Pantai Jayanti di Cianjur: Surga Pecinta Seafood dan Sunset

Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang mempunyai beragam keindahan alam, mulai dari wilayah pegunungannya hingga ke wilayah pesisirnya. Salah satu wisata pantai yang terkenal di Jawa Barat adalah Pantai Jayanti.

Pantai ini begitu populer dengan harga ikan laut yang terjangkau dan mempunyai banyak pilihan. Bukan hal yang mengejutkan, karena cukup banyak kapal nelayan yang terparkir di sini.

Namun apa hanya itu saja daya tarik pantai tersebut? Tentu saja tidak, masih ada banyak lagi. Oleh karena itu, berikut adalah detail informasi mengenai Pantai Jayanti yang wajib kamu ketahui.

Lokasi Pantai Jayanti
(sumber gambar: GoogleMaps_Mohamad Heri Rizal)

Lokasi Pantai Jayanti

Pantai Jayanti terletak di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat Kota Bandung sekitar 110 km dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam, dan jika dari Kota Cianjur sekitar 150 km dengan waktu tempuh yang kurang lebih sama.

Rute Lengkap Menuju Pantai Jayanti di Cianjur:

Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 5.000Rp 15.000

Untuk masuk area pantai ini, wisatawan harus bayar biaya parkir. Kendaraan roda dua Rp. 5.000, dan kendaraan roda empat Rp. 15.000. Pantai ini buka 24 jam setiap hari.

Keindahan Pantai Jayanti

Keindahan Pantai Jayanti
(sumber gambar: GoogleMaps_Gunawan Satyakusuma)

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan air lautnya yang kebiruan. Suara ombak yang menabrak karang ialah salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini. Keindahan pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga tidak boleh dilewatkan.

Ombak besar yang dimilikinya membuat pantai ini tidak cocok jika dipakai untuk berenang. Jika hanya bermain air di bibit pantai bisa dilakukan, akan tetapi, hal yang harus diperhatikan ialah cuaca dan kondisi pasang surut.

Saat cuaca tidak bersahabat, maka lebih baik tidak mendekati area bibir pantai, termasuk saat kondisi air laut sedang pasang. Sebagian pantai ini juga terdapat palung dalam, yakni tempat perahu diparkirkan.

Warga lokal menyebut area itu dengan lawang yang mempunyai arti pintu. Area itu adalah pintu masuk dan keluar dari pelabuhan.

Pantai ini mempunyai pasir hitam kecoklatan dan berbulir besar. Garis pantai yang dimilikinya pun tidak terlalu panjang. Area timurnya terdapat banyak karang dan berbatu, dan area Baratnya terdapat beberapa tempat berpalung dan landai, sehingga pengunjung harus berhati-hati dan lebih baik tidak mendekati bibir pantai.

Aktivitas di Pantai Jayanti

Terdapat banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan jika kamu mengunjungi Pantai Jayanti, seperti halnya di bawah ini:

Aktivitas di Pantai Jayanti

    • Kuliner Lokal: Di sekitar pantai ini terdapat berbagai kuliner lokal yang patut dicoba, seperti nasi liwet, ikan bakar, dan sate kelapa. Wisatawan bisa menikmati kuliner tersebut di warung-warung makan yang terdapat di sekitar pantai.
    • Beli Ikan Segar: Pantai ini dikenal juga sebagai pantai penghasil ikan laut segar beragam jenis dengan harga yang terjangkau. Bagaimana tidak, pantai ini dekat sekali dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jayanti. Jadi tak heran jika banyak sekali warung yang menawarkan beragam ikan segar dengan harga yang terjangkau.
    • Melihat Sunset dan Deburan Ombak: Menggelar tikar atau berpiknik di pantai ini sangat direkomendasikan, karena kegiatan seperti berenang, bermain air, atau bermain pasir juga tidak begitu menarik untuk dilakukan. Walau begitu, pengunjung bisa menikmati camilan didampingi suara deburan ombak dan mengobrol bersama keluarga, teman atau pasangan sampai sore hari tiba untuk menyaksikan matahari terbenam yang begitu cantik di pantai ini.
    • Berfoto: Pantai ini terkenal dengan spot foto yang menarik, terutama di area yang memiliki batu karang dan tentunya ketika momen matahari terbenam. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera terbaik saat mengunjungi pantai ini.
    • Berlayar: Jika ingin merasakan sensasi ombak di pantai ini, maka tidak ada salahnya untuk menyewa perahu atau jika ingin merasakan pengalaman menangkap ikan di laut, kamu juga bisa mencoba ikut melaut bersama para nelayan.
    • Memancing: Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini menjadi bagian dari TPI, sehingga kegiatan memancing di sekitar pantai atau ikut nelayan ke tengah laut untuk memancing ialah kegiatan yang bisa dilakukan.

Fasilitas di Pantai Jayanti

Fasilitas umum yang dapat dinikmati untuk semua pengunjung baik gratis atau berbayar, tergantung pada fasilitas apa yang digunakan. Berikut ini ialah fasilitas-fasilitas umum yang ada di Pantai Jayanti:

Fasilitas di Pantai Jayanti

    • Area Parkir: Ada area parkir yang lumayan luas di sekitar pantai, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kekurangan tempat parkir.
    • Kamar Mandi dan Toilet: Ada banyak kamar mandi dan toilet yang disiapkan di sekitar pantai jadi wisatawan tidak perlu kebingungan saat ada urusan ke belakang.
    • Penginapan: Di sekitar pantai terdapat beberapa penginapan yang bisa dijadikan tempat menginap oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama.
    • Warung makan: Rasa lapar yang tiba-tiba menyerang di tempat wisata kerap kali membuat para wisatawan kebingungan, apalagi jika tidak ada warung makanan di sekitar lokasi. Tetapi tak perlu bingung lagi, karena di pantai ini terdapat banyak warung makan yang menyediakan hidangan laut atau makanan yang lain.

Tips Berkunjung di Pantai Jayanti

Pantai Jayanti di Cianjur, Jawa Barat, adalah salah satu destinasi wisata yang indah di Indonesia. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu saat berkunjung ke Pantai Jayanti:

Tips Berkunjung di Pantai Jayanti

    • Datanglah Saat Musim Liburan atau Akhir Pekan: Pada hari biasa jumlah pengunjung cenderung sedikit sehingga suasana di pantai akan terasa lebih sepi.
    • Selalu Patuhi Aturan yang Ada di Pantai: Segala peraturan yang dibuat digunakan untuk menjaga keasrian dan kebersihan pantai, seperti tidak merusak lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak terumbu karang.
    • Gunakanlah Sunblock dan Topi: Pantai terkenal dengan cuacanya yang lembab dan sinar mataharinya yang begitu menyengat, jadi pakailah kedua hal itu sebagai pelindung dari sinar matahari yang cukup kuat di pantai.
    • Jangan Lupa Membawa Kamera atau Handphone: Keindahan pantai dan momen yang tepat tentu sangat wajib untuk diabadikan, maka jangan lupa untuk membawa salah satu alat pengambil gambar itu.
    • Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Lokal: Banyak kuliner lokal yang tidak boleh terlewatkan, seperti nasi liwet, ikan bakar, dan sate kelapa yang ada di pantai ini.
    • Selalu Berhati-hati Saat Berenang atau Melakukan Aktivitas di Laut: Pantai ini populer dengan ombaknya yang besar dan arus lautnya yang lumayan kuat, jadi pengunjung harus waspada saat berada di pantai, terutama untuk anak-anak.
    • Selalu Bawa Uang Tunai Secukupnya: Disekitaran pantai tidak banyak tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit, jadi siapkan uang tunai secukupnya, mungkin antara 500 ribu sampai 2 jutaan tergantung berapa banyak orang yang ikut ke pantai ini.

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Jayanti

Sudah puas dengan keindahan alam pesisir Jayanti dan ingin mengunjungi wisata pesisir lainnya di Jawa Barat? Berikut sejumlah tempat wisata pesisir lain yang berlokasi dekat dengan Pantai Jayanti.

1. Pantai Ciwidig

Pantai Ciwidig
(sumber gambar: GoogleMaps_Muhammad Gibran Abhy Koswara)

Selayaknya pantai di sekitar Jayanti, ombak di pantai ini juga besar. Walau begitu, di sekitar pantai banyak pohon pinus yang rindang. Inilah yang membedakan pantai ini dengan Jayanti.

Pepohonan pinus yang rindang membuat udara di pantai ini semakin terasa sejuk. Selain itu, area pohon tersebut dijadikan tempat untuk menjajakan makanan bagi masyarakat lokal, sehingga sangat tepat jika bersantai di area itu sambil menikmati suasana dan keindahan Pantai Ciwidig.

Pantai Ciwidig sendiri dapat ditempuh dari Jayanti sejauh 8 km dengan waktu yang dipakai kurang lebih 20 menitan. Memasuki pantai ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis dan buka 24 jam.

Namun jika ada transisi terkait tiket masuk, semisal sudah mulai diberlakukan, maka jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar atau melalui e-mail, agar banyak orang lebih tahu kondisi terbaru dari pantai ini.

2. Pantai Cipandak

Pantai Cipandak
(sumber gambar: GoogleMaps_Ayah Nur)

Pantai ini merupakan pantai yang tidak banyak orang tahu. Jadi sangat cocok jika ingin merasakan tempat wisata pribadi. Ombak pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga lebih aman jika ingin bermain air. Tidak dianjurkan untuk berenang di Pantai Cipandak, karena tetap, ombaknya di wilayah ini masih termasuk besar.

Pantai Cipandak masih sangat alami dan begitu indah. Di sini yang paling menarik adalah spot memancingnya yang banyak memiliki ikan. Jarak pantai ini relatif dekat dari Jayanti, yakni kurang lebih 12 km dengan waktu tempuh 25 menit.

3. Pantai Batu Kukumbung

Pantai Batu Kukumbung
(sumber gambar: GoogleMaps_Dadan Bacip)

Pantai ini dikenal mitosnya, yakni bebatuan karang yang berada di pantai ini mitosnya ialah kursi dari Prabu Siliwangi. Tak heran jika masyarakat lokal menjadikan beberapa area di pantai ini sebagai tempat keramat.

Memang itu hanya mitos, tapi tetap sebagai pengunjung dari luar kota, tetap harus menghormati hal itu walaupun tidak mempercayainya.

Pantai Batu Kukumbung memiliki ombak yang sedikit lebih tenang, karena ada bebatuan karang yang mengurangi keganasan ombaknya. Dengan demikian, aktivitas bermain air sangat bisa dilakukan di pantai ini sebagai ganti, karena di Jayanti tidak bisa melakukannya.

Keindahan matahari terbenam di pantai ini pun tidak bisa dilewatkan. Jarak dari Jayanti terbilang masih dekat, yakni kurang lebih 14 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

4. Pantai Cidora

Pantai Cidora
(sumber gambar: GoogleMaps_Flandy C)

Pantai ini juga termasuk pantai di dekat Jayanti yang masih sepi pengunjung. Keasrian pantai ini tetap terjaga secara baik. Daya tariknya sendiri ialah keindahan pemandangan matahari terbenamnya.

Tidak hanya itu saja, vegetasi yang ada di sekitar pantai juga begitu cantik. Pantai Cidora memiliki muara dengan ombak yang jauh lebih tenang, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Walau begitu, ada seorang warganet yang memberikan ulasan jika harus berhati-hati adanya buaya muara yang terkadang terlihat seperti batang kayu mengapung. Entah benar atau salahnya, lebih baik berhati-hati, karena ada muara di sini.

Menyusuri keindahan pantai ini sangat direkomendasikan, tetapi ketika berada di spot bebatuan karang, jangan bertelanjang kaki, karena ada banyak karang yang lancip.

Pantai Cidora sendiri berjarak kurang lebih 23 km dari Jayanti dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Pintu masuknya sama dengan Pantai Rancabuaya, tetapi nanti akan ada pintu masuk ketika ke pantai ini dengan harga tiket masuk Rp. 5.000 per orang.

5. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
(sumber gambar: GoogleMaps_AWIS FALS)

Pantai ini sangat terkenal di Jawa Barat selain Jayanti. Meskipun nama pantai ini cukup menyeramkan, di mana ranca berarti rawa dan buaya adalah salah satu predator, tapi keindahan yang dimiliki pantai ini menepiskan keseramannya.

Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Perpaduan pepohonan, perbukitan, dan keindahan lautnya begitu serasi. Jika ingin melihat pemandangan itu dalam satu paket, maka pengunjung bisa naik ke bukit yang berada di dekat pantai ini.

Ombak Pantai Rancabuaya termasuk besar, sehingga lebih baik menghindari beraktivitas dekat dengan bibir pantai. Pengunjung bisa mengganti aktivitas tersebut dengan makan di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan lautnya yang begitu indah.

Jarak Pantai Rancabuaya dengan Pantai Jayanti kurang lebih 23 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.000 per orang dengan biaya parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000.

6. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak
(sumber gambar: GoogleMaps_Van DEKAR)

Pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang begitu luar biasa indah. Bebatuan yang berada di pantai ini menambah keindahannya saat menjelang petang.

Pantai ini sangat cocok bagi orang-orang yang sangat menyukai pemandangan senja yang begitu menawan. Selain itu, banyak spot foto yang bagus, bahkan di pantai ini ada yang digunakan sebagai latar belakang untuk foto prewedding.

Saat ombak tidak begitu besar, pengunjung bisa bermain air di bibir pantai ataupun lebih tepatnya di area yang terdapat banyak bebatuan, tetapi tetap perlu berhati-hati.

Harga tiket masuk di Pantai Cicalobak terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.000 per orang, sama dengan Pantai Rancabuaya, tetapi biaya parkirnya lebih murah. Biaya parkir sepeda motor hanya Rp. 2.000 dan mobil hanya Rp. 5.000. Jarak Pantai Cicalobak dari Pantai Jayanti kurang lebih 28 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

7. Puncak Guha

Puncak Guha
(sumber gambar: GoogleMaps_Dwi Pangestu)

Jika ingin berkemah dengan suasana pantai, maka Puncak Guha adalah pilihan wisata alam pantai Jawa Barat yang wajib dikunjungi. Selain itu, keindahan tempat wisata alam ini tidak diragukan lagi.

Puncak Guhah ialah tebing karang yang menjorok ke laut yang bagian bawahnya adalah sebuah goa. Jika berada di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan 360 derajat, mulai dari laut sampai persawahan.

Harga tiket masuk Puncak Guha ialah Rp. 7.500 per orang, jika ingin berkemah di sini, maka ada tambahan Rp. 5.000 per orang. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000.

Puncak Guha adalah tempat yang cocok untuk orang-orang yang ingin merasakan pengalaman baru, di mana ketika baru bangun tidur, keluar tenda, langsung disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Apalagi jika ditemani secangkir kopi hangat. Sempurna sudah hidup ini.

Dengan begitu, jika ingin berkemah di pantai, jangan di Jayanti, ke Puncak Guha saja. Jarak Puncak Guha dengan Pantai Jayanti kurang lebih 24 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Rekomendasi Penginapan Nyaman di Cianjur

Jika kamu sedang mencari penginapan yang nyaman di Cianjur dan ingin menikmati keindahan Pantai Jayanti, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap yang dapat membuat perjalanan kamu lebih berkesan:

1. Negla Beach Villa

Negla Beach Villa
(sumber gambar: Agoda)

Dapatkan pengalaman tak terlupakan di Negla Beach Villa, yang strategis terletak di Kamojang – Chevron, bagian dari Garut. kamu akan merasa dekat dengan berbagai atraksi dan restoran menarik di sekitar properti. Jangan lewatkan Kebun Mawar Situhapa yang terkenal sebelum pulang. Nikmati kenyamanan menginap dengan kolam renang luar ruangan dan restoran istimewa. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan berbagai fasilitas populer seperti kolam renang, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, serta tempat parkir gratis akan menambah kebahagiaan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 702.852 per malam

PESAN HOTEL Negla Beach Villa Diskon 74%

2. Paddies Homestay

Paddies Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Paddies Homestay adalah pilihan tepat untuk kamu yang mencari penginapan strategis di Cianjur, bagian dari Puncak. Properti ini menawarkan kenyamanan dengan lokasi dekat atraksi dan restoran menarik. kamu dapat check-in mulai pukul 13.00 dan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas populer seperti tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, AC, dan layanan jemputan bandara akan memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 157.500 per malam

PESAN HOTEL Paddies Homestay Diskon 82%

3. RedDoorz Resort @ Cianjur City Park

RedDoorz Resort @ Cianjur City Park
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati lokasi strategis di Cianjur dengan menginap di RedDoorz Resort @ Cianjur City Park, bagian dari Puncak. Properti ini menyuguhkan kenyamanan akses ke atraksi dan restoran menarik. Jangan lewatkan Taman Wisata Matahari yang terkenal sebelum meninggalkan. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan fasilitas populer seperti kolam renang, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir akan menambah nilai pengalaman menginap kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 276.989 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz Resort @ Cianjur City Park Diskon 54%

4. Humbly Hotel

Humbly Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan tinggal di Humbly Hotel, properti strategis di Cianjur, Puncak. Selain dekat dengan atraksi dan restoran populer, jangan lewatkan kunjungan ke Taman Wisata Matahari yang terkenal. Properti bintang-4 ini menawarkan kolam renang dalam ruangan untuk menambah kesan istimewa pada pengalaman menginap kamu. Waktu check-out hingga pukul 12.00, dengan fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 551.040 per malam

PESAN HOTEL Humbly Hotel Diskon 51%

5. CHARAKA HOTEL CIANJUR

CHARAKA HOTEL CIANJUR
(sumber gambar: Agoda)

Charaka Hotel Cianjur, hotel simpel di Jalan Nasional Rute 3, menawarkan kenyamanan dengan jarak 19 km dari Air Terjun Batu Lempar dan 17 km dari stasiun kereta Gandasoli. Waktu check-in dimulai pukul 12.00, dan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan AC, menjadikan pengalaman menginap kamu lebih menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 196.800 per malam

PESAN HOTEL Charaka Hotel Cianjur Diskon 63%

Kulineran Lezat Khas Cianjur di Sekitar Pantai Jayanti

Cianjur memiliki beragam kuliner lezat yang bisa dinikmati, dan beberapa di antaranya dapat kamu temui di sekitar Pantai Jayanti. Berikut beberapa kuliner khas Cianjur yang patut kamu coba:

Kulineran Lezat Khas Cianjur di Sekitar Pantai Jayanti

    • Nasi Liwet Cianjur: Nasi liwet Cianjur terkenal dengan kelezatannya. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti ayam suwir, sayur asem, dan sambal khas Cianjur.
    • Gurame Bakar: Pantai Jayanti dikenal sebagai tempat yang menyajikan ikan gurame bakar yang segar dan lezat. kamu bisa menikmati sajian ini dengan pemandangan pantai yang indah.
    • Karedok Leunca: Karedok adalah salah satu hidangan khas Sunda. Karedok Leunca khas Cianjur menggunakan bahan utama leunca, yaitu jenis sayuran hijau yang memberikan rasa segar.
    • Ayam Goreng Lengkuas: Ayam goreng lengkuas adalah hidangan ayam goreng dengan bumbu lengkuas yang khas. Rasanya gurih dan aromatik, memberikan pengalaman kuliner yang unik.
    • Soto Cianjur: Soto Cianjur memiliki kuah bening dengan rasa yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daging sapi, kentang, dan tauge.
    • Ronde Jahe: Jika kamu mencari sesuatu yang hangat dan menyegarkan, coba ronde jahe. Makanan ini terbuat dari bola ketan dengan isi kacang tanah dan disajikan dengan air jahe.
    • Nasi Tutug Oncom: Nasi tutug oncom adalah nasi yang diuleg bersama oncom dan beberapa bumbu lainnya. Rasanya unik dan cocok dinikmati dengan lauk lainnya.
    • Kue Cubit Cianjur: Jangan lewatkan untuk mencicipi kue cubit khas Cianjur. Kue ini biasanya dijual di pinggir jalan dan memiliki berbagai varian rasa yang lezat.

Kesimpulan

Pantai Jayanti adalah salah satu tujuan wisata yang direkomendasikan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, kuliner lokal yang lezat, dan suasana yang tenang dan nyaman untuk bersantai.

Selain itu, harga tiket masuk yang terjangkau membuat Pantai Jayanti menjadi pilihan yang tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati liburan dengan anggaran terbatas.

Dengan menjaga kebersihan pantai dan mematuhi aturan yang ada, kita dapat turut menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar Pantai Jayanti untuk generasi mendatang.

You might also like