Pantai Lampuuk di Aceh: Pesona yang Mulai Bangkit Setelah Runtuh Diterjang Tsunami, Recomended Untuk Pemburu Keunikan Tak Biasa

Mungkin masih banyak orang yang merasa asing dengan Pantai Lampuuk, sebuah pantai yang eksotis di kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Pantai kebanggaan orang Aceh ini berbenah kembali setelah porak poranda diterjang hantaman tsunami 19 tahun yang lalu.

Duka perlahan-lahan terkikis dan mulai sirna berganti dengan menata kembali pantai menawan ini menjadi destinasi wisata bahari agar bisa dinikmati pesona keindahannya. Perjalanan panjang sudah dilalui untuk menyegarkan kembali pantai yang rusak parah oleh serangan ombak.

Sekarang Pantai Lampuuk siap bersaing dengan objek wisata lainya menarik minat wisatawan lokal atau yang datang dari luar daerah. Karena destinasi wisata ini menawarkan berjuta pesona yang hendak memanjakan wisatawan saat berkunjung ke sana.

Lokasi dari Pantai Lampuuk ini sendiri sangat strategis dan cukup dekat dengan pusat kota. Jaraknya hanya sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Kemudian menawarkan banyak spot menarik, sehingga bukan hanya wisata bahari saja yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sana.

Para traveler bisa memilih dari sekian banyak topik wisata untuk mengisi liburan selama di pantai eksotis ini. Diantaranya terdapat wisata kuliner, budaya, dan wisata sejarah. Dan yang tidak kalah penting adalah sempurnanya sajian wisata alam yang menyejukan mata dan pikiran.

Kabar gembiranya, dari tahun ke tahun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini menandakan bahwa objek wisata di Aceh mulai bangkit pasca duka tsunami.

Tentunya hal ini juga diakibatkan oleh pesona alam Aceh adalah magnet utama untuk datangnya para wisatawan baik lokal atau internasional. Pantai Lampuuk ini adalah salah satu andalan wisata Aceh yang masih asri, dan jauh dari tangan-tangan jahil pengunjung.

Dengan berkembangnya teknologi internet yang pengaruh positifnya sangat besar untuk dunia wisata membuat destinasi wisata menjadi lebih mudah dikenal. Demikian juga dengan pantai yang sempat terpuruk ini menjadi lebih cepat diketahui oleh masyarakat luar.

Deskripsi Pantai Lampuuk

Deskripsi Pantai Lampuuk
(sumber gambar: GoogleMaps_Galih Dwi Prakoso)(sumber gambar: GoogleMaps_Galih Dwi Prakoso)

Pantai yang alami ini menjadi salah satu tempat destinasi wisata yang cukup terkenal di daerah Lhoknga, Aceh. Pantai eksotis yang menawarkan keindahan pantai yang mempesona untuk wisatawan lokal atau asing.

Pantai ini dari hari kehari sudah mengalami perkembangan yang cukup mengagumkan, baik dari segi penataan atau fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan.

Jaraknya yang hanya sekitar 20 Km saja dari pusat kota Banda Aceh, membuat pengunjung mudah mengunjunginya. Pantai ini selalu dipenuhi oleh pengunjung setiap akhir pekan atau hari libur, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan menyenangkan.

Mulai dari sekadar bermain pasir atau bermain ombak. Kamu bisa menaklukkan ombak yang besar dengan surfing sambil memacu adrenalin. Pantai Lampuuk ini memiliki garis pantai sepanjang 5 Km yang dapat membentuk sebuah teluk kecil.

Pantai ini juga memiliki pasir yang halus dan berwarna putih bersih, letaknya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia dengan kondisi ombak yang relatif sangat besar membuatnya disukai oleh para peselancar.

Karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau dari pusat kota, menawarkan pemandangan yang menawan membuat dijuluki sebagai primadonanya Tanah Rencong.

Air lautnya yang terlihat biru kehijauan yang jernih berpadu serasi dengan dengan gunung-gunung dan pepohonan yang membuat suasana menjadi teduh.

Bahkan meskipun cuaca sedang sangat terik, namun di pantai ini terasa teduh, selain oleh pepohonan ada fasilitas tempat berteduh dan pondokan yang menyediakan berbagai makanan seafood yang tertata rapi dan nyaman saat digunakan bersantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lampuuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Lampuuk

Kamu tidak perlu ragu akan kesusahan menemukan lokasi pantai ini meskipun datang dari luar daerah atau luar pulau. Karena rutenya yang mudah sekali ditemukan sehingga tidak membingungkan pendatang sekalipun.

Lokasi tepatnya destinasi wisata Pantai Lampuuk ini berada di Kp. Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar. Kamu dapat menempuh perjalanan ke sana dengan memilih 4 jalur yang bisa digunakan oleh wisatawan dengan mudah ketika memulai perjalanan dari pusat kota Banda

4 jalur tersebut adalah melalui Babah satu, Babah dua, Babah tiga, dan Babah empat. Kebanyakan wisatawan lokal sering menggunakan rute Babah satu dan Babah dua, sementara para wisatawan asing biasanya lewat rute Babah tiga karena ingin melakukan kegiatan surfing.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Lempuuk:

Alamat: Kp. Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000
Rp 3.000Rp 2.000Rp 5.000

Kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan uang saat berkunjung ke Pantai Lampuuk ini. Karena biaya masuknya tidaklah mahal. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 untuk hari biasa maupun akhir pekan.

Selain biaya masuk yang terbilang sangat murah tersebut yang harus kamu siapkan berikutnya hanya biaya untuk parkir kendaraan yang berada di kisaran Rp 2.000 s/d Rp 5.000, namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Jam Operasional Pantai Lampuuk

HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Karena perjalanan yang tidak dapat dipastikan, seringkali sampai di tempat tujuan tidak tepat seperti yang sudah direncanakan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Pantai Lampuuk ini selalu buka 24 jam penuh sehingga kamu bisa berkunjung kapan saja.

Jika ingin suasana yang santai, kamu bisa berkunjung di hari biasa, karena di hari libur, pengunjung yang akan sangat ramai di pantai ini karena yang datang dari berbagai daerah, bukan hanya dari wisatawan lokal saja.

Meskipun demikian, sebaiknya kamu datang lebih awal saat ingin menikmati pemandangan di tempat ini sepuasnya. Terutama saat ingin melihat sunset atau sunrise yang terkenal sangat indah di pantai eksotis Aceh ini.

Daya Tarik Pantai Lampuuk

Sebagai pantai yang alami dengan ombak yang recomended untuk bermain surfing tentu saja pantai ini memiliki daya tariknya tersendiri. Sehingga membuat para wisatawan rela berbondong-bondong untuk datang ke pantai yang indah ini.

Pemandangan di pantai ini juga terkenal sangat instagramable sehingga menjadi destinasi favorit pecinta fotografi. Selain itu juga masih banyak daya tarik menawan lainnya di Pantai Lampuuk ini. Agar lebih jelas mari kita lihat berbagai pesonanya di bawah ini:

Daya Tarik Pantai Lampuuk
(sumber gambar: GoogleMaps_Taku)

1. Surganya Selancar

Pantai ini sudah populer sebagai salah satu surganya peselancar di Indonesia, karena itulah banyak wisatawan yang berkunjung untuk bermain ombak. Terutama untuk yang suka memacu adrenalin dengan menantang ombak.

Ombak yang ada di Pantai Lampuuk ini cukup besar, namun sudah menjadi sahabatnya para peselancar. Bahkan pemandangan para peselancar bermain ombak ini juga menjadi salah satu daya tarik yang digemari para wisatawan.

Meskipun saat melihat hanya menjadi penonton saja tetapi kamu akan merasakan sensasi tegang yang dirasakan para peselancar tersebut. Terutama saat mereka terjatuh dari papan dan tenggelam dalam ombak. Penonton yang menyaksikan akan menjadi semakin tegang saja.

Tidak perlu khawatir akan kepanasan, kamu bisa menyaksikan atraksi menarik ini dari bawah pohon yang teduh sambil menikmati es kelapa muda. Sungguh sensasi yang menyenangkan dan membuat pengalaman berlibur yang berbeda.

2. Pasir Pantai yang Halus

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Lampuuk ini bersama keluarga adalah bermain pasir. Karen pantai ini memiliki pasir yang sangat halus dan berwarna putih sehingga sangat recomended untuk berlibur bersama anak-anak, membuat istana pasir, kolam dan lain sebagainya.

Pantai ini juga cukup recomended untuk bermain bola pantai atau bola volley. Sambil menikmati deburan ombak yang menyapa kaki akan membuat permainan menjadi lebih menyenangkan

Pasir Pantai Lampuuk sangat halus dan putih, sangat cocok menjadi spot bermain bersama anak-anak di atas pasir ini. Bahkan kamu bisa bermain mengubur badan tanpa rasa risih karena pasirnya yang bersih. Selain itu kamu bisa bermain kucing-kucingan dengan seru.

Pasir Pantai yang Halus
(sumber gambar: GoogleMaps_andy purnomo)

3. Wisata Edukasi Penangkaran Penyu

Salah satu hal yang sangat menarik di kawasan wisata ini ialah wisata edukasi berkunjung ke penangkaran penyu. Di mana kamu bisa mengajak anak-anak berlibur sambil menambah wawasan dengan melihat proses penangkaran anak Penyu atau Tukik sampai proses dilepasnya ke alam terbuka.

Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi, penangkarannya terletak tidak jauh dari pantai. Untuk menuju ke lokasi penangkaran penyu, kamu bisa melewati rute Babah Dua. Kamu akan mempelajari bagaimana melestarikan spesies yang terancam punah ini.

Selain menjadi pengalaman menarik yang sangat menyenangkan, anak-anak akan belajar mencintai lingkungan. Menjaga kelestarian alam bukanlah hal yang sulit dibandingkan memulihkan yang sudah terlanjur rusak.

4. Menikmati Wisata Kuliner

Biasanya setelah melakukan beragam aktivitas seru tentu saja kamu akan merasakan lapar. Jangan khawatir karena kamu bisa menikmati lezatnya kuliner lokal di warung atau rumah makan yang ada di sekitar Pantai Lampuuk ini.

Pada umumnya makanan yang dijajakan adalah jagung bakar, kelapa muda, kopi Aceh, dan yang pasti hidangan seafood yang menggoyang lidah. Berbagai kuliner seafood tersedia seperti cumi, ikan kerapu, ikan bawal, udang, dan lain-lain.

Menikmati Wisata Kuliner

5. Spot Selfie yang Instagramable

Dengan pemandangan alamnya yang eksotis dan menawarkan keindahan yang alami, tentu saja banyak sekali spot selfie yang instagramable untuk para wisatawan. Tidak heran banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan di tempat ini dan membagikannya di media sosial.

Dengan pemandangan khas pantai dengan air laut yang jernih dan gulungan ombak yang cantik, banyak spot menarik yang bisa ditangkap kamera. Bahkan tanpa sentuhan filter atau aplikasi edit foto juga sudah menghasilkan gambar yang estetik.

Pengunjung lebih suka mengabadikan latar belakang pasir putih dan air laut yang biru, dengan pemandangan tebing di sebelah barat. Spot menarik lainnya adalah mengambil gambar dengan latar belakang pepohonan dekat bibir pantai.

6. Berkeliling Pantai Naik ATV

Aktivitas seru yang tidak boleh kamu lewatkan di Pantai Lampuuk ini adalah menelusuri sekitar pantai dengan menggunakan kendaraan motor ATV. Kendaraan ATV yang bisa dinaiki berdua ini sangat menyenangkan digunakan berkendara di atas pasir sambil menikmati pemandangan laut yang jernih.

Hal yang harus diperhatikan sebelum naik ATV ini adalah bertanya terlebih dahulu mengenai biaya dan durasi sewanya. Selain itu saat kamu belum pernah naik dan ingin mencoba, maka sebaiknya didampingi oleh yang sudah ahli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berkeliling Pantai Naik ATV

7. Berenang Di Area yang Aman

Aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Pantai Lampuuk adalah berenang. Rasanya pasti masih ada yang kurang saat berlibur ke pantai namun tidak berenang. Demikian juga saat berkunjung ke Pantai Lampuuk, meskipun terkenal dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Destinasi wisata ini menawarkan area khusus untuk berenang dengan wilayah yang kondisi ombaknya tidak terlalu besar. Selain itu terdapat tempat yang menyewakan peralatan berenang seperti pelampung untuk anak-anak sampai dewasa, sehingga lebih terjamin dari segi keselamatannya.

8. Naik Banana Boath

Kegiatan seru lainnya untuk mengelilingi pantai selain dengan naik ATV bisa dilakukan wahana air banana boat. Kamu dapat merasakan keseruan yang berbeda saat naik beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Terutama saat banana boat ini ditarik ke arah tebing akan menjadi gambar yang seru saat diabadikan atau divideokan. Selain tebing banyak sekali spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Naik Banana Boat

9. Pemandangan Matahari Terbenam yang Mempesona

Salah satu spot menarik dan disukai orang saat berkunjung ke pantai adalah pemandangan matahari yang tenggelam. Senja yang berwarna jingga memberikan ketenangan hati, bisa dijadikan spot foto yang sangat menarik.

Tips Berwisata ke Pantai Lampuuk

Kalau sudah memantapkan diri untuk berkunjung ke Pantai Lampuuk ini, maka kamu bisa segera mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Mengingat banyak aktivitas menarik bisa dilakukan di tempat ini, maka kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Tips Berwisata ke Pantai Lampuuk

1. Berkunjung di Bulan Juni Sampai Agustus

Kamu pastikan untuk memperhatikan prediksi cuaca terlebih dahulu, saat paling recomended adalah berkunjung di bulan kemarau, lebih disarankan pergi berkunjung di bulan-bulan di antara bulan Juni s/d Agustus.

Selain itu saat ingin menikmati suasana pantai seutuhnya dengan tenang, maka sebaiknya berkunjung pada hari biasa, jangan di akhir pekan. Waktu yang paling bagus untuk mengunjungi pantai ini adalah di pagi hari mulai pukul 6.30 sampai 10.30 dan sore hari mulai pukul 15.00.

2. Membawa Kamera

Kamera adalah salah satu peralatan yang tidak boleh dilupakan karena pemandangan yang menawan di pantai ini layak diabadikan. Sehingga menjadi kenangan yang indah di pantai ini.

Apalagi Pantai Lampuuk ini menawarkan banyak spot foto instagramable yang recomended. Sangat cocok untuk dibagikan di media sosial atau karya fotografi yang unik.

Membawa Kamera

3. Memakai Kacamata

Kacamata hitam diperlukan agar mata tidak menjadi silau karena teriknya sinar matahari. Jangan lupa untuk memakai topi untuk melindungi kepala agar tidak menjadi pusing. Setelah itu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari langsung dengan mengoleskan sunblock.

4. Menjaga Kebersihan Dan Taati Peraturan

Sebagai orang yang mencintai lingkungan dan ber attitude terpuji, maka sebaiknya kamu menjaga kebersihan saat berlibur. Buang sampah pada tempatnya atau mengumpulkan dan membawanya pulang saat tidak menemukan tempat sampah.

Pendatang yang baik tentunya harus menaati peraturan yang berlaku di tempat ini dengan baik. Jangan melanggar hal-hal yang dilarang meskipun untuk kamu tidak masuk akal sekalipun. Dengan begitu keselamatan dan kenyamanan kamu selama berlibur akan terjaga

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Lampuuk di Aceh

Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang dekat dengan Pantai Lampuuk di Aceh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap di sekitar Pantai Lampuuk:

1. Hotel The Pade

Hotel The Pade
(sumber gambar: Agoda)

Terletak secara strategis di Banda Aceh, Hotel The Pade menawarkan akses yang mudah ke atraksi lokal serta objek wisata yang menarik. Pastikan kamu menyempatkan kunjungan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda yang terkenal sebelum pulang.

Dengan peringkat bintang-3, properti ini menawarkan fasilitas yang berkualitas, termasuk kolam renang luar ruangan, layanan pijat, dan pusat kebugaran untuk kenyamanan tamu. Waktu check-in tersedia mulai pukul 14.00, sementara waktu check-out adalah pukul 12.00. Fasilitas tambahan mencakup layanan resepsionis 24 jam, shuttle bandara, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 644.981 per malam

PESAN HOTEL Hotel The Pade Diskon 55%

2. Fhandika Boutique Inc.

Fhandika Boutique Inc.
(sumber gambar: Agoda)

Fhandika Boutique Inc. terletak di pusat kota Banda Aceh, menawarkan akses yang mudah ke atraksi wisata lokal serta Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Properti bintang-3 ini menawarkan fasilitas yang beragam untuk kenyamanan kamu.

Termasuk sarapan gratis, restoran, dan layanan kamar. Kamu dapat bersantai dengan aman karena properti ini dilengkapi dengan keamanan 24 jam. Fasilitas lainnya mencakup resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 562.500 per malam

PESAN HOTEL Fhandika Boutique Inc. Diskon 59%

3. Hotel Kyriad Muraya

Hotel Kyriad Muraya
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di pusat kota Banda Aceh, Hotel Kyriad Muraya menawarkan kenyamanan dan kemudahan akses ke atraksi wisata serta restoran terkenal di sekitar. Properti bintang-4 ini menyediakan fasilitas seperti pusat kebugaran dan restoran untuk menambah kualitas pengalaman menginap kamu.

Waktu check-in dimulai dari pukul 14.00, sementara waktu check-out adalah pukul 12.00. Properti ini juga menawarkan layanan shuttle bandara, parkir valet, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.142.600 per malam

PESAN HOTEL Hotel Kyriad Muraya Diskon 60%

4. My Home Hotel Aceh

My Home Hotel Aceh
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan tinggal di pusat kota Banda Aceh dengan menginap di My Home Hotel Aceh. Properti bintang-4.5 ini menyediakan layanan pijat, restoran, dan spa untuk menjamin pengalaman menginap yang menyenangkan.

Kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas seperti layanan shuttle bandara, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis di semua kamar. Properti ini memiliki resepsionis 24 jam dan fasilitas check-in/check-out ekspres untuk kenyamanan tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 236.160 per malam

PESAN HOTEL My Home Hotel Aceh Diskon 53%

5. Hotel Amel Convention Hall

Hotel Amel Convention Hall
(sumber gambar: Agoda)

Hotel Amel Convention Hall terletak secara strategis di Banda Aceh, memberikan akses yang mudah ke atraksi wisata lokal serta Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Dengan peringkat bintang-3, properti ini menawarkan layanan pijat dan restoran untuk kenyamanan kamu.

Nikmati sarapan gratis dan fasilitas lainnya seperti layanan resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, dan WiFi gratis di semua kamar. Waktu check-in tersedia mulai pukul 12.00, sementara waktu check-out adalah pukul 02.00, memungkinkan fleksibilitas waktu yang lebih besar bagi tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 369.000 per malam

PESAN HOTEL Hotel Amel Convention Hall Diskon 63%

Mencoba Makanan Lezat Khas Aceh di Sekitar Pantai Lampuuk

Suara ombak yang gemuruh dan angin sepoi-sepoi pantai membuat pengalaman makan di sekitar Pantai Lampuuk, Aceh, menjadi sangat istimewa. Ketika berada di sana, kamu harus mencoba beberapa hidangan khas Aceh yang lezat. Berikut beberapa rekomendasi:

Mencoba Makanan Lezat Khas Aceh di Sekitar Pantai Lampuuk

    • Kue Seupet: Kue Seupet adalah kue tradisional Aceh yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, gula, dan telur, kemudian digoreng hingga kecokelatan.
    • Keumamah (Ikan Kayu): Hidangan ini terdiri dari ikan kayu yang digoreng kering dan disajikan dengan sambal atau kuah gulai yang kaya rempah.
    • Sie Reuboh: Sie Reuboh adalah hidangan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan rempah-rempah khas Aceh, seperti serai, jahe, dan daun salam, hingga empuk dan beraroma lezat.
    • Eungkot Paya: Eungkot Paya adalah hidangan khas Aceh yang terbuat dari daging kerang yang dimasak dengan bumbu pedas dan segar seperti cabai, tomat, dan bawang merah.
    • Mi Aceh: Mi Aceh adalah mi goreng khas Aceh yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran bumbu rempah, daging, dan sayuran.
    • Nasi Gurih: Nasi Gurih adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga memiliki aroma dan rasa yang khas.
    • Kue Bhoi: Kue Bhoi adalah kue tradisional Aceh yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis.
    • Meuseukat: Meuseukat adalah hidangan ikan atau udang yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan nasi putih.

Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas tentu kamu menjadi ingin berkunjung ke sana bukan. Oleh karena itu sebaiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan untuk menikmati keindahannya dengan maksimal.

Karena Pantai Lampuuk recomended untuk bermain selancar, maka sebagai peselancar sejati kamu layak mencobanya. Meskipun pernah porak poranda diterjang tsunami, namun kini keindahannya sudah kembali bangkit. Sehingga kamu tidak rugi memutuskan menghabiskan liburan di tempat ini.

You might also like