Keindahan Pantai Karang Payung di Wonogiri: Menemukan Surga Tersembunyi yang Tak Terlupakan

Apakah kamu pernah ke Wonogiri? Apa saja yang kamu jumpai di sana? Jika kamu punya kesempatan berkunjung ke Wonogiri lagi, luangkan waktumu untuk mengunjungi Pantai Karang Payung.

Kenapa harus mengunjunginya? Karena pemandangan di pantai ini sangat indah. Kamu tidak akan menyesal. Selain daripada itu, Pantai Karang Payung memiliki keunikan yang tidak akan kamu jumpai di tempat lain.

Keunikan yang mencolok adalah perbukitan karst yang mempunyai tebing karang tinggi. Keunikan ini pulalah yang menyebabkannya dinamakan sebagai Pantai Karang Payung.

Beberapa pengunjung beranggapan jika mengunjungi pantai ini serasa berada di Bali. Benarkah itu? Kamu bisa mencobanya sendiri untuk membuktikan kebenarannya.

Pantai Karang Payung disebut sebagai pantai perawan karena belum banyaknya pengunjung yang mengetahui surga tersembunyi ini. Ini poin yang bagus sih, jadi kamu dapat merasakan memiliki pantai pribadi dan menikmati pemandangan yang ada sepuas hatimu.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Karang Payung

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Karang Payung
(sumber gambar: GoogleMaps_TPS 021 MAKAMHAJI)

Kamu tidak asing lagi, kan, di mana letak Wonogiri itu? Ya, Wonogiri berada di Jawa Tengah. Dan alamat dari Pantai Karang Payung adalah Dusun Dringo, Desa Guntur Harjo, Kecamatan Paranggupito.

Lokasi Pantai Karang Payung memang tersembunyi. Untuk itulah, dibutuhkan banyak kesabaran menuju ke sana. Kamu juga harus mengeluarkan tenaga cukup banyak. Namun, jangan khawatir, setelah sampai, segala penatmu akan tergantikan oleh keindahan pantai.

Letak pantai ini berada di perbukitan. Untuk mencapainya, kamu juga harus menuruni tebing. Disarankan untuk membawa sepeda motor saja, karena jalan yang dilalui lebarnya hanya setapak. Kendaraanmu bisa kamu parkirkan di Pantai Waru.

Setelah itu, kamu harus jalan kaki ke arah barat sejauh 500 meter. Disepanjang jalan yang sempit, kamu akan menemukan jajaran pohon pandan laut. Kamu bisa berfoto di sini karena pemandangannya masih sangat asri.

Tidak lama setelah itu, kamu akan menemukan tebing karang tegak yang berdiri menjulang di sisi barat pantai. Untuk sampai ke pantainya, kamu harus menuruni tebing terlebih dahulu.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Karang Payung:

Alamat: Palem, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Payung

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamGratisRp 5.000Rp 10.000

Kamu bisa mengunjungi Pantai Karang Payung sesuai keinginanmu, namun jika boleh memberikan saran, lebih baik sebelum malam hari saja, karena jalan yang terjal bisa membahayakan di malam hari. Kamu tidak akan bisa melihat apa pun di sini pada malam hari karena minimnya pencahayaan lampu.

Sementara untuk harga tiketnya kamu bisa berbahagia. Kamu tidak perlu membayar untuk ke Pantai Karang Payung, alias gratis. Hal ini karena masih belum ada pihak pengelola yang mengelolanya. Sayang sekali ya, padahal pantai ini sangat indah.

Keindahan Pantai Karang Payung

Setiap pantai mempunyai keindahannya tersendiri. Begitu pula dengan Pantai Karang Payung. Karena masih belum terdapat banyak pengunjung, pasir di pantai terbilang cukup bersih. Hal yang ditawarkan oleh Pantai Karang Payung adalah keheningannya.

Di sini, kamu bisa mendengarkan deburan ombak sambil merenung. Ketenangan ini tercipta karena belum pula terkenalnya pantai ini, sehingga pengunjung yang berdatangan pun bisa dihitung jari. Dibawah ini adalah beberapa keindahan yang dimiliki oleh Pantai Karang Payung:

Keindahan Pantai Karang Payung
(sumber gambar: GoogleMaps_Damar suci)

1. Pasir Putih

Saat kamu menginjakan kaki, kamu bisa merasakan pasir yang lembut. Ke manapun mata memandang, kamu bisa melihat pasir putih bersih terhampar luas. Kamu juga bisa berlarian-larian atau teriak-teriak tidak jelas.

Di sini kamu bebas melakukan hal tersebut karena tidak akan ada mata-mata julid yang akan mengawasi. Puas-puaskan di sini dan keluarkan segala penat di kepala atau hati.

2. Tebing Karang Mirip Benteng

Keunikan dari Pantai Karang Payung adalah adanya tebing karang yang tinggi. Jika dilihat lebih saksama, bentuknya mirip seperti benteng. Diperkirakan tinggi tebing karang ini sekitar 30-40 meter. Selain tinggi, tebing ini juga sangat luas.

Bagian bawah tebing sedikit berongga dikarenakan terkena abrasi air laut. Jika kamu kelelahan, kamu bisa beristirahat di rongga membentuk ceruk tersebut karena bentuknya mirip payung. Kamu yang kesukaan fotografi juga bisa berfoto-foto di sini.

Tebing Karang Mirip Benteng
(sumber gambar: GoogleMaps_mega saputra)

3. Mata Air Tawar

Apa jadinya jika ada mata air tawar di pantai? Emm, unik sekali, ya. Pantai Karang Payung mempunyai fenomena langkah ini. Namun, kamu tidak bisa melihatnya setiap saat. Kamu hanya bisa melihatnya jika tumpukan pasir terkikis ombak. Jadi, butuh banyak peruntungan jika ingin melihatnya.

4. Matahari Terbenam yang Menawan

Sebelum pulang, alangkah lebih baiknya melihat matahari terbenam yang menawan terlebih dahulu. Pemandangannya sangat cantik.

Kamu bisa melihat semburat warna oranye, kuning, merah dan warna-warna lainnya di langit. Kamu bisa mengabadikan pemandangan ini dengan kamera.

Matahari Terbenam yang Menawan
(sumber gambar: GoogleMaps_PNC SQUAD)

5. Matahari Terbit yang Indah

Jika kamu berniat melihat matahari terbit, kamu bisa mendirikan kamping di pantai dan bermalam di sini. Suasana yang ada tidak kalah indahnya dari pemandangan matahari terbenam.

Kamu juga bisa menghirup udara segar di pantai. Semoga dengan ini, rasa sesak di dadamu sedikit berkurang dan kamu bisa menjalani kehidupan baru dengan versi baru dari diri kamu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Karang Payung

Apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Karang Payung? Jawabannya adalah banyak sekali. Semua tergantung dari minat, hobi atau hal yang ingin kamu lakukan.

Di bawah ini sebagai rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai. Kamu bisa melakukan satu atau semua dari aktivitas-aktivitas yang ada:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Karang Payung
(sumber gambar: GoogleMaps_Hidayah Fadli)

1. Sekadar Duduk-duduk

Untuk sebagian orang, kehidupan ini terasa begitu berat. Kamu bisa beristirahat sesaat dengan hanya duduk dan tidak melakukan apa pun. Biarkan dirimu untuk dekat bersama alam.

Kamu bisa membawa tikar dari rumah atau jika ingin kotor juga tidak apa-apa, contohnya dengan langsung duduk di pasir pantai. Pejamkan matamu sejenak. Berdamailah dengan diri sendiri.

Tidak perlu pikirkan apa pun yang ada di luar kendalimu. Setiap orang berhak menikmati hidup. Manfaatkan keindahan Pantai Karang Payung untuk mengobati dirimu dari semua rasa sakit.

2. Mencari Kerang-kerang Laut

Jika lelah sekedar duduk, kamu bisa menghabiskan waktu dengan mencari kerang-kerang laut di pasir pantai. Kerang yang kamu kumpulkan boleh dibawa pulang, kok.

Namun, kalau kerangnya kebanyakan, lebih baik kembalikan ke laut saja. Kamu tidak membuat rumah atau kamarmu penuh dengan kerang-kerang laut, kan?

Mencari Kerang-kerang Laut

3. Berfoto

Mengabadikan setiap momen untuk kenangan merupakan hobi menyenangkan. Kamu bisa mengoleksi banyak foto di sini. Siapkan memori cukup dan baterai memadai agar liburanmu tidak terasa menyebalkan.

Selain sebagai koleksi, fotomu juga bisa kamu jual, loh. Simpan saja di website penyedia foto. Barangkali nanti banyak yang beli dan uangnya bisa kamu buat untuk jalan-jalan ke tempat lainnya.

4. Berenang

Kamu bisa berenang? Kamu harus mencoba sensasi berenang di laut. Dijamin kamu akan merasakan kesegaran yang belum pernah kamu rasakan di tempat manapun.

Namun, karena Pantai Karang Payung masih belum dikelola baik, sehingga tidak ada batas untuk berenang, kamu harus berhati-hati sendiri, ya. Jika dirasa lautnya sudah semakin dalam, segeralah kembali ke tepian.

Begitu pula ketika ada ombak besar datang, cepat-cepatlah kembali. Lebih enak jika kamu berenang dengan teman atau pasangan, agar kalian bisa saling menjaga.

Berenang

5. Memancing

Memancing adalah aktivitas yang menyenangkan. Kamu tidak hanya duduk-duduk saja, tetapi jika beruntung bisa mendapatkan ikan.

Kamu dapat memanggangnya di pantai atau membawanya pulang. Kenangan yang diberikan dari aktivitas ini, akan membuatmu semakin mensyukuri hidup.

6. Aktivitas yang Melibatkan Kesenian

Apa sajakah aktivitas yang melibatkan kesenian itu? Ada banyak contohnya, namun yang paling memungkinkan adalah melukis dan menulis. Kamu bisa melukis pemandangan pantai, tebing, ombak, dan lain sebagainya.

Dan untuk kamu yang suka menulis, kamu bisa membuat cerita yang berlatar Pantai Karang Payung. Aktivitas kesenian ini lebih bermanfaat daripada membicarakan orang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Payung

Fasilitas merupakan hal yang akan mendukung aktivitasmu saat berada di Pantai Karang Payung. Sebelum memutuskan untuk berlibur, kamu harus mempertimbangkan fasilitas apa saja yang ada di sana, sehingga kamu bisa memperhitungkan atau membawa hal-hal yang tidak disediakan.

Pantai Karang Payung terbilang masih sepi pengunjung karena belum diketahui oleh banyak orang, namun ada beberapa fasilitas yang bisa kamu rasakan. Fasilitas ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain, seperti di bawah ini:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Payung
(sumber gambar: GoogleMaps_Abdul Yusuf)

1. Area Parkir di Pantai Waru

Pantai Karang Payung memang tidak siapkan tempat parkir sendiri, tapi kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di parkiran Pantai Waru. Kedua pantai tersebut berjarak cukup dekat.

Dari Pantai Waru, kamu bisa berjalan kaki ke Pantai Karang Payung. Perjalanan ini tidak membosankan, kok, karena sejauh perjalanan kamu akan menemukan pemandangan yang bagus.

2. Kamar Mandi

Kamu tidak perlu khawatir untuk buang hajat karena Pantai Karang Payung sudah menyediakan tempatnya. Di sini, kamu bisa mengganti pakaian atau sekadar membilas tubuhmu setelah lelah bermain di pasir atau lautan. Setelah menggunakan fasilitas kamar mandi, tetap menjaga kebersihannya, ya.

Kamar Mandi

3. Area Memancing

Di sini ada area memancing yang dapat kamu gunakan. Di area ini, kamu bisa memancing sepuasnya. Pancing banyak ikan dan nikmati waktu luangmu dengan hal-hal menyenangkan.

4. Tempat Kemping

Kamu berniat untuk kemping? Pantai Karang Payung mempunyai banyak tempat yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Pilihlah tempat yang tidak terkena angin secara langsung, termasuk juga perhitungkan pasang surut air lautnya.

Karena di sini tidak ada tempat yang menyewakan alat kamping, alangkah lebih baiknya jika kamu membawa semua peralatan dari rumah. Kamu disarankan untuk membawa teman atau pasangan jika bermalam di sini, agar kamu tidak merasa sendirian.

Tempat Kemping

5. Warung Makan

Di sekitar Pantai Karang Payung terdapat beberapa warung makan. Hanya saja jumlahnya memang tidak banyak. Namun, di sini kamu boleh kok untuk membawa makanan dari rumah. Kamu bisa membawa makanan berat atau cemilan. Hanya saja, setelah makan tetap buang sampah pada tempatnya, ya.

6. Mushola

Untuk seorang muslim, Mushola adalah hal utama yang perlu diperhitungkan karena akan menjadi tempat ibadah. Kamu tidak perlu khawatir karena di sini sudah disediakan Mushola.

Kamu juga bisa membawa mukenah dari rumah, untuk wanita, dan sarung untuk pria. Liburan adalah hal menyenangkan, tapi ibadah tidak boleh dilupakan, ya.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Payung

Apakah kamu tidak sabar untuk berkunjung ke Pantai Karang Payung? Sebelum pergi ke sana, alangkah lebih bagusnya jika kamu menyediakan atau mempersiapkan hal-hal yang mungkin kamu butuhkan.

Tips berkunjung ini tidak selalu harus kamu turuti, karena bagaimanapun yang tahu kondisimu adalah diri kamu sendiri. Kamu bisa mempertimbangkannya untuk dilakukan jika dirasa perlu. Jika tidak pun, ya tidak apa-apa.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Payung

1. Datang di Musim Kemarau

Bagaimana rasanya menikmati keindahan pantai sembari melihat hujan turun? Uh, lebih baik tidak. Karena apa? Memang pada dasarnya hujan bisa membangkitkan kenangan-kenangan, namun hujan punya sisi lain.

Jika intensitas air yang turun banyak, akan membuat jalanan menjadi becek. Tidak terkecuali akan membuat air laut menjadi pasang. Hal ini sangat berbahaya.

Maka daripada itu, disarankan agar kamu datang ke Pantai Karang Payung saat musim kemarau saja. Di musim kemarau, cuacanya akan cerah. Pemandangan lebih bagus, pun kamu bisa melihat sunrise atau sunset sebab tidak ada mendung.

2. Gunakan Sunscreen

Supaya kulitmu tidak terlalu gosong, pakailah sunscreen. Setelah memakainya, kamu bisa bermain di pantai sepuasnya. Kamu juga bisa membawa sunscreen ke pantai. Dapat saja di sana dibutuhkan.

Gunakan Sunscreen

3. Pakailah Pakaian Nyaman

Karena jalan yang akan kamu lewati cukup mempunyai medan menantang, sudah seharusnya kamu perhatikan pakaian yang kamu gunakan. Gunakan pakaian nyaman agar perjalananmu tidak terganggu. Gunakan juga sepatu yang tidak gampang rusak.

4. Membawa Makanan Secukupnya

Tidak perlu terlalu banyak makanan karena akan terasa berat, karena bagaimanapun, nantinya sebelum sampai ke Pantai Karang Payung, kamu harus berjalan kaki selama beberapa menit. Kamu juga bisa membeli makanan atau minuman di sekitar pantai kok.

Membawa Makanan Secukupnya

5. Pergilah dengan Orang-orang Muda

Mengapa harus pergi dengan orang-orang muda? Ada apa dengan anak-anak? Jalanan untuk menuju ke Pantai Karang Payung tidak seberapa mulus daripada pantai lain.

Jika kamu membawa anak-anak ke sini, menjaganya harus ekstra hati-hati. Seperti yang diketahui, anak-anak sangatlah aktif. Jika tidak diawasi sedikit saja, mereka bisa jatuh atau hal bahaya lain.

6. Membawa Obat-obatan Dasar

Membawa obat-obatan dasar tak kan merugikanmu. Kamu bisa membawa minyak kayu putih, kapas, geliga, hansaplast, atau lainnya. Kamu bisa menaruh obat-obatan ini di tas kecil, agar jika kamu membutuhkannya, kamu tidak persoalan mencari.

Membawa Obat-obatan Dasar

7. Menjaga Kebersihan

Di manapun kamu pergi, tetaplah menjaga kebersihan. Pantai Karang Payung masih terbilang asri sekali. Kamu tidak mau jadi orang-orang tidak bertanggung jawab yang mengotori pantai, kan?

Maka dari itu, buang sampah ke tempatnya atau kamu bisa mengumpulkan semua sampahmu ke dalam satu kantong dan membawanya pulang.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Karang Payung di Wonogiri

Pilihan akomodasi yang tepat dapat membuat perjalanan kamu semakin berkesan. Di dekat Pantai Karang Payung Wonogiri, kamu akan menemukan beragam hotel berkualitas yang siap menyambut kamu dengan layanan terbaik. Berikut adalah beberapa opsi hotel yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Palette 93389 Osanna Beach Resort

Palette 93389 Osanna Beach Resort
(sumber gambar: Agoda)

Palette 93389 Osanna Beach Resort terletak strategis di Wonogiri, yang merupakan bagian dari destinasi wisata yang menarik. Dengan lokasi yang sangat dekat dengan atraksi lokal dan beragam pilihan restoran, properti bintang-3 ini menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap untuk memastikan pengalaman menginap yang memuaskan.

Mulai dari WiFi gratis di semua kamar hingga kolam renang luar ruangan yang menyegarkan, tamu dapat menikmati kenyamanan yang tak terhingga. Waktu check-in tersedia sepanjang hari mulai pukul 08.00.

Memungkinkan fleksibilitas bagi tamu untuk merencanakan kedatangan mereka dengan mudah, sementara waktu check-out hingga pukul 22.00 memungkinkan waktu yang cukup bagi tamu untuk menikmati akomodasi mereka hingga detik terakhir.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 505.222 per malam

PESAN HOTEL Palette 93389 Osanna Beach Resort Diskon 75%

2. Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation

Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation
(sumber gambar: Agoda)

Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation terletak di Watukarung, yang merupakan area yang populer bagi para penggemar selancar dan pelancong yang mencari petualangan pantai.

Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan atraksi lokal dan berbagai pilihan restoran, penginapan ini merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin mengeksplorasi keindahan alam dan budaya lokal. Fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, dan kolam renang luar ruangan menambah kenyamanan tinggal bagi para tamu.

Waktu check-in yang tersedia mulai pukul 13.00 memberikan fleksibilitas bagi tamu untuk tiba dengan nyaman, sementara waktu check-out hingga pukul 12.00 memungkinkan mereka untuk menikmati akomodasi mereka tanpa terburu-buru.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 300.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Prapto Homestay Diskon 54%

3. Watukarung Ristu Homestay

Watukarung Ristu Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Watukarung Ristu Homestay, terletak di Watukarung, adalah pilihan akomodasi yang sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman berlibur yang santai dan nyaman.

Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan atraksi lokal dan berbagai pilihan restoran, tamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dan kemudahan akses ke berbagai tempat menarik. Fasilitas seperti shuttle bandara, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis di semua kamar menjamin kenyamanan tinggal bagi para tamu.

Waktu check-in yang tersedia mulai pukul 15.00 memberikan waktu yang cukup bagi tamu untuk bersantai sebelum memulai petualangan mereka, sementara waktu check-out hingga pukul 12.00 memungkinkan mereka untuk menikmati akomodasi mereka tanpa terburu-buru.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 339.000 per malam

PESAN HOTEL Watukarung Ristu Homestay Diskon 58%

4. Harry’s Ocean House Watukarung

Harry's Ocean House Watukarung
(sumber gambar: Agoda)

Harry’s Ocean House Watukarung, yang terletak di Watukarung, menawarkan pengalaman menginap yang santai dan nyaman bagi para tamu yang mengunjungi destinasi wisata ini.

Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan atraksi lokal dan berbagai pilihan restoran, penginapan ini adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan alam dan budaya lokal. Fasilitas seperti shuttle bandara, WiFi gratis, dan layanan laundry menambah kenyamanan tinggal bagi para tamu.

Waktu check-in yang tersedia mulai pukul 14.00 memberikan waktu yang cukup bagi tamu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, sementara waktu check-out hingga pukul 10.00 memungkinkan mereka untuk menikmati akomodasi mereka tanpa terburu-buru.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 130.000 per malam

PESAN HOTEL Harry’s Ocean House Watukarung Diskon 60%

5. Summerfield Homestay and Cafe

Summerfield Homestay and Cafe
(sumber gambar: Agoda)

Summerfield Homestay and Cafe, terletak di Watukarung, adalah tempat yang ideal bagi mereka yang mencari liburan yang santai dan penuh dengan pengalaman lokal yang unik. Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan atraksi lokal dan berbagai pilihan restoran, tamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dan kehidupan pantai yang tenang.

Fasilitas seperti WiFi gratis, layanan kamar, dan tur tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu. Waktu check-in yang tersedia mulai pukul 14.00 memberikan kesempatan bagi tamu untuk bersantai dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Sementara waktu check-out hingga pukul 08.00 memungkinkan mereka untuk menikmati akomodasi mereka hingga detik terakhir sebelum pulang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 525.000 per malam

PESAN HOTEL Summerfield Homestay and Cafe Diskon 59%

Mencoba Makanan Khas Wonogiri di Sekitar Pantai Karang Payung

Makanan khas Wonogiri memang memiliki citarasa yang khas dan unik. Berikut adalah beberapa makanan khas Wonogiri yang bisa kamu coba:

Mencoba Makanan Khas Wonogiri di Sekitar Pantai Karang Payung

    • Kacang Mete: Kacang mete merupakan camilan khas Wonogiri yang terbuat dari kacang mete yang digoreng hingga renyah dan biasanya diberi bumbu rempah untuk menambah cita rasa.
    • Pindang Kambing: Pindang kambing adalah hidangan khas Wonogiri yang terbuat dari daging kambing yang direbus dengan bumbu rempah-rempah sehingga memiliki rasa yang gurih dan lezat.
    • Besengek Tempe: Besengek tempe adalah masakan tradisional Wonogiri yang terbuat dari tempe yang dimasak dengan bumbu santan yang kental dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang khas dan lezat.
    • Brem Wonogiri: Brem adalah minuman tradisional asal Wonogiri yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi dan memiliki rasa manis serta sedikit beralkohol.
    • Geti Wijen: Geti wijen adalah camilan khas Wonogiri yang terbuat dari wijen yang dicampur dengan gula dan dimasak hingga menjadi renyah dan garing.
    • Emping Mentah: Emping mentah adalah camilan khas Wonogiri yang terbuat dari biji melinjo yang dipanggang atau digoreng tanpa melalui proses perebusan terlebih dahulu, sehingga memiliki tekstur yang lebih keras dan kering dibandingkan dengan emping biasa.

Kesimpulan

Kamu sudah membaca informasi mengenai Pantai Karang Payung. Bagaimana? Apakah kamu sudah tidak sabar ingin berlibur ke sana? Luangkan waktumu sejenak, mintalah izin kantor dan pergilah liburan.

Semoga liburan kali ini bisa menenangkan hati. Liburan juga bisa mengambil jeda terhadap segala rutinitas yang membosankan. Mengajak teman-temanmu agar liburanmu semakin berkesan dan tidak membosankan.

Selagi masih muda, nikmati waktumu secara bersenang-senang secara positif. Jika tidak sekarang, kapan lagi? Kamu berhak berbahagia dan menikmati waktu liburanmu tanpa dipusingkan apa pun.

You might also like