10 Daya Tarik Pantai Glagah Indah di Yogyakarta: Destinasi Wisata Favorit di Bagian Barat Yogyakarta

Pantai Glagah Indah merupakan satu dari sekian banyak pantai cantik di Yogyakarta. Letaknya yang berada di sisi barat, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo menjadikannya tempat wisata yang wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke wilayah ini.

Uniknya pantai ini dibandingkan pantai lainnya adalah pasirnya yang berwarna hitam. Tidak seperti kebanyakan pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang berpasir putih atau cokelat.

Selain itu, di satu sisi pantai ini juga dipasangi pemecah ombak buatan (tetrapod) dalam jumlah yang sangat banyak. Ini menjadikan suatu keunikan yang tidak bisa ditemukan di pantai lainnya.

Meskipun lokasinya yang tidak sama populer dengan pantai lainnya, kemegahan Pantai Glagah Indah menjadikannya terkenal dengan caranya sendiri.

Begitu banyak pengunjung datang baik di hari libur atau hari kerja. Membuatnya paling diminati setelah Pantai Parangtritis yang berada di Kabupaten Bantul.

Mitos yang Berkembang Tentang Pantai Glagah Indah

Mitos yang Berkembang Tentang Pantai Glagah Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_Agus Iriawan)

Sama dengan pantai selatan lainnya di Pulau Jawa, Pantai Glagah Indah diwarnai mitos tentang Nyi Roro Kidul. Seringnya wisatawan menjadi korban tenggelam di pantai ini menjadikan banyak masyarakat setempat percaya jika ini ulah Ratu Pantai Selatan itu.

Tetapi nyatanya, hal ini terjadi karena wisatawan-wisatawan yang tenggelam karena melanggar peraturan pantai. Ombak yang besar di pantai ini tentunya tidak direkomendasikan untuk berenang, apalagi hingga mengarah ke tengah laut. Dasar yang curam di pantai ini membuat mereka yang berenang sering tergelincir dan akhirnya terbawa ke tengah laut.

Sehingga kamu pastikan mentaati peraturan saat berwisata ke pantai ini. Menjaga diri dan orang-orang tersayang agar liburan kamu ke Pantai Glagah Indah bisa selalu menyenangkan hingga waktunya pulang.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Glagah Indah

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Glagah Indah

Secara administratif, letak Pantai Glagah Indah yakni di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa di mana pantai ini terletak bernama Desa Glagah, itulah mengapa namanya menjadi Glagah Indah.

Dari kota Jogja sendiri, Kawasan pantai ini berjarak sekitar 43 km. Namun jika kamu berangkat dari Wates, Kulon Progo, pantai ini berjarak sekitar 15 km saja.

Kebanyakan pengunjung dari luar kota Yogyakarta paling tahu dengan Malioboro sebagai pusat daya tarik dan tujuan utama wisata mereka. Namun jika kamu ingin menikmati suasana pantai yang berbeda dengan pantai ternama lain seperti Parangtritis atau pantai-pantai di Gunung Kidul, maka Pantai Glagah Indah menjadi pilihan bagus.

Pantai ini juga wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Kulon Progo. Untuk rute yang bisa ditempuh, ada dua pilihan apabila kamu pergi dari pusat kota Jogja.

Pertama, dengan melewati rute Jalan Bantul. Jalan ini merupakan salah satu jalan raya utama yang menghubungkan Yogyakarta bagian utara dan bagian selatan. Tidak sulit menemukan jalan ini.

Telusuri sepanjang jalan Bantul hingga kamu sampai di pusat Kota Bantul. Lanjutkan perjalanan, lurus saja ke arah selatan hingga kamu menemukan Perempatan Palbapang, kemudian belok ke kanan (ke barat) untuk masuk ke Jalan Srandakan.

Lurus terus di sepanjang jalan ini hingga kamu melewati sebuah jembatan yang cukup besar bernama Jembatan Srandakan. Jembatan ini menghubungkan langsung Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Melewatinya berarti kamu sudah masuk ke kabupaten berbeda.

Teruskan perjalanan, lurus saja hingga kamu menemukan plang petunjuk arah ke Pantai Glagah Indah di sebuah persimpangan lampu merah. Kemudian belok kiri dan teruskan kembali rute ini hingga kamu menemukan Pantai Glagah. Sebelumnya ada dua lokasi pantai yang akan kamu lewati yaitu pantai Bugel dan Trisik yang berdekatan.

Rute kedua yaitu melewati Jalan Wates. Rute ini juga sangat mudah ditempuh karena hanya mengikuti jalan raya yang lurus saja hingga ke Kota Wates. Kemudian masuk ke Jalan Raya Wates-Purworejo dan kamu akan melihat plang petunjuk arah yang cukup jelas menuju ke Pantai Glagah Indah.

Kedua rute ini membutuhkan waktu yang sama, yaitu sekitar 1,5 jam. Akan tetapi, terkadang jalur Jalan Wates yang padat di hari libur membuatnya terasa lebih lama untuk ditempuh.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Glagah Indah:

Alamat: Desa Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Glagah Indah

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Senin24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000Rp 20.000

Waktu operasional Pantai Glagah Indah adalah 24 jam setiap hari tanpa tutup. Pantai ini sering menjadi lokasi acara komunitas yang membutuhkan area luas dan suasana yang menyenangkan seperti di pantai ini.

Namun untuk waktu terbaik, kamu bisa berkunjung saat sore hari dan menunggu hingga matahari terbenam. Karena suasana senja di Pantai Glagah Indah sangat menakjubkan, terutama saat cuaca cerah.

Untuk masuk ke Pantai Glagah Indah, kamu hanya perlu membayar tiket yang terjangkau. Untuk setiap pengunjung, retribusinya sebesar Rp 5.000 dan belum termasuk biaya parkir yang berbeda untuk setiap jenis kendaraan:

    • Sepeda motor: Rp 3.000
    • Mobil dan Minibus: 10.000
    • Bus: 20.000

Apabila kamu ingin mencoba wahana air yang tersedia di Pantai Glagah Indah, kamu juga harus membayar ekstra untuk ini:

    • Berkeliling laguna dengan perahu bebek: Rp. 20.000
    • Berkeliling laut dengan perahu motor: Rp 80.000. Perahu ini bisa menampung hingga 14 orang penumpang, jadi kamu bisa berkongsi untuk membayar sewa perahu.

Daya Tarik Apa yang Ada di Pantai Glagah Indah

Para wisatawan dari dalam maupun luar negeri pastinya ingin menikmati sesuatu yang berbeda dari sebuah tempat wisata. Di Pantai Glagah Indah ini kamu bisa mendapatkannya. Ada beberapa keistimewaan yang membuat tempat ini spesial, seperti di bawah ini:

Daya Tarik Apa yang Ada di Pantai Glagah Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_Dany Setyarso)

1. Pemecah Ombak yang Ikonik

Jika kamu bertanya pada siapa saja yang sudah pernah berkunjung tentang apa yang istimewa di Pantai Glagah Indah, mereka tentu menjawab Tetrapod.

Tetrapod yang berjumlah ribuan ini dipasang berjejer di bagian barat pantai. Tujuannya, agar ombak besar yang datang dari Samudera tidak langsung menggulung area pantai, menyebabkan abrasi dan merusak semuanya.

Ternyata, ide pemasangan pemecah ombak ini menjadikan pantai ini terlihat lebih istimewa dan menawan. Tetrapod yang sangat banyak ini menjadi ikon unik dari Pantai Glagah Indah.

Banyak pengunjung datang untuk berfoto ria di antara pemecah ombak ini. Bahkan banyak di antara mereka yang sengaja menunggu ombak datang untuk mengambil foto pas ketika debur ombak pecah di atas dermaga dan tetrapod-tetrapod yang terbuat dari beton ini.

Terkecuali itu, pantai ini juga dilengkapi gardu pandang yang memungkinkan pengunjung untuk melihat ke lautan lepas lebih jauh.

2. Spot Foto Estetik

Menjadi pantai yang unik pastinya membuat Pantai Glagah Indah selalu memiliki spot foto estetik di banyak spot. Seperti yang disebutkan di atas, dermaga dan tetrapod yang tadinya dimaksudkan untuk memecah ombak justru bisa membuat para wisatawan menciptakan begitu banyak foto yang estetik.

Selain itu, pantai di barat Yogyakarta selalu menampilkan pemandangan sunset yang sempurna saat cuaca cerah. Para pengunjung betul-betul bisa menyaksikan proses terbenamnya matahari ini seutuhnya tanpa terhalang apapun.

Terlebih di waktu sore, saat sinar matahari mulai redup dan suhu udara mulai terasa sejuk. Suasana di Pantai Glagah Indah akan menjadi semakin menyenangkan. Foto-foto yang diambil semakin indah, bahkan di atas pasir pantai yang hitam.

Spot Foto Estetik
(sumber gambar: GoogleMaps_Artur Kudo)

3. Laguna di Area Pantai Glagah Indah

Daya tarik wisata lainnya yang ada di Pantai Glagah adalah laguna. Ya, pantai ini memiliki laguna yang terbentuk secara alami oleh alam. Cekungan yang membuat area seperti danau atau telaga ini berada beberapa meter dari bibir pantai.

Airnya yang tenang dan tanpa ombak ini membuat amat tepat untuk aktivitas air. Pengelola Pantai Glagah Indah juga memanfaatkannya dengan baik. Berbagai wahana sudah disiapkan untuk disewa para wisatawan, seperti perahu kayuh, kano, dna sampan.

Pengunjung bisa menyewa wahana-wahana ini untuk berkeliling laguna. Tentunya laguna ini lebih aman karena berair tenang tanpa ombak sedikitpun.

4. Menjelajah Pinggir Laut dengan Perahu

Bersantai di pantai begitu juga akan membosankan untuk sebagian orang, kamu bisa memecah kejenuhan dengan aktivitas lain seperti naik perahu menjelajahi pinggiran laut Pantai Glagah Indah.

Beberapa warga lokal menawarkan penyewaan perahu motor yang akan dioperasikan oleh mereka dengan aman. Di perahu motor ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman berbeda saat menikmati pantai dari atas laut. Jangan lupa untuk mengenakan pelampung yang sudah disediakan agar aktivitas ini selalu aman.

Menjelajah Pinggir Laut dengan Perahu
(sumber gambar: GoogleMaps_Pamuji Raharjo)

5. Meluncur dengan ATV di Atas Pasir

Menjelajahi pantai dengan mengendarai ATV adalah kegiatan yang banyak dapat dijumpai di pantai-pantai di Indonesia, termasuk di Pantai Glagah Indah.

Bukan karena ikut-ikutan, namun memang mengendarai TV di atas pasir memang sangat menyenangkan dan cukup memacu adrenalin. Apalagi dengan sambil menikmati suasana pantai. Menjelajahi bibir pantai juga tidak terasa lelah dengan mengendarai motor beroda empat ini.

Kecuali ATV, kamu juga bisa menyewa motocross untuk pengalaman yang lebih menantang. Atau kamu juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pantai dengan lebih santai dan aman. Pilihan ada pada minatmu.

6. Wisata Sejarah dengan Mengunjungi Cagar Budaya

Tidak hanya menikmati pantai dan bermain air, Pantai Glagah Indah juga sangat unik karena menyimpan cagar budaya bernama Stupa Glagah. Konon, stupa ini sudah ada di area tersebut sejak abad ke 6 Masehi.

Menurut sejarah, Stupa Glagah adalah peninggalan Bupati Cangak Mengeng yang bernama Nyai Sekar Kenanga di Kadipaten Sios pada masa itu. Sang bupati sering melakukan pertapaan di stupa ini (peribadatan yang umum dilakukan pada masa itu).

Masih di sekitar area pantai, peninggalan sejarah lainnya berupa Gon dan batu Lingga dan Yoni ditemui di tempat yang tidak begitu jauh. Symbol yang melambangkan kesuburan pria dan wanita ini kerap ditemukan di area candi. Untuk kamu yang menyukai sejarah, datang ke tempat seperti ini pastinya akan sangat menarik.

Wisata Sejarah dengan Mengunjungi Cagar Budaya
(sumber gambar: GoogleMaps_Okezone News)

7. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Mempesona

Sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Glagah Indah yang berada di sisi barat kota Jogja memberikan nilai lebih untuk tempat ini sebagai spot untuk menikmati pemandangan sunset.

Di waktu sore tanpa awan mendung, matahari yang berjalan seolah meninggalkan langit terlihat masuk dengan indahnya melalui cakrawala. Warna jingganya terlihat sempurna dan pastinya akan mempesona saat kamu mengabadikannya melalui bidikan kamera.

8. Wisata Kuliner

Salah satu hal wajib bagi kebanyakan wisatawan adalah wisata kuliner. Wisata jenis ini selain untuk memenuhi kebutuhan makan, untuk menjelajahi jenis kuliner nusantara yang ada di tempat wisata yang dikunjungi.

Umumnya, wisata kuliner ini selalu tentang makanan khas yang tidak bisa ditemukan atau sulit ditemukan di daerah asal. Di Pantai Glagah Indah kamu juga bisa menikmati waktu untuk berwisata kuliner.

Ada banyak kios atau warung-warung kecil yang mendasarkan dagangan mereka berupa makanan dan minuman. Yang khas di pantai ini tentu saja masakan makanan laut dalam berbagai jenis. Pastinya, mereka mengolah masakan-masakan ini dengan bumbu dan cara memasak khas pribumi Yogyakarta.

Wisata Kuliner

9. Belanja Oleh-Oleh Khas Pantai Glagah Indah

Untuk kamu yang suka belanja oleh-oleh khas wisata tertentu, kamu bisa pula dapatkan banyak barang cinderamata di Pantai Glagah Indah. Tinggal pilih salah satu dari banyak kios yang menjajakan buah tangan dari pantai ini.

Selain banyak pilihan, cinderamata di sini ditawarkan cukup terjangkau. Bahkan kamu bisa melakukan tawar menawar hingga mendapatkan harga terbaik.

10. Wisata Kebun Buah

Berwisata ke pantai yang indah, satu paket dengan wisata ke kebun buah merupakan hal langka yang bisa kamu temukan di tempat lain kecuali di Pantai Glagah Indah.

Area kosong di sekitar pantai ternyata dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat sekitar. Seluas 3,5 ha lahan yang tadinya semak belukar disulap menjadi kebun buah dan agrowisata yang bisa disinggahi oleh siapa saja yang berminat.

Kebun buah ini bernama Agrowisata Kusumo Wanadri dan sudah berdiri sejak tahun 2013 lalu. Komoditi utama yang ditanam di tempat ini adalah buah naga dan bunga rosella. Selain itu, terkadang petani menanam semangka dan melon sebagai pilihan buah lainnya.

Jika kamu berkunjung saat panen, kamu juga bisa membeli buah di agrowisata ini untuk dimakan langsung atau pun untuk dijadikan oleh-oleh. Rasa buahnya pastinya terasa lebih manis karena sangat segar dan baru dipanen. Selain itu, harga yang ditawarkan pastinya lebih murah karena langsung dari petani.

Tidak hanya itu, pengunjung dipersilahkan untuk belajar tentang budidaya tanaman buah di agrowisata ini: mulai dari pembibitan, perawatan hingga proses memanen.

Spot wisata ini juga dilengkapi wahana flying fox, outbound, futsal, voli pantai dll. Pilihan aktivitas yang tidak membuat kamu bosan selama disana. Lokasi agrowisata ini berada tidak jauh dari pantai, kamu bisa berkunjung ke sini setelah puas menikmati suasana dan aktivitas di Pantai Glagah Indah.

Fasilitas yang Ada di Pantai Glagah Indah

Fasilitas di Pantai Glagah Indah tidak lepas dari perhatian Dinas Pariwisata setempat, agar pengunjung betah dan merasa puas, pelbagai fasilitas sudah dilengkapi di pantai ini, antara lain:

Fasilitas yang Ada di Pantai Glagah Indah
(sumber gambar: GoogleMaps_Bayu Arkiara)
    • Toilet dan kamar mandi umum
    • Mushola
    • Kolam renang anak
    • Lokasi parkir yang luas dan biaya standar
    • Warung makan berbagai makanan dan minuman termasuk bermacam makanan laut yang segar dan lezat.
    • Penginapan sederhana untuk yang ingin melewatkan malam di Pantai Glagah Indah.
    • Kios oleh-oleh
    • Pendopo yang bisa digunakan untuk acara-acara komunitas atau pertunjukan seni.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Glagah Indah di Yogyakarta

Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang dekat dengan Pantai Glagah Indah di Yogyakarta:

1. Lumintu Guest House

Lumintu Guest House
(sumber gambar: Agoda)

Di Lumintu Guest House, kami menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan praktis di Srandakan, Yogyakarta. Terletak dekat dengan berbagai atraksi dan pilihan restoran menarik, kamu tidak akan kehabisan hal untuk dilakukan. Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari yang terkenal!

Properti bintang-3 kami dilengkapi dengan fasilitas yang beragam untuk mendukung kualitas dan kenyamanan selama masa menginap kamu. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 239.200 per malam

PESAN HOTEL Lumintu Guest House Diskon 57%

2. Super OYO 92363 KP Inn

Super OYO 92363 KP Inn
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan menginap di Super OYO 92363 KP Inn, yang berlokasi strategis di Srandakan, Yogyakarta. Terletak dekat dengan atraksi menarik dan restoran pilihan, tempat kami adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat.

Pastikan untuk mengunjungi Taman Sari sebelum meninggalkan area kami. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dengan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas kami mencakup WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, dan masih banyak lagi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 108.844 per malam

PESAN HOTEL Super OYO 92363 KP Inn Diskon 71%

3. La Luna Resort Yogyakarta

La Luna Resort Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Di La Luna Resort Yogyakarta, kami menawarkan akses mudah ke berbagai atraksi dan restoran menarik di Ngaglik, Yogyakarta. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Taman Sari yang terkenal sebelum kamu berpisah dengan kami.

Properti bintang-3 kami menyediakan fasilitas yang memikat seperti kolam air panas, restoran, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 11.30.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 442.800 per malam

PESAN HOTEL La Luna Resort Yogyakarta Diskon 70%

4. Cordia Hotel Yogyakarta

Cordia Hotel Yogyakarta
(sumber gambar: Agoda)

Cordia Hotel Yogyakarta adalah tempat yang sempurna untuk menginap di Srandakan, Yogyakarta. Terletak dekat dengan atraksi dan restoran di sekitarnya, kami menyediakan kenyamanan dan fasilitas yang tak tertandingi.

Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Taman Sari yang ikonik saat kamu berada di sini. Fasilitas kami mencakup restoran, pusat kebugaran, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 424.350 per malam

PESAN HOTEL Cordia Hotel Yogyakarta Diskon 53%

5. Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo

Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo
(sumber gambar: Agoda)

Jika kamu mencari akomodasi yang nyaman di Srandakan, Yogyakarta, Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo adalah pilihan yang sempurna. Terletak dekat dengan atraksi dan restoran yang menarik, kamu akan menemukan banyak hal untuk dinikmati di sekitar kami.

Pastikan untuk menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Sari sebelum melanjutkan perjalanan kamu. Fasilitas kami meliputi shuttle bandara, WiFi gratis di semua kamar, dan layanan check-in/check-out yang praktis. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dan check-out hingga pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 481.054 per malam

PESAN HOTEL Ibis Yogyakarta International Airport Kulon Progo Diskon 51%

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yanga Menggugah Selera

Yogyakarta, Indonesia, memiliki beragam makanan khas yang lezat dan unik. Berikut adalah beberapa makanan khas yang terkenal di Yogyakarta:

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yanga Menggugah Selera
(sumber gambar: Google_Kompasdotcom)
    • Oseng Mercon: Oseng Mercon adalah masakan pedas yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang diasinkan dan kemudian diolah dengan rempah-rempah serta cabai. Rasanya pedas dan gurih.
    • Gudeg: Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan nasi, telur, ayam, dan sambal.
    • Nasi Kucing: Nasi Kucing adalah sejenis nasi kecil yang disajikan dengan lauk-pauk seperti sambal, tempe, ikan teri, dan lain-lain. Biasanya disajikan dalam porsi kecil yang pas untuk disantap dalam satu kali makan.
    • Bakpia Pathok: Bakpia adalah kue khas Yogyakarta yang berisi pasta kacang hijau atau kacang tanah. Bakpia Pathok adalah varian yang paling terkenal, di mana kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.
    • Soto Ayam: Soto Ayam adalah sup ayam dengan kuah kuning yang khas, biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, taoge (toge), irisan telur, bawang goreng, dan seledri.
    • Kipo: Kipo adalah makanan ringan berbentuk kue kecil yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan santan kelapa, kemudian diisi dengan pasta kelapa atau kacang hijau.
    • Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate khas Yogyakarta yang terbuat dari daging kambing. Yang membedakan sate ini adalah penggunaan tulang kambing yang besar sebagai tusukannya.

Kesimpulan

Pantai Glagah Indah sangat memiliki potensial menjadi salah satu objek wisata yang layak untuk dikunjungi, paling tidak sekali dalam hidup kamu.

Selamat berlibur. Selamat menikmati waktu healing kamu. Semoga setelah mengunjungi Pantai Glagah Indah, penat yang bersarang di pikiran kamu segera tersingkir dan menjadi lebih fresh.

You might also like