Pesona Pantai Kondang Merak di Malang: Wisata Alam yang Mencuri Banyak Perhatian Pengunjung karena Keeksotisannya

Wisata bahari yang satu ini sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Namanya ialah Pantai Kondang Merak, yang terletak di salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Malang, tepatnya.

Pantai Kondang Merak ialah salah satu dari sekian banyak pantai di Indonesia yang mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 800 meter.

Jadi tidak heran jika Pantai Kondang Merak terlihat begitu luas meskipun dipenuhi dengan banyak pengunjung yang berdatangan. kamu juga tidak perlu khawatir jika akan berdesakan atau merasa terganggu dengan kerumunan pengunjung.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mengenal lebih dalam soal Pantai Kondang Merak yang satu ini? Dijamin kamu tidak menyesal dan semakin tidak sabar mengemas barang kamu untuk menginjakkan kaki di pantai ini.

Cerita di Balik Nama Pantai Kondang Merak

Cerita di Balik Nama Pantai Kondang Merak
(sumber gambar: GoogleMaps_zulfi alifiah)

Mengapa dinamakan Kondang Merak? Kondang sendiri mempunyai makna muara. Pantai Kondang Merak memang mempunyai muara yang merupakan pertemuan antara air tawar dan air laut. Konon pada zaman dulu banyak dihuni oleh sekumpulan burung merak. Itulah sebabnya pantai ini disebut Pantai Kondang Merak.

Pada tahun 1980an, burung merak pada akhirnya mengalami kepunahan karena banyaknya aktivitas penangkapan liar yang merusak ekosistem alam.

Pemandangan yang dihadirkan oleh pantai ini sangatlah mempesona banyak pengunjung yang datang. Maka tidak heran jika banyak pasang mata yang terbius seolah malas beranjak saat berada di Pantai Kondang Merak.

Lokasi Pantai Kondang Merak

Lokasi Pantai Kondang Merak
(sumber gambar: GoogleMaps_Bud Bud)

Sama seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Pantai Kondang Merak terletak di kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Lebih persisnya di sebuah desa bernama Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur.

Jika kamu berada di pusat kota Malang, maka kamu hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam saja. Atau sekitar 64 km.

Dari kota Malang, kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju arah Kepanjen, kemudian masuk Pagak. Jika sudah memasuki area Pagak, kamu bisa mengarah ke Kecamatan Bantur. Dari sana banyak petunjuk arah yang bisa membantu kamu untuk mencapai Pantai Kondang Merak.

Atau bisa juga kamu mengarahkan kendaraan kamu menuju Pantai Balekambang terlebih dahulu. Selanjutnya, setelah kamu keluar dari perkebunan tebu, ada sebuah perempatan. kamu bisa mengambil ke arah kanan jalan. Jalan yang lurus itu akan mengarahkan kamu menuju Pantai Balekambang, sementara jalan sebelah kiri menuju Pantai Bajulmati.

Dari perempatan setelah perkebunan tebu itu, masih ada sekitar 4 km lagi ke arah Pantai Kondang Merak. Akan ada papan petunjuk yang akan membantu mengarahkan jalan kamu menuju Pantai Kondang Merak.

Akses jalan menuju Pantai Kondang Merak memang sedikit sulit karena berbatu dan bukan jalanan aspal seperti jalan raya lainnya. Saat musim hujan, maka akan terdapat banyak genangan lumpur di sepanjang jalan menuju Pantai Kondang Merak.

Jalanannya memang cenderung sedikit sempit dan di samping kanan dan kiri jalan ada pohon-pohon besar dan semak-semak yang lebat.

Tapi jika sedang musim kemarau atau keadaan normal (tidak hujan), maka kamu hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai Pantai Kondang Merak dari perempatan tadi. Tapi, mengingat jalanannya yang rusak kemungkinan kamu akan memerlukan waktu sekitar kurang lebih 30 menit lamanya.

Jangan khawatir! Perjalanan yang kamu tempuh akan terbayar tuntas dengan pemandangan yang disuguhkan oleh Pantai Kondang Merak nantinya.

Rute Lengkap Menuju Pantai Kondang Merak di Malang:

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Harga Tiket untuk Masuk ke Pantai Kondang Merak

Hari
Harga Tiket MasukParkir
DewasaAnak-anakMotorMobil
SeninRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
SelasaRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
RabuRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
KamisRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
JumatRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
SabtuRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000
MingguRp 10.000Rp 5.000Rp 7.500Rp 10.000

Untuk masuk ke Pantai Kondang Merak, kamu hanya membayar 5.000 rupiah untuk anak-anak. Sementara untuk orang dewasa dikenakan biaya sebesar 10.000 rupiah per kepala.

Sementara biaya yang dikenakan untuk parkir kendaraan yaitu sebesar 7.500 rupiah untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat, akan dikenakan biaya parkir sebesar 10.000 rupiah saja.

kamu juga bisa puas menikmati keeksotisan Pantai Kondang Merak dengan harga yang terjangkau.

Harga di atas dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tetapi ini bisa dijadikan perkiraan jika kamu berencana untuk berkunjung ke Pantai Kondang Merak.

Jam Operasional yang diberlakukan di Pantai Kondang Merak

HariJam Operasional
Senin07.00 – 00.00 WIB
Selasa07.00 – 00.00 WIB
Rabu07.00 – 00.00 WIB
Kamis07.00 – 00.00 WIB
Jumat07.00 – 00.00 WIB
Sabtu07.00 – 00.00 WIB
Minggu07.00 – 00.00 WIB

Pada loket yang berada di garda depan pantai ini, tertulis pukul 07.00 – 00.00. Tapi, tidak ada jam khusus, alias kamu dapat kapan pun mengunjungi Pantai Kondang Merak yang indah ini.

Tapi, untuk mendapatkan pemandangan terbaik, kamu dapat datang saat pagi hari saat matahari belum bersinar dengan terik. Atau bisa juga di sore hari, sambil melihat pemandangan matahari turun ke barat, terbenam dengan indahnya.

Bahkan jika kamu mengunjungi pantai ini di atas pukul 00.00, kamu bisa masuk dan menikmati keindahan Pantai Kondang Merak. kamu bisa berkemah di sekitar pantai dengan membawa peralatan kemah kamu.

kamu pastikan berkunjung tidak saat musim hujan, ya. Agar tidak merusak waktu liburan kamu dari hujan atau cuaca mendung. Musim panas adalah waktu yang pas untuk datang ke pantai ini.

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Kondang Merak

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai yang indah ini. Seperti contohnya:

1. Berenang

Berenang

Ombak di Pantai Kondang Merak tidak besar dan cenderung tenang. Ini terjadi karena ombak di Pantai Kondang Merak sudah terpecah di pulau karang sebelum akhirnya tiba di bibir pantai.

Jadi ombak yang sampai di bibir pantai juga sudah menjadi gelombang-gelombang yang cenderung kecil. Sehingga aman jika kamu ingin berenang di pantai ini. kamu bisa mengajak si kecil berenang bersama.

Usahakan jangan ke tengah laut, ya. Ambillah jarak aman yang sekiranya tidak merugikan keselamatan kamu dan keluarga. Jangan lupa membawa pelampung untuk tetap berjaga-jaga dan melindungi si kecil agar tetap aman.

Usai berenang yang melelahkan, kamu bisa menemani si kecil untuk bermain pasir. Pasir putihnya yang bersih dan halus pasti akan menyenangkan jika dibentuk menyerupai istana. kamu bisa bermain peran bersama anak-anak sambil melepas penat. Anak-anak pun juga senang.

2. Bersantai

Bersantai

Jika kamu tidak mau melakukan aktivitas berat seperti berenang, dan hanya ingin bersantai melepas penat sambil menyegarkan pikiran, tentu ini tidak salah. Kamu dapat menikmati pemandangan Pantai Kondang Merak dengan duduk di pasir putihnya yang terhampar luas.

Pasir di pantai ini memiliki tekstur yang halus dan tidak kasar, sehingga aman jika kamu ingin berjalan kaki tanpa menggunakan alas sambil menyusuri pantai. Ditambah lagi semilir angin pantai yang sepoi-sepoi menyejukkan dan air lautnya yang berwarna kebiruan, seakan mampu membius perhatian kamu.

Tidak salah memang menghabiskan waktu di Pantai Kondang Merak. Tidak ketinggalan, pepohonan rindang dan kehijauan yang berjajar di tepi pantai.

kamu bisa menggelar alas atau karpet kecil, kemudian melakukan piknik bersama teman-teman atau keluarga. Menikmati kudapan atau makanan kecil yang sudah kamu siapkan dari rumah pasti akan menambah keseruan liburan kamu.

3. Berolahraga

Berolahraga

Tidak afdol rasanya jika sudah datang ke pantai tanpa melakukan kegiatan yang terkait dengan pantai. Untuk kamu penggemar olah tubuh dan ingin tetap aktif bergerak walaupun sedang berlibur, kamu bisa lho bermain bola di area pasir.

kamu dapat melakukan bola sepak, tangkap bola, atau bola voli. Bisa dengan mengajak teman-teman atau anggota keluarga yang lain. Kegiatan ini juga bagus untuk memperkuat hubungan dan kekompakan. Pasti sangat menyenangkan menghabiskan waktu di Pantai Kondang Merak ini.

4. Berburu Biota Laut

Berburu Biota Laut

Di Pantai Kondang Merak ini, kamu diperbolehkan untuk melakukan aktivitas snorkeling. Dijamin kamu akan semakin takjub akan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak memang mempunyai biota laut yang menakjubkan. Antara lain, terumbu karang, beragam macam jenis ikan-ikan kecil, hingga semua macam jenis kerang.

Jika kamu tidak ingin snorkeling tapi tetap ingin melihat biota laut di Pantai Kondang Merak?

Tentu saja itu hal yang memungkinkan. Karena terkadang biota-biota laut itu terdampar di pinggir pantai. Sehingga memungkinkan bagi kamu untuk melihat biota laut tanpa menyelam terlebih dahulu.

Bahkan jika kamu beruntung, kamu akan menemukan landak laut, teripang, gurita kecil, mentimun laut bahkan hingga lobster. Biota-biota laut ini terkadang terselip di antara karang dekat pantai.

5. Datang Berkunjung ke Pulau Karang

Datang Berkunjung ke Pulau Karang

Di Pantai Kondang Merak, terdapat pulau karang yang menarik perhatian para pengunjung pantai. kamu bisa menemukannya tidak jauh dari pantai.

Bukan hanya karang-karang yang berada di pinggir lautan, Pulau Karang ini ditumbuhi tumbuhan hijau yang menyejukkan. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat healing. Pikiran kamu akan jauh lebih fresh dan energi kamu akan kembali terisi setelah pulang dari Pantai Kondang Merak.

6. Berfoto

Berfoto

Untuk kamu penggemar fotografi, tentu Pantai Kondang Merak ini bisa menjadi tempat yang memuaskan untuk kamu. Ada banyak sekali spot yang instagrammable kamu akan jumpai di pantai ini. Dijamin kamu tidak akan menyesal.

kamu dapat mendokumentasikan setiap sudut dari Pantai Kondang Merak. Mulai dari pantainya, pepohonannya, biota lautnya, suasana yang tercipta, kegiatan yang kamu lakukan selama di pantai, hingga yang ada di Pulau Karang.

kamu juga bisa berfoto di sekitar Rowo Gebang, Tanjung Sirap, Dalil Putih, dan Jembatan Panjang. Lokasi-lokasi ini terdapat tidak jauh dari Pantai Kondang Merak.

7. Pelelangan Ikan

Pelelangan Ikan

Di Pantai Kondang Merak, kamu akan menjumpai para nelayan yang baru berlayar dan melepas tangkapan hasil melaut di bibir pantai. Di sana mereka biasanya melakukan pelelangan ikan. kamu juga dapat ikut serta untuk membeli hasil laut tersebut.

Ada banyak jenis ikan yang dilelang. Mulai dari tuna, kakap, sampai gurita. Yang pasti ikan-ikan itu pastinya masih fresh dan harganya pasti jauh lebih murah daripada yang kamu beli dari supermarket.

8. Memancing

Memancing

Untuk kamu penggemar kegiatan memancing, di sini kamu diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut. kamu bisa menyewa kapal nelayan yang terdapat di pinggir pantai untuk berlayar ke tengah pantai. kamu bisa membawa alat pancing yang kamu miliki saat akan berkunjung ke Pantai Kondang Merak.

Bukan hanya untuk berkegiatan memancing saja. kamu juga dapat menyewa kapal nelayan ini untuk berkeliling menyusuri pantai. Sekalian menikmati keindahan pantai tentu saja.

Jika kamu sedang beruntung, mungkin kamu akan melihat lumba-lumba yang terlihat melompat di tengah lautan. Pasti ini bisa menjadi pengalaman bernilai dan sangat terkesan untuk kamu.

Fasilitas yang Bisa Kamu Gunakan di Pantai Kondang Merak

Fasilitas yang Bisa Kamu Gunakan di Pantai Kondang Merak

Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan. Semuanya bersih karena untuk mendukung kenyamanan kamu sebagai pengunjung Pantai Kondang Merak.

Mulai dari toilet yang bisa kamu manfaatkan setelah bermain pasir dan hendak membersihkan badan. Ada pula mushola, yang bisa digunakan untuk melaksanakan ibadah. Sehingga kamu akan tetap tepat waktu dalam menjalankan sholat.

Jika kamu tidak ingin repot membawa makanan dari rumah, jangan khawatir! Di Pantai Kondang Merak terdapat warung-warung penjual makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Ada makanan khas Pantai Kondang Merak yang cukup terkenal dan dijamin mampu menggoyang lidah kamu. Jika berkunjung kesini, tidak ada salahnya kamu mencoba sate tuna yang khas daerah sini.

Ditambah lagi dengan gurita asam manis, kuah pedas kepala ikan laut, atau camilan fish kebab. Tidak lupa, jika di Pantai Kondang Merak tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Jika kamu memilih untuk menginap di area sekitar pantai, kamu bisa memilih berbagai penginapan yang ada. Harganya juga bervariasi. Mulai dari yang murah dan terjangkau. Hingga penginapan dengan harga mahal dan fasilitas mewah.

kamu dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu kehendaki. Sebagai informasi tambahan, kamu bisa menghubungi agen perjalanan wisata setempat dengan memilih paket wisata domestik.

Biro wisata itu dapat membantu kamu mengurus segala keperluan kamu selama berkunjung ke Pantai Kondang Merak. Sehingga kamu hanya perlu duduk manis dan terima beres saja.

Tetapi, jika kamu memilih untuk berlibur tanpa biro perjalanan, pastikan kendaraan yang kamu naiki dalam kondisi sempurna dan tidak ada kerusakan, ya. Mengingat jalan menuju Pantai Kondang Merak tidak cukup baik.

Ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu di bengkel-bengkel terdekat dengan lokasi kamu. Untuk kenyamanan perjalanan liburan kamu.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Kondang Merak di Malang

Jika kamu sedang mencari penginapan yang nyaman di Malang dan ingin menikmati keindahan Pantai Kondang Merak, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap yang dapat membuat perjalanan kamu lebih berkesan:

1. Kapal Garden Hotel

Kapal Garden Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Kapal Garden Hotel, tempat santai dengan fasad bernuansa bahari di pinggir jalan komersial yang ramai. Hanya dalam jarak 4 menit berjalan kaki dari Sengkaling UMM Water Park, hotel ini menawarkan kemudahan akses. Dengan lokasi 18 km dari Bandar Udara Abdulrachman Saleh dan 4 km dari Jawa Timur Park 3 yang menarik.

Kapal Garden Hotel adalah pilihan ideal untuk penginapan kamu. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Nikmati fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, sarapan gratis, dan Wi-Fi gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 538.200 per malam

PESAN HOTEL Kapal Garden Hotel Diskon 66%

2. Condro Wulan Homestay

Condro Wulan Homestay
(sumber gambar: Agoda)

Condro Wulan Homestay, sebuah properti yang terletak strategis di Malang Pusat, menempatkan kamu dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik. Waktu check-in dimulai pukul 14.00.

Fasilitas yang ditawarkan mencakup sarapan gratis, Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, dan restoran di lokasi. Inilah tempat yang sempurna untuk menjadikan kunjungan kamu ke Malang lebih istimewa.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 152.000 per malam

PESAN HOTEL Condro Wulan Homestay Diskon 74%

3. Ascent Premiere Hotel and Convention

Ascent Premiere Hotel and Convention
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kemewahan di Ascent Premiere Hotel and Convention, yang berlokasi di samping stasiun kereta Malang Kotalama. Dengan jarak 2 km dari pameran bersejarah di Museum Malang Tempo Doeloe, dan 4 km dari pameran militer di Museum Brawijaya.

Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang unik. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas populer termasuk kolam renang, spa, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 462.431 per malam

PESAN HOTEL Ascent Premiere Hotel and Convention Diskon 52%

4. Hotel Montana Malang

Hotel Montana Malang
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Montana Malang, terletak di jalan yang rindang, menyediakan suasana santai dan hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari Museum Malang Tempo Doeloe dan 7 menit berjalan kaki dari stasiun kereta utama.

Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00. Fasilitas yang ditawarkan termasuk sarapan gratis, tempat parkir gratis, AC, dan Wi-Fi.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 273.000 per malam

PESAN HOTEL Hotel Montana Malang Diskon 66%

5. Bwalk Hotel Malang

Bwalk Hotel Malang
(sumber gambar: Agoda)

Temukan kenyamanan di Bwalk Hotel Malang, hanya 2 menit berjalan kaki dari beberapa tempat makan, 15 menit berjalan kaki dari Sengkaling Water Park, dan 8 km dari Batu Night Spectacular.

Dengan jarak 10 km dari stasiun kereta Blimbing, hotel ini menawarkan fasilitas populer seperti kolam renang, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, dan AC. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan waktu check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 183.561 per malam

PESAN HOTEL Bwalk Hotel Malang Diskon 75%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai kondang Merak

Meskipun Pantai Kondang Merak sendiri terletak di Kabupaten Malang, namun daerah sekitarnya mungkin kurang berkembang sebagai pusat kuliner jika dibandingkan dengan pusat kota Malang. Meski begitu, kamu masih dapat menemukan beberapa warung atau kedai makan di sekitar Pantai Kondang Merak yang menyajikan kuliner khas Malang. Berikut beberapa rekomendasi yang mungkin bisa kamu coba:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar Pantai kondang Merak

    • Gurita Asam Manis: Gurita asam manis adalah hidangan laut yang populer di banyak daerah pesisir, termasuk Malang. Gurita dimasak dengan saus asam manis yang khas, memberikan rasa yang lezat dan segar.
    • Kuah Pedas Kepala Ikan Laut: Kuah pedas kepala ikan laut adalah hidangan yang menggugah selera. Kuah pedas yang kaya rasa disertai dengan potongan kepala ikan laut yang lezat, memberikan pengalaman kuliner yang khas.
    • Camilan Fish Kebab: Fish kebab adalah camilan yang terbuat dari potongan ikan yang dibumbui dan dipanggang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi pilihan camilan yang enak di tepi pantai.
    • Warung Makan Seafood Lokal: Karena pantai, kamu mungkin menemukan warung makan seafood lokal yang menyajikan hidangan laut segar, seperti ikan bakar, kepiting saus padang, atau udang goreng mentega.
    • Warung Mie Setan: Mie Setan adalah hidangan mie goreng khas Malang yang cukup terkenal. Cari warung atau penjual yang menyajikan Mie Setan di sekitar pantai.
    • Warung Nasi Pecel: Nasi pecel adalah hidangan nasi dengan sayuran yang disiram dengan sambal kacang khas Malang. kamu mungkin menemukan warung nasi pecel di sekitar Pantai Kondang Merak.
    • Penjual Jajanan Pasar Malam: Kadang-kadang, di sekitar pantai ada pedagang yang menjual jajanan pasar malam, termasuk kue tradisional khas Malang seperti onde-onde, klepon, atau lupis.
    • Kedai Kopi Lokal: Untuk sesuatu yang lebih ringan, carilah kedai kopi lokal yang mungkin menyajikan kopi khas Malang atau kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Kesimpulan

Jadi, tunggu apalagi? Tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk menunda keberangkatan kamu menuju Pantai Kondang Merak. Jadilah saksi keindahan pemandangan Pantai Kondang Merak dan jangan lupa untuk selalu menjaga keasriannya.

Buanglah sampah sisa pemakaian seperti plastik atau apa pun itu di tempat sampah yang sudah disediakan. Atau kamu bisa membawa kantong sampah sendiri. Bersama-sama kita bantu pengelola setempat untuk melestarikan salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia.

Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan sadar bahwa kebersihan lingkungan ialah tanggung jawab kita bersama.

Selamat menikmati alam Pantai Kondang Merak. Setelah berkunjung, ceritakan kepada teman-teman dan keluarga kamu mengenai keindahan pantai ini. Agar semakin banyak orang yang mengenal dan datang berkunjung ke Pantai Kondang Merak.

Siapa tahu, melalui kabar dari mulut ke mulut, berbagai tempat wisata di Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Selamat berlibur!

You might also like