Pantai Citepus di Sukabumi: Pesona Eksotis yang Membuat Kamu Terpukau dan Ingin Kembali Mengunjunginya

Untuk masyarakat Jawa Barat, khsusus Sukabumi, tentu sudah sangat mengenal Pantai Citepus yang berlokasi dekat dengan Pelabuhan Ratu.

Pantai ini terletak di Kabupaten Sukabumi terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini bisa diakses gampang lewat lajur darat dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari Jakarta.

Keindahan yang Dimiliki Oleh Pantai Citepus

Keindahan yang Dimiliki Oleh Pantai Citepus
(sumber gambar: GoogleMaps_syams rizal)

Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi memiliki keindahan alam yang mempesona. Pasir putihnya yang halus dan lembut, dan air lautnya yang jernih dan biru membuat pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas di Pantai Citepus

Pantai ini menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Terdapat beberapa warung makan dan pedagang kecil yang menjual makanan dan minuman di sekitar pantai. Selain itu, terdapat sejumlah tempat parkir untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Cara Menuju ke Pantai Citepus

Cara Menuju ke Pantai Citepus

Untuk menuju ke Pantai Citepus di Sukabumi, Indonesia, kamu dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi tergantung dari lokasi awal kamu. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu pilih:

    • Kendaraan Pribadi: Dari Jakarta, kamu dapat mengambil jalur tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Tol Ciawi. Dari sana, lanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Jalan Raya Sukabumi. Setelah sampai di daerah Caringin, belok ke kiri menuju Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu. Pantai Citepus terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta.
    • Kendaraan Umum: Dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, naik bus atau travel menuju Terminal Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi. Dari sana, kamu dapat naik angkutan umum atau ojek menuju Pantai Citepus.
    • Kereta Api: Naik kereta api dari Stasiun Jakarta menuju Stasiun Cicurug di Kabupaten Sukabumi. Dari sana, naik transportasi umum atau ojek menuju Pantai Citepus.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Citepus:

Alamat: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43364

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Citepus

Hari
Jam Operasional
Biaya Kontribusi Parkir + Tiket Masuk
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp 30.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 30.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 30.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 30.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 30.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp 30.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp 30.000

Harga tiket masuk pantai ini dihitung per kendaraan. Tiket masuk untuk mobil sebesar Rp 30.000, dan untuk sepeda motor Rp 10.000. Perlu diingat, area parkir mobil cukup jauh dari pantai, jadi pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Keunikan yang Dimiliki Oleh Pantai Citepus

Selain kemegahan alamnya, pantai ini juga memiliki beberapa keunikan yang menarik. Salah satunya yaitu adanya batu karang yang membentuk beberapa lubang di pantai. Beberapa keunikan yang dimiliki oleh Pantai Citepus antara lain:

Keunikan yang Dimiliki Oleh Pantai Citepus
(sumber gambar: GoogleMaps_Arie Setiady)

1. Sunset yang Indah

Saat matahari terbenam, langit di sekitar Citepus akan berubah menjadi warna-warni yang indah dan membuatmu terpesona. Tak heran jika pantai ini sering menjadi destinasi yang paling dicari oleh para wisatawan yang ingin menikmati sunset yang romantis.

2. Keberadaan Pohon Kelapa yang Menambah Keindahan Pantai

Citepus dikelilingi oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Keberadaan pohon kelapa ini menambah keindahan pantai dan memberi nuansa tropis yang unik.

Keberadaan Pohon Kelapa yang Menambah Keindahan Pantai

3. Keberadaan Ikan dan Kepiting di Sekitar Batu Karang

Batu karang di sekitar pantai ini menjadi tempat hidup untuk berbagai jenis ikan dan kepiting. Pengunjung bisa melihat langsung keberadaan ikan dan kepiting di antara batu karang, atau memancing ikan di sekitar pantai.

4. Keberadaan Burung Laut di Sekitar Pantai

Pantai ini juga menjadi tempat hidup untuk berbagai jenis burung laut. Pengunjung bisa menikmati keindahan burung laut yang terbang dan menyelam di atas laut, dan mendengarkan suara kicauan burung yang merdu.

Keberadaan Burung Laut di Sekitar Pantai

5. Perbukitan Hijau

Citepus dikelilingi oleh perbukitan hijau yang memberikan nuansa alam yang asri dan menyejukkan mata. Terdapat hamparan hutan hijau yang berdampingan dengan pantai, memberikan kesan seolah-olah pantai tersebut terisolasi dan menjadi tempat yang eksotis.

6. Ombak yang Besar dan Sunset yang Memukau

Tidak hanya itu, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan kuat, menjadikannya sebagai tempat yang terkenal untuk berselancar.

Jika kamu adalah seorang surfer yang berpengalaman, kamu akan menyukai tantangan di Pantai Citepus. Namun, jika kamu bukan seorang surfer, tetap bisa menikmati pemkamungan fantastis ombak yang memecah di pantai ini.

Ombak yang Besar dan Sunset yang Memukau
(sumber gambar: GoogleMaps_Arie Setiady)

7. Penduduk yang Ramah

Pantai ini juga terkenal dengan keramahan penduduk lokalnya. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Citepus akan disambut senyum dan keramahan warga setempat. Hal ini membuat liburan di Pantai Citepus semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Citepus

Pantai Citepus di Sukabumi, Indonesia, menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk pengunjung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Citepus:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Citepus
(sumber gambar: GoogleMaps_KAJIAN ISLAMI & BAHASA ARAB)

1. Berselancar

Berselancar di Citepus memang menjadi kesibukan yang termashyur untuk para peselancar, terutama pada musim ombak tinggi. Pantai ini dikenal miliki ombak yang besar dan cukup stabil, sehingga membuatnya cocok untuk berselancar.

Namun, kegiatan ini hanya dianjurkan untuk peselancar yang sudah memiliki pengalaman dan keterampilan yang cukup, karena ombak yang besar bisa menjadi sangat berbahaya untuk yang kurang berpengalaman.

Selain itu, sebelum melakukan aktivitas berselancar di Pantai Citepus, pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan ombak. Pada saat musim hujan, cuaca di pantai ini bisa sangat tidak stabil dan berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk berselancar di saat itu.

Sebaliknya, pada saat musim kemarau, ombak bisa menjadi sangat tenang dan kurang cocok untuk berselancar. Namun, untuk para pemula atau peselancar yang belum berpengalaman.

Disarankan untuk mengikuti kursus atau pelatihan berselancar terlebih dahulu sebelum mencoba bermain ombak di Citepus. Hal ini akan membantu peselancar untuk memahami teknik dan keterampilan yang diperlukan dalam berselancar dengan aman dan menyenangkan.

Berselancar

2. Bermain di pantai

Citepus memang populer memiliki ombak yang besar, namun pengunjung tetap bisa bermain di sekitar pantai. Namun yang perlu diingat adalah kamu harus berhati-hati, karena bisa saja ikut terseret ombak, terutama untuk anak-anak.

Lebih baik jika mengajak anak-anak, maka disarankan untuk tidak bermain di bibir pantai, agar lebih aman termasuk ketika anak-anak ingin bermain pasir, maka bisa sedikit jauh dari bibir pantai jika kondisi ombak sedang tinggi.

Atau jika mereka merengek ingin bermain dekat bibir pantai, maka pastikan para orang tua mengawasinya dengan seksama.

3. Memancing

Ombak yang besar tidak hanya menyimpan tenaga yang kuat untuk menjalankan papan selancar, tetapi juga untuk melindungi ikan-ikan disana.

Cukup banyak ikan yang berada di sini, apalagi pantai ini juga cukup dekat dengan Pelabuhan Ratu yang terkenal dengan pasarnya yang menjual beragam jenis biota laut.

Dengan demikian, untuk para penggemar mancing, sangat disarankan untuk menyiapkan semua peralatan memancing terbaiknya.

Memancing

4. Menikmati Matahari Terbenam

Keindahan sunset di Citepus memang tidak perlu diragukan dan ini adalah aktivitas wajib untuk para pengunjung di sini.

5. Bermain Bola Voli atau Sepak Bola

Pantai yang luas memungkinkan untuk digunakan sebagai lapangan bola voli atau sepak bola. Pasti sangat seru bermain salah satu olahraga tersebut dengan keluarga atau teman-teman.

6. Berjalan-jalan di Sekitar Pantai

Menikmati keindahan Pantai Citepus dengan menyusuri setiap jengkal pantainya juga bisa kamu lakukan. Aktivitas ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka menikmati pemandangan alam.

Berjalan-jalan di Sekitar Pantai

7. Berkemah

Ingin merasakan angin malam di Pantai Citepus? Kamu juga bisa mendirikan tenda di sini. Namun di sini tidak menyediakan persewaan tenda, jadi jika kamu ingin berkemah di sini, maka harus membawanya dari rumah.

8. Bersantai Sambil Ngemil

Pengunjung juga bisa rebahan di gazebo-gazebo yang sudah tersedia di sini atau juga bisa memasang tikar di pantai. Kemudian, pengunjung juga bisa membeli makanan ringan dan minuman di sini, sehingga menyempurnakan aktivitas yang banyak digemari orang-orang ini.

Rekomendasi Penginapan di Dekat Pantai Citepus

Pantai Citepus adalah salah satu pantai yang indah di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi penginapan di dekat Pantai Citepus:

1. 77 Sunset Plaza

77 Sunset Plaza
(sumber gambar: Agoda)

77 Sunset Plaza menawarkan lokasi yang sangat strategis di tepi Pantai Pelabuhan Ratu, memberikan akses mudah ke atraksi terdekat dan beragam pilihan restoran yang menarik.

Untuk memastikan pengalaman menginap kamu semakin istimewa, kami menyediakan fasilitas pemandian mata air panas yang menyegarkan, kolam renang luar ruangan yang menyenangkan, dan layanan pijat yang menenangkan.

Kamu juga dapat menikmati fasilitas lain seperti shuttle bandara, WiFi gratis di seluruh kamar, dan layanan resepsionis 24 jam. Jadwal check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 270.907 per malam

PESAN HOTEL 77 Sunset Plaza Diskon 52%

2. Hotel Augusta Pelabuhan Ratu

Hotel Augusta Pelabuhan Ratu
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Augusta Pelabuhan Ratu menempatkan kamu di pusat kegiatan di Pantai Pelabuhan Ratu, dengan berbagai atraksi dan restoran menarik hanya beberapa langkah dari pintu kamar kamu.

Nikmati kesegaran kolam renang luar ruangan, relaksasi dengan layanan pijat yang kami sediakan, dan lezatnya hidangan di restoran kami.

Untuk kenyamanan kamu, kami juga menyediakan fasilitas shuttle bandara, tempat parkir mobil, WiFi gratis, serta layanan resepsionis 24 jam. Jadwal check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 342.462 per malam

PESAN HOTEL Hotel Augusta Pelabuhan Ratu Diskon 51%

3. OYO 921 Hotel Ratu Pantai

OYO 921 Hotel Ratu Pantai
(sumber gambar: Agoda)

OYO 921 Hotel Ratu Pantai menawarkan pengalaman menginap yang istimewa di tengah keindahan alam Sukabumi. Terletak di lokasi yang strategis, kamu dapat dengan mudah menjelajahi atraksi terdekat, termasuk kunjungan ke Curug Sawer yang terkenal.

Selama menginap, nikmati kenyamanan fasilitas kolam renang luar ruangan dan kolam renang dalam ruangan. Layanan resepsionis 24 jam, WiFi gratis di seluruh kamar, dan layanan kamar 24 jam juga kami sediakan untuk memastikan kenyamanan kamu. Jadwal check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 121.041 per malam

PESAN HOTEL OYO 921 Hotel Ratu Pantai Diskon 76%

4. Hotel Pantai Mutiara

Hotel Pantai Mutiara
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Pantai Mutiara menawarkan pengalaman menginap yang santai dan menyenangkan di tepi Pantai Pelabuhan Ratu. Nikmati kesegaran kolam renang luar ruangan kami atau manfaatkan sarapan gratis di restoran kami sebelum menjelajahi keindahan sekitar.

Fasilitas lainnya termasuk WiFi gratis, layanan laundry, dan resepsionis 24 jam. Jadwal check-in kami dimulai pukul 05.00, dan check-out pada pukul 13.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 495.000 per malam

PESAN HOTEL Hotel Pantai Mutiara Diskon 51%

5. Grand Inna Samudra Beach

Grand Inna Samudra Beach
(sumber gambar: Agoda)

Grand Inna Samudra Beach adalah tempat untuk menikmati kenyamanan bintang-4 di Pantai Pelabuhan Ratu. Bersantailah di tepi kolam renang luar ruangan yang indah atau manjakan diri dengan layanan pijat yang kami sediakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran kolam renang dalam ruangan kami juga.

Layanan resepsionis 24 jam, shuttle bandara, dan WiFi gratis akan memastikan pengalaman menginap kamu berjalan dengan lancar. Jadwal check-in kami dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 926.840 per malam

PESAN HOTEL Grand Inna Samudra Beach Diskon 69%

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Citepus

Selain Pantai Citepus, terdapat beberapa objek wisata menarik lainnya di sekitar Sukabumi yang bisa kamu kunjungi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
(sumber gambar: GoogleMaps_Mia Amalia)

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang indah dengan pasir putih yang halus dan ombak yang besar. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti tebing-tebing karang yang menjulang tinggi.

Pantai Pelabuhan Ratu terletak sekitar 5,6 km dari Citepus. Di sini, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menyusuri bibir pantai. Pantai ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang.

2. Pasar Ikan Pelabuhan Ratu

Pasar Ikan Pelabuhan Ratu
(sumber gambar: GoogleMaps_Lipat Hati)

Pasar Ikan Pelabuhan Ratu merupakan tempat yang terbaik untuk mencicipi makanan laut segar di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu. Selain itu, di pasar ini juga bisa membeli oleh-oleh khas dari hasil laut seperti ikan asin, kerupuk, dan lainnya.

Sudah selayaknya jika berkunjung ke Citepus mampir ke Pasar Ikan Pelabuhan Ratu, apalagi kamu dan keluarga atau teman-teman adalah penggemar hidangan laut.

Pasar Ikan Pelabuhan Ratu buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk gratis. Pasar ikan ini terletak sekitar 4 km dari Citepus.

3. Pantai Twenty Cipatuguran

Pantai Twenty Cipatuguran
(sumber gambar: GoogleMaps_Barkah Barkah)

Pantai Twenty Cipatuguran merupakan pantai yang indah dan masih alami, dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pantai ini berada sekitar 7,4 km dari Pantai Citepus.

Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan berselancar di sini. Pantai ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang.

4. Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang
(sumber gambar: GoogleMaps_Her Lina)

Pantai Batu Bintang adalah pantai yang indah dengan pemandangan sunset yang spektakuler. Pantai ini terletak sekitar 8,3 km dari Citepus.

Pantai ini terkenal dengan batu karang besar yang berada di tengah-tengah pantai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Selain itu, di sini terdapat beberapa spot untuk memancing dan menikmati keindahan terumbu karang. Harga tiket masuk Pantai Batu Bintang sekitar Rp 10.000 per orang. Beberapa fasilitas yang tersedia di sini adalah toilet, kios makanan, tempat parkir, warung souvenir

5. Pantai Loji

Pantai Loji
(sumber gambar: GoogleMaps_RegitaSevenfold)

Pantai Loji terletak di Desa Loji, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Jika ditempuh dari Citepus, maka kurang lebih jaraknya adalah 15,3 km.

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berjemur, dan menyusuri bibir pantai. Pantai ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
(sumber gambar: GoogleMaps_NY Rita)

Pantai Cimaja terkenal dengan ombak yang cukup besar sehingga menjadi salah satu spot surfing yang terkenal di Sukabumi. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

Pantai Cimaja terletak sekitar 4,4 km dari Citepus. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berselancar, dan menyusuri bibir pantai. Pantai ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang.

7. Pantai Karangpapak

Pantai Karangpapak
(sumber gambar: GoogleMaps_Dede Eko S)

Pantai Karangpapak terletak di Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini masih sangat alami dengan hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang tenang. Pantai ini terletak sekitar 6,8 km dari Citepus.

Di sini, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang, bersantai, dan menikmati pemandangan pantai.

8. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
(sumber gambar: GoogleMaps_Ahmad Rifai)

Pantai Karang Hawu merupakan pantai yang terletak sekitar 7,4 km dari Citepus. Pantai ini terkenal dengan batu karang yang berada di pinggir pantai, dan ombak yang besar yang cocok untuk berselancar. Di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa penginapan dan restoran.

Selain itu, pantai ini cocok untuk snorkeling karena memiliki terumbu karang yang masih cukup baik. Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 10.000 per orang. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah area parkir, kamar mandi, dan warung makan.

9. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban
(sumber gambar: GoogleMaps_Annisa Martin)

Pantai Cibangban terletak sekitar 13,9 km dari Citepus. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk para peselancar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dan penginapan yang bisa digunakan untuk menginap.

Harga tiket masuk ke pantai ini senilai Rp 5.000 per orang. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah area parkir, kamar mandi, dan warung makan.

Mencoba Makanan Khas Sukabumi Yang Menggugah Selera

Mencoba makanan khas Sukabumi pastinya akan memberikan pengalaman kuliner yang menarik! Sukabumi, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, memiliki kekayaan kuliner yang unik dan lezat. Berikut beberapa makanan khas Sukabumi yang patut dicoba:

Mencoba Makanan Khas Sukabumi Yang Menggugah Selera
(sumber gambar: Google_detikcom)
    • Nasi Uduk Ungu: Nasi uduk ungu merupakan varian dari nasi uduk yang berasal dari Kota Sukabumi. Warna ungu pada nasi uduk ini dihasilkan dari bahan pembuatannya, yakni buah bit dan ubi ungu.
    • Mochi: Kue tradisional Jepang yang terbuat dari tepung ketan yang dipadatkan dan umumnya diisi dengan berbagai jenis isian seperti kacang merah, kacang hijau, atau pasta manis.
    • Bolu Pisang: Kue bolu yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, pisang, telur, gula, dan mentega. Biasanya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dari pisang.
    • Kue Jahe: Kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, jahe, gula, dan bahan lainnya. Biasanya memiliki rasa jahe yang khas dan sering kali dimakan sebagai camilan atau pendamping minuman.
    • Roti Priangan: Roti khas daerah Priangan yang merupakan wilayah di Jawa Barat, Indonesia. Roti ini biasanya memiliki tekstur yang lembut dan bisa dijadikan sebagai sarapan atau camilan.
    • Sekoteng Singapore: Minuman tradisional Indonesia yang terdiri dari campuran jahe, kacang hijau, kacang tanah, kolang-kaling, mutiara, dan potongan roti. Biasanya disajikan hangat dan memiliki rasa manis dengan aroma jahe yang kuat.
    • Sagon Bakar: Camilan tradisional Indonesia yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah yang dibakar hingga matang. Sagon memiliki tekstur yang kenyal dan manis.

Kesimpulan

Semua keindahan dan keramahan Pantai Citepus menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang mencari suasana liburan yang santai dan menenangkan

Selain itu, Pantai Citepus menawarkan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Namun, saat kamu berkunjung ke sini, pastikan untuk menjaga kebersihan pantainya.

Sudah banyak tempat sampah yang disediakan di sini, paling tidak mulailah dari diri kamu sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya. Hanya itu pesan yang bisa disampaikan.

Jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi jika kamu berkesempatan berkunjung ke daerah Sukabumi!

You might also like