ada perbedaan harga antara aplikasi satu dengan lainnya.

Agar lebih praktis, kamu bisa booking langsung penginapan di aplikasi travel terkemuka di Indonesia. Selain punya lebih banyak pilihan penginapan biasanya ada promo atau diskon khusus yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Mencoba Kuliner Lezat khas Makassar, Sulawesi Selatan

Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan di Indonesia, memiliki beragam kuliner lezat yang patut dicoba. Berikut adalah beberapa hidangan khas Makassar yang bisa menjadi pilihan menarik untuk dicicipi:

Mencoba Kuliner Lezat khas Makassar, Sulawesi Selatan

    • Coto Makassar: Coto adalah sup khas Makassar yang terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama dengan bumbu khas. Biasanya disajikan dengan ketupat.
    • Konro: Konro adalah iga sapi yang direbus atau dipanggang dengan bumbu khas Makassar. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan pedas yang lezat.
    • Pallubasa: Pallubasa adalah sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang yang kaya rempah-rempah. Hidangan ini juga sering disajikan dengan ketupat.
    • Mie Titi: Mie khas Makassar yang disajikan dengan kuah kental dan daging sapi serta organ-organ dalam seperti hati dan usus.
    • Barongko: Barongko adalah kue tradisional Makassar yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan kelapa dan kemudian dikukus. Rasanya manis dan lezat.
    • Es Pisang Ijo: Sebuah hidangan penutup yang terdiri dari pisang hijau yang dibungkus dengan lapisan adonan hijau dari tepung ketan dan disajikan dengan siraman sirup santan.
    • Sop Saudara: Sop daging sapi dengan tambahan tulang sumsum yang memberikan citarasa khas. Biasanya disajikan dengan ketupat.
    • Pisang Epe: Pisang yang dipipihkan dan kemudian dipanggang atau dibakar, lalu disajikan dengan sambal kacang atau kuah manis.
    • Sop Konro Karebosi: Warung sop yang terkenal di Makassar, menyajikan sop konro yang lezat dengan kuah yang kaya rempah.
    • Cempa Bakar: Ikan cempa yang dibumbui kemudian dibakar, memberikan cita rasa pedas dan gurih.

Tips Berkunjung ke Pantai Bira

Meski terkenal namun kebanyakan warga belum pernah berkunjung ke tempat tersebut. Oleh sebab itu, bagi yang ingin berwisata ke Pantai Bira berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu gunakan ketika berkunjung pertama kali, antara lain:

Tips Berkunjung ke Pantai Bira

    • Membawa perlengkapan seperti sunblock, topi, kacamata, pakaian dan sepatu sepatu ganti jika ingin berenang.
    • Jika sering mabuk darat sebaiknya konsumsi obat anti mabuk sebelum bepergian.
    • Jika tidak mau terlalu lelah bisa sewa motor dengan harga Rp 60 ribu per hari. Harga sewa tersebut tidak termasuk bensin.
    • Pilih pakaian dan alas kaki yang nyaman digunakan.
    • Bawa uang tunai yang cukup karena sulit menemukan ATM di sekitar pantai.
    • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
    • Hormati adat istiadat masyarakat sekitar dan selalu bersikap sopan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi dan tips ketika berkunjung ke Pulau Bira di Sulawesi Selatan. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata yang menarik mengingat selain memiliki pemandangan eksotis, Pantai Bira sudah ditata baik sehingga nyaman dikunjungi wisatawan.

You might also like