Pantai Jatimalang di Purworejo: Wisata Alam dengan Balutan Sejarah Hingga Patung Dewaruci yang Ikonik

Sudah merencanakan liburan panjang kemana tahun ini? Bagaimana jika ke Pantai Jatimalang yang berada di pesisir selatan Jawa Tengah?

Pantai dengan pasir hitam dan ombak yang cukup dahsyat ini memiliki fasilitas yang memadai, spot foto menarik, pemandangan alam dengan balutan sejarahnya yang kental, dan apapun yang kamu sekeluarga butuhkan untuk menghabiskan waktu selama liburan.

Harus ada sesuatu yang berbeda setiap liburan panjang bersama keluarga atau rekan-rekan seperjalanan, kan? Agar selesai liburan kamu bisa terasa lebih segar, otak bisa berpikir jernih kembali, stress free, dan bermakna untuk dikenang selama hari-hari sibuk beraktivitas.

Untuk itu, Pantai Jatimalang di Purworejo ini harus masuk dalam daftar tujuan liburan kamu sesegera mungkin karena wisata alam ini menawarkan paket lengkap dengan harga yang terjangkau untuk bisa memberikan kesenangan sekaligus ketenangan hati untuk siapapun yang mengunjunginya.

Sekilas Mengenai Sejarah Pantai Jatimalang

Sekilas Mengenai Sejarah Pantai Jatimalang
(sumber gambar: GoogleMaps_Abdul Ngafif)

Setelah Pantai Parangtritis di Yogyakarta, Pantai Jatimalang adalah pantai yang paling ramai di Purworejo dengan kondisi pasir hitam pantai yang kurang lebih sama seperti kebanyakan pantai yang ada di pesisir selatan Jawa.

Ombak di pantai ini terbilang cukup besar sehingga para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang. Sebagai gantinya, mereka bisa berenang di kolam renang air tawar yang memadai di sepanjang bibir pantai.

Deretan terpal warna-warni yang menandakan jika itu area kolam renang air tawar sangat kontras dengan kondisi Pantai Jatimalang pada tahun 1942. Dahulu kawasan ini adalah daerah pendaratan kapal yang banyak membawa tentara Jepang. Kawasan pantai ini dipilih karena aksesnya yang mudah dijangkau, cenderung sepi, dan dekat area pemukiman.

Di pantai ini tergores kisah religi dimana terdapat petilasan Pangeran Diponegoro. Area masjid di Pantai Jatimalang sendiri merupakan titik sejarah dimana konon katanya Pangeran Diponegoro pernah melakukan sholat tepat di lokasi itu.

Kamu mungkin bisa kerjakan napak tilas sesaat saat melakukan ibadah sembahyang di masjid ini seolah sedang membersamai pahlawan yang membawa nama Islam dalam perjuangan melawan penjajahnya itu.

Lokasi Tepatnya Pantai Jatimalang

Lokasi Tepatnya Pantai Jatimalang
(sumber gambar: GoogleMaps_nina joyo)

Pantai dengan pemandangan langitnya yang seolah bersatu dengan air lautnya ini berlokasi di Pati, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat Kota Purworejo dan orang-orang mudah menemukannya karena lokasinya yang strategis.

Kamu setidaknya membutuhkan waktu setengah jam saja dari Purworejo untuk sampai ke Pantai Jatimalang. Sementara itu, jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Yogyakarta yang terletak di Kulon Progo.

Kamu hanya butuh sekitar 20 menit untuk sampai ke pantai ini karena jaraknya hanya sekitar 20 km saja. Semua jenis kendaraan bisa melintas di sepanjang akses menuju Pantai Jatimalang.

Jika kamu berangkat dari kota lain dimana kamu bermalam di hotel, kamu bisa menggunakan maps dengan tenang menuju ke pantai ini karena jalurnya sangat mudah ditempuh dan belum pernah ada kisah pengunjung yang tersesat karena mengikuti jalur dari digital maps menuju ke pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Jatimalang:

Alamat: Pati, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Jatimalang

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Jika mendengar harga tiket masuk ke pantai ini kamu pasti tidak akan percaya karena ada begitu banyak fasilitas yang disediakan pengelola di dalam areanya.

Dengan membayar biaya masuk sebesar lima ribu rupiah per orang kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir yang nyaman, air bersih, kolam renang, toilet umum yang bersih, dan masih banyak lagi.

Begitu memasuki kawasan Pantai Jatimalang, kamu akan disambut Patung Dewa Ruci setinggi 6 meter yang kokoh berdiri di bibir pantai. Patung karya seniman asal Muntilan dan berdarah Bali, Nyoman Alif, ini menjadi spot foto yang paling diminati para pengunjung.

Mereka mungkin lelah usai melewati perjalanan jauh dari bandara atau kota-kota dekat Purworejo lainnya lalu memarkir kendaraan di tengah puncak musim liburan, tetapi begitu melihat patung yang terlihat ikonik ini rasa lelah itu bisa sirna seketika.

Pantai ini buka selama 24 jam dengan ketentuan tertentu di sejumlah fasilitasnya. Seperti jam parkir yang berlaku hanya dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Selebihnya pengunjung yang datang di luar jam parkir harus ikhlas jika tidak bisa menggunakan fasilitas parkir dan bisa meninggalkan kendaraannya agak jauh dari area pantai.

Bagaimana jika menginap di hotel yang ada di sekitar Pantai Jatimalang atau mendirikan tenda untuk berkemah di area pantai? kamu dan rombongan bisa menentukan sendiri mana yang lebih sesuai untuk gaya liburan kali ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jatimalang

Di Pantai Jatimalang, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru, seperti:

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jatimalang
(sumber gambar: GoogleMaps_Djona J)

1. Duduk-duduk Santai di Saung

Duduk santai berjam-jam di saung-saung yang ada di sepanjang pantai adalah kegiatan yang disukai oleh para pengunjung. Terutama orang-orang tua usia 40 tahun ke atas, supir yang habis mengendarai kendaraan wisata, dan anak-anak yang habis berenang di kolam renang.

Sinar matahari di atas jam 11 pagi biasanya cukup terik dan akan menembus bilah-bilah bambu yang tersusun di semua sisi saung sederhana ini.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sesuai agar sinar matahari tidak menyakiti kulit kamu. Bawa juga minuman yang menyegarkan seperti es kelapa atau es campur yang bisa kamu beli di warung-warung sekitar Pantai Jatimalang agar tubuh tidak dehidrasi saat harus berlama-lama berada di saung dengan matahari terik.

Dan yang tak boleh kamu lewatkan adalah mengambil foto atau video dari pemandangan pasir hitam pantainya yang berpadu halus dengan debur ombak bergulung-gulung putih yang besar.

2. Melihat Sunrise di Pantai Jatimalang

Pantai-pantai di Indonesia umumnya menyimpan misteri keindahan yang berbeda-beda saat matahari terbit dan tenggelam. Dengan pasirnya yang hitam, ombak di laut yang bergulung-gulung hebat, saung-saung yang bertebaran di sekitar pantai, dan perahu-perahu nelayan di pinggiran membuat momen menyaksikan sunrise di Pantai Jatimalang begitu berbeda.

Kamu harus datang untuk melihat sendiri keindahan pemandangan saat matahari terbit pertama kalinya di pantai ini. Jika ingin menyaksikan matahari terbit di sini, kamu sebaiknya tiba ke pantai sebelum jam 6 pagi. Setidaknya pukul 5 pagi kamu telah standby di pantai yang buka selama 24 jam ini.

Kamu bisa duduk-duduk santai di saung atau menggelar tikar di atas pasir sambil menunggu matahari muncul dan siap dengan kamera di tangan.

Melihat Sunrise di Pantai Jatimalang
(sumber gambar: GoogleMaps_Bukan Kerjaan Bakti)

3. Melihat Sunset di Pantai Jatimalang

Matahari terbenam di pantai ini tidak kalah menariknya. Kamu dan rombongan mungkin sudah kelelahan bermain seharian dan mencicipi fasilitas yang ada. Sekarang saatnya duduk santai di saung atau di atas pasir sekitar jam 5 sore untuk siap-siap melihat sunset di Pantai Jatimalang.

Mendirikan tenda dan duduk di dalamnya ide yang menarik. Sambil memegangi kamera untuk membidik jatuhnya matahari secara perlahan ke peraduan, kamu dapat saling bercengkrama dengan orang-orang terkasih.

Kamu juga bisa menyewa gazebo dengan harga 20 ribu sampai 50 ribu untuk satu kali bayar di sekitar area pantai ini untuk bisa duduk nyaman sejenak menikmati sisa hari itu.

Pemandangan langit dengan semburat sinar kekuningan saat senja juga bisa menjadi background foto atau video yang menarik. Kamu bisa mengenakan pakaian berwarna netral seperti putih atau abu-abu yang kontras dengan warna langit yang mulai menampakkan jingganya itu.

Sekain itu, kamu juga bisa lho membawa produk jualan untuk ikut difoto background Pantai Jatimalang yang mungkin berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang pernah kamu kunjungi.

4. Berenang Bersama Anak-anak

Anak-anak tentu suka berlama-lama di kolam renang karena selain segar, mereka juga bisa bermain dengan bola warna-warni dan perosotan yang sengaja pengelola masukkan ke pada kolam. Sambil bercipak-cipak kaki dan sesekali menceburkan diri ke kolam, mereka bisa juga melihat pemandangan laut yang berada tepat di depan kolam renang.

Memfoto anak-anak yang bermain air di kolam seluas 50 meter persegi ini membawa keasikan tersendiri. Jadikan liburan panjang kali ini bersama keluarga menjadi lebih seru dengan mengajak semua anggota keluarga masuk ke frame foto dan durasi video yang kamu buat walau dengan ponsel biasa saja.

Berenang Bersama Anak-anak
(sumber gambar: GoogleMaps_dse)

5. Snorkeling

Orang-orang dewasa mungkin tidak tahan untuk mencoba spot snorkeling karena ada larangan berenang di pantai ini. Meskipun ombak di Pantai Jatimalang terhitung besar, tetapi sangat aman melakukan water sport snorkeling di sini.

Kamu dapat melihat keindahan biota laut langsung di bawah air dengan melakukan beberapa persiapan sebelum snorkeling sebagai berikut:

    • Persiapan Fisik: Ketahui kondisi fisik kamu sebelum memutuskan snorkeling. Meskipun aman dan semua berada di bawah pengawasan, namun jika fisik kamu kurang sempurna maka hal itu bisa membahayakan.
    • Memperhatikan Kondisi Sekitar: Saat berada di bawah laut, kamu tetap harus waspada pada arus yang tiba-tiba kencang ke arah kamu, gelombang laut yang kurang bersahabat, dan ekosistem laut yang mungkin tidak sengaja terinjak kaki dengan sirip hingga bergesekkan.
    • Pemeriksaan Peralatan: Peralatan seperti snorkel, masker, kaki katak, selang huruf J adalah yang akan menjadi sahabat terdekat kamu selama melakukan snorkeling di Pantai Jatimalang.
    • Pakaian Yang Tepat: Baju pelampung yakni pakaian yang tepat untuk pemula snorkeling karena akan membuat kamu mengapung selama berada di laut. Ini membuat kamu merasa aman dan nyaman selama melakukan olahraga air yang seru ini.

6. Sewa ATV di Pantai Jatimalang

Untuk bisa berkeliling di sekitar pantai, kamu bisa menyewa ATV dengan hanya membayar sekitar 20 ribu rupiah per 15 menit. Ingin lebih lama juga bisa lho. Kamu hanya tinggal melakukan negosiasi dengan pengelola ATV yang kadang menyediakan fasilitas jalan-jalan di sekitar pantai dengan kuda atau sepeda ini.

Kadang seorang ayah akan mengajak anak kecilnya naik ATV di depan dan mulai berjalan menyusuri pantai saat matahari tidak terlalu terik sekitar jam 4 sore. Sementara para ibu menyiapkan makanan di gazebo yang mereka beli di warung atau hotel.

Sewa ATV di Pantai Jatimalang
(sumber gambar: GoogleMaps_jito mulyono)

7. Olahraga di Pantai Dewaruci

Pantai Jatimalang kadang terasa seperti kawasan tempat tinggal di pusat kota karena memiliki jogging track sendiri yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan waktu pagi yang masih dini atau waktu sore yang hangat.

Di beberapa titik jalur jogging track di sini disediakan pendopo kecil untuk berteduh atau beristirahat sejenak usai lari sedemikian jauhnya. Ini juga menjadi spot foto yang menarik selain spot foto di depan Patung Dewa Ruci.

Jangan lupa untuk mengisi perut yang kosong sehabis olahraga agar kamu tidak mengalami kelelahan berlebihan dan dehidrasi. Semua jajanan yang biasa kita temui di kota-kota seperti bakso, es kelapa, siomay, es campur, soto, sate, dan hidangan laut dijual di berbagai warung makanan sekitar pantai.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang terletak di Kecamatan Purworejo, Jawa Tengah, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di daerah tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan yang dekat dengan Pantai Jatimalang:

1. Hotel Omah Soemantri

Hotel Omah Soemantri
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati penginapan nyaman di Hotel Omah Soemantri yang terletak di Hargowilis, bagian dari keindahan Hargowilis. Di sini, kamu akan dekat dengan berbagai atraksi menarik serta pilihan restoran lezat.

Properti bintang-5 ini dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat kamu betah selama menginap, termasuk wifi gratis, tempat parkir, restoran, balkon/teras, layanan check-in/check-out pribadi, dan resepsionis 24 jam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 356.400 per malam

2. Urbanview keTemon Hotel & Resto YIA by RedDoorz

Urbanview keTemon Hotel & Resto YIA by RedDoorz
(sumber gambar: Agoda)

Jika kamu berada di Srandakan, jangan lewatkan kesempatan untuk menginap di Urbanview keTemon Hotel & Resto YIA by RedDoorz. Terletak strategis di Yogyakarta, properti ini memberikan akses mudah ke atraksi wisata dan restoran terbaik di sekitar.

Jangan lupa menjelajahi keindahan Taman Sari yang terkenal sebelum pulang. Fasilitas yang ditawarkan termasuk wifi gratis, AC, dan tempat parkir mobil.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 183.680 per malam

3. Super OYO 92363 KP Inn

Super OYO 92363 KP Inn
(sumber gambar: Agoda)

Super OYO 92363 KP Inn adalah pilihan sempurna bagi kamu yang mencari penginapan di Srandakan, Yogyakarta. Properti ini menyediakan kenyamanan dan kemudahan selama menginap.

Dilengkapi dengan fasilitas seperti wifi gratis, parkir gratis, layanan check-in/check-out pribadi, resepsionis 24 jam, AC di area umum, disinfeksi harian di semua kamar, layanan binatu, dan kamar bebas asap rokok.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 108.844 per malam

4. OYO 92101 Elma Guesthouse

OYO 92101 Elma Guesthouse
(sumber gambar: Agoda)

OYO 92101 Elma Guesthouse menawarkan penginapan yang nyaman di Srandakan, Yogyakarta. Nikmati kemudahan akses ke atraksi wisata dan restoran terdekat serta jangan lupa kunjungi Taman Sari yang terkenal.

Fasilitas yang tersedia meliputi wifi gratis, tempat parkir, resepsionis 24 jam, layanan check-in/check-out ekspres, disinfeksi harian di semua kamar, termometer tubuh, layanan binatu, dan layanan kebersihan harian.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 114.318 per malam

5. Telaga Mulya Hotel

Telaga Mulya Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Telaga Mulya Hotel menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan di Srandakan, Yogyakarta. Nikmati kenyamanan dengan akses mudah ke berbagai atraksi wisata dan restoran terbaik di sekitarnya.

Fasilitas yang disediakan termasuk wifi gratis, tempat parkir, resepsionis 24 jam, AC di area umum, kamar bebas asap rokok, bahasa Inggris dan Indonesia yang dipahami oleh staf, serta tersedia opsi untuk tidak mensterilkan kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 147.420 per malam

Keuntungan Menginap di Hotel dan Camping di Pantai Jatimalang

Ada beberapa wisma, guest house, dan hotel yang menyediakan banyak kamar untuk para pengunjung Pantai Jatimalang. Kamu mungkin punya waktu cukup panjang untuk bersantai di liburan kali ini, lebih baik menyewa kamar di sekitar pantai.

Liburan kamu dan rombongan pasti jauh lebih berkesan dibandingkan menghabiskan waktu sekian jam berkendara lantas mengunjungi pantainya sebentar saja karena khawatir kemalaman di jalan.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menginap di sekitaran Pantai Jatimalang diantaranya:

Keuntungan Menginap di Hotel dan Camping di Pantai Jatimalang

1. Waktu Bersantai Yang Berkualitas

Mungkin kamu punya waktu empat sampai lima hari berada di hotel sekitar Pantai Jatimalang. Selama waktu itu, kamu tidak akan terburu-buru saat menikmati semua pemandangan fasilitas yang ada di pantai.

Termasuk bisa memberikan cerita seru pada anak-anak atau keponakan mengenai sejarah pantai ini yang sudah terjadi sejak tahun 1942 selama berjalan-jalan santai di bawah pepohonan yang teduh.

2. Bisa Mencoba Banyak Fasilitas

Satu hari tidak cukup untuk pengunjung untuk mencoba semua fasilitas di pantai ini. Terlebih jika ini adalah waktu puncak liburan panjang dimana kamu harus bergantian menyewa ATV, berenang di kolam sepanjang pinggir pantai, dan menggunakan kamar mandi untuk bilas badan.

Bisa Mencoba Banyak Fasilitas

3. Pengalaman Baru Camping di Pantai

Para pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar area pantai untuk bermalam. Biasanya mereka yang sengaja camping di Pantai Jatimalang merupakan mereka yang baru selesai menikmati matahari terbenam dan belum bisa move on. Tinggal ambil perlengkapan camping di pantai yang ada di bagasi mobil atau motor.

4. Hari Ini Belum Puas Besok Bisa Kembali Lagi

Bia mungkin hari ini kamu kehilangan kesempatan menyewa ATV atau melakukan snorkeling karena saking banyaknya pengunjung, maka kamu bisa kembali esok hari di saat yang lebih dini. Bahkan bila perlu saat penyewaan ATV baru buka. Kamu juga bisa mendirikan tenda di spot dekat dengan fasilitas yang belum sempat kamu coba itu.

Makanan Khas Purworejo yang Menggugah Selera

Purworejo, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki sejumlah makanan khas yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Makanan Khas Purworejo yang Menggugah Selera

    • Dawet Ireng: Minuman segar yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah, santan, dan tambahan agar-agar hitam. Biasanya disajikan dengan es serut dan siraman santan.
    • Geblek: Geblek adalah makanan tradisional yang dibuat dari bahan tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng gurih. Bentuknya seperti angka delapan berwarna putih bersih dan diolah dengan cara digoreng.
    • Clorot: Kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.
    • Kue Lompong: Kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang dibentuk bulat lalu dikukus. Biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.
    • Kupat Tahu Purworejo: Kombinasi antara kupat (nasi yang dibungkus dengan daun kelapa) dan tahu yang disajikan dengan kuah kacang yang gurih.
    • Sego Koyor: Makanan khas Purworejo berupa nasi yang disajikan dengan kuah koyor yang terbuat dari tulang sapi, santan, dan rempah-rempah.
    • Sate Winong: Sate yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dibumbui dengan rempah khas Purworejo dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.
    • Rengginang: Camilan yang terbuat dari beras yang dipadatkan lalu digoreng hingga kering dan renyah. Biasanya memiliki berbagai varian rasa seperti original, pedas, atau manis.

Kesimpulan

Pantai Jatimalang yang juga dikenal sebagai Pantai Dewa Ruci ini sangat cocok kamu kunjungi di pagi hari sekitar jam 8 pagi saat sepi pengunjung atau sekitar jam 4 sore hari.

Jika kamu datang sesaat dan sesudah jam makan siang, maka kamu akan bertemu dengan terik matahari yang lumayan menyengat. Selalu gunakan pakaian yang tepat dan sunblock untuk melindungi kesehatan kulit kamu selama berada di pantai ini ya!

You might also like