Menjelajahi Pantai Cemara Sewu di Bantul: Petualangan Seru yang Akan Menggetarkan Jiwa

Menjelajahi Pantai Cemara Sewu di Bantul: Petualangan Seru yang Akan Menggetarkan Jiwa (sumber: Google Maps: DonQuixeto)

Seperti yang kita semua tahu bahwa Yogyakarta memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya ialah pantai Cemara Sewu yang berada di wilayah Bantul.  Siapa sih yang tidak mengenal pantai satu ini? Ada di satu garis dengan pantai populer lainnya seperti Parangtritis, Parangkusumo, dan pantai Depok, membuat pantai Cemara Sewu tidak kalah terkenal.

Jenis pantai yang berada di Bantul ini mempunyai perbedaan dan kekhasan dibandingkan pantai Gunung Kidul, ingin tahu apa kekhasan yang dipunyai? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Telusuri Kekhasan Pantai Cemara Sewu

Pantai ini menjadi satu diantara lokasi favorit keluarga dan muda-mudi untuk menghabiskan akhir pekan, selain keindahan yang dimiliki pantai ini mempunyai beberapa kekhasan yang tidak kamu dapatkan pada pantai selatan lainnya.

Terletak di lokasi yang gampang dijangkau, jadikan wisatawan di luar kota lebih gampang untuk menemukan pantai ini, berikut ialah beberapa kekhasan yang hendak sobat wisata jumpai saat berkunjung ke pantai Cemara Sewu:

1. Ada Goa Cemara Alami

Ada Goa Cemara Alami
Ada Goa Cemara Alami (sumber: Google Maps: umi lestari (Ari))

Nah ini dia nih, daya tarik khusus dan jadi bintang di pantai Cemara Sewu, apalagi jika bukan fenomena ‘Goa’ alami nya.

Goa ini tercipta dari rangkaian pohon cemara laut yang ada di sekitaran pantai, berjejer dengan rapat dengan daun-daun yang sama-sama bersatu hingga membuat seperti goa.

Sisi bawah pohon-pohon cemara ini ada jalan setapak yang lumayan panjang, hingga tempat itu seperti terlihat Lorong sebuah goa yang unik.

Jika kamu tiba di jam-jam dan waktu tertentu, khususnya saat matahari tidak begitu terik, tempat ini akan lebih gelap dari biasanya, hingga betul-betul seperti terlihat goa yang rimbun.

Jejeran pohon cemara laut yang begitu padat dan berjumlah banyak inilah jadi cikal bakal pemberian nama pantai Cemara Sewu.

Barisan pohon cemara yang cantik dan teduh, sanggup menghipnotis tiap pengunjung yang datang.

Kebanyakan beberapa pengunjung segera berdecak takjub dengan jumlah pohon cemara yang banyak sekali itu.

Pantai Cemara Sewu termasuk salah satu pantai paling tua yang berada di Yogyakarta, dari dulu sering jadi lokasi favorit warga lokal untuk liburan.

Tetapi, seiring waktu berjalan, pantai ini selalu alami pembaharuan di semua faktor, hingga makin cantik dan mulai banyak wisatawan luar wilayah yang berminat untuk berkunjung.

2. Pantai Yang Luas dan Mempesona

Banyak wisatawan yang lebih suka liburan ke pantai Cemara Sewu karena lokasinya yang aman untuk anak-anak.

Pantai Yang Luas dan Mempesona
Pantai Yang Luas dan Mempesona (sumber: Google Maps: Idho’ Lontara)

Daerah pantai yang mempunyai daratan pasir yang agak miring dan luas, hingga benar-benar pas untuk bermain pasir tanpa takut terbawa ombak.

Meskipun pantai di sini tidak seindah pantai pasir putih yang kamu jumpai di Gunung Kidul, tetapi pantai di sepanjang daerah ini sanggup menawarkan bermacam kegiatan hebat yang aman untuk anak-anak dan keluarga.

Pengunjung tak perlu risau cedera karena guratan batu karang yang cukup tajam, karena hamparan pasir hitam di bibir pantai benar-benar lembut dan kurang pecahan karang.

3. Lokasi Pantai yang Strategis

Kekhasan selanjutnya yang dimiliki oleh pantai Cemara Sewu ialah lokasinya yang strategis, kamu bisa mengunjungi beberapa pantai disekitaran tanpa menggunakan kendaraan.

Lokasi Pantai yang Strategis
Lokasi Pantai yang Strategis (sumber: Google Maps: Bunda Vano)

Seperti pantai di Gunung Kidul, pantai di pesisir wilayah Bantul ini mempunyai jarak yang bersisihan di antara satu pantai menuju pantai yang lain, hingga kamu tidak bosan saat berekreasi disini.

Lokasi, Akses, dan Jalur Menuju Pantai Cemara Sewu

Menemukan pantai ini sangat gampang, berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Menariknya lagi, lokasi pantai di deretan Bantul cukup mudah dijangkau dari pusat perkotaan Yogyakarta.

Akses menuju pantai juga sangat bagus, sepanjang perjalanan telah diaspal halus dan medan yang tidak terlalu ekstrim.

Jalan raya menuju pantai minim tanjakan dan turunan, serta tikungan curam.

Lokasi, Akses, dan Jalur Menuju Pantai Cemara Sewu
Lokasi, Akses, dan Jalur Menuju Pantai Cemara Sewu (sumber: Google Maps: agung jaya)

Hampir sepanjang perjalanan kamu cuma akan melalui jalanan lurus yang luas, akses semacam ini pasti berbeda saat kamu berkunjung ke pantai Gunung Kidul yang perlu lewat tanjakan dan turunan yang tajam.

Medan yang mudah dilewati, hingga pas buat kamu kesini memakai sepeda motor, mobil pribadi, travel, atau Bis pariwisata.

Ingin merasakan kesan berbeda sepanjang perjalanan menuju pantai? Tidak ada salahnya coba angkutan umum.

Kamu bisa naiki transportasi umum seperti bis antara Kabupaten di terminal Giwangan, atau menunggu di sejumlah spot pemberhentian bis di jalan Bantul.

Pilihlah bis dengan jalur pantai Parangtritis atau pantai Depok, sayangnya bila menggunakan kendaraan umum kamu tidak secara langsung diantarkan sampai ke lokasi, tetapi di titik pemberhentian bis saja.

Perjalanan seterusnya untuk sampai ke lokasi pantai, kamu harus menggunakan ojek yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Tiap pemberhentian bis bisa banyak dijumpai pangkalan ojek, kamu tinggal pilih ojek yang harga ramah dikantong, pastikanlah kamu telah memastikan biaya pada awal ya.

Janganlah sampai kamu asal naik tanpa bertanya biayanya lebih dulu, bisa rugi deh!.

Lokasi lengkap menuju pantai Cemara Sewu:

Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu Terkini

Rata-rata harga tiket masuk tujuan rekreasi di Yogyakarta benar-benar dapat dijangkau, khususnya untuk rekreasi baharinya, begitu juga dengan tiket masuk pantai Cemara Sewu.

Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu Terkini
Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu Terkini (sumber: Google Maps: Srirahayu Yayuk)

Kamu cukup bayar sebesar Rp.5000 per orang untuk dapat masuk ke dalam lokasi dan nikmati keindahan deretan pohon cemara laut di tepi pantai.

Ongkos lain yang akan dikeluarkan untuk parkir, untuk sepeda motor cuma dikenakan Rp.3000 saja per unit, dan untuk mobil pribadi Rp.5000, tetapi ongkos parkir akan berbeda bila kamu bersama rombongan yang lebih banyak, memakai bus pariwisata maka dikenakan biaya kurang lebih Rp.50.000 per bus.

Harga tiket masuk yang dapat dijangkau benar-benar didukung oleh sarana dan pelayanan yang akan kamu dapatkan dari pihak pengurus.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBis
Senin24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Selasa24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Rabu24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Kamis24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Jumat24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Sabtu24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000
Minggu24 JamRp. 5.000Rp. 3.000Rp. 5.000Rp.50.000

Lokasi parkir yang luas dan gampang, ini adalah hal yang diperhitungkan oleh wisatawan.

Tidak perlu cemas, karena lokasi parkir di pantai ini sangat nyaman dan aman. Memiliki tempat parkir yang terpisah dan luas untuk kendaraan bermotor, mobil individu, dan bis pariwisata.

Sarana lain yang ada di area pantai sudah pasti toilet, kamu cuma diperkenankan bayar ongkos kebersihan sebesar Rp.3.000.

Jumlah toilet yang cukup banyak, hingga pengunjung tidak perlu mengantri lama, toilet di sini terdiri jadi dua yaitu toilet yang dipakai khusus untuk mandi dan toilet untuk buang air kecil atau besar.

Fasilitas selanjutnya adalah mushola, untuk pengunjung yang beragama islam pasti sarana mushola ialah satu perihal yang tidak lepas dari perhatian.

Disediakannya tempat beribadah di lokasi rekreasi seperti ini akan menambahkan nilai positif, hingga wisatawan muslim yang berkunjung tidak bersusah-susah cari tempat bersih dan tidak begitu ramai untuk shalat.

Semua pantai yang berada di Yogyakarta bisa kamu kunjungi 24 jam dan tidak ada hari libur.

Maka bila kamu cuma ingin tiba berkunjung untuk nikmati sunset maka hal itu bisa dilaksanakan.

Tetapi, dampak negatifnya saat kamu datang di saat akhir minggu atau hari liburan nasional, pantai semakin lebih ramai dari umumnya, jadi berangkatlah lebih pagi ya!.

Referensi Kegiatan Seru di Pantai Cemara Sewu

Menawarkan keindahan alam yang mempesona, ditambah lagi HTM lokasi pantai yang dapat dijangkau, ternyata masih ada loh hal menarik lainnya dari pantai Cemara Sewu ini.

Kamu bisa lakukan beragam kegiatan hebat disekitaran area pantai, kegiatan yang sudah dilakukan ini pas untuk berbagai kelompok umur dimulai dari beberapa anak sampai orang dewasa.

Berikut adalah info seputar 6 aktivitas hebat yang bisa kamu kerjakan waktu ada di pantai Cemara Sewu:

1. Tracking Goa Cemara

Tracking Goa Cemara
Tracking Goa Cemara (sumber: Google Maps: eko susanto)

Menyusuri jejak pohon cemara laut yang berderet di tepi pantai jadi kegiatan pertama yang banyak dilakukan oleh wisatawan.

Kamu bisa melakukan tracking sepanjang goa cemara dengan jalan kaki atau memakai sepeda.

Jalan setapak sejauh 3 km yang ditutupi daun cemara laut sebagai lokasi ikonik yang jangan sampai dilewati.

Situasi tracking semakin lebih berbeda bila menjelang matahari terbenam, kondisi tempat akan makin gelap, kamu akan berasa seperti ada di goa sungguhan.

Untuk pengunjung yang capek menyusuri tempat pantai dan goa yang begitu luas, maka bisa sewa sepeda.

Naik sepeda bersama keluarga, teman dekat, atau orang tersayang akan berikan pengalaman yang tak terlupakan.

Apalagi bila kamu datang bersama pasangan, peristiwa naik sepeda berdua sambil nikmati keelokan sunset akan menambah kesan-kesan romantis yang tidak terlupakan.

Bukan hanya tracking disekitaran pantai dan goa cemara, kamu bisa berkeliling ke beberapa pantai sekitaran yang berada berdekatan.

Cukup dengan jalan kaki, maka kamu akan tiba di lokasi pantai lain, seperti Parangtritis dan Parangkusumo. Tidak ada biaya tambahan saat kamu masuk daerah pantai lain, jadi tak boleh cemas.

2. Berenang dan Bermain Air

Berenang dan Bermain Air

Gelombang ombak di daerah pantai Bantul memang semakin tenang bila dibandingkan pantai pasir putih di Gunung Kidul, tak heran bila lokasi ini lebih banyak dituju oleh wisatawan yang bawa anak-anak. Meskipun pasir disekitaran pantai warna hitam, tetapi laut di sini tidak kalah menyegarkan dan jernih.

Air laut yang tenang dan wilayah pantai yang luas, dan kurang serpihan batu karang hingga pas menjadi fasilitas bermain air anak-anak yang aman.

Selain aman untuk berenang untuk anak-anak, orang dewasa juga dapat leluasa nikmati kesegaran air laut dengan snorkeling.

Ada persewaan perlengkapan snorkeling, sehingga kamu tidak pakai repot bawa dari rumah.

Menikmati keelokan bawah laut yang masih tetap terjaga sekalian menyelam akan membuat tubuh lebih segar dan relax.

Kamu tidak suka berenang dan snorkeling? Masih tetap ada aktivitas lainnya yang bisa dilakukan, yakni memancing.

Kamu harus cari spot-spot tertentu supaya memperoleh ikan lebih banyak, di sini disediakan persewaan alat pancing dan kamu akan didampingi oleh masyarakat setempat saat memancing.

3. Menikmati Jeep Tour

Melihat sedikit ke samping pantai Cemara Sewu, kamu akan menemukan lokasi yang tidak kalah mempesona yaitu gumuk pasir Parangkusumo.

Menikmati Jeep Tour
Menikmati Jeep Tour (sumber: Google Maps: Agustinus Jayasaputra)

Kamu bisa sewa mobil jeep milik masyarakat sekitaran untuk menyusuri daerah gumuk pasir, kamu tidak perlu menyetir sendiri karena telah disediakan supir yang hendak mengantarkan kemanapun destinasi tujuan kamu.

Selain telusuri daerah gumuk pasir, jeep tur ini akan bawa kamu telusuri rimba cemara laut.

Coba jeep tour bersama rombongan rekan atau keluarga akan menyenangkan, ongkos yang mahal akan berasa lebih enteng bila ditanggung bersama-sama.

Kapan lagi nikmati situasi ciri khas gurun pasir dan menembus rimba cemara laut bersama orang tersayang? Sehingga kamu wajib mencoba!.

4. Berburu Spot Foto Cantik

Rasanya sayang sekali untuk dilewati, bila berkunjung ke lokasi secantik ini tanpa mendokumentasikan foto.

Sebagian besar sudut di pantai Cemara Sewu ialah lokasi aesthetic untuk berfoto, khususnya tempat primadona yakni goa cemara.

Berburu Spot Foto Cantik
Berburu Spot Foto Cantik (sumber: Google Maps: AgusLeo Kurniawan)

Meskipun pantai ini sangat populer, ketenarannya tidak kalah dari pantai Parangtritis atau pantai yang berada di Gunung Kidul, tetapi jumlah pengunjungnya tidak sebanyak kedua pantai itu.

Jumlah pengunjung yang tidak begitu padat malah akan mempercantik hasil jepretan foto.

Kamu bisa ambil foto dengan bebas di bibir pantai, tanpa khawatir terusik dengan background yang terlalu ramai.

Kamu bisa memfoto disekitaran hutan cemara laut, seakan-akan lagi ada dalam suatu goa yang dirimbuni daun-daun liar, dijamin deh akan membuat hasil foto semakin unik.

Pemilihan sudut spot foto bisa mempengaruhi hasil jepretan loh, jadi pastikanlah kamu pilih secara teliti lokasi yang hendak jadi background.

Selain berpose di hutan cemara, kamu bisa berpose dengan hamparan pasir hitam dan birunya laut. Ada beberapa spot selfie tertulis “Goa Cemara” yang bisa digunakan dengan gratis.

Lokasi favorit seterusnya yang umum jadi sasaran para muda-mudi saat berkunjung ialah ayunan di tengah-tengah pasir.

Kamu harus waspada saat akan ambil foto di sini, ayunan yang dipasang tidak begitu kuat jadi bila terlalu berat atau dimainkan terlalu kencang, dikhawatirkan akan roboh, jadi cukup duduk saja ya.

5. Berkemah di Sekitaran Pantai

Siapa kira, rupanya pantai Cemara Sewu adalah camping ground favorit untuk pencinta alam. Jika kamu sebelumnya pernah bersekolah di Yogyakarta, tentu tidak asing dengan aktivitas berkemah di pantai ini.

Berkemah di Sekitaran Pantai

Camping ground yang disediakan diperuntukkan untuk semua pengunjung, kamu bisa bawa sendiri perlengkapan kemah atau sewa secara langsung di lokasi.

Menikmati matahari tenggelam sekalian duduk rileks di tenda atau hammock, akan membuat kamu lebih rileks. Apa lagi di waktu malam tiba, sepoi-sepoi angin dari pohon cemara bersatu dengan air laut akan berikan sentuhan relaksasi yang tiada tara.

6. Piknik Bersama Keluarga di Pantai

Wilayah pantai yang luas kerap digunakan pengunjung sebagai lokasi piknik. Beberapa pengunjung yang tiba membawa tikar, makanan, minuman, dan peralatan rekreasi lainnya.

Biasanya mereka tiba dengan rombongan, bersama keluarga, pasangan, atau rekan-rekan kantor.

Piknik Bersama Keluarga di Pantai

Duduk rileks di atas tikar, ditemani tiupan angin siang dari yang dirasa mempersejuk akan terasa sangat menyenangkan, apalagi sekalian melahap bekal yang telah dibawa.

Banyak sekali bukan kegiatan yang bisa dilakukan waktu berkunjung ke pantai Cemara Sewu ini?

Lokasi pantai yang pas dan strategis untuk semua umur, benar-benar direkomendasikan bila kamu berkunjung ke Yogyakarta.

Jika memungkinkan, coba untuk menghabiskan malam di sini dengan berkemah, atau bermalam di villa-villa yang ada di sekitaran pantai, dijamin deh akan memberikan pengalaman berkunjung yang tidak terlupakan!.

Rekomendasi Hotel Sekitaran Pantai Cemara Sewu

Hotel dekat dengan pantai Cemara Sewu merupakan pilihan akomodasi yang sempurna bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pantai yang menakjubkan.

Berikut 3 hotel yang telah ayowisata.co.id rangkum yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu:

1. Hotel Widodo 1 Parangtritis RedPartner

Hotel Widodo 1 Parangtritis RedPartner
Hotel Widodo 1 Parangtritis RedPartner (sumber: Google Maps: Yustiani Tus)

Hotel Widodo 1 Parangtritis RedPartner adalah pilihan terbaik bagi para wisatawan yang mencari akomodasi yang nyaman dan terjangkau.

Terletak hanya beberapa menit dari pantai Cemara Sewu, hotel ini menawarkan akses yang mudah ke keindahan pantai.

Fasilitas yang disediakan oleh hotel ini meliputi kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan AC, TV, kamar mandi pribadi, dan akses Wi-Fi gratis.

Selain itu, hotel ini juga memiliki restoran yang menyajikan hidangan lezat untuk memuaskan selera makan para tamu.

Dengan harga yang sangat terjangkau serta lokasi yang strategis, Hotel Widodo 1 Parangtritis RedPartner adalah pilihan yang ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati pantai Cemara Sewu tanpa harus menguras kantong mereka.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.93.844 per malam

2. Hotel Graha Parangtritis

Hotel Graha Parangtritis
Hotel Graha Parangtritis (sumber: Google Maps: Hotelbeds)

Terletak hanya beberapa langkah dari pantai Cemara Sewu, Hotel Graha Parangtritis menawarkan pengalaman menginap yang mewah dan nyaman.

Dengan pemandangan pantai yang menakjubkan dan fasilitas yang lengkap, hotel ini memastikan para tamu dapat menikmati liburan mereka dengan maksimal.

Kamar-kamar yang elegan dan modern dilengkapi dengan AC, TV layar datar, minibar, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapan mandi gratis.

Hotel ini juga memiliki kolam renang yang indah, spa, dan pusat kebugaran untuk relaksasi dan rekreasi.

Restoran di hotel ini menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional yang lezat.

Dengan pelayanan yang ramah dan lokasi yang dekat dengan pantai, Hotel Graha Parangtritis adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan pengalaman menginap yang mewah dan tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.134.330 per malam

3. Losmen Panorama

Losmen Panorama
Losmen Panorama (sumber: Google Maps: Hotels)

Bagi para wisatawan yang mencari akomodasi yang sederhana dan ramah di kantong, Losmen Panorama adalah tempat yang tepat.

Terletak hanya beberapa menit dari pantai Cemara Sewu, losmen ini menawarkan kenyamanan dan kehangatan rumah sendiri.

Kamar-kamar yang sederhana namun bersih dan nyaman dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti kipas angin, kamar mandi pribadi, dan akses Wi-Fi gratis.

Losmen Panorama juga memiliki area bersantai yang menyediakan pemandangan indah pantai Cemara Sewu.

Dengan harga yang terjangkau dan suasana yang ramah, Losmen Panorama adalah pilihan yang sempurna bagi para backpacker atau wisatawan dengan anggaran terbatas.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp.150.851 per malam

Booking Penginapan Sekitar Pantai Cemara Sewu dengan Diskon 69%

Kuliner Lezat di Pantai Cemara Sewu yang Wajib Dicoba

Jika kamu adalah seorang wisatawan yang berkunjung ke pantai yang indah ini, pastikan untuk mencoba kuliner lokal yang lezat.

Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi hidangan yang wajib kamu coba di pantai Cemara Sewu:

1. Sate Laut

Sate Laut

Salah satu hidangan yang populer di daerah ini adalah sate laut. Dalam sate laut, kamu akan menemukan campuran udang, cumi-cumi, ikan, atau kerang yang ditusuk ke dalam tusuk sate dan dibakar dengan kelezatan rempah-rempah khas.

Hidangan ini sering disajikan dengan bumbu kacang pedas yang menggugah selera. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba sate laut yang lezat ini ketika kamu berada di pantai Cemara Sewu.

2. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Setelah menikmati hidangan lezat, jangan lupa mencoba es kelapa muda yang menyegarkan. Nikmati segarnya air kelapa muda yang disajikan dalam kelapa utuh atau gelas.

Es kelapa muda merupakan minuman yang sempurna untuk menyejukkan diri kamu setelah beraktivitas di pantai yang panas.

Rasanya yang manis dan segar akan membuat kamu merasa kembali segar dan terhidrasi.

3. Mie Seafood

Jika kamu menginginkan hidangan yang lebih berat, cobalah mie seafood. Mie ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan topping berlimpah, seperti udang, cumi-cumi, ikan, dan sayuran segar.

Mie Seafood

Rasakan kelezatan mie yang lezat dengan cita rasa laut yang kaya. Hidangan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memuaskan nafsu makan kamu setelah seharian beraktivitas di pantai Cemara Sewu.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like