Pantai Karang Hawu di Sukabumi: Keindahan Destinasi Tropis yang Menggoda

Pantai Karang Hawu merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangannya yang luar biasa dan menjadi tempat favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Karang Hawu mempunyai suatu hal yang berbeda dari pantai-pantai lainnya di Jawa Barat. Keunikan ini terletak pada keindahan alamnya yang masih terjaga, pemandangan yang menakjubkan, dan lokasi pantai yang berada di antara dua tebing karang menjadikannya terasa seperti pantai tersembunyi yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Lokasi Pantai Karang Hawu

Lokasi Pantai Karang Hawu
(sumber gambar: GoogleMaps_Dante Syailendra)

Karang Hawu terletak di Kec. Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366. Pantai ini memiliki jarak sekitar 71,2 km dari pusat Kabupaten Sukabumi, dan jika dari Kota Bandung sekitar 267 km melalui jalan tol dan 166 km melalui Jalan Nasional III.

Akses ke pantai ini mudah, karena terdapat jalan raya yang menghubungkan antara Kota Sukabumi dengan pantai ini. Meskipun demikian, perlu diperhatikan jika akses jalan ke pantai ini termasuk cukup terjal dan berkelok-kelok, hingga dibutuhkan kehati-hatian saat berkendara.

Rute Lengkap Menuju Pantai Karang Hawu di Sukabumi:

Alamat: Cisolok, Kec. Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Hawu

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobilBus
Senin24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 10.000

Jika ingin memasuki wisata pantai Sukabumi ini, pengunjung cukup membeli tiket masuk dengan harga Rp 5.000 saja dengan biaya parkir bervariasi, sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 10.000.

Keindahan Pantai Karang Hawu

Keindahan Pantai Karang Hawu
(sumber gambar: GoogleMaps_Bony Kumaha)

Pantai Karang Hawu terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah dan mempesona. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dan terdapat banyak bebatuan karang yang berdiri kokoh di bibir pantai.

Karang-karang itu membentuk celah-celah kecil yang memungkinkan air laut mengalir masuk ke dalamnya saat air laut pasang. Fenomena alam ini menambah keindahan pantai ini.

Selain itu, di sekitar pantai ada tebing-tebing tinggi yang menjulang dan mengelilingi pantai, sehingga menciptakan pemandangan yang sangat menarik.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan menantang. Karena itu, pantai ini menjadi tempat yang populer untuk para peselancar.

Ombak yang besar dan kuat itu dihasilkan oleh adanya pertemuan antara arus laut dari Samudera Hindia dengan arus laut dari Teluk Palabuhanratu. Perlu diingat, bahwa meskipun pantai ini menawarkan ombak yang menantang, tetapi wisatawan harus tetap waspada saat berenang atau bermain di pantai ini.

Sejarah dan Cerita Rakyat Pantai Karang Hawu

1. Asal Muasal Nama

Asal Muasal Nama
(sumber gambar: GoogleMaps_Eka Susanto)

Wisata pesisir Karang Hawu mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Konon, nama “Karang Hawu” diambil dari cerita mengenai seorang gadis bernama Hawu yang bersembunyi di antara tebing karang saat terjadi perang antara dua kerajaan. Ia akhirnya ditemukan oleh prajurit musuh dan terbunuh di tempat itu. Oleh karena itu, pantai ini menjadi dikenal nama Pantai Karang Hawu.

2. Wali Songo

Wali Songo
(sumber gambar: Google_Pinterest)

Selain itu, ada beberapa peninggalan sejarah yang berada di Karang Hawu, seperti sebuah makam tua yang terletak di atas tebing karang. Makam ini konon adalah makam seorang wali songo yang terkenal, yaitu Sunan Gunung Jati. Selain makam, ada sebuah gua kecil yang konon menjadi tempat persembunyian para pejuang saat terjadi perang.

3. Gempa Bumi di Karang Hawu

Gempa Bumi di Karang Hawu
(sumber gambar: Google_NativeIndonesia)

Selain cerita mengenai Hawu dan Sunan Gunung Jati, ada cerita mengenai asal-usul Pantai Karang Hawu. Konon, dahulu kala pantai ini ialah tempat para nelayan yang menggunakan pantai sebagai tempat singgah sambil menangkap ikan. Tetapi, pada suatu hari, terjadi peristiwa besar yang mengubah wajah Karang Hawu seperti saat ini.

Cerita itu berawal dari terjadinya gempa bumi yang cukup besar. Gempa itu menyebabkan bagian dari tebing karang runtuh dan jatuh ke laut, membentuk karang yang menjadi daya tarik Pantai Karang Hawu sekarang ini. Walaupun peristiwa itu menimbulkan kerusakan, tetapi pada akhirnya pantai ini menjadi tempat wisata yang terkenal dan dipandang oleh banyak orang.

4. Dulu Menjadi Saksi Pertempuran

Dulu Menjadi Saksi Pertempuran

Selain itu, pada masa penjajahan Belanda, Pantai Karang Hawu pernah digunakan sebagai tempat pertempuran antara pejuang Indonesia dan Belanda. Terdapat sebuah gua yang terletak di sekitar pantai yang konon menjadi tempat persembunyian para pejuang saat terjadi perang tersebut.

Aktivitas di Pantai Karang Hawu

    • Sunset: Tidak hanya itu, Pantai Karang Hawu menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang tenang.
    • Kuliner: Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini tanpa mencoba kuliner khas Sukabumi yang lezat. Di sekitar pantai terdapat banyak warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas. Hidangan yang disediakan seperti nasi liwet, sate maranggi, dan mie kocok. Selain itu, wisatawan bisa mencicipi kuliner laut segar seperti ikan bakar, cumi-cumi goreng, dan udang goreng.

Fasilitas di Pantai Karang Hawu

Pantai ini sudah begitu dikenal sehingga tak heran pengelolaanya jadi semakin baik dan fasilitas yang dimilikinya semakin lengkap. Adapun fasilitas di wisata alam pantai Jawa Barat ini seperti toilet umum, kamar mandi, kamar ganti, area parkir yang luas, tempat persewaan alat selancar, warung makan, kios souvenir, dan masih banyak lainnya.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Hawu

    • Sebelum pergi ke Karang Hawu, pastikan untuk menyiapkan semua keperluan seperti kamera, sunblock, dan perlengkapan berenang jika ingin menyelam atau bersnorkeling.
    • Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan pantai. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Pantai Karang Hawu seperti ikan bakar dan kelapa muda yang segar.
    • Para pengunjung bisa berkunjung ke wisata pesisir Karang Hawu kapan saja, namun sebaiknya menghindari kunjungan pada musim hujan karena ombak bisa menjadi sangat besar dan berbahaya.

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Karang Hawu

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan bisa menjelajahi beberapa objek wisata alam di sekitar pantai ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Pantai Karangpapak

Pantai Karangpapak
(sumber gambar: GoogleMaps_Dede Eko S.)

Pantai Karangpapak terletak di Jl. Raya Karang Papak No.18, Karangpapak, Kec. Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Jarak pantai ini dengan Karang Hawu hanya 600 meter.

Pantai ini dikenal mempunyai ombak yang besar, membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk para peselancar. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menikmati keindahan sunset.

Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 10.000 per orang. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan dan toko souvenir yang menjual berbagai jenis barang kerajinan tangan khas Sukabumi.

Sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Karangpapak antara lain berenang, berselancar, atau sekedar hanya menikmati keindahan pantai sambil menikmati makanan atau minuman.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karangpapak cukup memadai. Terdapat toilet umum, tempat parkir, dan beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung. Namun, karena ombak yang besar, disarankan bagi pengunjung untuk selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

2. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
(sumber gambar: GoogleMaps_NY Rita)

Pantai Cimaja terletak di Cimaja, Kec. Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Jarak pantai ini dengan Karang Hawu kurang lebih 4 km dengan waktu tempuh sekitar 10 menit menggunakan mobil.

Pantai ini terkenal dengan ombak yang besar, sehingga banyak peselancar yang datang ke pantai ini. Namun, pantai ini cocok untuk berenang atau hanya sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

Harga tiket masuk ke Pantai Cimaja sekitar Rp 10.000 per orang. Selain aktivitas utama seperti berselancar atau berenang, pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Beberapa toko souvenir tersedia untuk membeli oleh-oleh khas Sukabumi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cimaja cukup lengkap. Terdapat toilet umum, tempat parkir, lapangan voli, dan beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Pantai ini memiliki area bermain air seperti banana boat atau perahu karet. Namun, disarankan untuk pengunjung untuk selalu berhati-hati terutama saat berenang karena ombak yang besar.

3. Pantai Kadaka

Pantai Kadaka
(sumber gambar: GoogleMaps_Angga Wirajaya)

Pantai Kadaka terletak di Cikakak, Kec. Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jarak pantai ini dengan Karang Hawu kurang lebih 5,5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan mobil.

Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset yang memukau dan ombak yang besar, sehingga pantai ini cocok untuk aktivitas berselancar. Harga tiket masuk ke Pantai Kadaka sekitar Rp 10.000 per orang.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kadaka antara lain berenang, berselancar, atau sekadar menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makanan dan toko souvenir yang menjual beragam jenis barang kerajinan tangan ciri khas Sukabumi.

Fasilitas yang ada di Pantai Kadaka cukup lengkap. Ada toilet umum, tempat parkir, beberapa gazebo, dan lapangan voli yang dapat digunakan oleh pengunjung. Namun, disarankan untuk pengunjung untuk selalu berhati-hati saat berselancar atau berenang karena ombak yang besar.

4. Karang Naya Beach

Karang Naya Beach
(sumber gambar: GoogleMaps_Amir Syafaat)

Sukabumi memiliki banyak pantai indah yang menarik untuk dikunjungi, termasuk Pantai Karang Naya. Pantai ini berada di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan dikenal pemandangan alamnya yang masih alami. Jarak pantai ini dengan Karang Hawu kurang lebih 6 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan mobil.

Pantai Karang Naya menawarkan pemandangan pantai yang eksotis, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga cocok untuk aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, dan snorkeling. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Fasilitas yang ada di Pantai Karang Naya cukup memadai, di antaranya area parkir, toilet umum, dan beberapa warung makanan dan minuman. Terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Karang Naya, tiket masuk yang dibutuhkan cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 untuk masuk ke area pantai ini. Tetapi, pengunjung perlu memperhatikan kondisi cuaca sebelum berkunjung ke pantai ini, terutama pada musim hujan.

5. Pantai Pajagan Cisolok

Pantai Pajagan Cisolok
(sumber gambar: GoogleMaps_Syaviera Amalia)

Pantai Pajagan Cisolok terletak di Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jarak pantai ini dari Karang Hawu kurang lebih 5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan mobil.

Pantai ini dikenal keindahan alamnya yang alami dan air laut yang jernih. Harga tiket masuk ke Pantai Pajagan Cisolok sekitar Rp 5.000 per orang.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pajagan Cisolok antara lain berenang, berjemur, atau menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makanan dan toko souvenir yang menjual berbagai macam barang kerajinan tangan khas Sukabumi.

Fasilitas yang ada di Pantai Pajagan Cisolok terbilang sederhana. Ada toilet umum dan tempat parkir yang cukup luas. Namun, karena pantai ini masih tergolong alami, pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan.

6. Pantai Legonpari Cisolok

Pantai Legonpari Cisolok
(sumber gambar: GoogleMaps_Aam winner)

Pantai Legonpari Cisolok terletak di Cikahuripan, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jarak pantai ini dari Karang Hawu kurang lebih 5,5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan mobil.

Pantai ini dikenal pemandangan alamnya yang indah dan air laut yang jernih. Harga tiket masuk ke Pantai Legonpari Cisolok sekitar Rp 10.000 per orang

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Legonpari Cisolok antara lain berenang, bermain pasir, atau sekedar bersantai menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makanan dan toko souvenir yang jual berbagai jenis barang kerajinan tangan khas Sukabumi.

Fasilitas yang ada di Pantai Legonpari Cisolok cukup memadai. Ada area parkir yang luas, toilet umum, dan beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain itu, pantai ini menyediakan beberapa spot foto yang menarik seperti sebuah patung ikan dan jembatan kayu.

7. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok
(sumber gambar: Google_Infomase)

Selain pantai, Sukabumi mempunyai tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi, yakni Pemandian Air Panas Cisolok. Pemandian air panas ini terletak di Jalan Cisolok-Cipanas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan dikenal khasiatnya yang dapat mengobati beragam jenis penyakit.

Pemandian Air Panas Cisolok mempunyai kolam air panas yang alami dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius. Kolam ini terletak di kaki Gunung Halimun, sehingga suasana alam yang asri dan tenang bisa dirasakan di tempat ini. Selain berendam di kolam air panas, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar pemandian.

Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Cisolok cukup lengkap, di antaranya kamar mandi, toilet, dan tempat parkir. Ada beberapa warung makanan dan minuman yang menyajikan makanan khas daerah Sukabumi.

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pemandian Air Panas Cisolok, tiket masuk yang dibutuhkan cukup terjangkau. Pengunjung perlu membayar sekitar Rp 10.000 untuk masuk ke area pemandian ini. Tetapi, pengunjung perlu memperhatikan jam buka dan tutupnya, serta kondisi cuaca sebelum berkunjung ke tempat ini.

Jika ingin menghilangkan kelelahan setelah bermain di pantai-pantai indah Sukabumi, maka sangat disarankan menuju ke pemandian air panas ini. Jarak tempat wisata alam ini dari Karang Hawu kurang lebih 5 km dengan waktu tempuh sekitar 11 menit.

Penginapan di Pantai Karang Hawu

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di dekat pantai ini, ada banyak pilihan akomodasi yang dapat dipilih. Beberapa hotel dan penginapan terdekat yang populer di antaranya adalah:

1. 77 Sunset Plaza

77 Sunset Plaza
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati penginapan yang strategis di Pantai Pelabuhan Ratu di 77 Sunset Plaza, yang berlokasi di bagian Pelabuhan Ratu. Properti ini menawarkan akses dekat ke atraksi menarik dan pilihan restoran lezat. Fasilitas istimewa seperti pemandian mata air panas, kolam renang luar ruangan, dan layanan pijat akan meningkatkan kenyamanan kamu selama menginap.

Waktu check-in adalah pukul 14.00, dan waktu check-out adalah pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 241.326 per malam

PESAN HOTEL 77 Sunset Plaza Diskon 61%

2. Hotel Augusta Pelabuhan Ratu

Hotel Augusta Pelabuhan Ratu
(sumber gambar: Agoda)

Rasakan kenyamanan santai di Hotel Augusta Pelabuhan Ratu yang dikelilingi oleh taman hijau dengan pohon-pohon palem. Terletak dekat Pantai Pelabuhan Ratu, hotel ini juga hanya 4 km dari Pantai Cimaja dan 85 km dari Terminal Bus Damri Bogor.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out dilakukan hingga pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, lokasi di tepi pantai, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 291.386 per malam

PESAN HOTEL Hotel Augusta Pelabuhan Ratu Diskon 59%

3. Villa Karang Aji

Villa Karang Aji
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kesederhanaan elegan di Villa Karang Aji, sebuah vila unik yang menara tinggi di antara pepohonan dengan kamar semi-terbuka yang menghadap ke Teluk Pelabuhan Ratu.

Dengan hanya 7 menit berjalan kaki dari pantai terdekat, vila ini menawarkan pengalaman istirahat yang nyaman. Waktu check-in dan check-out adalah pukul 14.00 dan 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan akses ke pantai.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 293.832 per malam

PESAN HOTEL Villa Karang Aji Diskon 56%

4. OYO 921 Hotel Ratu Pantai

OYO 921 Hotel Ratu Pantai
(sumber gambar: Agoda)

Alami ketenangan di OYO 921 Hotel Ratu Pantai, sebuah hotel santai di kawasan hijau di sepanjang Teluk Ciletuh. Hanya 13 menit berjalan kaki dari Pantai Pasir Putih Geopark Ciletuh dan 34 km dari Jalan Nasional Rute 3.

Check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out hingga pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, Wi-Fi gratis, lokasi di tepi pantai, dan AC.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 261.513 per malam

PESAN HOTEL OYO 921 Hotel Ratu Pantai Diskon 66%

5. Covehill Green Resort (Ex – Schitzohills)

Covehill Green Resort ( Ex - Schitzohills )
(sumber gambar: Agoda)

Temukan ketenangan pedesaan di Covehill Green Resort, bekas Schitzohills, sebuah hotel gaya pedesaan di hutan seluas 10 hektare dengan panorama Teluk Pelabuhan Ratu.

Terletak 2 km dari Jalan Nasional Rute 3 dan 3 km dari Pantai Pelabuhan Ratu. Check-out dilakukan pukul 11.00 dengan resepsionis 24 jam. Fasilitas meliputi tempat parkir, Wi-Fi gratis, kolam renang, bar tepi kolam, dan layanan check-in/check-out pribadi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 559.000 per malam

PESAN HOTEL Covehill Green Resort Diskon 72%

Kulineran Lezat Khas Sukabumi di Sekitar Pantai Karang Hawurang hawu

Sukabumi, terutama di sekitar Pantai Karang Hawu, memiliki banyak kuliner lezat yang khas daerah tersebut. Berikut beberapa kuliner yang mungkin bisa kamu nikmati di sekitar area tersebut:

Kulineran Lezat Khas Sukabumi di Sekitar Pantai Karang Hawu

    • Karedok Leunca: Karedok adalah salah satu hidangan khas Sunda yang terdiri dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, dan leunca, dicampur dengan bumbu kacang yang lezat.
    • Pisang Aroma: Pisang Aroma adalah kuliner khas Sukabumi yang terkenal. Pisang yang digoreng ini memiliki aroma khas yang menggoda. kamu bisa menemukan penjual pisang aroma di sekitar Pantai Karang Hawu.
    • Mie Ongklok: Mie Ongklok adalah mie khas Sukabumi yang terbuat dari campuran tepung kanji (tepung dari umbi suweg) dan terigu. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah kental dan bumbu rempah yang khas. kamu bisa mencari warung atau pedagang mie ongklok di sekitar pantai.
    • Sate Maranggi: Sukabumi terkenal dengan Sate Maranggi, sate yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil dan dibumbui dengan bumbu khas Maranggi. Sate ini kemudian dipanggang hingga matang. kamu dapat menikmati Sate Maranggi di warung-warung sekitar Pantai Karang Hawu.
    • Gurame Bakar: Di sekitar pantai, kamu juga bisa menemukan warung yang menyajikan ikan gurame bakar. Ikan ini dibakar dengan bumbu khas dan disajikan bersama sambal serta nasi hangat.
    • Kue Apem Sukabumi: Kue tradisional Apem Sukabumi merupakan kudapan yang bisa kamu cicipi di sekitar Pantai Karang Hawu. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut, dan gula kelapa, memberikan cita rasa yang unik.
    • Nasi Liwet: Nasi Liwet Sukabumi memiliki cita rasa yang khas, dimasak dengan santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tempe, dan tahu.

Gurame Goreng: Sukabumi terkenal dengan ikan gurame yang segar. Gurame goreng adalah hidangan yang populer di daerah ini, dengan ikan gurame yang digoreng garing dan disajikan dengan sambal.

Kesimpulan

Pantai Karang Hawu merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana pantai yang tenang.

Lokasi yang mudah dijangkau, keindahan pemandangan pantai, ombak yang menantang, fasilitas yang lengkap dan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Sukabumi.

Jadi akan merasa sangat rugi jika tidak mengunjungi Pantai Karang Hawu ketika sedang berada di Jawa Barat, apalagi jika sedang berada di Sukabumi. Oleh karena itu, pastikan meluangkan waktu untuk berwisata ke pantai ini.

You might also like