Pantai Karang Tawulan di Tasikmalaya: Inilah Keindahan Alam Menakjubkan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Keindahan alam bahari Tasikmalaya sudah cukup terkenal, salah satunya adalah Pantai Karang Tawulan. Pantai di Tasikmalaya ini dikenal pantai yang masih terjaga keasriannya.

Pantai ini bahkan digadang-gadang sebagai pantai di Tasikmalaya yang mempunyai kemiripan dengan Tanah Lot yang berada di Bali. Kemiripan ini didasari pada batu karang dan ombaknya yang saat menggulung menabrak batuan tersebut.

Memang tidak ada pura di sini, namun secara umum, kemiripan ini berdasar pada susunan batuan tersebut yang berada di pantai ini. Namun itupun kembali ke sudut pandang dari masing-masing individu.

Untuk membuktikan apakah benar pantai ini memiliki keindahan seperti yang dimiliki oleh Tanah Lot, maka kamu bisa mengunjunginya langsung saat sedang berada di Tasikmalaya.

Keindahan Pantai Karang Tawulan

Keindahan Pantai Karang Tawulan
(sumber gambar: GoogleMaps_bambangs upi.edu)

Pasir putih, birunya air laut, dan hijaunya area sekitar pantai adalah keindahan dari Pantai Karang Tawulan. Salah satu keindahan lain yang dimiliki pantai ini adalah adanya sebuah tebing karang yang menjuru ke laut.

Pada area tersebut, pengunjung bisa melihat pemandangan pantai ini jauh lebih leluasa, karena semuanya akan terlihat cukup jelas jika dilihat dari tebing tersebut. Tebing tersebut menjadi spot favorit untuk yang ingin melihat kecantikan matahari terbenam di pantai ini.

Misteri Pantai Karang Tawulan

Misteri Pantai Karang Tawulan
(sumber gambar: GoogleMaps_bang kuya)

Pantai ini ternyata menyimpan misteri atau bisa dikatakan juga sebagai mitos. Menurut cerita yang berkembang, banyak orang yang datang ke Pantai Karang Tawulan untuk mencoba kekuatan patung.

Bahkan ada yang melakukan ritual dengan membawa sesajen dan berdoa di dekat patung. Namun, ada juga yang meragukan keberadaan kekuatan magis patung tersebut dan menganggap hanya sebuah cerita yang dibuat-buat.

Patung yang dimaksud, menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar ditemukan oleh seorang nelayan pada tahun 1974. Patung tersebut mempunyai bentuk manusia dengan kedua tangan yang terbuka.

Konon, patung tersebut memiliki kekuatan magis yang bisa membawa keberuntungan dan kekayaan untuk orang yang memeluknya. Namun, jika patung tersebut tidak dihormati baik, maka bisa menimbulkan bencana atau malapetaka untuk orang sekitar.

Meski begitu, semua orang bebas untuk memiliki pendapatnya masing-masing. Ada yang menganggap jika itu hanya cerita rakyat belaka atau ada yang mempercayainya. Namun yang pasti di pantai ini ini adalah keindahan alamnya begitu menakjubkan.

Lokasi Pantai Karang Tawulan

Pantai ini bisa dijumpai di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Jarak pantai ini dari pusat Kabupaten Tasikmalaya kurang lebih sejauh 70 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 30 menitan menggunakan kendaraan roda empat.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Karang Tawulan:

Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46195

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Karang Tawulan

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 6.000Rp 3.000Rp 10.000

Jika ingin melihat keindahan Pantai Karang Tawulan, maka pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk di pantai ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 6.000 per orang dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 10.000.

Aktivitas Seru di Pantai Karang Tawulan

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Karang Tawulan, diantaranya sebagai berikut:

Aktivitas Seru di Pantai Karang Tawulan
(sumber gambar: GoogleMaps_Tatang Kurniawan)

1. Melihat Keindahan Pantai dari Tebing

Keindahan pantai ini memang terpampang sangat jelas jika dilihat dari atas. Beruntunglah di pantai ini terdapat sebuah tebing yang bisa diakses untuk melihat keindahan dengan jarak pandang 360 derajat.

2. Menyusuri Pantai

Untuk yang suka melakukan eksplorasi, maka tidak ada salahnya untuk ke pantainya yang berada di bawah tebing. Namun harus berhati-hati saat menuruni tebing dan pastikan menggunakan alas kaki yang tidak selip dan memiliki sol yang kuat dan lentur agar lebih aman dan nyaman ketika berjalan di area berbatu.

Menyusuri Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Anggana J)

3. Memancing

Tidak hanya melihat keindahan alam, di pantai ini juga terdapat banyak sekali spot memancing. Satu spot favorit adalah di sebuah tebing, tetapi bukan tebing yang digunakan untuk melihat pemandangan, melainkan tebing yang lain.

Banyaknya batuan yang ada di pantai ini menjadi sarang untuk ikan-ikan kecil. Dengan adanya ikan kecil, maka bisa dipastikan disana ada ikan predator yang berukuran besar.

Namun karena batuan ini juga harus berhati-hati, lantaran dapat jadi kail menyangkut di sela-sela bebatuan. Selain itu, saat mengakses tebing untuk spot memancing ini juga harus berhati-hati.

4. Berfoto

Aktivitas ini merupakan aktivitas wajib jika sedang berada di pantai ini. Jangan sampai melewati setiap keindahan yang disuguhkan pantai ini.

Pastikan untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya agar bisa update keindahan pantai ini lebih banyak di akun media sosialmu atau cukup disimpan untuk menjadi koleksi pribadi.

Berfoto
(sumber gambar: GoogleMaps_Fahmi Abdilah)

5. Melihat Sunset

Keindahan matahari terbenam di Pantai Karang Tawulan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pastikan berada di spot yang tepat, yaitu tebing untuk melihat pemandangan biar lebih puas melihat peristiwa tersebut.

6. Piknik

Ketika di pantai lebih senang quality time dengan keluarga, pasangan, atau teman-teman, maka segera gelar tikar di area yang teduh dengan pemandangan laut dan siapkan segala camilan dan minuman.

Piknik

7. Berkemah

Tebing yang digunakan untuk melihat pemandangan merupakan salah satu area yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Namun, sebelum mendirikan tenda, pastikan untuk memberi informasi kepada pihak pengelola, karena jika ingin berkemah harus mendapat izin dan membayar Rp 30.000 per orang.

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan

Pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa memudahkan pengunjung dalam berwisata. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet, dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Tips Berwisata di Pantai Karang Tawulan

Untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama berwisata di Pantai Karang Tawulan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

Tips Berwisata di Pantai Karang Tawulan

1. Perhatikan Cuaca Sebelum Datang

Ombak Pantai Karang Tawulan cukup besar dan jika cuaca sedang tidak bagus, sehingga menyebabkan ombak semakin tinggi, maka lebih baik mengurungkan niat mengunjungi pantai ini.

2. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Sinar matahari dan udara panas adalah hal yang terdengar sepele, tapi bisa jadi membahayakan, karena bisa menyebabkan kulit terbakar. Oleh karena itu, tabir surya, topi, dan sandal pantai wajib digunakan untuk melindungi diri dari sinar matahari dan pasir yang panas.

Gunakan Perlengkapan yang Tepat

3. Pastikan untuk Membawa Makanan dan Minuman

Sedia payung sebelum hujan adalah peribahasa yang tepat untuk tips yang satu ini. Lebih baik membawa bekal sendiri dan jangan mengandalkan warung di pantai ini, karena bisa jadi warung di sekitar pantai ini tidak selalu buka.

4. Jangan Berenang dan Selalu Waspada

Ombak pantai ini amat tidak cocok jika digunakan untuk berenang. Selain itu, batuan karang yang berukuran besar bertebaran di sekitar pantai dan ditambah lagi dengan ombaknya yang besar. Ini sangat berbahaya, karena bisa saja tergulung atau terseret ombak dan bisa jadi terbentur batuan tersebut.

Jangan Berenang dan Selalu Waspada

5. Menjaga kebersihan pantai

Pihak pengelola sudah semaksimal mungkin menjaga kebersihan pantai ini, maka sudah selayaknya sebagai pengunjung kita menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan yang ada.

Objek Wisata Dekat Pantai Karang Tawulan

Jika kamu berkunjung ke Pantai Karang Tawulan, terdapat beberapa destnasi wisata lain di dekat Pantai Karang Tawulan, antara lain:

1. Pantai Papinblok Cimanuk

Pantai Papinblok Cimanuk
(sumber gambar: GoogleMaps_aphonecell net)

Jika area perkemahan di Pantai Karang Tawulan sudah penuh, maka pengunjung bisa beralih ke Pantai Papinblok Cimanuk. Di pantai ini, area perkemahan yang disediakan lebih luas. Namun berdasarkan informasi dari netizen, hal yang perlu diwaspadai adalah anginnya yang kencang.

Angin kencang tersebut kemungkinan besar terjadi ketika cuaca sedang buruk. Jadi, sebelum memutuskan untuk berkemah di sini, maka lebih baik mencari informasi terkait prediksi cuaca di daerah ini terlebih dahulu.

Pasir pantai ini berwarna hitam, mungkin sebagian orang tidak menyukainya, namun pemandangan lautnya demikian elok. Disamping itu, pantai ini masih tetap sepi pengunjung.

Satu hal lagi yang harus diketahui adalah jangan berenang walaupun ombak di pantai ini terlihat tenang, karena arus di badan air cukup kencang. Lebih baik menghindari untuk bermain air, sudah menjadi ciri khas pantai Selatan miliki ombak dan arus yang kencang.

Jarak Pantai Papinblok Cimanuk dengan Pantai Karang Tawulan juga sangat dekat, hanya 1,1 km dengan waktu tempuh hanya 5 menit. Sehingga bisa menjadi tujuan wisata pantai Jawa Barat berikut setelah dari Pantai Karang Tawulan.

2. Pantai Cidahon

Pantai Cidahon
(sumber gambar: GoogleMaps_Ade Achmad Nur Fadillah)

Pantai Cidahon memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, pantai ini juga masih sepi pengunjung, menjadi amat cocok untuk yang ingin berwisata serasa pantai pribadi. Keindahan utama dari pantai ini adalah perpaduan antara perbukitan hijau, ombak yang besar, dan air lautnya yang jernih.

Jarak Pantai Cidahon dengan Pantai Karang Tawulan juga tidak terlalu jauh, yaitu hanya 7 km saja dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Namun, pantai ini masih belum terlalu banyak dikembangkan, sehingga akses jalan menuju ke pantai ini masih susah.

3. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah
(sumber gambar: GoogleMaps_Karina Kusumawardhani Haryono)

Jika ingin berenang di pantai, maka Pantai Muaragatah bisa dijadikan pilihan, karena di sini terdapat area dengan arus laut dan ombak yang tenang. Lokasi tersebut yakni di muara sungainya.

Pihak pengelola menyebutkan jika di sini bisa menyewa ban untuk berenang di muara sungai tersebut. Selain itu, sungai di pantai ini juga bisa dijelajahi menggunakan kano.

Akan tetapi, saat musim kemarau, muara sungai jadi surut, sehingga aktivitas itu tidak bisa dilakukan. Namun jangan bersedih, karena di sini terkenal dengan kuliner khas lautnya yang segar dan biasanya diolah dengan cara dibakar.

Surutnya sungai di Pantai Muaragatah tidak hanya disebabkan oleh musim, tetapi juga pasang surut air laut dan pendangkalan. Dengan begitu, ada waktu-waktu tertentu jika ingin merasakan dua kegiatan tersebut yang tidak dilakukan di Pantai Karang Tawulan.

Jarak Pantai Muaragatah dengan Pantai Karang Tawulan juga tidak terlalu jauh, yaitu hanya sejauh 8,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit saja. Tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Pantai Karacak

Pantai Karacak
(sumber gambar: GoogleMaps_Din S)

Pantai Karacak memiliki keindahan yang khas, karena jika ingi nmengakses pantai ini, maka pengunjung akan disajikan terlebih dahulu pemandangan sepanjang jalan yang begitu indah.

Pantai ini begitu asri, banyak pepohonan dan tumbuhan lainnya yang menghiasi daerah sekitar pantai. Perbukitan di sekitar pantai juga bisa diakses, sehingga pengunjung bisa melihat keindahan Pantai Karacak lebih leluasa.

Jarak Pantai Karacak dengan Pantai Karang Tawulan terbilang cukup dekat, yaitu hanya 9,4 km dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit saja. Pantai ini juga relatif sepi pengunjung, menjadi untuk orang-orang yang menyukai suasana tempat wisata yang tidak terlalu ramai, pantai ini sangat sesuai untuk mereka.

5. Pantai Madasari

Pantai Madasari
(sumber gambar: GoogleMaps_Hendra Delvis)

Dulu pantai ini tidak begitu dikenal, tetapi berbeda dengan saat ini. Saat ini, Pantai Madasari mulai dipadati oleh wisatawan. Pantai ini dikenal pemandangan matahari terbenamnya yang begitu indah.

Selayaknya pantai di wilayah Selatan, ombak di pantai ini juga begitu besar, sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan berenang.

Setidaknya, keindahan alam yang dimiliki pantai ini sudah lebih dari cukup untuk mengisi kekosongan tersebut. Di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa tempat penginapan yang mungkin saja sulit dijumpai di Pantai Karang Tawulan.

Dengan begitu, jika memutuskan berkunjung objek wisata lain dekat Pantai Karang Tawulan dan sedang mencari tempat menginap, maka pantai ini bisa dijadikan tujuan wisata berikutnya.

Pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sekitar pantai membuat suasana pantai ini menjadi lebih sejuk dan kian asri, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat piknik dan juga bisa berkemah di pantai ini.

Jarak Pantai Madasari dari Pantai Karang Tawulan kurang lebih 25 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Harga tiket masuk pantai ini berdasar pada kendaraan yang digunakan.

Jika berjalan kaki, maka hanya Rp 2.500 per orang, jika menggunakan sepeda motor Rp 7.000. Kemudian untuk mobil Rp 25.000, Rp 110.000 untuk bus kecil, dan Rp 160.000 untuk bus besar.

6. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
(sumber gambar: GoogleMaps_permana tegus)

Untuk penggemar olahraga selancar atau surfing, Pantai Batu Karas adalah pantai yang paling tepat. Pantai ini memang terkenal sebagai salah satu spot selancar yang menawarkan ombak yang besar dan sangat cocok untuk selancar.

Memang jarak dari Pantai Batu Karas jika diakses dari Pantai Karang Tawulan lumayan jauh, yaitu 35 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Namun, di daerah pantai ini banyak sekali tempat penginapan dengan harga yang bervariasi. Beberapa tempat penginapan yang ada di dekat pantai ini telah disebutkan di atas.

Jika berniat untuk mencari tempat penginapan sekaligus berwisata ke pantai lainnya selain Pantai Karang Tawulan, sangat disarankan mengunjungi pantai ini. Meskipun tidak bisa berselancar, pengunjung bisa bersantai di pantai ini sambil mendengarkan suara dan melihat deburan ombak yang besar.

Penginapan Dekat Pantai Karang Tawulan

Informasi terkait dengan penginapan dekat pantai ini sangat terbatas. Mungkin saja ada beberapa penginapan dekat pantai ini tapi tidak diketahui oleh banyak orang.

Karena itu, tidak ada salahnya jika bertanya pada pengelola pantai ini, apakah ada penginapan yang berlokasi dekat dari pantai ini.

Seandainya pun tidak ada, maka jangan khawatir, karena pengunjung bisa mendirikan tenda di pantai ini. Jika tidak membawa tenda, maka pengunjung dapat mengunjungi pantai lainnya yang terdekat, seperti Pantai Madasari.

Di Pantai Madasari ada beberapa tempat penginapan yang nyaman dan jika ingin ada banyak pilihan tempat menginap, maka perjalanan bisa dilanjutkan jika ke Pantai Batu Karas. Berikut ini rekomendasi penginapan dekat Pantai Karang Tawulan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Hotel Grand Parigi

Hotel Grand Parigi
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Grand Parigi menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan bermutu di Pangandaran. Berlokasi strategis di daerah Pangandaran, properti kami menyediakan akses yang mudah ke berbagai atraksi dan pilihan restoran menarik di sekitarnya.

Kamu dapat menikmati kenyamanan bintang-3 dengan fasilitas kolam renang luar dan dalam ruangan, serta restoran yang menawan untuk memanjakan lidah kamu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Bandara Nusawiru yang terkenal, yang berjarak dekat dari hotel kami.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Selain itu, kami menyediakan layanan kebersihan harian dan WiFi gratis di semua kamar untuk kenyamanan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 321.030 per malam

2. Lagoona Beach Bungalows – Eco Resort

Lagoona Beach Bungalows - Eco Resort
(sumber gambar: Agoda)

Lagoona Beach Bungalows – Eco Resort merupakan pilihan akomodasi yang ideal bagi kamu yang ingin menikmati liburan di Batu Karas, Pangandaran. Terletak secara strategis di sekitar Batu Karas, properti kami menawarkan akses yang mudah ke atraksi utama dan restoran lokal yang menarik.

Nikmati kenyamanan tinggal di sini dengan fasilitas seperti shuttle bandara, WiFi gratis, dan resepsionis 24 jam. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00 dan check-out pukul 12.00, memberikan kamu fleksibilitas selama masa inap kamu. Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas BBQ dan penyewaan sepeda untuk menambah keseruan liburan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 459.900 per malam

3. THE ERMAJA’S PAVILION Boutique Hotel & Villas

THE ERMAJA'S PAVILION Boutique Hotel & Villas
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di THE ERMAJA’S PAVILION Boutique Hotel & Villas, tempat kamu dapat menemukan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan gaya di Batu Karas, Pangandaran. Terletak di lingkungan yang indah, properti kami memberikan akses mudah ke berbagai atraksi dan restoran terkenal di sekitarnya.

Rasakan kemewahan menginap di kamar-kamar kami yang elegan, sambil menikmati layanan yang ramah dan penuh perhatian dari staf kami. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Bandara Nusawiru yang terkenal sebelum kamu meninggalkan kota.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00 dan check-out pukul 13.00. Kami juga menyediakan fasilitas penyewaan sepeda, layanan kamar 24 jam, dan sarapan gratis untuk memastikan pengalaman menginap kamu menjadi tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 373.920 per malam

4. Ragha Homestay

Ragha Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Ragha Homestay adalah pilihan yang sempurna bagi kamu yang mencari akomodasi yang ramah di hati di Batu Karas, Pangandaran. Terletak di lingkungan yang tenang, properti kami memberikan akses yang mudah ke berbagai atraksi dan restoran di sekitarnya.

Nikmati kenyamanan tinggal di sini dengan fasilitas seperti shuttle bandara, layanan shuttle, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.30 dan check-out pukul 12.00, memberikan kamu fleksibilitas selama masa inap kamu. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas BBQ dan ruang keluarga yang nyaman untuk bersantai setelah seharian berkeliling kota.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 210.000 per malam

5. Pantai Indah Resort & Hotel

Pantai Indah Resort & Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Pantai Indah Resort & Hotel adalah tempat yang sempurna bagi kamu yang ingin menikmati liburan yang santai di Pantai Timur, Pangandaran. Terletak di lokasi yang strategis, kami menyediakan akses mudah ke berbagai atraksi dan objek wisata lokal yang menarik.

Selain menikmati pantai yang indah, kamu juga dapat menikmati fasilitas properti kami, seperti kolam renang luar ruangan dan WiFi gratis di semua kamar.

Waktu check-in kami dimulai pukul 15.00 dan check-out pukul 11.00, memberikan kamu fleksibilitas selama masa inap kamu. Kami juga menyediakan layanan kebersihan harian dan termometer tubuh untuk kenyamanan dan keamanan kamu selama menginap.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 479.906 per malam

Mencicipi Makanan Khas Tasikmalaya yang Menggugah Selera

Tasikmalaya, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Tasikmalaya yang bisa menggugah selera:

Mencicipi Makanan Khas Tasikmalaya yang Menggugah Selera

    • Nasi Tutug Oncom: Nasi yang diuleg bersama oncom (fermentasi biji-bijian, seperti kedelai atau kacang tanah) dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas. Rasanya gurih dan sedikit beraroma.
    • Gehu Ceplok: Tahu goreng yang digoreng dengan teknik khusus sehingga kulitnya menjadi sangat renyah, tetapi bagian dalamnya tetap lembut. Biasanya disajikan dengan sambal dan kecap.
    • Mie Ongklok: Mie khas Tasikmalaya yang diolah dengan cara digulung secara manual, kemudian dimasak dengan kuah kaldu ayam atau daging sapi. Rasanya gurih dan lezat.
    • Cilok: Jajanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu dan disajikan dengan saus kacang atau saus pedas.
    • Karedok: Salad khas Sunda yang terdiri dari irisan sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, timun, dan daun kemangi yang dicampur dengan bumbu kacang. Biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi atau makanan utama.
    • Peuyeum: Makanan tradisional dari fermentasi tape singkong. Rasanya manis, sedikit asam, dan beraroma unik. Biasanya disantap sebagai camilan atau pencuci mulut.

Kesimpulan

Keindahan pantai ini sangat patut untuk dilihat secara langsung. Karena itu, jika sedang berada di Tasikmalaya, maka jangan lupa untuk berwisata di Pantai Karang Tawulan.

Jika sudah puas melihat keindahan alam Pantai Karang Tawulan dan penasaran dengan keindahan alam pesisir Tasikmalaya lainnya, maka cobalah mengunjungi beberapa objek wisata lainnya yang berlokasi dekat dengan Pantai Karang Tawulan.

You might also like