Pantai Legon Pari di Banten: Wisata Air Tersembunyi dan Pasir Putihnya yang Mempesona

Apakah kamu sedang mencari pantai yang cocok untuk liburan akhir pekan atau libur nasional? Jawabannya hanya ada di Pantai Legon Pari. Pilihan pada destinasi ini karena dari segi suasana pantainya tergolong tenang dan indah.

Tenangnya suasana pantai karena tidak banyak wisatawan yang mengetahui lokasi dari wisata ini. Jarangnya wisatawan ke pantai ini karena untuk menuju ke tempat tersebut hanya bisa dilewati kendaraan bermotor atau jalan kaki.

Meski demikian dari segi keindahan alamnya sangat mempesona dan rata-rata masih sangat alami. Keindahan ini bisa dinikmati sebelum sampai di pantai karena pengunjung akan melihat banyaknya sawah dan hamparan padi yang hijau dan menguning.

Karena keindahan itu maka sayang sekali jika wisata ini kamu lewatkan saat libur akhir pekan. Namun sebelum ke tempat ini, pengunjung perlu mengetahui apa saja daya tariknya, biaya, rute perjalanan dan yang lainnya.

Sekilas Tentang Pantai Legon Pari

Sekilas Tentang Pantai Legon Pari
(sumber gambar: GoogleMaps_Tejo Jati Prayogo)

Destinasi satu ini lokasinya memang sangat tersembunyi dan jauh dari jalan desa. Itulah mengapa waktu akan menuju ke wisata ini, pengunjung hanya bisa melewati dengan naik motor atau jalan kaki.

Namun itu semua akan terbayar dengan deburan ombaknya yang tinggi dan indah. Tidak hanya itu, pantai ini juga miliki hamparan pasir berwarna putih dan bersih. Pasir seperti ini jelas akan memanjakan penglihatan pengunjung yang datang ke lokasi.

Keindahan akan semakin terlihat di pantai ketika cuaca sedang bagus atau musim kemarau. Ketika seperti itu, pengunjung akan melihat indahnya langit dan laut yang sama-sama berwarna biru dan pantai pasirnya yang berwarna putih.

Untuk melihat indahnya pantai ini, pengunjung harus melewati pematang sawah, jembatan gantung dan tanjakan. Belum lagi ada beberapa turunan sebelum akhirnya sampai di pantai ini. Di sekitar tempat tersebut, pengunjung akan melihat berbagai bukit yang indah.

Penamaan laut ini sebenarnya berasal dari bahasa Sunda ‘Ngelagon’. Arti dari laut tersebut adalah posisi laut yang lebih menjorok ke darat. Dan kata Pari adalah nama ikan yang banyak dijumpai di sekitar pantai tersebut. Karena alasan itulah maka pantai ini diberi nama Legon Pari.

Harga Tiket Pantai Legon Pari

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Selasa24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Rabu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Kamis24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Jumat24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Sabtu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Minggu24 JamRp 5.000Rp 3.000Rp 10.000 – Rp 20.000

Dari overview di atas, pengunjung perlu mengetahui terkait harga tiket saat masuk ke pantai tersebut. Untuk tiket masuknya tergolong murah sekitar 5 ribu rupiah per orangnya. Tiket masuk itu sudah termasuk berkunjung ke dua pantai lain yang ada di sekitar Legon Pari. Dua destinasi tersebut seperti Pantai Karang Taraje dan Pantai Karang Beureum.

Dengan begitu dengan uang 5 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa melihat berbagai keindahan alam di 3 pantai berbeda. Tidak hanya itu pengunjung melihat sunset di sore hari. Dengan demikian untuk parkirnya hanya untuk sepeda motor dengan biaya 3 ribu rupiah. Dan untuk mobil tergantung permintaan warga sekitar yang dititipi kendaraan tersebut.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Legon Pari

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Legon Pari

Lokasi dari pantai ini berada di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak Provinsi Banten. Karena berada di desa tersebut tidak heran jika pantai ini juga disebut pantai Sawarna. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung dapat melewatinya dari tiga jalur yang berbeda.

Jalur pertama ini dilakukan jika pengunjung memulai perjalanan dari kota Jakarta. Dari kota tersebut, pengunjung bisa memilih jalur Cibadak, Cijeru atau Cikidang. Dari ketiga tempat ini nantinya akan sampai di Pelabuhan Ratu dan dilanjutkan ke Sawarna.

Lajur kedua ke Pantai Legon Pari ini melewati rute Barat di mana pengunjung memulai dari Jakarta melalui jalur Pandeglang. Dari Pandeglang ini, pengunjung bisa menuju ke Saketi lalu ke Malingping. Setelah itu tinggal lanjutkan saja ke Bayah dan nanti akan sampai di Sawarna.

Pilihan jalur terakhir ini ketika pengunjung memulai dari Bandung lalu akan sampai di Sukabumi. Setelah itu, pengunjung bisa melanjutkan ke Cibadak dan ke Pelabuhan Ratu. Dari pelabuhan ini, pengunjung dapat meneruskan perjalanan ke Cisolok dan akhirnya sampai di Sawarna.

Ketika dari ketiga jalur sudah sampai di Sawarna, pengunjung bisa mencari pintu masuk ke pantai ini. Jika kamu bingung lokasi pintu masuknya maka tinggal bertanya ke warga sekitar.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Legon Pari di Banten:

Alamat: Unnamed Road, Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Apa Saja Kegiatan Selama Berada di Pantai Legon Pari

Ketika berada di tempat tersebut, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan diantaranya:

Apa Saja Kegiatan Selama Berada di Pantai Legon Pari

1. Berenang di Pantai

Saat pengunjung sampai di destinasi ini, aktivitas utama yang bisa dilakukan adalah berenang. Pantai ini layak digunakan untuk berenang karena dari segi ombaknya tidak terlalu besar. Selain itu dari segi air lautnya termasuk bersih dari berbagai sampah sehingga pengunjung bisa berlama-lama di pantai.

Menariknya pantai ini juga cocok digunakan untuk mereka yang masih anak-anak. Mereka bisa berenang dengan bebas namun tetap dengan pengawasan orang tua dan disarankan tidak terlalu ke tengah.

Selain faktor ombak, pantai ini juga memiliki batu karang yang tergolong besar di bagian dasar lautnya. Jika tanpa pengawasan maka batu tersebut bisa mengenai anak atau perenang lainnya.

2. Surfing

Kegiatan lain saat di Pantai Legon Pari bisa dengan melakukan surfing atau bermain papan seluncur. Kegiatan ini layak dilakukan karena dari segi ombaknya juga sangat bersahabat dan cukup menantang untuk olahraga tersebut.

Saat bermain surfing ini pengunjung perlu membawa peralatan sendiri dari rumah. Karena di tempat ini untuk melakukan olahraga tersebut perlu dengan biaya tambahan sebesar 75 ribu rupiah.

Surfing

3. Bermain Pasir Pantai

Pantai ini tidak hanya dikenal karena ombak dan keindahan alam tetapi pasirnya yang berwarna putih. Warnanya yang indah tersebut didukung adanya tekstur yang halus. Dengan begitu aktivitas sangat cocok dilakukan saat membawa anak-anak ke destinasi tersebut.

Jika membawa keluarga disarankan untuk membawa peralatan sendiri dari rumah karena di Pantai Legon Pari ini ada keterbatasan alat. Dengan peralatan yang ada, anak-anak bisa bermain pasir dan membentuknya menjadi miniatur bangunan atau patung-patung yang indah.

4. Wisata Desa

Untuk kamu yang tinggal di perkotaan mungkin hanya akan melihat gedung-gedung yang tinggi. Tetapi saat datang ke lokasi ini, pengunjung bisa menikmati bagaimana suasana di desa.

Di wisata ini, ada banyak sekali perumahan desa yang terlihat sederhana dan bisa melupakan kepenatan selama berada di kota. Belum lagi aktivitas penduduk desa mulai ke sawah hingga mencari rumput.

Wisata Desa
(sumber gambar: Google_Homecare24)

5. Berkunjung ke Pantai Karang Taraje

Jika kamu sudah sampai di Pantai Legon Pari tidak ada salahnya untuk melihat keindahan alam dari Pantai Karang Taraje. Di pantai tersebut, kamu akan menjumpai batu karang yang sulit ditemukan di wisata lain. Batu tersebut dari sisi ukurannya sangat besar dan membentuk benteng yang memanjang.

Selain batu yang unik itu, keindahan alam dari pantai ini juga tidak kalah dengan yang lain. Hanya saja di wisata ini, pengunjung hanya boleh melihat dan tidak disarankan untuk berenang.

Karena cukup banyak bebatuan karang yang tajam dan cukup membahayakan. Dengan begitu ketika berada di tempat ini, kamu bisa berfoto bersama keluarga di atas batu karang besar itu.

6. Menikmati Sunrise dan Sunset

Dibalik suasana pantainya yang indah, pengunjung juga bisa melihat bagaimana indahnya matahari terbit atau terbenam di Pantai Legon Pari. Untuk menikmati ini tentu dari waktunya juga harus tepat.

Jika ingin melihat sunrise maka pengunjung bisa datang ke tempat ini pagi hari atau bermalam di wisata tersebut. Dan untuk menikmati sunset bisa datang ketika sore hari sebelum maghrib.

Menikmati Sunrise dan Sunset
(sumber gambar: GoogleMaps_wiwit cwit)

7. Mendirikan Tenda

Selama berada di pantai, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas dan salah satunya mendirikan tenda untuk bermalam. Untuk lokasinya bisa dimana saja dan lebih bagusnya yang menghadap ke pantai.

Ketika akan mendirikan tenda di Pantai Legon Pari ini tidak gratis melainkan harus membayar sebesar 10 ribu rupiah per tenda ke penjaga. Biaya tersebut hanya untuk sewa tempat jadi untuk tendanya bisa membawa sendiri dari rumah.

Maka dari itu saat mendirikan tenda ini sebaiknya bersama teman atau membentuk kelompok supaya lebih aman. Dengan tenda seperti ini maka kamu bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise.

8. Berkunjung ke Gua Lalay

Jika pengunjung masuk ke pantai ini bisa langsung masuk ke gua lalay ini. Untuk lokasi gua ini jaraknya hanya 2 km saja dari pantai ini. Ada banyak keindahan yang ada di gua lalay yang belum ada di Pantai Legon Pari dan tempat lainnya.

Di sekitar lorong gua ini dialiri air yang tingginya mencapai betis dan dasarnya menggunakan lumpur. Karena kondisinya yang penuh lumpur maka pengunjung perlu gunakan senter, helm dan sepatu. Pada intinya pengunjung harus menggunakan pengaman yang tepat saat masuk ke dalam gua.

Berkunjung ke Gua Lalay
(sumber gambar: Google_Flickr)

9. Menikmati Kuliner Pisang

Sebelum sampai di tempat wisata, pengunjung dapat menikmati kuliner khas masyarakat di sekitar pantai. Jenis kuliner tersebut berupa sale pisang yang dibuat dengan khas dengan alat tradisional.

Bukan cuma menikmati, pengunjung bisa juga melihat berbagai proses produksi dari makanan tersebut. Untuk masalah harga makanan ini tergolong murah tetapi dari segi rasanya sangat enak.

10. Hunting Foto

Dengan suasana khas desa dan pantai rasanya kurang lengkap jika tidak diabadikan berfoto bersama di Pantai Legon Pari. Untuk itu, pengunjung perlu membawa peralatan fotografi yang lengkap. Dengan seperti ini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang alamnya yang indah atau saat matahari terbit.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengabadikan beragam kegiatan selama berada di pantai tersebut. Dengan cara seperti ini maka ada kenangan untuk kamu dan keluarga saat berkunjung ke pantai tersebut

Fasilitas di Pantai Legon Pari

Karena letak Pantai Legon Pari yang tersembunyi ini pasti berbagai fasilitas yang tersedia tidak cukup lengkap. Jika dilihat beberapa fasilitas yang tersedia meliputi beberapa hal berikut ini:

Fasilitas di Pantai Legon Pari
(sumber gambar: GoogleMaps_Hariyanto SE)
    • Parkir: Untuk masuk ke area ini, pengunjung hanya dapat menggunakan motor atau jalan kaki. Jika terpaksa menggunakan mobil maka perlu diparkirkan di depan rumah warga dan selanjutnya tinggal jalan kaki ke Pantai Legon Pari. Dengan demikian untuk parkirnya hanya untuk sepeda motor dengan biaya 3 ribu rupiah. Dan untuk mobil tergantung permintaan warga sekitar yang dititipi kendaraan tersebut.
    • Penginapan: Untuk pengunjung yang tidak mau berkemah maka dapat menginap di Pantai Legon Pari yang tersedia. Untuk penginapan ini tidak ada yang di kawasan wisata melainkan sebelum masuk pintu ke lokasi tersebut. Selain itu bentuk penginapannya tidak semewah di kota karena ini letaknya di desa yang terpencil. Maka dari itu untuk menginap bisa menyewa salah satu rumah warga yang ada di sekitarnya. Untuk biaya sewa rumah ini tergantung ukuran yang diinginkan oleh pengunjung. Dengan demikian untuk biaya sewa penginapan ini antara 250 ribu hingga 750 ribu rupiah. Biasanya semakin mahal biayanya semakin luas dan lengkap fasilitas di Pantai Legon Pari ini.
    • Musholla: Untuk membuat tenang dalam melaksanakan ibadah maka di wisata ini juga disediakan berupa mushola. Untuk kondisi musholanya juga masih sangat terawat karena selalu dibersihkan oleh pihak pengelola. Tidak hanya itu dari segi peralatan lengkap mulai sarung, sajadah dan mukena.
    • Toilet Umum: Untuk memudahkan ketika akan buang air besar atau kecil maka di wisata ini diberikan fasilitas toilet. Fasilitas ini termasuk yang paling penting khususnya saat sedang ramai pengunjung. Keunggulan dari fasilitas ini tidak ada biaya sepeserpun untuk siapa saja yang buang air besar atau kecil di tempat tersebut.

Tips Berkunjung ke Pantai Legon Pari

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan oleh pengunjung saat berkunjung ke pantai ini, diantaranya sebagai berikut:

Tips Berkunjung ke Pantai Legon Pari

    • Memeriksa Cuaca: Ketika akan berkunjung ke wisata ini perlu dilakukan pemeriksaan cuaca terlebih dahulu. Untuk memudahkan, kamu bisa mengecek melalui smartphone meskipun tidak terlalu akurat. Proses pengecekan ini menjadi sangat penting karena pantai ini akan terlihat indah saat cuaca cerah. Selain itu di saat sedang hujan akan kesulitan mendapatkan tempat berteduh jika tidak menggunakan tenda.
    • Datang Saat Weekday: Setiap orang ingin mendapatkan suasana yang lebih damai saat berkunjung ke tempat wisata termasuk di pantai ini. Untuk itu direkomendasikan datang ke Pantai Legon Pari ini ketika weekday tiba. Dikatakan demikian karena saat masuk weekend biasanya tempat ini selalu ramai. Bahkan tidak sedikit dari kalangan anak muda yang mendirikan tenda yang ada di sekitar tempat tersebut.
    • Membawa Uang Tunai: Untuk mereka yang tinggal di kota umumnya lebih sukai membawa ATM tetapi itu semua tidak berlaku di pantai ini. Karena lokasinya yang di desa terpencil membuat tempat ini tidak tersedia ATM perbankan. Untuk itu ketika datang ke tempat ini perlu membawa uang tunai dengan jumlah sesuai kebutuhan. Dengan uang itu nantinya bisa membuat kamu bisa membeli selai pisang atau makanan khas daerah lainnya.
    • Membuang Sampah Pada Tempatnya: Sebagai warga negara yang baik dimanapun tempatnya harus tetap menjaga kebersihan. Untuk itu ketika datang ke Pantai Legon Pari ini jangan sekali-kali membuang sampah tidak pada tempatnya. Karena sampah yang dibuang sembarangan bisa merusak ekosistem yang ada di laut. Selain itu pemandangan laut dan alam yang bagus bisa dirusak dengan adanya sampah ini.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Legon Pari di Banten

Ada berbagai hotel, penginapan dan homestay yang bisa kamu pilih untuk bermalam di sekitar pantai ini. Ada banyak pilihan di aplikasi booking online, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget.

Berbagai diskon pun sering ditawarkan agar kamu bisa memesan penginapan dengan harga yang lebih murah. Berikut ini adalah rekomendasi penginapan yang bisa menjadi referensi kamu untuk bermalam di Pantai Legon Pari, Banten:

1. Sawarna Little Hula Hula

Sawarna Little Hula Hula
(sumber gambar: Agoda)

Sawarna Little Hula Hula, properti kami terletak secara strategis di Pantai Pelabuhan Ratu, yang merupakan bagian dari keindahan Pelabuhan Ratu. Dengan lokasi yang dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik, kami ingin memberikan pengalaman terbaik untuk kamu.

Nikmati kenyamanan dengan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan kamar 24 jam, dan keamanan 24 jam. Waktu check-in kami dimulai pukul 14:00, dan check-out pada pukul 12:00. Semua ini ditambah dengan layanan kebersihan harian untuk memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 304.730 per malam

PESAN HOTEL Sawarna Little Hula Hula Diskon 70%

2. 77 Sunset Plaza

77 Sunset Plaza
(sumber gambar: Agoda)

77 Sunset Plaza, tempat di mana kenyamanan dan fasilitas istimewa memenuhi keindahan Pantai Pelabuhan Ratu. Terletak secara strategis, properti kami menawarkan kemudahan akses ke atraksi dan restoran menarik. Bersantailah dengan pemandian mata air panas, kolam renang luar ruangan, dan layanan pijat eksklusif kami yang akan membuat masa menginap kamu lebih istimewa.

Waktu check-in kami dimulai pukul 14:00, dan check-out pada pukul 12:00. Nikmati juga fasilitas lainnya, seperti shuttle bandara, layanan shuttle, WiFi gratis di semua kamar, resepsionis 24 jam, fasilitas BBQ, penitipan barang, dan kemudahan penarikan uang tunai.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 243.392 per malam

PESAN HOTEL 77 Sunset Plaza Diskon 61%

3. Kuda Laut Resort

Kuda Laut Resort
(sumber gambar: Agoda)

Kuda Laut Resort, tempat di mana kenyamanan dan keindahan bertemu di Pantai Pelabuhan Ratu. Properti kami yang strategis memberikan akses dekat ke atraksi populer dan opsi restoran menarik.

Saat menginap, kamu dapat menikmati fasilitas seperti tempat parkir mobil, resepsionis 24 jam, kolam renang yang menyegarkan, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat. Ruang keluarga, dapur, sarapan kontinental, dan teras adalah tambahan fasilitas untuk memastikan pengalaman menginap kamu lebih istimewa.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 1.189.000 per malam

PESAN HOTEL Kuda Laut Resort Diskon 51%

4. Covehill Green Resort (Ex – Schitzohills)

Covehill Green Resort (Ex - Schitzohills)
(sumber gambar: Agoda)

Covehill Green Resort, sebelumnya dikenal sebagai Schitzohills. Terletak strategis di Pantai Pelabuhan Ratu, properti kami menghadirkan kenyamanan dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik.

Nikmati berbagai fasilitas, termasuk resepsionis 24 jam, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, check-in/check-out pribadi, kolam renang yang menyegarkan, dan bar tepi kolam. Kami juga menyambut hewan peliharaan, memastikan bahwa semua tamu merasa seperti di rumah selama menginap bersama kami.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 602.000 per malam

PESAN HOTEL Covehill Green Resort Diskon 52%

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Banten di Sekitar Pantai Legon Pari

Mencicipi kuliner khas Banten pasti akan memberikan pengalaman kuliner yang unik dan lezat. Berikut adalah beberapa hidangan khas Banten yang patut dicoba:

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Banten di Sekitar Pantai Legon Pari

    • Sate Bandeng: Sate ini terbuat dari ikan bandeng yang diasapi dan dibumbui dengan rempah-rempah khas. Rasanya gurih dan memiliki aroma yang khas.
    • Rabeg: Rabeg adalah masakan berbahan dasar daging kambing atau sapi yang dimasak dengan bumbu khas seperti kelapa parut, serai, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya pedas dan gurih.
    • Sambal Buroq: Sambal Buroq merupakan sambal khas Banten yang terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, dan bumbu-bumbu lainnya. Rasanya pedas dan sangat cocok untuk penyuka pedas.
    • Ketan Bintul: Ketan Bintul adalah hidangan khas Banten berupa ketan yang dimasak dengan kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis dan legit.
    • Gerem Asem: Gerem Asem adalah sayur asem khas Banten yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, melinjo, dan tamarillo yang dimasak dengan kuah asam segar.
    • Sate Bebek: Sate Bebek adalah hidangan sate yang menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya. Daging bebek ini biasanya dipanggang dan disajikan dengan sambal atau bumbu kacang.
    • Angeun Lada: Angeun Lada merupakan hidangan ikan yang dimasak dengan bumbu berbasis lada dan rempah-rempah lainnya. Rasanya pedas dan nikmat.
    • Sayur Besan: Sayur Besan adalah sayuran yang dimasak dengan santan dan bumbu khas Banten. Biasanya terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, labu siam, dan tauge.

Kesimpulan

Dengan informasi yang ada di atas maka wisata ini layak dikunjungi saat weekday atau weekend. Pilihan pada wisata ini karena keindahan alamnya yang mempesona dan dekat dengan wisata lainnya.

Dari sekian daya tarik di Pantai Legon Pari ini adalah pengunjung bisa melihat sunset dan sunrise. Selain itu ada juga pemandangan berupa wisata desa dengan melihat aktivitas dan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

You might also like