Menikmati Keindahan Pantai Cijeruk Garut: 7 Daya Tarik Mempesona di Pantai yang Masih Asri ini

Garut selama ini terkenal dan populer dengan curug atau air terjun. Namun, ada Pantai Cijeruk Garut yang tidak kalah mempesona sebagai destinasi wisata pilihan.

Sebagai kawasan pantai tersembunyi dan belum banyak terekspos, pantai mempunyai pesona lain yang mengagumkan sekaligus membuat penasaran. Ada apa saja di Cijeruk Garut ini, bisa lanjut terus membaca artikel berikut hingga akhir.

Sekilas Tentang Pantai Cijeruk Garut

Sekilas Tentang Pantai Cijeruk Garut
(sumber gambar: GoogleMaps_Ganjar Mugraha)

Nama pantainya memang belum begitu terkenal, namun mulai dicari para wisatawan yang penasaran akan keindahannya. Pantai di selatan Garut menjadi bagian dan terhubung langsung dengan laut selatan.

Selama ini pantai laut selatan memang sangat terkenal dan memiliki banyak cerita seru yang membuatnya semakin terkenal. Untuk Pantai Cijeruk Garut bisa dikatakan masih sangat perawan dan belum sepopuler laut selatan.

Pantai berada di pedalaman dan belum banyak dikenal luas. Maka, sangat menarik untuk mengunjunginya karena masih asri, alami dan menyuguhkan hal menarik yang tidak ada di pantai lain.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cijeruk Garut

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cijeruk Garut

Untuk menuju lokasi, pengunjung perlu tahu alamatnya dengan jelas terlebih pantai berada lumayan di pedalaman. Alamat jelasnya dapat cek berikut ini. Pantai dengan keindahan eksotis berada di Desa Sagara. Desa yang masuk di Kecamatan Pameungpeuk ini berada di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Pengunjung dapat ke lokasi dari Kota Garut dan ada pilihan jalan yang bisa dilalui. Jika ingin lewat Jalan Raya Garut – Cikajang, menuju arah selatan dan Jalan Amblas. Dari Amblas bisa langsung ke Ciparay dan pertigaan Cigodeg. Pengunjung bisa memilih belok kiri untuk ke Sinar Bakti dan melanjutkan sampai Miramareu.

Dari sini ada petunjuk berupa gardu yang akan menuju Pantai Cijeruk Garut. Jalanan lumayan curam dan kecil, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara. Jika dari arah Tasikmalaya, bisa melalui Jalan Perintis Kemerdekaan dan menuju selatan hingga Karang Tunggal. Lanjutkan terus sampai Jalan Bantar Kalong ke Selatan.

Jika telah sampai pertigaan Jalan Raya Cipatujah bisa ke kanan Jalan Ciandum dan jalur Trans Jawa Barat. Perjalanan masih panjang sampai menemukan gardu petunjuk ke Pantai Cijeruk Garut, ikuti terus dan harus waspada.

Jalanan curam membutuhkan tenaga ekstra dan fokus saat di jalan. Namun, saat melihat pantainya dijamin langsung tersenyum karena indahnya.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Cijeruk Garut:

Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44176

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tutup Pantai Cijeruk Garut

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Jumat07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Sabtu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 6.000Rp 3.000Rp 5.000

Saat memasuki kawasan pantai setelah melewati jalanan curam, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Retribusi berguna untuk pengelolaan kawasan pantai. Selain itu juga biaya untuk parkir kendaraan dengan harga terjangkau.

Untuk harga tiket masuk dibanderol murah yaitu hanya 6.000 per orang. Dan untuk motor biaya parkir murah yaitu hanya 3.000 rupiah saja.

Khusus mobil biaya tarif parkir adalah 5.000 rupiah. Harga untuk tiket dan biaya parkir bisa berubah sewaktu-waktu. Sebelumnya untuk pengunjung Pantai Cijeruk Garut justru sama sekali tidak ditarik biaya retribusi kecuali untuk tempat parkir.

Selain itu pengunjung diwanti-wanti agar tidak mencemari, mengotori dan merusak pantai. Maka jika ada perubahan tarif lagi tergantung situasi dan kondisi tidak bisa ditetapkan secara pasti.

Pantai yang sangat asri dan alami memberlakukan jam buka dan tutup untuk para pengunjung. Pantai buka mulai pagi hari jam 7 pagi. Sedangkan pada sore hari akan ditutup jam 5 sore.

Akan tetapi karena kadang saat itu belum muncul sunset, bisa mundur 1 hingga 2 jam. Apalagi jika banyak pengunjung yang ke pantai, bisa pula mundur 1 hingga 2 jam tergantung pihak pengelola. Tentunya agar pengunjung lebih puas menikmati suasana pantai menjelang dan sesudah sunset.

Daya Tarik Pantai Cijeruk Garut

Begitu asri dan indah pesona Pantai Cijeruk Garut membuat pengunjung langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Terutama untuk yang baru pertama kali mengunjungi pantai yang perawan Cijeruk.

Bagi yang belum pernah singgah ke Pantai Cijeruk Garut, bisa langsung cek daya tarik pantai yang berada di Jawa Barat ini:

Daya Tarik Pantai Cijeruk Garut
(sumber gambar: GoogleMaps_Nandang wiryana)

1. Pesona Pantai Menakjubkan

Daya tarik yang utama berupa pantai menakjubkan dengan sejuta keindahan. Sebelum mencapai pantai, pengunjung harus melalui jalanan dengan pepohonan karet yang lebat.

Tentunya memberi kesan dan pengalaman tersendiri hingga benar-benar sampai ke pantai. Pemandangan tidak terkatakan dari pantai dengan pesona ini. Bahkan padu padan lautan, bibir pantai dan batas cakrawala yang membiru mampu menyejukkan mata hampir sempurna.

2. Pasir Putih Kecoklatan yang Halus

Daya tarik kedua adalah pasir dengan warna putih kecoklatan dan teksturnya halus. Pasir cantik yang halus membuat anak-anak akan nyaman jika bermain pasir di pantai. Kecantikan pasirnya terlihat dengan jelas dan sangat menarik sebagai salah satu background pengambilan foto.

Pasir Putih Kecoklatan yang Halus
(sumber gambar: GoogleMaps_Abbized)

3. Pantai Landai

Pantai Cijeruk Garut sebagai pantai landai sehingga aman untuk beraktivitas air. Pantai landai cocok untuk menjelajahi pantai sehingga jalan-jalan menjadi menyenangkan dan tidak mudah lelah.

4. Air Pantai Jernih

Keunggulan dari pantai yang perawan ini memiliki air yang jernih. Jika melihat sekilas warna air pantai ialah biru tua. Namun, jika didatangi dan melihat secara langsung airnya super jernih.

Pantai Cijeruk Garut belum banyak tersentuh tangan manusia dan tidak ada zat membahayakan di dalamnya. Kejernihan air pantai membuat nuansa berbeda sehingga sangat menyenangkan untuk bermain aktivitas air.

Air Pantai Jernih
(sumber gambar: GoogleMaps_ratu amalia)

5. Ombak Tenang

Meskipun Pantai Cijeruk Garut terhubung langsung dengan laut pantai selatan tetapi ombaknya tidak ganas. Ombak pantai cenderung sangat tenang dan nyaman. Ketenangan ombak memberi kenyamanan untuk pengunjung yang suka bermain air terutama anak-anak.

6. Dikelilingi Perbukitan

Pantai yang miliki keindahan luar biasa ini sekelilingnya adalah perbukitan dengan pepohonan menghijau dan tumbuh subur. Bukit dengan hijaunya dedaunan membuat suasana pantai yang harusnya panas menjadi sangat sejuk.

Pengunjung akan betah ditemani semilir angin pantai lengkap dengan kesejukan dari bukit yang indah. Semua menambah kenyamanan pengunjung dan dijamin betah mendatangi pantai yang sunyi ini.

Dikelilingi Perbukitan
(sumber gambar: GoogleMaps_Ganjar Nugraha)

7. Sunset

Sunset merupakan daya tarik Pantai Cijeruk Garut yang digemari pengunjung. Pantai biru yang jernih, bersih dan indah dengan kombinasi warna jingga matahari terbenam.

Keheningannya, kesenyapannya dan warna cantiknya membuat jatuh cinta. Penampakan sesaat yang setiap hari ada tapi selalu saja dinanti siapa pun.

Penampakan di pantai dengan batas cakrawala memberikan keindahan yang maha luar biasa. Melihat begitu banyaknya daya tarik Pantai Cijeruk Garut, tentu pengunjung tidak hanya berdiam diri saja di pantai.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dijelajahi para pengunjung. Keseruan semakin lengkap jika datang bersama teman, keluarga atau orang tersayang.

Aktivitas Seru di Pantai Cijeruk Garut

Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Cijeruk Garut? Ada banyak hal bisa dilakukan di pantai yang populer keasriannya ini. Jadi, jangan takut akan membosankan atau terlihat begitu-begitu saja.

Berikut aktivitas pantai menyenangkan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Cijeruk Garut, yaitu:

Aktivitas Seru di Pantai Cijeruk Garut
(sumber gambar: GoogleMaps_Basho channel)

1. Bermain Pasir dan Air

Keseruan utama ialah bermain pasir dan air. Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak. Namun, tunggu dulu, orang dewasa banyak juga yang menyukai permainan pasir dan air.

Ombak pantai yang tenang sangat mendukung aktivitas seru ini bersama keluarga dan anak-anak. Tentunya dengan bermain pasir menambah chemistry antara orang tua dan anak atau bisa untuk seru-seruan saja.

2. Berenang

Setelah bermain pasir dan air, pengunjung dapat sepuasnya berenang di pantai landai Cijeruk. Pantai dengan ombak tidak ganas akan memberikan kenyamanan saat berenang.

Namun, meskipun ombak aman, tetap waspada dan tidak perlu berenang hingga ke tengah pantai. Untuk anak-anak yang berenang, orang tua harus memperhatikan dan mengawasi dengan ketat.

Berenang
(sumber gambar: GoogleMaps_PAINTER Wac)

3. Menikmati Keindahan Pantai

Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan sepuasnya. Kecantikan alami dengan perbukitan di sekeliling pantai, pasirnya yang putih kecoklatan dan halus hingga air laut yang jernih.

Menikmati keindahan alam bisa dengan duduk santai di pinggir sekaligus melihat aktivitas pengunjung lain. Semua terlihat menyenangkan agar pikiran tenang.

4. Berkemah

Pengunjung Pantai Cijeruk Garut yang ingin berkemah di pantai diperbolehkan. Pengunjung bisa membuat tenda di area perkemahan yang sudah ada. Jika ingin berkemah sebelumnya harus melapor dan izin pihak pengelola terlebih dahulu.

Setelah ijin bisa bikin perkemahan sesuai keinginan. Pantai yang landai memudahkan pembuatan tenda di area yang sudah ada.

Berkemah di pantai pasti menyenangkan dan berbeda suasananya daripada di tanah lapang. Agar lebih seru, saat malam hari bisa membuat api unggun di pinggir pantai. Wah, pastinya seru sekali.

Berkemah

5. Menelusuri Pantai

Meskipun hanya menjelajahi pantai, tetap menyenangkan karena bisa melihat pantai dari setiap sudut yang berbeda. Sambil berjalan santai memandang lautan luas bebas lepas dan menikmati keseruan pengunjung lainnya.

6. Melihat Berbagai Jenis Ikan

Pantai yang jernih membuat ikan-ikan kecil di pantai terlihat unik dan cantik. Selain itu adanya tanaman yang tumbuh di bebatuan pinggir pantai menjadi pemandangan indah. Ekosistem lautan yang indahnya tiada terkira.

Melihat Berbagai Jenis Ikan

7. Berfoto

Hari gini berfoto seolah menjadi hal wajib sebagai kenang-kenangan terindah dan momen tidak terlupakan. Pantai Cijeruk Garut memiliki pemandangan cantik yang eksotis dan bisa jadi latar belakang foto keren. Lautan yang membiru, pasir halus dan setiap sudutnya dijamin menjadi foto paling keren buat para pengunjung.

8. Memancing

Keseruan lain di Pantai Cijeruk Garut adalah pengunjung bisa memancing di spot yang ada. Tentunya memancing di lautan luas akan berbeda daripada memancing di kali atau danau. Jika mendapatkan ikan dan berkemah di pantai bisa dimasak saat api unggun.

Memancing

9. Naik Perahu

Pengunjung yang ingin menikmati kesan lain bisa berlayar dengan menyewa perahu warga setempat. Dengan berlayar akan melihat keindahan pantai dari sisi yang beda dan tentu menjadi pengalaman tidak terlupakan.

10. Menikmati Sunset

Berwisata ke Cijeruk Garut belum lengkap jika belum melihat sunset. Tampilan warna sore yang mempesona seiring meredupnya cahaya mentari. Pengunjung bisa bersiap dengan kamera atau HP untuk merekam momen indah tersebut.

Bersatunya warna dari lautan dengan jingga di langit akan memperindah suasana syahdu tenggelamnya cahaya matahari. Keindahan menakjubkan dengan pesona yang tidak bisa terungkap dengan kata-kata.

Menikmati Sunset
(sumber gambar: GoogleMaps_Amzziii FR)

11. Kulineran

Wisata kuliner di Pantai Cijeruk Garut sangat menyenangkan dengan berbagai menu andalan. Sebagian masyarakat daerah pesisir pekerjaannya adalah nelayan.

Mereka mencari ikan di sekitar Pantai Cijeruk Garut yang memiliki beragam jenis ikan lautan lengkap. Lokasi pantai dekat dengan pelelangan ikan sehingga nelayan semakin mudah saat ingin menjual hasil ikan tangkapan.

Untuk pengunjung yang ingin membeli ikan langsung dari nelayan juga bisa. Harga mudah dan tentunya masih sangat segar.

Selain itu menikmat kulineran pinggir pantai dengan menu khas Sunda yang sedap tiada tara akan membuat perut kenyang. Kulineran bersama keluarga di pantai menjadi momen tidak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia Pantai Cijeruk Garut

Berbagai aktivitas seru semakin nyaman jika ditunjang fasilitas lengkap dari pihak pengelola. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

Fasilitas yang Tersedia Pantai Cijeruk Garut

    • Area Parkir Kendaraan: Pantai memiliki area parkir cukup luas agar pengunjung nyaman selama menikmati pesona pantai.
    • Toilet: Ada juga toilet umum jika sewaktu-waktu pengunjung membutuhkannya.
    • Camping Area: Camping area akan memudahkan pengunjung yang ingin berkemah di pantai.
    • Musholla: Tersedia mushola agar pengunjung bisa melaksanakan sholat pada waktunya dan tidak takut telat menjalankan ibadah.
    • Warung Makan: Tidak membawa perbekalan saat ke pantai bukan masalah karena ada warung makan yang menyediakan makanan dan minuman. Menikmati kuliner di pantai akan semakin seru bersama teman-teman atau keluarga.

Semua fasilitas memberi kemudahan pengunjung dalam beraktivitas di pantai. Semua terpenuhi dan pengunjung dapat bebas lepas menikmati momen keindahan pantai yang tidak terlupakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Pantai Cijeruk Garut

Mengunjungi pantai perlu memperhatikan hal-hal penting agar berwisata menyenangkan. Apa sajakah? Berikut diantaranya:

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Pantai Cijeruk Garut

1. Waktu Terbaik

Untuk datang ke Pantai Cijeruk Garut sebaiknya pada siang menjelang sore hari. Saat yang sejuk dan sekalian menunggu sunset di pantai.

Sebelum datangnya sunset dapat sepuasnya menikmati kecantikan pantai bahkan bisa menenangkan diri dari semua aktivitas keseharian yang membuat lelah.

2. Paling Seru Pergi Beramai-ramai

Ke pantai paling seru jika datang bersama keluarga atau teman-teman dan beramai-ramai. Berkumpul, bersenda gurau dan menikmati pantai bersama-sama pasti lebih menyenangkan daripada datang sendiri.

Paling Seru Pergi Beramai-ramai
(sumber gambar: GoogleMaps_Budi Surya Nugraha)

3. Membawa Kamera

Untuk mendokumentasikan kegiatan dan keindahan pantai, jangan lupa membawa kamera. Lebih praktis memang gunakan kamera HP. Namun, bisa juga membawa kamera lengkap agar hasilnya lebih bagus dan epik.

4. Menjaga Kelestarian Alam

Berkunjung kemana pun tetap harus menjaga kelestarian alam. Tidak terkecuali berkunjung ke Pantai Cijeruk Garut dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya.

Menjaga Kelestarian Alam

5. Membawa Uang Tunai

Meskipun sekarang ini banyak uang digital, sebaiknya tetap membawa uang tunai secukupnya. Transaksi di pantai lebih praktis dengan uang tunai.

Hal diatas perlu menjadi perhatian agar ke pantai tenang, nyaman dan mengasyikkan.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Cijeruk Garut

Pantai Cijeruk di Garut merupakan destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Namun, karena garis pantainya tidak begitu panjang, penginapan dekat pantai mungkin terbatas. Namun, terdapat beberapa pilihan penginapan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Villagio Hotel

Villagio Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Villagio Hotel terletak dengan strategis di Mancagahar, yang merupakan bagian dari Garut yang menawarkan akses yang mudah ke atraksi dan restoran menarik di sekitarnya. Fasilitas yang kami sediakan mencakup tempat parkir mobil yang luas, jaringan WiFi gratis yang tersedia di seluruh kamar dan area umum, serta kenyamanan AC yang tersebar di seluruh ruangan.

Untuk kenyamanan kamu, kami menyediakan kamar-kamar yang bebas asap rokok. Layanan Internet juga tersedia dalam Bahasa Inggris untuk memastikan pengalaman kamu semakin nyaman. Jadwal check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi setiap tamu kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 250.000 per malam

2. Penginapan Karanglaut Santolo

Penginapan Karanglaut Santolo
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Karanglaut Santolo berlokasi di pusat Kota Garut, menawarkan kemudahan akses ke berbagai atraksi dan tempat makan terkenal. Jangan lewatkan Kebun Mawar Situhapa yang terkenal, yang berjarak dekat dari tempat kami.

Fasilitas yang tersedia termasuk layanan resepsionis 24 jam yang siap membantu kamu kapan pun dibutuhkan, shuttle bandara untuk kenyamanan perjalanan kamu, dan penyewaan sepeda untuk menjelajahi sekitar. Kami juga menyediakan jaringan WiFi gratis di semua kamar untuk menjaga kamu tetap terhubung.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami berkomitmen untuk membuat pengalaman menginap kamu menjadi lebih istimewa dengan layanan kami yang ramah dan fasilitas yang nyaman.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 252.000 per malam

3. Penginapan Erbysa

Penginapan Erbysa
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Erbysa terletak dengan strategis di Mancagahar, Garut, menawarkan akses yang mudah ke berbagai atraksi dan restoran terdekat. Selain itu, sebagai tambahan layanan, restoran di properti kami siap memenuhi kebutuhan kuliner kamu.

Kami menyediakan layanan resepsionis 24 jam untuk memberikan bantuan dan informasi kepada kamu sepanjang waktu. Fasilitas lainnya termasuk tempat parkir mobil yang luas, layanan kamar 24 jam untuk kenyamanan kamu, dan area merokok untuk tamu yang memerlukannya.

Kami juga menawarkan layanan check-in/check-out bebas kontak agar kamu dapat menikmati penginapan kamu dengan lebih santai. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami berharap dapat memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan memuaskan bagi setiap tamu kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 127.731 per malam

4. Bukit Alamanda Resort & Resto

Bukit Alamanda Resort & Resto
(sumber gambar: Agoda)

Bukit Alamanda Resort & Resto terletak di Pasirwangi Sampireun, Garut, menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan berbagai fasilitas unggulan. Kami berkomitmen untuk memberikan akses yang mudah ke atraksi dan restoran menarik di sekitar properti.

Dapatkan kesempatan untuk bersantai di kolam renang luar ruangan maupun dalam ruangan kami yang tersedia bagi para tamu. Selain itu, nikmati makanan lezat di restoran kami. Layanan resepsionis 24 jam siap membantu kamu dengan segala kebutuhan kamu sepanjang waktu. Kami juga menyediakan parkir valet untuk kenyamanan tamu kami.

Jaringan WiFi gratis tersedia di seluruh kamar agar kamu dapat tetap terhubung. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami berharap dapat memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi kamu di Bukit Alamanda Resort & Resto.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 321.030 per malam

5. Hotel Familie Ayu

Hotel Familie Ayu
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Familie Ayu menawarkan lokasi yang strategis di Kota Garut, memberikan akses yang dekat dengan atraksi dan objek wisata lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Mawar Situhapa yang terkenal yang berjarak dekat dari hotel kami.

Fasilitas yang kami sediakan termasuk layanan resepsionis 24 jam yang siap membantu kamu kapan pun kamu memerlukannya, jaringan WiFi gratis di semua kamar, dan tempat parkir mobil gratis untuk kenyamanan kamu. Layanan concierge kami tersedia untuk membantu kamu dengan segala kebutuhan selama menginap di hotel kami.

Selain itu, kami menyediakan area merokok dan ruang keluarga untuk kenyamanan tamu kami. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami berharap dapat memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi kamu di Hotel Familie Ayu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 131.400 per malam

Mencoba Makanan Khas Garut yang Menggugah Selera

Garut, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, memiliki sejumlah makanan khas yang terkenal di kalangan lokal maupun pengunjung. Beberapa di antaranya termasuk:

Mencoba Makanan Khas Garut yang Menggugah Selera

    • Burayot: Burayot adalah makanan khas Garut yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Biasanya dibentuk bulat dan digoreng hingga kecokelatan. Burayot memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.
    • Jeruk Garut: Jeruk Garut adalah buah jeruk khas Garut yang memiliki rasa manis dengan sedikit keasaman. Jeruk Garut sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah Garut.
    • Ladu: Ladu adalah makanan ringan khas Garut yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan santan. Ladu biasanya berbentuk bulat kecil dan memiliki cita rasa manis.
    • Angleng dan Aneka Wajit: Angleng adalah makanan khas Garut yang mirip dengan kue wajit, terbuat dari bahan dasar seperti ketan, gula merah, dan santan. Sedangkan wajit adalah makanan yang terbuat dari ketan yang diolah dengan gula merah dan santan.
    • Kerupuk Kulit Khas Garut: Kerupuk kulit khas Garut adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang dipotong tipis, kemudian dikeringkan dan digoreng hingga kering. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan sering dijadikan sebagai camilan.
    • Dodol Garut: Dodol adalah permen khas Indonesia yang terbuat dari ketan atau beras ketan dengan tambahan gula dan santan. Dodol Garut memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan rasa gula aren.
    • Nasi Tutug Oncom: Nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom, sebuah jenis makanan fermentasi dari biji kedelai. Nasi ini kemudian dihaluskan dan disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe, dan sambal.

Penutup

Daya tarik Pantai Cijeruk Garut memang luar biasa mulai dari ombak tenang hingga sunset yang indah. Selain itu banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung.

Jangan lupa satu hal penting saat ke Pantai Cijeruk Garut yaitu tetap menjaga kelestarian alamnya agar tetap indah dan bersih.

You might also like