Pantai Kedu di Kalianda, Lampung Selatan: Menikmati Indahnya Senja dan Bermalam dengan Biaya yang Terjangkau

Sebagai salah satu kabupaten di Sumatera, Lampung terkenal dengan banyak destinasi wisata pantai yang terkenal, salah satunya adalah Pantai Kedu. Pantai yang terletak di Kalianda ini dapat dikunjungi kapanpun karena pantai ini buka dari pagi hingga malam atau 24 jam lamanya.

Sehingga kamu bisa menikmati pemandangan khas sunset dan sunrise yang sama-sama menawan dan menenangkan hati. Karena keindahannya yang memikat, pengunjung akan merasa berat meninggalkan kawasan wisata di Lampung yang satu ini.

Mengenal Tentang Pantai Kedu dan Sejarahnya

Mengenal Tentang Pantai Kedu dan Sejarahnya
(sumber gambar: GoogleMaps_saroh indonesia)

Pantai Kedu bisa dikatakan merupakan paket wisata yang lengkap, karena tidak gersang karena dikelilingi oleh pepohonan yang sangat asri dan terasa teduh. Ditambah pasir putihnya yang halus sangat nyaman dimainkan sambil mendengarkan debur ombak.

Selain itu kamu bisa melihat megahnya gunung Krakatau di kejauhan, sehingga wajar jika tempat ini merupakan destinasi favorit di Lampung. Seperti biasa, pada umumnya setiap tempat yang indah memiliki kisahnya sendiri, demikian juga dengan Pantai Kedu ini.

Diketahui Pantai Kedu ini sudah menjadi lokasi wisata sejak zaman dahulu kala, meskipun tidak sepopuler sekarang. Sayangnya ketika terjadi bencana tsunami Selat Sunda pada tahun 2018, pantai yang indah ini menjadi porak poranda.

Beruntungnya, pemerintah dan masyarakat Lampung tidak tinggal diam akan rusaknya pantai kebanggaan mereka ini. Mereka membersihkan pantai dari tumbuhan dan rumput yang bermunculan di area pantai agar pariwisata kembali hidup.

Sehingga akhirnya padat tanggal 23 Desember 2020, Pantai ini dibuka kembali dan kembali ramai dengan wisatawan sampai saat ini. Sekarang yang indah ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Contohnya adalah seperti hammock, gazebo, dan beragam stand kuliner yang menawarkan harga terjangkau. Kemudian saat malam telah tiba, pantai ini akan dipenuhi lampu warna warni yang indah. Sehingga suasananya menjadi jauh dari kesan sepi atau horor.

Mengenai lokasi tepatnya Pantai Kedu ini sendiri adalah di Desa Way Urang, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Kamu bisa berkunjung ke tempat ini saat datang ke Provinsi Lampung sehingga bisa menikmati semua fasilitas di wisata pantai yang unik dan membuat betah.

Harga Tiket Masuk Ke Lokasi Wisata Pantai Kedu

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000
Rp 5.000Rp 15.000Rp 20.000

Jika kamu ingin berlibur di kawasan pantai namun sedang tidak memiliki uang yang berlebih, jangan khawatir. Karena kamu bisa memilih berkunjung ke pantai yang unik dan menarik ini dengan biaya yang murah.

Untuk masuk ke area Pantai Kedu, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 untuk per kepala. Kemudian biaya tambahan yang mungkin dikeluarkan adalah biaya parkir waktu membawa mobil pribadi. Tarif parkirnya juga tidak terlalu mahal, sebesar Rp 15.000 untuk motor dan Rp 20.000 mobil.

Selain itu mungkin kamu perlu mempersiapkan beberapa biaya yang diperlukan untuk mencoba berbagai wahana yang ada. Contohnya saat kamu ingin menikmati perjalanan sepanjang pantai dengan naik delman, maka biaya yang diperlukan adalah sebesar Rp 10.000 saja.

Untuk kamu yang ingin menikmati sunset di pinggir pantai dengan berkemah, maka hanya perlu menambahkan Rp 30.000 per orang. Dengan membayar biaya tersebut maka kamu sudah mendapatkan berbagai fasilitas dari pengelola.

Fasilitas yang membantu kegiatan pengunjung yang menghabiskan malam dengan bermalam di pantai. Salah satunya adalah gazebo kecil, parkir, alat barbeque dan perlengkapan umum lainnya. Harga yang terjangkau mengingat di tempat wisata dengan segala kelengkapannya.

Namun harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola, meskipun demikian pastinya tidak mahal. Karena wisata di Jogja biasanya sangat terjangkau untuk semua kalangan, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan uang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Kedu

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Kedu

Saat kamu sedang berkunjung ke Lampung, jangan sampai terlewat untuk berkunjung ke pantai yang indah dan eksotis ini. Pantai yang terletak di desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan ini menawarkan pemandangan pantai yang tidak biasa.

Selain itu letaknya cukup strategis, sehingga mudah diakses dari mana saja dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Itulah sebabnya, Pantai Kedu tidak pernah sepi dari pengunjung terutama saat akhir pekan datang.

Jika kamu tinggal di Jakarta dan ingin datang ke Pantai Kedu yang cantik ini, maka kamu akan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit jika melalui tol. Namun jika menggunakan jalur lintas Sumatera maka waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan sekitar 1-1,5 jam.

Destinasi wisata Pantai Kedu ini sebenarnya merupakan tempat pribadi yang dikelola bersama dengan penduduk sekitar. Dengan izin dari instansi yang berwenang seperti Pokdarwis dari pemerintah Kabupaten setempat.

Kamu tidak akan kesulitan menemukan lokasi wisata pantai ini karena sepanjang jalan akan menemukan papan petunjuk yang membantu. Sehingga kamu bisa dengan mudah sampai ke pantai kebanggaan masyarakat Kalianda ini dengan bantuan petunjuk tersebut.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Kedu:

Alamat: Way Urang, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551

Jam Buka Pantai Kedu yang Panjang

HariJam Operasional
Senin08.00 WIB – 22.00 WIB
Selasa08.00 WIB – 22.00 WIB
Rabu08.00 WIB – 22.00 WIB
Kamis08.00 WIB – 22.00 WIB
Jumat08.00 WIB – 22.00 WIB
Sabtu08.00 WIB – 22.00 WIB
Minggu08.00 WIB – 22.00 WIB

Sebelum berkunjung pastinya kamu ingin mengetahui jam operasional dari pantai ini agar tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan saat berkunjung. Wisata bahari ini mengalami pembaruan konsep setelah dibangun kembali pada tahun 2020.

Sebelumnya pantai yang dibangun pada tahun 2018 sudah ditutup dalam waktu yang panjang karena bencana tsunami. Kemudian dibuka kembali dengan jam buka yang berbeda, yaitu mulai dari pukul 08.00-22.00 setiap hari. Pantai Kedu menawarkan pemandangan sunset yang menawan dan cocok sebagai objek fotografi.

Fasilitas yang Tersedia Untuk Wisatawan

Sebagai objek wisata favorit masyarakat Kalianda dan sekitarnya fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Berbagai jenis kebutuhan pengunjung dapat dilayani baik di pantai yang menawan ini. Sejumlah fasilitas yang tersedia diantaranya adalah:

Fasilitas yang Tersedia Untuk Wisatawan
(sumber gambar: GoogleMaps_Indra Pramono)
    • Area parkir yang luas untuk parkir kendaraan pengunjung.
    • Area memancing yang nyaman dan gratis.
    • Akses lokasi wisata yang mudah ditempuh.
    • Spot foto yang cukup instagramable.
    • Warung makan dengan kuliner khas yang lezat.
    • Mushola untuk beribadah para wisatawan.
    • Gazebo yang nyaman.
    • Toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan pengunjung.
    • Camping area yang lengkap.

Kolam pemancingan yang ada di area ini sepenuhnya gratis tanpa biaya tambahan apapun. Karena memang telah disiapkan untuk pengunjung oleh pengelola. Jenis ikan yang ada dalam kolam juga beragam ada yang kecil dan ada juga yang besar.

Namun untuk alat pancingnya sendiri pengunjung sebaiknya membawanya sendiri, karena tidak disediakan oleh pengelola Pantai Kedu. Selain itu memancing dengan alat pancing sendiri akan lebih leluasa dan nyaman.

Setelah didesain ulang dengan gaya yang lebih kekinian, maka pengunjung bisa menyaksikan hiburan berupa live musik akustik yang seru. Kamu bisa menghabiskan waktu mengobrol bersama keluarga, pasangan, atau partner lain dengan latar musik yang menenangkan hati.

Selain itu saat merasa lapar atau ingin ngemil maka kamu bisa menikmati makanan dengan konsep kafe yang keren dan cozy. Demikian juga dengan minuman, sangat recomended untuk kaum milenial yang jenuh dengan rutinitas harian yang membosankan.

Hal lain yang sangat menyenangkan berlibur ke pantai ini adalah banyaknya penginapan yang ditawarkan di dekatnya. Ada yang menawarkan tarif yang murah sampai yang mahal sehingga sangat recomended untuk kamu.

Spot Menarik Yang Ditawarkan Destinasi Wisata Pantai Kedu

Pantai Kedu selain terkenal dengan pesona alamnya yang memukau memiliki banyak spot wisata lainnya yang bisa dieksplorasi leluasa. Sangat recomended untuk pasangan yang ingin menikmati waktu berdua dengan nyaman karena banyaknya spot romantis.

Berbagai spot tersebut sangat seru dan bisa meningkatkan kualitas hubungan pasangan karena menyenangkan. Beberapa spot menarik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Spot Menarik Yang Ditawarkan Destinasi Wisata Pantai Kedu
(sumber gambar: GoogleMaps_A B)

1. Sunset yang Menawan

Sunset adalah salah satu spot menarik yang diburu banyak orang saat berwisata ke pantai. Pantai Kedu terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang menawan. Sehingga banyak wisatawan yang betah dan enggan pulang saat berkunjung di sore hari.

Karena hal tersebutlah sehingga membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap sore menuju malam hari. Di mana para pengunjung menanti-nantikan datangnya senja yang menyuguhkan pemandangan menawan dari pantai yang menghadap ke barat ini.

2. Spot Foto Menarik

Dengan berkembangnya media sosial yang membuat orang menjadi seperti berlomba-lomba untuk membagikan foto yang keren. Maka banyak orang yang senang berburu spot foto yang instagramable seperti di Pantai Kedu ini.

Dengan view alam dengan perbukitan dan pegunungan yang menjulang tinggi, menjadikan Pantai Kedu menjadi destinasi favorit kaum muda. Selain banyak spot menarik untuk foto selfie, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai prewedding session karena tempatnya yang anti-mainstream.

Selain itu dengan berlibur di pantai indah ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan unik lainnya. Yaitu gugusan Pulau Krakatau yang terlihat sangat cantik di kejauhan dan pemandangan elok Gunung Rajabasa yang berpadu serasi dengan sunrise dan sunset di pantai ini.

Ditambah lagi suasana alam yang asri dengan deretan pepohonan yang rindang dan dapat dijadikan latar foto yang cantik. Membuat kamu akan merasa rugi saat tidak membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan yang menawan ini.

Masih banyak lagi spot instagramable lainnya yang tersedia di destinasi wisata pantai kalianda ini. Diantaranya adalah hiasan berbentuk love, tempat foto dari bambu, dan masih banyak lagi. Sehingga pengunjung menjadi lebih leluasa saat berkunjung ke pantai ini.

Kamu bisa menikmati beragam spot menarik lainnya dengan harga yang terjangkau. Sehingga tidak akan rugi saat menyempatkan diri berlibur ke pantai ini dengan keluarga atau dengan teman-teman.

Tips Berkunjung yang Wajib Dipahami

Mungkin liburan ini kamu berencana untuk berkunjung ke Pantai Kedu ini. Sebelum pergi sebaiknya memahami terlebih dahulu berbagai tips yang dapat membuat liburan kamu semakin aman dan nyaman tanpa mendapatkan masalah yang berarti.

Tips Berkunjung yang Wajib Dipahami

1. Datang Pada Sore Hari

Sebelum pergi pastikan sudah memeriksa cuaca sedang ceria, hal ini terutama untuk kamu yang menyukai pemandangan sunset. Jangan nekat datang pada saat cuaca sedang mendung, selain bahaya kamu pun tidak akan melihat indahnya sunset di pantai ini.

Sangat dianjurkan untuk datang ke pantai ini pada sore atau malam hari, karena saat siang hari terasa sangat panas. Sehingga jika tidak ingin datang di waktu senja, kamu dapat datang di paig hari yang matahari belum terlalu terik.

2. Gunakan Sunblock

Meskipun kamu berkunjung di saat teduh, tidak ada salahnya menggunakan sunblock untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV. Selain bisa membuat wajah menghitam karena gosong, bisa menyebabkan flek yang sulit dihilangkan.

Oleskan sunblock ke semua kulit dengan seksama, terutama pada bagian yang pasti langsung terkena sinar matahari. Dengan begitu kulit akan terhindar dari rasa perih yang sering dialami saat pulang dari berlibur di pantai.

Gunakan Sunblock

3. Utamakan Keselamatan

Meskipun sedang asyik bermain bersama anak-anak, sebaiknya perhatikan dengan baik agar anak-anak tidak sampai lepas dari pengawasan. Karena kelalaian yang dilakukan orangtua dalam sekejap bisa membahayakan jiwa anak-anak.

Jangan lupa untuk memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan dan keamanan selama berada di Pantai Kedu. Hal ini sangat penting untuk kamu agar terhindar dari terjadi hal yang tidak diinginkan. Tidak melanggar yang dilarang sangat penting untuk liburan yang didambakan di pantai ini.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Pantai Kedu Kalianda

Kalianda merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yang terkenal dengan banyaknya destinasi wisata pantai yang menarik. Sehingga tidak heran jika bisnis pariwisata turut berkembang pesat yang diiringi bisnis penginapan.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Pantai Kedu ini maka kamu tidak perlu khawatir tempat menginapnya. Di sekitar pantai ini terdapat banyak hotel yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat atau bermalam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Grand Elty Krakatoa Resort

Grand Elty Krakatoa Resort
(sumber gambar: Agoda)

Grand Elty Krakatoa Resort, terletak strategis di Kalianda, bagian dari Kalianda yang penuh pesona, resort bintang-4 ini menyajikan pengalaman kelas atas. Nikmati dekatnya dengan atraksi menarik dan pilihan restoran yang lezat. Dengan fasilitas kolam renang luar ruangan dan restoran, kami ingin memastikan kamu memiliki waktu menginap yang tak terlupakan.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan untuk kenyamanan kamu, waktu check-out adalah pukul 12.00. Manjakan diri kamu dengan fasilitas tambahan seperti shuttle bandara, penyewaan sepeda, dan parkir valet. Kami siap melayani kamu 24 jam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.006.819 per malam

PESAN HOTEL Grand Elty Krakatoa Resort Diskon 55%

2. Negeri Baru Kalianda

Negeri Baru Kalianda
(sumber gambar: Agoda)

Negeri Baru Kalianda, tempat kenyamanan dan keindahan bersatu, terletak di Kalianda, properti kami menawarkan lokasi strategis dekat dengan atraksi menarik dan pilihan restoran lezat. Fasilitas kolam renang dalam ruangan dan restoran adalah penyempurna kenyamanan untuk masa menginap kamu.

Waktu check-in kami mulai dari pukul 12.00, dan kamu dapat menikmati momen terakhir hingga pukul 13.00 saat check-out. Nikmati fasilitas seperti tempat parkir mobil, WiFi gratis, dan layanan resepsionis 24 jam. Kami juga menyediakan layanan penitipan barang dan laundry untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 151.536 per malam

PESAN HOTEL Negeri Baru Kalianda Diskon 75%

3. Wisma Blerang

Wisma Blerang
(sumber gambar: Agoda)

Wisma Blerang, tempat di mana kenyamanan bertemu dengan keamanan, terletak di Kalianda, properti kami memastikan kamu dekat dengan atraksi menarik dan pilihan restoran lezat. Waktu check-in kami dimulai pukul 09.00, dan kamu dapat bersantai hingga pukul 12.00 saat check-out.

Fasilitas kami mencakup tempat parkir mobil, WiFi gratis, dan kebijakan bebas asap rokok. Kami selalu menjaga kebersihan dengan hand sanitizer dan staf terlatih untuk protokol keselamatan. Jarak fisik minimal 1 meter dan AC di area umum untuk kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 145.800 per malam

PESAN HOTEL Wisma Blerang Diskon 73%

4. OYO 91055 Homestay Syariah

OYO 91055 Homestay Syariah
(sumber gambar: Agoda)

OYO 91055 Homestay Syariah, terletak di Kalianda, properti kami menawarkan kenyamanan dekat dengan atraksi menarik dan opsi restoran lezat. Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, dan kamu dapat bersantai hingga pukul 12.00 saat check-out.

Fasilitas kami meliputi resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis. Tersedia juga layanan check-in/check-out ekspres dan penitipan barang. Manfaatkan layanan kamar harian dan nikmati WiFi di tempat umum.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 106.146 per malam

PESAN HOTEL OYO 91055 Homestay Syariah Diskon 68%

Mencoba Makanan Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Kedu

Lampung, sebuah provinsi di Pulau Sumatra, Indonesia, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang unik. Berikut adalah beberapa makanan lezat khas Lampung yang patut dicoba:

Mencoba Makanan Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Kedu
(sumber gambar: GoogleMaps_Diskursus Network)
    • Seruit: Seruit adalah hidangan berupa sate ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal hijau khas Lampung. Rasa gurih ikan yang dipadu dengan pedasnya sambal menciptakan harmoni cita rasa yang lezat.
    • Pempek: Pempek adalah hidangan khas Palembang yang juga populer di Lampung. Terbuat dari ikan dan tepung sagu, pempek disajikan dengan kuah cuka yang khas dan ditaburi dengan bubuk ebi (udang kering) serta irisan ketimun.
    • Laksa: Laksa ala Lampung memiliki cita rasa yang khas. Kuah santan berpadu dengan rempah-rempah dan daging ikan atau ayam memberikan sensasi lezat. Laksa Lampung sering disajikan dengan mie kuning.
    • Gulai Taboh: Gulai Taboh adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari ikan taboh yang direbus dengan bumbu gulai khas Lampung. Ikan taboh ini biasanya berasal dari sungai atau danau di sekitar Lampung.
    • Sate Menjes: Sate Menjes adalah sate dari daging kambing yang dibalut dengan daun menjes (daun pisang liar) sebelum dipanggang. Proses pemanggangan dengan daun menjes memberikan aroma khas pada sate ini.
    • Ikan Bakar: Lampung memiliki banyak pantai, sehingga ikan bakar adalah hidangan yang populer di daerah ini. Ikan segar dipanggang dengan bumbu rempah dan disajikan dengan sambal, lalapan, dan nasi.
    • Pindang Patin: Pindang Patin adalah hidangan sup ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah khas Lampung. Rasanya asam segar dan cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat.
    • Kue Apem Lampung: Kue tradisional ini terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa parut, tepung beras, dan gula kelapa. Kue Apem Lampung biasanya dihidangkan dalam bentuk bundar dan memiliki tekstur yang kenyal.

Kesimpulan

Sebagai destinasi wisata pantai unik, maka sangat rugi jika kamu tidak menyempatkan diri berkunjung saat datang ke Kalianda. Karena Pantai Kedu ini ibarat kata paket lengkap yang menawarkan pemandangan sekaligus beragam fasilitas yang menyenangkan.

Bahkan saat bermalam di kemah sampai hotel yang mahal maupun yang murah tersedia. Sangat recomended yang ingin mengenalkan anak-anak dengan kehidupan Pantai Kedu yang cukup aman.

You might also like