Pantai Karanggongso di Trenggalek: Dengan Ombak Yang Tenang dan Pasir Putih Yang Menarik

Trenggalek miliki pantai nelayan yang eksotis dan menenangkan untuk semua pengunjung yang datang. Pantai Karanggongso kaya akan keindahan alamnya yang sempurna dengan ombak yang bergulung-gulung tenang.

Deretan pulau yang mengundang untuk dikunjungi, pantai yang landai dengan pasir putihnya yang menarik, dan berbagai fasilitas memadai yang bisa dicoba kapan saja kamu berkunjung.

Lingkungan di sekitar pantai juga sangat mendukung para wisatawan luar kota maupun luar negeri agar bisa menginap di tempat yang nyaman selama kunjungan ke kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Begitu masuk kawasan pantai, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan pantai yang biasa namun karena ini berbeda dari pantai-pantai lainnya. Keunikan pantai di Trenggalek ini akan membuat kamu betah berlama-lama di sana sambil kerjakan apapun yang kamu suka.

Lokasi dan Rute Pantai Karanggongso

Lokasi dan Rute Pantai Karanggongso
(sumber gambar: GoogleMaps_AL ALNORY)

Alamat Pantai Karanggroso yang tertera di maps berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur 66382.

Akses menuju pantai ini termasuk mudah, kondisi jalannya baik, kamu bahkan bisa menyewa truk tronton sekalipun untuk pergi bersama rombongan keluarga besar, dan terdapat transportasi umum yang melewatinya.

Para pengunjung yang memakai transportasi umum dapat turun di terminal dekat pantai untuk melanjutkan lagi perjalanan menuju pantai menggunakan ojek motor yang lebih praktis.

Rute menuju Pantai Karanggongso ada banyak. Kamu bisa memilih rute yang mana saja sesuai lokasi awal kamu berangkat. Berikut rute-rute favorit beberapa pengunjung pantai indah di Trenggalek ini:

Dari Pusat Kota Trenggalek

Jika kamu sudah berada di pusat Kota Trenggalek di hari keberangkatan, maka itu akan memudahkan untuk menemukan akses perjalanan yang menyenangkan menuju pantai yang tenang ini.

Jaraknya hanya sekitar 53 km dari pusat kota dengan lama waktu perjalanan kurang lebih 60 menit. Kamu perlu melajukan kendaraan ke arah Tulungagung hingga sampai di perempatan Jalan Bandung.

Kemudian, kamu perlu mengikuti papan petunjuk jalan yang akan menuntun kamu menuju ke Pantai Prigi. Pantai ini lokasinya sangat dekat dengan Pantai Karanggroso yaitu sekitar 3 km dari sebelah timur.

Dari Blitar

Kamu yang berangkat dari Blitar bisa menuju ke Jalan Raya Boyolangu diikuti Jalan Raya Bandung, Jalan Raya Bandung-Prigi hingga sampai ke Jalan Raya Pantai Prigi. Dari pemberhentian terakhir ini tujuan kamu semakin dekat lho menuju Pantai Karanggongso.

Dari Blitar
(sumber gambar: Google_Kota Blitar)

Dari Pacitan

Kamu bisa melewati jalur utara yang melalui Jalan Ponorogo menuju Wonogiri dan jalur selatan yang melalui Jalan Pacitan menuju Trenggalek.

Dari Kediri

Kamu yang berangkat dari Kediri bisa langsung menuju Jalan Raya Kras menuju ke Jalan Trunojoyo, lalu Jalan Nasional 3, Jalan Raya Durenan-Bandung hingga ke Jalan Pantai Prigi.

Dari Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek

Ada pula para pengunjung yang melewati Jalan Nasional 3 dan mengambil arah Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek. Mereka perlu meng ikuti jalan terus sampai bertemu dengan belokan pertama ke kanan menuju Jalan Gandusari.

Ini adalah area Dusun Tanggung dimana kamu harus mengambil jalan ke kanan menuju ke Jalan Raya Kedung kemudian ambil kiri, lalu ke kanan lagi menuju Jalan Sudirman di mana ada sebuah SD di sana.

Tidak jauh dari Jalan Sudirman, kamu akan bertemu dengan pertigaan yang lumayan luas kemudian kamu harus belok ke arah kanan dimana terdapat Jalan Raya Bandung-Prigi.

Selanjutnya belok kanan kembali untuk menuju ke Jalan Raya Pantai Tasikmadu dan ikuti saja petunjuk jalan di sana sampai akhirnya kamu tiba di pintu masuk Pantai Karanggongso.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Karanggongso:

Alamat: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kranggongso

Harga Tiket MasukParkir
DewasaAnak-anakMotorMobilBus
Rp 10.000Rp 8.000Rp 2.000Rp 5.000Rp 25.000 – Rp 35.000

Dengan pemandangan pantai nelayan yang indah, ombak yang tenang, dan sekian banyak fasilitas yang memadai kamu pasti betah berada di Pantai Karanggongso.

Harga tiketnya sangat murah untuk menikmati semuanya. Orang dewasa hanya perlu membayar tiket masuk sepuluh ribu rupiah dan anak-anak usia SD hingga remaja hanya delapan ribu rupiah.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti motor, mobil, atau sewa bus, maka kamu perlu mempertimbangkan biaya parkirnya. Motor akan dikenakan biaya parkir sebesar dua ribu rupiah, dan mobil cuman lima ribu rupiah saja.

Sementara, kendaraan besar seperti bus yang memuat banyak orang dalam satu rombongan bisa dikenakan biaya parkir sebesar dua puluh lima ribu sampai tiga puluh lima ribu rupiah.

Kadang-kadang harga parkir ini bisa berubah terutama saat di musim liburan dimana banyak pengunjung memadati wilayah Pantai Karanggongso dan sekitarnya.

Senin hingga Jumat biasanya harga tiket hanya sepuluh ribu rupiah per orang, dan Sabtu dan Minggu harga tiketnya menjadi lima belas ribu rupiah per orang. Namun, kamu tak perlu khawatir akan kenaikan harganya karena masih masuk akal kok.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Pantai Karanggongso

HariJam Operasional
Senin07.00 WIB – 17.00 WIB
Selasa07.00 WIB – 17.00 WIB
Rabu07.00 WIB – 17.00 WIB
Kamis07.00 WIB – 17.00 WIB
Jumat07.00 WIB – 17.00 WIB
Sabtu07.00 WIB – 17.00 WIB
Minggu07.00 WIB – 17.00 WIB

Kamu bisa saja datang ke Pantai Karanggongso pagi sekali sekitar pukul 7 saat loket tiket baru dibuka. Pada saat itu udara tentu masih sangat bersih karena belum banyak kendaraan bermotor yang parkir.

Kamu bisa melakukan rutinitas rileks jalan-jalan di bibir pantai, duduk-duduk di pantai dengan tikar sewaan, atau langsung mendirikan tenda di spot tertentu khusus untuk menyimpan barang bawaan kamu.

Sementara itu, sebaiknya kamu menghindari datang di siang hari dimana matahari sedang teriknya. Pada saat itu biasanya suasana hati untuk berenang atau bermain air di pantai sedang turun akibat suhu udara yang terlalu panas.

Jika terpaksa hingga pada siang hari karena jauhnya perjalanan, maka sebaiknya kamu harus bersabar dengan terik matahari yang menyengat kulit.

Dan waktu ideal yang paling sering disukai para pengunjung yang datang ke pantai ini adalah sore hari. Saat itu udara seolah sangat bersahabat karena angin yang berhembus mulai sedikit dingin dan ini telah dekat dengan waktu terbenamnya matahari.

Meskipun cahaya di sekitar pantai sudah mulai redup karena sudah terlampau sore, namun kamu bisa kok menikmati angin pantai yang menenangkan.

Jika kamu pada akhirnya hingga sampai di sore hari sekitar jam lima dimana loket tiket mau tutup, maka kamu harus harus bermalam agar bisa menikmati semua fasilitas secara total esok harinya.

Kamu bisa buka tenda untuk berkemah semalam atau cari penginapan yang terdekat dengan Pantai Karanggongso melalui aplikasi penyewaan penginapan atau hotel. Jangan lupa untuk meminta izin pada pihak pengelola pantai untuk bisa berkemah di sini.

Biasanya akan ada sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas tertentu pilih menghabiskan waktu senggang mereka dengan berkemah di pantai ini dan mereka telah meminta izin. Mungkin kamu bisa bergabung dengan mereka selama beberapa waktu.

Fasilitas Kamar Mandi Pantai Karanggongso

Fasilitas Kamar Mandi Pantai Karanggongso
(sumber gambar: GoogleMaps_Oemar Awaludin)

Pantai pasir putih ini buka untuk umum dari pagi sampai setelah matahari terbenam. Meskipun begitu, toilet dan kamar bilasnya tetap buka selama 24 jam mengingat banyak juga pengunjung yang menginap dengan tidur di tenda di sekitar pantai. Kamar mandi di sini cukup memadai, bersih, dan bisa dipergunakan pukul berapapun kamu tiba.

Jangan lupa untuk membersihkan lagi kamar mandi usai kamu gunakan untuk buang hajat atau mandi. Terutama jika banyak busa sabun yang menempel di lantai supaya pengguna kamar mandi selanjutnya tidak terpeleset karena lantai yang licin.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso, merupakan salah satu Pantai Trenggalek yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia, menawarkan beragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Karanggongso:

1. Pantai Romantis Bagi Siapa Saja

Pantai Romantis Bagi Siapa Saja
(sumber gambar: GoogleMaps_Venny Mustafa)

Kamu bisa saja datang secara mendadak hanya berdua dengan pasangan naik motor. Hanya sekadar ingin menikmati pemandangan pantai yang menenangkan sambil mengobrol dan makan makanan khas laut di pantai ini.

Setelah mendapat parkir yang tepat, kamu dapat segera masuk area pantai yang begitu indahnya dengan pasir putihnya yang halus. Berjalan menyusuri bibir pantai sambil merasakan hembusan angin segar khas pantai yang menerpa wajah dan tengkuk leher kamu sungguh sangat nikmat.

Sesekali ombak menyambangi bibir pantai menciptakan suara deburan yang merdu sekali. Membuat seolah beban di dada lepas satu persatu.

Pemandangan ke arah lautnya tidak kalah menarik dimana terdapat beberapa perahu nelayan di sepanjang bibir pantai. Mereka tengah bersiap untuk memulai perjalanan keliling Pantai Karanggongso bersama para pengunjung yang sudah membayar uang sewa.

Kamu bisa menyewa perahu ini bersama beberapa penumpang lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Deretan pulau dengan wajah pepohonan hijau yang rimbun ikut menambah kecantikan pemandangan pantai ke laut di sini.

Seolah ada sesuatu yang misterius memanggil-manggil dari balik pepohonan itu. Suasana romantis jadi mudah tercipta hanya dengan menikmati pemandangan di bibir Pantai Karanggongso.

2. Ombak yang Bersahabat

Ombak yang Bersahabat
(sumber gambar: GoogleMaps_Fikri Kurniawan)

Sesaat setelah sampai di bibir Pantai Karanggongso, kamu tentu sudah tidak sabar untuk bisa segera menceburkan diri ke laut. Ombak di pantai ini termasuk tenang dan damai sehingga pantainya sangat mungkin menerima para perenang dan penyelam mendadak begitu mereka datang di sini.

Tidak ada larangan berenang di sepanjang pantai ini. Anak-anak yang ada dalam pengawasan orang tua juga bisa bebas bermain air di pantai yang berupa teluk ini atau berenang menggunakan ban sewaan.

Kamu bisa menyewa ban untuk berenang ini dengan harga bervariasi mulai lima ribu rupiah untuk ban ukuran kecil hingga sepuluh ribu rupiah untuk ban ukuran besar. Gunakan ban sewaan itu sepuasnya selama kamu berada di area pantai yang terkenal dengan ikan asapnya ini.

3. Sewa Perahu di Pantai Karanggongso

Sewa Perahu di Pantai Karanggongso
(sumber gambar: GoogleMaps_Yuni Damayanti)

Wisata jelajah alam di Pantai Karanggongso dihiasi oleh perjalanan rombongan menggunakan perahu sewaan. Kondisi ombak yang tenang dan angin yang tidak terlalu besar membuat orang-orang suka berkeliling ke beberapa pulau atau lokasi menarik di sekitar pantai ini seperti Pantai Asmara, Goa Merah, Watu Dukun, Watu Bentis, dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu membayar sekitar dua puluh ribu rupiah untuk satu orang atau sekitar 150 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah untuk satu perahu dengan kapasitas penumpang sampai sepuluh orang termasuk anak-anak.

Terkadang sewaan perahu ini menjadi semakin menarik karena pengunjung bisa menawar harga sewanya untuk perjalanan selama beberapa menit saja. Jangan lupa untuk melakukan negosiasi harga saat kamu diminta untuk membayar sewa perahu anak-anak.

Anak-anak di bawah umur remaja sepertinya bisa diberi kelonggaran alias digratiskan karena berada dalam pengawasan orang tuanya atau masih bisa duduk dipangku selama perjalanan.

4. Seru-seruan Naik Banana Boat

Seru-seruan Naik Banana Boat

Meskipun ombaknya tenang dengan air laut yang jernih bukan berarti tidak mungkin ada water sport yang bisa dilakukan di sini. Pantai Karanggongso menyediakan fasilitas naik banana boat dimana kamu bersama rombongan sekitar 4 sampai 5 orang bisa mengitari sekitar pantai di atas perahu karet berbentuk pisang yang melaju kencang.

Biaya naik banana boat per orang cukup bervariasi mulai dari dua puluh lima ribu rupiah per orang hingga tiga puluh lima ribu rupiah per orang.

Kadang kamu juga bisa menyewa satu banana boat berisi 10 orang penumpang dengan harga sewa sekitar 250 ribu sampai 350 ribu rupiah per satu perahu karet jumbo. Pokoknya kamu harus pandai menawar dan mempertimbangkan apakah harga yang diminta penyedia banana boat masuk akal atau tidak.

Ajak satu atau dua orang rekan kamu yang jago menawar untuk hal ini ya. Anak-anak juga bisa lho naik banana boat dengan tetap membayar sewa sesuai negosiasi.

Selain banana boat, beberapa pihak pengelola menyediakan donat boat yang sesuai namanya ini adalah perahu karet berbentuk donat yang pasti menarik perhatian anak-anak. Kamu perlu menyiapkan uang untuk sewa dan fisik jika anak-anak ingin naik perahu lagi dan lagi.

5. Icip-icip Hingga Makan Besar di Pantai Karanggongso

Icip-icip Hingga Makan Besar di Pantai Karanggongso

Bermain di pantai seharian tentu membuat rasa lapar. Entah makan kudapan atau makan besar di sini, yang penting perut harus selalu berisi agar tubuh tidak mudah lelah.

Ikan asap adalah salah satu olahan ikan yang paling terkenal di Pantai Karanggongso Trenggalek. Kamu bisa membeli ikan-ikan untuk diolah dengan cara diasap di atas tungku di sekitar pantai ini.

Dan suatu keharusan yang tak boleh dilewatkan untuk membawa ikan asapnya yang sedap sebagai salah satu buah tangan yang khas dari Pantai Karanggongso.

Untuk kamu yang mungkin alergi pada makanan laut atau tidak terlalu sukai ikan jangan khawatir karena kamu dapat membeli makanan atau minuman dari beberapa penjual yang masih ada dalam kawasan pantai cantik ini.

Tips Mengunjungi Pantai Karanggongso

Tidak banyak persiapan yang bisa kamu lakukan untuk berkunjung ke pantai ini. Hanya siapkan fisik yang kuat dan dana yang cukup. Ada juga beberapa hal yang bisa kamu lihat diantaranya:

Tips Mengunjungi Pantai Karanggongso

    • Pilih waktu kunjungan yang tepat
    • Waktu yang tepat seperti pagi atau sore hari agar kamu leluasa menikmati pantai yang tenang dan cantik ini.
    • Pilih tempat penginapan jauh-jauh hari
    • Pilih hotel jauh-jauh hari agar kamu dapat yang sesuai budget dan kamar yang disukai.
    • Selalu membawa sunblock dan pakaian ganti jika ke pantai
    • Harus selalu mengaplikasikan tabir surya saat bermain di pantai agar kulit tetap sehat. Aplikasikan sunblock atau sunscreen ke tubuh dan wajah secukupnya dan ulangi lagi setelah beberapa jam.
    • Bisa menawar harga sewa fasilitas di Pantai Karanggongso

Pantai ini sangat ramah harga terhadap para pengunjungnya. Meskipun begitu, kamu jangan sampai menawar dengan sadis ya!

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Karanggongso di Trenggalek

Di dekat Pantai Karanggong, Trenggalek, terdapat beberapa penginapan yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

1. OYO 91177 Desa Wisata Duren Sari

OYO 93628 Scorpion Guest House & Beach
(sumber gambar: Agoda)

OYO 91177 Desa Wisata Duren Sari menawarkan lokasi yang strategis di Pusat Kota Watulimo, bagian dari Watulimo. Kamu akan menemukan diri kamu berada di dekat atraksi menarik dan memiliki banyak pilihan restoran di sekitar.

Di sini, kami menawarkan waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas yang kami sediakan termasuk check-in/check-out ekspres, toko, perapian, akses internet, disinfeksi harian di semua kamar, penitipan barang, layanan kebersihan harian, dan kamar bebas asap rokok.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 47.964 per malam

2. Anisa Homestay

Anisa Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Anisa Homestay menyediakan akomodasi yang strategis di Pusat Kota Watulimo, bagian dari Watulimo. Di sini, kamu akan dekat dengan atraksi menarik dan memiliki akses mudah ke berbagai restoran.

Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas yang tersedia termasuk wifi gratis, tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, check-in 24 jam, layanan kamar, layanan sarapan bawa pulang, termometer tubuh, dan layanan binatu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 81.481 per malam

3. OYO 93628 Scorpion Guest House & Beach

OYO 93628 Scorpion Guest House & Beach
(sumber gambar: Agoda)

OYO 93628 Scorpion Guest House & Beach terletak di lokasi strategis di Pusat Kota Watulimo, bagian dari Watulimo. Kamu akan menemukan diri kamu berada di sekitar atraksi menarik dan memiliki akses mudah ke berbagai restoran.

Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas yang kami tawarkan meliputi wifi gratis, parkir gratis, resepsionis 24 jam, check-in 24 jam, AC di area umum, termometer tubuh, layanan binatu, dan kamar bebas asap rokok.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 70.990 per malam

4. OYO Homes 91134 Desa Wisata Tebing Lingga

OYO Homes 91134 Desa Wisata Tebing Lingga
(sumber gambar: Agoda)

OYO Homes 91134 Desa Wisata Tebing Lingga menyediakan akomodasi yang strategis di Purworejo (Grajagan), bagian dari Grajagan. Kami menawarkan akses dekat ke atraksi menarik dan restoran-restoran yang lezat. Kamu bahkan dapat menikmati restoran yang tersedia di properti kami.

Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Fasilitas yang tersedia termasuk wifi gratis, parkir gratis, restoran, layanan kamar, layanan sarapan bawa pulang, disinfeksi harian di semua kamar, penitipan barang, dan termometer tubuh.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 59.750 per malam

Mencoba Makanan Khas Trenggalek yang Menggugah Selera

Trenggalek, sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia, memiliki beragam hidangan khas yang lezat dan menggugah selera. Berikut beberapa contoh makanan khas Trenggalek yang patut dicoba:

Mencoba Makanan Khas Trenggalek yang Menggugah Selera

    • Ikan Asap: Ikan asap adalah ikan yang diasapi dengan menggunakan kayu bakar sehingga memiliki aroma dan rasa yang khas. Di Trenggalek, ikan asap sering dihidangkan sebagai lauk pauk.
    • Alen-Alen: Alen-alen adalah makanan ringan atau jajan khas yang berasal dari daerah Trenggalek. Makanan ini disebut “alen-alen” karena bentuknya bulat berlubang tengah mirip dengan “ali-ali” dalam bahasa Jawa yang berarti cincin.
    • Keripik Tempe Khas Trenggalek: Keripik tempe khas Trenggalek adalah camilan yang terbuat dari tempe yang dipotong tipis, kemudian digoreng hingga renyah. Rasanya gurih dan nikmat.
    • Keripik Tempe Sagu: Sama seperti keripik tempe biasa, keripik tempe sagu juga terbuat dari tempe yang dipotong tipis dan digoreng hingga kering. Namun, dalam pembuatannya menggunakan tepung sagu sebagai bahan tambahan.
    • Sale Pisang: Sale pisang adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dipotong tipis kemudian digoreng hingga kering. Biasanya diberi taburan gula atau bumbu lainnya untuk menambah cita rasa.
    • Geti wijen: Geti wijen adalah camilan khas Trenggalek berupa campuran wijen, gula merah, dan kelapa parut yang kemudian digoreng hingga crispy. Biasanya memiliki rasa manis dengan aroma wijen yang khas.
    • Manco: Manco adalah kue kering berlapis wijen yang jika dimakan terasa renyah namun juga legit.

Penutup

Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan seru kamu ke Pantai Karanggongso di Trenggalek Jawa Timur untuk wisata alam yang menyenangkan dan menakjubkan. Ajak banyak orang dalam rombongan perjalanan kamu agar liburannya semakin seru dan semakin hemat.

You might also like