11 Aktivitas Seru di Pantai Gandoriah Padang: Destinasi Liburan Tropis yang Memukau di Sumatera Barat

Bumi Pariaman tidak hanya terkenal dengan kelezatan kulinernya saja, namun juga keindahan alam pesisirnya juga dikenal keindahannya yang menakjubkan. Salah satu dari keindahan pesisir tersebut adalah Pantai Gandoriah.

Pantai Gandoriah merupakan salah satu pantai di Sumatera Barat yang sudah sangat terkenal. Tak heran jika pantai ini ramai dengan pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Pantai di Sumatera Barat ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Dahulu kala, pantai ini merupakan pelabuhan untuk para nelayan dari daerah sekitar. Pada masa penjajahan Belanda, Pantai Gandoriah digunakan sebagai pelabuhan untuk kapal-kapal Belanda yang menuju ke wilayah-wilayah sekitar.

Selanjutnya, di tahun 1980-an, Pantai Gandoriah mulai dijadikan objek wisata yang bisa didatangi oleh wisatawan dari luar serta dalam negeri.

Keindahan Pantai Gandoriah

Keindahan Pantai Gandoriah
(sumber gambar: GoogleMaps_Tomi Hendrawan)

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan pasir putihnya yang lembut, air lautnya yang jernih, dan ombaknya yang cukup besar sehingga menjadi spot surfing yang menarik.

Selain itu, pantai ini juga dilengkapi pohon kelapa yang menjulang tinggi dan memberikan pemandangan yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari berbagai sudut, seperti dari bibir pantai, bukit-bukit kecil di sekitar pantai, atau dari atas bukit Pandan Sari yang berada di sebelah Pantai Gandoriah.

Lokasi Pantai Gandoriah

Pantai ini sendiri berada di Jalan Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah, Desa Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Jarak menempuh dari Kota Padang kurang lebih 55 km melalui Jalan Lintas Barat Sumatera dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Gandoriah:

Alamat: Jalan Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah, Desa Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat

Harga Tiket Masuk Pantai Gandoriah

HariJam OperasionalHarga Tiket Masuk + Biaya Kontribusi Parkir
Senin24 JamRp 3.000
Selasa24 JamRp 3.000
Rabu24 JamRp 3.000
Kamis24 JamRp 3.000
Jumat24 JamRp 3.000
Sabtu24 JamRp 3.000
Minggu24 JamRp 3.000

Untuk masuk ke area pantai ini, wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk parkir kendaraan.

Untuk wisatawan yang ingin menggunakan fasilitas penginapan atau melakukan aktivitas di pantai seperti menyewa perahu atau snorkeling, dikenakan biaya tambahan yang disesuaikan jenis aktivitas yang dipilih.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah terletak di Sumatera Barat, Indonesia, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di sana. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Gandoriah:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Gandoriah
(sumber gambar: GoogleMaps_Basri Tanjung)

1. Menikmati Sunset

Keindahan matahari terbenam di pantai ini memang tidak perlu diragukan, karena salah satu aktivitas yang dinanti oleh wisatawan adalah melihat keindahan peristiwa tersebut. Jadi jangan sampai melewatkannya.

2. Menikmati Hidangan Laut yang Lezat

Kuliner di bumi Sumatera sangat terkenal dengan kelezatannya. Rempah-rempah yang kuat dipadukan kemampuan memasak yang luar biasa sukses menciptakan beragam hidangan yang nikmat.

Di pantai ini, kamu pastikan menikmati hidangan laut yang dijual di sana. Menurut salah satu netizen, hidangan yang wajib dicoaba adalah gulai kerapu.

3. Bersantai

Kegiatan ini sangat digemari hampir sebagian besar orang. Suasana pantai yang mendukung ditambah aroma laut membuat bersantai menjadi semakin syahdu. Apalagi saat rebahan, tanpa sadar akan terlelap.

Bersantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Erna Susanti)

4. Bermain Pasir

Pasir putihnya yang halus sangat pas digunakan sebagai area bermain pasir anak. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu ke bibir pantai, karena ombak di pantai ini cukup besar.

5. Berenang

Saat ombak tidak terlalu besar, maka silahkan berenang di pantai ini, namun yang tidak jago berenang, lebih baik bermain air saja di pinggir pantai.

6. Bermain Layang-Layang

Pantai yang terhampar luas sangat cocok jika digunakan untuk bermain layang-layang yang sudah sangat jarang dilakukan di wilayah perkotaan, karena banyaknya penghalang, seperti kabel listrik dan bangunan.

Angin pantai yang berhembus sudah sangat cukup untuk menerbangkan layang-layang dengan mudah. Sehingga tidak perlu khawatir hingga frustasi karena layang-layang sulit mengudara.

Bermain Layang-Layang

7. Naik Perahu ke Angso Duo

Pantai ini sebenarnya cukup dekat dengan beberapa pulau kecil, seperti Pulau Angso Duo, Pulau Tangah, Pulau Kasiak, Pulau Bando, Pulau Gosong, dan Pulau Ujung.

Dengan begitu, wisatawan juga bisa mengunjungi pulau-pulau tersebut dengan menyewa perahu. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 20 menit.

8. Memancing

Jika sudah dekat dengan laut, maka untuk para penggemar mancing, wajib membawa perlengkapan mancing favoritnya. Potensi ikan di pantai ini juga masih sangat bagus, jadi tidak ada salahnya mencoba sensasi perlawanan ikan di pantai ini atau ke pulau-pulau kecil di lepas pantainya.

9. Bermain Ayunan

Bermain ayunan juga bisa dijalankan di sini. Aktivitas ini akan menyenangkan sekaligus nyaman, karena saat berayun, kamu bisa melihat pemandangan laut lepas. Saat berayun udara jadi lebih sejuk, hingga tingkatkan rasa kenyamanan.

Bermain Ayunan

10. Berfoto

Sudah semestinya, jika berkunjung ke tempat wisata maka harus mengambil foto. Di pantai ini terdapat banyak sekali spot foto. Biasanya pengunjung mengambil foto di tulisan Pantai Gandoriah, karena di lokasi tersebut yang paling bisa menjelaskan secara langsung, jika foto ini diambil di pantai tersebut.

11. Festival Gandoriah Beach Carnival

Setiap tahunnya, di pantai ini diadakan acara Festival Gandoriah Beach Carnival yang merupakan acara tahunan yang sangat dinanti-nanti oleh wisatawan. Festival ini diadakan dalam rangka mempromosikan wisata Sumatera Barat dan Pantai Gandoriah.

Acara ini diisi berbagai acara menarik seperti parade budaya, konser musik, dan beragam lomba yang melibatkan wisatawan. Festival ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kuliner khas Sumatera Barat kepada wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gandoriah

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gandoriah
(sumber gambar: GoogleMaps_Tomi Hendrawan)

Pantai ini dilengkapi fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pengunjung.

Pengunjung bisa menggunakan kamar mandi yang tersedia di sekitar pantai. Terdapat pula warung makan yang menyediakan berbagai sajian makanan dan minuman, dan area bermain anak-anak dan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

Tips Berwisata ke Pantai Gandoriah

Agar wisata ke pantai ini lebih nyaman dan menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh wisatawan, antara lain:

Tips Berwisata ke Pantai Gandoriah

    • Pertama, wisatawan perlu menyiapkan diri dengan baik, seperti membawa peralatan pribadi seperti pakaian ganti, handuk, dan perlengkapan renang.
    • Kedua, jangan lupa membawa sunblock untuk melindungi kulit dari terik matahari.
    • Ketiga, selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak alam sekitar.
    • Terakhir, patuhi aturan dan keselamatan saat berada di pantai, seperti tidak berenang di area yang berbahaya dan selalu waspada terhadap ombak dan arus laut yang bisa berbahaya.

Rekomendasi Penginapan di Dekat Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah adalah salah satu pantai yang indah di Padang, Sumatera Barat. Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang dapat kamu pertimbangkan yang berlokasi dekat dengan Pantai Gandoriah:

1. Hotel Truntum Padang

Hotel Truntum Padang
(sumber gambar: Agoda)

Berlokasi strategis di Padang Barat, Hotel Truntum Padang memudahkan kamu untuk menikmati atraksi dan tempat wisata lokal yang menarik. Kamu dapat menghabiskan waktu untuk menjelajahi keindahan Pulau Pagang serta Pantai Padang Taplau yang terdekat.

Dengan peringkat bintang-4, fasilitas yang kami tawarkan meliputi kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan pusat kebugaran yang tersedia bagi para tamu. Jangan lupa, waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 610.200 per malam

2. Campago Resort Hotel

Campago Resort Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Campago Resort Hotel terletak secara strategis di Mandiangin Koto Selayan, bagian dari Bukittinggi, memberikan kamu akses yang mudah ke atraksi wisata dan beragam pilihan restoran menarik.

Dengan peringkat bintang-3, kami menyediakan fasilitas kolam renang, area bermain anak, dan kedai kopi untuk meningkatkan kenyamanan selama menginap. Kamu dapat check-in mulai pukul 15.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 444.276 per malam

3. GRAND BUANA LESTARI

GRAND BUANA LESTARI
(sumber gambar: Agoda)

GRAND BUANA LESTARI menawarkan lokasi yang strategis di Padang Sarai, Padang, memudahkan kamu untuk menjelajahi atraksi wisata populer dan menikmati berbagai pilihan restoran di sekitar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Lembah Anai yang terkenal.

Dengan peringkat bintang-5, fasilitas yang kami sediakan mencakup kolam renang dalam ruangan, pusat kebugaran, dan layanan check-in/check-out ekspres untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in tersedia mulai pukul 12.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 397.440 per malam

4. Hotel Padang

Hotel Padang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Padang terletak secara strategis di Padang Barat, memberikan kamu akses yang mudah ke berbagai atraksi wisata lokal. Jadikan waktu kamu untuk mengunjungi Pulau Pagang dan menikmati keindahan Pantai Padang Taplau yang berdekatan.

Layanan pijat dan hidangan lezat di restoran kami akan meningkatkan kenyamanan kamu selama menginap. Kami menyediakan fasilitas check-in mulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 328.680 per malam

5. OYO 1305 Hotel Al-ghani

OYO 1305 Hotel Al-ghani
(sumber gambar: Agoda)

OYO 1305 Hotel Al-ghani berlokasi di Padang Timur, Padang, memberikan kamu akses yang mudah ke atraksi wisata dan beragam restoran terbaik di sekitar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Lembah Anai yang terkenal.

Kami menyediakan fasilitas seperti WiFi gratis di semua kamar dan layanan laundry untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in kami tersedia mulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 140.400 per malam

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Gandoriah

Jika memiliki waktu yang lama untuk berwisata, maka tidak ada salahnya jika mengunjungi beberapa tempat wisata alam Sumatera Barat lainnya yang berlokasi dekat dengan Pantai Gandoriah. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Apar Pariaman Mangrove Park

Apar Pariaman Mangrove Park
(sumber gambar: GoogleMaps_Meli Anisa)

Apar Pariaman Mangrove Park terletak di Jalan Padang-Pariaman, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Destinasi ini mudah diakses karena terletak di pinggir jalan utama dan ada parkiran yang luas.

Jarak destinasi wisata ini dari Pantai Gandoriah hanya 5 km dengan waktu tempuh paling lama 15 menit. Keindahan tempat wisata alam Sumatera Barat ini dikenal pemandangan hutan bakau yang indah dan air lautnya yang jernih.

Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam hutan bakau dengan naik perahu kayu yang disewakan. Selain itu, terdapat jembatan kayu yang bisa dilalui untuk menikmati pemandangan mangrove secara lebih dekat. Wisatawan juga bisa memancing di area yang sudah disediakan.

Apar Pariaman Mangrove Park dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti area parkir, toilet, musholla, dan warung makan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman.

Untuk menikmati keindahan Apar Pariaman Mangrove Park, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

2. Konservasi Penyu

Konservasi Penyu
(sumber gambar: GoogleMaps_yayayuyu_)

Jika kamu ingin melihat penyu yang begitu menggemaskan, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Pantai Gandoriah ke UPT Konservasi Penyu Pariaman.

UPT Konservasi Penyu Pariaman terletak di Apar, Pariaman Utara, Kotan Pariaman. Jarak tempuh dari Pantai Gandoriah hanya 5 km saja dan dengan Apar Pariaman Mangrove Park hanya 300 m.

UPT Konservasi Penyu Pariaman menawarkan pengalaman unik untuk mengamati dan memelihara penyu-penyu yang berkembang biak di lokasi. Selain itu, pengunjung bisa berpartisipasi dalam kegiatan melepaskan telur-telur penyu yang sudah menetas ke laut.

Fasilitas yang disediakan di UPT Konservasi Penyu Pariaman cukup lengkap, seperti tempat parkir, toilet, dan kantor pengelola yang bisa memberikan informasi lengkap mengenai kegiatan konservasi.

Harga tiket masuk UPT Konservasi Penyu Pariaman cukup terjangkau, adalah Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

3. Pantai Belibis

Pantai Belibis
(sumber gambar: GoogleMaps_Amril Yasi Rahman)

Pantai Belibis memiliki keindahan alam yang alami dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di sini.

Pantai Belibis terletak di Desa Balai Naras, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Jarak tempuh dari Pantai Gandoriah sejauh 8 km dengan waktu tempuh paling lama 15 menit.

Di Pantai Belibis, pengunjung bisa kerjakan berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur di pantai, atau bermain voli pantai. Selain itu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati pemandangan laut yang indah.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Belibis Balai Naras cukup lengkap, seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, dan tempat penyewaan perahu. Harga tiket masuk ke Pantai Belibis Balai Naras cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang.

4. Pantai Sunur

Pantai Sunur
(sumber gambar: GoogleMaps_Yuliana Yuli)

Pantai Sunur memiliki keindahan alam yang mempesona, dengan hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat tebing-tebing karang yang menjulang tinggi, menambah keindahan pantai ini.

Pantai Sunur terletak di Desa Sunur, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jarak tempuh dari Gandoriah sekitar 7 km dengan waktu yang dipakai paling lama 15 menit.

Di Pantai Sunur, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang, berjemur di pantai, atau bermain voli pantai. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang indah di sini.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Sunur cukup lengkap, seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, dan tempat penyewaan perahu. Harga tiket masuk ke Pantai Sunur Pasir Sunur cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 per orang.

5. Pantai Ulakan

Pantai Ulakan
(sumber gambar: GoogleMaps_BATUR GAMING)

Pantai Ulakan memiliki keindahan alam yang mempesona, dengan pasir putih yang halus dan laut yang biru jernih. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan dan hutan mangrove yang tetap terjaga keasriannya. Pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang mempesona di pantai ini.

Pantai Ulakan terletak di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Padang dan bisa diakses kendaraan pribadi atau transportasi umum, dan jarak dari Pantai Gandoriah hanya 12 km.
nikmati
Di Pantai Ulakan, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur di pantai, bermain voli pantai, atau menikmati pemandangan laut dari perahu. Selain itu, terdapat area khusus untuk para pemancing yang ingin menangkap ikan di laut.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Ulakan cukup lengkap, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, tempat istirahat, dan warung makan dan minuman. Harga tiket masuk ke Pantai Ulakan Sumatera Barat cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang.

6. Pantai Tiram

Pantai Tiram
(sumber gambar: GoogleMaps_HSP indostream)

Pantai Tiram memiliki keindahan alam yang menawan, dengan pasir putih yang halus dan laut yang biru jernih. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove dan pepohonan yang rindang.

Pantai Tiram terletak di Desa Aur Kuning, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pantai ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Padang, dan dari Gandoriah hanya 12 km saja.

Di Pantai Tiram, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berjemur di pantai, bermain voli pantai, atau menikmati pemandangan laut dari perahu. Terdapat area khusus untuk para pemancing yang ingin menangkap ikan di laut.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Tiram Tapakis Sumatera Barat cukup lengkap, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, tempat istirahat, dan warung makan dan minuman. Harga tiket masuk ke Pantai Tiram cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang dengan biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Mencoba Makanan Khas Padang, Sumatera Barat yang Menggugah Selera

Makanan khas Padang, Sumatera Barat, Indonesia, memang terkenal dengan kelezatannya yang khas dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa hidangan khas Padang yang patut kamu coba:

Mencoba Makanan Khas Padang, Sumatera Barat yang Menggugah Selera

    • Keripik Sanjai: Keripik ini terbuat dari ubi yang dipotong tipis dan digoreng hingga renyah. Rasanya manis dan gurih, seringkali dihidangkan sebagai camilan.
    • Rendang: Ini adalah hidangan ikonik dari Padang yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah kaya dan santan, sehingga menghasilkan daging yang lembut dan beraroma kuah kental.
    • Gulai: Gulai Padang merupakan hidangan gulai yang kaya rempah dengan kuah santan yang gurih. Biasanya tersedia dalam berbagai varian, termasuk gulai ayam, gulai kambing, atau gulai ikan.
    • Sate Padang: Sate Padang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan dipanggang di atas bara api. Dihidangkan dengan kuah kacang kental dan bumbu rempah yang khas.
    • Sambalado Tanak: Sambalado Tanak adalah hidangan berbahan dasar hati ayam yang dimasak dengan cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih, dan berbagai bumbu lainnya. Rasanya pedas dan sangat lezat.
    • Dendeng Balado: Dendeng adalah daging sapi yang dipotong tipis dan dikeringkan, kemudian digoreng kering. Dendeng Balado disajikan dengan saus pedas balado yang terbuat dari cabai merah, bawang, dan tomat.
    • Ayam Pop: Ayam Pop adalah ayam goreng kering khas Padang yang digoreng hingga kulitnya renyah dan diberi bumbu rempah khas Padang.
    • Bika Bakar: Kue tradisional Padang yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah, kemudian dipanggang hingga matang. Biasanya memiliki rasa manis dengan aroma kelapa yang khas.

Kesimpulan

Pantai Gandoriah memiliki keindahan yang luar biasa dan satu hal yang jangan terlewatkan di pantai ini yakni keindahan pemandangan matahari terbenamnya.

Selain itu, pastikan mengunjungi beberapa pulau kecil di lepas pantai ini, karena pemandangan disana cukup cantik. Objek wisata lainnya berdekatan dengan pantai ini, jadi kamu juga bisa menyusun agenda eksplorasi keindahan pantai di pesisir Sumatera Barat.

Jadi jika ingin tidak menyesal ketika berada di Padang, maka jangan lupa untuk berwisata ke Pantai Gandoriah.

You might also like