Pantai Coro Tulungagung: Pantai yang Masih Asri dan Menawan

Berkunjung sejenak di Pantai Coro Tulungagung mungkin bisa sangat membantu kamu untuk melepas penat dan stres pekerjaan atau perjalanan. Biarpun berada di Tulungagung yang notabene bukan kota yang terkenal sebagai tempat wisata.

Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai populer di Indonesia lainnya. Kapan saja, ketika kamu berkunjung ke kota ini atau memang mempunyai waktu khusus untuk berwisata, kamu bisa mampir ke Pantai Coro Tulungagung dan menikmati keindahan panoramanya.

Dalam Bahasa Jawa, Coro berarti Kecoa, nama hewan yang dibenci oleh banyak orang karena identic dengan tempat-tempat kotor dan menjijikan. Tapi tidak halnya dengan Pantai Coro Tulungagung. Pantai ini justru bersih dan akan disukai oleh setiap orang yang berkunjung ke sana.

Kenali Lebih Jauh Pantai Coro Tulungagung

Kenali Lebih Jauh Pantai Coro Tulungagung
(sumber gambar: GoogleMaps_Wiwin Willy)

Menurut cerita warga sekitar, asal muasal nama Pantai Coro juga tidak begitu jelas. Apabila kita menanyakan hal ini, mereka semua juga pasti akan bingung ingin menjawab apa.

Meskipun ada banyak orang yang bingung mengapa pantai cantik ini dinamakan coro atau kecoa, pantai ini selalu tidak sepi pengunjung. Keindahannya yang mempesona membuat banyak orang terkesan dan ingin datang lagi ke pantai ini.

Di sekitaran Tulungagung, Pantai Coro Tulungagung menjadi salah satu pilihan wajib untuk disinggahi. Itulah kenapa objek wisata ini selalu ramai di hari libur dan hari besar. Karena keindahannya, Pantai Coro sering kali menjadi liputan para wartawan wisata lokal.

Lama kelamaan, pantai ini menjadi populer dan diketahui oleh banyak penonton di seluruh Indonesia. Tak sedikit juga yang penasaran dan menyempatkan diri untuk berlibur ke pantai ini. Bahkan, Pantai Coro Tulungagung juga sering menjadi lokasi syuting acara TV nasional.

Jadi tak heran jika semakin ke sini, pantai ini semakin banyak diminati. Selain itu, perhatian pemerintah setempat dengan melengkapi fasilitasnya juga juga menjadikan nilai tambah.

Waktu Operasional Pantai Coro Tulungagung

HariJam Operasional
Senin09.00 WIB – 17.00 WIB
Selasa09.00 WIB – 17.00 WIB
Rabu09.00 WIB – 17.00 WIB
Kamis09.00 WIB – 17.00 WIB
Jumat09.00 WIB – 17.00 WIB
Sabtu09.00 WIB – 17.00 WIB
Minggu09.00 WIB – 17.00 WIB

Waktu operasional Pantai Coro Tulungagung adalah dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Pantai ini buka setiap hari, termaksud di akhir pekan dan hari-hari libur serta liburan sekolah.

Jika kamu ingin berkemah di pantai ini, tentunya kamu harus meminta izin oleh pihak pengelola pantai agar mereka mengetahui ada pengunjung yang bermalam.

Harga Tiket Masuk Pantai Coro Tulungagung

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000
Rp 5.000Rp 5.000Rp 10.000

Pantai Coro Tulungagung adalah satu dari beberapa pilihan pantai yang berjejer di kawasan tersebut. Seperti halnya di area Kabupaten Gunung Kidul di mana banyak kawasan pantai berbeda berjejer dalam satu garis, begitu pula gambaran kawasan pantai di Kabupaten Tulungagung ini.

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 5k rupiah saja. Itupun hanya satu kali di pos retribusi yang dikelola untuk beberapa pantai di sana. Jadi untuk masuk ke kawasan pantai berbeda, kamu tidak perlu membayar lagi, kecuali untuk biaya parkir.

Untuk sepeda motor, biaya parkir yang harus dibayar hanya sebesar 5k rupiah dan untuk mobil 10k rupiah. Biaya tiket dan parkir mungkin saja berubah, terutama saat pengunjung membludak dan memerlukan penanganan ekstra oleh pengelola kawasan pantai.

Lokasi Pantai Coro Tulungagung dan Rute Menuju Ke sana

Lokasi Pantai Coro Tulungagung dan Rute Menuju Ke sana
(sumber gambar: GoogleMaps_KDR official)

Pantai Coro Tulungagung bertempat di Reco Sewu, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Apabila kamu sedang berada di sekitar sini, tidak ada salahnya untuk mampir membuktikan keindahannya.

Jarak pantai ini dari pusat kota adalah sekitar 33 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tetapi, perjalanan ini akan jauh lebih lama apabila jalanan padat atau macet.

Rute yang bisa ditempuh dari pusat kota yaitu: jalan ke arah selatan dari Jalan Pesantren. Terus lurus ke selatan hingga kamu melewati lima kali perempatan. Setelah itu, belok kanan atau ke barat hingga kamu melewati sebuah kafe yang hanya satu-satunya di daerah tersebut.

Lanjutkan perjalanan, lurus saja sampai kamu menemukan perempatan ketiga. Belok kiri dan teruskan perjalanan hingga kamu memasuki daerah Boyolangu di Jalan Raya Pucung Kidul.

Teruskan perjalanan di jalan ini sampai ketemu sebuah pasar, kemudian belok kiri memasuki Jalan Ki Mangunsarkoro, dan masuk ke Jalan Raya Pojok Campurdarat.

Melanjutkan perjalanan hingga masuk ke Jalan Kanigoro dan kamu akan melihat sebuah pasar yang lain, kemudian belok kiri masuk ke Jalan Neyama.

Dari jalan ini kemudian kamu akan menemukan jalan ke arah Pantai Coro Tulungagung setelah belok kiri. Tidak perlu panik akan tersesat karena kamu bisa melihat papan petunjuk arah yang banyak terpasang di sepanjang jalan.

Rute Lengkap Menuju Pantai Coro Tulungagung di Jawa Timur:

Alamat: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Keindahan yang Dimiliki Pantai Coro Tulungagung

Keindahan yang Dimiliki Pantai Coro Tulungagung
(sumber gambar: GoogleMaps_Han 1303)

Setiap orang yang berwisata pastinya menginginkan tujuan wisata yang menyejukan mata dan jiwa. Selain agar efektif untuk meningkatkan suasana hati positif, keindahan alam pastinya juga akan menghasilkan foto-foto wisata terbaik yang bisa menjadi kebanggaan.

Kesan pertama akan kamu rasakan saat memasuki kawasan Pantai Coro Tulungagung. Hamparan pasir putih yang bersih membentang di pantai ini sungguh menjadi pemandangan yang menenangkan.

Pemandangan ini bisa langsung menghipnotis pengunjung sehingga bisa langsung ingin bersantai-santai di tepian pantai, menikmati waktu.

Pantai berpasir putih ini juga menjadi favorit para pengunjung untuk bermain pasir, terutama untuk mereka yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Pasir yang bersih membuat mereka lebih nyaman bermain dan bebas khawatir.

Bahkan berbagai mainan untuk mengeksplor permainan pasir pantai juga sering kali sengaja dibuat agar permainan menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya untuk bermain dan bersenda gurau, Pantai Coro Tulungagung juga biasa digunakan sebagai area untuk berolahraga.

Saat mengunjungi pantai ini, mungkin kamu bisa bertemu sekelompok orang yang menikmati olahraga voli pantai. Pasir putih yang lembut juga sangat cocok untuk dijadikan lapangan voli pantai.

Selain itu, pengunjung juga bisa memilih olahraga lain seperti jogging, berenang di pantai, atau hanya sekedar bermain air laut yang jernih dan terlihat kebiruan dari kejauhan. Keindahan warna laut ini juga selalu menjadi latar belakang foto yang cantik. Jangan lewatkan untuk mengabadikan semua momen indah di pantai ini.

Pantai Coro Tulungagung dengan Batu-Batu Karang yang Indah

Pantai Coro Tulungagung dengan Batu-Batu Karang yang Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_luxman engking)

Selain pasir putih dan air laut yang sebening kristal biru, Pantai Coro Tulungagung juga mempesona dengan jejeran batu karangnya. Meski terjal dan tajam, batu karang ini menambah kesan eksotis dan indah pada pantai dan menjadikannya goresan indah dalam potret pemandangan.

Akan tetapi, batu-batu karang adalah keindahan yang juga penting untuk diwaspadai. Ketajamannya mungkin bisa melukai pengunjung, kamu pastikan agar berhati-hati dan menggunakan alas kaki untuk melindungi dari ketajamannya.

Hindari berjalan di atas karang tanpa alas kaki dan dalam waktu lama. Selain tajam, beberapa hewan laut berduri terkadang juga bersembunyi di balik karang.

Banyaknya pilihan spot untuk menikmati setiap sudut pantai akan membuat kamu betah menghabiskan waktu seharian di Pantai Coro Tulungagung.

Pantai ini juga terkenal dengan salah satu batu karangnya yang cocok untuk bersantai sambil merenung, hanya diam melihat keindahan, mendengarkan alunan suara ombak dan membiarkan angin laut menyapu wajah.

Batu karang penyendiri ini cukup dikenal oleh warga lokal dan sering kali direkomendasikan kepada para wisatawan untuk menepi dan atau mencari inspirasi.

Aktivitas Seru di Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung dikenal sebagai pantai yang virgin alias belum tersentuh pembangunan berlebih atau eksploitasi berlebihan yang merusak. Itulah mengapa keindahannya masih alami dan membuat wisatawan bahagia mengunjunginya.

Tidak hanya itu, para wisatawan juga selalu menunggu waktu matahari terbenam yang sangat indah di pantai ini. Menjadikannya latar belakang estetik untuk berfoto di waktu senja. Apa saja yang bisa kamu nikmati di Pantai Coro Tulungagung? Berikut ulasannya:

Aktivitas Seru di Pantai Coro Tulungagung
(sumber gambar: GoogleMaps_Nita Dwi)

1. Bermain di Tepi Pantai

Apa yang kamu bayangkan pertama kali tentang pantai? Kebanyakan tentunya menikmati setiap detik waktu disana aktivitas favorit di pantai. Salah satunya pasti bermain air di pantai.

Termasuk saat kamu bertemu dengan Pantai Coro ini, pasir yang membentang luas, putih, bersih dan air yang jernih kebiruan, pasti akan sangat rugi untuk dilewatkan. Setiap pengunjung Pantai Coro Tulungagung selalu ingin berbasah-basah bermain air lautnya yang tenang.

Namun kamu pastikan selalu berhati-hati, terutama pada anak-anak yang sering terlalu asyik bermain. Batuan karang yang membentang setelah area pasir mungkin akan terasa menyakitkan jika diinjak secara tiba-tiba dan tanpa alas kaki.

Saat air laut surut, bebatuan karang ini akan terlihat menyembul dan ikan-ikan kecil di dalamnya terlihat berenang-renang. Umumnya para pengunjung kegirangan melihat fenomena ini.

Beberapa mereka segera membawa jaring untuk mencoba menangkap ikan-ikan kecil tersebut. Tetapi lebih disarankan untuk kemudian melepas kembali ikan-ikan yang tertangkap, untuk kelestarian lingkungan.

2. Pantai yang Masih Alami

Sebagian besar pengunjung Pantai Coro Tulungagung membahas bahwa rute ke pantai ini susah ditempuh. Mereka melewati perjalanan yang panjang dan cukup menantang.

Namun semua kelelahan di perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang alami dan belum banyak tereksplorasi.

Sesampainya disana, kamu bisa langsung melepas penat dengan bermain di pantai berpasir putih yang halus, merasakan angin sepoi-sepoi dan mengagumi keindahan pemandangan sekitar pantai.

Pantai yang Masih Alami
(sumber gambar: GoogleMaps_Slavoiser 99)

3. Pemandangan Pantai Eksotis untuk Latar Belakang Foto

Berwisata ke tempat yang indah akan mengecewakan apabila tanpa dilengkapi sesi foto. Maka jangan lewatkan bagian yang ini saat kamu di Pantai Coro Tulungagung.

Ada banyak spot foto yang bisa kamu eksplor, mulai dari pasir putih, air laut yang biru toska, dan bukit karang yang eksotis. Semuanya akan menjadi instagramable dan menarik setiap mata yang melihatnya.

4. Wisata Kuliner Makanan Laut

Satu lagi yang khas untuk tidak dilewati adalah wisata kulineran di area pantai. Sudah menjadi sebuah kebiasaan, jika berwisata ke pantai, maka makanan yang menjadi santapan wisata kulinernya adalah makanan laut alias seafood.

Beragam jenis menu masakan seafood ditawarkan di warung-warung sederhana di kawasan Pantai Coro Tulungagung. Meskipun sederhana, makanan yang ditawarkan tidak kalah lezatnya, dengan olahan khas Jawa Timur dan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, minuman khas kawasan pantai, es kelapa muda juga tersedia di pantai ini. Namun, masyarakat lokal di sini tidak begitu banyak menyediakan makanan dan minuman tersebut.

Biasanya mereka menjual dengan jumlah terbatas sehingga ada kemungkinan menu mereka habis terjual saat pengunjung meningkat. Jadi kamu harus menyediakan alternatif makanan lain, makanan ringan atau bekal lainnya agar tidak kelaparan.

Wisata Kuliner Makanan Laut

5. Berkemah di Area Pantai

Berwisata di pantai bisa memberikan kenyamanan untuk banyak orang. Dan banyak juga dari mereka yang tidak cukup menghabiskan satu hari penuh berlibur di pantai. Jika kamu salah satunya, kamu dapat memilih untuk berkemah di kawasan Pantai Coro Tulungagung ini juga.

Pengelola pantai sudah menyediakan area khusus untuk pengunjung yang ingin camping dan melewati malam di pinggir pantai. Untuk menikmati waktu berkemah, kamu harus menghubungi pihak pengelola terlebih dulu untuk mendapatkan izin.

Selain itu, kamu juga pastikan sudah mempersiapkan semua dengan baik sebelumnya. Kamu pastikan sudah membawa tenda, alas tidur, tali dan berbagai peralatan berkemah lainnya.

Selain itu, untuk kebutuhan makan juga harus telah siap karena tidak ada warung yang buka saat hari menjelang malam di Pantai Coro Tulungagung. Jadi, pastikan stok makanan kamu cukup untuk menahan lapar selama bermalam di sini.

6. Matahari Terbenam yang Indah

Bagi mereka yang berkemah di Pantai Coro Tulungagung, pengalaman menikmati pantai pastinya akan membekas karena syahdunya suasana pada saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Matahari terbenam di Pantai Coro juga sangat spesial dan menghadirkan suasana romantis, terutama bagi pasangan yang menikmatinya bersama. Perbukitan karang yang membatasi di dua sisi pantai ini menjadikan suasana semakin indah.

Matahari yang mulai tenggelam tampak seperti masuk ke balik perbukitan. Kemudian menciptakan warna jingga pada langit sore yang dilengkapi tiupan angin lembut.

Saat pemandangan sedang maksimal seperti ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Siapkan kamera kamu atau ponsel untuk mengambil foto di setiap angle terbaik. Suasana ini tidak akan pernah terlupakan di sepanjang hidup.

Matahari Terbenam yang Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_VnNz 03)

7. Bermain ATV di Sepanjang Pantai

Tidak hanya duduk santai atau bermain air. Aktivitas di Pantai Coro Tulungagung juga bisa lebih menantang dengan bermain ATV di sepanjang bibir pantai.

Melewati trek berpasir dan sesekali melewati gundukan pastinya akan menyenangkan. Apalagi bermain ATV sambil menikmati udara pantai yang syahdu, liburan kamu di pantai ini pastinya akan semakin seru.

8. Menerbangkan Layang-Layang

Tidak akan pernah habis keasikan yang bisa kamu nikmati selama bermain di Pantai Coro Tulungagung. Aktivitas seru lainnya bisa juga dengan bermain layang-layang. Angin pantai yang cukup kencang akan membuat layangan lebih mudah diterbangkan.

Kamu bisa membawa layang-layang dari rumah untuk diterbangkan di pantai ini. Biasanya, para pengunjung pantai membawa layang-layang berbagai ukuran dengan desain-desain menarik, sesuatu yang menambah keindahan dan ketertarikan para pengunjung lainnya.

Fasilitas yang Cukup Lengkap di Pantai Coro Tulungagung

Fasilitas yang Cukup Lengkap di Pantai Coro Tulungagung
(sumber gambar: GoogleMaps_Imam sulistyo)

Untuk fasilitas dasar yang biasanya dibutuhkan oleh para wisatawan di tempat wisata, sudah tersedia cukup lengkap di Pantai Coro Tulungagung.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain toilet dan kamar mandi umum, warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan, mushola, dan area parkir yang mencukupi.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Coro Tulungagung di Jawa Timur

Menghabiskan waktu liburan di pantai yang indah dan menyediakan banyak pilihan kegiatan air tentunya akan membuat lupa waktu. Jangan khawatir karena kamu juga bisa menginap di pantai ini tanpa khawatir kemalaman.

Ada berbagai hotel, penginapan dan homestay yang bisa kamu pilih untuk bermalam di sekitar pantai ini. Ada banyak pilihan di aplikasi booking online, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget. Berbagai diskon pun sering ditawarkan agar kamu bisa memesan penginapan dengan harga yang lebih murah.

1. GriyaQ Homestay

GriyaQ Homestay
(sumber gambar: Agoda)

GriyaQ Homestay, sebuah akomodasi yang strategis terletak di Tulungagung, Jawa Timur. Properti kami menawarkan kenyamanan dengan lokasi dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik di sekitarnya.

Fasilitas yang kami sediakan meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out pribadi, kotak penyimpanan barang berharga, area merokok, keamanan 24 jam, dan tempat parkir di dekat properti. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan untuk kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 147.600 per malam

PESAN HOTEL GriyaQ Homestay Diskon 53%

2. SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence

SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence
(sumber gambar: Agoda)

Dengan senang hati, kami mengundang kamu untuk bermalam di SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence. Hotel bujet simpel kami terletak di area perumahan yang hanya 6 menit berjalan kaki dari pertandingan sepak bola di Stadion Redjoagung.

Selain itu, kami juga berjarak 3 km dari stasiun kereta Tulungagung dan 40 km dari Pantai Sanggar. Fasilitas yang kami tawarkan meliputi tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, AC, dan restoran. Waktu check-in dan check-out fleksibel untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 204.026 per malam

PESAN HOTEL SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence Diskon 61%

3. Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto

Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto
(sumber gambar: Agoda)

Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto, akomodasi yang strategis di Tulungagung. Kami menempatkan kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Sebagai bonus tambahan, restoran kami tersedia di properti untuk memenuhi kebutuhan kuliner kamu dengan mudah.

Fasilitas yang kami hadirkan termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, penitipan barang, restoran, layanan kamar, serta bel/interkom tanpa kabel. Kami berharap dapat menyambut kamu dengan layanan terbaik kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 159.772 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto Diskon 72%

4. Crown Victoria Hotel

Crown Victoria Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Dengan kebanggaan, kami menghadirkan Crown Victoria Hotel, akomodasi berkelas di Tulungagung. Terletak secara strategis, properti kami memberikan akses dekat dengan atraksi dan restoran menarik. Properti bintang-4 ini menyajikan kolam renang luar ruangan, pijat, dan kolam renang dalam ruangan untuk kenyamanan para tamu.

Waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas populer kami meliputi kolam renang, spa, tempat parkir gratis, dan Wi-Fi gratis. Kami berusaha memberikan pengalaman menginap yang istimewa bagi kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 589.518 per malam

PESAN HOTEL Crown Victoria Hotel Diskon 65%

5. Front One Hotel Tulungagung

Front One Hotel Tulungagung
(sumber gambar: Agoda)

Front One Hotel Tulungagung, hotel simpel dengan fasad semarak di jalan yang rindang. Kami berlokasi hanya 9 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Tulungagung, 6 km dari Museum Wajakensis Tulungagung, dan 7 km dari Jambooland Waterpark Tulungagung.

Fasilitas populer kami meliputi tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Kami siap menyambut kamu dengan keramahan dan kenyamanan selama masa menginap kamu di Tulungagung.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 357.791 per malam

PESAN HOTEL Front One Hotel Tulungagung Diskon 52%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Tulungagung, Jawa Timur

Kuliner khas Tulungagung, Jawa Timur, memang memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Berikut adalah beberapa hidangan lezat yang patut dicoba jika kamu berkunjung ke daerah tersebut:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Tulungagung, Jawa Timur
(sumber gambar: Google_Masak Apa Hari Ini?)
    • Ayam Lodho Bakar: Ayam Lodho adalah hidangan khas Tulungagung yang menggunakan bumbu khas Jawa Timur, terutama dalam pembuatannya. Ayam ini kemudian dibakar untuk memberikan rasa yang khas dan gurih.
    • Sompil: Sompil merupakan kudapan tradisional dari Tulungagung yang terbuat dari singkong yang diparut dan dicampur dengan kelapa parut. Biasanya, sompil ini digoreng hingga kering dan garing.
    • Sego Bantingan: Sego Bantingan adalah nasi goreng khas Tulungagung yang dicampur dengan berbagai bahan seperti daging ayam, udang, dan sayuran. Rasa gurih dan sedikit pedas membuatnya menjadi hidangan yang lezat.
    • Pecel Punten: Pecel Punten adalah versi lokal dari pecel, sebuah hidangan sayur pecah yang disajikan dengan sambal kacang. Pecel ini memiliki cita rasa khas dan bisa disantap dengan nasi atau lontong.
    • Sate dan Gulai Kambing Khas Tulungagung: Sate kambing dan gulai kambing khas Tulungagung merupakan hidangan yang nikmat dan lezat. Daging kambingnya empuk dan bumbunya sangat khas.
    • Kepiting Sambal Ijo: Kepiting yang dimasak dengan sambal ijo, sambal hijau khas Jawa Timur, memberikan cita rasa pedas dan segar pada hidangan ini.
    • Jenang Syabun: Jenang Syabun adalah bubur ketan hitam yang disajikan dengan gula kelapa dan santan. Hidangan ini cocok sebagai camilan manis.
    • Jenang Grendol: Jenang Grendol adalah bubur sumsum yang disajikan dengan kuah gula aren. Rasanya lezat dan cocok untuk dinikmati pada saat cuaca dingin.
    • Capar Tape: Capar Tape adalah olahan tape ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Rasanya manis dan sedikit asam.
    • Nasi Patik: Nasi Patik adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Hal ini memberikan aroma khas pada nasi dan menambah sensasi saat menyantapnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai Pantai Coro Tulungagung ini. Jangan lupa untuk berkunjung kapan saja kamu berada di Tulungagung atau kota-kota sekitarnya.

You might also like