Pantai Lagundi Anyer di Banten: Healing Seru dengan Segudang Fasilitasnya Yang Menarik

Sudah ada rencana ingin healing kemana besok atau belum? Mengapa tidak healing berfaedah dan anti repot saja ke Pantai Lagundi Anyer Banten yang memiliki banyak spot menarik?

Pantai di Anyer merupakan primadona yang dibanggakan oleh rakyat sekitar Banten. Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan di pantai-pantai yang memiliki keunikan masing-masing itu termasuk berdiam diri, healing, dan hanya menikmati suasana pantai yang menyamankan.

Lokasi dan Rute Pantai Lagundi Anyer

Lokasi dan Rute Pantai Lagundi Anyer

Setelah semua persiapan ke pantai untuk healing selesai, kamu tinggal berangkat dengan mengetahui sepenuhnya rute menuju Pantai Lagundi Anyer. Jika kita mencari lokasi pantai ini di maps, maka kita dengan mudah menemukan lokasinya yang terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Kecamatan Cinangka, Serang, Banten.

Sangat mudah menemukan lokasi pantai di kilometer 139 Jalan Anyer Sirih Kp Teneng ini karena memang banyak yang mengunjunginya dan aksesnya sangat mudah.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu dapat keluar pintu Tol Cilegon yang ada di sebelah timur. Setelah itu, kamu terus berjalan sampai melewati Tol Serang Timur menuju ke Terminal Pakupatan-Polda Banten-Jalan Padarincang-Ciomas hingga akhirnya kamu masuk ke dalam kawasan Pantai Lagundi Anyer.

Kamu harus melanjutkan perjalanan sampai keluar pintu Tol Cilegon Barat menuju Krakatau Steel hingga sampai ke Jalan Anyer Sirih. Dari sana kamu hanya perlu mengikuti jalan hingga bertemu dengan pintu gerbang pantai.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Lagundi Anyer:

Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih sirihKp Teneng No.km 139, Cinangka, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten 42167

Biaya Masuk Pantai Lagundi Anyer

Biaya untuk masuk ke Pantai Lagundi Anyer ini sangatlah murah dan dibagi berdasarkan kendaraan yang membawa kamu. Kamu mungkin akan melihat beberapa perincian di loket masuk sebagai berikut:

Biaya Kontribusi Parkir + Tiket Masuk
MotorMobil PribadiElfBus KecilBus Besar
Rp 25.000Rp 75.000Rp 250.000Rp 500.000Rp 800.000
    • Bus Besar: Satu bus besar yang membawa rombongan sebanyak 20 orang atau lebih akan dikenakan tiket masuk sebesar 800 ribu rupiah. Semakin banyak jumlah orang yang ikut dalam rombongan maka semakin sedikit kamu membayar tiket masuknya, kan?
    • Bus Kecil: Satu bus kecil yang bisa membawa rombongan sebanyak kurang dari 20 orang ini akan dikenakan biaya masuk sebesar 500 ribu rupiah. Lumayan sekali jika membawa rekan kerja satu divisi di kantor. Pihak pengelola akan memeriksa secara detail bus jenis apa yang kamu gunakan.
    • Elf: Mobil semi van ini dapat berisi rombongan sebanyak 8 hingga 10 orang. Biaya masuk untuk mobil jenis ini sebesar 250 ribu rupiah. Pas sekali saat kamu hendak liburan bersama keluarga kecil tercinta kamu.
    • Mobil Pribadi: Mobil yang pengunjung bisa membawa mobil miliknya pribadi atau mobil sewaan. Tiket masuk khusus mobil pribadi ini sebesar 75 ribu rupiah. Meskipun plat mobilnya merah, harga tiketnya tetap sama selama jenisnya mobil pribadi.
    • Motor: Dalam satu motor pengunjung bisa saja membawa dua atau tiga orang lainnya mungkin dengan alasan jarak yang dekat dan hemat. Biaya tiket masuknya tetap akan dihitung satu motor yaitu sebesar 25 ribu rupiah.

Waktu Terbaik Ke Pantai Lagundi Anyer

Ada waktu-waktu tertentu dimana pantai ini tidak terlalu ramai agar kamu bisa leluasa bermain ATV, berenang, atau menggunakan fasilitas lainnya sepuasnya.

Pantai Lagundi Anyer ini buka setiap hari dan memang selalu ramai karena pantainya istimewa, namun kamu bisa datang di waktu-waktu berikut dimana biasanya tidak begitu ramai:

HariJam Operasional
Senin07.00 WIB – 22.00 WIB
Selasa07.00 WIB – 22.00 WIB
Rabu07.00 WIB – 22.00 WIB
Kamis07.00 WIB – 22.00 WIB
Jumat07.00 WIB – 22.00 WIB
Sabtu07.00 WIB – 22.00 WIB
Minggu07.00 WIB – 22.00 WIB
    • Senin: Waktu 1 siang di Hari Senin merupakan waktu dimana biasanya pantai tidak terlalu padat pengunjung. Sebagian orang sedang sibuk makan di rumah-rumah makan yang ada di sekitar pantai.
    • Selasa: Selasa siang pukul 12 hampir sering sepi pengunjung. Kamu bisa nih memasuki pantai sekitar pukul 12 lalu segera menggelar tikar di spot teduh yang kamu suka dan langsung buka bekal yang kamu bawa dari rumah. Kamu juga bisa lho iseng makan siang di pantai ini dari kantor kalau kantor kamu memang dekat sama Pantai Lagundi Anyer.
    • Rabu: Pukul 11 siang di Hari Rabu biasanya memang jarang pengunjung yang memenuhi semua fasilitas pantai. Kamu bisa segera menukarkan uang kamu dengan tiket masuk ke pantai dengan ombak bergulung indah ini.
    • Kamis: Di Hari Kamis pukul 12 siang menjadi waktu favorit untuk pengunjung karena biasanya memang tidak ramai di sana. Kamu bisa merencanakan jadwal liburan di hari biasa pada waktu ini. Seru bukan naik banana boat, naik ATV, dan berenang dengan hanya segelintir orang?
    • Jumat: Pukul 2 siang setelah waktu sholat Jumat menjadi waktu tenang di sekitar Pantai Lagundi Anyer. Pengunjung bisa menikmati angin pantai yang sejuk di siang hari menuju sore ini. Kamu juga bisa membeli beberapa keperluan di minimarket dekat pantai jika memang datangnya ke pantai ini tanpa direncanakan sama sekali.
    • Sabtu: Pada Hari Sabtu orang-orang biasa memadati Pantai Lagundi mulai rentang waktu pukul 9 pagi sampai setidaknya pukul 3 sore. Selepas pukul 3 sore biasanya pantai mulai sepi pengunjung karena sebagian sudah pulang ke rumah masing-masing. Mungkin kamu justru menikmati kesepian pantai di atas pukul 3 sore?
    • Minggu: Hari Minggu adalah hari puncaknya padat pengunjung di Pantai Lagundi. Namun, kamu bisa menikmati sepinya pantai di Hari Minggu setidaknya mulai pukul 5 sore. Selesai dari berdiam diri sejenak di pantai, kamu bisa langsung mencari makan malam di sekitar Pantai Lagundi Anyer.

Pesona yang Dimiliki Pantai Lagundi Anyer

Pantai yang tidak pernah sepi pengunjung ini memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh pantai lain di sekitar Banten. Dengan hanya duduk diam di bawah pohon rindang di Pantai Lagundi Anyer, kamu bisa merasakan healing tipis-tipis yang selama ini kamu rindukan. Berikut diantaranya:

Pesona yang Dimiliki Pantai Lagundi Anyer
(sumber gambar: GoogleMaps_Harry Wijaya)

1. Pemandangan Menyejukkan Mata

Pemandangan yang indah dari laut yang terbentang luas seolah menembus cakrawala, pasir halus sejauh mata memandang, dan angin yang menyejukkan menjadi daya tarik pantai ini. Pergi ke pantai ini sama saja seperti membebaskan diri dari kepenatan yang kamu rasakan sehari-hari karena sibuk bekerja.

2. Hembusan Angin dan Dinginnya Air

Ada berbagai jenis cara healing yang manfaat di Pantai Lagundi Anyer. Kamu bisa langsung maju ke bibir pantai untuk bisa merasakan hembusan anginnya yang sejuk dan air lautnya yang dingin bertelanjang kaki.

Orang-orang juga senang berenang sepenuhnya di pinggir pantai dimana ada kolam renang bersuhu normal khusus untuk semua pengunjung. Itu jika kamu tidak tahan terhadap dinginnya air laut.

Hembusan Angin dan Dinginnya Air
(sumber gambar: GoogleMaps_tony stefan)

3. Berdiam Diri

Pastikan tujuan kamu datang ke pantai ini terpenuhi. Mungkin kamu hanya ingin healing saja tanpa melakukan apapun alias berdiam diri di pantai sambil memandangi laut lepas.

4. Mencoba Semua Aktivitas Pantai

Kamu mungkin ingin melakukan banyak aktivitas di pantai ini agar terlupa dengan hal yang membebani kamu selama berminggu-minggu kemarin. Jangan pula untuk menyesuaikan outfit kamu untuk ke pantai agar nyaman selama berada di pantai yang ada di sebelah Barat Banten ini.

Yang Membuat Tidak Bosan di Pantai Lagundi Anyer

Healing kamu mungkin sudah cukup pada saat berdiam diri cukup lama di pasir dan di bawah pohon rindang sambil menikmati semilir angin Pantai Lagundi Anyer yang mempersejuk. Lalu, apa lagi yang ingin kamu lakukan di sini?

Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti berenang di kolam renang buatan pinggir pantai, naik banana boat, naik ATV menyusuri luasnya pantai, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas di Pantai Lagundi Anyer yang seolah tak ada habis-habisnya tersebut. Setelah usai main basah-basahan di sekitar pantai, kamu bisa langsung lari ke area pembilasan dan kamar mandi untuk membersihkan diri sebelum makan siang.

Kamu tak perlu khawatir menggunakan kamar mandi di sini karena tempatnya sangat bersih dan ada petugas kebersihan yang bergantian membersihkan sekitar area tersebut. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan agar liburan kamu tidak membosankan:

Yang Membuat Tidak Bosan di Pantai Lagundi Anyer
(sumber gambar: GoogleMaps_Amora Afriliany)

1. Sewa Motor ATV

Banyak pengunjung yang semula enggan naik motor ATV tiba-tiba menjadi ingin menyewa karena melihat orang lain yang tampak seru mengendarainya di sekitar pantai.

Kamu mungkin juga seperti itu. Sewa motor ATV di pantai ini tidak mahal kok. Sewa motor ATV di Pantai Anyer hanya sekitar 50 ribu rupiah per 15 menit atau sekitar 200 ribu rupiah per jamnya.

Kamu bisa bebas mengitari area pantai yang begitu luas sambil merasakan kibasan rambut yang tertiup angin pantai seraya mengendarai motor dengan kencangnya. Kamu juga bisa sesekali turun di suatu spot menarik untuk berfoto atau membuat video di atas ATV.

Jangan lupa untuk membagikan kenangan seru kamu bermain ATV di Pantai Lagundi Anyer ke media sosial kamu. Siapa tahu ramai media sosial kamu dan mendapat perhatian luas sampai viral.

2. Bermain Banana Boat Bersama Bestie

Piknik di Pantai Lagundi Anyer tidak lengkap jika kamu tidak mencoba bermain banana boat. Ingat jangan main sendiri. Kamu harus mengajak semua teman seru kamu naik banana boat bersama.

Harga sewa banana boat sekitar dua ratus ribuan rupiah dengan kapasitas 4 sampai 5 orang untuk sekali perjalanan. Perahu karet tebal yang berwarna mirip Spongebob Squarepants ini menjadi watersport yang berdaya tarik tinggi di Pantai Anyer. Kamu akan dipersiapkan sejumlah hal sebelum naik banana boat.

Bermain Banana Boat Bersama Bestie
(sumber gambar: GoogleMaps_Moto Wong)

3. Bersantai di Saung Lesehan

Kamu bisa menyewa saung lesehan di dalam area Pantai Lagundi Anyer dengan harga sebesar 70 ribu rupiah seharian. Harga belum termasuk makanan dan minuman. Kamu harus membayarnya di depan.

4. Berenang di Kolam Renang

Biaya untuk menggunakan fasilitas kolam renang di pantai ini sebesar 25 ribu rupiah per orang. Kamu yang tidak terlalu tahan dengan air dingin laut Pantai Lagundi Anyer bisa berenang di kolamnya dengan suhu normal. Kolamnya ada tidak jauh dari pantai dan kamu bisa berenang sambil menikmati suasana laut.

Berenang di Kolam Renang
(sumber gambar: GoogleMaps_elvien kurniawan)

5. Sewa Perahu

Healing seorang diri di Pantai Lagundi Anyer juga bisa seru-seruan dengan naik perahu. Biayanya hanya 20 ribu rupiah per orang untuk sekali perjalanan.

6. Sewa Alas

Jika kamu tidak membawa tikar sebagai alas dan saung lesehan sudah penuh disewa orang, maka kamu bisa menyewa alas sebesar 15 ribu rupiah.

Outfit ke Pantai Lagundi Anyer Demi Kenyamanan

Mungkin kamu sudah paham betul pakaian yang sesuai untuk digunakan ke pantai. Pantai Lagundi Anyer memiliki suhu udara yang relatif normal, agak panas pada waktu tertentu, dan kondisi air laut yang dingin. Untuk itu, kamu harus bisa menyesuaikan outfit-nya apalagi kamu ke sini untuk tujuan healing.

Outfit ke Pantai Demi Kenyamanan

1. Praktis dan Nyaman

Pantai adalah tempat yang identik dengan hawa panas dan lembab. Untuk itu kamu perlu mengenakan pakaian yang praktis, tidak banyak detail, dan pastinya membuat nyaman. Bahan katun atau kaos menjadi bahan yang paling nyaman untuk digunakan ke pantai manapun.

2. Tidak Untuk Pakaian Ketat

Cuaca di pantai bisa menjadi sangat terik jika sudah waktunya seperti pukul 12 siang ke atas. Kamu sebaiknya menghindari pakaian ketat seperti dari bahan kulit, sifon atau polyester yang sulit menyerap keringat. Gerak kamu di pantai menjadi tidak bebas jika pakaian ketat itu menempel di tubuh.

Tidak Untuk Pakaian Ketat

3. Jangan Terlalu Tipis

Meskipun hawa pantai bisa menjadi sangat panas namun kamu sebaiknya tidak memilih pakaian yang terlalu tipis. Pakaian tipis umumnya memiliki bahan yang menerawang sehingga bisa memperlihatkan lekuk tubuh pemakainya. Nantinya kamu tidak merasa nyaman saat mengenakan pakaian itu seharian di pantai.

4. Pakaian Menyerap Keringat Terbaik

Pakaian yang menyerap keringat adalah pakaian dengan bahan katun yang tidak terlalu tebal. Cukup dengan atasan kaos santai yang dipadukan bawahan kain santung Bali berbahan katun juga sudah cocok untuk pergi ke pantai. Kamu perlu menghindari bahan jeans yang berat dan bisa memberikan hawa panas ke kulit saat digunakan di bawah sinar matahari.

Pakaian Menyerap Keringat Terbaik

5. Pakaian Warna Tertentu

Mengenakan warna gelap seperti hitam, coklat tua, dan biru tua tampaknya menjadi favorit kebanyakan orang. Mereka bisa mengenakannya tidak peduli warna kulitnya. Namun, jika harus ke pantai sebaiknya kamu mengenakan pakaian berwarna putih, warna terang, atau warna pastel lembut yang bisa menyerap keringat saat bermain di pantai seharian.

6. Pelengkap Trendi

Kamu perlu mengenakan pelengkap pakaian yang membuat gaya semakin keren seperti kacamata, topi pantai, sandal jepit yang nyaman, jam tangan water resistant, dan kemeja pantai yang bisa dilepas kancingnya seluruhnya.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Lagundi Anyer di Banten

Di sekitar Pantai Lagundi Anyer, Banten, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

1. Aston Anyer Beach Hotel

Aston Anyer Beach Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Pantai Anyer yang mempesona di pesisir Laut Jawa, Aston Anyer Beach Hotel menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan gaya pedesaan yang modern.

Dengan jarak hanya 10 km dari Mercusuar Cikoneng, hotel ini memanjakan tamu dengan berbagai fasilitas, termasuk kolam renang, spa, serta tempat parkir gratis. Selain itu, nikmati juga sarapan gratis yang menggugah selera.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 745.431 per malam

2. Hotel The Acacia Anyer

Hotel The Acacia Anyer
(sumber gambar: Tiketdotcom)

Mengusung suasana santai dalam bangunan bergaya Kolonial yang memukau, Hotel The Acacia Anyer menawarkan lokasi yang strategis hanya 4 menit berjalan kaki dari pantai terdekat dan Samudra Hindia.

Dengan fasilitas seperti kolam renang, tempat parkir gratis, dan sarapan gratis, hotel ini merupakan pilihan sempurna untuk liburan kamu. Serta, jangan lewatkan juga akses Wi-Fi gratis untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 377.703 per malam

3. Marbella Hotel & Convention Anyer

Marbella Hotel & Convention Anyer
(sumber gambar: Agoda)

Merupakan hotel kelas atas dengan arsitektur yang memikat bergaya Spanyol, Marbella Hotel & Convention Anyer menawarkan pemandangan indah Laut Jawa dan berjarak dekat dengan Pantai Anyer serta Gunung Karang yang berapi.

Dengan fasilitas kolam renang yang menenangkan, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir gratis, hotel ini memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan di tepi pantai yang memikat.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 338.513 per malam

4. Villa Marina Anyer

Villa Marina Anyer
(sumber gambar: Travelokadotcom)

Nikmati kesantunan dan kenyamanan di Villa Marina Anyer yang terletak di sepanjang tepi Samudra Hindia, hanya 1 km dari Pantai Sambolo 2. Dengan suasana kasual dan fasilitas seperti kolam renang, tempat parkir gratis, dan AC, hotel ini menjadi tempat istirahat yang sempurna setelah menjelajahi keindahan pantai Anyer.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 344.610 per malam

5. MaxOneHotels.com @ Anyer

MaxOneHotels.com @ Anyer
(sumber gambar: Agoda)

Menghadirkan kesederhanaan yang memikat, MaxOneHotels.com @ Anyer menyuguhkan kamar-kamar dengan balkon yang menawarkan pemandangan indah Samudra Hindia.

Dengan fasilitas seperti TV kabel, Wi-Fi, serta pancuran bergaya siraman hujan, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Nikmati juga infinity pool dengan pemandangan laut yang memukau, serta sarapan dan restoran simpel untuk menambah kenikmatan liburan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 720.720 per malam

Mencoba Makanan Khas Banten yang Menggugah Selera

Banten, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, memiliki banyak hidangan khas yang menggugah selera. Berikut beberapa makanan khas Banten yang patut dicoba:

Mencoba Makanan Khas Banten yang Menggugah Selera

    • Sate Bandeng: Sate Bandeng adalah hidangan yang terbuat dari ikan bandeng yang dibakar dan disajikan dengan bumbu khas. Ini adalah salah satu makanan ikonik dari Banten.
    • Rabeg: Rabeg adalah semacam semur atau gulai yang terbuat dari daging kambing atau domba yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Ini adalah hidangan yang sangat populer di daerah Banten.
    • Sate Bebek: Sate Bebek adalah sate yang terbuat dari daging bebek yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Ini adalah salah satu variasi sate yang terkenal di Banten.
    • Sambal Buroq: Sambal Buroq adalah sambal khas Banten yang terbuat dari cabai, terasi, dan bahan-bahan lainnya. Ini adalah sambal yang memiliki rasa pedas khas dan sering disajikan sebagai pelengkap hidangan.
    • Gerem Asem: Gerem Asem adalah hidangan khas Banten yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu dan asam segar. Ini adalah hidangan yang memiliki rasa yang unik dan menyegarkan.
    • Ketan Bintul: Ketan Bintul adalah ketan yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan taburan kelapa parut. Ini adalah makanan ringan yang sering dijumpai di Banten.
    • Angeun Lada: Angeun Lada adalah hidangan khas Banten yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu lada dan rempah-rempah lainnya. Ini adalah hidangan yang memiliki rasa pedas dan gurih.
    • Sayur Besan: Sayur Besan adalah sayuran yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu khas. Ini adalah hidangan yang sering disajikan sebagai pelengkap makanan utama di Banten.

Penutup

Pantai Lagundi Anyer tak pernah mengecewakan para pengunjungnya di hari apapun mereka datang. Kamu bisa healing, seru-seruan, makan-makan, berenang, dan melakukan banyak kegiatan pengusir stres di pantai ini. Jika kamu sudah puas healing dan bermain di pantai ini, jangan lupa untuk membagikan cerita seru kamu kepada banyak orang.

You might also like