Piknik ke 2 Pantai Klara Lampung: Deretan Pohon Kelapa dengan Pasir Putihnya Yang Memikat

Sedang merencanakan piknik seru tahun ini? Kenapa tidak datang saja ke Pantai Klara Lampung? Pantai ini menyimpan keunikan dan keindahan tersendiri yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di Sumatera.

Pantai yang terletak sekitar 27 km dari pusat Kota Bandar Lampung ini memiliki daya tarik yang menakjubkan mulai dari pasir putihnya yang bersih, pemandangan lautnya yang menakjubkan, hingga deretan pohon kelapanya yang tampak sangat rapat.

Nama Klara sendiri diambill dari singkatan ‘Kelapa Rapat’ karena memang kondisi pemandangan di sekitar pantai ini didominasi oleh kelapa-kelapa yang jaraknya sangat dekat.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Pantai Klara Lampung, kamu juga harus mencoba berbagai jenis watersport di sini dan menyewa perahu untuk jalan-jalan ke tengah laut.

Pantai Klara Lampung 1

Pantai Klara Lampung 1
(sumber gambar: GoogleMaps_KEVIN AGUSTINUS HANDOYO)

Jangan terlalu bingung jika kamu sampai di kawasan Pantai Klara Lampung kamu akan menemukan gerbang pantai dengan angka 1 atau 2.

Kedua pantai yang bersebelahan ini dulunya merupakan Pantai Teluk Baru yang kemudian dibagi menjadi dua bagian sesuai karakteristiknya masing-masing.

Pantai Klara 1 terbilang cukup sepi dibandingkan Pantai Klara 2. meskipun begitu, banyak spot foto menarik di Pantai Klara 1. Sementara Pantai Klara 2 kaya akan pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Ciri khas Pantai Klara 1 ini adalah adanya sebuah baliho besar dengan tulisan “Selamat Datang di Bumi Perkemahan dan Latihan TNI AL Pantai Klara Kanal Lampung”.

Selanjutnya kamu bisa melihat saung-saung sederhana yang menghadap ke pantai. Kamu dan rombongan bisa menyewa saung ini untuk sekadar santai sesaat selesai perjalanan panjang.

Sewa saung atau pondokan di Pantai Klara Lampung sebesar dua puluh lima ribu rupiah untuk seharian penuh lumayan sekali, kan? kamu bisa sambil makan es kelapa atau hidangan khas di pantai ini lainnya.

Jangan dulu beranjak ke Pantai Klara 2. Kamu harus menjelajahi Pantai Klara 1 hingga puas seperti bermain ke Dermaga Pelangi. Dermaga yang dicat warna warni itu bisa menjadi spot foto yang keren lho. Kamu juga bisa lho berenang dan bahkan menyewa perahu di sini.

Harga sewa perahu di sini sebesar sepuluh ribu rupiah per orang. Selesai bermain air, kamu harus segera membilas tubuh di kamar mandi yang harga retribusinya sebesar tiga ribu rupiah per orang.

Pantai Klara 2

Pantai Klara 2
(sumber gambar: GoogleMaps_Kgs Paisol Hidayat)

Setelah puas bermain di Pantai Klara 1, kamu bisa beranjak ke Pantai Klara 2 yang sering lebih ramai. Terdapat pernak-pernik yang menghiasi sekitar pantai ini dan pasir putih yang cantik. Ini yang membuat Pantai Klara Lampung 2 memiliki lebih banyak pengunjung dibandingkan Pantai Klara 1.

Di sini kamu juga bisa menyewa saung untuk duduk santai seharian seharga dua puluh lima ribu rupiah. Para orangtua bisa mengawasi anak-anaknya yang bermain di pinggiran pantai dari saung yang menghadap ke laut ini.

Anak-anak atau orang dewasa yang ragu untuk berenang di tempat lebih dalam dapat menyewa ban. Ban karet ini dapat disewa per jam sebesar lima belas ribu rupiah.

Setelah puas berenang di pinggir pantai, kamu juga bisa nih sewa kano atau perahu untuk berkeliling di sekitar lautnya. Harga sewa kano sebesar lima belas ribu rupiah per jam.

Sebelum kembali ke rumah, sebaiknya kamu mengunjungi Kemilau Pesawaran. Ini adalah dermaga yang bentuknya memanjang dengan warna-warnanya yang menarik.

Orang-orang sering berfoto di sini untuk menciptakan kenangan yang tidak terlupakan sebelum akhirnya pergi meninggalkan Pantai Klara Lampung dan menuju ke destinasi wisata lainnya.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Klara Lampung

Hari
Jam Operasional
Biaya Kontribusi Parkir + Tiket Masuk
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Selasa07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Rabu07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Kamis07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Jumat07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Sabtu07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000
Minggu07.00 WIB – 22.00 WIBRp 15.000Rp 25.000

Harga tiket masuk Pantai Klara yang terletak di samping Dermaga Ketapang ini sangat murah dan sudah termasuk biaya parkir jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Kendaraan mobil hanya digunakan dua puluh lima ribu rupiah berapapun jumlah penumpangnya. Sementara motor hanya dikenakan biaya lima belas ribu rupiah saja.

Jika sedang berada di puncak musim liburan, harga biaya masuk ini bisa saja berubah. Namun, pengunjung tak perlu khawatir karena harganya tidak sampai mencekik leher kok.

Lokasi dan Rute Pantai Klara Lampung

Lokasi dan Rute Pantai Klara Lampung

Kamu mungkin sudah pernah mencari tahu keberadaan Pantai Klara Lampung melalui mesin pencarian atau aplikasi penunjuk arah. Lokasi pantai yang nuansanya mirip pantai-pantai di Los Angeles ini berada di Jalan Raya Way Ratay Nomor 99, Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451.

Kondisi jalanan menuju Pantai Klara Lampung terbilang cukup unik. Sesekali kamu akan berhadapan dengan jalan-jalan berlubang cukup lebar. Beberapa saat kemudian juga bisa menemukan jalanan yang cukup sempit yang berbelok-belok naik turun.

Meskipun kondisi jalanannya bisa membuat kamu sedikit galau dan goyah seperti ingin kembali ke penginapan, namun kamu harus tetap bertahan. Ada buah manis di depan mata saat kamu sampai di Pantai Klara Lampung.

Rute Kota Bandar Lampung

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Bandar Lampung, maka kamu akan menghabiskan waktu sekitar 40 sampai 60 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalanan yang beraspal di sekitar rute itu membuat kamu mudah menuju ke Padang Cermin melalui jalur Teluk Betung atau Jalan RE Martadinata.

Kamu akan melewati beberapa pantai lainnya seperti Pantai Mutun, Pantai Duta Wisata, Pantai Sari Ringgung, Pantai Batu Mandi, Pantai Queen Artha, Pantai Dewi Mandapa, dan Dermaga Penyeberangan Pulau Pahawang sebelum sampai di Pantai Klara Lampung.

Rute Kota Bandar Lampung

Rute Jalan Tol Kayu Agung

Dari pusat kota kamu juga bisa melewati rute Jalan Tol Kayu Agung menuju Bakauheni. Jaraknya sekitar 164 km dengan waktu tempuh mencapai 3,5 jam.

Rute ini terbilang mudah dilalui jalanan yang terkadang tidak rata, cukup sempit, namun bisa untuk kendaraan motor atau mobil.

Rute Kendaraan Umum

Kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung dan mulai naik angkot tujuan Pasar Bawah Ramayana. Setelah itu, kamu bisa beralih ke angkot tujuan Gudang Garam Teluk.

Dari Gudang Garam Teluk, kamu bisa naik mobil L300 untuk tujuan Piabung dan akan langsung membawa kamu ke pintu gerbang Pantai Klara Lampung yang ada di tepi jalan. Kamu bisa pilih ingin di depan pintu gerbang Pantai Klara 1 atau 2.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Klara Lampung:

Alamat: Jl. Way Ratai No.99, Gebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451

Waktu Terbaik Ke Pantai Klara Lampung

Waktu Terbaik Ke Pantai Klara Lampung

Pantai ini buka mulai pukul 7 pagi dari Hari Senin sampai Minggu. Kamu harus sudah meninggalkan Pantai Klara Lampung sebelum pukul 10 malam.

Karena ada dua pilihan di Pantai Klara, pengunjung jadi merasa dimudahkan saat menentukan mana pantai yang akan dikunjungi terlebih dulu dan ingin melakukan apa.

Jika kamu sampai saat pagi hari sekitar pukul 8 atau 9 pagi, maka sebaiknya kamu ke Pantai Klara 2 terlebih dahulu sebelum pantai ini ramai dikunjungi banyak orang. Terlebih jika itu musimnya puncak liburan.

Sementara itu, jika ternyata kamu baru sampai sekitar siang hari saat jam makan siang atau sekitar pukul 1 siang, maka kamu sebaiknya ke Pantai Klara 1 dulu yang lebih sering sepi dibandingkan Pantai Klara 2.

Deretan pohon-pohon kelapa yang tumbuh berdekatan seolah menyambut kedatangan kamu dan rombongan. Kamu bisa jalan-jalan dulu di pinggiran pantainya dengan air laut yang luar biasa bening. Dasar lautnya yang berupa pasir putih sampai kelihatan terang dengan mata telanjang di atas permukaan. Seakan tidak ada air yang menutupi di atasnya.

Perairan di sekitar Pantai Klara Lampung memiliki sifat dangkal dan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang, snorkeling, dan berjalan-jalan santai sambil menikmati hembusan angin yang sejuk seterik apapun mataharinya.

Snorkeling di Pantai Klara Lampung

Terdapat beberapa penyewaan alat-alat snorkeling di sekitar Pantai Klara Lampung. Jika kamu tertarik untuk masuk ke dalam air dan melihat langsung keindahan bawah lautnya yang dangkal, maka kamu bisa melakukan snorkeling.

Kamu bisa mengajak anak-anak lho karena air lautnya dangkal dan terbukti aman. Kamu harus pastikan saat menyewa peralatan selam dangkal atau snorkeling, kamu mendapatkan sejumlah alat seperti:

Snorkeling di Pantai Klara Lampung

1. Snorkel

Selang berbentuk huruf J ini memiliki pelindung mulut pada bagian ujung bawahnya. Jalan masuk udara selama kamu bernafas saat snorkeling akan melewati snorkel ini.

Kamu pun jadi tak perlu terlalu sering mengangkat kepala untuk mengambil nafas. Sebelum bersiap menyelam dan memasang snorkel, kamu harus menarik nafas dalam dalam terlebih dahulu.

2. Sirip Selam

Kaki katak kamu butuhkan selama snorkeling di Pantai Klara Lampung untuk bergerak dengan lebih tentu. Sirip selam ini bisa membantu kaki-kaki kamu terdorong lebih kuat dibandingkan bertelanjang kaki.

Sirip Selam

3. Pakaian Selam

Para penyelam perairan dangkal biasanya mengenakan pakaian selam untuk mengatasi tubuh dari pengaruh kedinginan karena suhu air yang rendah. Kamu bisa juga nih mendapatkan baju selam untuk melindungi tubuh selama snorkeling agar tidak terluka saat bergesekan dengan terumbu karang dan ubur-ubur.

4. Masker Selam

Ini bisa melindungi kedua mata kamu dari beratnya hantaman air di bawah laut saat fokus melakukan snorkeling.

Mengejar Sunset di Pantai Klara Lampung

Jika tidak memungkinkan mengejar sunrise di pantai ini karena terlalu pagi, maka kamu bisa nih menunggu sunset di sini. Kamu cukup hanya bersenang-senang selama belum senja dengan berjalan-jalan di deretan pohon-pohon kelapa rapat, bermain air, naik banana boat, sewa perahu, berfoto di dermaga, dan lain-lain.

Sekitar pukul 5 sore kamu sudah harus standby di spot yang kamu tentukan sendiri. Apakah itu duduk di gazebo, duduk di pinggir pantai atau berada di dekat dermaga. Selama satu jam menunggu kamu harus siap dengan kamera dan berbagai pose yang terpikir agar hasil jepretan sunsetnya bagus.

Kamu juga bisa mengambil foto-foto sunset sendiri jika kamu sedang terpisah jauh dengan rombongan yang asyik berenang atau berfoto di spot lain. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan antara lain:

Mengejar Sunset di Pantai Klara Lampung
(sumber gambar: GoogleMaps_indah nuria Savitri)

1. Membawa Tripod

Kamu bisa taruh kamera di atas kaki tiga penyangga dengan cara memotret horizon. Ini merupakan posisi lurus ke laut lepas dan senjanya yang indah. Perhatikan manfaat grid pada kamera untuk pengambilan foto ini ya.

2. Dimana Posisi Diri Kamu

Kamu bisa memilih langit senja sebagai background foto dimana kamu menghadap ke lensa kamera atau kamu membelakangi kamera. Terserah bagaimana pose yang menarik menurut kamu. Pastikan posisi tripod kamera tepat dan langsung menjurus ke arah langit senja yang keren.

Dimana Posisi Diri Kamu
(sumber gambar: GoogleMaps_MK Ridwan)

3. Sebelum Sunset

Ada pemandangan menarik sebelum sunset benar-benar terjadi. Ini adalah pertunjukkan cahaya matahari dan awan yang seolah beradu ingin mendapatkan center stage di langit. Kamu bisa memanfaatkan momen sekitar jam 5 atau setengah 6 sore itu dengan memasang kamera dan tripodnya.

4. Bisa Kulineran di Pantai Klara Lampung

Jika ternyata bekal makanan yang kamu bawa dari rumah tidak cukup dan masih terasa lapar usai mengeksplor seluruh wilayah Pantai Klara Lampung, maka kamu sebaiknya membeli makanan di restoran sekitar pantai ini.

Menu makanan yang biasa kamu temui di sepanjang kawasan pantai di Sumatera. Kamu bisa membeli pempek, kakap jumbo, aneka seafood, bakmi, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa lho take away makanan itu untuk dibawa masuk ke pantai dan menikmati makanannya sambil memandangi laut. Apalagi jika kamu berkumpul duduk di dermaga warna warninya. Sungguh menyejukkan makan di tempat seperti itu.

Destinasi Deket Dengan Pantai Klara Lampung

Pantai Klara merupakan salah satu destinasi pantai yang terletak di Provinsi Lampung, Indonesia. Berikut beberapa destinasi lain yang dekat dengan Pantai Klara di Lampung:

1. Pulau Kelagian di Lepas Pantai Klara Lampung

Pulau Kelagian di Lepas Pantai Klara Lampung
(sumber gambar: GoogleMaps_Andre Pierre)

Masih punya waktu di Pesawaran? Kenapa tidak coba saja mengunjungi Pulau Kelagian? Orang-orang banyak yang mengunjungi Pulau Kelagian dengan menggunakan perahu motor yang mereka sewa dari Pantai Klara Lampung.

Setelah sampai di Pulau Kelagian, kamu bisa lanjut lagi melakukan watersport snorkeling untuk melihat keindahan biota laut di sekitar situ. Kamu pastikan ingat di mana memarkir perahu motornya karena pulau ini terdiri dari Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil.

2. Pulau Pahawang untuk Kunjungan Terakhir

Pulau Pahawang untuk Kunjungan Terakhir
(sumber gambar: GoogleMaps_Investor Daily)

Ingin mengakhiri kunjungan ke Pantai Klara Lampung dengan seru? Bagaimana jika main ke Pulau Pahawang dengan sewa perahu berisi 10 orang penumpang?

Dengan membayar sekitar lima ratus ribu rupiah, kamu bisa membawa seluruh rombongan sekitar 10 orang ke Pulau Pahawang dengan naik perahu sewaan. Kamu tinggal mendatangi Dermaga Ketapang untuk menyewa salah satu dari sekian banyak perahu nelayan tersebut.

Sepanjang perjalanan kamu dan rombongan akan disuguhkan pemandangan yang tidak kalah menariknya dengan Pantai Klara Lampung. Air laut yang jernih sehingga kedua mata telanjang kita bisa melihat apa yang ada di bawah laut. Setelah sampai rasanya sayang untuk kembali lagi ke dermaga.

Sebagian besar pengunjung yang memilih mengakhiri kunjungan Pantai Klara dengan ke Pulau Pahawang biasanya akan selalu bermalam di pulau ini.

Kamu bisa menyewa penginapan milik warga dengan harga yang relatif terjangkau dan bisa menampung sampai 10 orang. Kondisi alam di pulau ini tetap terjaga keasriannya dan kondisinya juga sangat alami.

Kamu bisa kembali keesokan harinya ke dermaga dengan perasaan hati yang lebih baru dan siap menyambut kembali hari yang sibuk untuk bekerja keras.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Klara Lampung

Di sekitar Pantai Klara Lampung, terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

1. Yunna Hotel Lampung

Yunna Hotel Lampung
(sumber gambar: Agoda)

Yunna Hotel Lampung adalah destinasi ideal untuk mereka yang menginginkan keseimbangan sempurna antara kenyamanan modern dan akses mudah ke atraksi terkenal. Terletak di Pusat Kota, kamu akan menemukan diri kamu hanya beberapa langkah dari Pantai Pasir Putih yang menakjubkan.

Dengan peringkat bintang-3, Yunna Hotel Lampung menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari pusat kebugaran hingga restoran yang lezat dan layanan spa yang menenangkan.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, memberi kamu waktu untuk menikmati kopi santai sebelum menjelajahi keindahan Lampung, dan check-out kami adalah pukul 12.00 untuk memastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk perjalanan berikutnya.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 258.906 per malam

2. Negeri Baru Kalianda

Negeri Baru Kalianda
(sumber gambar: Agoda)

Terletak strategis di Kalianda, Negeri Baru Kalianda adalah tempat ideal bagi mereka yang mencari ketenangan dan kenyamanan di lingkungan yang indah. Kolam renang dalam ruangan adalah daya tarik utama, menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai setelah menjelajahi sekitar.

Restoran kami menyajikan hidangan lezat yang memuaskan selera kamu, sementara WiFi gratis di semua kamar memastikan kamu tetap terhubung. Waktu check-in kami dimulai pukul 12.00, memungkinkan kamu memulai petualangan kamu lebih awal, dan check-out kami adalah pukul 13.00, memberi kamu waktu yang cukup untuk bersiap-siap dengan tenang sebelum meninggalkan properti.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 137.760 per malam

3. Kuraya Residence

Kuraya Residence
(sumber gambar: Agoda)

Kuraya Residence adalah tempat yang ramah dan nyaman untuk bersantai di tengah kesibukan Pusat Kota. Terletak dekat dengan Pantai Pasir Putih yang ikonik, pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi keindahan alam Lampung. Fasilitas seperti kolam renang luar ruangan dan restoran yang lezat menjadikan pengalaman menginap di sini tak terlupakan.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, memungkinkan kamu untuk menikmati semua yang ditawarkan Kota Bandar Lampung sebelumnya, sementara check-out kami adalah pukul 12.00, memberi kamu waktu yang cukup untuk menyelesaikan liburan kamu dengan tenang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 270.600 per malam

4. Hotel Rarem

Hotel Rarem
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Rarem adalah pilihan ideal untuk mereka yang mencari akomodasi yang nyaman dan terjangkau di pusat Kota Bandar Lampung. Terletak hanya beberapa langkah dari atraksi utama dan restoran, kamu tidak akan kehabisan tempat untuk menjelajahi.

Fasilitas seperti WiFi gratis, ruang keluarga, dan dapur bersama membuat kamu merasa seperti di rumah sendiri. Waktu check-in kami dimulai pukul 13.00, memungkinkan kamu untuk segera menetap, dan check-out kami adalah pukul 12.00, memberi kamu waktu yang cukup untuk menyelesaikan perjalanan kamu dengan tenang.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 138.561 per malam

5. Elephant Inn and Suite

Elephant Inn and Suite
(sumber gambar: Agoda)

Elephant Inn and Suite adalah tempat yang sempurna untuk menginap di Pusat Kota Bandar Lampung. Terletak dekat dengan atraksi terkenal dan restoran, kamu tidak akan kehabisan hal yang harus dilakukan di sekitar properti. Fasilitas lengkap seperti WiFi gratis, layanan kebersihan harian, dan hand sanitizer menjadikan pengalaman menginap kamu nyaman dan bebas stres.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14.00, memberi kamu waktu untuk menikmati suasana santai sebelum petualangan kamu dimulai, dan check-out kami adalah pukul 12.00, memungkinkan kamu untuk meninggalkan properti dengan lancar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 219.038 per malam

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

Makanan khas Lampung adalah aspek penting dari warisan kuliner Indonesia. Berikut adalah beberapa hidangan khas Lampung yang terkenal:

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

    • Gulai Tempoyak: Gulai tempoyak adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan yang dimasak dalam kuah santan dengan tambahan tempoyak, yang merupakan fermentasi durian. Rasanya unik dan khas.
    • Gulai Balak: Gulai balak adalah hidangan khas Lampung yang berupa gulai dengan bahan utama daging kerbau atau sapi. Kuahnya kental dan biasanya disajikan dengan nasi hangat.
    • Pindang Patin Palembang: Meskipun Palembang bukan bagian dari Lampung, hidangan pindang patin Palembang juga cukup populer di Lampung. Pindang patin adalah hidangan berkuah asam pedas yang terbuat dari ikan patin.
    • Gabing: Gabing adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari kelapa muda yang diparut dan dicampur dengan ikan atau udang serta rempah-rempah. Biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan.
    • Umbu: Umbu merupakan sajian masakan berupa rotan muda yang direbus hingga teksturnya benar-benar empuk. Rasa umbu ini mirip dengan pare karena ada rasa pahitnya
    • Seruit: Seruit adalah makanan khas Lampung yang terdiri dari ikan yang digoreng atau dibakar, dicampurkan dengan sambal terasi, tempoyak, atau mangga.
    • Geguduh: Merupakan camilan tradisional Lampung, memiliki cita rasa manis. Bahan utamanya adalah pisang kepok yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu hingga merata sebelum diproses lebih lanjut.

Penutup

Mengunjungi Pantai Klara Lampung harus ada dalam daftar piknik kamu tahun ini. Kamu bisa mengajak keluarga besar atau rekan-rekan kerja yang butuh liburan selesai beraktivitas penuh selama beberapa bulan terakhir. Akses menuju pantai ini sangat mudah bahkan kamu bisa naik bus atau kereta api dari kota di luar Pulau Sumatera seperti Jakarta.

You might also like