Pantai Labu Deli Serdang di Sumatera Utara: Keistimewaan Pantai Berpasir Putih dan Dekat dengan Bandara

Pantai Labu sebetulnya sebuah nama kecamatan yang terkenal akan sejumlah pantainya yang menarik di Kabupaten Deli Serdang. Salah satu pantai paling terkenal yang dikandung oleh kecamatan di Provinsi Sumatera Utara ini adalah Pantai Putra Deli. Ada sejumlah keunikan yang bisa kamu temukan di sekitar Pantai Putra Deli dan tidak ada di pantai-pantai lainnya.

Jika kamu berkesempatan melakukan penerbangan ke Kuala Namu International Airport (KNIA), maka kamu akan mudah menemukan Pantai Putra Deli di Pantai Labu. Lokasi pantai pasir putih ini sangat dekat dengan bandara. Inilah salah satu keunikan Pantai Putra Deli dimana tidak banyak pantai di Indonesia yang letaknya dekat bandara.

Para wisatawan dari luar kota atau luar negeri jadi punya destinasi wisata alternatif bilamana ingin healing sejenak melepaskan penat usai penerbangan berdurasi lama dengan pergi ke pantai yang lumayan dekat itu.

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Labu

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Labu
(sumber gambar: GoogleMaps_Berjalius)

Pantai Labu terkenal akan laut dangkalnya karena warna air lautnya yang tidak seperti kebanyakan pantai kecil lain lainnya yang hijau atau biru bening. Pantai Labu atau Pantai Putra Deli memiliki warna air yang keruh namun ia mempunyai pemandangan yang tidak biasa di sekitar pasirnya dan rute menuju pantainya.

Dari tempat kamu berdiri di atas pasir putihnya, kamu bisa melihat pesawat terbang di atas lautnya beberapa kali karena memang pantai ini dekat dengan bandara internasional yang dahulu bernama Bandara Polonia.

Meskipun kebanyakan pantai yang berada dalam naungan Pantai Labu tidak bisa memberikan kejernihan air seperti kebanyakan pantai tersembunyi lainnya, namun para pengunjung masih saja terus berdatangan untuk sekadar menyegarkan diri.

Menikmati angin sepoi-sepoinya, menyaksikan aktivitas nelayan yang akan memburu ikan di laut, dan menikmati rute perjalanannya yang dikelilingi hutan mangrove.

Berangkat Dari Medan

Jika kamu bertolak dari pusat Kota Medan, maka kamu akan membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih untuk sampai di kawasan Pantai Labu ini. Kamu perlu mengikuti petunjuk dari aplikasi pencari jalan untuk rute perjalanan menuju Bandara Kuala Namu yang berjarak sekitar 25 km.

Ini merupakan area Kabupaten Deli Serdang dimana nantinya kamu diarahkan maps menuju Pantai Labu yang melintasi Palu Sibaji hingga ke jalan raya.

Setelah dari jalan raya, kamu nantinya akan bertemu dengan Dusun Burung dimana area tersebut memiliki beberapa petunjuk jalan menuju beberapa pantai di Pantai Labu seperti Pantai Putra Deli dan Pantai Muara. Setelah itu, kamu bisa mengambil rute sesuai petunjuk jalan menuju pantai tertentu.

Berangkat Dari Medan

Berangkat Dari Tembung

Ada pula rute yang melewati daerah Tembung dimana kamu hanya akan jalan lurus saja di jalanan yang panjang itu. Kamu akan melewati Jalan Batang Kuis, Ampera, dan Sugiharjo sampai tiba di Jembatan Jaya.

Mulai dari Jembatan Jaya ini pengunjung akan melihat papan petunjuk jalan menuju Kecamatan Pantai Labu dan kamu hanya perlu mengikuti jalan saja.

Rute Dari Lubuk Pakam

Untuk kamu yang bertolak dari Kota Lubuk Pakam, rangkaian Pantai Labu dapat kamu temui setelah menempuh perjalanan sejauh 16 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Kamu hanya perlu mengikuti jalan menuju Bandara Kuala Namu hingga terdapat beberapa petunjuk jalan menuju pantai yang hendak kamu kunjungi.

Jalur Touring

Ada pula rute menuju Pantai Labu yang dikenal jalur touring. Semua pengendara motor atau mobil yang datang berkelompok akan datang dari arah pusat Kota Medan lalu beranjak ke Jalan Bakti Luhur hingga mereka bertemu dengan Jalan Kapten Sumarsono.

Dari sini mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Jalan Pertempuran, Jalan Cemara, hingga bertemu dengan titik persimpangan.

Dari persimpangan tadi, para pengendara akan sama-sama melajukan kendaraannya menuju Jalan Haji Arif, Jalan Irian Barat Sampali, Jalan Kesuma, hingga ke Jalan Meteorologi Raya. Selanjutnya para pengendara akan sampai di Jembatan Tol Belmera agar bisa menyeberang ke Jalan Perhubungan Laut Dendang dan sebuah pemandian.

Setelah pemandian, para penggiat touring ini akan mengikuti jalan lurus hingga menemukan persimpangan di Dusun Burung. Dari Dusun Burung inilah titik awal pertemuan mereka dengan rute yang akan langsung mengarah ke berbagai pantai yang ingin dikunjungi di area Pantai Labu.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Labu:

Alamat: Regemuk, Kec. Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20553

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Labu

Hari
Jam Operasional
Biaya Kontribusi Parkir + Tiket Masuk
MotorMobilBecak
Senin24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp 30.000Rp 15.000

Seperti kebanyakan pantai lainnya di Sumatera, Pantai Labu buka selama 24 jam namun ada baiknya pengunjung datang selama rentang waktu pukul 6 pagi hingga 6 sore agar perjalanan kamu nyaman dan betah selama berada di sekitar pantai.

Saat kamu sampai di atas pasir putihnya, kamu akan bisa melihat pemandangan tidak biasa seperti pesawat terbang yang seolah akan mendarat di atas laut dan pohon-pohon cemara yang seolah berayun-ayun menerbangkan pesawat terbang. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan kesibukan yang mendamaikan di pantai ini.

Sesekali kamu akan mendengar suara deru mesin kapal saat nelayan akan melaut. Mereka saling bercengkerama dan bertukar senyum sambil bekerja dengan mesin kapal bermotornya. Sungguh pemandangan yang langka, kan?

Sungguh nikmat berdiam diri di Pantai Labu pada pagi hari dimana anginnya masih bertiup dengan tenang, ombak berkejaran pasrah, camar laut saling bercengkerama, bangau-bangau yang mengejar ikan, dan air laut yang sesekali surut.

Terkadang tampak biota laut di bawah batu saat air surut. Siang hari atau sore menuju sunset waktu yang pas untuk piknik di bawah pohon rindang sambil duduk bebas di atas tikar yang kamu bawa dari penginapan.

Saat kamu sampai di area bibir Pantai Labu, kamu akan menemukan plang yang berisi informasi harga tiket untuk masuk ke pantai itu. Ada tiga pilihan jenis tiketnya yaitu kereta, becak, dan mobil.

Kereta adalah sepeda motor di Sumatera Utara dimana kamu bisa membayar uang masuk sebesar sepuluh ribu rupiah untuk satu hari itu. Sementara, untuk becak ticket masuknya sebesar lima belas ribu rupiah dan untuk mobil sebesar tiga puluh lima ribu rupiah.

Kamu bisa langsung menggelar alas atau alas duduk yang kamu bawa sendiri di atas pasir untuk bisa duduk santai bersama teman seperjalanan sambil menikmati pemandangan laut.

Kamu juga bisa menyewa pondok bersantai dengan harga berkisar antara dua puluh ribu sampai lima puluh ribu rupiah per pondok. Ada begitu banyak pondok yang disewakan di sekitar area Pantai Labu dan semuanya menghadap ke laut.

Ragam Destinasi Wisata Yang Menawan di Pantai Labu

Semua pecinta pantai setuju jika masing-masing pantai yang mereka kunjungi menyimpan keunikannya sendiri. Begitu pula dengan kawasan Pantai Labu dimana ada Pantai Putra Deli dan Pantai Ancolnya yang menawan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Pantai Putra Deli Lubuk Pakam

Pantai Putra Deli Lubuk Pakam
(sumber gambar: GoogleMaps_Agus Tina)

Jika membahas tentang Pantai Labu maka orang-orang pasti juga akan membicarakan tentang Pantai Putra Deli yang baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2010 ini.

Kamu hanya perlu berkendara selama 30 menit dari Lubuk Pakam agar bisa sampai ke pantai yang memiliki danau kecil untuk memancing ini. Tidak heran jika Pantai Putra Deli juga dikenal masyarakat sebagai Pantai Lubuk Pakam.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol
(sumber gambar: GoogleMaps_Tasya Ardilla)

Pantai yang terletak di bibir Pantai Labu ini sempat trending sekitar tahun 2011 dimana banyak pengunjung memadati kawasannya untuk sekadar menikmati sepoi angin yang menyejukkan. Namanya serup dengan pantai yang terletak di Jakarta Utara, Pantai Ancol.

Kawasan Pantai Ancol hanya berjarak sekitar 700 meter dari Kecamatan Pantai Labu. Sekarang pantai ini sepi pengunjung meskipun masih dibuka untuk umum dan pemandangannya cukup menakjubkan dari sana.

3. Mangrove Bagan Serdang

Mangrove Bagan Serdang
(sumber gambar: GoogleMaps_yuni purnama)

Jajaran pohon Mangrove menjadi hiasan menarik tersendiri di pesisir Pantai Labu yang terletak di Desa Bagan Serdang. Mangrove selain enak dipandang mata saat melambai tertiup angin mampu menahan abrasi pantai selama beberapa waktu. Desa ini rencananya akan menjadi destinasi wisata hutan bakau yang dilestarikan di sekitar Kecamatan Pantai Labu.

Fasilitas yamg Ada di Sekitar Pantai Labu

Fasilitas yamg Ada di Sekitar Pantai Labu

Fasilitas umum di Pantai Labu sudah sangat baik dimana terdapat lahan parkir yang bisa menampung banyak kendaraan bermotor. Kamu bisa memarkir mobil, motor, atau becak sewaan di area parkir tersebut lalu jangan lupa untuk mengeluarkan alas duduk dan perbekalan yang kamu membawa supaya tidak bolak-balik ke area parkir.

Selain fasilitas parkiran yang sudah memadai, pantai ini juga memiliki gazebo atau pondokan, warung, dan tempat mandi yang cukup untuk menampung semua pengunjung dalam satu hari.

Biarkan anak-anak bermain kotor-kotoran dengan pasir lalu bermain air berenang di pinggiran pantainya selama masih dalam pengawasan. Nantinya mereka akan bisa membilas bersih tubuh mereka di tempat yang telah disediakan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Labu

Pantai Labu adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Sumatera Utara, Indonesia. Di sana, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Labu:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Labu
(sumber gambar: GoogleMaps_Endang Lestari)

1. Bermain Air dengan Aman

Sebelum berenang atau bermain di air, pastikan untuk memeriksa kondisi ombak dan arus laut. Keselamatan adalah prioritas utama. Jika ada fasilitas penyewaan peralatan seperti pelampung atau tabung snorkeling, manfaatkanlah untuk menambah kesenangan dan rasa aman.

2. Jelajahi Keindahan Alam

Selain menikmati pantai, kamu juga bisa menjelajahi keindahan alam sekitarnya. Misalnya, mengunjungi hutan mangrove yang seringkali terdapat di sekitar pantai. Berjalan di jembatan kayu di tengah hutan mangrove bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Jelajahi Keindahan Alam
(sumber gambar: GoogleMaps_M Kharisma)

3. Kulineran

Saat berwisata ke pantai kita pasti akan merasa cepat lapar karena begitu banyak aktivitas yang dilakukan seperti berenang, bermain pasir, mencari kerang, berlarian hingga menjelajahi berbagai desa di sekitar Pantai Labu.

Pantai Labu sendiri memiliki sejumlah desa yang indah dan sayang untuk tidak dikunjungi seperti Binjai, Serdang, Bagan, Sarang Burung, Kelambir Kubah, Sentang Pantai Labu Baru, Pematang Biara, Perkebunan Ramunia, Bakung Denai, dan masih banyak lagi.

Setelah merasa cukup lapar, kamu bisa langsung masuk ke warung yang menjual makanan dan minuman. Namun untuk kamu yang ingin berhemat saat piknik keluarga besar ke pantai ini, kamu bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

Kamu bisa turunkan bekal dari atas kendaraan kamu lalu menyantapnya bersama di pinggir pantai. Lagipula saat pantai sedang ramai pengunjung di musim liburan, bekal yang kita membawa dari rumah sungguh sangat menguntungkan.

4. Menyaksikan Matahari Terbenam

Jadikan momen romantis dengan menyaksikan keindahan matahari terbenam di ufuk laut, menciptakan kenangan yang tidak terlupakan sambil merasakan sentuhan halus angin senja yang menghembus halus di wajah kamu.

Menyaksikan Matahari Terbenam

5. Piknik

Mengajak keluarga atau teman-teman kamu untuk piknik di tepi pantai dengan membawa bekal makanan ringan, minuman segar, dan tikar piknik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang indah dan mengadakan acara makan bersama di bawah naungan pohon-pohon pantai.

6. Bermain di Pasir Pantai

Kamu bisa menikmati waktu dengan bermain di pasir pantai yang lembut, membuat istana pasir, atau hanya duduk bersantai sambil merasakan butiran pasir di antara jari-jari kaki kamu dan menikmati angin laut yang segar yang mengelus wajah kamu.

Bermain di Pasir Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_M Kharisma)

7. Hunting Spot Foto

Berwisata tidak lengkap rasanya tanpa membekukan ingatan dengan berfoto bersama atau swafoto. Kamu bisa berjalan-jalan mengitari area Pantai Labu untuk mencari spot foto yang keren untuk sekadar selfie atau mengabadikan kenangan bersama orang-orang terkasih ke dalam beberapa jepretan foto.

Selalu berhati-hati saat selfie atau melakukan foto grup agar kamu tidak terbawa arus air laut atau menginjak area orang lain.

Tips Foto Seru di Pantai

Foto-foto yang kamu hasilkan melalui kamera ponsel atau kamera DSLR di pantai biasanya harus melalui proses edit terlebih dahulu sebelum dibagikan ke akun media sosial kamu.

Aura langit pantai yang tiba-tiba meredup bisa mempengaruhi pengambilan gambar foto kamu. Untuk itu kamu perlu melakukan beberapa hal supaya hasil foto di pantai kamu menjadi paripurna dan menggemaskan:

Tips Foto Seru di Pantai
(sumber gambar: GoogleMaps_Bagus Andi irawan)

1. Low Speed untuk Efek Dramatis

Gunakan pengaturan shutter speed kamera kamu untuk mendapatkan teknik low speed yang membuat efek dramatis pada pantai. Kondisi pantai pada pukul berapa pun bisa diatur sedemikian rupa agar terlihat dramatis di kamera. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk menerapkan teknik ini karena warna langit senja yang mendukung.

2. Gunakan Properti yang Sesuai

Topi, kain Bali, dan kemeja motif mencolok adalah properti yang kamu butuhkan untuk tampil semenarik mungkin saat berfoto di pantai.

Gunakan topi fedora atau topi rajut lebar khas pantai dengan kain Bali yang dililitkan di pinggang sesaat sebelum berfoto. Jangan lupa untuk berfoto sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Gunakan Properti yang Sesuai

3. Cahaya Berlebihan Perlu Dihindari

Laut dan langit di sebuah pantai kadang tampak sangat pucat akibat datangnya cahaya matahari yang berlebihan. Lebih baik tidak mengambil foto di saat ada cahaya matahari berlebihan seperti di atas pukul 10 hingga pukul 4 sore. Pagi hari dan sore menjelang senja adalah waktu terbaik untuk mengambil foto.

4. Kehidupan Sekitar Pantai

Kamu bisa memfoto para nelayan yang saling bercengkerama sebelum melaut, penjual makanan di warung sekitar Pantai Labu, dan masyarakat setempat yang hanya sedang duduk santai sambil menjaga pondokannya. Foto-foto kehidupan pantai ini yang kadang bisa menghidupkan suasana. Foto-foto yang keren itu pasti mendapat banyak likes.

5. Warna Kontras Air Laut

Air laut di sekitar Pantai Labu dikenal air laut dangkal yang tidak terlalu jernih. Untuk itu kamu perlu mengenakan pakaian dengan warna kontras seperti merah muda, hitam, biru gelap, dan ungu.

Jangan lupa untuk melakukan pose terbaik kamu seperti menengadah kepala sambil seolah memandangi pesawat terbang yang melintas di atas laut lepas.

Warna Kontras Air Laut
(sumber gambar: GoogleMaps_Isman Abdullah)

6. Video Pendek Supaya Semakin Eksis

Pembuatan video pendek untuk story sosial media merupakan hal biasa yang dilakukan oleh orang masa kini dimanapun mereka berada.

Kamu bisa membuat video-video pendek seperti sedang berjalan di atas pasir putih Pantai Labu lalu air laut membasuh bagian atas kaki telanjang kamu atau saat kamu melempar topi ke udara dan dalam waktu bersamaan melintas sebuah pesawat terbang di atas laut lepas.

Pikirkan ide sekreatif mungkin untuk membuat video pendek ini di pantai. Kamu juga bisa membuat video berdurasi panjang yang kemudian nantinya akan dipotong menjadi beberapa bagian sesuai keperluan menggunakan aplikasi edit video.

Setelah semua video siap, kamu bisa langsung mengunggahnya di media sosial dengan caption yang menarik. Jangan lupa untuk menyertakan hashtag Pantai Labu dan pantai-pantai lainnya supaya nama-nama pantai di Deli Serdang ini semakin dikenal masyarakat luas.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Labu di Sumatera Utara

Jika kamu merencanakan liburan di Pantai Labu, Sumatera Utara, kami memiliki beberapa rekomendasi penginapan terbaik untuk kamu. Dengan lokasi strategis dan fasilitas yang nyaman, penginapan ini akan membuat pengalaman liburan kamu menjadi lebih berkesan. Berikut diantaranya:

1. d’primahotel Kualanamu Medan

d'primahotel Kualanamu Medan
(sumber gambar: Agoda)

d’primahotel Kualanamu Medan menyajikan lokasi strategis di Deli Serdang, bagian dari Medan, yang memberikan kamu akses dekat ke atraksi menarik dan beragam pilihan restoran. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Maimun Palace yang terkenal.

Properti ini memiliki peringkat bintang-4 dan menyediakan fasilitas kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan kolam renang dalam ruangan untuk para tamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 13.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 324.255 per malam

2. Wing Hotel Kualanamu

Wing Hotel Kualanamu
(sumber gambar: Agoda)

Wing Hotel Kualanamu terletak secara strategis di Deli Serdang, bagian dari Medan, memberikan akses dekat ke atraksi menarik dan berbagai restoran pilihan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Maimun Palace yang terkenal.

Properti bintang-3 ini menyediakan fasilitas pusat kebugaran, restoran, dan spa untuk kenyamanan para tamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 358.465 per malam

3. T Hotel Kualanamu

T Hotel kualanamu
(sumber gambar: Agoda)

T Hotel Kualanamu menawarkan lokasi strategis di Tanjung Morawa, bagian dari Deli Serdang, memberikan akses dekat ke atraksi menarik dan berbagai restoran.

Properti bintang-3 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk layanan shuttle bandara, WiFi gratis, dan layanan spa untuk menunjang kualitas menginap kamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 318.215 per malam

4. Thong’s Inn

Thong's Inn
(sumber gambar: Agoda)

Thong’s Inn terletak secara strategis di Tanjung Morawa, bagian dari Deli Serdang, memberikan akses dekat dengan atraksi menarik dan beragam restoran pilihan.

Properti bintang-3 ini menyediakan fasilitas kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, dan kolam renang dalam ruangan untuk kenyamanan para tamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 459.793 per malam

5. Pancur Gading Hotel & Resort

Pancur Gading Hotel & Resort
(sumber gambar: Agoda)

Pancur Gading Hotel & Resort terletak secara strategis di Deli Serdang, bagian dari Medan, yang memberikan akses dekat ke atraksi menarik dan berbagai pilihan restoran. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Maimun Palace yang terkenal.

Properti bintang-3 ini menyediakan fasilitas kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, dan kolam renang dalam ruangan untuk kenyamanan para tamu. Waktu check-in mulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 12.00. Juga, nikmati fasilitas BBQ yang disediakan untuk acara santai kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 564.160 per malam

Mencoba Makanan Khas Sumatera Utara yang Menggugah Selera

Sumatera Utara memiliki beragam makanan khas yang menggugah selera dan kaya akan cita rasa. Beberapa di antaranya adalah:

Mencoba Makanan Khas Sumatera Utara yang Menggugah Selera

    • Bika Ambon: Bika Ambon adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, telur, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.
    • Naniura: Naniura adalah hidangan khas Batak yang terbuat dari ikan mentah yang dicampur dengan bumbu sambal. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka atau pendamping nasi.
    • Anyang Pakis: Anyang Pakis adalah masakan khas Batak yang menggunakan daun pakis sebagai bahan utamanya. Biasanya, daun pakis direbus dan dimasak dengan santan serta bumbu khas Batak lainnya.
    • Lemang: Lemang adalah hidangan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan dalam bambu. Hidangan ini umumnya disajikan pada acara-acara tertentu, seperti Lebaran atau perayaan khusus lainnya.
    • Mie Bebek: Mie Bebek adalah hidangan mie yang menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah khas dan bumbu yang kaya akan rempah-rempah.
    • Soto Udang: Soto Udang adalah hidangan soto yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Kuah soto ini biasanya kental dan beraroma rempah-rempah, disajikan dengan irisan ketupat atau nasi putih.
    • Saksang: Makanan ini terbuat dari daging babi, kambing, atau anjing yang dimasak dengan darah, santan, dan berbagai rempah seperti andaliman, lengkuas, dan daun jeruk.
    • Arsik: Masakan ikan patin atau ikan mas yang dimasak dengan bumbu khas Sumatera Utara seperti andaliman, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk.
    • Pangek ikan: Masakan ikan yang dimasak dengan santan, cabai, asam kandis, daun kemangi, dan rempah-rempah lainnya. Pangek ikan biasanya menggunakan ikan mujair atau ikan lele.

Penutup

Perjalanan menuju Pantai Labu tidak sulit hanya saja kamu harus memilih rute yang tepat agar perjalanannya tidak menyita begitu banyak waktu.

Karena ada begitu banyak pantai di kawasan dekat Bandara Internasional Kuala Namu ini, maka kamu sebaiknya berangkat pagi sekali untuk bisa menentukan pantai yang tepat yang ingin kamu kunjungi saat tiba di persimpangan jalan.

Lagipula semakin cepat hingga di pantai maka semakin cepat juga kamu melakukan berbagai kegiatan di pantai dengan banyak tanaman bakaunya ini.

You might also like