Pantai Laguna Lembupurwo di Kebumen: Wisata Dengan Telaga Indah dan Gumuk Pasir yang Tinggi

Nama Pantai Laguna ini jika dilihat di Google memang cukup banyak dan ada di berbagai wilayah. Tetapi dari sekian pantai yang ada, Laguna Lembupurwo yang paling dominan dan memiliki keunikan tersendiri.

Bentuk keunikan tersebut bisa dalam banyak hal mulai dari asal-usul nama hingga panorama alamnya. Menariknya lagi wisata air satu ini juga tergolong masih asri dan alami sehingga memberikan kesan yang nyaman bagi pengunjung.

Tetapi untuk yang ingin ke tempat wisata tersebut sebaiknya mengetahui dulu apa saja daya tariknya. Selain itu carilah informasi terkait rute perjalanan, harga tiket dan jam operasionalnya. Informasi seperti ini dibutuhkan agar bisa menentukan apakah daya tariknya menarik dan sesuai keinginan atau tidak.

Sekilas Tentang Pantai Laguna Lembupurwo

Sekilas Tentang Pantai Laguna Lembupurwo
(sumber gambar: Google_Pantainesia)

Nama dari pantai ini sering disebut sebagai Lembupurwo atau pantai Kebumen. Pemberian dari nama tersebut karena lokasinya memang ada di kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Lalu dari asal kata Lembupurwo ini sebenarnya ada asal usulnya. Nama tersebut sebenarnya berasal dari dua kata yaitu antara lembu dan purwo. Lembu dalam bahasa Jawa berarti sapi dan purwo artinya awal atau permulaan.

Jika pengunjung datang ke daerah tersebut akan melihat pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya ada pasir yang berwarna hitam dan ombak pantai yang cukup besar. Pantai seperti ini tentu akan menyajikan kesan tersendiri untuk para pengunjungnya.

Pantai Laguna ini juga memiliki laguna yang cukup unik yaitu berupa telaga yang lokasinya berada di dekat pantai. Laguna ini letaknya dipisahkan gumuk pasir yang cukup tinggi sehingga tidak bisa terlihat dengan jelas. Karena itu untuk mencapai ke laguna tersebut, pengunjung harus menaiki perahu terlebih dahulu.

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Laguna Lembupurwo

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 3.000Rp 5.000
Selasa24 JamGratisRp 3.000Rp 5.000
Rabu24 JamGratisRp 3.000Rp 5.000
Kamis24 JamGratisRp 3.000Rp 5.000
Jumat24 JamGratisRp 3.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 3.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 3.000Rp 3.000Rp 5.000

Meski memiliki suasana pantai yang terkesan indah, pengunjung tidak dikenakan biaya khusus. Lebih mudahnya pengunjung yang masuk tidak akan dikenakan biaya apapun.

Biaya khusus tersebut hanya berlaku ketika weekday saja dan untuk weekend berbeda lagi. Pengunjung yang datang ketika Sabtu atau Minggu akan dikenakan biaya retribusi sebesar 3 ribu rupiah.

Biaya tersebut nantinya digunakan untuk perawatan berbagai fasilitas dan biaya kebersihannya. Dengan seperti ini tempat wisata ini bisa lebih maju dan ada penambahan fasilitas.

Selain biaya tersebut pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah per kendaraan. Namun untuk mobil, biaya parkirnya lebih besar atau sekitar 5 ribu rupiah.

Lalu untuk jam operasional ini tidak ada sumber yang benar dan kemungkinan buka 24 jam. Dengan begitu pengunjung bisa datang kapanpun untuk menikmati pemandangan pantai yang indah.

Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai Laguna Lembupurwo

Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai Laguna Lembupurwo

Setelah memahami terkait harga tiket, pengunjung perlu mengetahui lokasi dan rute persisnya dari wisata tersebut. Untuk lokasi tepatnya berada di Desa Lembupurwo, Kec. Mirit Kab Kebumen. Dengan begitu nama pantai ini memang diambil dari nama desa yang ada di wisata tersebut.

Lokasi tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kebumen dan jaraknya sekitar 29 KM. Dengan demikian jika berangkat dari Kota Kebumen membutuhkan waktu sekitar 33 menit saja.

Selain lewat Kebumen, pengunjung bisa melewati jalur lain untuk bisa mapai di pantai tersebut. Misalnya dari Purworejo itu pengunjung tinggal melanjutkan saja bagian selatan stasiun Kutoarjo.

Dari tempat tersebut, pengunjung tetap saja hingga ke Grabag kemudian liatkan papan petunjuk di atasnya. Selanjutnya ketika sampai di Kebumen, bisa langsung lewat di pantai Jetis atau Ketawang. Dari pantai tersebut jaraknya sekitar 10 Km ke kecamatan Mirit dan lihatlah papan petunjuk di atasnya.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Laguna Lembupurwo di Kebumen:

Alamat: Lembupurwo, Mirit, Area Sawah, Lembupurwo, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Daya Tarik Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai ini memiliki daya tarik yang berbeda dari pantai lainnya dan berikut penjelasan selengkapnya:

Daya Tarik Pantai Laguna Lembupurwo

1. Pasir Hitam

Umumnya pantai terkadang memiliki pantai yang warnanya putih dan dengan tekstur halu. Namun ketika pengunjung sampai di tempat ini maka akan melihat pasir dengan warna hitam.

Warna hitamnya pasir ini karena pantai ini dari segi lokasinya berada di sekitar Samudra Hindia. Ombak yang dari samudra ini akhirnya ikut ke bibir Pantai Laguna dan menjadikan pasirnya menjadi hitam.

Dengan pasir yang seperti ini tentu akan memberikan kesan yang berbeda dari pantai lain. Sehingga pengunjung bisa mendokumentasikannya untuk berfoto bersama teman dan keluarga.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah pasir tersebut cukup berair sehingga direkomendasikan menggunakan media. Misalnya sendok, ember atau alat apapun agar tangan tidak kotor saat bermain pasir tersebut.

2. Ombaknya Tinggi

Bentuk pemandangan lain yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung adalah berupa ombak yang cukup tinggi. Jenis ombak ini memang berbeda dari pantai lain yang umumnya tidak terlalu tinggi.

Namun saat pengunjung datang ke pantai akan melihat ombak yang cukup tinggi. Bahkan di waktu-waktu tertentu, pengunjung dilarang berenang meski tidak sampai ke tengah karena tergolong sangat membahayakan.

Walau ada kesan membahayakan tentu ombak tersebut bisa menjadi tontonan yang mengasyikkan. Apalagi jika melihat ketika akhir pekan bersama keluarga tentu akan lebih menenangkan selama berada di Pantai Laguna ini.

Ombaknya Tinggi

3. Gumuk Pasir

Tidak hanya ombak tetapi pengunjung juga bisa menikmati adanya gumuk pasir di Pantai Laguna Lembupurwo ini. Gumuk tersebut lokasinya cukup luas dan gunungan pasirnya mencapai 7 meter.

Dengan ketinggian seperti bisa banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk sandboarding. Pemanfaatan tersebut dilakukan karena dengan pertimbangan resiko yang cukup kecil dan tidak berhadapan dengan ombak yang ganas.

Di gumuk ini meaning dikelola baik dan di bagian atasnya berpotensi diberikan wahana permainan. Misalnya wahana flying fox dimana pengunjung melintasi lagu dengan alat tersebut untuk menuju ke hutan cemara.

4. Telaga Payu

Dari sekian daya tarik lain, hal yang paling menarik dan indah memang ada di telaga payu ini. Sebab destinasi inilah yang paling utama dari Pantai Laguna tersebut dan letaknya memang sangat tepat.

Laguna tersebut berupa muara Sungai Mawar dan sekitarnya ditumbuhi pohon bakau atau cemara. Tumbuhan yang terdapat di sekitarnya ini memang tumbuh dengan rimbun dan hijau.

Untuk lebih maksimal saat menikmati indahnya telaga, pengunjung bisa menyewa perahu genjot atau perahu milik nelayan. Dengan alat tersebut akan mampu berkeliling di sepanjang telaga tersebut. Untuk tarifnya tergolong murah saat menyewa perahu-perahu itu.

Telaga Payu
(sumber gambar: Google_Dolan Yok)

5. Jembatan Bambu

Sesuai dengan namanya, jembatan tersebut dibuat dari bahan dasar bambu yang kokoh. Di sekeliling jembatan tersebut, pengunjung bisa menyaksikan indahnya tanaman mangrove yang subur. Tidak hanya itu, wisatawan juga akan melihat ikan-ikan kecil yang kesana-kemari di Pantai Laguna tersebut.

Tumbuhan dan ikan tersebut dari segi jumlahnya memang sangat banyak dan ada di sekitar laguna. Pemandangan seperti ini tentu tidak banyak ditemukan di tempat lain sehingga inilah yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

6. Pepohonan Cemara

Tidak banyak pantai yang memiliki beberapa pohon cemara yang letaknya ada di sepanjang pantai. Dengan adanya pantai tersebut akan membuat pengunjung merasa teduh ketika berada di bawah.

Ini bisa dijadikan sebagai alternatif tempat berteduh yang nyaman setelah melakukan aktivitas di terik matahari. Jadi pengunjung yang kepanasan atau merasa panas bisa langsung berteduh di bawah pohon ini.

Pepohonan Cemara
(sumber gambar: GoogleMaps_nie risman)

7. Budaya Grebeg Rowo

Setiap pantai memiliki budaya sendiri dan hal ini berlaku di Pantai Laguna Lembupurwo ini. Tujuan satu ini biasanya selalu melangsungkan acara tradisionil yang diselenggarakan tiap 9 hari setelah hari raya. Acara tersebut dilakukan secara rutin setiap tahunnya dengan berbagai budaya adat setempat.

Karena menjadi acara tahunan maka tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke lokasi tersebut. Dengan adanya budaya tersebut, pengunjung bisa mengetahui seperti apa budaya warga sekitar di pantai itu.

Fasilitas di Pantai Laguna Lembupurwo

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pantai ini memiliki berbagai fasilitas diantaranya:

Fasilitas di Pantai Laguna Lembupurwo

    • Warung Makan: Warung makan di pantai ini tergolong mampu memanfaatkan kesempatan pengunjung yang datang. Dikatakan demikian karena warung ini letaknya pas berada di bawah pohon cemara. Jadi mereka yang berteduh dari terik matahari akan memesan makanan atau minuman. Ini tentu moment yang tepat karena mereka yang kelelahan akan langsung membeli makanan dan minuman. Karena ada beberapa pohon cemara maka warungnya pun juga tersebar di beberapa tempat. Untuk masalah harga tidak perlu khawatir karena tergolong lebih murah atau ramah di kantong.
    • Tempat Parkir: Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Laguna dengan membawa mobil dan motor. Karena itu agar mereka bisa menempatkan kendaraan dengan tepat maka disediakan tempat parkir. Untuk area parkirnya dibuat ukuran yang luas agar mampu menampung banyak kendaraan. Untuk memarkir kendaraan di tempat tersebut dikenakan tarif normal dan ada perbedaan biaya parkir antara pengendara roda dua dan empat.
    • Tempat Penyewaan: Di lokasi Pantai Laguna ini juga ada tempat penyewaan yang pilihannya cukup banyak dengan harga terjangkau. Penyewaan ini dilakukan untuk memudahkan pengunjung yang akan menyewa setiap tempat di lokasi tersebut. Biasanya pengunjung lebih banyak menyewa perahu untuk melintas di laguna atau telaga payu tersebut. Perahu yang digunakan cukup variatif mulai tradisional, gowes dan yang lainnya. Untuk biayanya tergantung perahu yang akan digunakan namun dari segi biayanya tergolong ramah di kantong. Selain perahu, di pantai laguna ini pengunjung bisa juga menyewa hal yang lain seperti kuda dan ATV. Dengan kuda, pengunjung bisa berkeliling di sekitar pantai namun harus tetap berhati-hati.
    • Toilet Umum: Untuk kamu yang datang ke pantai laguna ini biasanya hanya menyediakan toilet umum saja tanpa kamar mandi. Toiletnya dari segi jumlah termasuk cukup banyak sehingga pengunjung tidak perlu antri ketika akan buang hajat. Menariknya lagi toilet tersebut tidak menetapkan tarif atau gratis saat masuk ke dalamnya. Meski terbilang demikian dari segi kebersihannya tetap dijaga dan airnya termasuk sangat jernih.
    • Kolam Renang Anak: Bentuk fasilitas lainnya ada kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak. Karena memang untuk anak kecil maka kolam ini dibuat cukup dangkal untuk mempermudah mereka bermain. Meski tergolong dangkal, anak-anak harus tetap diawasi ketika berada di kolam renang tersebut.
    • Wahana Bermain Anak: Selain kolam, anak-anak akan dimanjakan ada wahana bermain. Ada cukup banyak wahana yang bisa dinikmati oleh mereka dan ini tentu sangat menyenangkan dan membuat mereka bahagia.

Aktivitas di Pantai Laguna Lembupurwo

Selama berada di pantai tersebut, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas diantaranya sebagai berikut:

Aktivitas di Pantai Laguna Lembupurwo

1. Bermain Surfing

Pantai yang ada di Kebumen ini dikenal ombaknya yang besar dan tinggi bahkan sampai di tingkat membahayakan. Dengan ombak yang seperti ini tentu aktivitas surfing bisa direkomendasikan.

Dengan ombak yang besar maka bermain surfing akan lebih menantang adrenalin. Namun untuk bermain seperti ini sebaiknya membawa papan seluncur sendiri dari rumah.

Hal ini dilakukan karena ditakutkan di tempat penyewaan tidak ada fasilitas tersebut. Dengan membawa bisa membuat kamu lebih nyaman dan puas dalam berselancar di pantai laguna itu.

2. Menikmati Laguna

Pantai yang memiliki laguna memang memberikan kesan tersendiri daripada wisata air lainnya. Karena ini adalah salah satu keunikan dan di pantai Kebumen ini yang paling disorot atau Telaga Payu

Selama berada di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati indahnya telaga yang dipadukan pohon bakau. Kombinasi keduanya ini bisa membuat hati lebih tenang dan merasakan kesan yang berbeda.

Untuk menikmatinya, pengunjung bisa menyewa perahu yang sudah disediakan. Jika untuk bersama keluarga sebaiknya memilih perahu dengan ukuran cukup besar agar muat untuk banyak orang.

Menikmati Laguna
(sumber gambar: GoogleMaps_AGUS SUGIYARTO)

3. Makan di Bawah Pohon Cemara

Kebanyakan orang sekarang dalam menikmati kuliner terkadang memilih sesuai hal yang unik. Misalnya menikmati makanan sambil berendam di kolam atau beberapa cara yang lain.

Nah di pantai laguna ini pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman di bawah pohon cemara. Hal seperti ini tentu akan memberikan kesan yang berbeda daripada makan di tempat lain.

Pengunjung tinggal memilih aneka makanan yang tersedia dan pastikan memilih yang lebih terjangkau. Namun rata-rata warung yang ada di pantai ini dari segi harganya cukup terjangkau.

4. Melihat Budaya Setempat

Jika aktivitas lainnya bisa dilakukan setiap saat namun untuk melihat budaya ini ada waktunya sendiri. Sebab tradisi seperti ini hanya bisa dinikmati setiap satu tahun sekali di pantai tersebut.

Kegiatan seperti ini termasuk sangat jarang hingga untuk pengunjung yang ingin menyaksikan suatu hal yang tidak sama bisa tiba pada acara itu. Sepanjang menyaksikan budaya itu pastikan cukup menyaksikan dan tidak melawan tradisi di tempat.

Melihat Budaya Setempat
(sumber gambar: Google_Wikipedia)

5. Berkeliling Pantai dengan Kuda

Sebagaimana disebutkan di atas jika di pantai laguna ini juga disediakan fasilitas berupa kuda. Dengan seperti ini maka pengunjung bisa menyewa kuda tersebut untuk berkeliling di sekitar pantai.

Aktivitas seperti ini tentu sangat menyenangkan dan memberikan kesan yang unik. Namun bagi yang belum terbiasa bisa meminta bantuan salah satu penyewa saat menaikinya.

6. Berenang di Kolam

Untuk kegiatan berenang ini memang lebih dikhususkan untuk anak-anak dan di kolam tersebut lengkap dengan permainan. Dengan seperti ini maka mereka bisa dengan senang bermain di kolam yang berada di pantai laguna ini. Meski untuk anak-anak namun orang tua perlu mengawasi selama mereka berenang.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen

Jika kamu mencari penginapan dekat Pantai Laguna Lembupurwo di Kebumen, berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Urbanview Villa Kolopaking Kebumen by RedDoorz

Urbanview Villa Kolopaking Kebumen by RedDoorz
(sumber gambar: Agoda)

Urbanview Villa Kolopaking Kebumen by RedDoorz adalah pilihan akomodasi yang strategis di Kebumen, bagian Kebumen. Dengan lokasi yang dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik, properti ini menawarkan kenyamanan maksimal.

Fasilitas yang disediakan meliputi tempat parkir mobil, akses WiFi gratis di seluruh kamar, resepsionis 24 jam, ruang keluarga, AC di area umum, serta layanan internet dengan kemudahan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 189.420 per malam

PESAN HOTEL Urbanview Villa Kolopaking Kebumen by RedDoorz Diskon 80%

2. RedDoorz @ Kampoeng Etnik Kebumen 2

RedDoorz @ Kampoeng Etnik Kebumen 2
(sumber gambar: Agoda)

Terletak dengan strategis di Kebumen, RedDoorz @ Kampoeng Etnik Kebumen 2 adalah pilihan akomodasi yang nyaman dengan akses mudah ke atraksi dan restoran menarik.

Fasilitas yang ditawarkan mencakup WiFi gratis, resepsionis 24 jam, ruang keluarga, tempat parkir mobil dengan biaya tambahan, properti bebas asap rokok yang dilengkapi dengan hand sanitizer, serta staf terlatih untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 195.275 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz @ Kampoeng Etnik Kebumen 2 Diskon 55%

3. Candisari Hotel & Resto

Candisari Hotel & Resto
(sumber gambar: Agoda)

Terletak secara strategis di Kebumen, Candisari Hotel & Resto adalah properti bintang-3 yang menawarkan kenyamanan tinggal dengan akses dekat ke atraksi dan restoran menarik.

Fasilitas yang dapat dinikmati termasuk tempat parkir mobil, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, layanan check-in/check-out ekspres, fasilitas penarikan uang tunai, tempat pengisian listrik mobil, sepeda, dan restoran untuk memuaskan selera kuliner kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 300.000 per malam

PESAN HOTEL Candisari Hotel & Resto Diskon 53%

4. Urbanview Villa Lukulo Kebumen by RedDoorz

Urbanview Villa Lukulo Kebumen by RedDoorz
(sumber gambar: Agoda)

Urbanview Villa Lukulo Kebumen by RedDoorz menawarkan lokasi yang strategis di Kebumen, memudahkan akses ke atraksi dan restoran menarik.

Fasilitas yang diberikan meliputi tempat parkir mobil, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, AC di area umum, kamar bebas asap rokok, layanan internet, dan pelayanan dalam Bahasa Indonesia.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 202.048 per malam

PESAN HOTEL Urbanview Villa Lukulo Kebumen by RedDoorz Diskon 75%

5. Trio Azana Style Hotel Kebumen

Trio Azana Style Hotel Kebumen
(sumber gambar: Agoda)

Berlokasi di Kebumen, Trio Azana Style Hotel Kebumen adalah pilihan akomodasi bintang-4 dengan kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik.

Fasilitas yang tersedia mencakup parkir valet, layanan shuttle, WiFi gratis, resepsionis 24 jam, kolam renang dalam ruangan, lapangan golf di properti, check-in/check-out ekspres, dan fasilitas penitipan barang untuk memastikan pengalaman menginap yang lebih menyenangkan dan berkesan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 501.840 per malam

PESAN HOTEL Trio Azana Style Hotel Kebumen Diskon 61%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Kebumen di Sekitar Pantai Laguna Lembupurwo

Mengenai kuliner khas Kebumen yang kamu sebutkan, berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masingnya:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Kebumen di Sekitar Pantai Laguna Lembupurwo

    • Lanting: Lanting adalah camilan khas Kebumen yang terbuat dari singkong yang diparut dan dicampur dengan kelapa parut, kemudian digoreng hingga crispy. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih.
    • Sate Ambal: Sate Ambal adalah hidangan sate khas dari Ambal, Kebumen. Daging yang digunakan biasanya daging kambing yang dimasak dengan bumbu khas, kemudian ditusuk dan dipanggang.
    • Ayam Es Bening: Ayam Es Bening adalah hidangan yang menggunakan ayam yang dimasak dengan bumbu tertentu hingga matang, kemudian disajikan dengan kuah bening. Hidangan ini memberikan sensasi segar dan lezat.
    • Soto Ayam Petanahan: Soto Ayam Petanahan adalah varian soto ayam khas Kebumen. Soto ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih, mie, daging ayam, dan tambahan bumbu khas.
    • Soto Tamanwinangun: Soto Tamanwinangun juga merupakan varian soto ayam khas Kebumen. Soto ini memiliki cita rasa khas dan bumbu yang berbeda, memberikan pengalaman kuliner yang unik.
    • Nasi Penggel: Nasi Penggel adalah hidangan nasi khas Kebumen. Nasi ini dimasak dengan bumbu-bumbu khusus yang memberikan cita rasa yang khas dan lezat.
    • Yutuk Goreng: Yutuk Goreng adalah hidangan yang menggunakan bahan dasar yutuk, yaitu bagian kepala ayam. Yutuk ini kemudian digoreng dengan bumbu khas, memberikan rasa yang unik dan lezat.
    • Jipang Kacang: Jipang Kacang adalah camilan khas Kebumen. Hidangan ini terbuat dari kacang yang digoreng bersama gula kelapa, memberikan kombinasi rasa gurih dan manis.

Kesimpulan

Jadi kehadiran pantai ini sanggup memberi kesan-kesan yang tidak sama. Karena di pantai ini ada kombinasi di antara pantai dan telaga yang cukup cantik dengan pohon bakau dan cemaranya.

Apalagi untuk masuk ke dalam pantai laguna ini pengunjung tidak butuh bayar ongkos masuk terkecuali akhir pekan. Sepanjang ada di pantai banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan dimulai dari surging, menyaksikan budaya di tempat dan makan di bawah pohon.

You might also like