Mengenal Pantai Biru di Bangkalan Madura: Sebuah Objek Wisata Unggulan yang Populer Saat Ini

Sebagai daerah pulau, Madura memang mempunyai garis pantai yang luas di setiap pesisir pulaunya. Potensi objek wisata pantai di Madura seolah tidak ada habisnya di setiap kabupaten/ kotanya. Kali ini ada Pantai Biru yang berada di Bangkalan Madura.

Pantai ini menjadi cukup terkenal belakangan ini. Mulai banyak wisatawan yang meliriknya dan menjadikan tujuan wisata wajib saat berada di pulau garam Madura. Lokasinya strategis, berada di pantura pulau Madura, sehingga wisatawan mudah menjangkaunya. Berikut pembahasan lengkap mengenai Pantai Biru Bangkalan:

Sejarah Pantai Biru Di Zaman Dulu

Sejarah Pantai Biru Di Zaman Dulu

Siapa kira sebelum menjadi destinasi wisata yang cantik seperti saat ini, Pantai Biru adalah tambak yang kemudian beralih fungsi sebagai TPA (tempat pembuangan akhir) untuk sampah di daerah itu.

Awalannya lokasi ini dijadikan tempat untuk membangun usaha bersama menggunakan kas desa. Usaha itu tidak lain ialah tambak udang dan bandeng. Pada mulanya usaha desa itu berjalan mulus dan menghasilkan banyak keuntungan.

Tetapi seiring berjalannya waktu saat usaha tidak berjalan dengan baik, tempat ini pun ditinggalkan. Setelah ditinggalkan dan tidak terurus, tempat ini pada akhirnya dijadikan tempat pembuangan akhir untuk sampah dan air limbah.

Pada sekitar tahun 2008, masyarakat setempat mulai memiliki ide untuk mengatur kawasan pantai ini. Selainnya bau sampah yang mulai mengusik, warga ingin membuat kawasan ini jadi lebih produktif. Pada akhirnya dilakukan pembenahan ulang kawasan untuk dijadikan objek wisata lokal.

Pemerintahan desa bersama warga mengatur berbagai sisi untuk membuat kawasan ini layak dijadikan objek wisata. Membuat lokasi ini menjadi lebih instagramable sehingga mudah dipromosikan dan menarik hati pengunjung.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Biru

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Biru

Untuk lokasi objek wisata pantai ini beralamat di Jl. Pelabuhan Telagabiru Nomor 38, Tanjungbumi, Telaga Biru, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Untuk menuju lokasi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum, kerana lokasinya yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum.

Letaknya yang berada di jalur pantura Madura sekitar 44 km dari pusat kota bangkalan. Meski begitu pantai ini bisa secara mudah dijangkau transportasi umum sekitar membutuhkan waktu 1,5 jam. Banyak jalur bus yang melewati jalan ini, sehingga wisatawan bisa secara gampang menemukan kendaraan umum ke objek wisata Pantai Biru.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu tinggal meng ikuti saja petunjuk yang berada di aplikasi Google maps. Masukkan alamat lengkap lokasi wisata Pantai Biru sedetail-detailnya, klik direction, maka Google maps akan menuntun kamu ke lokasi yang dicari.

Banyak rute yang bisa dilewati, namun akan lebih aman jika kamu menggunakan jalur jalan protokol atau jalan utama. Jalan protokol memiliki penerangan yang lebih baik, dan akses jalannya mulus, sehingga kamu bisa lebih nyaman melakukan perjalanan menuju lokasi.

Lokasi lengkap menuju Pantai Biru:

Alamat: Jl. Pelabuhan Telagabiru No.38, Tj. Bumi, Telaga Biru, Kec. Tj. Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69156

Informasi Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Biru

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu08.00 – 17.00Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Untuk harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Biru ini wisatawan tidak perlu khawatir menyebabkan kantong jebol, karena harganya termasuk murah. Pengunjung cukup membayar 5.000 per orang untuk masuk ke dalam lokasi wisata.

Dan biaya lain yang perlu dibayarkan ialah biaya parkir, yaitu 2.000 untuk parkir roda dua dan 5.000 untuk biaya parkir roda empat. Harga yang terjangkau untuk sebuah objek wisata alam yang indah dengan banyak daya tarik yang ditawarkan.

Selain biaya masuk dan parkir, Jika pengunjung ingin nikmati wahana yang lain maka perlu disiapkan biayanya. Untuk wahana sepeda air, pengunjung perlu membayar sebesar 10.000 saja per orang untuk sekali main.

Apa yang Menarik di Pantai Biru?

Setiap objek wisata tentu mempunyai daya tarik wisata yang sanggup menarik minat pengunjung untuk datang. Demikian dengan Pantai Biru yang menawarkan sejumlah daya tarik kepada para wisatawan yang akan datang berkunjung, berikut daya tarik wisata yang dimilikinya:

Apa yang Menarik di Pantai Biru
(sumber gambar: Google_JADESTA)

1. Banyak Spot Foto Menarik

Walaupun fasilitasnya masih terbatas, tetapi pemerintah setempat selalu berusaha memperbaikinya dari waktu ke waktu. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk membuat lokasi wisata ini jadi semakin menarik bagi pengunjung. Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa spot foto instagramable di area ini.

Mengingat sekarang ini trend sosial media yaitu memasang foto terbaru di story maupun post Instagram atau FB, membuat spot foto menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah objek wisata. Semakin banyak spot foto maka akan semakin menarik perhatian untuk wisatawan.

Di pantai ini ada berbagai spot foto menarik, seperti miniatur balon udara, taman laut buatan, bangku cinta, terowongan bunga dan masih banyak lagi spot menarik yang bisa dijadikan background berfoto.

2. Telaga Buatan

Ada telaga buatan yang terdapat di pinggir pantainya, di telaga inilah wahana perahu bebek akan berlayar. kamu dapat menyewa wahana perahu bebek dengan biaya 10.000 per orang. Perahu bebek ini mempunyai kapasitas untuk dua orang, jadi kamu bisa bermain berpasangan.

Mengayuh sepeda bebek bersama pasangan mengelilingi telaga bisa menjadi pengalaman yang seru. Menikmati pemandangan telaga buatan yang dimodifikasi berbagai dekorasi akan memberikan pengalaman yang menarik bagi kamu.

Telaga Buatan
(sumber gambar: Google_Madurapers)

3. Kolam Renang Untuk Anak

Selain fasilitas bagi pengunjung dewasa, ada pula fasilitas yang khusus untuk anak-anak, yakni kolam renang anak. Lokasi objek wisata ini cocok didatangi bersama keluarga, karena sarana di dalamnya terbilang cukup lengkap.

Walaupun belum sempurna tetapi pemerintah daerah setempat dan masyarakat selalu membenahi dari hari ke hari. Anak-anak pasti bahagia berenang di kolam air dingin yang ada di Pantai Biru ini di tengah panasnya cuaca di pulau garam Madura. Jangan lupa bawa perlengkapan renang anak jika ingin berkunjung ke pantai ini.

4. Terdapat Edukasi Batik Tulis

Batik tulis Madura menjadi salah satu jenis batik yang populer di Indonesia, oleh sebab itu pemerintah Madura selalu berusaha melestarikannya. Sebagai upaya pelestariannya pemerintah membuat tempat edukasi batik tulis di area pantai ini mulai tahun 2002.

Pengunjung dapat melihat hasil kerajinan batik tulis khas Bangkalan sekalian belajar untuk membatik. Mengenali kerajinan budaya lokal tentu benar-benar menyenangkan dan bisa membuat bangga masyarakat Madura khususnya.

Terdapat Edukasi Batik Tulis

5. Tenda Bambu Berbentuk Segitiga Untuk Berteduh

Hal menarik lainnya yang ada di kawasan pantai ini ialah adanya tenda-tenda bambu yang berbentuk segitiga seperti perkemahan. Letak tenda-tenda bambu ini ada tepat di tepi telaga buatan. Pengunjung bisa manfaatkan tenda-tenda ini untuk sekedar duduk dan berteduh dari panasnya terik matahari di siang hari.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di objek wisata Pantai Biru. Dijamin kamu tidak bosan berlama-lama ada di pantai ini. Berikut adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di lokasi:

 

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan

1. Selfie Di Spot Foto yang Tersedia

Di kawasan pantai ini, banyak sekali ada spot-spot foto yang bisa dijadikan latar berselfie. Dari pintu masuk kamu sudah disambut terowongan bunga, meskipun bunganya dari plastik, tetapi warna dan penataannya cukup menarik, berselfie di sini akan menghasilkan foto yang cantik.

Kemudian ada telaga dengan beragam spotnya seperti jembatan warna-warni, pigura berlatar pantai, anjungan I love u dan sebagainya. Banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berselfi ria. Selain telaga ada juga anjungan yang menuju pantai, nah di sini kamu dapat berselfie dengan tulisan besar “Pantai Biru” yang merupakan ikon dari objek wisata ini.

2. Melihat Kerajinan Batik Tulis Madura

Ada juga kegiatan yang sangat menarik yakni menyaksikan proses pembuatan batik tulis madura yang berada di kawasan ini, Fasilitas pembelajaran batik tulis ini mempunyai tujuan yang mulia, yakni memperkenalkan batik ke para pengunjung, agar masyarakat lebih menghargai kain hasil dari budaya lokal.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana cara pembuatan batik tulis khas Madura dari ahlinya. Dengan begitu budaya batik tulis ini tidak musnah dan akan terus lestari sepanjang zaman.

 

Melihat Kerajinan Batik Tulis Madura

3. Bersepeda Air

Di kawasan pantai ini sengaja dibuat telaga buatan di pinggir pantainya, sebetulnya ini ialah sisa tambah yang direkonstruksi menjadi telaga. Di telaga inilah pengunjung bisa bermain sepeda air. Pengunjung bisa menyewa sepeda air dengan tarif seperti yang telah dijelaskan di atas.

Satu sepeda air bisa dipakai untuk dua orang atau berpasangan . Maka untuk memakai 1 sepeda air kamu harus membayar tiket untuk dua orang. kamu bisa mengelilingi telaga di atas sepeda air yang sudah disewa durasi sesuai waktu yang telah ditentukan.

4. Berenang

Jika melihat kondisi di sekitar pantai, aktivitas berenang ini hanya cocok untuk anak-anak. Hal ini banyak batu karang di pantai ini yang membuat kamu akan susah berenang di lautnya. Dan untuk anak-anak, ada kolam renang khusus untuk mereka. Kolam renang ini masih satu kawasan dengan pantai sehingga akan sangat meyenangkan.

Berenang

 

5. Bersantai

Momen berlibur mempunyai tujuan untuk refreshing, menyegarkan otak kembali dari padatnya rutinitas harian. Oleh sebab itu bersantai di lokasi wisata bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Nah, di lokasi objek wisata Pantai Biru ini, banyak tempat-tempat yang disediakan untuk bersantai.

Ada gazebo, tenda bamboo dan banyak tempat duduk berjajar di tepi pantainya. Tempat-tempat itu memang cocok digunakan untuk bersantai-santai sambil menikmati keindahan pemandangan pantainya.

Fasilitas yang Tersedia Untuk Wisatawan

Pengelola kawasan ini selalu melakukan pembenahan pada fasilitas umum yang ada di sana. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan pengunjung yang datang berwisata ke Pantai Biru ini. Saat ini fasilitas umum yang bisa digunakan cukup lengkap, seperti di bawah ini:

 

Fasilitas yang Tersedia Untuk Wisatawan

    • Area Parkir: Tidak butuh cemas jika datang ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena tersedia tempat parkir yang lumayan luas untuk pengunjung.
    • Toilet Umum: Selama berada di kawasan pantai jangan sekali-kali kencing sembarangan, karena sudah tersedia toilet umum yang layak untuk digunakan.
    • Kios Souvenir: Untuk pengunjung yang mencari oleh-oleh atau souvenir bisa merapat ke kios souvenir yang berada di kawasan ini.
    • Kuliner: Untuk kuliner hanya terbatas makanan siap saji saja, tidak ada kuliner yang terlalu menarik di sini.
    • Musholla: Untuk umat Islam tidak perlu cemas ketinggalan waktu sholat, karena ada tempat ibadah di area pantai ini.
    • Selfie Area: Banyak sekali selfie area yang ada di sepanjang pantai dan di sekeliling telaga buatan di pantai ini.
    • Spot Foto: Pengelola sengaja membuat beberapa spot foto menarik gratis yang bisa digunakan untuk berfoto ria oleh pengunjung.

Objek Wisata Bangkalan di Sekitar Pantai Biru

Pantai Biru memang sudah menjadi objek wisata unggulan di kabupaten Bangkalan Madura. Jika kamu berlibur ke pantai ini, kamu bisa mengunjungi objek wisata yang ada di sekitarnya, seperti tempat-tempat wisata berikut ini:

1. Hutan Mangrove Bancaran

Hutan Mangrove Bancaran
(sumber gambar: Google_Media Indonesia)

Terkenal dengan nama wisata Bancaran, ternyata hutan mangrove ini merupakan ide dari kelompok masyarakat yang sadar wisata di Madura. Letaknya ada di Jl. Raya Bancaran, Panjian, Kecamatan Bankalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Wisata ini menyuguhkan keindahan hutan mangrove yang disajikan dan dikemas baik. Namun sanyangnya pengunjung yang datang masih sering mengotori sehingga merusak keindahan hutan mangrove yang ada. Tetapi pengelola terus-menerus memberikan edukasi dan sosialisasi pada pengunjung dan masyarakat setempat agar selalu menjaga kebersihan.

2. Pantai Tengket

Pantai Tengket
(sumber gambar: Google_Limadetik)

Pantai ini masih tampak lebih alami dibandingkan Pantai Biru, karena letaknya yang sedikit tersembunyi. Lokasinya tersembunyi berada di dusun Maneron, desa Senagguh, kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Daya tarik alamnya benar-benar mengagumkan karena masih sangat alami.

Pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru begitu kontras dan menciptakan pemandangan yang sangat indah. Pantai ini berada di sebelah utara, sehingga wisatawan bisa menyaksikan sunset di pantai ini dengan lebih jelas.

3. Hutan Mangrove Labuhan

Hutan Mangrove Labuhan
(sumber gambar: Google_Liputan6dotcom)

Anggapan Pulau Madura yang terkesan panas akan berubah seketika jika kamu datang objek wisata hutan Mangrove Labuhan. Di lokasi ini suasananya begitu damai, sejuk dan adem sehingga mampu membuat pikiran menjadi rileks.

Lokasi objek wisata ini terletak di Sepulu, Bangkalan masih satu lokasi dengan pantai Tengket. kamu dapat mengunjungi Mangrove Education Park ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

4. Pantai Tlangoh

Pantai Tlangoh
(sumber gambar: Google_Koran Madura)

Objek wisata ini masih satu kecamatan dengan Pantai Biru yaitu terletak di kecamatan Tanjung bumi, desa Tlangoh. Pantai ini sebelumnya sempat viral karena keindahan alamnya yang bisa memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Pantai Tlangoh terkenal dengan pasirnya yang putih, airnya yang biru dan ombaknya yang bersahabat. Faktor inilah yang membuat pantai ini selalu ramai pengunjung. Wisatawan akan sangat betah menghabiskan waktu di pantai ini.

5. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
(sumber gambar: Google_Madurehdotcom)

Satu lagi objek wisata yang masih berdekatan dengan Pantai Biru ialah pantai Kemuning. Lokasinya berada di Macajah, Tanjungbumi, kabupaten Bangkalan. Dari pusat kota dapat ditempuh waktu kurang lebih 1 jam.

Seperti pantai di Madura pada umumnya, pasirnya juga putih dan airnya biru. Keindahan pantai di Madura memang unik dan mempunyai karakter yang hampir sama, karena sama-sama menyajikan pasir putih dan laut biru.

Rekomendasi Penginapan Sekitar Pantai Biru di Bangkalan Madura

Jika kamu mencari penginapan yang nyaman dan dekat dengan keindahan Pantai Biru di Bangkalan Madura, berikut adalah beberapa rekomendasi hotel yang dapat menjadi pilihan kamu:

1. VELLDAN Syariah Guest House

VELLDAN Syariah Guest House
(sumber gambar: Google)

Berlokasi strategis di JL K Lemah Duwur Gg VII No 2D, Kec. Bangkalan, Madura, Injing – Injing, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69112, Veldan Guest House adalah destinasi unggul untuk kebutuhan bisnis atau liburan kamu.

Fasilitas melimpah, seperti balkon, area parkir gratis, AC, sarapan prasmanan, air panas, welcome drink, dan minuman teh, kopi, atau jahe gratis, sedia untuk memastikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Waktu check-in dimulai pukul 13.00, dan check-out pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 263.940 per malam

2. Blue Fish Hotel

Blue Fish Hotel
(sumber gambar: Google)

Sambut kenyamanan tinggal di Blue Fish Hotel yang terletak di Tanjung Lesung. Resepsionis kami tersedia sepanjang 24 jam untuk membantu proses check-in, check-out, dan kebutuhan kamu. Jangan ragu untuk menghubungi kami kapan saja.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pukul 12.00. Fasilitas populer mencakup kolam renang yang menyegarkan, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 514.683 per malam

3. ROSE HOTEL BANGKALAN

ROSE HOTEL BANGKALAN
(sumber gambar: Google)

Rose Hotel Bangkalan Madura memberikan pengalaman menginap yang santai dan praktis dengan fasilitas lengkap. Waktu check-in dimulai pukul 13.00, dan check-out pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, AC, dan layanan jemputan bandara.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 369.408 per malam

4. Restoran Wisata Camplong

Restoran Wisata Camplong
(sumber gambar: Google)

Menginap di Pantai Wisata Camplong Hotel & Restaurant saat berada di Camplong adalah pilihan bijaksana. Resepsionis kami siap melayani kamu 24 jam untuk check-in, check-out, dan kebutuhan lainnya.

Jangan ragu untuk menghubungi kami. WiFi tersedia di seluruh area publik properti untuk membantu kamu tetap terhubung dengan keluarga dan teman. Dengan suasana pantai yang menenangkan, nikmati pengalaman bersantap di restoran kami yang menghadap langsung ke keindahan Pantai Camplong.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 270.936 per malam

BOOKING HOTEL Sekitar Pantai Biru di Bangkalan Madura DISKON 53%

Kulineran Lezat Khas Madura Dekat Pantai Biru

Pantai Biru di Madura merupakan lokasi yang menarik untuk menikmati kuliner khas daerah sambil menikmati pemandangan pantai. Berikut adalah beberapa kuliner lezat khas Madura yang bisa kamu coba dekat Pantai Biru:

Kulineran Lezat Khas Madura Dekat Pantai Biru

    • Sate Madura: Sate Madura adalah hidangan terkenal yang tidak boleh dilewatkan. Daging ayam atau daging sapi ditusuk dan dipanggang dengan bumbu kacang khas Madura yang kaya rasa. Cari penjual sate terdekat di sekitar Pantai Biru.
    • Bebek Sinjay: Bebek Sinjay adalah hidangan bebek khas Madura yang dimasak dengan bumbu pedas. Bebek ini biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan.
    • Rawon Madura: Rawon adalah sup khas Jawa Timur yang juga bisa kamu nikmati di Madura. Rawon Madura memiliki ciri khas dengan kuah hitam yang kaya rempah dan daging sapi. Sajikan dengan nasi dan kerupuk.
    • Lontong Balap: Lontong Balap adalah hidangan tradisional Madura yang terdiri dari lontong, tauge, lentho (bakso dari kacang kedelai), tahu goreng, dan kerupuk. Semua bahan ini disiram dengan bumbu kacang yang lezat.
    • Nasi Serpang: Nasi Serpang adalah nasi goreng khas Madura yang diolah dengan bumbu khas, daging sapi, dan telur. Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya menjadi pilihan yang populer.
    • Es Pallu Butung: Sebagai penutup, nikmati Es Pallu Butung, minuman khas Madura yang terbuat dari kelapa muda, cincau, dan sirup. Minuman ini cocok untuk menyegarkan setelah menikmati hidangan pedas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan lengkap mengenai Pantai Biru Bangkalan yang mulai populer saat ini. Informasi lengkap mengenai sejaran, lokasi, rute, harga tiket masuk dan lainnya bisa dijadikan referensi saat menyusun tujuan liburan ke Jawa Timur, khususnya pulau Madura.

Sangat disayangkan jika kamu melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan pantai ini. Pemandangannya yang eksotis dan otentik akan memanjakan mata dan pikiran siapa pun yang melihatnya.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like