Pantai Gunung Payung di Bali: Surga Tersembunyi yang Instagramable

Pantai Gunung Payung di Bali: Surga Tersembunyi yang Instagramable (sumber: Instagram @gunungpayungbeachbali)

Pantai Gunung Payung menjadi destinasi wisata yang paling menarik dikunjungi. Rasanya kurang afdol jika menyelenggarakan liburan di pulau Dewata, tetapi tidak mengunjungi rekreasi yang satu ini. Ada beberapa hal menarik yang dapat dijumpai pengunjung saat berkunjung ke sana.

Pantai yang satu ini masih cukup natural serta sedikit orang yang tahu. Tentu saja ini akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan tenang dengan adanya nuansa pantai rahasia. Wisatawan yang mendatanginya dapat nikmati pasir putih yang berwarna putih dan lembut.

Wilayah pantai ini selalu memberikan penyusunan yang baik, apakah itu dalam beberapa infrastruktur atau sarana yang hendak menyamankan beberapa wisatawan.

Maka kamu tak perlu cemas untuk berwisata di kawasan rekreasi di Bali ini. Tentunya sobat wisata dapat nikmati liburan terbaik kamu saat di sana.

Pantai Gunung Payung yang Menarik Dikunjungi

Pantai Gunung Payung yang Menarik Dikunjungi
Pantai Gunung Payung yang Menarik Dikunjungi (sumber: Google Maps: Adhyaksa Putra)

Pantai Gunung Payung sebuah tempat rekreasi yang dilengkapi bentangan pasir putih bersih dengan keelokan alamnya yang terbebas dari sampah-sampah yang ada.

Rekreasi pantai di Bali ini sangat bersih, dengan begitu pengunjung dapat rasakan sensasi pantai yang menyenangkan dan sehat.

Warna air di pantainya yang indah dan warna biru agak kehijauan dapat membuat hati kita merasa tenang dan damai.

Wisatawan bisa menikmati semua aktivitas, termasuk olahraga, snorkeling, dan lains ebagainya.

Wisatawan bebas ingin melakukan apapun itu di kawasan pantai asal hal tersebut masih wajar.

Selama ada dalam kawasan pantai ini, di mana kamu dapat mengikuti berbagai jenis sarana hiburan di sana.

Kamu yang kemungkinan merasa lelah karena tugas atau aktivitas yang menyebalkan, pantai ini menjadi satu diantara tempat terbaik untuk menghilangkan rasa capek dan lemas lesu kamu.

Pantai cantik dan lokasinya yang gampang dijangkau membuat wisatawan mulai terpikat untuk bepergian ke sana.

Di situ kamu akan menyaksikan beragam jenis hal termasuk perbukitan atau tebing.

Sehingga bukan hanya sebagai tempat dengan air lautnya yang cantik, rupanya ada banyak spot yang menarik untuk dilihat.

Agar kamu dapat ke pantai itu, maka kamu akan membutuhkan perjuangan untuk turun di atas 200 anak tangga.

Perlu kamu kenali jika anak tangga itu dapat disebut sebagai tangga-tangga yang bersifat permanen.

Pantai Gunung Payung memiliki ratusan anak tangga dengan teksturnya yang cukup sedikit kasar.

Jadi kamu pun tidak perlu mengkhawatirkan mengenai beberapa hal yang hendak terpeleset.

Pantai ini dijepit tebing yang tinggi-tinggi untuk lengkapi keindahan di sana.

Sepi dengan pengunjung, kamu yang berkunjung ke sana akan merasa bebas bila melakukan beberapa aktivitas yang terkait dengan rekreasi di pantai.

Rasanya akan beda dengan berlibur di pantai yang lain, karena di situ kamu akan nikmati pantainya sendiri seperti seseorang yang memiliki kawasan pantai itu.

Tempat ini menjadi satu diantara kawasan yang paling nyaman dan paling suci bagi Pura Dhang Kahyangan Gunung Payung.

Perlu kamu kenali jika nama kawasan ini diambil secara langsung dari beberapa nama pura yang suci.

Alasan Harus Datang ke Pantai Gunung Payung

Ada beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengapa sih harus berkunjung ke Pantai Gunung Payung.

Dalam pembahasan ini, kamu akan melihat kurang lebih 4 alasan mengapa harus ke rekreasi pantai gunung yang berada di Bali ini. Coba kamu baca rincian di bawah ini:

1. Mempunyai Pemandangan yang Menarik

Mempunyai Pemandangan yang Menarik
Mempunyai Pemandangan yang Menarik (sumber: Instagram @eko_potrait)

Salah satunya hal yang paling awal dan bisa kamu nikmati bila liburan ke Pantai Gunung Payung ialah menyusuri pantai sekalian menikmati view pemandangan yang menarik.

Sama seperti yang telah dikupas sedikit di atas tadi, di mana pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan air lautnya nampak jernih.

Ini jadi daya tarik tertentu yang sangat menarik untuk semua pengunjung yang berkunjung ke arah tempat ini.

Dari sudut pandang lainnya, pantai ini memiliki nuansa yang lebih tenang dan tenteram, khususnya yang berkunjung ke pantai itu pada hari-hari biasa.

Dalam hal ini, wisatawan bisa menyaksikan keelokan dari pemandangannya di atas bukit sebelum ke pantainya.

Sebagai tambahan dan saran, saat berkunjung ke sana kamu bisa bawa kamera untuk nikmati tiap spot menarik di atas bukit itu.

Destinasi wisata pantai ini memiliki daya tarik alam yang disertai pesona laut yang luas dan tebing-tebingnya yang berada di bagian bibir pantai.

View yang cantik ini akan menyempurnakan pengambilan gambar menarik untuk di unggah ke sebuah sosial media kamu.

Yang membuat menarik ialah hamparan ilalang menjadi salah satu hal yang unik untuk para fotografer.

Kamu tidak rugi bila harus berkunjung ke sana karena memiliki pemandangan yang menarik. Tempat ini jadi referensi terbaik untuk merefresh otak pengunjung yang lelah.

2. Dapat mengelilingi Lautan Pantainya

Dapat mengelilingi Lautan Pantainya
Dapat mengelilingi Lautan Pantainya (sumber: Instagram @wicky_adrian)

Mengapa harus ke pantai gunung yang berada di pulau Bali? Karena hal tersebut bisa menjaminkan tingkat serunya kamu saat berlibur di pulau Dewata.

Ada beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan, satu diantaranya mengelilingi pantai tanpa harus berjalan kaki, di mana kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kano.

Aktivitas di situ bukan sekedar untuk berfoto saja, tetapi di sana bisa membuat liburan yang kamu miliki menjadi lebih mengagumkan.

Bagaimana tidak, kamu akan dimanja segala hal yang dapat membuat wisatawan nyaman dan tidak menyesal bila harus berkunjung ke tempat ini.

Untuk mengelilingi lautan pantai dengan kano, kamu perlu menyewanya dengan biaya kisaran sebesar Rp. 50.000 untuk satu kano.

Harga segini maksimalnya hanya bisa dinaikkan oleh 2 orang dalam 1 jam. Tetapi, kamu harus ingat jika arus pantai di situ lumayan kuat, dan tentunya harus tahan agar tidak mabok laut.

3. Fasilitasnya yang Cukup Lengkap

Fasilitasnya yang Cukup Lengkap
Fasilitasnya yang Cukup Lengkap (sumber: Instagram @xu.lingna)

Berkunjung ke sebuah rekreasi, tentu saja kita akan memerlukan fasilitas yang cukup lengkap atau beberapa fasilitas umum.

Fasilitas tempat yang ideal bisa menjaminkan kenyamanan pengunjung saat berkunjung ke tempat itu. Di Pantai Gunung Payung ada beragam jenis fasilitas.

Fasilitas-fasilitasnya terbagi dalam tempat parkir, penginapan, kamar mandi, tempat untuk pertunjukan tari dan ada beberapa pedagang yang dapat mengisi perut kita yang kemungkinan terasa lapar dan kosong.

4. Lokasi yang Pas Untuk Berjemur, Bermain Pasir dan Berenang

Lokasi yang Pas Untuk Berjemur, Bermain Pasir dan Berenang

Mengapa kamu harus ke pantai ini? Salah satu alasannya ialah memiliki tempat di mana kamu bisa lakukan banyak hal seperti bermain pasir, berenang hingga berjemur.

Aktivitas yang semacam ini bagus sekali kan? Dan ini juga jadi hal yang biasa.

Mengapa begitu? Karena beberapa pengunjung yang ingin ke sesuatu pantai, kegiatan-kegiatan tersebut yang perlu dilaksanakan saat di pantai. Apakah itu berjemur, bermain pasir atau berenang.

Keindahan yang Dimiliki Pantai Gunung Payung

Berkunjung ke Pantai Gunung Payung dapat membuat kepuasan kita tercukupi. Hal itu karena ada objek wisata yang menarik di area pantai ini.

Banyak hal menarik yang dimilikinya dapat membuat wisatawan berasa kagum dan ingin berlama-lamaan di sana. Berikut rincian hal luar biasa yang perlu ketahui:

1. Paragliding

Paragliding

Tahukah kamu, sampai saat ini kawasan pantai ini selalu ditingkatkan terus dan membuat beberapa sarana atau fasilitas yang mendukung kenyamanan para wisatawan.

Untuk kamu yang hobi dengan berolahraga uji nyali atau memacu pada adrenalin, Paragliding menjadi pilihan yang terbaik untuk kamu coba.

Bisa dibilang ini adalah sarana yang paling hebat di Pantai Gunung Payung, karena pengunjung akan menikmati pantai yang kece dari ketinggian.

2. Bangunan Amphitheater

Bangunan Amphitheater
Bangunan Amphitheater (sumber: Google Maps: Andi Winata)

Bangunan Amphitheater adalah lokasi yang ada di area kawasan pantai ini. Keliatannya benar-benar istimewa dan memiliki view yang cantik menghadap ke laut yang luas.

Bangunan ini jadi tempat pertunjukkan dari seni atau budaya yang ada. Umumnya dipakai untuk melangsungkan perayaan adat, misalkan Tari Kecak.

Bangunan yang ini sangat mempesona dengan arsitekturnya yang memiliki nuansa tenang dan menarik.

3. Surfing

Surfing

Jika kamu merasakan takut dengan ketinggian, kemungkinan kamu bisa memacu adrenalin dengan lakukan aktivitas berseluncur di air laut yang berada di kawasan Pantai Gunung Payung.

Kebenaran ombak di situ lumayan bagus dan mendukung aktivitas ini, menjadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Ada banyak pula wisatawan luar negeri yang merasakan keseruan surfing ini. Jika kamu ingin coba dengan aktivitas yang satu ini, sebaiknya kamu bawa papan selancar sendiri dari rumah, ingat di situ tidak ada tempat penyewaan papannya.

4. Bukit Pandawa Golf dan Country Club

Bukit Pandawa Golf dan Country Club
Bukit Pandawa Golf dan Country Club (sumber: Google Maps: Arif Dewi)

Disamping itu, kamu bisa juga bermain golf untuk menyalurkan hobi kamu. Dalam perjalanan masuk ke dalam pantainya, ada lapangan golf dengan tempatnya ada di bagian perbukitan.

Yang pasti kamu dapat menemukan pemandangan yang bisa menarik mata.

Pepohonan dengan rerumputan yang terawat dan hijau membuat kita terlihat mirip orang yang professional dalam memainkan golf itu.

Tidak cuma untuk menyalurkan hobi kamu, di sini ada tempat makan dan tempat istirahat yang cukup nyaman.

Sudah pasti tempat ini benar-benar direkomendasikan untuk para pencinta golf atau ingin cari ketenangan.

Kamu dapat rasakan kesan permainan golf karena ada view pantai yang benar-benar cantik dan mempesona.

Perihal ini pula yang membuat Pantai Gunung Payung jadi lebih menarik.

5. Pura Gunung Payung

Pura Gunung Payung
Pura Gunung Payung (sumber: Instagram @iamphotobook_)

Saat sebelum sampai pada kawasan pantainya, wisatawan akan temukan sesuatu bangunan Pura klasik yang mempesona, dan ini ialah tempat untuk beribadah umat Hindu.

Pura Dhang Kahyangan mempunyai hubungan yang kuat berkenaan sejarah Dang Hyang Dwijendra dari Majapahit.

Panoramanya yang cantik langsung menghadap ke laut luas Samudra Hindia dan taman budaya area Gunung Payung. Yang pasti ini jadi daya tarik tertentu untuk pantai itu.

Walaupun wisatawan tidak dibolehkan untuk masuk ke dalamnya, tapi pengunjung akan dibikin kaget walau cuma pada bagian halaman Pura itu.

Namun, bila tertarik sama tempat Pura Gunung Payung, maka wisatawan harus mengenakan kain ciri khas kota Bali hingga dapat nikmati nuansa tradisionalnya.

6. Gunung Payung Cultural Park

Gunung Payung Cultural Park
Gunung Payung Cultural Park (sumber: Instagram @gunungpayungbeachbali)

Pantai Gunung Payung jadi lebih terkesan karena ada tempat wisata seperti Gunung Payung Cultural Park.

Tempat ini benar-benar spesial karena memiliki beberapa nilai religiusnya dan seni.

Letaknya pas di keindahan alam dari pantai itu, sudah pasti tempat ini akan memberikan pengalaman yang semakin lebih menarik selama liburan kamu berlangsung.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan cantiknya panorama laut yang luas dari ketinggian dengan air dan pasirnya yang cantik.

Tidak cuma itu saja, di sini mempunyai akomodasi agar wisatawan, entah itu tempat berkumpul atau panggung terbuka.

Latar belakang dari pantainya membuat situasi jadi lebih cantik, dan kamu bisa mengabadikan peristiwa itu sampai jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi dan Rute Pantai Gunung Payung

Bagaimana dengan beberapa hal menarik di atas yang ada di pantai tersebut? Beberapa hal itu dapat kamu peroleh dengan mengunjungi lokasi kawasan pantai itu.

Lalu di mana lokasi Pantai Gunung Payung? Lokasinya berada di desa yang bernama Kutuh, Kuta Selatan, Badung. Lebih tepatnya lagi ada di sisi timur dari Pantai Pandawa Kutuh Bali.

Lokasi dan Rute Pantai Gunung Payung
Lokasi dan Rute Pantai Gunung Payung (sumber: Instagram @dedytjan0912)

Untuk mencapai ke lokasi pantai itu, wisatawan bisa tempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam jika dari Denpasar dengan melalui jalur Tol Benoa.

Rute melalui tol itu sebagai salah satunya jalur yang paling cepat supaya dapat sampai pada lokasi kawasan Pantai Gunung Payung. Lantas bagaimana kita dapat sampai di situ lewat tol tersebut? Coba lihat rute di bawah ini.

  • Pertama kali kamu bisa ambil jalur Runtu dan Gg. Rajawali ke jalur Teuku Umar. Dalam perjalanannya pengunjung akan memakan waktu sekitaran 2 menit dengan jarak menempuh mencapai 400 meter.
  • Setelah itu, ambilah jalan menuju Pulau Moyo, Pelabuhan Benoa, Nusa Dua dan Bandara Ngurah Rai dan Benoa Tol atau Mandara Tol.
  • Selanjutnya Dharmawangsa dan secara langsung ke Gunung Payung dengan perjalanannya memakan 38 menit dalam jarak tempuhnya sekitar 22 kilometer.
  • Selanjutnya, perjalanan menuju Gunung Payung akan memerlukan waktu yang bisa mencapai kisaran 7 menit dalam jarak tempuhnya sekitaran 2 sampai 3 kilometer.

Total perjalanannya akan menghabiskan waktu selama 47 menit. Sebagai tambahan, apabila sudah sampai di situ, kamu perlu jalan kaki hingga sampai di titik kawasan pantainya.

Bila tidak ingin merasakan kelelahan, kamu dapat masuk ke dalam kawasannya dengan menggunakan shuttle yang dengan harga Rp.15.000 antar jemput untuk 1 orang.

Lokasi lengkap menuju pantai Gunung Payung:

Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasionalnya

Berapa harga yang perlu dikeluarkan? Pihak pemerintahan melakukan pembangunan kawasan rekreasi Pantai Gunung Payung dengan menawarkan beberapa spot atau tempat wisata terbaik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasionalnya
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasionalnya (sumber: Instagram @ikrar_pribadiansyah)

Untuk harga tiket masuk pantai gunung payung tidaklah mahal, bahkan pemandangannya di sana juga bisa memanjakan mata para pengunjung yang berkunjung tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam.

Pemerintahan desa mengurus kawasan pantainya dengan semua baik hingga pengunjung yang tiba akan dikenai ongkos masuknya.

Tetapi tenang karena harganya benar-benar dapat dijangkau, untuk wisatawan lokal dewasa Rp.4.000 per orang dan wisatawan luar negeri dewasa Rp.8.000 per orang.

Maka dapat dibilang jika anak-anak gratis. Dan biaya parkir mobil dapat mencapai kisaran Rp.5.000 per mobil dan motor Rp.2.000 per motornya.

Dan bila wisatawan yang berkunjung memakai bus, maka ongkos yang perlu dikeluarkan sebesar Rp.10.000 per busnya.

Bagaimana dengan jam operasional Pantai Gunung Payung? Pantai ini dibuka seharian atau selama 24 jam.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBis
Senin24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Selasa24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Rabu24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Kamis24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Jumat24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Sabtu24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000
Minggu24 JamRp. 4.000 – Rp. 8.000Rp. 2.000Rp. 5.000Rp.10.000

Jadi tidak ada jam tutup agar wisatawan yang tergerak hati berkunjung ke sana, pengunjung dapat bebas berkunjung ke sana asal bayar tiket masuk ditambah dulu.

Rekomendasi Hotel Sekitaran Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung, terletak di pesisir Bali yang menakjubkan, adalah tujuan wisata yang menarik bagi para pengunjung yang mencari pengalaman pantai yang eksklusif.

Jika kamu sedang merencanakan liburan di daerah ini, kamu pasti ingin mencari akomodasi yang nyaman dan dekat dengan pantai ini.

Untuk membantu kamu dalam pencarian tersebut, ayowisata.co.id telah menyediakan daftar hotel-hotel terdekat yang menawarkan fasilitas yang istimewa.

Baca terus untuk menemukan penjelasan lengkap tentang setiap hotel!

1. Kampi Villas

Kampi Villas
Kampi Villas (sumber: Google Maps: Kampi Villas – 6 serenity villas)

Kampi Villas  adalah pilihan akomodasi yang sempurna bagi wisatawan yang mencari kemewahan dan privasi.

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Gunung Payung, hotel ini menawarkan vila-vila pribadi yang luas dengan kolam renang pribadi.

Desain interior vila yang elegan dan fasilitas modern menciptakan pengalaman menginap yang istimewa.

Selain itu, para tamu dapat menikmati pemandangan luar biasa dari atas bukit dan akses mudah ke pantai.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.388.022 per malam

2. Ulu Segara Luxury Suites & Villas

Ulu Segara Luxury Suites & Villas
Ulu Segara Luxury Suites & Villas (sumber: Googel Maps Ulu Segara Luxury Suites & Villas)

Ulu Segara Luxury Suites & Villas adalah sebuah hotel mewah yang berlokasi strategis di dekat Pantai Gunung Payung.

Hotel ini menawarkan suite-suite mewah dan vila-vila yang dilengkapi dengan fasilitas terbaik.

Tamu dapat menikmati pemandangan indah dari balkon pribadi mereka sambil menikmati privasi yang dijamin.

Selain itu, hotel ini juga menyediakan restoran yang menghidangkan hidangan lezat dan spa yang menawarkan perawatan relaksasi.

Dengan lokasinya yang dekat dengan pantai, tamu dapat dengan mudah mengakses Pantai Gunung Payung dan menikmati keindahan alamnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.768.618 per malam

3. Dywill Villa

Dywill Villa
Dywill Villa (sumber: Google Maps: dywill villa)

Dywill Villa adalah hotel yang ramah lingkungan yang terletak di dekat Pantai Gunung Payung.

Hotel ini menawarkan vila-vila yang nyaman dengan desain yang modern dan fasilitas lengkap.

Tamu dapat menikmati suasana yang tenang dan damai di sekitar vila, serta berjalan singkat menuju pantai.

Hotel ini juga memiliki restoran yang menyajikan makanan organik dan sehat, memberikan pengalaman kuliner yang lezat dan seimbang.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 500.000 per malam

4. Frangipani Villa – Private Villas of Bali

Frangipani Villa - Private Villas of Bali
Frangipani Villa – Private Villas of Bali (sumber: Google Maps: Ostrovok)

Frangipani Villa – Private Villas of Bali menawarkan pengalaman menginap yang eksklusif dan romantis di dekat Pantai Gunung Payung.

Vila-vila pribadi dengan kolam renang pribadi ini menghadirkan suasana yang intim dan santai bagi para tamu.

Fasilitas yang lengkap, termasuk dapur pribadi dan ruang tamu, menjadikan penginapan ini ideal untuk pasangan yang mencari privasi dan kenyamanan.

Pantai Gunung Payung dapat dengan mudah dijangkau dari vila ini, memungkinkan tamu untuk menikmati aktivitas pantai yang menarik.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 13.154.732 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Gunung Payung yang Diskon Hingga 75%

Kuliner Khas Pantai Gunung Payung yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Pantai Gunung Payung yang Wajib Dicoba

Jika kamu berkunjung ke Pantai Gunung Payung di Bali, ada beberapa kuliner khas yang wajib dicoba. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang dapat kamu nikmati:

  1. Sate Lilit: Sate Lilit adalah hidangan Bali yang terkenal, terutama di daerah pantai. Dibuat dari daging ikan atau daging ayam yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah khas Bali, seperti bawang putih, kemiri, serai, dan daun jeruk. Sate Lilit kemudian dibakar di atas bara api. Rasanya gurih dan lezat, cocok untuk dinikmati bersama nasi atau lalapan.
  2. Pepes Ikan: Pepes adalah hidangan tradisional Indonesia yang juga populer di Bali. Ikan segar dibumbui dengan rempah-rempah dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus atau dibakar. Proses pemasakan dengan daun pisang memberikan aroma khas yang harum pada ikan. Pepes ikan merupakan pilihan yang sehat dan lezat.
  3. Jaja Batun Bedil: Jaja Batun Bedil adalah kue tradisional Bali yang terbuat dari ketan hitam yang dikukus dan kemudian digoreng. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis. Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah serut di atasnya. Jaja Batun Bedil menjadi camilan yang pas untuk menikmati suasana pantai.
  4. Nasi Campur Bali: Nasi Campur Bali adalah hidangan nasi dengan berbagai macam lauk yang disajikan dalam satu piring. Lauk yang umumnya ada di dalam nasi campur Bali antara lain ayam betutu, sate lilit, lawar, bebek betutu, dan sambal matah. Rasanya yang kaya dan bervariasi membuat nasi campur Bali menjadi hidangan yang sangat disukai oleh wisatawan.
  5. Es Campur: Jika kamu ingin mencoba minuman segar yang khas, jangan lewatkan Es Campur. Es Campur terdiri dari campuran es serut, buah-buahan segar seperti nangka, kelapa muda, alpukat, dan cincau, ditambah dengan sirup dan santan manis. Minuman ini sangat menyegarkan, terutama saat cuaca sedang panas.

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like