Keindahan Pantai Dlodo di Tulungagung: Destinasi Wisata yang Belum Diketahui Banyak Wisatawan

Jika tidak punya tempat untuk merenung sendiri dan menikmati keindahan pantai dengan bebas. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada satu pantai yang belum diketahui banyak wisatawan, namanya adalah Pantai Dlodo.

Pantai Dlodo terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Semula pantai ini menjadi tempat penambangan yang mana hamparan pasirnya sering dikeruk karena mengandung biji besi.

Aktivitas penambangan membuat kondisi pantai memprihatinkan, terlebih dari segi lingkungan sangat merugikan. Kerugian lainnya adalah terdapat banyak sekali kubangan besar dan bukit-bukit pasir, sehingga penampilan Pantai Dlodo tampak berantakan.

Namun, itu dulu. Setelah izin penambangan berakhir, penduduk lokal tidak lagi mengizinkan ada penambangan. Kemudian para warga membentuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis, yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki lingkungan Pantai Dlodo.

Karena kerja keras dan penuh dedikasi itulah, kini Pantai Dlodo jadi objek wisata yang bisa dinikmati oleh siapa pun, baik secara individu atau untuk liburan keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Dlodo

Alamat dan Rute Menuju Pantai Dlodo
(sumber gambar: GoogleMaps_Pusat Marmer Tulungagung)

Untuk menuju Pantai Dlodo disarankan di musim kemarau saja, karena saat musim itu, akses jalan tidak becek dan pantai tidak digenangi air. Kamu akan bisa menikmati keindahan pantai seutuhnya.

Pantai Dlodo terletak di dekat Pantai Kedung Tumpang dan Pantai Sine. Meskipun namanya belum terkenal, namun Pantai Dlodo memiliki spot wisata yang tidak kalah indah. Lokasi Pantai Dlodo berada di Dusun Dlodo, Desa Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Untuk menuju ke sini, tidak ada angkutan umum karena letaknya yang terpencil. Karena hal itulah, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja, seperti motor atau mobil.

Jika kamu tidak tahu daerah Tulungagung, kamu dapat menjadikan Pasar Ngunut sebagai petunjuk pertama. Kemudian dari sana, ikuti arah jalan sampai ke Pucanglaban atau Pantai Kedung Tumpang. Dari sana kamu akan menemukan papan petunjuk menuju Pantai Dlodo.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Dlodo:

Alamat: Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Kec. Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Dlodo

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Senin24 JamGratisRp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Selasa24 JamGratisRp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Rabu24 JamGratisRp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Kamis24 JamGratisRp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Jumat24 JamGratisRp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 5.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 7.500Rp 5.000Rp 5.000Rp 5.000

Kamu tidak perlu khawatir, jam operasional Pantai Dlodo tidak terbatas waktu, alias 24 jam. Kamu juga bisa ke sini tanpa memedulikan hari. Sepanjang hari, Pantai Dlodo terbuka untuk para turis lokal atau manca negara.

Namun, jika kamu ingin mengeksplorasi keindahan Pantai Dlodo, disarankan untuk datang sore atau pagi hari. Pantai Dlodo akan terlihat lebih menarik dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Meskipun Pantai Dlodo bisa kamu kunjungi sepanjang hari dan waktu, tapi untuk harga tiketnya berbeda. Untuk weekday, pengunjung biasanya tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan weekend, pengunjung harus membayar sebesar Rp 7.500 saja.

Harga yang tidak terlalu mahal untuk menikmati keindahan alam, kan? Semoga setelah healing murah kamu dapat melewati kehidupan keras lagi.

Sementara untuk biaya parkirnya, juga terjangkau. Kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Biaya ini juga untuk seluruh jenis kendaraan, seperti sepeda, motor, mobil, bus, dan apa pun yang akan kamu gunakan nanti.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Dlodo

Tidak lengkap rasanya membahas mengenai suatu pantai tanpa memaparkan fasilitasnya. Di Pantai Dlodo disediakan beberapa fasilitas yang akan memudahkan pengunjung. Fasilitas itu terdiri dari:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Dlodo
(sumber gambar: GoogleMaps_Saroh Maymundz)
    • Toilet: Buang hajat merupakan salah satu keperluan manusia. Syukurlah, di Pantai Dlodo sudah dibangun toilet yang bisa memudahkan pengunjung. Kamu tidak perlu kesulitan dan liburanmu akan terasa menyenangkan.
    • Warung Makan: Penduduk sekitar Pantai Dlodo mendirikan warung makan untuk para pengunjung. Kamu bisa membeli makanan ringan atau minuman sambil melihat deburan ombak. Warung makan ini mempunyai biaya tersendiri, ya. Tidak ikut dalam tiket masuk. Besarannya pun disesuaikan apa yang kamu beli.
    • Area Parkir: Memarkirkan kendaraan dan membuatnya tetap aman merupakan hal penting untuk pengunjung. Di Pantai Dlodo sudah disediakan tempat parkir yang luas, dekat perkebunan kelapa. Kamu juga tidak akan merasa khawatir lagi terhadap kendaraan yang kamu bawa.

Spot Wisata yang Ada di Pantai Dlodo

Apa saja sih, spot wisata yang ada di Pantai Dlodo? Seberapa banyak spot wisatanya? Bosan tahu jika hanya melihat ombak saja. Tenang, di Pantai Dlodo ada banyak sekali alternatif spot wisata yang bisa kamu lihat, diantaranya:

Spot Wisata yang Ada di Pantai Dlodo
(sumber gambar: GoogleMaps_joko iswanto)

1. Keindahan Pantai

Ini poin pertama, ya. Tidak mungkin ke pantai, tetapi tidak mengedepankan keindahan pantai, kan? Pantai Dlodo mempunyai pasir putih yang membentang sepanjang pantai.

Dengan duduk-duduk dan merasakan semilir angin, pasti akan membuatmu mengantuk, eh salah, maksudnya akan membuatmu merasa hidup lebih berarti. Cobalah untuk mengingat-ingat hal baik yang telah terjadi kepadamu.

Kamu juga bisa berkejaran di pinggir pantai bersama orang tersayang. Ombak yang menyapu kaki, pasti memberikan kebahagiaan. Nikmati waktu yang ada. Syukuri segala nikmat dan berdamailah atas semua kesedihan atau kekecewaan.

2. Rawa Air Payau

Keunikan Pantai Dlodo yang tidak akan kamu temukan di pantai lainnya yaitu adanya rawa air payau. Rawa ini berada di dekat Pantai Dlodo. Di sekeliling rawa terdapat pepohonan hijau yang rindang. Kamu bisa berfoto dan menaruhnya di sosial media.

Rawa Air Payau
(sumber gambar: GoogleMaps_lastry eka)

3. Gumuk Pasir

Apa sih, gumuk pasir itu? Sederhananya gumuk itu seperti bukit. Namun, gumuk tidak terbuat dari tanah keras dan pepohonan lebat, melainkan terbuat dari pasir.

Gumuk pasir di Pantai Dlodo sangat luas. Kurang lebih luasnya sekitar 2 km. Pasirnya unik, yaitu terdiri dari warna putih atau hitam. Gumuk pasir yang panjang, akan membuatmu merasa di padang pasir. Kamu akan bisa melihat gelombang-gelombang pasir yang tertiup angin.

Jika kamu ingin lebih bersenang-senang di Pantai Dlodo, kamu bisa mengambil pelepah daun kelapa yang ada di kawasan pantai dan meluncur dari puncak gumuk ke bawah.

Kamu juga bisa melakukan banyak gaya seluncuran. Namun, tetap ya, pedulikan keselamatan. Jangan sampai keasyikan bermain, kamu membahayakan diri sendiri.

4. Garis Pantai yang Panjang

Pantai Dlodo mempunyai garis pantai yang panjang, kurang lebih 2 km. Kamu bisa berjalan kaki menyusuri pantai dan merasakan pasir yang bersih. Jika kamu memfotonya dari kejauhan, kamu akan melihat garis pantai ini membentuk lengkungan yang cantik.

Garis Pantai yang Panjang
(sumber gambar: GoogleMaps_Erwin Agustian)

5. Kemping

Kemping bisa menjadi salah satu cara untuk menikmati waktu di Pantai Dlodo. Kamu bisa membawa peralatan sendiri dari rumah dan bermalam di sini. Namun, kamu harus memperhitungkan tempat kemping, ya. Usahakan tempat yang kamu pilih tidak tergenang air atau diterjang angin.

Lebih bagus jika kamu membuat kamping di perkebunan kelapa yang letaknya di pinggir pantai. Pohon-pohon kelapa akan melindungimu dari angin kencing, malam yang dingin dan panasnya terik matahari.

Hanya, bukan manusia yang senang berteduh di bawah perkebunan kelapa. Sapi juga suka. Maka dari itu, cari tempat yang nyaman dan jauh dari kotoran sapi ya, agar kempingmu semakin berkesan.

6. Ombak Bagus untuk Selancar

Kamu hobi berselancar atau surfing? Kamu harus mengunjungi Pantai Dlodo. Ketinggian ombak di Pantai Dlodo bisa mencapai 7 meter. Dan angka itu bisa lebih tinggi jika ada air pasang. Pernah suatu kali, ombak Pantai Dlodo bisa setinggi 12 meter, tepatnya saat supermoon.

Ombak Bagus untuk Selancar

7. Keindahan di Pulau Pandan

Tidak jauh dari Pantai Dlodo, ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Pandan. Pulau ini merupakan bukit karang yang penuh dengan pepohonan.

Jika kamu duduk di salah satu sisinya, kamu bisa melihat matahari terbit, yang seakan-akan keluar dari balik bukit karang. Pemandangannya cantik sekali. Apalagi kalau kamu menghabiskannya bersama pasanganmu. Momennya akan terkenang sepanjang masa.

8. Pemandangan Pohon-pohon Kelapa

Sebagai pantai tropis, Pantai Dlodo menawarkan pemandangan pohon-pohon kelapa yang sangat menarik. Kamu bisa melihat keindahan deretan pohon kelapa sambil menyusuri jalanan. Adanya pohon kelapa, membuat suasana Pantai Dlodo menjadi sejuk.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Dlodo

Sebagai pantai yang belum banyak orang ketahui, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sini. Aktivitas-aktivitas ini pasti akan membuatmu betah dan tidak ingin pulang, antara lain:

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Dlodo
(sumber gambar: GoogleMaps_OKTAFIA NURAZIZAH)

1. Pemandangan Sunrise

Sunrise merupakan pemandangan yang sering diincar oleh wisatawan Pantai Dlodo. Kamu bisa melihat penampilan sunrise terbaik dari Pulau Pandan. Atau jika kamu sedang tidak ingin menanjak bukit, kamu cukup duduk di tepi pantai saja.

Keindahan matahari terbit tentu membuatmu berlama-lama di sini. Jika ingin melihatnya, otomatis kamu harus menginap, ya. Datanglah ke sekitar Pantai Dlodo malam sebelumnya. Kemudian saat mendekati pagi, kunjungi pantainya.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Bermain di pinggir pantai merupakan agenda yang harus dilakukan saat mengunjungi pantai. Namun, karena Pantai Dlodo punyai ombak cukup tinggi, kamu harus berwaspada.

Jangan sampai keasyikan bermain, terus kamu tidak tahu ombak datang, yang kemudian menarikmu ke tengah laut. Kan bisa berbahaya. Nanti orang di rumah cemas dengan keadaanmu.

Bermain di Pinggir Pantai

3. Surfing

Ombak tinggi memang asyik jika dibuat untuk surfing. Kamu bisa membawa peralatan dari rumah supaya waktu surfingmu banyak dan kamu tidak kesulitan membeli yang baru.

4. Berenang

Jika kamu tidak suka atau tidak bisa surfing, kamu bisa berenang di bibir pantai. Namun, jika kamu bisa berenang dan suka tantangan, lebih sedikitlah masuk laut.

Kamu akan merasakan bagaimana tubuhmu diseret gelombang ombak. Hanya saja, sekali lagi, tetap perhitungkan jarak aman, ya. Jangan berenang seorang diri.

Berenang

5. Bermain Air di Teluk Sine

Dekat Pantai Dlodo terdapat area air payau yang dinamakan Teluk Sine. Di sini airnya sangat jernih dan bersih. Kamu bisa bermain di sana bersama pasangan atau hanya sekadar jalan-jalan sembari menikmati pemandangan. Angin sepoi-sepoi akan membuat nuansa romantis. Kamu bisa bergandengan tangan dan menceritakan hal-hal indah.

6. Berfoto

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan setiap momen. Kamu bisa berfoto di Pantai Dlodo. Fotomu bisa kamu gunakan sebagai koleksi atau simpan di sosial mediamu yang sesepi kuburan itu.

Karena Pantai Dlodo mempunyai banyak sekali spot menarik, jadi sudah dikamu pastikan tidak kekurangan stok pemandangan. Foto sepuasmu. Foto sesukamu. Asalkan tidak melanggar privasi orang lain, ya.

Berfoto
(sumber gambar: GoogleMaps_Hanin Dhanny)

7. Mencari Hewan-hewan Pantai

Jika kamu pergi bersama keluarga dan di keluargamu itu ada anak-anak kecil, ajak mereka ke Pantai Dlodo. Carilah hewan-hewan pantai di sana. Anak-anak pasti akan sangat suka.

Di pantai, biasanya ada banyak hewan khas yang bisa kamu temui. Contohnya adalah kepiting dan kepompong, atau hewan-hewan lain. Mengajak anak-anak untuk berlarian memburu hewan-hewan itu, mereka pasti sangat bahagia. Kemudian kebahagiaan akan menyebar ke segala penjuru.

Jika kamu tahu mengenai hewan itu, jelaskan kepada mereka. Pengalaman ini tentu akan terkenang dalam pikiran anak-anak. Sampai kapanpun, mereka tidak melupakannya. Berlibur akan jadi kisah lama indah.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Dlodo

Jika kamu tidak mau mendirikan kamping atau kamu mempunyai uang berlebih, kamu bisa menginap di hotel dekat Pantai Dlodo. Berikut akan direkomendasikan penginapan murah yang bisa kamu tempati:

1. Front One Hotel Tulungagung

Front One Hotel Tulungagung
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Tulungagung, Front One Hotel menawarkan akses mudah ke berbagai atraksi dan restoran menarik yang membuat liburan kamu lebih berwarna. Properti bintang-3 ini memiliki sebuah restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat untuk memperkaya pengalaman menginap kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti layanan resepsionis 24 jam yang siap membantu kamu kapan pun dibutuhkan, parkir valet untuk kenyamanan parkir, dan WiFi gratis di semua kamar agar kamu tetap terhubung dengan keluarga dan teman selama berada di hotel.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 358.669 per malam

2. Swaloh Resort & Spa

Swaloh Resort & Spa
(sumber gambar: Agoda)

Swaloh Resort & Spa adalah pilihan ideal untuk kamu yang mencari akomodasi di Tulungagung yang menyediakan segala kebutuhan kamu dalam satu tempat. Dengan fasilitas seperti shuttle bandara untuk memudahkan perjalanan kamu, spa untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, serta lapangan tenis untuk bersantai.

Properti ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Manfaatkan juga layanan WiFi gratis di semua kamar untuk tetap terhubung dengan dunia luar, dan resepsionis 24 jam yang siap membantu kamu dengan segala kebutuhan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 455.000 per malam

3. SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence

SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence
(sumber gambar: Agoda)

SUPER OYO 2835 Sakinah Family Residence menawarkan kenyamanan dan aksesibilitas yang sempurna di Tulungagung. Dengan layanan resepsionis 24 jam yang ramah dan sigap, serta WiFi gratis di semua kamar untuk memastikan kamu tetap terhubung dengan keluarga dan teman, properti ini memberikan pengalaman menginap yang memuaskan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 110.593 per malam

4. Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto

Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan dan fasilitas lengkap di Penginapan Trisna Patihan Resort Homestay & Resto di Tulungagung. Dengan restoran di tempat yang menyajikan hidangan lezat, layanan kamar untuk kenyamanan kamu, dan WiFi gratis di semua kamar agar kamu tetap terhubung dengan dunia luar.

Properti ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Manfaatkan juga layanan check-in/check-out ekspres untuk pengalaman yang lebih praktis dan efisien.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 133.240 per malam

5. Crown Victoria Hotel

Crown Victoria Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Crown Victoria Hotel menawarkan pengalaman menginap bintang-4 yang tak tertandingi di Tulungagung. Dengan fasilitas seperti kolam renang luar ruangan untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar, spa untuk relaksasi dan merawat diri, serta layanan resepsionis 24 jam yang ramah dan siap membantu kamu dengan segala kebutuhan kamu.

Properti ini berusaha untuk membuat kamu merasa di rumah. Nikmati juga kenyamanan WiFi gratis di semua kamar dan layanan parkir valet yang nyaman agar kamu dapat menikmati liburan kamu tanpa khawatir.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 577.990 per malam

Tips Berkujung ke Pantai Dlodo

Dalam liburan, semakin banyak kamu mengeksplorasi suatu tempat wisata, kamu akan merasa lebih berkesan. Persiapkan beberapa hal di bawah ini agar liburanmu ke Pantai Dlodo tidak membosankan:

Tips Berkujung ke Pantai Dlodo

    • Kunjungi Pantai Dlodo saat musim kemarau yang mana curah hujan tidak terlalu tinggi, sehingga kamu terbebas dari genangan air.
    • Membawa uang lebih agar kamu tidak kekurangan dan bisa membeli keperluan mendadak.
    • Persiapkan kamera dengan sebaik-baiknya. Tidak lupa pula dengan tempat perlindungannya.
    • Gunakan pakaian terbaikmu dan yang membuatmu merasa nyaman.
    • Periksa obat-obatan dasar, siapa tahu ada kondisi yang mengharuskanmu untuk memakainya.
    • Tetap jaga kebersihan Pantai Dlodo dengan membuang sampah ke tempatnya. Menjaga keindahan alam dengan tidak merusak apa yang ada.

Mencoba Makanan Khas Tulungagung yang Menggugah Selera

Tulungagung, sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia, memiliki beberapa makanan khas yang terkenal di daerah tersebut. Beberapa di antaranya termasuk:

Mencoba Makanan Khas Tulungagung yang Menggugah Selera

    • Ayam Lodho: Hidangan tradisional dari Tulungagung, Jawa Timur, adalah ayam dimasak dengan rempah-rempah dan santan. Biasanya disajikan dengan nasi, sambal, sayuran, dan krupuk.
    • Enting-enting Kacang: Makanan ringan tradisional yang terbuat dari kacang tanah panggang dicampur dengan gula kelapa, menciptakan camilan renyah dan manis.
    • Kerupuk Rambak: Kerupuk renyah yang terbuat dari kulit sapi yang direbus, dibumbui, lalu digoreng hingga renyah. Ini adalah camilan populer di Tulungagung dan sering dinikmati dengan sambal.
    • Kopi Ijo: Kopi hijau adalah minuman tradisional dari Tulungagung yang terbuat dari biji kopi hijau yang dipanggang dengan margarin atau mentega, menghasilkan rasa yang unik. Biasanya dinikmati dengan camilan atau sebagai penyemangat sepanjang hari.
    • Kerupuk Kletek: Sejenis kerupuk renyah yang terbuat dari tepung tapioka dicampur dengan berbagai rempah dan bumbu, kemudian digoreng hingga renyah. Ini adalah teman makanan yang populer atau dinikmati sebagai camilan.
    • Jenang Syabun: Jenang Syabun menjadi kudapan yang memiliki tekstur lembut, kenyal, dan tidak lengket.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan mengenai Pantai Dlodo, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke sana? Selain Pantai Dlodo, di Tulungagung kamu juga bisa liburan ke beberapa pantai lain. Kebetulan letaknya memang berdekatan.

Demikianlah artikel tentang Pantai Dlodo. Selamat berlibur bersama keluarga, untuk kamu yang pergi dengan keluarga. Selamat menikmati waktu sendiri, jika kamu berlibur seorang diri. Apa pun itu, semoga liburanmu menyenangkan.

You might also like