Pantai Congot Di Kulon Progo: Mengunjungi Surganya Pemancing yang Menawarkan Berbagai Spot Menarik

Ketika kamu sedang berlibur ke daerah Jogjakarta atau tepatnya di kabupaten Kulon Progo maka kamu akan menemukan banyak tujuan wisata yang berupa pantai. Di tempat ini selain Pantai Glagah dan Pantai Trisik, rupanya masih ada satu pantai yang tidak kalah menarik, yaitu Pantai Congot.

Pantai yang satu ini bukan hanya menawarkan pemandangan khas panti saja, cukup terkenal sebagai surganya memancing ikan. Oleh karena itu tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini menjadi tujuan favorit para mancing mania.

Mengenal Sekilas Pantai Congot

Mengenal Sekilas Pantai Congot
(sumber gambar: GoogleMaps_alvin tanjung)

Pantai Congot menjadi sajian wisata pantai klasik yang recomended untuk mencari penghiburan ketika akhir pekan datang. Apalagi tempat ini sangat recomended untuk mengajak anak-anak merasa kan keseruan liburan sambil bermain ombak dan pasir.

Kamu akan menikmati keindahan pantai ini dengan lebih maksimal saat berkunjung di waktu sore hari. Karena panorama sunset yang eksotis akan membuat siapapun terpesona, sangat cocok yang suka berburu spot foto yang instagramable.

Masyarakat sekitar pantai ini rata-rata mempunyai kehidupan sebagai nelayan yang menggantungkan kehidupannya ke laut. Pada awalnya Pantai Congot ini memang tidak terlalu populer seperti pantai yang lainnya, tetapi mulai ramai pengunjung sejak dibukanya Hutan Mangrove Pasir Mendit.

Tidak terlalu jauh dari pantai eksotis ini tepatnya di sebelah barat pantai adalah muara dari Sungai Bogowonto. Sehingga hal ini jugalah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pemancing yang datang ke sini.

Pemancing sangat suka karena terdapat banyak jenis ikan, mulai dari ikan air asin, ikan air payau dan ikan air tawar. Sehingga bisa mencoba berbagai jenis ikan sekaligus dalam satu tempat yang sama, sensasi memancing yang menyenangkan.

Di sini terdapat jembatan api-api yang melintang sebagai akses untuk menyeberangi Sungai Bogowonto. Jembatan inilah yang kemudian sering dijadikan latar latar belakang untuk berfoto oleh pengunjung.

Menariknya lagi dengan Pantai Congot adalah berlokasi di dekat Bandara Internasional Yogyakarta. Sehingga selain menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menyaksikan landasan pesawat terbang.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Congot

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Jogja memang sangat recomended untuk berlibur karena memiliki berbagai macam destinasi wisata yang lengkap. Sehingga wisatawan akan mendapatkan banyak pilihan untuk memilih tempat yang sesuai keinginan.

Di sini tersedia wisata sejarah, wisata alam budaya dan kuliner yang menggugah selera dan membuat ketagihan. Salah satu destinasi wisata alam yang mungkin belum terlalu terkenal namun sangat menawan adalah Pantai Congot.

Selain menawarkan sensasi liburan yang berbeda karena dapat sekalian berbelanja ikan segar di pantai ini. Kamu bisa menghemat biaya liburan karena harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang, tidak terlalu mahal bukan.

Sangat terjangkau untuk semua kalangan yang membutuhkan liburan, terutama ketika sehabis Pandemi yang membuat banyak orang harus berhemat. Biaya tambahan yang mungkin harus kamu keluarkan berikutnya adalah tiket parkir saat membawa kendaraan pribadi.

Biaya parkir kendaraan di tempat ini sendiri tidak terlalu mahal, untuk kendaraan roda dua kamu cukup membayar Rp 2.000, sementara untuk mobil hanya sebesar Rp 5.000 saja. Selain itu juga ada fasilitas wisata bahari yang digunakan untuk mengelilingi kawasan pantai dengan harga yang terjangkau.

Karena untuk menikmati santapan wahana kapal yang menyenangkan tersebut, kamu perlu membayar sebesar Rp 10.000. Kemudian untuk menikmati fasilitas homestay di sekitar pantai ini kamu hanya cukup membayar dengan harga mulai dari Rp 200.000 per malamnya.

Namun mengenai harga tiket atau retribusi yang lainnya ini bisa berubah sewaktu-waktu. Pastinya tidak akan semahal berlibur ke pantai ternama lainnya. Sehingga kamu dan keluarga akan tetap bisa berlibur dengan dana yang terbatas.

Lokasi Pantai Congot

Lokasi Pantai Congot
(sumber gambar: GoogleMaps_Indoe Ismuroh)

Mengenai lokasi dari ini sendiri mudah ditemukan akses yang dapat ditempuh mudah dengan berbagai macam kendaraan. Kamu bisa berlibur di pantai yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Lokasi tepatnya Pantai Congot adalah di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta. Saat berkunjung ke tempat ini maka kamu dapat sekalian mampir ke Pantai Glagah dan Pantai Trisik karena lokasinya yang berdekatan.

Rute Menuju Pantai Congot

Rute Menuju Pantai Congot

Rute yang harus ditempuh ke pantai ini ketika datang dari pusat kota Yogyakarta, maka arahkan kendaraanmu menuju Jalan Wates. Setelah itu saat sudah sampai di patung Nyi Ageng Serang, maka kamu tinggal menuju Purworejo yang akan melewati Terminal Wates terlebih dulu.

Setelah itu maka kamu akan menemukan pertigaan jalan, setelah sampai disana, bisa berbelok ke arah kiri yang mana kamu akan menemukan sebuah jembatan. Setelah melalui jembatan maka akan menemukan petunjuk jalan menuju pantai ini melalui Desa Pasir Mendit.

Kawasan ini merupakan satu kawasan wisata dengan Hutan Mangrove yang terkenal dan hits tersebut. Sehingga dipastikan jalan yang dilalui cukup bagus, tidak terlalu banyak kendala yang berarti. Dengan demikian kamu bisa melewatinya dengan kendaraan pribadi baik mobil atau motor.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Congot:

Alamat: Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta

Jam Buka Pantai Congot

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Objek wisata alami yang satu buka setiap hari selama 24 jam sehingga kamu cukup bebas untuk berkunjung kapan saja. Apalagi saat kamu adalah wisatawan dari luar kota yang tertarik dengan view alam menarik yang membuat banyak wisatawan terpikat olehnya.

Biasanya saat hari libur tiba, pengunjung yang membludak di Pantai Congot ini bukan hanya dari wisatawan lokal saja. Cukup banyak pengunjung yang berasal dari luar kota yang datang bersama keluarga dan anak-anaknya.

Sehingga mereka tidak perlu cemas akan datang terlalu awal atau malah terlambat. Sudah pasti kamu hanya perlu datang lebih awal saat ingin menikmati pemandangan di tempat ini sepuasnya. Terutama ketika ingin melihat sunset atau sunrise.

Fasilitas di Pantai Congot

Ketika berlibur di tempat ini maka kamu tidak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman karena kurangnya fasilitas. Karena pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati dengan menyenangkan.

Beberapa fasilitas yang disediakan di Pantai Congot untuk para pengunjung tersebut adalah sebagai berikut:

Fasilitas di Pantai Congot
(sumber gambar: GoogleMaps_Yarra Yachiyo)
    • Area parkir yang cukup luas dan leluasa untuk berbagai kendaraan.
    • Akses lokasi wisata yang mudah ditempuh.
    • Spot foto yang instagenic.
    • Warung makan untuk mengisi perut wisatawan yang lapar.
    • Penginapan untuk bermalam yang datang dari jauh.
    • Mushola untuk beribadah pengunjung.
    • Toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan pengunjung.
    • Camping area.
    • Wahana permainan dan lainnya.

Demikianlah berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati untuk berlibur di tempat ini. Jangan ragu lagi jika kamu ingin mengajak keluarga atau teman-teman untuk berkunjung ke tempat ini sekarang.

Daya Tarik Pantai Congot Yang Disukai Pengunjung

Semakin hari semakin banyak yang penasaran dengan keindahan alam ini, tentu saja ini diakibatkan karena keindahan alamnya. Selain itu sensasi memancing dan berburu ikan segar yang tidak mudah ditemukan di tempat lain.

Berbagai daya tarik yang disukai oleh pengunjung dari Pantai Congot ini adalah sebagai berikut:

1. Alam Pantai yang Menawan

Alam Pantai yang Menawan
(sumber gambar: GoogleMaps_Tiara Ambarsari)

Pantai Congot ini sendiri merupakan pantai yang indah dan menawan dengan hamparan pasir yang berwarna hitam. Pantai ini mempunyai deburan ombak yang dapat dikatakan sangat kencang khas laut selatan pada umumnya.

Karena itulah di tempat ini terdapat papan peringatan agar tidak ada pengunjung yang berenang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun tidak usah bersedih karena akan tergantikan dengan indahnya deretan pohon yang menambah asri suasana pantai.

Selain itu bisa menikmati olahan seafood yang segar di deretan warung yang menjajakannya. Sangat menyenangkan menikmatinya sekalian melihat beberapa kapal kecil yang bersandar di pinggir pantai. Perahu yang menjadi sarana para nelayan untuk mencari ikan.

Kamu bisa berjalan-jalan di pinggir pantai sembari merasakan derasnya deburan ombak dan suaranya yang khas. Demikian juga saat matahari terbit atau tenggelam kamu akan menikmati panorama yang menawan.

2. Menikmati Hutan Mangrove Pasir Mendit

Menikmati Hutan Mangrove Pasir Mendit

Setelah menjelajahi suasana pantai dengan pasir dan ombaknya yang khas, kamu bisa menikmati suasana kain di kawasan Hutan Mangrove yang ada tidak jauh dari pantai. Di sini terdapat jembatan bambu sederhana bisa digunakan untuk menuju kawasan hutan mangrove.

Seperti biasa, selain untuk menyeberang jembatan bambu tersebut kerap digunakan untuk latar belakang foto yang instagramable. Hamparan lautan di kejauhan yang membiru dengan hiasan pepohonan hijau di sekelilingnya berpadu serasi sebagai hasil karya alam yang memukau.

Pada mulanya, ditanamnya hutan bakau ini hanya dibikin untuk mempertahankan pesisir dari abrasi yang kuat menyerang. Namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya hutan ini malah menjadi spot favorit pengunjung Pantai Congot.

Pemandangan hutan ini sangatlah unik, karena saat kamu datang ke tempat ini tidak akan melihat pohon bakau yang berdiri. Justru yang kamu lihat adalah pohon cemara yang membuat suasana eksotis dan cantik.

Baru setelah berjalan lebih jauh, masuk ke hutan maka wisatawan akan melihat hamparan hutan bakau yang mengagumkan. Dengan berbagai fasilitas yang mempermudah pengunjung, membuat mereka betah berlama-lama di pantai ini.

Ditambah lagi dengan semilir angin yang terus berhembus tanpa henti dan menciptakan kesegaran alami yang penuh kesan. Membuat pikiran menjadi lebih tenang dari berbagai permasalahan yang datang dalam kehidupan.

3. Camping Ground yang Mengasyikan

Camping Ground yang Mengasyikan

Camping saat ini tengah menjadi aktivitas yang menyenangkan dan disukai oleh banyak orang. Jika biasanya camping di gunung, maka kamu harus menikmati camping di pinggir pantai agar bisa menikmati suasana pantai dengan lebih puas.

Kegiatan bermalam di pinggir pantai seperti ini sangat menyenangkan jika semua sesuatunya telah dipersiapkan dari rumah dan dari jauh-jauh hari. Apalagi saat datang beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Kamu bisa melakukan berbagai permainan seru dan membuat bakar-bakaran dengan bahan seafood yang mudah didapat. Dengan semilirnya angin yang terasa syahdu, dijamin hubungan kamu dengan anggota camping akan semakin dekat.

4. Spot Memancing

Spot Memancing
(sumber gambar: GoogleMaps_Ipung Purnomo)

Salah satu spot paling seru yang disukai oleh para wisatawan yang datang ke sini tentu saja adalah memancing. Di mana spot mancing di Pantai Congot ini cukup seru dan menarik banyak orang untuk menikmati kesan yang berbeda.

Jika kamu kebetulan sangat senang dengan kegiatan memancing maka liburan yang akan datang bisa menjadikan pantai ini untuk destinasi selanjutnya. Karena kamu bisa menikmati indahnya sunset pada sore hari sambil menunggu umpan dimakan oleh ikan.

Dijamin memancing di tempat ini pastinya sangat seru karena viewnya yang mempesona. Yang harus diperhatikan adalah kamu harus menggunakan alat pancing yang memiliki kualitas tinggi agar bisa memancing dengan nyaman.

Tips Berlibur ke Pantai Congot

Setelah membaca berbagai hal menarik di Pantai Congot ini pastinya tidak sabar ingin berkunjung bukan. Nah kamu bisa mengikuti beberapa tips terbaik dibawah ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga liburan yang menyenangkan akan berlangsung sesuai dengan keinginan.

Tips Berlibur ke Pantai Congot

1. Waktu Terbaik Berkunjung

Kamu bisa berkunjung pada waktu terbaik yang tepat untuk mengunjungi objek wisata satu ini. Tepatnya yakni di saat sore hari pada bulan November – Januari untuk menikmati sunset yang mempesona.

Namun demikian bukan berarti di luar waktu tersebut tidak akan mendapatkan pemandangan yang menawan. Bahkan jika beruntung datang tepat pada saat nelayan pulang dari melaut dapat mengambil gambar dengan latar ikan tangkapan sekaligus membelinya sebagai oleh-oleh.

2. Membawa Kamera

Karena pemandangannya yang menawan maka jangan sampai lupa membawa kamera yang mumpuni untuk mengabadikan kenangan di pantai ini. Apalagi pantai ini menawarkan banyak spot foto instagramable yang cocok untuk mengabadikan momen liburan.

Membawa Kamera

3. Mengunjungi Hutan Mangrove

Jangan lupa untuk mengunjungi hutan mangrove saat kamu berwisata di Pantai Congot Kulon Progo. Karena sensasi dan pemandangan alamnya yang berbeda akan menjadi tempat bersantai sambil menikmati suasana yang berbeda.

4. Waspada Air Pasang

Meskipun sekilas terlihat aman, namun alangkah baiknya kalau tetap waspada saat berlibur di Pantai Selatan. Hal ini karena ombak di sini kerap sekali pasang secara tiba-tiba. Di pantai ini juga dilarang berenang karena derasnya deburan ombak yang dimilikinya.

Waspada Air Pasang

5. Menggunakan Kacamata

Jangan lupa menggunakan kacamata hitam agar mata tidak menjadi silau karena teriknya sinar matahari. Selain itu gunakan topi untuk melindungi kepala agar tidak menjadi pusing. Kemudian lindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari dengan sunblock.

6. Menjaga Kebersihan Dan Patuhi Peraturan

Agar terhindar dari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain maka sebaiknya kamu menjaga kebersihan saat berlibur. Membuang sampah pada tempatnya atau mengumpulkan dan dibawa pulang, jangan dibiarkan sembarangan berantakan.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah menaati peraturan yang berlaku di tempat ini dengan baik. Jangan melanggar hal-hal yang dilarang meskipun menurut kamu tidak masuk akal sekalipun. Semua untuk keselamatan dan kenyamanan kamu selama berlibur.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Congot di Kulon Progo

Untuk yang ingin menginap kamu tidak perlu khawatir soal akomodasi sebab ada banyak penginapan di dekat Pantai Congot ini. Karena ada banyak berikut adalah rekomendasi tempat menginap yang bisa dipilih, seperti :

1. Lumintu Guest House

Lumintu Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Srandakan, bagian dari Yogyakarta, Lumintu Guest House adalah pilihan ideal untuk menginap sambil menikmati atraksi terdekat dan mencicipi hidangan lezat di restoran-restoran setempat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Sari yang terkenal sebelum kamu pulang! Properti bintang-3 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kesenangan kamu selama menginap, termasuk layanan resepsionis 24 jam dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 299.000 per malam

PESAN HOTEL Lumintu Guest House Diskon 58%

2. Wisma Pancoeran

Wisma Pancoeran
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Sendangagung, bagian dari Sendangagung, Wisma Pancoeran adalah tempat yang nyaman untuk menikmati atraksi sekitarnya dan mencicipi makanan lezat di restoran-restoran terdekat.

Manjakan diri dengan fasilitas kolam renang luar ruangan dan nikmati hidangan enak di restoran properti untuk pengalaman menginap yang tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 201.274 per malam

PESAN HOTEL Wisma Pancoeran Diskon 52%

3. Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo

Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Srandakan, bagian dari Yogyakarta, Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo adalah tempat yang sempurna untuk menginap sebelum atau sesudah penerbangan kamu.

Rasakan kenyamanan maksimal dengan fasilitas shuttle bandara dan layanan resepsionis 24 jam. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Taman Sari yang terkenal sebelum kembali pulang!

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 481.054 per malam

PESAN HOTEL Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progoi Diskon 51%

4. Novotel Yogyakarta Airport Kulon Progo

Novotel Yogyakarta Airport Kulon Progo
(sumber gambar: Agoda)

Menawarkan fasilitas bintang-4, Novotel Yogyakarta Airport Kulon Progo akan memanjakan kamu dengan berbagai fasilitas mewahnya.

Rasakan kenyamanan di pusat kebugaran atau nikmati layanan spa setelah seharian menjelajahi atraksi di sekitar atau sebelum terbang ke destinasi berikutnya. Dengan lokasi yang strategis di Srandakan, kamu dapat dengan mudah menjelajahi Yogyakarta sebelum meninggalkan kota.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 595.776 per malam

PESAN HOTEL Novotel Yogyakarta Airport Kulon Progo Diskon 54%

5. Cordia Hotel Yogyakarta

Cordia Hotel Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Srandakan, Yogyakarta, Cordia Hotel Yogyakarta adalah tempat yang sempurna untuk menginap sambil menikmati kemewahan dan kenyamanan.

Dengan fasilitas seperti pusat kebugaran dan layanan spa, kamu dapat merasakan relaksasi dan ketenangan setelah hari yang padat menjelajahi kota. Jangan lupa menikmati hidangan lezat di restoran properti yang akan menambah kesan tak terlupakan pada perjalanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 420.552 per malam

PESAN HOTEL Cordia Hotel Yogyakarta Diskon 79%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Kulon Progi di Sekitar Pantai Congot

Kuliner khas Kulon Progo di sekitar Pantai Congot menawarkan berbagai hidangan lezat yang bisa kamu cicipi. Berikut beberapa makanan khas yang patut dicoba:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Kulon Progi di Sekitar Pantai Congot
(sumber gambar: GoogleMaps_IntipSeleb)
    • Tempe Benguk: Tempe yang dibuat dari kedelai yang masih muda dan masih berwarna hijau. Rasanya biasanya lebih lembut dan memiliki aroma yang khas.
    • Geblek: Makanan ringan yang terbuat dari singkong yang dipadatkan dan diolah dengan bumbu khas. Biasanya digoreng hingga renyah.
    • Enting-Enting Jahe: Permen jahe tradisional yang terbuat dari jahe segar yang dipadatkan dengan gula aren. Memiliki rasa pedas dan manis.
    • Cenil: Makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang direbus, kemudian dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa.
    • Dawet Sambel: Minuman segar yang terdiri dari jelly kolang-kaling, es serut, santan, dan siraman gula merah yang dicampur dengan sambel yang memberikan sensasi unik pedas manis.
    • Growol: Makanan ringan yang terbuat dari tepung ketan yang digoreng, biasanya diberi taburan gula halus.
    • Soto Bathok: Soto khas daerah Kulon Progo yang disajikan dalam batok kelapa. Biasanya berisi daging ayam atau sapi, kentang, tomat, dan bumbu rempah-rempah.
    • Peyek Undur-undur: Camilan renyah yang terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng dan dilapisi dengan adonan undur-undur (kacang tanah rebus dan dihaluskan).
    • Gula Semut: Gula aren yang diolah menjadi bentuk butiran kecil seperti semut. Biasanya digunakan sebagai pemanis dalam berbagai makanan dan minuman.
    • Kopi Menoreh: Kopi khas daerah Menoreh, Kulon Progo. Biasanya memiliki cita rasa yang khas dan kuat.

Kesimpulan

Karena kondisi dari Pantai Congot ini tidak terlalu ramai oleh pengunjung, sehingga sangat recomended sebagai lokasi wisata ingin mencari ketenangan. Terutama untuk kamu yang tidak begitu menyukai keramaian.

Kamu akan menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga untuk menikmati alam bersama-sama. Lebih seru dapat sekaligus menyantap olahan seafood yang segar sambil menghabiskan waktu yang berkualitas.

Itulah sebabnya kamu tidak perlu menunggu waktu lama-lama lagi untuk menikmati liburan berkesan yang seru sembari memancing. Agar tidak mengeluarkan biaya terlalu besar maka solusi terbaik adalah menghabiskan waktu bersama keluarga di Pantai Congot yang indah ini.

You might also like