Jelajahi Pantai Gatra di Malang: Pesona yang Akan Membahagiakan Hati Kamu

Jelajahi Pantai Gatra di Malang_ Pesona yang Akan Membahagiakan Hati Kamu (sumber: Google Maps: Umu Habibah)

Pantai Gatra adalah salah satunya referensi rekreasi bahari yang sayang untuk dilewatkan. Walaupun belum banyak diketahui oleh wisatawan luar daerah, tetapi spot rekreasi ini cukup terkenal dikalangan masyarakat Malang.

Pantai Gartra populer dengan kecantikan daya tarik alamnya. Pantai yang ini jadi rekomendasi rekreasi yang dapat datangi bersama anak-anak.

Selain berenang dan bermain di pinggir pantai, banyak aktivitas produktif lain yang dapat kamu lakukan pada tempat ini. Apa keistimewaan dan kelebihan dari tempat wisata tersebut? Baca pembahasan secara lengkap pada artikel berikut ini!

Mengulik Daya Tarik Pantai Gatra, Surga Rekreasi Tersembunyi di Malang

Malang adalah salah satunya kota di Indonesia yang terkenal dijadikan sebagai tujuan wisata. Selain populer dengan kulinerannya yang sedap, kamu bisa juga menemui beberapa destinasi rekreasi yang menarik untuk dikulik.

Untuk sobat wisata yang menyukai berlibur di alam bebas, pantai Gatra menjadi satu diantara tempat wisata yang sayang untuk dilewati.

Selain pemandangan alam yang cantik dan menarik, pantai ini mempunyai banyak kelebihan. Apa saja kira-kira?

1. Mempunyai Gugusan Pulau Karang yang Cantik

Kelebihan dari pantai Gatra yang pertama ialah karena kawasan pantai ini mempunyai gugusan pulau karang yang cantik. Gugusan pulau ini tempatnya menyebar di sepanjang kawasan perairan pantai itu.

Mempunyai Gugusan Pulau Karang yang Cantik
Mempunyai Gugusan Pulau Karang yang Cantik (sumber: Google Maps: CAH Dolan)

Kamu dapat menyaksikan di kawasan perairan pantai ini ada beberapa pulau-pulau kecil yang tersebar acak. Pemandangan pantai itu bahkan juga disebut benar-benar serupa dengan kawasan Raja Ampat, lho.

Pemandangan unik dan tidak biasa ini yang membuat wisatawan tiba berkunjung dan ingin tahu. Selain mendokumentasikan peristiwa secara berswafoto, umumnya mereka ingin tahu dengan gugusan pulau karang ini.

Saat ombak kering, kamu bisa sewa perahu dan mengunjungi gugusan beberapa pulau kecil yang ada di kawasan perairan pantai itu.

2. Mempunyai Air Laut yang Jernih dan Tenang

Kelebihan pantai Gatra lainnya ialah karena kawasan pantai Malang ini mempunyai tipikal air laut yang berwarna kebiruan dan jernih. Disamping itu, ombak pantai cukup tenang hingga aman digunakan untuk berenang.

Mempunyai Air Laut yang Jernih dan Tenang
Mempunyai Air Laut yang Jernih dan Tenang (sumber: Google Maps: Lohjinawi Channel)

Seperti destinasi di kawasan pesisir selatan lainnnya, pantai Gatra sebetulnya mempunyai ombak yang cukup tinggi.

Tetapi gugusan karang yang dipunyainya berperan sebagai pemecah ombak. Jadi karena pulau-pulau karang yang menyebar sepanjang perairan itu ombak pantai bisa dipecahkan dan jadi lebih tenang.

3. Hutan Mangrove yang Hijau

Kawasan pantai Malang ini kelihatan benar-benar hijau dan asri. Pasalnya, kawasan ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang penuh dengan pepohonan hijau.

Hutan mangrove jadi spot favorite para wisatawan. Mereka yang berkunjung ke daerah ini bisa menelusuri ke kawasan rimba dan melihat keelokannya dari dekat.

Hutan Mangrove yang Hijau
Hutan Mangrove yang Hijau (sumber: Google Maps: Muhammad Rosyid)

Hutan mangrove adalah kawasan lindung, jadi kebersihan dan keasriannya benar-benar dijaga.

Oleh karena itu, wisatawan perlu ikut serta menjaga kelestarian hutan dengan masih tetap menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan.

4. Termasuk dalam Kawasan Konversi

Pantai Gatra adalah salah satunya destinasi yang termasuk sebagai kawasan konversi. Jadi kawasan rekreasi ini mempunyai mekanisme pengamanan yang ketat.

Termasuk dalam Kawasan Konversi
Termasuk dalam Kawasan Konversi (sumber: Google Maps: Desi Aria)

Beberapa pengunjung yang masuk harus lewat beberapa pemeriksaan terlebih dulu. Tujuannya untuk mengurangi kekuatan pencemaran lingkungan akibat sampah.

Jadi barang-barang yang mempunyai potensi akan mengakibatkan sampah akan di sortir saat sebelum masuk ke dalam kawasan wisata. Hal ini yang jadikan kawasan pantai jadi lebih kurang sampah dan bersih.

5. Tujuan Rekreasi Irit Budget

Pantai Gatra menjadi satu diantara tujuan yang pas untuk berlibur keluarga. Salah satu alasannya ialah karena liburan ke arah tempat ini tidak memerlukan budget besar.

Tujuan Rekreasi Irit Budget
Tujuan Rekreasi Irit Budget (sumber: Google Maps: Leo Rifky Laneaz)

kamu dapat nikmati pemandangan pantai dan beragam keseruan lainnya di sini tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya harga tiket, sewa sarana dan jajan yang disiapkan pada tempat itu harga relatif murah.

6. Cocok Untuk Rileksasi dan Melepaskan Penat

Situasi yang asri dan tenang di kawasan rekreasi menjadi satu diantara spot terbaik untuk melepaskan capek dan rileksasi.

Cocok Untuk Rileksasi dan Melepaskan Penat
Cocok Untuk Rileksasi dan Melepaskan Penat (sumber: Google Maps: Nor Khakim)

Khususnya untuk kamu yang sudah ada di wilayah perkotaan, panorama alam yang natural dan alami seperti ini jadi hal yang dikangenin dan sangat jarang terjadi. kamu bisa nikmati situasi itu sepuasnya saat berkunjung ke pantai Gatra.

Aktivitas Menarik di Pantai Gatra

Pantai Gatra menjadi satu diantara tujuan di kota Malang yang recomended untuk didatangi bersama keluarga dan anak-anak. Lokasi pantai yang elok, bersih dan mempunyai ombak tenang jadi spot terbaik untuk rekreasi dan menyegarkan pemikiran.

Apa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan rekreasi itu?

1. Berenang

Salah satunya kelebihan pantai Gatra ialah karena pantai ini mempunyai ombak yang cukup tenang. Ombak yang tenang di kawasan pantai disebabkan karena ada batu-batuan karang yang berperan sebagai pemecah ombak.

Berenang

Ombak yang tenang dari pantai memberikan keuntungan, karena pengunjung dapat manfaatkan area pesisirnya untuk berenang dan bermain air sepuasnya.

Ombak yang tenang membuat wisatawan bisa berenang atau bermain air dengan leluasa. Tetapi upayakan tidak untuk berenang terlalu jauh ke tengah dan masih tetap prioritaskan keselamatan.

2. Main di Pinggir Pantai

Pantai Gatra mempunyai area berpasir yang luas. Pasir pantai yang lembut dan halus ini jadi spot terbaik untuk wisatawan.

Main di Pinggir Pantai

Tempat pantai yang luas jadi lokasi yang bagus untuk bermain atau lakukan beragam aktivitas menarik lainnya.

Pengunjung dapat bermain pasir, olahraga, bermain bola, voli pantai dan lain-lain. Disamping itu, kamu bisa juga berjemur, bersantai, atau sekedar duduk di pinggir pantai sambil nikmati sepoi-sepoi udara sejuk dari laut.

3. Menjelajahi Hutan dan Pantai

Menelusuri kawasan pantai Gatra jadi kegiatan seru yang pantas untuk dicoba. Pada sepanjang jalur masuk ke dalam kawasan pantai, pengunjung harus melalui area hutan.

Menjelajahi Hutan dan Pantai
Menjelajahi Hutan dan Pantai (sumber: Google Maps: Massimiliano Lori)

Jadi dari pos pemeriksaan keamanan, pengunjung harus jalan kaki sepanjang 500 meter hingga sampai ke lokasi utama.

Jalur yang perlu dilewati adalah jalan setapak yang dibuat dari paving dan batu. Pada tempat ini pengunjung dapat nikmati cantiknya hutan yang asri.

Jadi hutan yang ada di kawasan pantai ialah tipe hutan pohon dan hutan bakau. Hutan-hutan ini masih asri dan bersih karena termasuk dalam kawasan yang dilindungi.

4. Menaiki Kano di Pinggir Pantai

Untuk pengunjung yang ingin nikmati kesan menyebrangi kawasan perairan di pantai Gatra mereka bisa mencoba aktivitas seru, yakni menaiki perahu kano.

Tipe perahu yang disiapkan ada dua versi, yaitu versi kano biasa dan kano panjang. Saat menaiki kano, kamu dapat rasakan serunya berkeliling-keliling di sepanjang kawasan perairan.

Menaiki Kano di Pinggir Pantai

Untuk proteksi dan keamanan, pengunjung yang menaiki perahu itu akan diberi pelampung. Pelampung ini berperan sebagai perlengkapan keamanan dan untuk mengantisipasi kecelakaan atau beberapa hal yang tidak diharapkan.

5. Snorkeling

Kawasan pantai mempunyai tipikal air laut yang berwarna kebiruan dan jernih. kamu bahkan dapat melihat dengan jelas beragam ikan yang lewat wara-wiri di kawasan perairan.

Snorkeling

Disamping itu, kawasan perairan itu mempunyai ombak yang tidak begitu tinggi hingga memberikan dukungan untuk melakukan snorkeling.

Pengunjung bisa menikmati keelokan alam bawah laut di kawasan rekreasi ini. Peralatan dan perlengkapan snorkeling juga tidak perlu bawa dari rumah. Karena banyak jasa sewa yang ada di area sekitaran pantai.

6. Hunting Foto

Mengunjungi pantai pasti belum lengkap bila tidak berfoto ria. Mengabadikan peristiwa berlibur menjadi satu diantara aktivitas yang kerap dilakukan oleh pengunjung.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Google Maps: rayakanharimu official)

Pengunjung dapat cari beragam spot photo kece disekitaran tempat wisata. Bukan hanya di kawasan pantai, kamu pun bisa berselfie dengan background hutan mangrove, pulau karang, dan beragam spot menarik lainnya.

7. Nikmati Sunset dan Sunrise

Peristiwa matahari terbit dan terbenam menjadi satu diantara peristiwa yang paling dinanti oleh wisatawan yang liburan ke pantai.

Destinasi rekreasi di Malang yang ini jadi spot terbaik agar bisa nikmati sunrise dan sunset.

Nikmati Sunset dan Sunrise
Nikmati Sunset dan Sunrise (sumber: Google Maps: Totok Orisa)

Situasi pantai yang asri dengan background hutan mangrove dan bukit karang akan memberi tampilan visual yang mengagumkan saat matahari terbit atau terbenam.

Oleh karenanya, banyak wisatawan yang jauh-jauh tiba dari luar kota cuma untuk nikmati pemandangan mengagumkan dari pantai ini.

Disamping itu, pantai yang bekerja selama 24 jam mempermudah pendatang untuk masuk kapan pun dan berburu momen terbaik dari sunset atau sunrise.

8. Berkemah

Belum senang mengeksploitasi keelokan pantai Gatra? Pengunjung bisa berusaha untuk bermalam dalam tenda.

Berkemah dan menginap dalam tenda serta nikmati pemandangan laut biru saat malam hari jadi pengalaman seru yang pantas dicoba. Situasi pantai yang bersih dan asri jadi spot yang bagus untuk berkemah.

Berkemah

Pengunjung yang ingin berkemah di lokasi itu diberi keringanan. Karena mereka tidak perlu bawa peralatan-peralatan berkemah dari rumah karena semua itu sudah disiapkan oleh pihak pengurus wisata.

Namun meskipun begitu, pengunjung tetap harus tertib saat jaga kebersihan lingkungan. Karena jika terbukti membuang sampah atau aktivitas bikin rugi lainnya, pengunjung akan dikenakan sejumlah denda.

Fasilitas-Fasilitas di Pantai Gatra

Sebagai salah satunya destinasi terkenal di kota Malang, pantai Gatra juga dilengkapi beragam fasilitas.

Walaupun masih tetap terbatas dan kurang memadai, tetapi fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan oleh sebuah tempat wisata telah disediakan oleh pihak pengurus.

Apa fasilitas yang ada disitu? Berikut daftarnya:

1. Tempat Parkir

Tempat parkir adalah sarana yang diberi oleh pihak pengurus pantai untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Tetapi tempat parkir dari pantai itu letaknya jauh dari situs wisata. Karena untuk sampai ke situs rekreasi ini pengunjung harus jalan kaki terlebih dulu.

Jadi pengunjung yang datang bawa kendaraan bisa memarkirkan kendaraan mereka pada tempat parkir yang lokasinya ada di luar kawasan pantai Gatra.

2. Tempat Pemeriksaan Barang

Saat sebelum masuk ke dalam destinasi utama para penghujung harus melewati tempat pemeriksaan barang. Pada tempat itu ada petugas yang memeriksa barang-barang yang dibawa pengunjung.

Jadi barang-barang yang sekiranya kurang dibutuhkan dan berpotensi menimbulkan sampah akan disortir dan tidak boleh dibawa masuk. Area pantai adalah kawasan lindung jadi peraturan yang diberlakukan cukup ketat.

3. Warung

Pada pantai Gatra, kamu tidak akan menemukan adanya warung atau kedai-kedai yang jualan makanan disekitaran situs wisata.

Warung

Karena situs wisata ini cukup tertutup dan tidak mengizinkan orang untuk berjualan di area pantai utama.

Oleh karena itu bila ingin mencicip kuliner khas Malang, kamu harus keluar dari lokasi pantai dan mencari warung yang berjualan makanan.

4. Kamar Mandi atau Toilet

Pantai di area Malang ini masih tetap termasuk sebagai kawasan rekreasi yang minim fasilitas. Tetapi meski begitu fasilitas dasar yang dibutuhkan oleh wisatawan juga disediakan.

Pada kawasan pantai ada toilet atau kamar mandi yang bisa digunakan oleh wisatawan. Walaupun jumlahnya masih tetap terbatas, namun masih bisa memenuhi kebutuhan.

5. Tempat Beribadah

Untuk pengunjung yang beragama muslim dan ingin menunaikan ibadah shalat. Pihak pengurus pantai menyediakan bangunan yang digunakan sebagai tempat beribadah atau mushola.

6. Tempat Sampah

Pantai Gatra adalah lokasi yang termasuk dalam kawasan dilindungi dan konversi. Pihak pengurus rekreasi benar-benar tegas dalam permasalahan sampah.

Oleh karena itu, tempat rekreasi memiliki banyak tempat sampah yang menyebar diberbagai titik. Sebagai pengunjung, seharusnya kamu cukup peka mengenai permasalahan sampah dan menghindari sikap buruk membuang sampah sembarangan dimana saja kamu berada.

7. Tempat Berkemah

Pantai Gatra mempunyai area khusus yang bisa digunakan untuk berkemah oleh wisatawan. Area berkemah ini adalah tempat khusus yang dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan dan membangun tenda.

Tempat Berkemah

Kamu bisa menyewa tenda sekalian peralatan memasak pada pihak pengurus wisata. Karena pihak pengurus rekreasi telah menyiapkannya perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan pengunjung untuk berkemah.

Tenda, kompor, dan beragam peralatan lainnya disediakan agar wisatawan. Jadi kamu tidak perlu repot membawa peralatan-peralatan itu dari rumah.

8. Homestay

Pada area sekitaran tempat rekreasi memang belum mempunyai hotel atau penginapan mewah. Tetapi meski begitu area itu telah memiliki banyak homestay yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bermalam.

Walaupun mempunyai sarana yang cukup terbatas, tetapi homestay ini masih tetap nyaman dan bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat.

Jadi untuk pengunjung yang ingin menginap atau bermalam selama sekian hari, mereka bisa mencari homestay yang tersedia banyak disekitaran situs wisata.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Gatra

Pantai Gatra menjadi salah satu spot rekreasi yang cukup favorit di kota Malang. Pantai ini berada di Sendangbiru, Sitiarjo, Malang. Lokasi rekreasi ini tempatnya cukup jauh dari pusat perkotaan, yakni membutuhkan waktu sekitaran 2,5 jam bila ditempuh menggunakan kendaraan.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi lokasi rekreasi itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selain mengunakan kendaraan individu, pengunjung bisa menggunakan jasa biro perjalanan atau sewa kendaraan rental.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Gatra
Lokasi dan Rute menuju Pantai Gatra (sumber: Google Maps: suryo 2002)

Perjalanan menuju pantai Gatra telah cukup mudah, pasalnya sepanjang jalur menuju pantai adalah jalan beraspal yang bagus. Untuk menuju lokasi rekreasi ini, pengunjung harus menempuh beberapa rute.

Untuk mereka yang berangkat dari pusat perkotaan Malang, maka perjalanan harus dimulai dari wilayah Turen, selanjutnya berlanjut ke kawasan pantai Sendang Biru dan pantai Tiga Warna.

Seterusnya dari lokasi itu kamu perlu melaju lurus sekalian menyaksikan papan petunjuk supaya tidak kesasar dan sampailah ke lokasi wisata.

Lokasi lengkap menuju pantai Gatra:

Alamat: Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk ke dalam Pantai Gatra

Untuk dapat nikmati keelokan alam pantai Gatra, pengunjung harus membayar beberapa ongkos, salah satunya yakni:

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Selasa24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Rabu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Kamis24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Jumat24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Sabtu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000
Minggu24 JamRp.10.000Rp. 3.000Rp. 7.000

Tarif-tarif yang sudah ayowisata.co.id cantumkan di atas belum termasuk sewa peralatan dan wahana. Biaya masuk dan parkir bisa juga berubah sewaktu-waktu tergantung peraturan pengurus pantai.

Harga Tiket Masuk ke dalam Pantai Gatra
Harga Tiket Masuk ke dalam Pantai Gatra (sumber: Google Maps: Fathur Rozi (Froezy))

Bagi kamu yang takut ketinggalan untuk mengunjungi pantai Gatra, kamu tidak perlu khawatir karena pantai ini buka selama 24 jam non stop.

Tetapi meski begitu, biaya itu tergolong murah dan benar-benar dapat dijangkau, ya. Jadi pantai Gatra ini merupakan destinasi rekreasi yang recommended untuk didatangi saat berkunjung ke Malang.

Rekomendasi Penginapan sekitaran Pantai Gatra

Pantai Gatra telah lama menjadi destinasi impian bagi para wisatawan yang mencari keindahan alam, pasir putih yang lembut, dan ombak yang menenangkan.

Terletak di lokasi yang menakjubkan, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang memesona dan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jika kamu berencana mengunjungi pantai ini dan mencari akomodasi yang nyaman, berikut adalah beberapa hotel yang sangat direkomendasikan:

1. Ariesta Homestay

Ariesta Homestay adalah pilihan ideal bagi para pelancong yang menginginkan pengalaman tinggal yang nyaman dengan sentuhan hangat rumah.

Ariesta Homestay
Ariesta Homestay (sumber: Google Maps Ariesta Homestay)

Terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Gatra, kamu dapat dengan mudah mengakses keindahan pantai setiap saat.

Homestay ini menawarkan beragam fasilitas modern dengan harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

Kamar-kamar yang bersih dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, dan koneksi Wi-Fi untuk memastikan kenyamanan kamu selama menginap.

Para tamu juga dapat menikmati pemandangan indah dari teras homestay ini atau bersantai di kebun tropis yang asri.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 205.346 per malam

2. Vio Homestay Pantai Ungapan

Vio Homestay Pantai Ungapan adalah persembahan terbaik bagi mereka yang mencari pengalaman menginap yang istimewa.

Terletak di dekat Pantai Gatra, homestay ini menawarkan akses mudah ke pantai yang memikat hati dan keindahan alam sekitarnya.

Fasilitas di Vio Homestay Pantai Ungapan mengutamakan kenyamanan dan kemudahan. Kamar-kamar yang modern dengan desain estetis menciptakan suasana yang menyenangkan untuk para tamu.

Vio Homestay Pantai Ungapan
Vio Homestay Pantai Ungapan (sumber: Google Maps VIO HOMESTAY Pantai UNGAPAN)

Staf yang ramah dan bersahabat siap membantu dalam memenuhi kebutuhan kamu selama menginap.

Selain itu, tersedia juga beragam aktivitas dan objek wisata menarik di sekitar homestay ini, menjadikannya destinasi wisata yang tak terlupakan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 209.000 per malam

3. Spot on 92374 Penginapan Rusunawa

Bagi wisatawan yang mengutamakan budget, Spot on 92374 Penginapan Rusunawa adalah opsi yang tepat.

Terletak dalam jarak berjalan kaki dari Pantai Gatra, penginapan ini menawarkan kemudahan akses ke pantai yang memesona.

Penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan sederhana dengan fasilitas dasar yang memadai untuk pengalaman menginap yang nyaman.

Spot on 92374 Penginapan Rusunawa
Spot on 92374 Penginapan Rusunawa (sumber: Google Maps SPOT ON 92374 Penginapan Rusunawa)

Spot on 92374 Penginapan Rusunawa mengerti pentingnya kenyamanan bagi para tamu, dan dengan pelayanan yang ramah dan efisien, staf penginapan ini akan memastikan kamu merasa seperti di rumah sendiri.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 50.063 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Gatra yang Diskon hingga 79%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like