Pesona Pantai Cahaya di Kendal: Rahasia Tersembunyi yang Membuat Para Wisatawan Terpukau

Pantai adalah objek wisata alam yang selalu sukses menarik hati banyak orang. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pantai indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah dari sekian banyak pantai itu adalah Pantai Cahaya.

Bagi warga Jawa Tengah, mungkin sudah tidak asing dengan nama pantai dari pantai tersebut, karena memang tempat wisata tersebut sangat terkenal.

Pantai Cahaya sendiri berlokasi di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pantai ini memiliki luas lahan kurang lebih 4 hektar. Tentu ini sangat luas. Konsep wisata yang ditawarkan tempat wisata alam Jawa Tengah ini juga inovatif, di mana tidak hanya menunjukkan keindahan alamnya saja, tapi juga dilengkapi wisata edukasi.

Cara Menuju ke Pantai Cahaya

Berikut adalah beberapa cara untuk menuju ke Pantai Cahaya Kendal:

Cara Menuju ke Pantai Cahaya

    • Kendaraan Pribadi: Cara termudah dan nyaman untuk menuju pantai ini ialah memakai kendaraan pribadi. Pengunjung bisa mengendarai motor atau mobil dari Semarang atau kota-kota lainnya di Jawa Tengah. Dari kota Kendal, perjalanan ke pantai ini memakan waktu sekitar 45 menit.
    • Angkutan Umum: Terdapat beberapa pilihan angkutan umum yang dapat digunakan, seperti bus atau taksi. Wisatawan dapat naik bus dari Terminal Bus Kendal menuju Desa Sendang Sikucing. Sesampainya di desa tersebut, perjalanan bisa dilanjutkan berjalan kaki menuju Pantai Cahaya Kendal yang berjarak sekitar 1 km.
    • Taksi Online: Wisatawan hanya perlu memesan taksi online melalui aplikasi yang ada dan menentukan lokasi penjemputan. Dalam waktu sekitar 45 menit, wisatawan dapat datang di pantai ini.
    • Kereta Api: Wisatawan dapat naik kereta api dari Stasiun Tawang Semarang menuju Stasiun Kendal. Setelah tiba di stasiun Kendal, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke pantai dengan menggunakan angkutan umum seperti taksi atau bus.
    • Motor Trail: Penggunaan motor trail ini tidak disarankan untuk wisatawan yang tidak berpengalaman, karena jalur menuju pantai sulit dan berbatu. Tetapi, untuk penggemar motor trail, perjalanan menuju pantai bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Lokasi Lengkap Menuju Pantai Cahaya di Kendal:

Alamat: Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51354

Harga Tiket Masuk Pantai Cahaya

HariJam OperasionalHarga Tiket Masuk
Senin08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Selasa08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Rabu08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Kamis08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Jumat08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Sabtu08.00 – 17.00 WIBRp 40.000
Minggu08.00 – 17.00 WIBRp 40.000

Dengan beragam daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Cahaya, para pengunjung bisa menikmatinya dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 40.000 (Sudah termasuk wahana Pentas Lumba-Lumba, Kolam Renang, dan Permainan).

Jika hanya sekedar menikmati keindahan dan suasana pantai, maka cukup membayar Rp. 20.000 per orang dan untuk lokasi sunset khusus Rp. 10.000 per orang.

Jika menurutmu itu harga yang mahal, maka cobalah untuk melihat kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Daya Tarik Pantai Cahaya

Pantai Cahaya di Kendal memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa daya tarik Pantai Cahaya di Kendal:

Daya Tarik Pantai Cahaya
(sumber gambar: GoogleMaps_Musa Hubeis)

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Salah satu tujuan utama ke pantai ialah menikmati pemandangannya dan ditemani camilan dan minuman ringan. Apalagi sambil rebahan kemudian angin berhembus, sudah pasti rasa kantuk akan menyerang.

Di sini juga tersedia cukup banyak gazebo yang langsung menghadap ke laut, jadi untuk para orangtua juga lebih nyaman saat mengawasi anak-anak saat bermain di pinggir pantai.

2. Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba yang Menggemaskan

Daya tarik utama dari Pantai Cahaya ialah ada pertunjukan lumba-lumba. Atraksi ini paling dinanti-nantikan oleh anak-anak.

Berdasarkan informasi dari situs resmi wisata pantai Jawa Tengah ini, atraksi lumba-lumba pada hari Senin sampai Jumat diadakan pada pukul 11.00 WIB dan 14.00 WIB, dan ketika akhir pekan dan hari libur nasional diadakan pada pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB . Jadi jangan sampai terlewat.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat melihat atraksi mamalia laut lucu ini ialah tempat atraksinya yang panas . Jadi jangan lupa membawa kipas angin portable ya.

Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba yang Menggemaskan

3. Menyaksikan Animal Show

Bukan hanya ada atraksi dari lumba-lumba, di pantai ini para pengunjung juga bisa melihat atraksi satwa, yakni burung kakatua dan linsang. Acara ini dikemas cukup menarik, karena tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk media pembelajaran.

Pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan satwa-satwa tersebut, seperti memberi makan dan berfoto.

Acara itu diadakan mulai Senin sampai Jumat pada pukul 11.30 WIB dan 13.30 WIB, dan untuk akhir pekan dan hari libur nasional diadakan pada pukul 09.30 WIB, 11.30 WIB, dan 13.30 WIB.

4. Berinteraksi dengan Lumba-Lumba

Pengelola pantai ini juga menyediakan paket untuk menikmati pengalaman hebat bermain secara langsung dengan lumba-lumba. Pengunjung nantinya akan berenang bersama lumba-lumba. Pasti ini bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Bukan hanya itu saja, pada pukul 10.00 WIB dan 13.30 WIB, pengunjung juga bisa memberi makan lumba-lumba dan juga bisa mengambil foto selfie dengan mamalia laut yang bikin gemas itu.

Berinteraksi dengan Lumba-Lumba

5. Berenang di Water King

Jika kamu membawa anak-anak dan mereka ingin bermain air tapi ombak sedang besar, maka jangan cemas, karena di sini juga ada kolam renang yang bernama Water King.

Water King mempunyai beragam wahana permainan air dan diperuntukan untuk semua usia, baik dewasa atau anak-anak.

6. Melihat Hewan di Mini Zoo

Tidak hanya lumba-lumba, di sini juga ada kebun binatang mini dengan satwa yang beraneka raga. Karena itu, tempat wisata pantai Jawa Tengah ini benar-benar cocok jika dipilih untuk berlibur bersama anak-anak.

7. Bermain Pasir dan Air di Pantai

Ombak pantai ini sebenarnya cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk anak-anak bermain pasir atau bermain air. Tetapi, saat cuaca sedang tidak bagus, lebih baik menjauhi dari area pantai, karena berpotensi membuat ombak menjadi besar, sehingga tidak aman jika berada di dekat pantai.

Bermain Pasir dan Air di Pantai

8. Melihat Sunset

Matahari terbenam di pantai Jawa Tengah ini cukup terkenal, karena pemandangan yang disuguhkan cukup cantik dan dapat dengan mudah membius mata para pengunjung.

Jika ingin melihat sunset pada posisi terbaik, para pengunjung bisa membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

9. Wahana Permainan

Area bermain anak juga ada di pantai ini dengan beragam wahana permainan yang membuat anak-anak betah berlama-lama di sini. Beberapa wahana yang bisa digunakan di sini yaitu trampolin, carousel Abhirama dan kereta Thomas.

Fasilitas di Pantai Cahaya

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Cahaya:

Fasilitas di Pantai Cahaya

    • Area Parkir: Tempat wisata tanpa parkir yang luas, nyaman dan aman pasti membuat para pengunjungnya menjadi tidak bisa menikmati liburannya.Kabar baiknya, tempat wisata pantai Jawa Tengah ini menyediakan area parkir yang cukup luas, aman dan nyaman. Dengan begitu, para pengunjung tidak perlu cemas tidak kebagian tempat parkir.
    • Kios: Makanan dan minuman yang mudah didapatkan di tempat wisata adalah hal yang paling penting. Di sini sudah tersedia beberapa kios makanan dan minuman, sehingga para pengunjung tidak perlu cemas jika perut sudah keroncongan. Harga makanan dan minuman di sini juga masih dalam kategori normal, tapi untuk di area kolam renang jauh lebih mahal.
    • Toilet dan Ruang Bilas: Tempat wisata tanpa toilet adalah tempat wisata yang tidak nyaman. Karena itu, di sini disediakan toilet yang lumayan banyak, disamping itu juga ada ruang bilas. Tidak hanya harus ada toilet, tetapi juga air di fasilitas ini juga berlimpah, jadi sangat nyaman jika ada urusan ke belakang.
    • Gazebo: Bersantai di Gazebo sembari menikmati makanan dan minuman ditemani pemandangan laut lepas adalah kesibukan yang disukai kebanyakan pengunjung. Oleh karena itu, di sini ada sejumlah gazebo yang sangat nyaman dan menghadap langsung ke laut lepas.
    • Mushola: Untuk pengunjung yang muslim juga tidak perlu kebingungan ingin menunaikan ibadah di mana, karena di sini juga telah ada Mushola yang nyaman.

Penginapan di Pantai Cahaya

Sudah lelah sepanjang hari beraktivitas di Pantai Cahaya, tidak ada salahnya untuk menyewa kamar di penginapan di sekitar lokasi. Berikut sejumlah rekomendasi penginapan yang semoga bisa membantumu:

1. Sae Inn Kendal

Sae Inn Kendal
(sumber gambar: Agoda)

Santai di tengah keramaian kota, Sae Inn Kendal adalah pilihan ideal untuk kamu yang ingin menjelajahi pesona Masjid Agung Kendal dan Taman Stadion Utama. Hanya 9 menit berjalan kaki dari masjid dan 4 km dari taman stadion, hotel ini juga mudah diakses dari Stasiun Kereta Kalibodri yang berjarak 10 km.

kamu dapat menikmati fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, serta sarapan gratis untuk memulai hari dengan baik. Pastikan untuk check in pada pukul 14.00 dan check out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 460.443 per malam

PESAN HOTEL Sae Inn Kendal Diskon 72%

2. Oemah Joglo By FPH

Oemah Joglo By FPH
(sumber gambar: Agoda)

Bersantai di Dieng Kulong, Oemah Joglo By FPH menawarkan lokasi strategis yang mendekatkan kamu dengan atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat. Nikmati kenyamanan tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC yang membuat menginap kamu semakin menyenangkan. Waktu check in dimulai pukul 14.00, dan pastikan untuk check out sebelum pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 272.726 per malam

PESAN HOTEL Oemah Joglo By FPH Diskon 59%

3. Urbanview Hotel Anugrah Kendal

Urbanview Hotel Anugrah Kendal
(sumber gambar: Agoda)

Terletak dengan strategis di Kendal, Urbanview Hotel Anugrah membawa kamu lebih dekat dengan atraksi dan pilihan restoran yang menarik. Fasilitas populer, termasuk tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC, menambah kenyamanan pengalaman menginap kamu. Pastikan untuk check in pada pukul 14.00 dan nikmati kendali penuh atas waktu kamu di Kendal.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 111.283 per malam

PESAN HOTEL Urbanview Hotel Anugrah Kendal Diskon 70%

4. Fariza House Syariah

Fariza House Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Menempatkan kamu dengan strategis di Kendal, Fariza House Syariah memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran terbaik. Dengan fasilitas seperti WiFi gratis, check-in/check-out ekspres, penitipan barang, layanan kamar, dan lainnya, pengalaman menginap kamu akan terasa lebih istimewa. Pastikan untuk mengeksplorasi Kendal dengan kenyamanan dan kualitas layanan yang ditawarkan oleh properti ini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 125.739 per malam

PESAN HOTEL Fariza House Syariah Diskon 77%

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Cahaya

Masih memiliki waktu untuk liburan? Tidak ada salahnya kamu melanjutkan liburanmu ke beberapa objek wisata lain yang berada dekat dengan pantai ini. Berikut beberapa objek wisata tersebut.

1. Pantai Sendang Asih

Pantai Sendang Asih
(sumber gambar: GoogleMaps_banyu kali)

Harga tiket masuk yang murah dan jarak yang dekat dari Pantai Cahaya membuat Pantai Sendang Asih menjadi salah satu objek wisata lain yang wajib dikunjungi.

Harga tiket masuk disini dihitung per kendaraan dan hanya Rp. 5.000 satu kendaraan. Dengan harga tersebut, fasilitas yang tersedia hanya toilet dan ruang bilas yang tidak banyak. Sejumlah kios makanan juga tersedia di sini.

Walaupun fasilitas terbilang minim, tetapi pantai ini terkenal cukup asri, karena memiliki banyak pohon cemara. Ini yang membuat suasana di Pantai Sendang Asih menjadi begitu asri.

Jaraknya sendiri hanya 2,9 km dari pantai yang memiliki pertunjukan lumba-lumba dan hanya mengambil waktu 9 menit perjalanan.

Di sini pengunjung dapat bermain air, bersantai di bawah pohon cemara sambil melihati pantai, berkemah, memancing, dan sejumlah aktivitas lainnya. Kekurangan lain dari pantai ini ialah kondisi jalan yang berlubang.

2. Pantai Moro

Pantai Moro
(sumber gambar: GoogleMaps_Nuril Asfar)

Pantai ini terbuka untuk siapa pun yang ingin mengetahui keindahannya. Salah satu yang dicari di pantai ini adalah keindahan sunrise dan sunsetnya. Di pantai ini, kamu tidak butuh mengeluarkan biaya apapun, karena pantai ini tidak ada yang mengelola.

Jarak pantai ini dari Pantai Cahaya hanya 4,8 km, benar-benar dekat. Cukup memakan waktu kurang lebih 17 menit perjalanan.

3. Pantai Jodo

Pantai Jodo
(sumber gambar: Google_Atourin)

Pantai Jodo hanya memiliki jarak 13,8 km dari Pantai Cahaya dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan roda empat kurang lebih 34 menit jika tidak macet.

Pantai ini mempunyai ombak yang tenang, hingga sangat pas jika ingin bermain air, namun tetap berhati-hati, karena berdasarkan penjelasan salah satu netizen ada yang terkena duri ikan pari di sini.

Walau begitu, keindahan alam pantai ini tidak dapat diragukan, bahkan dikatakan sangat cocok jika digunakan untuk foto prewed.

Pengunjung bisa menyewa ATV untuk mengeliling pantai ini, selain itu juga disediakan kursi pantai yang dapat disewa, sangat cocok untuk yang hobi rebahan di pantai.

Minuman dan makanan di sini juga terjangkau. Harga tiket masuk juga murah dan parkir juga gratis. Selain itu, pantainya juga bersih.

4. Pantai Pening

Pantai Pening
(sumber gambar: GoogleMaps_Siti Kotimatun)

Pantai ini termasuk terbilang baru, karena dulu akses jalan menuju ke pantai ini benar-benar sulit. Jaraknya juga lumayan dekat, yakni hanya 4,7 km dan memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit.

Kondisi pantai ini masih asri dan alami, sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai pantai yang perawan alias tidak banyak diketahui orang dan jarang ada yang mengunjunginya.

5. Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang
(sumber gambar: GoogleMaps_safuwan bahari)

Pantai ini berjarak 8,2 km dengan waktu tempuh kurang lebih 32 menit. Pantai Karangmalang juga terkenal masih perawan, namun sampah dari para pengunjung tetap ditinggalkan di sini.

Pantai ini buka 24 jam. Ini juga menjadi daya tarik tertentu, khususnya untuk warga lokal, karena bisa nongkrong sambil ditemani suara deburan ombak dan hembusan angin laut.

Pemandangan yang paling menawan dari pantai ialah saat sore mendekati malam, karena di saat itu matahari secara perlahan terbenam.

Harga tiket masuknya sangat murah, yakni hanya Rp. 5.000 per orang dan biaya parkir Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Fasilitas yang dimiliki ialah toilet, beberapa warung makan, dan tentu saja tempat parkir.

6. Wisata Pemancingan Ikan Laut

Wisata Pemancingan Ikan Laut

Sudah puas dengan main di pantai, kamu juga dapat merasakan sensasi mancing ikan laut di sini. Jaraknya hanya 14,1 km dengan waktu tempuh kurang lebih 43 menit.

Lokasi pemancingan ikan laut di Kendal terbilang lumayan populer, bahkan sebelumnya pernah dijadikan lokasi syuting salah satu acara televisi, yakni Mata Pancing.

Jadi jangan lewatkan untuk kamu yang menyukai hobi memancing. Pastikan joran kesayanganmu telah disiapkan untuk merasakan kesan tarikan ikan laut yang begitu hebat.

Mencoba Kuliner Lezat Khas Kendal di Sekitar Pantai Cahaya

Kendal, sebagai daerah yang memiliki Pantai Cahaya sebagai salah satu daya tarik utamanya, juga menawarkan berbagai kuliner khas yang lezat. Berikut adalah beberapa kuliner khas Kendal yang patut dicoba di sekitar Pantai Cahaya Kendal:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Kendal di Sekitar Pantai Cahaya

    • Brongkos: Makanan khas Kendal ini disebut Brongkos, nama yang berasal dari kata “Brown” (coklat) dan “Horst” (daging) dalam bahasa Inggris dan Perancis. Terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah khas Kendal, Brongkos juga mengandung tahu goreng, kulit, dan daun melinjo. Kuah santannya memberikan rasa gurih, sering ditemui di Sukorejo, Kendal.
    • Sate Bumbon: Sate Bumbon populer di Kendal, menggunakan daging sapi yang dipanggang dengan bumbu bawang putih, jahe, kemiri, dan rempah lainnya. Disajikan dengan saus kacang kasar dan kecap.
    • Rica-Rica Menthog: Rica-Rica Menthog, makanan khas Kendal berbahan dasar unggas Menthog (keluarga bebek), memiliki rasa kuat dan tidak berbau amis. Perpaduan gurih, asin, manis, dan pedas membuatnya disukai, terutama di pedesaan.
    • Momoh: Momoh, makanan khas Kendal dari jeroan sapi, hadir dalam dua varian: Goreng dan Kuah. Asal dari Kaliwungu, Momoh diyakini meningkatkan stamina pria dewasa.
    • Mangut Lele: Mangut Lele, berbeda dengan Mangut biasa, menggunakan lele sebagai bahan utama. Kuah santannya memiliki rasa asin, gurih, pedas, dan sedikit asam. Cocok untuk pencinta rasa pedas, ditemukan di Kaliwungu.
    • Soto Dengkul: Soto Dengkul, khas Kendal, nikmat tanpa gajih. Terbuat dari daging sapi dengan bumbu jahe, bawang, dan kunir. Sering dicari di Patebon, Kendal.

Kesimpulan

Pantai Cahaya adalah tempat wisata pantai Jawa Tengah yang pas untuk berwisata bersama keluarga dan anak-anak.

Wahana permainan yang lengkap di pantai ini pasti disukai oleh anak-anak. Disamping itu, daya tarik intinya ialah ada pertunjukan lumba-lumba yang cukup jarang di Indonesia.

Berdasar informasi dari ulasan-ulasan yang disampaikan oleh netizen, pantai ini masih perlu berbenah, agar para pengunjung semakin nyaman dan untuk para pengunjung juga harus menjaga kebersihan.

Demikian info tentang Pantai Cahaya . Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburanmu kesini untuk melihat mamalia laut yang bikin gemas dan jangan lupa, jika masih ada waktu, coba mengunjungi objek wisata lain yang berdekatan dengan pantai ini.

You might also like