Pantai Bugel di Yogyakarta: Keindahan Tersembunyi Pantai Berpasir Besi

Nama Pantai Bugel mungkin terdengar asing. Padahal, meskipun memiliki lokasi yang tersembunyi, destinasi wisata satu ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Suasananya juga sangat tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin healing dengan budget minim. Penasaran, seperti apa pesona keindahan yang dimiliki pantai ini sebenarnya? berikut informasi selengkapnya!

Lokasi Pantai Bugel

Lokasi Pantai Bugel
(sumber gambar: GoogleMaps_Navita D)

Ketika mencari nama Pantai Bugel, terdapat pantai lain dengan nama yang mirip yaitu Pantai Bugel Cemara yang berada di Pandeglang, Banten. Meski mirip namun kedua pantai tersebut memiliki ciri khas, pemandangan, dan fasilitas yang berbeda.

Secara administratif, destinasi ini terletak di Umuk Waru, Desa Bugel, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Desa Bugel sendiri merupakan sebuah desa yang terletak di jalur Pantai Glagah dan pantai-pantai lain yang ada di Kulon Progo.

Lokasinya bisa dikatakan terpencil dan tersembunyi sehingga cukup sepi dari pengunjung. Jika kamu berlibur ke sana, suasananya mirip dengan pantai pribadi yang masih asri dan condong sepi.

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Bugel dahulu terkenal karena pasirnya yang mengandung besi sehingga sempat akan dilakukan penambangan di lokasi tersebut. Namun, sampai sekarang rencana penambangan tersebut belum terwujud.

Hal ini tentu patut disyukuri karena, ekosistem Pantai Bugel masih tetap terjaga, belum rusak karena disentuh manusia. Hal ini bisa kamu lihat dari kondisi pantai yang masih sepi bahkan cenderung tidak terurus.

Kamu bisa menemukan sampah yang menumpuk di bibir pantai. Perlu diketahui sampah-sampah tersebut merupakan sampah yang terbawa arus laut dan bukan merupakan sampah dari aktivitas masyarakat sekitar.

Sayangnya, selain masalah sampah tempat ini juga kadang memiliki aroma menyengat yang disebabkan oleh berbagai biota laut yang mati dan membusuk di pinggir pantai.

Untungnya, tempat ini masih terlihat sejuk dan asri karena keberadaan pohon cemara udang yang banyak tumbuh di tepi pantai. Bentuknya yang tinggi menjulang membuat area di sekitarnya tampak teduh dan berlindung dari terik matahari.

Rute Perjalanan Pantai Bugel

Rute Perjalanan Pantai Bugel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika Pantai Bugel masih berada di wilayah Yogyakarta. Dari pusat kota kamu butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi agar sampai ke lokasi tujuan.

Untuk sampai ke tempat ini kamu bisa mengambil beberapa jalur yang semuanya dimulai dari Kota Yogyakarta. Pertama, dari pusat Kota Yogyakarta kamu harus berjalan menuju Jalan Bantul kemudian dilanjutkan ke Jalan Srandakan.

Setelah melewati jalan tersebut kamu akan bertemu dengan Jembatan Progo. Dari lampu merah Brosot belok ke arah kiri menuju ke Glagah, Purworejo dan terus berjalan selama 20 menit sampai kamu menemukan tanda lokasi Pantai Bugel yang terletak di sebelah kiri jalan.

Perjalanan kamu dilanjutkan meng ikuti jalanan beraspal yang sayangnya cukup rusak dan menurun, sampai di pertigaan. Belok ke arah kiri tepatnya menuju ke lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Untuk rute alternatif Pantai Bugel, kamu dapat mulai dari lampu merah Brosot yang terletak di samping Jembatan Progo. Dari sana kamu harus belok kiri melewati Pantai Trisik di mana kamu harus masuk ke kawasan pantai tersebut (bayar retribusi).

Dari pantai ini kamu masih harus mengikuti jalanan beraspal sampai tiba di lokasi. Sayangnya meski sudah beraspal namun konturnya bergelombang naik turun sehingga kamu perlu berhati-hati saat melewatinya.

Mengingat akses menuju lokasi masih cukup minim dan kondisi jalan cukup buruk, maka kamu sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor jika ingin berlibur ke pantai ini. Dengan kondisi jalan yang buruk tentu sepeda motor menjadi pilihan yang lebih praktis dan cepat.

Walaupun ada 2 rute yang bisa dipilih, namun keduanya memakan waktu perjalanan yang relatif sama sehingga tidak ada perbedaan berarti. Kamu mungkin akan kesulitan untuk mencari Desa Bugel karena lokasinya cukup terpencil sehingga sedikit petunjuk arah yang tersedia.

Oleh karena itu, selama di perjalanan jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar karena mengingat lokasi Desa Bugel yang tersembunyi, kemungkinan tersesat tetap ada, meski sudah gunakan GPS.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Bugel Yogyakarta:

Alamat: Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655

Harga Tiket Masuk ke Pantai Bugel

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000
GratisRp 2.500Rp 5.000

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, tidak ada biaya tiket masuk jika berkunjung ke pantai ini alias gratis. Namun, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2500 untuk sepeda motor dan Rp 5 ribuan untuk mobil.

Sayangnya, meski sudah ada retribusi parkir namun kamu tetap harus berhati-hati ketika memarkir kendaraan. Oleh sebab itu, ketika parkir kendaraan sebaiknya pilih tempat yang terbuka dan mudah dilihat orang.

Jam Operasional Pantai Bugel

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Perlu kamu ketahui jika Pantai Bugel belum sepenuhnya menjadi objek wisata sehingga tidak ada loket dan petugas yang berjaga di sana. Oleh sebab itu, kamu bisa masuk dengan bebas tanpa perlu dipungut biaya kapanpun yang kamu mau.

Meski tempat ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam penuh, namun wisatawan tidak disarankan untuk datang pada saat malam dan dini hari. Karena tidak ada petugas maka di saat jam-jam tersebut suasana pantai akan semakin sepi dan mencekam karena tidak ada penerangan.

Waktu terbaik untuk datang berkunjung adalah pada saat musim kemarau karena saat itu cuaca sedang ceria. Tidak ada mendung yang menghalangi pemandangan sehingga kamu bisa puas menikmati keindahan pantai.

Sebaliknya, kamu tidak disarankan datang pada musim hujan. Selain mendung di musim hujan rawan cuaca buruk seperti badai, hujan petir, dan sebagainya yang bisa membahayakan diri sendiri maupun keluarga.

Fasilitas di Pantai Bugel

Fasilitas di Pantai Bugel
(sumber gambar: GoogleMaps_Anisa Prastiari)

Jika membicarakan fasilitas di destinasi ini, bisa dikatakan jika fasilitasnya tidak begitu lengkap. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang terpencil, sehingga membuat tempat ini kurang mendapatkan perhatian pemerintah daerah dan warga setempat.

Meskipun demikian, fasilitas dasar di tempat ini sudah cukup memadai. Selain area parkir yang luas, di sana juga sudah terdapat toilet, mushola, dan tempat makan yang menyediakan berbagai menu khas warga setempat.

Sayangnya, beberapa fasilitas seperti toilet tidak bisa digunakan dengan gratis. Kamu harus membayar biaya sebesar Rp 3 ribuan untuk buang air kecil dan Rp 2 ribuan untuk sekedar cuci kaki.

Oleh sebab itu, jika berkunjung ke sana sebaiknya membawa uang pecahan kecil dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu disarankan untuk tidak datang membawa anak-anak mengingat selain minim fasilitas penunjang, akses menuju lokasi sulit.

Aktivitas Seru di Pantai Bugel

Meski tidak bisa berenang namun ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini baik sendiri maupun bersama-sama. Berikut adalah rekomendasi aktivitas yang cocok dilakukan di pantai ini, seperti :

Aktivitas Seru di Pantai Bugel
(sumber gambar: GoogleMaps_sriyanto cpi)

1. Menikmati Suasana Perkampungan yang Asri

Karena lokasi Pantai Bugel masih cukup dekat dengan pemukiman warga, jangan heran jika pantai ini memiliki suasana perkampungan yang asri. Sebelum sampai di pantai, kamu diharuskan melewati jalan setapak terlebih dahulu.

Di sekitar jalan tersebut kamu akan menemukan pemandangan indah berupa persawahan dan bebatuan yang bertebaran di sekitar perkampungan tersebut. Ditambah di sana kamu bisa mencium aroma terasi yang mengingatkan kamu pada suasana rumah yang hangat.

Sama dengan pantai-pantai lain di Kulon Progo yang tidak bisa digunakan untuk berenang, kamu juga tidak disarankan untuk berenang di tempat ini. Meski airnya jernih, namun karakteristik ombak di sini cukup besar dan kuat sehingga kamu bisa hilang tersapu ombak jika masih nekat berenang.

Ditambah tidak ada petugas atau tim SAR yang siap sedia membantu wisatawan membuat tempat ini semakin berbahaya untuk aktivitas berenang. Untungnya, meski tidak bisa digunakan untuk aktivitas air lainnya, kamu masih bisa menikmati keindahan pantai ini.

Pemandangan indah khas pantai selatan Jawa membuat tempat ini memiliki pemandangan yang eksotis. Kamu cukup duduk sambil memandang laut disana. Jika bosan, kamu bisa mencoba piknik di atas pasir pantai ini.

Cukup dengan membawa tikar sendiri dari rumah kamu sudah bisa bersenang-senang bersama teman atau keluarga tercinta. Tidak perlu repot membawa bekal sendiri karena kamu bisa membeli makanan di rumah makan yang ada di dekat Pantai Bugel.

Menikmati Suasana Perkampungan yang Asri
(sumber gambar: GoogleMaps_Anisa Prastiari)

2. Belanja Hasil Laut secara Langsung

Tahukah kamu jika kawasan Pantai Bugel berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)? Jika beruntung kamu bisa melihat nelayan yang akan pergi melaut untuk mencari ikan atau nelayan yang baru kembali dari laut.

Meski kamu bisa membeli beragam ikan laut di tempat pelelangan, namun kamu juga bisa membeli hasil tangkapan para nelayan secara langsung. Selain harganya lebih murah, hasil tangkapan mereka dijamin masih segar karena langsung diambil dari laut.

3. Jalan Santai

Jalanan di sekitar Pantai Bugel ini cukup bagus karena sudah diaspal sehingga bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan santai atau bersepeda ria bersama teman. Namun, jika ingin bersepeda kamu harus membawanya sendiri karena tidak ada tempat penyewaan sepeda di sini.

Biasanya wisatawan lokal yang datang ke pantai ini akan menyempatkan diri untuk berjalan-jalan sesaat sembari menanti momen matahari terbenam. Selain sehatkan, aktivitas ini juga bisa dijadikan sebagai cara menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Jalan Santai
(sumber gambar: GoogleMaps_euis komalasari)

4. Mengambil Foto

Rasanya tidak lengkap jika liburan ke pantai tanpa mengambil foto apalagi pemandangan di Pantai Bugel terkenal indah dan eksotis.

Meski tidak ada spot foto kekinian namun tempat ini banyak menyimpan spot foto alami yang instagramable. Dijamin foto yang diambil di sekitar pantai ini akan terlihat menarik terutama jika diunggah di media sosial.

5. Menenangkan Pikiran

Tempatnya yang sepi dan tersembunyi membuat Pantai Bugel menjadi lokasi strategis untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran alias healing. Selain karena pemandangan yang indah, tempat ini juga banyak ditumbuhi pepohonan sehingga membuatnya semakin asri dan rindang.

Sungguh tempat yang tepat untuk menyepi dan melepaskan penat dari beban pekerjaan seharian. Tanpa perlu menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah, kamu sudah bisa healing di tempat eksotis yang tidak kalah indah dari Bali.

Menenangkan Pikiran
(sumber gambar: GoogleMaps_Satria Madang Dolan)

6. Bermain Pasir

Untuk kamu yang bosan dengan kegiatan jalan-jalan di pinggir pantai dan tidak terlalu suka duduk di pasir maka kamu bisa mencoba bermain di pasir. Meski terkesan seperti kegiatan kekanak-kanakan, namun aktivitas ini masih terasa menyenangkan.

Kamu bisa bermain dan membangun istana pasir sendiri di pantai ini. Cukup membawa sekop mini dan ember maka kamu sudah bisa bermain pasir.

Tidak hanya membangun istana pasir, kamu juga bisa berolahraga di pasir pantai yang pastinya akan menghasilkan suasana yang berbeda dari yang lain.

Karena tekstur pasir Pantai Bugel berbeda dengan tanah biasa maka olahraga yang disarankan adalah voli pantai atau sepak bola. Asyiknya berolahraga di pantai adalah kamu tidak perlu menggunakan sepatu karena pasir pantai cenderung mempunyai struktur yang halus sehingga nyaman dipijak.

Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk berhati-hati saat berolahraga di tempat ini. Bila perlu, persiapkan kotak P3K untuk berjaga-jaga jika ada yang terluka dan butuh pertolongan pertama.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Bugel Yogyakarta

Mengingat lokasinya yang jauh dari keramaian maka jangan bingung jika hampir tidak ada penginapan di sekitar Pantai Bugel. Oleh sebab itu, untuk wisatawan yang ingin bermalam disarankan untuk cari penginapan di sekitar Pantai Glagah yang jaraknya relatif masih tetap berdekatan.

Agar tidak bingung, berikut adalah rekomendasi penginapan dengan harga terjangkau di sekitar pantai tersebut:

1. Lumintu Guest House

Lumintu Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Lumintu Guest House, sebuah tempat istirahat yang strategis di Srandakan, Yogyakarta! Kami menawarkan lokasi yang dekat dengan berbagai atraksi menarik dan restoran pilihan. Pastikan kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi Taman Sari yang terkenal sebelum pulang.

Properti kami, bintang-3, dilengkapi dengan fasilitas yang akan meningkatkan kualitas dan kenyamanan selama menginap, seperti shuttle bandara, penyewaan sepeda, tempat parkir, dan layanan kamar. Waktu check-in fleksibel mulai pukul 14.00, dan check-out diharapkan sebelum pukul 12.00. Kami menyediakan WiFi gratis di semua kamar dan resepsionis 24 jam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 299.000 per malam

PESAN HOTEL Lumintu Guest House Diskon 59%

2. Griya Tetirah Syariah Mitra RedDoorz

Griya Tetirah Syariah Mitra RedDoorz
(sumber gambar: Agoda)

Griya Tetirah Syariah Mitra RedDoorz, lokasi yang strategis di Srandakan, Yogyakarta! Kami menempatkan kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik serta hanya sejauh langkah dari Taman Sari yang terkenal.

Fasilitas kami mencakup tempat parkir, WiFi gratis di semua kamar, dan resepsionis 24 jam untuk memberikan layanan terbaik kepada kamu. Kami juga menyediakan area merokok, AC di area umum, dan kamar bebas asap rokok. Bahasa Inggris dipahami dengan baik oleh staf kami untuk memudahkan komunikasi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 147.258 per malam

PESAN HOTEL Griya Tetirah Syariah Mitra RedDoorz Diskon 75%

3. Super OYO 92363 KP Inn

Super OYO 92363 KP Inn
(sumber gambar: Agoda)

Super OYO 92363 KP Inn, tempat strategis di Srandakan, Yogyakarta! Kami mengundang kamu untuk menikmati dekatnya lokasi kami dengan atraksi dan restoran terkenal, termasuk Taman Sari.

Fasilitas yang kami tawarkan mencakup resepsionis 24 jam, tempat parkir, WiFi gratis di semua kamar, dan layanan check-in/check-out ekspres. Kebersihan dan keamanan kamu adalah prioritas kami dengan disinfeksi harian, staf terlatih untuk protokol keselamatan, dan sekat pelindung di area umum.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 109.336 per malam

PESAN HOTEL Super OYO 92363 KP Inn Diskon 71%

4. SUPER OYO Collection O Andono Hotel by GWA

SUPER OYO Collection O Andono Hotel by GWA
(sumber gambar: Agoda)

SUPER OYO Collection O Andono Hotel by GWA, tempat strategis di Srandakan, Yogyakarta! Nikmati keberdekatan kami dengan atraksi dan restoran terkenal, termasuk Taman Sari yang ikonik. Waktu check-in fleksibel mulai pukul 14.00.

Fasilitas yang kami sajikan melibatkan resepsionis 24 jam, tempat parkir, WiFi gratis di semua kamar, dan penitipan barang. Kami menjaga kebersihan harian dengan layanan kebersihan, dan properti kami bebas asap rokok serta dilengkapi dengan termometer tubuh untuk keamanan tambahan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 119.956 per malam

PESAN HOTEL SUPER OYO Collection O Andono Hotel by GWA Diskon 67%

5. Daffalvin Kost Homestay

Daffalvin Kost Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Daffalvin Kost Homestay, tempat strategis di Srandakan, Yogyakarta! Lokasi kami yang dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik membuat pengalaman menginap kamu lebih istimewa. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari yang terkenal.

Fasilitas kami termasuk resepsionis 24 jam, tempat parkir, WiFi gratis di semua kamar, dan layanan check-in/check-out ekspres. Kami juga menyediakan layanan kamar, kebersihan harian, dan properti bebas asap rokok untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 95.629 per malam

PESAN HOTEL Daffalvin Kost Homestay Diskon 81%

Agar lebih praktis, kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi khusus wisata yang telah populer di tanah air. Selain miliki banyak pilihan penginapan, biasanya aplikasi ini menawarkan berbagai diskon dan promo khusus yang sayang untuk dilewatkan.

Mencicipi Makanan Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Bugel

Yogyakarta adalah kota yang kaya akan warisan budaya, termasuk dalam hal kuliner. Berikut beberapa makanan khas Yogyakarta yang patut dicoba:

Mencicipi Makanan Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Bugel

    • Es Dawet: Minuman segar yang terbuat dari campuran tepung beras ketan, air kelapa, santan, dan gula merah. Es Dawet biasanya dihidangkan bersama es serut.
    • Soto Gading: Soto khas Yogyakarta yang menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan utama. Kuah sotonya yang kental dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang disukai.
    • Gudeg: Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula kelapa, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.
    • Krecek: Sambal yang terbuat dari kikil sapi yang dimasak dengan bumbu khas. Krecek sering dijadikan pelengkap untuk makanan seperti gudeg atau soto.
    • Bakpia Pathok: Kue tradisional Yogyakarta yang terbuat dari tepung terigu dan berbagai isian seperti kacang hijau, kacang merah, atau kelapa. Bakpia Pathok dikenal dengan rasa manisnya yang lezat.
    • Wedang Uwuh: Minuman tradisional yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan secang. Wedang Uwuh biasanya dihidangkan hangat dan memiliki khasiat penyembuhan.
    • Sate Klatak: Sate yang terbuat dari daging kambing muda yang dipanggang dengan bumbu khas. Sate Klatak biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.
    • Angkringan: Meskipun bukan satu hidangan khusus, namun mencicipi makanan di angkringan adalah pengalaman kuliner yang khas di Yogyakarta. Angkringan menyajikan berbagai makanan ringan dengan harga terjangkau.

Tips Berkunjung ke Pantai Bugel

Karena lokasinya cukup terpencil maka kamu sebaiknya perlu menyediakan diri sebelum pergi.Lalu, apa sajakah tips-tips sederhana yang bisa di ikuti? Berikut pembicaraannya, di antaranya:

Tips Berkunjung ke Pantai Bugel

    • Sebaiknya datang beramai-ramai agar lebih hebat.
    • Membawa perlengkapan seperti sunblock, topi, dan semacamnya.
    • Membawa perbekalan makanan sendiri jika ingin berhemat atau memiliki alergi terhadap makanan tertentu.
    • Membawa uang tunai terutama yang pecahan kecil karena di sini tidak terdapat ATM.
    • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
    • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
    • Jangan terlalu mengandalkan GPS untuk sampai ke lokasi. Lebih baik bertanya langsung ke warga kurang lebih.

Kesimpulan

Itu merupakan sedikit informasi mengenai Pantai Bugel yang bisa dikumpulkan. Walau terpencil, tetapi harus diakui jika pantai ini memiliki potensi yang cukup besar jika dikembangkan serius oleh pemerintah daerah.

You might also like