Pantai Canggu di Bali: Alternatif Wisata yang Menarik Selain Pantai Kuta

Sejak dulu Bali terkenal dengan Pantai Kuta. Namun, tahukah kamu jika Pantai Canggu sudah mulai menjadi destinasi wisata unggulan pulau tersebut?

Hal ini tidak lepas dari berbagai pembangunan yang ada di kawasan Canggu sehingga membuat pantai ini semakin terkenal. Lantas, apa saja hal yang menarik dari Pantai Canggu? Berikut ulasan lengkapnya.

Lokasi Pantai Canggu

Lokasi Pantai Canggu
(sumber gambar: GoogleMaps_Sean Miller)

Tempat ini secara administratif berada di Desa Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali. Dalam waktu beberapa tahun ini popularitas pantai satu ini semakin dikenal baik di kalangan wisatawan lokal atau mancanegara.

Berbeda dengan pantai lain di Bali, destinasi ini memiliki ciri khas khusus berupa pasir pantai yang berwarna putih keemasan. Air laut di sini terkenal berwarna biru dan memiliki ombak yang kecil sehingga cocok dijadikan tempat berenang baik oleh orang dewasa atau anak-anak.

Rute Perjalanan Pantai Canggu

Rute Perjalanan Pantai Canggu

Karena merupakan salah satu tujuan wisata favorit Bali, maka akses jalan menuju tempat ini sudah sangat memadai. Ada banyak petunjuk jalan yang bisa membantu kamu untuk sampai di lokasi tanpa tersesat. Bahkan, Pantai Canggu ini bisa dengan mudah ditemukan melalui GPS.

Lokasi pantai ini cukup dekat dengan pusat kota yakni sekitar 15 Km dari Denpasar. Jarak tersebut bisa ditempuh dalam waktu 45 menit saja jika menggunakan mobil.

Meski tempat ini bisa dijangkau menggunakan bus, tetapi agar lebih praktis disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan harus melalui Pantai Batu Bolong terlebih dahulu sebelum merasakan indahnya pemandangan di Canggu.

Meski tidak sepopuler Pantai Canggu atau Pantai Kuta namun Pantai Batu Bolong memiliki pemandangan yang indah. Jika datang dari Bandara Ngurah Rai kamu bisa menempuh perjalanan ke Jalan Airport Ngurah Rai.

Setelah menemukan bundaran, pilih jalur ke arah utara atau belok kiri menuju Jalan Bypass Ngurah Rai. Ikuti terus jalan tersebut hingga kamu menemukan persimpangan jalan di antara Jalan Sunset Road dengan Jalan Bypass Ngurah Rai.

Pilih jalur yang menuju Jalan Sunset Road kemudian lanjut sampai kamu menemukan perempatan dekat waralaba Burger King. Di perempatan tersebut kamu harus belok ke arah kanan dan lanjut berjalan sampai ke Jalan Mertanadi.

Ikuti terus jalanan tersebut lalu setelah ada perempatan dekat Alfamart Tangkuban Perahu kamu harus belok kiri. Lurus sebentar sampai menemukan perempatan di dekat Pasar Ikan Kedonganan kemudian belok kiri menuju Jalan Semer.

Ikuti jalan tersebut sampai kamu melihat bangunan Ang’s Grille yang terletak di dekat pertigaan. Belok ke arah kanan menuju Jalan Raya Anyer dan setelah itu kamu akan bertemu perempatan Jalan Raya Canggu.

Pada perempatan tersebut, belok kiri menuju Jalan Pantai Batu Bolong dan ikuti jalan tersebut sampai kamu tiba di pintu masuk Pantai Batu Bolong. Baru dari pantai tersebut kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Canggu Bali:

Alamat: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Harga Tiket Pantai Canggu

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000
GratisRp 2.000Rp 5.000

Kebanyakan objek wisata pantai di Bali yang terkenal tidak menarik biaya masuk alias gratis. Ini berlaku untuk pantai ini. Kamu bisa masuk tanpa perlu membeli tiket apapun.

Namun, jika kamu membawa kendaraan harus membayar parkir terlebih dahulu. Uniknya, meski kamu bertujuan untuk liburan di Pantai Canggu, namun kamu harus memarkirkan kendaraan di Pantai Batu Bolong.

Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp 2 ribuan sementara untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribuan saja. Biaya tersebut termasuk sangat murah terutama jika dibandingkan objek wisata sejenis di Pulau Jawa.

Perlu diperhatikan jika harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan dana lebih untuk berlibur di sini. Selain untuk parkir, kamu perlu biaya tambahan jika ingin membeli atau menyewa berbagai perlengkapan di sekitar pantai.

Jam Operasional Pantai Canggu

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Para wisatawan yang ingin datang ke Pantai Canggu layak merasa senang karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam penuh. Dengan begitu pengunjung bisa puas bermain dan mengeksplor pantai dengan spot-spot terbaik.

Sayangnya, walau buka selama 24 jam penuh kamu tidak disarankan untuk datang di luar jam-jam normal seperti dini hari atau menjelang subuh. Sebab, meski kawasan sekitar Pantai Canggu dikenal ramai, namun saat dini hari wilayah itu sepi.

Hal tersebut tentu berbahaya mengingat meski Pulau Bali termasuk aman namun kamu harus tetap meminimalisir resiko tindak kejahatan.

Waktu terbaik jika ingin datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau, karena saat itu cuaca akan cerah. Kamu dapat datang pada pagi saat matahari tidak bersinar dengan terik atau sore hari untuk menikmati momen matahari terbenam alias sunset.

Sebaliknya, hindari datang saat musim hujan karena selain rawan mendung ada resiko cuaca buruk yang bisa membahayakan keselamatan kamu sebagai pengunjung.

Fasilitas di Pantai Canggu

Fasilitas di Pantai Canggu
(sumber gambar: GoogleMaps_Ankit Rihal)

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan tentu saja fasilitas, sarana, dan prasarana di tempat ini sudah sangat memadai. Pemerintah setempat dan warga sekitar tampaknya sudah memahami bagaimana cara membuat pengunjung selalu betah.

Selain kondisi Pantai Canggu yang terlihat bersih dan rapi, tempat ini diketahui sudah menyediakan beragam fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi bilas, rumah makan, kafe, dan restoran yang menjual berbagai kuliner lokal.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai penjual makanan dan minuman ringan, kios penjual cinderamata, hingga penginapan murah yang kerap menjadi incaran para backpacker.

Biarpun termasuk kawasan wisata di kawasan yang terkenal dengan turis asingnya, namun tidak semua barang yang dijual di tempat ini dibanderol harga tinggi. Kamu bisa menemukan makanan dan minuman murah di sepanjang pantai itu.

Agar tidak tertipu kamu sebaiknya bertanya terlebih dulu soal harga kepada penjual secara langsung. Meski tidak semua namun ada beberapa penjual yang mematok harga berbeda untuk turis asing dan turis lokal.

Selain itu, untuk kamu yang muslim disarankan untuk lebih berhati-hati dan bertanya terlebih dulu sebelum membeli makanan atau minuman. Karena didominasi oleh wisatawan asing dan nonmuslim maka kebanyakan penjual tidak memisahkan makanan yang halal dan non halal.

Meski fasilitasnya telah dikatakan lengkap namun Pantai Canggu masih berusaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung wisata. Hal ini dilakukan agar wisatawan nyaman sehingga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat setempat setelah terpuruk akibat pandemi.

Aktivitas Seru di Pantai Canggu

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini. Untuk kamu yang baru pertama kali datang, berikut adalah rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Aktivitas Seru di Pantai Canggu
(sumber gambar: GoogleMaps_The Loloan)

1. Berselancar

Pulau Bali dikenal sebagai surganya peselancar. Kamu bisa menemukan banyak tempat penyewaan papan selancar dengan harga terjangkau di destinasi wisata ini. Meski ombak di sini kecil, namun tidak banyak batu karang yang tumbuh di sana sehingga menjadi spot yang bagus untuk selancar.

Saking bagusnya, Pantai Canggu sempat jadi tuan-rumah Indonesia Surfing Championship (ISC) tahun 2004 karena selainnya mempunyai pemandangan yang cantik, keadaan ombak di sana juga mendukung olahraga tersebut.

Jika tidak punya papan selancar kamu bisa sewa dengan harga sekitar Rp 50 ribuan per 2 jam. Bagi pemula, tersedia pelatih profesional yang akan membantu kamu berselancar sampai bisa. Cukup dengan membayar Rp 350 ribuan per 2 jam kamu sudah bisa menyewa pelatih.

2. Berenang

Pergi ke pantai rasanya tidak lengkap jika tidak berenang. Dikenal dengan ombaknya yang ramah membuat Pantai Canggu menjadi destinasi wisata favorit untuk keluarga terutama untuk yang memiliki anak kecil.

Dengan pasir pantai yang halus dan air yang jernih berwarna kebiruan dijamin membuat anak-anak betah. Jika ingin berenang disarankan datang sore hari. Selain untuk menghindari teriknya matahari, pasir pantai di sore hari tidak terlalu panas sehingga tidak melukai kulit anak-anak.

Berenang

3. Bermain di Pasir

Sebagai kawasan wisata pantai ini dikenal sangat bersih, bebas dari sampah yang mengganggu dan pasir yang lembut sehingga tidak berbahaya bagi kulit anak-anak yang sensitif. Dengan kondisi pasir yang seperti itu maka tempat ini cocok untuk tempat bermain dan membangun istana pasir.

Kamu cukup membawa peralatan sendiri seperti sekop dan ember kecil. Jika bosan membuat istana pasir maka kamu bisa mencoba berolahraga di pantai ini.

Kamu bisa melakukan aktivitas ini baik secara pribadi maupun beramai-ramai. Sebagai contoh, kamu bisa jogging atau bersepeda santai di pinggir pantai.

Jika datang bersama teman-teman, kamu dapat mencoba bermain voli pantai atau sepak bola di tempat tersebut. Namun, kamu harus membawa perlengkapan sendiri jika berolahraga di sana karena tidak ada tempat penyewaan alat-alat olahraga di sekitar Pantai Canggu.

4. Berjemur

Aktivitas berjemur biasanya jarang dilakukan oleh orang Indonesia. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan oleh wisatawan asing terutama mereka yang dari negara 4 musim. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mendapatkan kulit kecoklatan yang eksotis.

Namun, jika kamu tertarik untuk berjemur sebaiknya lakukan di tempat teduh. Jangan langsung berjemur dibawah sinar matahari terutama saat cuaca sedang terik karena akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Untuk meminimalisir hal tersebut kamu bisa menyewa payung pantai yang berukuran kursi dan besar khusus berjemur. Kursi semacam ini bisa kamu sewa dengan harga sekitar Rp 50 ribuan per 2 jam. Cukup terjangkau kan?

Jika suntuk, kamu bisa mencoba layanan spa atau pijat tradisional yang banyak tersedia di sekitar Pantai Canggu. Cukup membayar Rp 100 ribuan saja maka kamu bisa merasakan sensasi spa khas Bali yang terkenal.

Berjemur

5. Melihat Sunset

Tidak bisa dipungkiri jika momen matahari terbenam di pantai merupakan pemandangan yang romantis. Oleh sebab itu, momen sunset menjadi incaran bagi wisatawan baik lokal maupun asing di Pulau Bali yang datang bersama pasangan.

Dengan latar belakang laut lepas yang indah ditambah suasana keemasan membuat momen sunset ini sering menjadi objek foto yang kemudian diunggah ke media sosial.

Oleh sebab itu, jika datang ke Pantai Canggu jangan lupa membawa kamera walau hanya kamera smartphone. Jika ingin hasil yang lebih artistik kamu bisa membawa kamera profesional sendiri.

6. Wisata Kuliner

Bali memang surganya kuliner terutama kuliner yang berbahan dasar hidangan laut alias seafood. Jika kamu pecinta makanan laut maka ada banyak rekomendasi restoran enak di sekitar pantai ini.

Jika tidak suka seafood maka kamu bisa mencoba kuliner lain. Meski terletak di tepi pantai, namun tempat makan di sekitar Pantai Canggu yang menyajikan berbagai hidangan lokal atau kuliner mancanegara.

Untuk masalah harga kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meski tempat ini merupakan destinasi wisata internasional namun harga makanannya masih cukup terjangkau.

Kamu harus pintar-pintar memilih lokasi agar menemukan restoran enak dengan harga terjangkau. Jika tidak ingin salah maka kamu bisa mengandalkan review pelanggan restoran di internet. Selain dapat dilihat di Google, review seperti ini juga bisa kamu temukan di berbagai aplikasi food delivery.

Wisata Kuliner

7. Mengunjungi Objek Wisata Terdekat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kamu harus melewati Pantai Batu Bolong terlebih dahulu sebelum sampai di Pantai Canggu. Jika ingin menikmati suasana berbeda maka kamu bisa berkunjung ke objek wisata terdekat.

Selain Pantai Batu Bolong tampaknya ada beberapa objek wisata populer di sekitar Canggu yang bisa kamu kunjungi. Objek wisata tersebut antara lain Echo Beach, Pantai Berawa, Desa Seni Yoga, dan terakhir Bali Equestrian Center.

Rekomendasi Penginapan di Pantai Canggu Bali

Untuk yang ingin menginap kamu tidak perlu khawatir soal akomodasi sebab ada banyak penginapan di dekat Pantai Canggu ini. Karena ada banyak berikut adalah rekomendasi tempat menginap yang bisa dipilih, seperti :

1. Hotel Tugu Bali

Hotel Tugu Bali
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Tugu Bali, lokasinya sangat strategis di Canggu, Bali. Kami bangga menawarkan kenyamanan tingkat tinggi dengan berbagai atraksi dan restoran menarik di sekitar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal di sekitar area kami.

Dengan peringkat bintang-5, fasilitas kami termasuk akses ke kolam renang luar ruangan, pijat, dan kolam renang dalam ruangan untuk memastikan pengalaman menginap kamu tak terlupakan. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas tambahan meliputi resepsionis 24 jam, shuttle bandara, penyewaan sepeda, parkir valet, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 3.583.600 per malam

PESAN HOTEL Hotel Tugu Bali Diskon 60%

2. Eastin Astha Resort Canggu Bali

Eastin Astha Resort Canggu Bali
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati pengalaman istimewa di Eastin Astha Resort Canggu Bali, properti bintang-4 yang terletak strategis di Canggu, Bali. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas dan kenyamanan selama kamu menginap. Dengan waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

Kami menawarkan fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, tempat main anak, pusat kebugaran, dan penitipan barang. Selain itu, nikmati kemudahan check-in/check-out bebas kontak untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.248.195 per malam

PESAN HOTEL Eastin Astha Resort Canggu Bali Diskon 58%

3. COMO Uma Canggu

COMO Uma Canggu
(sumber gambar: Agoda)

COMO Uma Canggu, properti mewah bintang-5 di Canggu, Bali. Terletak strategis, kami memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik di sekitar area kami, termasuk Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Dengan waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 11.00, fasilitas kami meliputi resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, tempat main anak, pusat kebugaran, dan check-in/check-out ekspres. Sertakan juga penitipan barang untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 3.605.386 per malam

PESAN HOTEL COMO Uma Canggu Diskon 53%

4. Swarga Suites Bali Berawa

Swarga Suites Bali Berawa
(sumber gambar: Agoda)

Salam hangat dari Swarga Suites Bali Berawa, tempat di mana kenyamanan dan keindahan bersatu. Terletak strategis di Canggu, kami mengundang kamu untuk menikmati pengalaman bintang-5 dengan akses mudah ke atraksi dan restoran populer, termasuk Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Fasilitas kami mencakup resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, spa, kolam renang luar ruangan, fasilitas BBQ, dan penitipan barang. Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.954.351 per malam

PESAN HOTEL Swarga Suites Bali Berawa Diskon 57%

5. Shore Amora Canggu

Shore Amora Canggu
(sumber gambar: Agoda)

Shore Amora Canggu, tempat di mana kenyamanan bertemu keindahan alam Canggu, Bali. Dengan peringkat bintang-4, kami menawarkan fasilitas terbaik di lokasi yang sangat strategis. Jangan lewatkan kunjungan ke Sacred Monkey Forest Sanctuary yang terkenal sebelum pulang.

Waktu check-in fleksibel pukul 14.00, dan check-out hingga tengah malam. Fasilitas meliputi resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, layanan shuttle, spa, kolam renang luar ruangan, sepeda, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.129.809 per malam

PESAN HOTEL Shore Amora Canggu Diskon 69%

Perlu diingat jika harga yang dicantumkan di atas sudah termasuk pajak. Meski begitu harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sehingga kamu perlu mengecek terlebih dahulu sebelum booking kamar.

Mencicipi Kuliner Lezat Kas Bali di Sekitar Pantai Canggu

Canggu, yang terletak di pantai barat daya Bali, terkenal dengan suasana santai, ombak yang bagus untuk berselancar, dan tentu saja, kuliner lezat. Jika kamu mencari pengalaman kuliner yang autentik di sekitar Pantai Canggu, berikut beberapa makanan yang mungkin menarik untuk dicoba:

Mencicipi Kuliner Lezat Kas Bali di Sekitar Pantai Canggu

    • Tum Ayam Bali: Tum adalah hidangan yang terbuat dari bahan seperti daging, ikan, atau sayuran yang dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus atau dipanggang. Tum Ayam khususnya menggunakan daging ayam sebagai bahan utama.
    • Sate Lilit Bali: Sate ini dibuat dengan daging ikan atau daging ayam yang dicampur dengan kelapa parut, daun jeruk, daun salam, serai, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Campuran ini dililitkan pada sebatang bambu dan kemudian dipanggang.
    • Ayam Betutu Bali: Ayam Betutu adalah hidangan tradisional Bali yang terkenal. Ayam ini dimasak dengan bumbu khas Bali seperti kunyit, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya. Proses memasaknya biasanya memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan cita rasa yang mendalam.
    • Babi Guling Bali: Hidangan ini terkenal dengan daging babi yang dipanggang secara utuh di atas api. Bumbu yang digunakan melibatkan rempah-rempah khas Bali, memberikan cita rasa yang khas dan lezat pada daging babi.
    • Nasi Tepeng Bali: Nasi Tepeng adalah nasi yang dimasak dengan kelapa parut dan diberi bumbu khas Bali. Biasanya disajikan dengan lauk-pauk atau sambal.
    • Sate Plecing Bali: Sate ini disajikan dengan bumbu plecing, yang terbuat dari cabai, tomat, terasi, gula merah, dan garam. Bumbu ini memberikan rasa pedas dan segar pada sate.
    • Nasi Campur Bali: Nasi Campur adalah hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti daging, ayam, telur, dan sayuran, seringkali disiram dengan kuah kental.
    • Rujak Kuah Pindang Bali: Rujak ini memiliki bumbu khas Bali yang terbuat dari kuah pindang yang pedas dan segar. Buah-buahan yang digunakan dalam rujak ini bisa bermacam-macam.

Kesimpulan

Itu merupakan beberapa informasi seputar Pantai Canggu yang banyak dicari masyarakat tanah air. Ternyata, meski termasuk destinasi wisata langganan wisatawan asing, tetapi tempat tersebut masih bisa dinikmati dengan harga yang wajar untuk wisatawan lokal.

You might also like