Pantai Karang Gantungan di Sukabumi: Tanah Lot Asal Jawa Barat yang Harus Kamu Kunjungi

Semua orang tentu tidak asing lagi dengan Tanah Lot. Namun, bagaimana kalau ada sebuah tempat yang tidak kalah indahnya dari Tanah Lot? Namanya adalah Pantai Karang Gantungan.

Letaknya berada di Sukabumi. Seberapa baguskah pantai ini? Apa keindahan yang ditawarkan sampai dijuluki si Tanah Lot dari Sukabumi?

Pantai ini dipenuhi oleh banyak karang-karang. Dinamakan dengan Karang Gantungan karena karang-karangnya tampak menggantung di atas air. Jika kamu melihat dari kejauhan, bentuk asli dari Pantai Karang Gantungan adalah piramida.

Pemandangan yang ada, tentu bisa menghilangkan penatmu terhadap rutinitas padat. Kamu bisa bersantai sejenak di pantai ini dan kamu pasti tidak akan menyesal.

Lokasi dan Rute Pantai Karang Gantungan

Lokasi dan Rute Pantai Karang Gantungan
(sumber gambar: GoogleMaps_Campervan albert ganny)

Lokasi Pantai Karang Gantungan berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 97 km dari pusat kota Sukabumi atau sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa melalui pintu belakang kompleks kostrad TNI AU Cibalimbing. Atau kalau bisa mengaksesnya dari jembatan Cikarang, kemudian menuju Ujung Genteng.

Kamu juga bisa menggunakan Google Maps agar perjalananmu lebih mudah dan tidak tersasar. Sering-seringlah bertanya kepada orang sekitar, jika kamu kehilangan arah.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Karang Gantungan:

Alamat: Jl. Surade-Ujung Genteng No.Desa, Pasiripis, Kec. Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43176

Jam Operasional Pantai Karang Gantungan

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Seberapa jauh jarak yang nantinya akan kamu tempuh dari rumah ke Pantai Karang Gantungan? Berapa pun jaraknya, kamu tidak perlu khawatir. Seperti halnya pantai lain, jam operasional Pantai Karang Gantungan adalah 24 jam. Dari jam 00.00 – 23.59 WIB, kamu bisa menghabiskan semua waktumu di sini.

Pantai ini buka sepanjang hari. Kamu tinggal mencocokan dengan waktu luang saja. Kamu bisa mengunjungi Pantai Karang Gantungan di hari Senin, Selasa, Rabu, Kami, Jumat, Sabtu atau Minggu.

Pantai Karang Gantungan akan selalu terbuka untukmu. Namun, perbedaannya barangkali hanya terletak pada seberapa banyaknya pengunjung saja. Biasanya di akhir pekan, jumlah pengunjung akan meningkat dratis daripada hari kerja.

Jika ingin menghabiskan bersama keluarga, mungkin yang terbaik adalah berkunjung di weekend. Jika kamu ingin menghabiskan waktu sendirian, yang paling tepat adalah di hari sibuk kantor.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Karang Gantungan

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 5.000Rp 2.000Rp 5.000

Sedangkan untuk tiket masuknya relatif murah. Harganya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan pantai lain. Cukup dengan membayar Rp 5.000 saja.

Kamu bisa mendapatkan akses masuk dan menikmati pemandangan sepuasnya. Pembayaran ini hanya untuk satu orang, ya. Anak atau dewasa dikenakan biaya yang sama.

Spot Wisata Pantai Karang Gantungan

Ada apa saja di Pantai Karang Gantungan sehingga mendapat julukan Tanah Lot dari Sukabumi? Ada banyak sekali spot wisata yang ditawarkan. Keunikannya pun tidak banyak dimiliki oleh pantai lain.

Sambil menikmati spot wisata di pantai ini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas lain, seperti berenang, berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai.

Duduk-duduk sambil merenungi kehidupan, membuat istana pasir, mengumpulkan kerang-kerang atau yang tidak kalah menariknya adalah mengambil foto sebanyak-banyaknya. Foto itu bisa kamu jadikan koleksi pribadi atau kamu simpan di sosial media. Berikut beberapa spot wisata di Pantai Karang Gantungan yang wajib kamu ketahui:

Spot Wisata Pantai Karang Gantungan
(sumber gambar: GoogleMaps_Ari Yansyah)

1. Penuh Tebing-tebing Tinggi

Pantai Karang Gantungan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Kamu bisa berfoto di bawahnya dan taruh hasil gambarmu di sosial media. Namun, kamu harus perlu berhati-hati, ya. Meskipun indah, tebing cukup berbahaya.

Selain bisa berfoto di bawah tebing, kamu juga bisa mendaki tebing. Jika kamu sudah berada di sana, kamu bisa melihat pantai dari kejauhan. Pemandangannya lebih indah daripada di bawah.

2. Sensasi Menuruni Tangga Kayu

Apakah kamu pernah menuruni tangga kayu supaya bisa mencapai pantai? Jika belum pernah, kamu patut mencoba tangga kayu di Pantai Karang Gantungan. Meskipun, sudah lama berada di sana, namun tangga kayu ini tetap kuat.

Kamu bisa berhenti ditengah tangga, untuk melihat pemandangan laut dan sekitarnya. Kamu pasti akan takjub karena panoramanya sangat indah. Namun, kamu tetap berhati-hati, ya, karena tangga kayu ini sedikit curam. Perhatikan langkah serta pegangan.

Sensasi Menuruni Tangga Kayu
(sumber gambar: GoogleMaps_jejak Suhe)

3. Sunset

Kamu hobi mengoleksi foto atau suka menyaksikan matahari terbenam di pantai? Kamu harus mengunjungi Pantai Karang Gantungan.

Pemandangan yang menarik dan langit yang dipenuhi warna merah, kuning, dan jingga, akan membuatmu takjub. Pemandangan ini tidak akan kamu temui di pantai manapun.

4. Sunrise

Apa bedanya matahari terbenam dan matahari terbit? Jika dilihat dari semburat warna yang ada di langit, bisa dikatakan tidak ada bedanya.

Warna langit saat subuh maupun sore hari, memiliki warna cenderung sama. Tapi, jika dilihat dari kualitas udara, umumnya momen saat matahari terbit mempunyai udara yang lebih menyejukan.

Udara sejuk sangat cocok untuk badan. Pikiranmu akan kembali segar. Kamu bisa merasakan pengalaman ini dengan menyewa penginapan hotel atau lain sejenisnya.

Sunrise
(sumber gambar: GoogleMaps_KARAMAT TEAM)

5. Nyiur yang Menjorok ke Pasir

Di manapun ada pantai, pasti ada nyiur atau pohon kelapa. Tapi, keunikan nyiur-nyiur di tempat ini adalah letaknya yang menjuru ke pasir pantai, sehingga membuat pemandangan yang eksotis.

Sering juga spot wisata ini menjadi tempat prewedding. Dengan berfoto di Pantai Karang Gantungan, kamu akan mendapatkan nuansa alami.

6. Batu Karang di Tengah Pantai

Batu karang di tengah pantai ini merupakan hal unik dari Pantai Karang Gantungan. Berdasarkan bentuknya memang tidak terlalu besar.

Bentuknya juga cenderung berbentuk seperti kerucut. Namun, jika kamu memfotonya disaat matahari terbenam, kamu akan mendapatkan foto yang indah.

Batu Karang di Tengah Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_UJ Sukma Wijaya)

7. Ombak di Pantai Karang Gantungan

Sekedar duduk dan mendengarkan debur ombak adalah salah satu tujuan seseorang mengunjungi pantai. Apakah kamu termasuk orang itu?

Jika iya, Pantai Karang Gantungan adalah tempat yang tepat. Kamu bisa duduk di dekat pantai dan menyaksikan ombak-ombak berkejaran.

8. Pasir Putih yang Bersih

Ke manapun kamu melihat, kamu akan menemukan pasir putih. Sebagian besar pasirnya memang kasar, tapi di beberapa tempat lain, pasir putihnya terasa halus sekali.

Sekadar berjalan atau berlarian bersama orang terkasih akan memberikan kenangan indah. Pasir putih yang ada di pantai juga terbilang sangat bersih. Tidak ada sampah berserakan di sini.

Pasir Putih yang Bersih
(sumber gambar: GoogleMaps_Dzaki Faturahman)

9. Jembatan Berbentuk Ujung Kapal

Ini merupakan spot foto yang bisa kamu coba. Kamu dapat duduk di bagian ujung, atau berdiri di ujung lain. Jembatan ini nanti memungkinkanmu untuk mendapatkan gambaran menarik.

Contohnya pulau yang berada di tengah lautan. Apalagi kalau kamu foto saat cuaca cerah, awan-awan akan mempercantik fotomu.

Fasilitas di Pantai Karang Gantungan

Meskipun memiliki pemandangan indah, Pantai Karang Gantungan masih diatur oleh warga sekitar, sehingga tidak mempunyai banyak fasilitas umum yang bisa digunakan oleh pengunjung. Fasilitas yang ada pun, hanya mendasar saja. Seperti beberapa hal di bawah ini:

Fasilitas di Pantai Karang Gantungan
(sumber gambar: GoogleMaps_PHP 2018)
    • Parkir: Karena tempatnya yang pelosok, lebih disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Di sini, sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas. Jika kamu membawa sepeda motor, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 saja. Sementara jika kamu membawa mobil, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000.
    • Pedagang di Dekat Pantai: Jika kamu tidak sempat mempersiapkan makanan dari rumah, kamu tidak perlu khawatir, karena di sini banyak sekali pedagang di dekat pantai. Mereka menjual makanan berat sampai ringan. Ada minuman dan makanan, kamu bisa membeli sesuai seleramu.
    • Tempat Makan: Mencari tempat makan yang nyaman tidak kalah pentingnya dengan memilih jenis makanan. Syukurlah, di Pantai Karang Gantungan sudah disediakan tempat makan, sehingga kamu bisa menikmati makananmu tanpa khawatir apa pun. Setelah makan kenyang, kamu bisa berjalan-jalan di bibir pantai sambil merenungi kehidupan.

Rekomendasi Penginapan Terdekat dari Pantai Karang Gantungan

Terkadang setelah berlibur akan membuat tubuh lelah. Kamu bisa istirahat sejenak di hotel terdekat. Kamu bisa memilih hotel sesuai keuangan. Sukabumi mempunyai banyak sekali hotel yang bisa kamu kunjungi.

1. Hotel Mustika Widyasari

Hotel Mustika Widyasari
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan menginap di Hotel Mustika Widyasari yang terletak secara strategis di Sukabumi, memungkinkan kamu untuk dengan mudah menjelajahi berbagai atraksi dan objek wisata lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Curug Sawer yang terkenal di sekitar kami.

Untuk tambahan kesegaran, kami juga menyediakan fasilitas kolam renang dalam ruangan. Layanan resepsionis 24 jam, WiFi gratis di seluruh properti, serta layanan kebersihan harian akan memastikan kenyamanan selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 74.123 per malam

PESAN HOTEL Hotel Mustika Widyasari Diskon 83%

2. Hotel Sarah Sukabumi

Hotel Sarah Sukabumi
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan menginap di Hotel Sarah Sukabumi yang memiliki lokasi strategis di Sukabumi, memberikan akses mudah ke berbagai atraksi wisata dan pilihan restoran.

Pastikan kamu menyempatkan waktu untuk mengunjungi Curug Sawer yang terkenal di sekitar hotel kami. Dapatkan kenyamanan tambahan dengan fasilitas resepsionis 24 jam, WiFi gratis, dan layanan kebersihan harian yang tersedia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 38.168 per malam

PESAN HOTEL Hotel Sarah Sukabumi Diskon 86%

3. Dacostel Syariah

Dacostel Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Dacostel Syariah menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan lokasi yang strategis di Cicantayan, Sukabumi, dekat dengan berbagai atraksi wisata dan pilihan restoran.

Pastikan untuk mengunjungi Curug Sawer yang terkenal sebelum kamu meninggalkan area kami. Fasilitas seperti WiFi gratis, layanan penitipan barang, dan restoran di properti kami akan menambah kenyamanan selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 218.750 per malam

PESAN HOTEL Dacostel Syariah Diskon 52%

4. Wisma Galung Syariah

Wisma Galung Syariah
(sumber gambar: Agoda)

Jadikan pengalaman menginap kamu lebih istimewa di Wisma Galung Syariah yang terletak di Pantai Pelabuhan Ratu, memberikan akses mudah ke atraksi wisata dan restoran di sekitar Pelabuhan Ratu.

Nikmati kenyamanan dengan fasilitas WiFi gratis, layanan resepsionis 24 jam, dan area merokok yang tersedia. Kami juga memastikan kebersihan dengan melakukan disinfeksi harian dan staf kami terlatih untuk menerapkan protokol keselamatan yang ketat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 51.497 per malam

PESAN HOTEL Wisma Galung Syariah Diskon 80%

Tips Berkunjung Pantai Karang Gantungan

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum ke Pantai Karang Gantungan. Kamu harus memperhitungkan segalanya secara masak, agar nantinya tidak ada penyesalan, berikut diantaranya:

Tips Berkunjung Pantai Karang Gantungan

1. Periksa Kendaraan

Jalanan di sekitar Pantai Karang Gantungan penuh dengan batu dan jurusannya cukup menantang. Untuk itulah, sebelum memutuskan ke sini, periksa kendaraanmu terlebih dahulu. Apakah memungkinkan untuk digunakan ke sana? Kalaupun tidak, barangkali kamu bisa menyewa kendaraan berjenis SUV atau 4×4.

2. Gunakan Sepatu dan Alas Kaki yang Nyaman

Sebelum berangkat, pastikan terlebih dahulu sepatu dan alas kakimu. Pilih yang paling ternyaman dan tidak mudah jebol, karena jalur yang harus dilalui nanti sangat berat. Kamu juga bisa membawa kaos kaki cadangan untuk ganti.

3. Kunjungi Pantai di Musim Kemarau

Mengunjungi pantai di musim kemarau memang sangat dianjurkan. Mengapa demikian? Karena di musim hujan, tanah akan becek. Tanah becek menyulitkanmu dalam berjalan.

Terlebih lagi pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing, jika kamu berkunjung di musim penghujan, bisa jadi airnya akan turun dan membuat liburanmu terganggu. Hal ini juga sangat bahaya.

Kunjungi Pantai di Musim Kemarau
(sumber gambar: GoogleMaps_UJ Sukma Wijaya)

4. Mengatur Keuangan Terlebih Dahulu

Ini merupakan hal wajib yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelum berangkat. Disarankan kamu membuat rincian pengeluaran dengan teliti. Kamu juga harus menyisihkan dana darurat.

Dana ini nantinya berguna setelah kamu pulang dari liburan. Kamu tidak ingin kan, pulang dari pantai terus rekening atau dompet kosong melompong? Hal tersebut pastinya menyebalkan. Apalagi harga barang kebutuhan pokok semakin bertambah naik.

5. Obat-obatan Penting untuk Tubuh

Obat-obatan adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Kenapa harus membawa obat-obatan? Jika ada apa-apa kan, bisa ke rumah sakit terdekat? Emm, sepertinya pemikiran seperti itu harus kamu enyahkan.

Kenapa begitu? Karena membawa obat-obatan dasar sangat bermanfaat untuk liburanmu. Kamu tidak harus membawa semua P3K yang ada di rumahmu, namun cukup membawa obat-obat dasar, seperti minyak kayu putih, betadin, hansaplast dan lain sebagainya.

Obat-obatan Penting untuk Tubuh

6. Menjaga Kebersihan

Menikmati pemandangan Pantai Karang Gantungan adalah hak setiap pengunjung. Menjaga kebersihan pantai, adalah kewajiban untuk semua orang, entah itu penjual, pengelola dan apalagi pengunjung.

Jangan meninggalkan sampai apa pun di pasir pantai ya, karena sampah-sampah itu akan mengotori dan membuat pantai tidak cantik lagi. Bagaimana jika di sana tidak ada tempat sampah? Sederhananya sih, jika tidak ada tempat sampah, ya bawa pulang saja sampahmu.

Sampah-sampah itu tinggal kamu masukan ke kantong plastik dan kamu bisa menentengnya pulang ke rumah. Tidak perlu malu membawa sampah. Namun, malulah jika kamu tidak bisa menjaga kebersihan pantai.

7. Mengajak Teman untuk Berkunjung

Karena memang perjalanannya yang lumayan terjal, akan lebih bijak jika kamu tidak pergi sendirian. Kamu bisa mengajak teman terdekat atau orang tersayang untuk berkunjung ke pantai ini.

Dengan mengajak seseorang, liburanmu juga pasti akan lebih menyenangkan. Setidaknya kamu memiliki teman berbicara saat berada di perjalanan atau ketika di pantai.

Mengajak Teman untuk Berkunjung
(sumber gambar: GoogleMaps_ganti nama 1)

8. Tetap Menjaga Keselamatan

Menjaga keselamatan diri sendiri hukumnya wajib. Jangan sampai karena saking terpesonanya dengan ombak, kamu menceburkan diri sendiri ke lautan dalam.

Tetap patuhi batas keamanan dan jangan suka melanggar peraturan ya, karena apa? Karena kamu berharga dan semua orang menyayangimu. Jika kamu hilang, mereka akan merasakan kehilangan.

Mencoba Makanan Khas Sukabumi di Sekitar Pantai Karang Gantungan

Di sekitar Pantai Karang Gantungan, kamu dapat menemukan berbagai macam makanan khas Sukabumi yang lezat dan menggugah selera. Beberapa makanan yang dapat kamu coba di sekitar pantai tersebut antara lain:

Mencoba Makanan Khas Sukabumi di Sekitar Pantai Karang Gantungan

    • Pesmol: Pesmol adalah hidangan khas Sukabumi yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas. Biasanya disajikan dengan kuah yang kental dan aromatik.
    • Sate Maranggi: Sate Maranggi adalah sate khas Sukabumi yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas, seperti serai, daun jeruk, dan ketumbar. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang pedas dan irisan bawang merah.
    • Geblek: Geblek adalah makanan ringan khas Sukabumi yang terbuat dari campuran tepung kanji, gula merah, dan kelapa parut yang dibentuk menjadi bulatan kecil lalu dikeringkan. Rasanya manis dan gurih.
    • Kue Rangi: Kue Rangi adalah kue tradisional khas Sukabumi yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah yang dibentuk menjadi bulatan kecil dan dipanggang hingga matang. Rasanya manis dan aromatik.
    • Keripik Tempe: Sukabumi terkenal dengan keripik tempe yang renyah dan gurih. Biasanya disajikan sebagai camilan yang nikmat.
    • Soto Sukabumi: Soto khas Sukabumi memiliki kuah yang kental dan daging yang lembut. Biasanya disajikan dengan tambahan koya, sejenis bubuk bumbu kacang.
    • Dodol Sukabumi: Dodol adalah permen khas Indonesia yang terbuat dari ketan dan gula aren. Dodol Sukabumi memiliki cita rasa khas dan tekstur yang kenyal.
    • Es Degan: Di sepanjang Pantai Karang Gantungan, kamu dapat menemukan penjual kelapa muda yang menyajikan es degan, yaitu kelapa muda yang diisi dengan es serut dan sirup.

Kesimpulan

Itu saja informasi mengenai Pantai Karang Gantungan. Apakah kamu semakin yakin untuk menghabiskan waktu liburanmu di sini? Mengunjungi Pantai Karang Gantungan akan membuatmu semakin dekat dengan alam.

Pemandangan yang ditawarkan juga tidak indah dari Tanah Lot, Bali. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna. Nikmati waktu liburanmu bersama keluarga tercinta.

Atau jika kamu ingin menghabiskannya seorang diri juga tidak apa-apa. Apa pun itu, semoga setelah dari sini, kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

You might also like