Pantai Lovina di Utara Bali: Pesona Lumba-Lumba Menari di Tepi Pantai

Pantai Lovina di Utara Bali_ Pesona Lumba-lumba Menari di Tepi Pantai (sumber: Google Maps: Vladys)

Bali merupakan salah satu wilayah yang memiliki rekreasi wisata pantai yang menakjubkan, salah satu pantai di Bali yang banyak dituju ialah pantai Lovina yang berada di utara Bali. Keunikan dari pantai ini ialah kamu dapat menyaksikan adanya lumba-lumba yang berenang di tengah laut.

Namun selain itu, ada banyak sekali pesona alam yang bisa kamu dapatkan di pantai Lovina Bali yang tidak ada di rekreasi wisata pantai Bali lainnya.

Pulau Bali Sebagai Surga Wisata

Sebagai satu pulau yang dikelilingi oleh daerah perairan, Pulau Bali mempunyai banyak area yang ditujukan untuk rekreasi pantai. Mungkin, umumnya dari kamu cukup mengenali beberapa pantai yang berada di Bali bagian Selatan.

Pulau Bali Sebagai Surga Wisata
Pulau Bali Sebagai Surga Wisata (sumber: Google Maps: Sarah Keller)

Sebut saja seperti Pantai Kuta yang seolah jadi ikon dari keelokan pantai yang berada di pulau ini. Disamping itu, ada juga beberapa pantai lainnya seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Pantai Suluban dan tentu saja masih banyak nama pantai lainnya yang ada di wilayah selatan Pulau Bali ini.

Selain rekreasi pantai, Pulau Bali juga dikenal wisata lainnya. Semuanya seakan mengkonfirmasi kehadiran julukan yang melekat pada pulau ini sebagai surga wisata dunia. Kebanyakan warga dunia pilih mengunjungi wilayah ini untuk berekreasi.

Bali jadi satu tujuan rekreasi yang lengkap dan terintegrasi karena mempunyai banyak tempat rekreasi yang menarik. Sebut saja dari beragam pantainya, ada juga rekreasi religi ke beberapa nama pura seperti Pura Tanah Lot, Pura Besakih, Ubud dan masih ada nama lainnya.

Selain pantai, rekreasi bahari yang dapat didatangi berbentuk danau, seperti Danau Beratan. Di Bali, ada banyak pusat rekreasi pembelajaran yang melengkapi kehadiran rekreasi di pulau ini.

Seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, tempat penangkaran hewan yakni kura-kura dan taman bermain air atau waterpark yang selalu menarik untuk anak-anak.

Tidak cuma tempat rekreasi saja yang menarik di Bali ini, bermacam macam budayanya sanggup jadi daya tarik wisata. Rumah adat Bali dengan arsitektur tradisional ciri khas Bali jadi suatu hal yang menarik.

Bali mempunyai music dan tari tradisional yang selalu melengkapi berbagai acara pertunjukan dan keagamaan. Bahkan, Tari Bali sendiri sangat dikenal dengan luas oleh warga dunia karena kekhasannya. Inilah aneka keindahan dan kekhasan yang dimiliki oleh Bali yang mampu jadi daya tarik rekreasi di pulau ini.

Pantai Lovina di Utara Bali

Rupanya, tidak cuma di bagian Selatan Bali yang dipenuhi destinasi rekreasi menarik, di bagian Utara Bali mempunyai keindahan alam lainnya.

Salah satu pantai yang populer di wilayah ini ialah Pantai Lovina. Pantai ini terletak sekitar 9 km di sebelah barat Kota Singaraja. Pada awalnya, pantai ini cuma berada pada wilayah di desa Temukus saja, tetapi kemudian pengelolaan meluas sampai ke desa Pemaron di daerah Buleleng.

Pantai Lovina di Utara Bali
Pantai Lovina di Utara Bali (sumber: Google Maps: Putu sariada leonks)

Daerah pantai ini memanjang antara dua daerah yang berdekatan yakni Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar. Kawasan ini dikenal nama Kawasan Rekreasi Pantai Lovina yang terdiri dari beberapa nama pantai.

Sebut saja nama Pantai Binaria di desa Kalibukbuk, ada pantai Banyualit di desa dengan nama yang sama yaitu Banyualit, ada juga Pantai Kubu Gembong di wilayah Anturan atau Tukadmungga serta Pantai Hepi di desa Tukadmungga pula.

Disamping itu, yang masuk di wilayah ini ialah Pantai Penimbangan yang berada di desa Pemaron. Dan beberapa pantai yang ada di daerah Kecamatan Banjar ialah pantai Tukad Cebol di wilayah bernama Kampung Baru dan pantai Temukus di desa temukus.

Lokasi pantai ini berada pada desa Kalibukbuk di Kecamatan Buleleng. Untuk mencapai lokasi pantai, bila pengunjung berada di Kota Singaraja, maka diperlukan waktu sekitaran 20 menit perjalanan.

Akan ada jarak yang lebih panjang yakni sekitar tiga jam yakni 89 km bila ditempuh dari Kuta. Dan, jarak tempuh dari Denpasar sekitaran 2 setengah jam karena Lovina ini memiliki jarak 81 km dari Kuta.

Sesaat setelah tiba di area pantai ini, pengunjung akan disajikan satu patung lumba-lumba yang menjadi keunikan pantai Lovina ini. Pantai ini dikenal dengan keberadaan lumba-lumbanya. Hingga, patung ini seolah memperjelas keberadaan Lovina yang kuat dengan satu hewan laut ini.

Patung ini dibuat dalam bentuk seperti tugu karena ada bentuk lumba-lumba di atas tugunya. Di sekitarnya dibuat seperti taman kecil dengan tempat duduk untuk memberikan ruang bagi pengunjung untuk beristirahat. Di tugu ini disertai papan nama yang tertulis Pantai Lovina sebagai nama dari pantai ini.

Pantai ini dikenal sebutan nama Lovina yang dari dua kata yakni love dan Ina yang bertemakan cinta Indonesia. Namun, makna ini tidak sesuai makna kata yang dimaksudkan di awal penciptaan kata Lovina untuk nama pantai ini.

Tidak seperti umumnya pantai lainnya di sejumlah wilayah di nusantara yang mewajibkan pengunjung untuk bayar tiket masuk, di pantai ini tiap pengunjung bisa memasuki area pantai secara gratis alias tidak perlu membayar.

Ongkos yang akan dikeluarkan oleh pengunjung ialah biaya sewa perahu atau kapal yang hendak mengantarkan mereka ke tengah laut.

Pengusung nama pertama untuk pantai ini dengan kata Lovina ialah Panji Tisna di tahun 1953. Memang, Lovina dimaksudkan berasal dari dua kata yakni Love dan Ina.

Tetapi, untuk arti Ina sendiri tidak bermakna Indonesia tetapi memiliki makna ibu yang merupakan bahasa Bali. Sehingga, yang ditujukan dari kata Lovina ini ialah cinta ibu atau cinta ibu leluhur atau pertiwi.

Makna atau arti apa pun yang dipahami oleh warga masih tetap tidak mengaburkan arti dari pantai ini yang berarti sebagai cinta ke ibu atau ibu pertiwi yang tak lain ialah Indonesia itu sendiri. Pantai ini juga terkenal dengan nama Lovina.

Keelokan Pantai Lovina

Tak seperti kebanyakan pantai yang terdapat pada bagian Selatan Bali, pantai pada bagian utara Bali ini masih tetap populer dengan nuansa pemandangan alamnya yang sunyi dan asri.

Inilah yang menjadi daya tarik khusus pantai ini. Bahkan juga, dari sekian pantai yang berada di kawasan Utara Bali, pantai inilah yang paling banyak dikenali oleh wisatawan karena sanggup memberikan kenyamanan tersendiri.

Keelokan Pantai Lovina
Keelokan Pantai Lovina (sumber: Google Maps: sakotrikayana)

Dengan pantai berpasir hitam ini, wisatawan bisa menjadikannya sebagai background fotografi yang memikat dan lain dari pantai yang lainnya.

Perbedaan lain yang bisa dijumpai di pantai ini ialah keelokan pemandangan matahari tenggelam dan terbit. Kehadiran pantai yang menghadap ke segi utara membuatnya tidak mampu memberi pemandangan matahari secara penuh.

Bila pengunjung pantai tertarik untuk nikmati panorama matahari secara penuh, yang perlu dilakukan ialah menaiki perahu menuju ke tengah laut.

Disini akan didapatkan pemandangan matahari terbit dan terbenam secara penuh dengan kekhasan kenyamanan berada di tengah laut. Pasti memberi kesan yang jelas berbeda dibandingkan ada di pinggir pantai.

Keindahan khusus yang dirasa oleh pengunjung dari Pantai Lovina ini selain dari keelokan pantainya ialah keberadaan lumba-lumba di tengah laut yang berenang dan bisa dinikmati oleh siapa pun yang berada di pantai ini. Bahkan juga, inilah yang menjadi grand image dari pantai ini yakni kegiatan lumba-lumba di tengah laut.

Tergantung musim yang ada, akan bisa dilihat puluhan sampai ratusan lumba-lumba di tengah laut Pantai Lovina ini.

Biasanya, pengunjung akan sewa perahu untuk menuju ke tengah laut buat menikmati hewan laut yang satu ini.

Pemandangan ini umumnya bisa dinikmati pada pagi hari. Yang lebih menantang ialah umumnya perahu-perahu tradisional ini akan siap untuk memburu lumba-lumba yang ada.

Terjadi kejar-kejaran di antara lumba-lumba dan perahu tradisional yang dinaiki oleh para pengunjung pantai. Tidaklah heran, bila ada beberapa perahu tradisional yang lakukan hal yang masih sama, yakni mengejar lumba-lumba.

Keadaan perairan di laut Pantai Lovina cukup tenang. Sehingga, perahu-perahu tradisional bisa berlayar dengan nyaman mengantarkan pengunjung menemui lumba-lumba yang melakukan aktivitasnya.
Ada lumba-lumba yang melompat-lompat ke atas dan ada juga yang sekadar berenang. Panorama tengah laut di ramaikan lumba-lumba yang beratraksi tentu adalah pengalaman tersendiri yang menggembirakan.

Disamping itu, perairan laut Pantai Lovina yang tenang memungkinkannya untuk para pengunjung untuk menyelam atau berenang.

Umumnya, pihak pengurus perahu ini telah mempersiapkan semua perlengkapan untuk ini. Pengunjung yang berenang atau menyelam dapat sambil memegang tali yang diikatkan di perahu. Selanjutnya, pengunjung akan berenang mengikuti lumba-lumba yang bergerak dengan lincahnya.

Tidak cuma tentang lumba-lumba, bila pengunjung memutuskan untuk menyelam, maka mereka akan disajikan pemandangan dalam laut dari laut Lovina yang juga sangat cantik.

Ada beragam macam biota laut yang membuat sebuah kehidupan yang cantik. Tidak kalah cantiknya bila dibandingkan menyelam di bagian pantai lain yang berada di Pulau Bali ini.

Bahkan juga, karena keindahan biota laut di Pantai Lovina ini menjadikan sebagai salah satu tempat konservasi terumbu karang.

Pada tempat inilah dijaga dan dilestarikan aneka macam biota laut yang menambah cantiknya pemandangan bawah laut. Tempat ini jadi tujuan para ilmuwan untuk melakukan konservasi biota laut.

Durasi penyewaan perahu tradisional untuk berenang atau menyelam ini atau hanya sekedar menyaksikan lumba-lumba berenang sekitar dua jam.

Umumnya yang hendak mengantar ialah para nelayan disekitaran kawasan pantai ini. Mereka menjadikan ini sebagai satu mata pencarian sehari-hari.

Ongkos yang perlu dibayarkan untuk service ini cukup terjangkau. Harga paket sewa perahu dibayar per orang sebesar Rp.150.000,-.

Harga ini telah termasuk sewa perahu untuk menuju tengah laut Lovina dan pengemudi perahu yang hendak mengantar pengunjung ke tengah laut.

Diberi juga perlengkapan keamanan berupa jaket pelampung sebagai alat pelindung diri. Kemampuan perahu sanggup menampung lima orang.

Bila pengunjung ingin beraktivitas tambahan seperti berenang atau menyelam, ini dapat dikomunikasikan lebih dulu dengan pihak penyewa perahu.

Tentunya, servis tambahan ini menjadi prioritas mereka buat memberi kenyamanan untuk setiap pengunjung pantai, khususnya penyewa perahu.

Tour menikmati pemandangan lumba-lumba di tengah laut Lovina ini jadi hal yang terkenal dan dipilih oleh kebanyakan pengunjung pantai Lovina ini.

Hingga, akan bisa ditemukan banyak perahu yang sama berlayar menuju tengah laut dengan tujuan yang sama. Hal inilah yang membuat terkadang di saat-saat tertentu, lumba-lumba seolah enggan untuk menampakan diri.

Karena itu, supaya lebih bebas saat menyaksikan pemandangan lumba-lumba ini, seharusnya menunggu perahu-perahu lainnya untuk kembali ke pantai.

Ketika inilah, lumba-lumba akan semakin nyaman menampakan diri dan bisa kamu nikmati pemandangan tersebut.

Lokasi dan Rute Akurat menuju Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi sobat wisata yang berasal dari luar pulau Jawa dan menuju ke Bandara Ngurah Rai, jaraknya sekitar 92 km dengan waktu tempuh hampir mencapai 2 jam.

Lokasi dan Rute Akurat menuju Pantai Lovina
Lokasi dan Rute Akurat menuju Pantai Lovina (sumber: Google Maps: Dayu Mas)

Jika kamu memilih masuk ke Bali melalui jalur laut, maka jarak yang ditempuh sekitar 78 km dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Untuk mencapai Pantai Lovina dari Pelabuhan Gilimanuk, arahkan kendaraan kamu menuju Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk sejauh 2,7 km.

Setelah itu, masuk ke Jalan Singaraja – Gilimanuk sejauh 75 km. Selanjutnya, beloklah ke Jalan Binaria hingga kamu akan tiba di lokasi Pantai Lovina.

Lokasi lengkap menuju pantai Lovina:

Alamat: Anturan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

Sarana Pantai Lovina

Sebetulnya, sarana yang dihadirkan di Pantai Lovina ini nyaris sama dengan sarana yang berada di kebanyakan pantai yang lainnya.

Sebut saja dari rumah makan sebagai penunjang rekreasi kuliner untuk tiap pengunjung pantai.

Ada bermacam menu masakan yang dijajakan buat memanjakan lidah pengunjung setelah capek menikmati dan menyusuri pantai dan melakukan perjalanan ke tengah laut.

Rumah makan yang ada juga cukup benar-benar beragam dan banyak. Tempat satu rumah makan cukup luas agar bisa dinikmati oleh banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.

Di sepanjang pantai, ada beberapa pondok maupun toko yang bisa dipakai untuk istirahat untuk setiap pengunjung maupun sebagai tempat jual barang-barang kerajinan asal Bali ini.

Sarana Pantai Lovina
Sarana Pantai Lovina (sumber: Google Maps: Dayu Mas)

Ada juga beberapa pohon yang menjulang tinggi dan atas kerindangannya mampu menambahkan nuansa sejuk dan asri dari pantai ini.

Disamping itu, ada juga sarana berupa hotel untuk peristirahatan. Harga hotel yang ditawarkan disekitaran kawasan Pantai Lovina ini sangat terjangkau.

Ada banyak nama hotel yang dapat jadi referensi untuk pengunjung. Harga yang ditawarkan sekitar seratus ribu sampai dua ratus ribu untuk biaya per malamnya.

Tidak itu saja, di sepanjang jalan menuju pantai Lovina ini, para pengunjung dapat untuk menikmati objek wisata lain yang tidak kalah menariknya.

Ada puri Kaliasem yang menjadi salah satu tempat beribadah warga Bali, khususnya masyarakat disekitaran pantai yakni yang berada di Kecamatan Buleleng.

Di wilayah Kalibukbuk yang searea dengan pantai ini ada wisata sejarah berbentuk Candi Stupa Kalibukbuk dan Arca Sri Maha Ganesha sebagai salah satu dewa terkenal di agama ini.

Tidak itu saja, di Lovina ini dihiasi patung Krisna dan Krisna Lila yang ada di wilayah Kemukus. Patung Tour Lumba-lumba ikut menghias keberadaan Lovina sebagai satu wilayah yang dikenal lumba-lumbanya. Patung ini ada di wilayah Kemukus.

Selain rekreasi sejarah dan religi serta tempat pantai yang dijadikan sebagai rekreasi alam, di sekitar Pantai Lovina ini ada rekreasi air terjun yang tidak kalah menariknya.

Air terjun ini bernama Sing Sing yang ada di wilayah Kemukus. Di lokasi ini, pengunjung bisa juga nikmati keelokan alam sambil bermain air atau mandi di bawah guyuran air terjun.

Inilah kelengkapan wisata yang berada di Pantai Lovina. Tidak hanya berupa pantai yang dikenal wisata menikmati kegiatan lumba-lumba di tengah laut.

Lovina adalah satu wilayah wisata di kawasan Utara Bali yang dikelilingi beragam macam tempat wisata lainnya. Semua sanggup memanjakan para wisatawan untuk memperoleh kepuasan rekreasi sepanjang ada di lokasi ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Lovina

Bagi kamu yang ingin menikmati pesona dari objek wisata ini, tak perlu membayar tiket masuk ke Pantai Lovina. Cukup bayar biaya parkir mobil sebesar 10 ribu rupiah dan motor sebesar 5 ribu rupiah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Lovina
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Lovina (sumber: Google Maps: Alvin Dwi Sasmara)

Namun, untuk menikmati sajian utama objek wisata ini, kamu diwajibkan membayar sejumlah 150 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Dengan tarif tersebut, kamu akan mendapatkan fasilitas yang cukup mumpuni, seperti perahu dan pengemudi yang akan membawa kamu menuju objek wisata. Selain itu, kamu akan disediakan sarapan pagi, jaket, dan pelampung.

Bagi yang tidak menginginkan sarapan pagi, cukup membayar 110 ribu hingga 150 ribu rupiah saja.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Selasa24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Rabu24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Kamis24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Jumat24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Sabtu24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000
Minggu24 JamGratisRp. 5.000Rp.10.000

Harap diketahui, beberapa tarif di Pantai Lovina dapat berubah sewaktu-waktu.

Pantai Lovina tidak memiliki jam operasional resmi, jadi pengunjung dapat datang kapan saja. Namun, bagi mereka yang ingin menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, ada waktu-waktu tertentu yang perlu diperhatikan.

Untuk melihat lumba-lumba di perairan Lovina, disarankan bagi wisatawan datang pada pagi hari sebelum pukul 05.00 WITA. Pada jam-jam tersebut, biasanya lumba-lumba sedang aktif melompat dan bermain, terutama antara pukul 06.00 hingga 08.00 waktu setempat.

Jadi, datanglah sesuai dengan waktu tersebut agar tidak melewatkan momen spektakuler tersebut.

Rekomendasi Penginapan Sekitaran Pantai Lovina yang Terjangkau

Pantai Lovina di Bali adalah surga wisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Selain keindahan pantainya yang eksotis, kamu juga membutuhkan tempat menginap yang nyaman dan memuaskan selama berlibur di sana.

Berikut ayowisata.co.id telah menyediakan lima hotel terbaik yang berlokasi dekat Pantai Lovina, dengan fasilitas mewah dan pelayanan yang memuaskan untuk memastikan liburan kamu menjadi pengalaman tak terlupakan:

1. Kubu Elsa Bali

Kubu Elsa Bali
Kubu Elsa Bali (sumber: Google Maps Kubu Elsa Bali)

Kubu Elsa Bali adalah pilihan sempurna untuk para wisatawan yang mencari akomodasi yang indah dan romantis. Terletak hanya beberapa langkah dari pantai, hotel ini menawarkan vila-vila pribadi yang luas dan dilengkapi dengan fasilitas modern.

Desain interior yang cantik dan kolam renang pribadi menambah sentuhan mewah untuk tinggal kamu di sini. Jangan lewatkan pengalaman menakjubkan menikmati pemandangan matahari terbenam di tepi pantai Lovina yang terkenal.

Dengan staf ramah dan layanan terbaik, Kubu Elsa Bali akan menjadikan liburan kamu di Bali semakin istimewa.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 291.766 per malam

Booking Penginapan Kubu Elsa Bali Diskon 74%

2. Puri Lovina Edhotel

Puri Lovina Edhotel adalah pilihan akomodasi yang ideal bagi keluarga dan wisatawan yang mencari lingkungan yang nyaman dan bersahaja.

Puri Lovina Edhotel
Puri Lovina Edhotel (sumber: Google Maps: Ning Yastini)

Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Nikmati suasana hangat dan layanan ramah dari staf hotel yang siap memberikan bantuan dengan senyum.

Dengan lokasinya yang strategis, kamu bisa dengan mudah menjelajahi Pantai Lovina dan tempat-tempat menarik di sekitarnya. Jangan lewatkan sarapan lezat mereka yang bisa menjadi awal yang sempurna sebelum memulai petualangan harimu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 569.500 per malam

Booking Penginapan Puri Lovina Edhotel Diskon 93%

3. Boutique Hotel Rambutan

Boutique Hotel Rambutan adalah perpaduan harmonis antara tradisi Bali yang kaya dan kenyamanan modern. Hotel ini menawarkan suasana yang tenang dan menenangkan di tengah-tengah taman tropis yang indah. Kamar-kamar berdesain unik memberikan pengalaman menginap yang berbeda dari biasanya.

Boutique Hotel Rambutan
Boutique Hotel Rambutan (sumber: Google Maps: Hotels)

Kamu juga bisa menikmati layanan spa yang menenangkan setelah seharian berkeliling Pantai Lovina.

Terletak di lokasi yang tenang namun dekat dengan objek wisata utama, Boutique Hotel Rambutan adalah pilihan yang sempurna untuk wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 400.000 per malam

Booking Penginapan Boutique Hotel Rambutan Diskon 55%

4. Lovina Oasis Hotel

Lovina Oasis Hotel menyajikan kemewahan di tepi pantai Lovina. Hotel ini menawarkan vila-vila megah dengan pemandangan laut yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Lovina Oasis Hotel
Lovina Oasis Hotel (sumber: Google Maps: Hotels)

Dengan kolam renang pribadi, kamu bisa menikmati momen tenang sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Desain arsitektur yang modern dan elegan menciptakan suasana yang menyenangkan di sepanjang liburan kamu.

Dengan berbagai fasilitas lengkap, termasuk restoran yang lezat dan spa mewah, Lovina Oasis Hotel akan memanjakan kamu dengan kemewahan dan kenyamanan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 387.500 per malam

Booking Penginapan Lovina Oasis Hotel Diskon 65%

5. Hotel Melamun

Hotel Melamun adalah pilihan terbaik untuk para wisatawan yang peduli dengan lingkungan dan mencari pengalaman menginap yang bertanggung jawab.

Hotel Melamun
Hotel Melamun (sumber: Google Maps: Astri Purwadhanty)

Dengan komitmennya terhadap keberlanjutan, hotel ini menyajikan suasana yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan kualitas dan kenyamanan. Kamar-kamarnya yang bersih dan nyaman menawarkan pemandangan taman tropis yang menyejukkan.

Staf hotel yang ramah siap memberikan informasi tentang kegiatan ekowisata di sekitar Lovina. Dengan lokasinya yang dekat dengan pantai, kamu bisa menikmati keindahan alam dengan bertanggung jawab selama menginap di Hotel Melamun.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 320.775 per malam

Booking Penginapan Sekitar Pantai Lovina DISKON 75%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like