11 Daya Tarik Pantai Jodo di Kabupaten Batang: Destinasi Wisata yang Menyuguhkan Banyak Keindahan

Sebentar lagi akan memasuki masa berlibur, baik untuk anak sekolahan atau pekerja kantor. Sudahkah kamu mempunyai destinasi tujuan? Jika masih mencari, barangkali kamu bisa menjadikan Pantai Jodo sebagai tempat liburanmu. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri daripada pantai-pantai lain di Indonesia.

Pantai Jodo berada di Jawa Tengah. Nama lainnya adalah Pantai Buntu, tapi masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pantai Jodo. Ikon dari pantai ini adalah adanya tugu bertuliskan Pantai Jodo dipinggir pantai.

Keunikan Pantai Jodo dengan adanya sebuah mitos yang berkembang ditengah masyarakat. Konon katanya, jika kamu foto bertiga dengan seorang laki-laki yang diapit dua perempuan, maka suatu hari laki-laki itu akan berjodoh dengan perempuan yang berada pada kanan atau kirinya.

Kemudian, jika kamu foto seorang diri, kemungkinan setelah pulang dari sana, kamu akan mendapatkan jodoh dalam waktu dekat. Dan jika kamu berfoto sesama jenis, pertemananmu akan kekal selama-lamanya. Mitos ini sering dibicarakan hingga sekarang. Jika kamu ingin membuktikannya, kamu bisa datang ke sana.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jodo

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jodo

Pantai Jodo selalu ramai. Lokasinya berada di Jalan Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Letak Pantai Jodo berada di sebelah timur Kota Batang dan berbatasan langsung dengan Kendal.

Untuk menempuhnya dari Kota Pekalongan, kamu bisa melewati Jalan Raya Pantura. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 20 menit, jika menggunakan kendaraan bermotor.

Kemudian setelah sampai di alun-alun, ikuti saja petunjuk arah dan ambil Jalan Keputran Ledok 1 dan dan Jalan Kartini, yang akan menuju ke Jalan Dr. Sutomo. Dari sana, kamu akan masuk ke kawasan Jalan Urip Sumoharjo di Keputran. Setelah itu, kamu akan melewati Jalan Pantura.

Terus saja berjalan lurus, sampai kamu menemukan sebuah perempatan. Dari perempatan, ambil jalan sebelah kiri dan ambil arah ke Jalan Krengseng.

Lalu jalan lurus terus sampai ada pertigaan, pilih jalan sebelah kanan. Lanjutkan perjalanan hingga kamu sampai di pertigaan selanjutnya. Setelah itu, pilih jalan sebelah kiri. Berkendaralah kurang lebih 400 meter hingga ke Jalan Lurah Budirejo.

Tidak lama setelahnya, kamu akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Jodo. Jika rute di atas terlalu sulit untuk kamu mengerti, kamu bisa menggunakan Google Maps. Semoga kamu sampai di sana dengan tidak tersesat.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Jodo:

Alamat: Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51281

Jam Buka dan Harga Tiket di Pantai Jodo

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Selasa07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rabu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Kamis07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Jumat07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Sabtu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Minggu07.00 WIB – 17.00 WIBRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Kamu yang tidak tahu akan sampai di sana jam berapa, tidak perlu merasa khawatir. Pantai Jodo buka sepanjang waktu, mulai pukul 00.00-23.59 WIB. Namun, biasanya wisatawan akan datang dari pagi sampai sore hari. Jumlah pengunjung di malam hari akan turun dratis.

Namun, jika kamu ingin menikmati keindahan pantai sendirian di malam hari, juga tidak apa-apa, kok. Asalkan kamu tidak ada motif tersembunyi yang membahayakan untuk diri sendiri ataupun seseorang, ya.

Sedangkan untuk harga tiket di Pantai Jodo, terbilang relatif murah. Kamu hanya perlu merogoh kantong sejumlah Rp 5.000 saja. Harga ini untuk satu orang, baik anak-anak atau dewasa.

Daya Tarik Wisata Pantai Jodo

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tariknya sendiri. Begitu pula dengan Pantai Jodo. Ada banyak sekali keindahan yang ditawarkan. Dengan menghabiskan waktu di sini, kamu akan mendapatkan liburan menyenangkan. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Pantai Jodo:

Daya Tarik Wisata Pantai Jodo
(sumber gambar: GoogleMaps_Emarotun Zakiyah)

1. Pasir Pantai Coklat Cerah

Pantai Jodo memiliki pasir berwarna coklat cerah. Pasir yang ada tidak terasa kasar, melainkan halus. Kamu bisa berjalan-jalan di sini, sambil menikmati pemandangan laut.

Jika kamu mengajak anak-anak, mereka pasti suka karena dapat berlarian atau membuat istana pasir. Liburan bersama keluarga pasti lebih menyenangkan.

2. Pohon Cemara di Pinggir Pantai

Keunikan dari Pantai Jodo yang tidak dimiliki oleh pantai lain adalah tumbuhnya pohon cemara di sepanjang pinggir pantai. Jika kamu melihat dari kejauhan, pemandangan ini akan membentuk sabuk hijau yang indah.

Jika kamu berjalan lebih dekat ke sana, kamu akan menemukan bukti bahwa betapa rindangnya pohon-pohon itu, sehingga kamu bisa menjadikan tempat untuk berteduh dari terik matahari. Dari sana, kamu bisa menikmati keindahan pantai.

Pohon Cemara di Pinggir Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_AryaCebe)

3. Kemping

Kamu hobi kemping di alam terbuka? Kamu harus mencobanya di sini. Pantai Jodo memiliki tanah lapang yang luas di antara pepohonan, yang memungkinkanmu untuk mendirikan tenda.

Anginnya juga juga tidak terlalu kencang. Tempat ini sering dijadikan basis latihan Taruna Akademi Militer dan TNI AD karena tempatnya yang strategis.

4. Gardu Pandang

Letak gardu ini berada disebelah barat pantai. Dari sini kamu bisa melihat keindahan Pantai Jodo dari atas. Kamu bisa melihat lautan, pohon cemara di bagian tepinya dan rel kereta api di bawahmu. Nikmati seluruh pemandangan dengan duduk-duduk santai.

Gardu Pandang

5. Rel Kereta Api yang Membentang Persis di Dekat Bibir Pantai

Hal unik yang mungkin tidak kamu temukan di pantai lain adalah adanya rel kereta api. Rel ini membentang persis di dekat bibir pantai. Uniknya lagi, rel ini masih aktif.

Maka jika kamu lagi beruntung, kamu pasti bisa melihat kereta api lewat di hadapanmu. Perlu diingat, jaga keselamatan, ya. Jika kereta api datang, melangkahlah menjauh.

6. Wahana Permainan

Sepanjang hari hanya melihat ombak dan langit, pasti membosankan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena di tempat ini ada penyewaan wahana permainan, seperti motor ATV, motor trail atau perahu. Dengan menyewa permainan ini, pasti membuat liburanmu lebih bermakna.

Wahana Permainan

7. Bukit Cinta

Daya tarik selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah berfoto di atas bukit cinta. Pemandangannya sangat cocok untuk menghiasi akun sosial mediamu. Perhatikan pengambilan sudut pandang pengambilan foto, agar hasil jepretanmu lebih estetis.

8. Ombak Tidak Terlalu Besar

Ombak merupakan faktor penting saat pilih pantai untuk liburan. Ombak besar tidak cocok untuk liburan keluarga karena tingkat bahayanya tinggi, begitu juga dengan sebaliknya. Pantai Jodo sendiri memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga kamu bisa membiarkan anak-anak untuk bermain di pinggir pantai.

Mereka pasti suka melihat kaki disapu ombak. Meskipun demikian, tetap perhatikan keselamatan, ya. Jangan biarkan orang tersayang yang rentan terkena bahaya berjalan-jalan sendirian menuju ombak.

Ombak Tidak Terlalu Besar
(sumber gambar: GoogleMaps_Lailatul Khusniyah)

9. Matahari Terbit

Apa indahnya melihat matahari terbit? Untuk sebagian orang yang belum pernah melihat, tentu mengira pemandangan matahari terbit begitu-begitu saja.

Namun, jika kamu sekali pernah melihatnya, kamu pasti akan suka. Untuk menikmati pemandangan matahari terbit, tentunya kamu harus menginap di hotel terdekat atau membuat kamping.

10. Matahari Terbenam

Pemandangan matahari tenggelam tidak kalah menariknya dari matahari terbit. Kamu bisa menunda kepulanganmu dan menghabiskan beberapa waktu untuk menunggu matahari terbenam. Semoga setelah ini hidupmu akan lebih bermakna.

Matahari Terbenam
(sumber gambar: GoogleMaps_Jossisad)

11. Paralayang

Daya tarik dari Pantai Jodo adalah paralayang. Aktivitas paralayang masih dalam proses peningkatan. Jika kamu tidak berani terbang sendiri, kamu bisa didampingi oleh instruktur. Dengan paralayang, liburanmu pasti lebih berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jodo

Memperhatikan fasilitas merupakan hal wajib sebelum memutuskan liburan atau mungkin tidak. Di Pantai Jodo sendiri fasilitas yang disediakan terbilang sangat lengkap. Hal ini tidak luput dari perhatian pemerintah daerah atau bekerja sama dengan masyarakat setempat. Berikut diantaranya:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jodo
(sumber gambar: GoogleMaps_ragilts)

1. Tempat Parkir

Di manapun kamu pergi, tempat parkir akan menjadi kendala utama. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Pantai Jodo sudah menyediakan tempat parkir.

Harganya relatif sangat murah. Untuk sepeda motor kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk mobil, kamu hanya harus membayar sebesar Rp 5.000. Biaya ini sepanjang hari, bukan per jam, ya.

2. Penjual Makanan dan Minuman

Menikmati makanan sambil melihat ombak-ombak berkejaran merupakan kebahagiaan sendiri. Kamu tidak perlu membawa makanan jauh dari rumah, karena di sepanjang tepi pantai ada banyak sekali penjual makanan dan minuman.

Kamu bisa berkuliner sesuka hatimu. Model makanan yang sering dijual adalah pecel, megono, soto tauto, rujak dan makanan khas lain.

Minumannya juga cukup beraneka ragam, mulai dari kopi, minuman soda, dan yang tidak boleh dilupakan adalah es kelapa muda. Seluruh makanan dan minuman ini memiliki harga merakyat, kok, tidak sengaja dinaikan untuk mendulang laba berlebihan.

Penjual Makanan dan Minuman

3. Toilet Umum

Buang hajat adalah keperluan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Maka dari itu, warga setempat membuat toilet umum untuk para pengunjung. Setelah membuang hajat, kamu bisa melanjutkan aktivitas liburanmu.

4. Tempat Bilas dan Ruang Ganti

Kamu tidak akan mungkin pulang ke rumah dengan memakai baju basah, kan? Nah, di Pantai Jodo telah disediakan tempat bilas dan ruang ganti. Di sini kamu bisa mandi atau mengganti pakaian. Tetap perhatikan kesopanan ya, di manapun kamu berada.

Tempat Bilas dan Ruang Ganti

5. Penyewaan Motor ATV

Menikmati liburan dengan menaiki wahana permainan tentu menyenangkan. Salah satu wahana yang bisa kamu nikmati adalah motor ATV.

Pantai Jodo telah menyediakan tempat penyewaannya. Kamu perlu membayar Rp 25.000 saja dan menggunakan permainan ini selama 20 menit. Jika kamu ingin menambah waktu, kamu bisa membayar biaya kelipatannya.

6. Penyewaan Tikar

Kamu tidak membawa tikar dari rumah? Tidak perlu cemas. Di sini kamu bisa melakukan penyewaan tikar. Harganya pun relatif murah, yaitu Rp 5.000. Kamu bisa menggelar tikar ini di pantai dan menghabiskan waktumu dengan duduk-duduk, sambil menikmati pemandangan lautan.

Penyewaan Tikar

7. Penyewaan Kursi

Jika kamu tidak suka duduk di atas tikar, kamu bisa menyewa kursi. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk satu kursi. Kamu bisa meletakan kursi di dekat bibir pantai untuk sekadar duduk atau berjemur.

8. Penyewaan Mini Trail

Kamu suka permainan mini trail? Kamu dapat menyewa peralatannya di tempat yang telah disediakan. Harganya juga lebih murah daripada motor ATV.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 dan kamu bisa menikmatinya untuk waktu 20 menit. Jika kamu masih ingin menambah waktu, masih sangat dimungkinkan. Kamu perlu membayar kelipatannya saja.

Penyewaan Mini Trail
(sumber gambar: GoogleMaps_Hartono Harto)

9. Penyewaan Perahu

Tidak suka permainan yang memacu adrenalin, kamu dapat mendayung di lautan. Sewa peralatannya di tempat yang telah disediakan. Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Dengan mendayung, kamu akan lebih dekat bersama alam. Sewa pelampung untuk jaga-jaga.

10. Kios Oleh-oleh

Apa kamu tipe orang jika keluar rumah harus membawa oleh-oleh? Nah, di sini juga banyak kios oleh-oleh. Mereka menjual oleh-oleh khas pantai, seperti pernak-pernik dari kerang, aneka olahan ikan dan hewan laut, kerupuk rambak, bermacam-macam jajanan tradisional dan banyak lainnya.

Kios Oleh-oleh

11. Musala

Berlibur boleh saja, namun kamu jangan melewatkan tanggung jawab, ya. Seorang muslim tetaplah harus beribadah. Kamu tidak perlu khawatir karena di sini sudah disediakan mushola tempat kamu bisa beribadah dengan sebaik-baiknya.

Tips Berkunjung di Pantai Jodo

Sebelum berkunjung ke Pantai Jodo, kamu dapat menyusun jadwal liburan untuk memperhitungan segalanya, baik dari sisi waktu atau keuangan. Kamu perlu memperhatikan banyak hal, agar liburanmu berasa menyenangkan.

Berikut adalah tips berkunjung yang bisa kamu praktikan. Dengan tips ini, kamu tidak hanya menjaga diri sendiri, teman, pasangan, atau keluarga, tetapi lingkungan sekitar:

Tips Berkunjung di Pantai Jodo

1. Pahami Karakteristik Pantai

Pantai Jodo memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Artinya pantai ini relatif aman untuk dijadikan liburan. Meskipun demikian, kamu tetap jangan sembrono. Kamu harus mementingkan keselamatan diri sendiri atau orang tersayang, terlebih jika kamu membawa anak-anak.

2. Lihat Kondisi Cuaca

Sebelum liburan, lihat terlebih dahulu ramalan cuaca di hari itu. Kenapa harus melakukan hal tersebut? Karena curah hujan tinggi akan membuat air laut akan naik. Hujan umumnya akan membuat becek. Kamu tidak ingin liburanmu terkendala karena hujan, kan?

Umumnya cuaca yang bagus untuk liburan ke pantai sekitar bulan April – November. Pada bulan tersebut, Indonesia alami musim kemarau sehingga hujan yang turun tidak terlalu banyak.

Lihat Kondisi Cuaca

3. Obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan dasar, seperti minyak kayu putih, betadin, dan lain sebagainya. Obat-obatan ini nantinya menjadi pencegah apabila ada hal tidak diinginkan. Dengan membawa obat-obatan sendiri, kamu tidak perlu mencari ke sana-kemari, karena belum tentu ada obat ini.

4. Atur Keuangan dengan Baik

Uang adalah faktor utama saat menunjang kebahagiaan liburan. Siapkan keuangan mencukupi supaya liburanmu bertambah menyenangkan. Jika bisa, buatlah daftar pengeluaran agar kamu bisa memperkiran membawa seberapa banyak uang ke Pantai Jodo.

Atur Keuangan dengan Baik

5. Tetap Menjaga Kebersihan

Ini merupakan hal yang harus sangat kamu perhatikan. Sekalipun kamu sangat senang karena bisa berlibur, namun tetap jagalah kebersihan pantai.

Membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Karena bagaimanapun, tugas menjaga kebersihan bukan milik pengelola pantai saja, melainkan semua pengunjung.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Jodo Sidorejo

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan dekat Pantai Jodo di Kabupaten Batang, Jawa Tengah:

1. Hotel Wikost Premiere Inn

HOTEL WIKOST PREMIERE INN
(sumber gambar: Agoda)

Kami senang kamu memilih Hotel Wikost Premiere Inn untuk menginap di Kendal. Lokasi kami yang strategis akan membawa kamu lebih dekat dengan atraksi dan restoran terbaik di sekitar. Kami berkomitmen untuk membuat pengalaman menginap kamu menjadi lebih nyaman.

Jangan ragu untuk tetap terhubung dengan akses internet gratis yang kami sediakan, dan parkir mobil juga telah kami siapkan untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Nikmati fasilitas AC dan WiFi gratis di semua kamar kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 170.560 per malam

2. Hotel Trikatu Kendal

Hotel Trikatu Kendal
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Trikatu Kendal menyediakan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap untuk mengakomodasi kamu di Kendal. Terletak di lokasi yang strategis, kamu dapat dengan mudah menjelajahi segala yang ditawarkan oleh kota ini.

Dengan resepsionis 24 jam, WiFi gratis di semua kamar, dan penitipan barang, kami berusaha memberikan layanan terbaik bagi kamu. Kebersihan dan keselamatan kamu adalah prioritas kami, oleh karena itu kami memiliki staf terlatih untuk mematuhi protokol keselamatan. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 170.478 per malam

3. Oemah Joglo By FPH

Oemah Joglo By FPH
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan tinggal di Oemah Joglo By FPH di Dieng Kulong. Properti kami menawarkan fasilitas yang lengkap dengan lokasi yang strategis dekat dengan atraksi dan restoran. Dengan WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, ruang keluarga, dan teras yang nyaman.

Kami berusaha memastikan kamu merasa seperti di rumah. Properti kami juga bebas asap rokok untuk kenyamanan kamu. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 272.726 per malam

4. Hotel Sendang Sari Batang Jateng

Hotel Sendang Sari Batang Jateng
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Sendang Sari Batang Jateng menawarkan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan menginap kamu di Kasepuhan, Batang. Nikmati kolam renang kami, layanan kamar, dan kenyamanan WiFi gratis di semua kamar.

Restoran kami siap melayani kamu dengan hidangan lezat untuk melengkapi pengalaman menginap kamu. Waktu check-in kami adalah pukul 13.00 dan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 309.434 per malam

Mencoba Makanan Khas Sidorejo yang Menggugah Selera

Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memiliki beberapa makanan khas yang terkenal dan menjadi bagian penting dari warisan kuliner Jawa Tengah. Beberapa di antaranya termasuk:

Mencoba Makanan Khas Sidorejo yang Menggugah Selera

    • Lontong Lemprak: Lontong Lemprak merupakan makanan tradisional dari daerah Batang yang terbuat dari lontong (nasi yang dibungkus dalam daun pisang) disajikan dengan kuah kental yang biasanya terbuat dari santan dan bumbu rempah-rempah.
    • Nasi Megono: Nasi Megono adalah masakan tradisional dari Jawa Tengah yang juga populer di Kabupaten Batang. Nasi Megono terdiri dari nasi yang diaduk dengan daun singkong yang diiris kecil-kecil dan bumbu khas seperti kelapa parut, serai, lengkuas, dan daun jeruk.
    • Sotong Ireng: Sotong Ireng merupakan hidangan olahan cumi-cumi yang dimasak dengan bumbu hitam khas Jawa Tengah. Bumbu hitam tersebut biasanya terbuat dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, dan gula merah yang diolah hingga menjadi saus berwarna hitam.
    • Carabikang: Carabikang adalah jajanan tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang dibentuk bulat kemudian digoreng hingga matang. Biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.
    • Gethuk Mawur: Gethuk Mawur adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari singkong yang direbus, dihaluskan, dan dicampur dengan gula merah. Setelah itu, adonan singkong tersebut dibentuk bulat dan disajikan dengan taburan kelapa parut.
    • Gethuk: Gethuk adalah makanan tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari ketela rambat yang direbus dan kemudian dihaluskan. Gethuk biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah.
    • Nasi Gandul: Nasi gandul adalah makanan khas Batang yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan daging sapi, kemudian disajikan dengan kuah kental yang lezat.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan mengenai Pantai Jodo, apakah kamu tertarik berlibur ke sana? Selain karena mitosnya, Pantai ini mempunyai hal-hal unik yang tidak akan kamu temukan di pantai lain.

Pantai Jodo tempat berlibur yang nyaman, karena alasan tersebutlah banyak pengunjung di akhir pekan. Jika kamu menginginkan pantai terasa sepi, lebih baik kamu berkunjung saat jam kantor. Kamu bisa meminta izin tidak untuk masuk kerja dan healing sendirian.

Namun, jika kamu ingin berlibur bersama keluarga besar, juga tidak apa-apa. Liburanmu pasti sangat menyenangkan. Semoga ulasan di atas bisa membantumu saat mempersiapkan semua keperluan dalam liburan. Selamat bersenang-senang dan utamakan keselamatan.

You might also like