Deretan Pantai Krui di Lampung: Ombak Yang Menantang Dengan Budaya Lokal Repong Damar Yang Mempesona

Pantai Krui merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di wilayah lampung barat yang memiliki destinasi wisata terkenal, Pantai Krui. Diketahui Krui memang populer dengan berbagai pantai indah yang membuat wisatawan datang berbondong-bondong dari berbagai daerah.

Pada awalnya Krui merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Lampung Barat, namun sekarang menjadi bagian dari Kabupaten Pesisir Barat. Pantai yang eksotis ini posisinya adalah di wilayah pesisir Samudera Hindia sehingga tidak heran jika memiliki ombak yang cukup besar.

Pesona Pantai Krui yang Mempesona para Wisatawan

Pesona Pantai Krui yang Mempesona para Wisatawan
(sumber gambar: GoogleMaps_VIET THANH DUONG)

Ketinggian ombak di Pantai Krui bisa mencapai 6 hingga 7 meter dengan panjang ombak tersebut sekitar 200 meter. Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang adalah para peselancar dari berbagai wilayah, bahan luar negeri untuk mencoba menaklukkan ombaknya.

Pada umumnya para peselancar berbondong-bondong datang ke ini pada bulan Mei sampai dengan bulan September, karena biasanya cuaca di bulan itu cenderung stabil. Sehingga bisa berselancar dengan lebih tenang.

Potensi pantai unik di Lampung ini selain menakjubkan cukup membanggakan karena merupakan salah satu spot surfing yang sudah mendunia. Bahkan pada tahun 2019 yang silam pernah digunakan untuk mengadakan salah satu event dunia yang pertama.

Event tersebut adalah Krui World Surfing League (WSL) 2019, yang kemudian di ikuti event yang sama di tahun-tahun berikutnya. Hal ini dikarenakan Pantai Krui memiliki banyak pantai yang biasa digunakan oleh para peselancar.

Beberapa pantai itu diantaranya adalah pantai Mandiri, Pantai Tanjung Setia, Pantai Pugung dan Way Jambu. Selain itu kelebihan lainnya dari Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat ini juga punya budaya yang hangat terhadap para pendatang.

Diketahui para penduduk lokal sangat menghargai tamu yang datang untuk sekedar berwisata atau bermain selancar. Bahkan kehidupan masyarakat di sini sangat menarik karena kaya akan budaya.

Salah satu keindahan biologis dari Pantai Krui selain kekayaan pantai dan ombak inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Terutama wisatawan yang datang dari luar Krui atau para wisatawan dari luar negeri.

Pola budaya lokal masyarakat Krui yang paling populer adalah suka repong damar, yang membuat wisatawan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Repong Damar di Krui ini sudah dikelola lintas generasi.

Selama lebih dari tujuh generasi secara turun temurun yang dilestarikan baik. Repong damar sendiri tidak hanya memiliki manfaat untuk masyarakat Krui saja, tapi untuk seluruh masyarakat dunia.

Selain itu, Krui memiliki deretan pantai yang menawan untuk dikunjungi. Sehingga kamu harus mengunjungi pantai ini untuk mencoba bercanda dengan ombak dan pasir pantainya yang menenangkan hati.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Krui

Alamat dan Rute Menuju Pantai Krui

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Pantai Krui ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena rutenya mudah dilalui oleh pendatang dari luar kota sekalipun. Jika ditempuh dari pelabuhan merak maka And adapt naik kapal feri selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan.

Setelah berlabuh di pelabuhan, langkah selanjutnya adalah melewati jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari sini kamu akan melalui rute lintas barat sekitar 8 jam lamanya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena akses jalan menuju Pantai Krui di Pesisir Barat, sudah beraspal dan mulus untuk dilalui. Kamu juga dapat datang dengan menggunakan pesawat terbang melalui Bandara M. Taufik Kiemas. Setelah itu bisa dilanjutkan perjalanan darat dengan estimasi waktu sekitar 6 hingga 7 jam.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Krui:

Alamat: RW7J+HFQ, Ps. Krui, Kec. Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung 34874

Akomodasi dan Transportasi di Pantai Krui

Akomodasi dan Transportasi di Pantai Krui

Saat berkunjung ke suatu tempat, orang pastinya akan memikirkan mengenai masalah akomodasi sebagai hal yang penting. Demikian juga saat berkunjung ke Pantai Krui ini, namun kamu tidak perlu khawatir karena di Krui sudah banyak tersedia penginapan yang layak.

Pengunjung bisa memilih jenis yang disukainya, akan menginap di homestay atau memilih Villa yang menghadap ke arah pantai. Di Krui belum ada hotel berbintang karena rata-rata pengunjung yang datang adalah kaum petualang yang tidak membutuhkan hotel berbintang untuk menginap.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Krui adalah para peselancar sehingga mereka lebih suka menginap di penginapan yang jenisnya homestay. Selain lebih nyaman, harganya cukup terjangkau untuk tinggal dalam waktu yang lama.

Mengenai aksesibilitas sendiri juga sangat lancar, dan mudah untuk ditempuh karena sarana jalannya yang sudah cukup memadai. Ditambah lagi dengan adanya pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang yang menambah kemudahan akses untuk para wisatawan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Krui

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Selasa24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Rabu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Kamis24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Jumat24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Sabtu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Minggu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000

Meskipun keindahan yang dimiliki oleh deretan Pantai Krui ini sudah cukup terkenal. Tetapi kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya masuk ke tujuan wisata ini. Karena hampir semua pantainya tidak mengambil tiket masuk alias gratis.

Meski begitu, kamu tetap harus bawa bekal uang untuk membayar biaya parkir saat datang dengan membawa kendaraan pribadi. Tarif parkirnya juga tidak terlalu mahal, sehingga tempat ini merupakan tempat yang recomended untuk wisata murah meriah.

Saat kamu berencana untuk berkunjung ke Pantai Krui, tidak perlu cemas mengenai jam buka dan tutupnya. Karena jam operasionalnya berlaku sangat leluasa dari senin sampai hari minggu selama 24 jam sehari. Sehingga kamu dapat datang kapan pun kamu memiliki waktu tanpa takut sudah tutup.

Deretan Pantai Krui yang Indah dan Mempesona

Pesona Pantai Krui yang terkenal dan sudah memikat banyak orang dari seluruh penjuru ini karena setiap pantai memiliki ciri khasnya masing-masing. Sehingga perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan akhirnya terbayarkan lunas saat sampai.

Lampung tidak hanya terkenal dengan Pantai Karang saja, namun ada beberapa Pantai Krui yang tidak kalah indahnya. Berikut adalah beberapa Pantai Krui yang eksotis dan menawarkan keindahan alamnya:

1. Labuhan Jukung Krui

Labuhan Jukung Krui
(sumber gambar: GoogleMaps_Dimi Derkley)

Pantai Krui menawan yang pertama adalah Labuhan Jukung Krui yang berada di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Krui Pesisir Barat. Diketahui destinasi wisata memiliki banyak macam wisata menarik yang akan membuat liburan keluarga jadi berkesan.

Disini wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas yang seru dan kekinian, recomended yang ingin melupakan sejenak masalah dan beban pikiran. Diantaranya merupakan menikmati pesona sunset yang memikat, surfing dengan ombak yang cukup tinggi dan menikmati kuliner khas pesisir barat.

Lokasi ini menjadi lokasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri yang ingin menaklukkan dahsyatnya ombak. Selain itu juga cocok yang ingin membawa keluarganya untuk berwisata karena memiliki hamparan pasir pantai yang cukup luas.

Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang putih bersih, membuat anak-anak akan menyukai aktivitas bermain di tempat ini. Apalagi fasilitas yang tersedia di pantai Labuhan Jukung Krui ini cukup lengkap karena sudah ada untuk wisatawan yang datang dari luar kota.

Untuk kamu yang suka dengan dunia fotografi atau suka berburu spot instagramable yang dibutuhkan konten media sosial, pantai ini pilihan yang tepat. Karena terdapat sebuah trademark Labuhan Jukung Krui yang menjuru ke arah pantai.

2. Pantai Karang Nyimbor

Pantai Karang Nyimbor
(sumber gambar: GoogleMaps_Fuad Hasim)

Tujuan selanjutnya yang tidak kalah menarik dari deretan Pantai Krui ini merupakan Pantai Karang Nyimbor. Pantai ini populer dengan sebutan Ujung Bocur karena lokasinya yang ada pada daerah Ujung Bocur, Kecamatan Pesisir Selatan.

Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota Krui, bisa ditempuh naik kendaraan sekitar 15 menit saja. Hampir sama dengan labuhan Jukung Krui, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup tinggi, sekitar 5 sampai dengan 6 meter.

Seringkali di pantai ini muncul ombak dengan karakter pipeline yang menjadi spot favorit para peselancar. Ditambah lagi keindahan pemandangan pantainya yang dihiasi laut biru dan hamparan pasir putih yang cantik. Bisa dijadikan latar belakang mengambil gambar dan objek fotografi.

3. Pantai Tembakak

Pantai Tembakak
(sumber gambar: GoogleMaps_大仁偉)

Pantai Krui lainnya yang tidak kalah menawan ialah Pantai Tembakak yang menyajikan hamparan pasir hitam yang menawan. Selain sebagai tempat bermain dan berlibur yang menyenangkan, pantai ini juga sebagai pelabuhan kecil untuk menuju ke Pulau Pisang.

Selain memiliki hamparan pasir hitam yang eksotis, pantai ini memiliki banyak batu karang dengan berbagai ukuran. Selain itu tersebar di semua pantai, menjadi lokasi yang cukup favorit karena letaknya yang tidak jauh dari Krui.

Waktu yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Sehingga banyak wisatawan yang sekalian datang ke tempat ini saat berkunjung ke Krui dengan keluarga.

4. Pantai Mandiri

Pantai Mandiri
(sumber gambar: GoogleMaps_petualang amatir)

Destinasi lain yang tidak kalah menarik dari deretan Pantai Krui ini adalah Pantai Mandiri yang memiliki hamparan pasir hitam. Bedanya dengan Pantai Tembakak, Pantai Mandiri ini tidak memiliki batu karang di sepanjang pantainya.

Sama seperti pantai yang lainnya, Pantai Mandiri juga recomended untuk bermain surfing karena ombaknya yang cukup kuat. Bahkan serunya lagi, di Pantai Mandiri ini terdapat penginapan khusus untuk para peselancar yang datang berkunjung.

Penginapan yang cukup populer ini bernama Surf Camp, yang merupakan sebuah tempat menginap nyaman. Terutama untuk para peselancar yang ingin memacu adrenalin dengan mencoba menaklukkan ombak di Pantai Mandiri.

Selain penginapan yang terkenal tersebut, masih ada beberapa penginapan yang lainnya untuk dijadikan pilihan. Harga untuk menginap disini juga tidak terlalu mahal, cuma di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 500.000 untuk biaya per malamnya.

5. Pantai Walur

Pantai Walur
(sumber gambar: GoogleMaps_Angga)

Selain beberapa pantai di atas, masih ada pantai lainnya yang tidak boleh diabaikan, yakni Pantai Walur. Diberi nama begitu karena memang terletak di desa Walur, kecamatan pesisir tengah dan kabupaten pesisir Barat.

Spot menarik di pantai Walur ini adalah sebuah padang rumput yang dihiasi oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Kemudian pantainya yakni hamparan pasir putih yang halus sehingga recomended untuk bermain anak-anak.

Sementara itu orang dewasa bisa mencoba aktivitas seru yang lainnya, seperti bermain air, memancing dan pastinya adalah surfing. Aktivitas yang paling disukai oleh para pendatang yang secara khusus datang dari jauh.

Daya Tarik Pantai Krui yang Membuat Wisatawan Gagal Move On

Selain deretan Pantai Krui yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan tempat surfing favorit, masih banyak destinasi yang keren. Beberapa destinasi ini sulit ditemukan di tempat lain sehingga akan membuat kamu gagal move on saat sudah mengunjungi tempat ini.

Daya tarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pantai Krui di pesisir lampung ini adalah sebagai berikut:

1. Pergi ke Pulau Pisang

Pergi ke Pulau Pisang
(sumber gambar: GoogleMaps_Rocky Mahendra)

Keseruan yang pertama saat berkunjung ke Pantai Krui ini adalah mengunjungi Pulau Pisang dengan naik perahu dari Dermaga Tembakak. Biayanya tidak terlalu mahal, karena kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 15.000 sampai Rp 25.000 untuk tiap orang.

Perjalanan menuju pulau pisang ini tidak menghabiskan banyak waktu hanya sekitar 15 menit saja melewati lautan. Dalam perjalanan ini, saat kamu beruntung maka kamu bertemu dengan kawanan lumba-lumba yang akan menjadi pengalaman liburan yang mengesankan.

Beberapa bangunan yang terdapat di pulau pisang masih sangat otentik, bertahan dengan bangunan lama yang menjadi keunikan di pulau ini. Suasana yang terdapat di pulau pisang ini sendiri sangat tenang dan damai, cocok untuk yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuknya perkotaan.

Serunya lagi berlibur di pulau pisang ini merupakan pengalaman mengelilingi pulau dengan naik sepeda. Kamu tidak perlu membawa sepeda sendiri saat datang ke pulau ini, karena disana sudah terdapat penyewaan yang harganya terjangkau untuk semua kalangan.

Pulau Pisang ini merupakan sebuah tempat yang indah untuk menikmati pasir putih dan laut yang terlihat berwarna hijau toska. Spot yang instagramable, sehingga layak untuk diabadikan. Kamu akan melihat pemandangan nelayan yang berlabuh sambil membawa ikan tangkapannya.

Biasanya ikan yang ditangkap oleh para nelayan pulau pisang adalah ikan blue marlin alias Iwa Tuhuk. Ikan yang memiliki rahang seperti tombak ini dikenal tinggal di perairan yang hangat. Sehingga kamu bisa menikmati lezatnya daging segar ini dengan membelinya secara langsung dari nelayan.

Di pulau pisang ini juga terdapat mercusuar atau lantira yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Uniknya lagi saat kamu mandi di Way Bah Anjung, berdasarkan kepercayaan masyarakat konon bisa membuat kita awet muda.

Kemudian ada juga wisata religi dengan berziarah ke makam Demung Tinggi Laksana leluhur Zuriat Kartadilaga di Bah Kaluwih Sukamarga. Makam ini konon sudah ada sejak tahun 1799. Makam ulama penyebar Agama Islam Datuk Syufi dan lain sebagainya.

Peninggalan bersejarah dari zaman pendudukan Belanda lainnya adalah SDN Pulau Pisang di Pekin Pasar. Selain peninggalan bersejarah itu, kamu bisa menikmati wisata kuliner yang tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Kuliner khas tersebut adalah Gulai Retik Ridip campur bulung tangkil yakni gulai yang berbahan dasar kacang ijo campur daun singkong. Kemudian ada lagi gulai Kilor, yaitu buah pohon kelir, kemudian yang paling lezat adalah gulai atau sambal atau panggang iwa tuhuk.

2. Belajar Di Rhino Camp Sukaraja Atas

Belajar Di Rhino Camp Sukaraja Atas
(sumber gambar: GoogleMaps_yopie franz)

Setelah puas melihat keindahan laut di yang menawan ini maka kamu bisa melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Rhino Camp Sukaraja Atas. Dimana terdapat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Keunikan yang tidak boleh dilewatkan adalah fakta bahwa Rhino Camp memiliki 6 spot untuk menyaksikan bunga Rafflesia mekar. Bunga yang sangat langka ini diketahui hanya bertahan selama 3 hingga 5 hari saja.

Perubahan warnanya yang sangat menarik dari merah merekah lalu berubah menjadi hitam dan membusuk. Bunga ini sangat sedikit di dunia, dan beruntungnya Indonesia memiliki keanekaragaman Bunga Rafflesia yang cukup banyak.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Krui di Lampung

Jika kamu merencanakan perjalanan ke Pantai Krui di Lampung dan mencari tempat menginap yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu, berikut beberapa rekomendasi penginapan yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Emersia Hotel & Resort

Emersia Hotel & Resort
(sumber gambar: Agoda)

Emersia Hotel & Resort terletak strategis di Pusat Kota Bandar Lampung, memudahkan kamu untuk menikmati atraksi dan restoran menarik. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00.

Properti bintang-4 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti resepsionis 24 jam, shuttle bandara, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, pusat kebugaran, kolam renang luar ruangan, fasilitas BBQ, dan penarikan uang tunai.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 613.347 per malam

2. Hotel Tantra

Hotel Tantra
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Tantra berlokasi strategis di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Bandar Lampung, memberikan akses mudah ke atraksi dan restoran terkenal. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Pantai Pasir Putih yang ikonik.

Fasilitas kami mencakup tempat parkir mobil, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, layanan check-in/check-out ekspres, kedai kopi, bar, restoran, dan layanan kamar. Waktu check-in tersedia mulai pukul 13.00 dengan check-out pada pukul 12.30.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 796.068 per malam

3. Palma Beach Resort

Palma beach resort
(sumber gambar: Agoda)

Palma Beach Resort terletak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Bandar Lampung, memberikan akses cepat ke atraksi alam dan restoran terbaik di sekitar. Kamu dapat menikmati pantai pribadi kami hingga tengah malam saat check-out.

Fasilitas kami meliputi tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, layanan check-in/check-out bebas kontak, kedai kopi, restoran, layanan kamar, dan ruang keluarga. Waktu check-in tersedia mulai pukul 13.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.854.544 per malam

4. C Point Krui Bed and Breakfast

C Point Krui Bed and Breakfast
(sumber gambar: Agoda)

C Point Krui Bed and Breakfast terletak strategis di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Bandar Lampung, memberikan akses mudah ke atraksi wisata dan restoran menarik.

Fasilitas kami meliputi shuttle bandara, kebijakan hewan peliharaan yang diperbolehkan, tempat parkir mobil, layanan shuttle, WiFi gratis, penitipan barang, layanan check-in/check-out bebas kontak, dan layanan laundry. Waktu check-in kami adalah pukul 14.00 dengan check-out pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 438.617 per malam

5. Kambuna Bungalows

Kambuna Bungalows
(sumber gambar: Agoda)

Kambuna Bungalows terletak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Bandar Lampung, memberikan akses mudah ke atraksi alam dan restoran terbaik di sekitar.

Fasilitas kami meliputi shuttle bandara, kebijakan hewan peliharaan yang diperbolehkan, tempat parkir mobil, WiFi gratis, pantai pribadi, ruang permainan, fasilitas BBQ, dan layanan check-in/check-out bebas kontak. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00 dengan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 600.000 per malam

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

Lampung, sebuah provinsi di bagian selatan Pulau Sumatera, memiliki beragam masakan khas yang lezat dan unik. Beberapa makanan khas Lampung yang terkenal antara lain:

Mencoba Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

    • Gulai Tempoyak: Gulai Tempoyak adalah gulai yang menggunakan tempoyak (fermentasi daging buah durian) sebagai bahan utamanya. Biasanya, gulai ini disajikan dengan ikan atau daging ayam.
    • Gulai Balak: Gulai Balak merupakan hidangan khas Lampung yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu gulai yang kaya rempah seperti lengkuas, daun salam, dan serai.
    • Pindang Patin Palembang: Pindang Patin adalah hidangan berkuah khas Palembang yang juga populer di Lampung. Pindang ini terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah seperti asam jawa, cabai, dan daun kemangi.
    • Gabing: Gabing adalah makanan tradisional Lampung berupa batang kelapa muda yang dimasak dengan santan kuning. Rasanya gurih dan lezat.
    • Umbu: Umbu adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari batang rotan yang direbus lama hingga empuk. Rasanya sedikit pahit seperti pare.
    • Gulai Taboh: Gulai Taboh adalah hidangan gulai khas Lampung yang terbuat dari ikan taboh yang dimasak dengan rempah-rempah khas.
    • Gagodoh: Gagodoh adalah hidangan khas Lampung yang terbuat dari pisang atau cimpedak dan dicampur dengan tepung terigu, gula, garam, dan air, setelah itu digoreng.
    • Keripik Pisang: Keripik pisang dari Lampung terkenal dengan kelezatannya yang unik karena menggunakan pisang khas daerah tersebut.

Penutup

Biarpun semua pantai yang terletak di kawasan Krui ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, namun ada satu kesamaan. Yaitu sama-sama recomended untuk bermain surfing dengan memadai dan memenuhi standar.

Dengan suasana alam yang asri dan alami dijamin kamu akan ketagihan saat mengunjungi pantai ini. Apalagi jika kamu adalah seorang peselancar yang senang berpetualang, sehingga Pantai Krui adalah solusi terbaik.

You might also like