Pantai Cemara Tuban: Destinasi Wisata Setelah Puas Berwisata Religi

Mampir untuk menikmati indahnya Pantai Cemara Tuban harus menjadi sebuah pertimbangan ketika kamu jalan-jalan ke Tuban, Jawa Timur. Ada banyak orang yang berkunjung ke Kabupaten Tuban setiap tahunnya.

Kebanyakan dari mereka mengunjungi salah satu kabupaten di Jawa Timur ini untuk berwisata religi. Ya, Tuban selalu menjadi bagian dari rangkaian kunjungan para peziarah setelah mengunjungi tujuan-tujuan lainnya seperti Madura, Gresik, dan lain-lain.

Akan tetapi, berwisata religi sekaligus wisata alam tentunya bukan sesuatu kemustahilan. Ada berbagai pilihan tempat wisata yang bisa kamu singgahi, termasuk Pantai Cemara Tuban ini.

Pantai Cemara Tuban terletak di Nggersapi, Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini sangat terkenal sebagai tempat wisata untuk warga lokal.

Dihiasi banyak pohon cemara di sepanjang pinggir pantai, sensasi sejuk dan teduh langsung terasa saat memasuki area pantai. Itulah mengapa pantai ini diberi nama Pantai Cemara.

Pantai ini memiliki karakter yang tidak cocok untuk menikmati aktivitas air seperti berenang, menyelam dan sebagainya. Namun, keindahan alam di pantai ini tentunya sangat tepat untuk menghilangkan segala kepenatan pikiran, bersantai bersama orang-orang tersayang dan pastinya mengabadikan setiap momen ke dalam foto-foto estetik.

Sejarah Singkat Pantai Cemara Tuban

Sejarah Singkat Pantai Cemara Tuban
(sumber gambar: Google_Radar Tuban)

Ketika berbicara mengenai wisata di Jawa Timur, sebagian besar dari kita pastinya akan memikirkan Kota Malang dan sekitarnya yang sudah sangat fenomenal dengan beberapa spot wisata yang tidak terhitung jumlahnya.

Pemerintah setempat yang memperhatikan potensi wisata dan mengelolanya dengan baik membuat kota ini paling dikenal sebagai tujuan wisata di Jawa Timur.

Segala potensi alam dan sarana wisata hiburan bisa dinikmati para wisatawan dan memberikan penghasilan yang sangat besar untuk daerah ini. Sedangkan di Kabupaten Tuban, wisata yang lebih dikenal adalah wisata religi.

Ada belasan tempat ternama di daerah ini yang kerap menjadi tujuan untuk para peziarah dari berbagai penjuru Indonesia. Tapi ternyata, Kabupaten Tuban juga menyimpan keindahan yang juga bisa disinggahi setelah lelah mengeksplor semua makam para wali.

Ada beberapa pantai indah sebagai wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Tuban, seperti Pantai Cemara Tuban, Pantai Sowan dan juga Pantai Boom. Pantai Cemara Tuban adalah pantai yang paling populer di antara ketiga pantai tersebut.

Terbukti dengan tingginya jumlah pengunjung yang memadati pantai ini saat akhir pekan ataupun hari libur. Para wisatawan pun tidak hanya berasal dari sekitar Kabupaten Tuban saja. Tidak sedikit dari mereka adalah wisatawan dari luar kota.

Jumlah wisatawan pun semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh nama besar Tuban sebagai tujuan wisata religi utama di Jawa Timur.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Cemara Tuban bukan pantai yang cocok untuk dijadikan tempat bermain berbagai aktivitas air, seperti yang banyak terjadi di pantai-pantai pada umumnya. Alasannya karena pantai ini memiliki air yang keruh dan dangkal.

Dangkalnya air laut di Pantai Cemara Tuban bukanlah suatu hal yang terjadi sejak dulu. Beberapa puluh tahun yang lalu, saat pendangkalan pantai belum terjadi, pantai ini masih sering digunakan para pengunjung untuk berenang.

Akan tetapi, kegiatan ini tidak lagi bisa dilakukan semenjak terjadi abrasi pada pantai. Pantai ini sempat rusak berantakan dan tidak ada lagi pengunjung yang betah berlama-lama menikmati pantai ini.

Untuk mengatasi masalah kerusakan pantai ini, Pemerintah Kabupaten Tuban berinisiatif untuk menanam banyak pohon cemara di sepanjang pinggiran pantai. Selain untuk penghijauan, tentunya pohon-pohon ini menjadikan pantai terkesan lebih teduh, sejuk dan mencegah terjadinya abrasi kembali.

Beberapa tahun kemudian, pohon-pohon cemara yang sudah tumbuh besar mempercantik pantai ini. Tapi sisa kerusakan karena abrasi masih ada, pantai menjadi dangkal dan berair keruh.

Dengan adanya pohon cemara yang memenuhi pinggiran pantai, pantai yang dulu bernama Pantai Tasikharjo ini kemudian dikenal sebagai Pantai Cemara Tuban. Uniknya, status kepemilikan lahan atau kawasan pantai ini bukanlah milik pemerintah setempat.

Pantai Cemara masih berstatus milik perseorangan, meski sudah berkali-kali mendapat tawaran untuk dibeli oleh pemerintah. Hingga saat ini, Pantai Cemara ini masih dikelola oleh warga setempat.

Setelah membantu dengan program penghijauan, pemerintah kabupaten juga telah membantu dengan melengkapi fasilitas umum di sekitar pantai.

Mitos yang Berkembang Sekitar Pantai Cemara Tuban

Mitos yang Berkembang Sekitar Pantai Cemara Tuban
(sumber gambar: GoogleMaps_diyah meidiyawati)

Area pantai yang dekat dengan alam sering kali menyimpan misteri dan cerita mistis yang berkembang turun temurun di masyarakat. Hal ini juga tidak terelakan di Pantai Cemara Tuban. Konon katanya, mitos di pantai ini adalah tidak baik untuk dikunjungi pada bulan Suro atau Muharam.

Mitos ini banyak dipercaya oleh warga setempat dan kebanyakan para pengunjung tidak mau mengambil resiko dengan tetap mengunjunginya. Menurut mitos tersebut, mengunjungi Pantai Cemara Tuban di bulan Suro akan mengakibatkan terjadinya hal kurang baik di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Cemara Tuban

Lokasi Pantai Cemara Tuban
(sumber gambar: GoogleMaps_zamoelta)

Untuk lebih mudahnya menemukan Pantai Cemara Tuban, yang harus kamu ingat adalah pantai ini berada di jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa. Tepatnya, pantai ini terletak di Desa Jabung, Sugihwaras, Jenu, Tuban, Jawa Timur.

Jika kamu mengunjungi Kota Tuban untuk berziarah atau berwisata religi, kamu bisa mampir ke pantai ini karena jaraknya yang hanya sekitar 6 km atau sekitar lima belas menit perjalanan dari pusat kota dengan kendaraan bermotor. Selain itu, jalanan menuju ke area pantai juga sudah sangat baik sehingga akan membuat perjalanan lancar jaya.

Rute Menuju Pantai Cemara Tuban

Di zaman serba canggih saat ini, kamu pastinya selalu mengandalkan Google Maps untuk mencari rute ke tujuan tertentu yang belum pernah kamu kunjungi. Tapi apabila sinyal internet kurang bersahabat, kamu bisa mencatat rute berikut untuk menuju Pantai Cemara Tuban.

Dari pusat Kota Tuban, ambil jalur perjalanan menuju ke Terminal Baru kemudian ikuti jalan utama tersebut sampai kamu akan menemukan banyak pohon cemara di pinggiran jalan. Area pantai ini tidak jauh dan dapat ditemukan mudah di sebelah barat terminal.

Rute Lengkap Menuju Pantai Cemara Tuban di Jawa Timur:

Alamat: Jl. Raya Tuban – Semarang, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352

Waktu Operasional Pantai Cemara Tuban

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Kamu bisa mengunjungi Pantai Cemara Tuban kapan saja kamu mau karena pantai ini dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Tetapi jika kamu tipe orang yang tidak terlalu suka keramaian, mengunjungi di hari-hari kerja saat pagi atau sore hari pastinya akan lebih sepi dan tenang.

Retribusi Pantai Cemara Tuban

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000
GratisRp 5.000Rp 10.000

Kabar gembiranya bahwa Pantai Cemara Tuban adalah tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa membayar retribusi apapun itu alias gratis. Akan tetapi, kamu tetap akan dikenakan biaya untuk jasa parkir.

Untuk kamu yang datang dengan mengendarai sepeda motor, biaya parkirnya adalah sebesar 5.000 rupiah saja. Sedangkan untuk parkir mobil, biaya yang dikenakan sebesar 10.000 rupiah. Tidak ada perbedaan tarif parkir saat liburan atau hari-hari besar.

Fasilitas di Pantai Cemara Tuban

Fasilitas di Pantai Cemara Tuban
(sumber gambar: Google_Tribun Jatim)

Meskipun Pantai Cemara Tuban adalah objek wisata yang bisa dimasuki secara gratis, bukan berarti pantai ini seperti pantai liar yang tidak dikelola. Pantai ini tetap bersih, rapi dan dilengkapi fasilitas umum yang memadai.

Fasilitas yang bisa kamu gunakan diantaranya gazebo untuk bersantai, mushola, toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan untuk membersihkan diri, dan berbagai spot foto yang instagramable.

Kamu bisa menggunakan sebagian fasilitas tersebut tanpa membayar, tetapi ada juga yang mengharuskan kamu membayar harga sewa guna memelihara fasilitas agar tetap optimal.

Pantai Cemara Tuban Tidak Jauh dari Objek Wisata Lain

Pantai Cemara Tuban Tidak Jauh dari Objek Wisata Lain
(sumber gambar: Google_Turisiandotcom)

Selain Pantai Cemara Tuban, kamu juga bisa memperpanjang daftar tempat wisata untuk dikunjungi karena mereka saling berdekatan. Dengan begitu, liburan kamu tidak membosankan dan kamu bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan.

Contoh tempat wisata terdekat adalah Pantai Semilir yang juga sedang menjadi primadona di Kabupaten Tuban. Pantai Cemara Tuban ini juga dekat dengan tujuan-tujuan wisata religi seperti Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang dan juga Goa Akbar yang sudah terkenal seantero Indonesia.

Kemudian kamu juga bisa lanjutkan petualangan ke Museum Kembang Putih, Taman Kota Tuban dan Pemandian Alam Bektiharjo. Semua tempat-tempat wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan kamu bisa memilih yang paling cocok dengan selera wisata kamu, termasuk ke Pantai Cemara Tuban.

Jangan lupa untuk membuat daftar perjalanan wisata yang lengkap dan tandai kelebihan apa yang bisa kamu dapatkan dari masing-masing. Jika waktu satu hari tidak cukup, kamu bisa bermalam di salah satu penginapan di kota ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Cemara Tuban

Walaupun Pantai Cemara Tuban tidak bisa dijadikan pantai yang cocok untuk berenang, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati waktu berwisata kamu di sini. Ada berbagai aktivitas lainnya yang bisa lakukan saat berkunjung ke pantai ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Cemara Tuban

1. Leyeh-Leyeh Sambil Menikmati Udara Pantai

Berwisata ke pantai artinya ingin menikmati waktu bersantai, tidak dikejar waktu. Di Pantai Cemara Tuban ini kamu bisa menikmati itu. Pohon cemara yang memenuhi pinggir pantai adalah tempat yang luas untuk para pengunjung untuk leyeh-leyeh sembari menikmati segarnya udara pantai.

Sebagian besar pengunjung pantai ini melakukan aktivitas ini dengan menggelar tikar dan bersantai-santai di bawah pohon cemara.

2. Menjelajahi Area Pinggir Pantai

Pantai Cemara Tuban adalah pantai yang dipercantik pasir kecoklatan yang halus. Kebanyakan pengunjung menyukai ini dan menikmatinya dengan berjalan kaki menyusuri pantai. Selain itu, di sepanjang pantai yang cukup Panjang untuk dijelajahi ini juga terdapat banyak kerang-kerang kecil.

Banyak pengunjung pantai yang mengumpulkan kerang-kerang ini sambil bermain di tepi pantai. Ombak pantai yang cukup tenang menjadikan mereka tidak khawatir untuk bermain.

3. Mengendarai ATV

Wahana ATV adalah permainan yang sangat sering kita jumpai di tempat-tempat wisata. Bermain ATV di atas pasir pantai adalah yang tepat karena tekstur pasir yang membuat permainan ini lebih menyenangkan dan sedikit menantang. Cukup dengan membayar biaya sewa beberapa puluh ribu.

Kamu bisa memilih salah satu ATV untuk dikendarai di area pantai. Karena alasan biaya operasional, wahana ini hanya tersedia di akhir pekan, hari libur dan musim liburan saja. Pengelola mungkin mempertimbangkan banyaknya pengunjung Pantai Cemara Tuban di waktu-waktu tersebut.

Mengendarai ATV

4. Berfoto dengan Latar Belakang Cantik

Berlibur ke pantai pastinya tidak akan cukup mengesankan tanpa mengambil foto-foto untuk dijadikan kenangan. Selain itu, foto-foto estetik juga sebuah kebutuhan untuk memenuhi laman sosial media saat ini.

Pantai Cemara Tuban sudah dilengkapi berbagai spot foto kekinian untuk digunakan para pengunjung mengabadikan kenangan. Spot-spot foto ini berupa ornamen berbentuk hati, ayunan cantik, dan lain sebagainya.

Selain itu, latar belakang alam berupa pohon-pohon cemara dan pasir kecoklatan yang bersih di pantai ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Kamu pastikan sudah mempersiapkan kamera terbaik di ponsel atau perangkat lainnya agar tidak melewatkan setiap momen.

5. Jangan Lupa Melihat Mangrove Center

Pantai Cemara Tuban juga memiliki fitur lain yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Mangrove Center. Berjarak sekitar 300 meter dari pusat pantai, kamu bisa melihat keindahan alam yang lebih alami di hutan mangrove ini.

Tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati hijaunya pepohonan, Mangrove Center juga dijadikan tempat di mana para pengunjung bisa mempelajari cara membudidayakan tanaman mangrove.

Dan ternyata, hutan mangrove ini sudah menjadi yang terbaik di Indonesia. Ada banyak hutan-hutan mangrove lain yang menjadikan hutan ini sebagai sumber bibit mereka.

6. Wisata Kuliner

Berlibur ke tempat wisata tidak lengkap tanpa menikmati wisata kuliner disana. Pantai Cemara Tuban juga tidak melewati kesempatan ini. Ada deretan rumah makan yang sudah ditempatkan di sekitar pantai untuk memuaskan keinginan para wisatawan dalam berwisata kuliner.

Tentunya menu khas yang ditawarkan tidak jauh dari menu-menu makanan laut yang segar dan tentunya nikmat. Berbagai menu khas Jawa Timur juga dapat ditemukan di rumah makan-rumah makan ini.

Jadi, kamu tidak harus membawa perbekalan agar tidak kelaparan saat liburan. Karena berbagai makanan lezat dan hangat dapat kamu santap di area pantai ini. Harga yang ditawarkan juga cukup relevan, yakni sekitar 50k rupiah ke atas.

Wisata Kuliner

7. Menikmati Pertunjukan Seni

Mungkin terdengar unik, tetapi ini sebuah kenyataan di mana kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni sembari berlibur di Pantai Cemara Tuban. Pertunjukan ini merupakan fitur terbaru yang diupayakan pemerintah Kabupaten Tuban untuk mengangkat wisata di daerah mereka.

Kesenian yang sering kali dipentaskan di area pantai ini adalah wayang, teater dan seni tari. Alur cerita yang ditampilkan juga tidak jauh dari sejarah di Jawa Timur. Artinya, para penonton juga diberikan pengetahuan sejarah melalui pertunjukan seni yang menarik.

Untuk kamu yang suka menyaksikan pertunjukan seni dan juga cinta suasana pantai, Pantai Cemara ini bisa menjadi destinasi paling tepat untuk kamu kunjungi.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Cemara Tuban

Saat kamu mencari tempat menginap yang menyajikan pengalaman tak terlupakan, hotel-hotel di sekitar Pantai Cemara menawarkan kombinasi sempurna antara lokasi strategis dan fasilitas berkualitas. Dari penginapan bintang-3 yang mewah hingga guesthouse yang ramah.

Setiap pilihan menjanjikan kenyamanan maksimal selama kunjungan kamu. Mari temukan kemewahan penginapan sambil menikmati keindahan Pantai Cemara dan kenikmatan kuliner khas Jawa Timur yang menggoda di sekitarnya:

1. Votel Hotel Charis Tuban

Votel Hotel Charis Tuban
(sumber gambar: Agoda)

Votel Hotel Charis Tuban, menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan strategis di Tuban, Jawa Timur. Properti bintang-3 kami memiliki lokasi yang dekat dengan atraksi menarik dan beragam restoran pilihan.

Nikmati fasilitas populer kami, termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, serta Wi-Fi gratis untuk memastikan kenyamanan selama menginap. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out adalah pukul 12.00. Bersiaplah untuk menikmati kualitas tinggi dan pelayanan yang ramah!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 223.612 per malam

PESAN HOTEL Votel Hotel Charis Tuban Diskon 71%

2. RedDoorz Syariah @ Jalan Sunan Giri Tuban

RedDoorz Syariah @ Jalan Sunan Giri Tuban
(sumber gambar: Agoda)

RedDoorz Syariah @ Jalan Sunan Giri Tuban, guesthouse simpel yang memberikan kenyamanan ekstra. Lokasi kami sangat strategis, hanya 1 menit berjalan kaki dari jalan utama dengan beragam tempat makan, serta berjarak 2 km dari Pantai Tuban dan Jalan Nasional Rute 1.

Fasilitas kami mencakup kolam renang, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi gratis. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.30, dan check-out pukul 12.30. Bersantailah dan nikmati pengalaman menginap yang menyenangkan bersama kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 148.838 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz Syariah @ Jalan Sunan Giri Tuban Diskon 69%

3. Syafa Homestay Syariah

syafa homestay
(sumber gambar: Agoda)

Syafa Homestay Syariah, akomodasi strategis di Tuban, Jawa Timur, yang dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Fasilitas kamar kami meliputi tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis, resepsionis 24 jam, dan AC di area umum.

Kamar-kamar kami adalah area bebas asap rokok, dan kami siap melayani kamu dalam Bahasa Inggris. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk memastikan pengalaman menginap kamu lebih baik.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 115.390 per malam

PESAN HOTEL Syafa Homestay Syariah Diskon 55%

4. OYO Life 3387 Nakula Homestay Syariah

OYO Life 3387 Nakula Homestay Syariah
(sumber gambar: Agoda)

OYO Life 3387 Nakula Homestay Syariah, menyediakan akomodasi strategis di Tuban, Jawa Timur, dengan dekatnya dengan atraksi dan restoran menarik. Fasilitas kami mencakup resepsionis 24 jam, Wi-Fi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, dan dapur bersama.

Nikmati kebersihan harian dan layanan kamar yang memudahkan selama menginap. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.30, dan check-out pukul 12.30. Kami berkomitmen untuk memberikan kamu pengalaman menginap yang menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 136.080 per malam

PESAN HOTEL OYO Life 3387 Nakula Homestay Syariah Diskon 51%

5. Hotel Wisata Ziarah Sunan Bonang

Hotel Wisata Ziarah Sunan Bonang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Wisata Ziarah Sunan Bonang, berlokasi strategis di Tuban, Jawa Timur, memberikan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik. Fasilitas kami termasuk tempat parkir mobil, Wi-Fi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, dan AC di area umum.

Kamar kami adalah area bebas asap rokok, dan kami juga menyediakan layanan internet. Jadikan pengalaman menginap kamu di Tuban lebih istimewa bersama kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 138.207 per malam

PESAN HOTEL Hotel Wisata Ziarah Sunan Bonang Diskon 77%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Jawa Timur di Sekitar Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara di Tuban, Jawa Timur, adalah tempat yang menarik untuk menikmati kuliner khas Jawa Timur. Beberapa hidangan yang patut dicoba di sekitar Pantai Cemara Tuban antara lain:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Jawa Timur di Sekitar Pantai Cemara Tuban
(sumber gambar: Google_Bango)
    • Tahu Tek: Tahu tek adalah hidangan tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang, petis, bawang goreng, dan telur rebus. Rasanya gurih dan kaya rempah, membuatnya menjadi pilihan camilan yang lezat.
    • Rawon: Rawon adalah semacam sup daging sapi berkuah hitam khas Jawa Timur yang menggunakan kluwek sebagai bumbu utama. Hidangan ini disajikan dengan nasi dan biasanya dilengkapi dengan tauge, daun bawang, dan emping.
    • Lontong Pecel: Lontong pecel adalah hidangan nasi lontong yang disajikan dengan pecel, sebuah campuran sayuran hijau yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang yang lezat.
    • Nasi Lauk: Nasi lauk merupakan hidangan nasi dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam, ikan, atau daging sapi yang diolah dengan bumbu khas Jawa Timur.
    • Ampo: Ampo adalah sejenis kue tradisional Jawa Timur yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut dan gula kelapa. Rasanya manis dan gurih.
    • Becek Menthok: Becek menthok adalah hidangan soto khas Jawa Timur yang berisi daging, tauge, dan telur puyuh, disajikan dengan kuah yang kaya rempah.
    • Dumpek: Dumpek adalah hidangan yang terbuat dari singkong yang diolah dan dicampur dengan bumbu rempah khas Jawa Timur, lalu digoreng hingga matang.
    • Kari Rajungan: Kari rajungan adalah hidangan kari yang menggunakan rajungan sebagai bahan utama. Rasanya kaya rempah dan sangat lezat.
    • Garang Asem: Garang asem adalah hidangan ayam atau bebek yang dimasak dengan bumbu garang asem, yang terdiri dari asam, daun salam, lengkuas, dan bumbu-bumbu lainnya.
    • Belut Pedas: Belut pedas adalah hidangan belut yang dimasak dengan bumbu pedas khas Jawa Timur. Biasanya, hidangan ini memiliki rasa pedas yang menggoda selera.

Kesimpulan

Jadi, demikian segala hal yang perlu kamu ketahui mengenai Pantai Cemara Tuban. Tak kenal maka tak sayang. Paham tentang pantai ini mestinya akan membuat kamu lebih menikmati wisata ke pantai ini. Jangan lupa, jalan-jalan ke pantai cemara setelah wisata religi di sekitar Kabupaten Tuban.

You might also like