Pantai Ketapang di Lampung: Keindahan Gerbang Pesona Wisata Di Pulau Sumatera

Bisa dikatakan provinsi Lampung adalah gerbangnya pulau Sumatera yang memiliki banyak keindahan alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisata menarik yang menjadi tujuan banyak orang adalah Pantai Ketapang yang recomended untuk wisata keluarga.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, ditambah kontur air yang cukup dangkal membuat banyak pengunjung yang datang bersama keluarga dan anak-anak menikmati liburan dengan santai dan aman.

Ditambah lagi dengan kesejukannya yang didukung oleh deretan pohon kelapa yang berbaris di sepanjang bibir pantai. Membuat semua wisatawan menjadi betah dan enggan beranjak sampai matahari terbenam.

Lokasi Pantai Ketapang

Lokasi Pantai Ketapang
(sumber gambar: GoogleMaps_Barista Ari)

Mungkin kamu sedang memiliki rencana berkunjung ke Lampung, ada baiknya tidak melewatkan kesempatan untuk bisa menikmati keindahan menawan dari pasir putih ini. Rugi kalau sudah berkunjung ke Lampung namun tidak menyempatkan diri berkunjung.

Secara geografis tempat ini berada di kabupaten Pesawaran, Lampung. Lokasi lengkapnya berada di jalan Mahitam di Desa Ketapang, Kecamatan Padang Ceremin, Kabupaten Pesawaran.

Kamu bisa mengunjunginya dengan mudah karena letaknya yang cukup strategis, yaitu sekitar 30 KM dari pusat kota Bandar Lampung. Atau bisa ditempuh kendaraan dengan memakan waktu kurang lebih 40 – 60 menit dari kota Bandar Lampung.

Akses yang bisa ditempuh menuju destinasi wisata bahari ini sendiri sudah sangat memadai. Meskipun demikian pengunjung sebaiknya berhati-hati saat melewati rutenya. Karena lebar jalan yang tidak terlalu luas dengan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang.

Namun perjuangan kamu menuju Pantai Ketapang sendiri tidak sia-sia karena akan terbayarkan dengan view yang menawan sepanjang perjalanan. Belum lagi setelah sampai dan menikmati kegiatan yang seru di pantai indah berpasir putih ini.

Selama perjalanan menuju pantai ketapang ini, kamu akan melewati beberapa pantai terlebih dahulu. Pertama kali kamu akan melewati pantai Mutun, setelah melalui perjalanan sekitar 10 kilometer kemudian, kamu akan melewati pantai Sari Ringgung.

Jika kamu tidak berhenti di pantai ini dan melanjutkan perjalanan 10 KM selanjutnya kamu akan menemukan pantai Dewi Mandala yang tidak kalah menarik. Tidak lama kemudian sekitar 5 Km berikutnya, kamu akan menemukan dermaga Ketapang yang terletak di sebelah kiri.

Rute Menuju ke Pantai Ketapang

Rute Menuju ke Pantai Ketapang

Karena lokasinya yang mudah ditemukan tentu saja perjalanan menuju Pantai Ketapang tidak sulit dilalui. Apalagi di zaman yang teknologinya telah mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti sekarang ini. Kamu bisa mengandalkan google map yang menuntun kamu dengan mudah.

Dengan jarak hanya sekitar 30 KM dari pusat kota Bandar Lampung, destinasi ini bisa ditempuh selama kurang lebih 40 – 60 menit dengan kendaraan pribadi. Jika kamu tidak membawa kendaraan bisa menggunakan transportasi online yang sudah banyak di Bandar Lampung.

Pantai Ketapang yang berlokasi di Desa Batu Menyan, Kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai ini jaraknya sekitar 65 km jika kamu berangkat dari Alun-alun Pesawaran dan bisa ditempuh selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan normal.

Jika kamu berangkat dari pusat kota maka kamu bisa mengambil arah ke arah Tugu Pringsewu. Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Wates, lalu ke Jalan A Yani. Dari titik ini, lanjutkan dengan menempuh perjalanan panjang melintasi Jalan Ganjaran.

Cek poin berikutnya adalah ke arah Terminal Kemiling di kota Bandar Lampung. Setelah kamu melewati sepanjang Jalan Raden Imba Kusuma, teruskan ke Jalan Morotai. Kamu harus berhati-hati saat sampai di jalanan yang berliku-liku ini.

Pastikan untuk mengikuti jalan utama agar tidak tersesat di perjalanan. Rute selanjutnya adalah menuju ke Jalan Laksamana RE Martadinata. Setelah itu lanjutkan menuju ke Jalan Way Ratai sampai menemukan pertigaan yang menuju ke Dermaga Ketapang.

Setelah sampai di sini kamu bisa mengambil jalan belok kiri dan menempuh perjalanan 1 km sampai ke lokasi. Dan kelelahan kamu sepanjang perjalanan akan segera terbayarkan dengan desau angin sejuk dan ombak yang menyapu pantai.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Ketapang:

Alamat: Jl. Mahitam, Ketapang, Batumenyan, Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35450

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Ketapang

Hari
Jam Operasional
Biaya Kontribusi + Tiket Masuk
MotorMobil
Senin07. 00 WIB – 18.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Selasa07. 00 WIB – 18.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Rabu07. 00 WIB – 18.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Kamis07. 00 WIB – 18.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Jumat07. 00 WIB – 18.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Sabtu07. 00 WIB – 20.00 WIBRp 20.000Rp 30.000
Minggu07. 00 WIB – 20.00 WIBRp 20.000Rp 30.000

Harga tiket masuk yang diterapkan pengelola tidak dihitung per orang, melainkan per unit kendaraan. Saat kamu datang berkunjung dengan membawa mobil, maka harga tiket yang harus dibayar sebesar 30.000 rupiah.

Sementara itu untuk para pengunjung yang membawa sepeda motor hanya harus membayar biaya sebesar 20.000 rupiah. Harga tiket yang tersebut sudah termasuk tiket parkir untuk kendaraan kamu sampai pulang, namun belum dengan berbagai fasilitas lainnya.

Jika kamu ingin beristirahat dengan santai di beberapa pondok kecil yang terdapat di Pantai Ketapang ini, kamu bisa menyewanya sebesar 20.000 rupiah. Namun untuk menyewa pondok ini tidak wajib dilakukan pengunjung.

Namun jika kamu ingin berteduh dengan gratis bisa melakukannya di bawah pohon kelapa yang rindang. Demikian juga saat kamu ingin menikmati keindahan wisata di pantai ini dengan berenang, kamu perlu membayar lagi.

Kamu harus membayar lagi sebesar 5.000 rupiah untuk menyewa ban karet untuk keamanan selama bermain air. Harga yang cukup terjangkau untuk semua kelompok yang datang berkunjung.

Daya Tarik Pantai Ketapang yang Menarik Wisatawan

Banyak orang yang merekomendasikan pantai ini di internet karena daya tarik dan keindahan nya yang menawan. Sebanding dengan perjalanan yang ditempuh dari luar kota sekalipun untuk mengunjungi pantai ini.

Beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke pantai eksotis di Lampung ini adalah sebagai berikut:

Daya Tarik Pantai Ketapang yang Menarik Wisatawan
(sumber gambar: GoogleMaps_Bebey Official)

1. Gugusan Pulau Di Kejauhan Yang Eksotis

Daya tarik yang pertama dari Pantai Ketapang adalah berupa gugusan pulau eksotis yang menawan. Sehingga menambah kecantikan dan keindahan yang terlihat semakin nyata secara terlihatnya gugusan pulau yang jelas terlihat dari bibir pantai.

Sepanjang mata memandang, kamu akan menikmati indahnya pemandangan pantai yang memikat dengan gugusan pulau dengan bentuknya yang eksotis dan berjejer rapi. Kemudian pada segi lainnya, terlihat perbukitan yang menambah indahnya view yang estetik.

Kedua pulau yang cantik ini adalah Pulau Kelagian dan Pulau Mahakam yang akan terlihat semakin mengesankan saat cuaca cerah. Sangat cocok untuk background atau mengambil gambar bagi kamu yang suka update status di sosial media atau menyukai bidang fotografi.

Kombinasi yang serasi antara warna hijau dari tumbuhan yang terlihat kejauhan sungguh cantik dengan kolaborasi awan yang biru. Pemandangan alam yang menenangkan hati dan pikiran yang sedang kalut oleh banyaknya beban kehidupan.

2. Suasana Khas Pantai yang Tenang Dan Sejuk

Pantai Ketapang ini termasuk sebagai pantai yang tenang ketika dilihat dari karakter ombaknya yang jarang dan tidak terlalu besar. Kamu bisa bermain pasir bersama buah hati sepuasnya saat mengunjungi pantai ini di hari libur tiba atau di akhir pekan.

Karena sangat jarang terjadi terdapat ombak besar menuju bibir pantai, hanya saja ada ombak kecil yang menandakan adanya angin semilir. Sehingga pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang ramah anak dan recomended untuk liburan keluarga.

Banyak pengunjung yang merasakan ketenangan saat melepas pikiran yang berat karena beban kehidupan. Anginnya yang berhembus perlahan membuat pengunjung terlena ditambah suasananya yang menyenangkan membuat para pengunjung betah bercengkrama.

Suasana Khas Pantai yang Tenang Dan Sejuk
(sumber gambar: GoogleMaps_Eka Purwandari)

3. Rerumputan Hijau Menyejukkan Mata

Daya tarik Pantai Ketapang selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk para pengunjung adalah rerumputan hijau yang terdapat di sekitar pantai. Sehingga membuat suasana yang asri dan cukup nyaman. Tidak gersang seperti pantai-pantai pada umumnya.

Ditambah lagi dengan jejeran pohon kelapa yang berbaris rapi di sepanjang pantai. Rata-rata pantai yang berada di Provinsi Lampung ini berbeda dengan pantai lainnya. Karena selain rumput yang tumbuh di sekitar pantai juga banyak pepohonan.

Contohnya adalah pohon kelapa, pohon bakau, dan berbagai jenis pepohonan yang lainnya. Membuat suasana di pantai menjadi teduh dan pengunjung bisa melakukan aktivitas dengan lebih menyenangkan.

Beberapa pengunjung justru lebih suka bersantai di bawah pohon kelapa yang teduh. Sambil menggelar tikar dan menikmati makanan yang telah disiapkan dari rumah. Bahkan ada yang tidur-tiduran sembari menikmati hembusan angin pantai.

4. Gerbang Menuju Ke Tempat Lain yang Mempesona

Selain populer sebagai wisata bahari yang menyenangkan, Pantai Ketapang disebut sebagai gerbang untuk berkunjung ke destinasi wisata yang lainnya. Misalnya untuk mengunjungi pulau pulau Kelagian, Pulau Mahakam dan Pantai Pahawang.

Untuk sampai ke pulau-pulau kecil yang cantik itu, pengunjung dapat naik perahu yang banyak menawarkan jasanya di pesisir pantai. Setelah puas bermain air dan pasir di pantai kamu bisa mengunjungi destinasi wisata yang lain dengan naik perahu.

Jangan takut kehabisan biaya untuk mengunjungi beragam pulau cantik tersebut, karena biaya sewanya sangat terjangkau. Kamu cukup membayar biaya sewa di kira-kira 20 sampai 30 ribu rupiah saja. Kamu sudah mendapatkan liburan yang berkesan dan tidak terlupakan.

Gerbang Menuju Ke Tempat Lain yang Mempesona
(sumber gambar: GoogleMaps_edward munajmie)

5. Spot Matahari Terbenam yang Instagramable

Semua pantai di Indonesia menawarkan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam atau sunset. Demikian juga dengan Pantai Ketapang ini, kamu akan mendapatkan pemandangan menakjubkan yang instagramable saat diabadikan.

Saat cahaya matahari yang kuning perlahan berganti menjadi warna orange yang menyinari semua sisi pantai. Tidak heran banyak komunitas fotografi yang berburu spot matahari terbenam di pantai ini dari berbagai sudut.

Tak sedikit yang datang dari luar kota dan luar pulau berkunjung di Pantai Ketapang yang telah terkenal ini. Mereka rela menunggu dalam waktu yang lama sambil bermain air terlebih dahulu atau mengunjungi berbagai pulau yang memiliki spot menarik untuk diabadikan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ketapang

Dengan membaca daya tarik dari pantai ini yang sudah diuraikan di atas, maka tidak heran jika kamu semakin penasaran. Banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati di pantai ini bersama keluarga dan teman-teman.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu coba di pantai eksotis ini diantaranya adalah:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ketapang
(sumber gambar: GoogleMaps_Rano Kalestian)

1. Berenang dan Bermain Pasir

Sebagaimana bisa saat berkunjung ke pantai, kegiatan paling seru yang bisa dilakukan tentu saja adalah berenang dan bermain pasir. Hampir semua orang yang berkunjung ke pantai dari rumah sudah mempersiapkan diri dan membayangkan untuk bermain dengan ombak dan pasir pantai.

Apalagi Pantai Ketapang tidak berbahaya dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga orang tua bisa bermain istana pasir bersama anak-anak. Bahkan bisa mengubur diri pasir putihnya yang bersih.

Pantai eksotis kebanggaan masyarakat lampung ini terdapat penyewaan ban. Kamu bisa menyewa ban agar merasa lebih nyaman dan aman saat berenang di laut. Terutama untuk anak-anak yang masih kecil dan harus selalu dipantau.

2. Camping

Untuk yang senang dengan alam, kamu bisa menghabiskan malam dengan mendirikan tenda di tempat ini. bersama teman-teman kesempatan untuk melihat matahari terbit lebih besar dengan camping di pantai.

Tips Berkunjung Ke Pantai Ketapang

Waktu berkunjung ke suatu destinasi wisata alami, alangkah baiknya kamu memperhatikan peraturan yang berlaku dan mematuhinya. Sebelum kamu memutuskan berlibur ke Pantai Ketapang sebaiknya mempelajari beragam tips berikut ini:

Tips Berkunjung Ke Pantai Ketapang

1. Waktu Terbaik

Karena pantai ini mempunyai pemandangan matahari terbenam yang indah, maka sebaiknya kamu berkunjung pada waktu sore hari. Di hari yang cerah, dan menunggu matahari tenggelam di ufuk barat adalah momen terbaik untuk kamu.

2. Membawa Pakaian Ganti

Karena bermain ke pantai serunya adalah bermain air dan pasir, resiko pakaian kotor dan basah sangat tinggi. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat berkunjung ke pantai ini agar tidak kerepotan saat pakaiannya basah.

3. Membawa Kamera

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan tentu saja dengan membawa kamera. Sayang sekali bukan kalau pemandangan yang indah di Pantai Ketapang ini sia-sia dan tidak diabadikan untuk kenang-kenangan.

Ditambah lagi pantai ini sudah populer dengan pemandangannya yang instagramable. Kamu dapat segera mendapatkan spot foto yang sangat menarik untuk update status atau membuat karya yang menakjubkan.

Membawa Kamera

4. Menggunakan Sunblock

Meskipun pantai ini cukup teduh, sebaiknya kamu tidak lupa untuk membawa sunblock dan mengoleskannya ke kulit sebelum beraktivitas di pantai. Diketahui paparan sinar matahari yang terik akan menimbulkan efek yang buruk pada kulit wajah dan tubuh.

Kebanyakan orang tidak sadar terkena panas matahari yang terik dalam waktu yang lama saat sedang asyik bermain di pantai. Apalagi Pantai Ketapang ini terkenal teduh dan sejuk, sehingga tidak sadar jika kulit mulai memerah dan mengelupas.

Itulah sebabnya kamu wajib membawa sunblock dan mengenakannya sebelum bermain. Sehingga bisa meminimalisir dampak merugikan dari sengatan sinar matahari langsung yang dialami.

5. Menjaga Kebersihan

Hal yang paling menyedihkan dari kebiasaan masyarakat kita adalah senangnya membuang sampah sembarangan. Sebaiknya kita mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Jika tidak menemukan tempat sampah lebih baik sampah-sampah tersebut dibawa pulang agar tidak merusak lingkungan. Sehingga anak cucu kita kelak masih bisa menikmati keindahan pantai yang menawan.

Menjaga Kebersihan

6. Mematuhi Peraturan

Karena sebagai pendatang yang berkunjung ke tempat asing, jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Baik peraturan yang tertulis atau yang tidak, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Mengutamakan Keselamatan

Meskipun Pantai Ketapang ini terkenal sangat tenang dan aman, namun sebaiknya untuk tetap menjaga keselamatan. Terutama saat mengajak buah hati yang masih di bawah umur.

Pastikan selalu dalam jangkauan orang tua dan berada dalam zona yang aman. Meskipun air laut sedang tenang dan pelan, bisa saja terjadi kemungkinan yang tidak terduga.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Ketapang Lampung

Untuk yang ingin menginap, kamu tidak perlu khawatir soal akomodasi sebab ada banyak penginapan di dekat Pantai Ketapang ini. Karena ada banyak, berikut adalah rekomendasi tempat menginap yang bisa dipilih, antara lain:

1. Teras Pahawang

Teras Pahawang
(sumber gambar: Agoda)

Teras Pahawang mempunyai letak yang sangat strategis di Padang Cermin, yang merupakan bagian dari Pesawaran Regency. Dengan menginap di sini, kamu akan berada dekat dengan berbagai atraksi menarik dan memiliki banyak opsi restoran untuk dinikmati.

Waktu check-out dijadwalkan pada pukul 10.00, dan fasilitas yang dapat dinikmati termasuk WiFi gratis, check-in/check-out ekspres, fasilitas BBQ, penitipan barang, ruang permainan, kotak penyimpanan barang berharga, dan dapur bersama.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.080.000 per malam

PESAN HOTEL Teras Pahawang Diskon 56%

2. Hotel Rarem

Hotel Rarem
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Rarem terletak secara strategis di Pusat Kota Bandar Lampung, memberikan akses mudah ke atraksi dan opsi restoran menarik. Waktu check-in dimulai pukul 13.00, dan waktu check-out pada pukul 12.00.

Fasilitas yang ditawarkan mencakup tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, penitipan barang, WiFi di tempat umum, ruang keluarga, area merokok, dan dapur bersama.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 138.561 per malam

PESAN HOTEL Hotel Rarem Diskon 64%

3. Yunna Hotel Lampung

Yunna Hotel Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Yunna Hotel Lampung terletak dengan strategis di Pusat Kota Bandar Lampung, memberikan akses cepat ke atraksi dan opsi restoran menarik. Dengan peringkat bintang-3, hotel ini menawarkan akses ke pusat kebugaran, restoran, dan spa untuk kenyamanan tamu.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00. Fasilitas termasuk resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, pusat kebugaran, sauna, penitipan barang, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 258.906 per malam

PESAN HOTEL Yunna Hotel Lampung Diskon 86%

4. Hotel GS Lampung Culture

Hotel GS Lampung Culture
(sumber gambar: Agoda)

Hotel GS Lampung Culture terletak secara strategis di Pusat Kota, memberikan akses dekat ke atraksi dan objek wisata lokal. Hotel ini menyediakan kolam renang luar ruangan sebagai bonus tambahan.

Fasilitas lainnya termasuk resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out ekspres, lapangan golf di properti, penitipan barang, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 291.879 per malam

PESAN HOTEL Hotel GS Lampung Culturei Diskon 53%

5. Kuraya Residence

Kuraya Residence
(sumber gambar: Agoda)

Kuraya Residence juga terletak secara strategis di Pusat Kota Bandar Lampung, memberikan akses dekat ke atraksi dan opsi restoran menarik. Fasilitas khusus termasuk kolam renang luar ruangan dan restoran untuk meningkatkan kenyamanan kamu selama menginap.

Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 11.00. Fasilitas lainnya mencakup parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, check-in/check-out ekspres, fasilitas BBQ, penitipan barang, dan sarapan gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 432.960 per malam

PESAN HOTEL Kuraya Residence Diskon 59%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Ketapang

Lampung dikenal memiliki beragam hidangan lezat yang mencerminkan kekayaan budaya dan alamnya. Di sekitar Pantai Ketapang, kamu dapat menikmati beberapa hidangan khas Lampung. Berikut beberapa kuliner yang bisa kamu coba:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Lampung di Sekitar Pantai Ketapang

    • Gulai Tempoyak: Gulai tempoyak merupakan gulai yang menggunakan tempoyak, yaitu hasil fermentasi durian. Rasa tempoyak yang khas memberikan citarasa unik pada gulai ini.
    • Seruit: Seruit adalah hidangan berupa sate ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Lampung. Ikan yang biasanya digunakan untuk seruit adalah ikan laut seperti tenggiri atau ikan tenggiri segar.
    • Gulai Balak: Gulai balak adalah hidangan gulai yang menggunakan daging belut sebagai bahan utamanya. Rempah-rempah dan bumbu khas Lampung memberikan cita rasa yang lezat pada hidangan ini.
    • Pindang Patin Palembang: Pindang patin merupakan hidangan olahan patin yang direbus dengan bumbu khas Palembang. Rasanya asam segar dan gurih, membuatnya menjadi hidangan yang sangat populer.
    • Gabing: Gabing adalah hidangan khas Lampung berupa lemang atau ketan yang dibungkus daun pisang. Gabing sering disajikan sebagai makanan pendamping saat acara khusus atau perayaan.
    • Umbu: Umbu adalah hidangan sayur khas Lampung yang menggunakan bahan utama rebung bambu. Umbu biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah, memberikan rasa yang lezat dan gurih.
    • Pendap: Pendap adalah hidangan ikan bakar khas Lampung yang dibungkus daun pisang. Ikan yang digunakan biasanya ikan laut segar yang kemudian dibakar dengan bumbu rempah-rempah.

Kesimpulan

Karena Pantai Ketapang adalah pantai yang alami dan menawarkan pemandangan sunset yang berbeda. Jangan sampai kamu meletakkannya saat berkunjung ke Lampung, dan nikmati situasi pantai yang unik dengan pasir putih.

Pantai Ketapang menawarkan pesona pantai yang sejuk dan teduh khas pantai Sumatera. Sehingga kamu akan merasakan suasana pantai yang jauh berbeda dari pantai yang sering kamu kunjungi. Selamat berlibur!

You might also like