Pantai Manggar di Kalimantan Timur: Menikmati Lembayung Senja Hingga Melakukan 8 Aktivitas yang Tiada Habisnya

Liburan kali ini mau kemana? Mau ke pantai yang ada banyak fasilitasnya dan pastinya seru? Ayo ke Pantai Manggar Kalimantan Timur saja!

Gelombang ombak di pantai ini cenderung kecil dan tidak berbahaya sehingga siapa saja bisa berenang dengan aman mulai dari tepian hingga hampir ke tengah laut.

Bermain pasir, tanding reli voli, dan piknik di pantainya akan mengasyikkan. Jika tidak mau lama terkena panas, kamu bisa berjalan di sepanjang pesisir pantai dimana terdapat pohon-pohon cemara yang teduh sambil sesekali berfoto.

Main di Pantai Manggar Seperti di Taman Komplek

Main di Pantai Manggar Seperti di Taman Komplek
(sumber gambar: GoogleMaps_Haris Putra Nasution)

Suasana di Pantai Manggar tak ubahnya seperti kita berjalan ke taman dekat rumah lalu mulai bermain membangun rumah pasir, adu voli dengan beberapa orang teman menggunakan net yang sudah disediakan pengelola pantai, naik sepeda mengitari pantai, berenang, mengubur badan dengan pasir, berfoto ria, dan santai di bawah cemara yang teduh atau di atas gazebo.

Bedanya di Pantai Manggar kamu bisa melakukan water sport seru seperti naik banana boat berlima, naik jet ski bersama pemandu, hingga melakukan pelayaran singkat dengan perahu sampai ke tengah laut yang pasti sangat berkesan. Kalau sudah terasa lapar, kamu bisa membuka kotak makanan yang dibawa dari rumah atau makan seafood di restoran pinggir pantai.

Bermain ke Pantai Manggar bisa kamu lakukan dengan datang sendiri naik motor.Lalu, kamu bisa membeli tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah. Kamu juga bisa datang bersama rombongan menggunakan bus besar dengan biaya parkir tertentu.

Begitu sampai di kawasan pantai seluas 13 kilometer ini, kamu akan disambut hamparan pasir putih kecoklatan dengan deretan pohon pinus di pinggirnya. Selanjutnya kamu tinggal memilih akan melakukan apa dulu di pantai yang juga dikenal nama Pantai Manggar Segara Sari ini.

Lokasi Tempat dan Rute Pantai Manggar

Lokasi Tempat dan Rute Pantai Manggar
(sumber gambar: GoogleMaps_Tejo Yaoo)

Jika kamu mencari alamat Pantai Manggar di aplikasi maps, kamu akan menemukan Jalan Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur.

Lokasi pantai ini jaraknya sekitar 20 km dari pusat Kota Balikpapan dan aksesnya mudah ditempuh moda transportasi apapun baik motor, mobil pribadi, bus, dan transportasi umum lainnya seperti taksi online. Bandara Sepinggan yang berjarak 9 km saja dari pantai sering ramai oleh para calon pengunjung Pantai Manggar.

Rute menuju Pantai Manggar bisa kamu tempuh melalui beberapa jalur sebagai berikut:

    • Jalur Bandara Sepinggan: Kamu yang berada di luar kota bisa naik pesawat sampai di Bandara Sepinggan lalu dari sana bisa naik motor, taksi, atau menyewa mobil pribadi dan bus jika bersama rombongan menuju Pantai Manggar. Ada juga yang sampai menyewa kamar hotel di dekat pantai sehari sebelumnya untuk bisa mendapatkan waktu yang santai untuk ke pantai bersama-sama.
    • Jalur Terminal Damai: Jika kamu sudah berada di Terminal Damai, kamu bisa langsung cari transportasi umum berwarna hijau tua dengan nomor 7 yang akan berhenti di Terminal Manggar. Namun jika angkutan biasanya selalu penuh atau tak kunjung datang, kamu bisa menyetop taksi atau mencari ojek motor di sekitar.
    • Jalur Kelurahan Manggar Baru dan Kelurahan Lamaru: Keduanya menjadi jalur yang sering dilalui oleh para pengunjung pantai yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Sangat mudah menemukan pantai ini karena ada banyak papan petunjuk yang memberi informasi mengenai lokasi Pantai Manggar di sepanjang jalur itu.
    • Jalur Samarinda: Untuk kamu yang berada di sekitar Samarinda, kamu harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 3 jam menuju Kota Balikpapan. Kamu bisa melewati jalan tol atau rute lain seperti Bukit Soeharto.
    • Jalur Penajam: Kamu yang berangkat dari Penajam juga bisa langsung saja menuju Bandara Sepinggan ke arah barat. Ini merupakan Jalan Mulawarman yang sangat mulus tanpa cela dan terdapat jembatan yang cukup panjang. Kamu hanya harus mengikuti jalan sampai melewati GOR lalu pintu keluar Tol Manggar. Area Pantai Manggar ada di sebelah kanan dari sungai kedua setelah keluar tol. Dari sana kamu akan mendapatkan petunjuk berupa baliho yang mengarahkan langsung ke pantainya.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Manggar:

Alamat: Jalan Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Manggar

Jam Operasional
Hari
Harga Tiket MasukParkir
DewasaAnak-anakTuris AsingMotorMobilBus
06.00 WITA – 18.00 WITASeninRp 15.000Rp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITASelasaRp 15.000Rp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITARabuRp 15.000Rp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITAKamisRp 15.000Rp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITAJumatRp 15.000Rp 10.000Rp 20.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITASabtuRp 20.000Rp 15.000Rp 25.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000
06.00 WITA – 18.00 WITAMingguRp 20.000Rp 15.000Rp 25.000Rp 5.000Rp 15.000Rp 30.000

Terdapat beberapa jenis tiket masuk untuk mengunjungi tempat wisata ini. Untuk anak-anak, harga tiketnya adalah Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada akhir pekan. Sedangkan untuk dewasa, tiket masuknya seharga Rp 15.000 pada hari kerja dan Rp 20.000 pada akhir pekan.

Bagi wisatawan asing, tiket masuknya adalah Rp 20.000 pada hari kerja dan Rp 25.000 pada akhir pekan. Selain itu, terdapat juga tiket khusus untuk kendaraan, dimana untuk kendaraan roda 2, tiketnya adalah Rp 5.000, untuk roda 4 seharga Rp 15.000.

Dan untuk kendaraan roda 6 tiketnya sebesar Rp 30.000. Dengan beragam jenis tiket yang tersedia, pengunjung dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka ketika mengunjungi tempat wisata ini.

Pantai ini selalu ramai pengunjung. Oleh karena itu, kamu sebaiknya benar-benar memperhitungkan waktu kedatangan sesuai jam operasional pantai yaitu mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore saja.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Manggar

Pantai Manggar terletak di Kalimantan Timur, Indonesia, dan merupakan tempat yang indah untuk menikmati berbagai aktivitas pantai. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Manggar:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Manggar
(sumber gambar: GoogleMaps_wahyu alwi)

1. Bersantai Di Gazebo

Banyak pengunjung yang menyewa gazebo begitu sampai di Pantai Manggar karena di sana lebih terasa nyaman, tidak kepanasan, dan angin mengalir dengan tenang di dalamnya. Kamu bisa membayar biaya sewa gazebo sebesar empat ratus ribu rupiah untuk seharian selama berada di sana.

Kamu juga bisa membuka kotak bekal dalam gazebo dan mulai memakannya sambil menikmati pemandangan pantai dengan gelombang laut yang menenangkan.

Penyewaan gazebo ini bersifat opsional karena kamu bisa menggelar alas seperti tikar yang dibawa dari rumah di atas pasir. Sambil menyantap makanan dan menikmati minuman dingin yang kamu bawa, kamu juga bisa sambil mengawasi anak-anak yang mulai seru bermain di pasir atau berenang di tepian pantai.

2. Bermain Voli

Mungkin anak-anak yang baru kali ini berkunjung ke Pantai Manggar merasa takjub saat melihat ada net voli di pantai. Mereka tidak sabar untuk bermain bola voli bersama saudara-saudaranya atau orang-orang yang tertarik bergabung bersama permainan mereka. Biarkan saja anak-anak bermain voli karena keseruan itu mungkin jarang mereka temui di luar area pantai.

Selesai bermain voli, anak-anak biasanya suka bermain pasir dengan mengubur tubuh teman sepermainannya atau mendirikan bangunan istana. Mengubur setengah badan dengan pasir lalu kepala menengadah ke atas sambil menikmati pancaran sinar matahari tampak sangat seru.

Bermain Voli
(sumber gambar: GoogleMaps_bambang hartono)

3. Berinteraksi dengan Biota Laut Lebih Dekat

Berenang di tepian laut mungkin sudah biasa saat kita berkunjung ke sebuah pantai yang cukup jauh dari rumah. Di Pantai Manggar kamu bisa mencoba hal baru dengan naik perahu berlayar hingga ke tengah untuk berinteraksi lebih dekat dengan biota laut di sekitarnya. Juga ada kapal air dengan pengemudi berpengalaman yang bisa mengajak kamu menuju tengah laut.

Kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa sampai ke tengah laut selama beberapa waktu. Saat berada di atas perahu yang terombang-ambing tenang itu kamu bisa menjulurkan kaki ke bawah untuk memancing biota laut di sekitarnya mendekat. Tetap waspada saat melakukannya agar kamu tidak terlonjak kaget saat beberapa spesies ikan mendekati kaki kamu.

4. Naik Banana Boat

Untuk sesuatu yang lebih cepat dan menantang di Pantai Manggar, kamu bisa mencoba bermain banana boat bersama empat teman lainnya. Wahana watersport ini cukup menantang dimana kita akan diajak berkeliling pantai dengan tingkat kecepatan tertentu di atas perahu karet berbentuk pisang yang tampak butuh usaha saat menaikinya.

Kamu bisa membayar 150 ribu rupiah untuk sekali main banana boat bersama 4 sampai 5 orang lainnya. Murah bukan mengingat kamu perlu membayar sekitar tiga puluh ribuan rupiah saja untuk tiga kali putaran banana boat.

Terkadang ada pertunjukan yang ditunjukkan oleh pemandu dimana dia akan tiba-tiba berhenti lalu membalikkan banana boat dan saat itu juga para penumpang akan tercebur ke air. Kamu bisa kok meminta pada si pemandu untuk tidak melakukan aksi itu jika dirasa itu terlalu mengerikan dan beresiko.

Naik Banana Boat

5. Naik ATV atau Sepeda

Kamu harus mencoba semua fasilitas yang disediakan di Pantai Manggar selama waktunya cukup. Mungkin kamu menginap di hotel sekitar pantai selama beberapa hari. Gunakan waktu itu untuk mencoba semua tanpa ragu.

Ada begitu banyak unit ATV yang disediakan oleh pengelola Pantai Manggar. Jangan khawatir tidak kebagian kesempatan untuk menyewa kendaraan semi yang bisa untuk berdua ini. Satu ATV bisa kamu sewa mulai dari harga 100 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah per jam.

Selama waktu sewanya cukup, kamu bisa mengendarai ATV bergantian dengan rekan rombongan. Mengelilingi area pantai dengan semilir anginnya yang sejuk tentu bisa membuat kamu lupa waktu sehingga butuh waktu tambahan.

Selain naik ATV, kamu juga bisa menyewa sepeda untuk bisa mengelilingi pantai layaknya penduduk lokal yang akan bersepeda santai sambil menikmati sore yang teduh.

6. Naik Jet Ski

Merasa bosan karena aktivitas bermain di pantai itu-itu saja? Kamu bisa mencoba naik jet ski di Pantai Manggar. Ada jet ski yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk para pengunjung bisa mengelilingi lautan selama 6 kali atau sepanjang 4 kilometer.

Pengunjung dapat membayar sewa jet ski sebesar lima puluh ribu rupiah untuk bisa mengendarai satu jet ski. Jika belum pernah sama sekali melakukannya, kamu akan dibimbing oleh seorang pengemudi berpengalaman.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengendarai jet ski diantaranya:

    • Perhatikan Instruksi Keamanan: Sebelum terjun langsung mengendarai jet ski, para penyewa akan diberikan briefing singkat mengenai cara berkendara jet ski yang tepat. Seperti motor matic yang sering kita kendarai, mengendarai jet ski juga begitu adanya hanya bedanya ini di laut. Dengan memperhatikan apa kata instruktur jet ski, kamu akan bisa menguasai motor matic laut ini dengan cepat. Instruktur Jet Ski mungkin akan memberikan informasi mengenai cara menyalakan mesin dengan terlebih dahulu memasang kunci. Selanjutnya kamu bisa tekan tombol start. Tidak berselang lama setelah mesin menyala, kamu bisa beralih ke tombol yang ada di kemudi sebelah kanan untuk gas dan kemudi sebelah kiri untuk rem. Jika kamu ingin berhenti, kamu perlu tekan tombol rem lalu tekan tombol start. Dan untuk mundur, kamu cukup menekan tombol di dua kemudi tadi.
    • Life Vest Terpasang Dengan Baik: Jaket pelampung ialah pakaian yang wajib kamu kenakan selama berkendara dengan jet ski. Kamu akan terombang-ambing di atas kendaraan bermotor berkecepatan tinggi ini dengan hempasan air yang kuat. Pelampung berfungsi untuk melindungi tubuh saat berada di atas jet ski maupun saat kamu terlempar ke air secara tidak sengaja akibat kehilangan keseimbangan.
    • Kunci Jet Ski: Kaitkan kunci jet ski pada pelampung kamu selama melakukan putaran. Jika sewaktu-waktu tubuh kamu terjatuh ke air, kunci jet ski ini akan terlepas dan otomatis membuat mesinnya mati.
    • Kondisi Badan: Orang yang mengendarai jet ski haruslah yang berbadan kuat, kondisinya sempurna, dan mental kokoh. Jika kamu takut dengan air, mengalami mental turun saat mendengar deru mesin jet ski, dan terasa mual saat terombang-ambing di tengah laut, maka lebih baik jangan naik jet ski kali ini.
    • Menggunakan Lintasan Yang Disediakan: Naik jet ski di Pantai Manggar sama seperti di pantai lainnya yaitu harus melalui lintasan yang telah ditentukan. Mungkin kamu sudah jago mengendarai jet ski selama briefing sekian menit saja. Namun, kamu harus tetap berada pada lintasan yang sudah ditentukan agar tidak mengundang bahaya.
Naik Jet Ski
(sumber gambar: GoogleMaps_Emma Kurnia Sari)

7. Mengambil Jepretan Keren

Bermain di pantai yang jauh dari rumah seperti Pantai Manggar tidak lengkap rasanya tanpa memotret spot-spot dan hal menarik. Kamu bisa bebas berfoto di pantai ini menggunakan kamera ponsel atau kamera profesional kamu selama wajar dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Setelah puas berfoto bersama rombongan piknik, kamu juga bisa mengambil jepretan keren di sekitar kamu. Kamu mungkin melihat banyak orang bermain layang-layang di pantai yang luas ini. Abadikan momen yang selaras dengan langitnya yang indah sesegera mungkin. Lalu, arahkan kamera kamu ke beberapa penjual mainan tradisional di sekitar pantai.

Buatlah cerita perjalanan menarik di Pantai Manggar dan bagikan ke teman-teman media sosial kamu dengan hashtag yang tepat. Cerita kamu akan menjadi oleh-oleh yang bagus sekaligus promosi untuk semakin mengenalkan pantai ini ke mancanegara.

8. Kulineran

Mungkin kamu tidak sempat menyiapkan bekal saat akan pergi piknik ke pantai ini. Tak perlu cemas karena di sekitar area Pantai Manggar terdapat banyak makanan berupa lapak kaki lima dimana makanannya beragam dan sudah approved enak.

Tidak hanya berupa makanan laut, para penjual makanan di sana menjual makanan umum lainnya sepert bakso, soto, sate, nasi campur, nasi rawon, pangsit, gado-gado, dan masih banyak lagi.

Aneka minuman menyegarkan seperti es kelapa, es cendol, es campur, dan minuman racikan juga ada di sana. Kamu dijamin tidak menderita kelaparan dan kehausan usai bermain seru-seruan di pantai.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Manggar di Kalimantan Timur

Di sekitar Pantai Manggar, Kalimantan Timur, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan dekat Pantai Manggar, Kalimantan Timur:

1. Horison Ultima Bandara Balikpapan

Horison Ultima Bandara Balikpapan
(sumber gambar: Tiketdotcom)

Jika rencana kegiatan kamu memerlukan ruang yang luas, Horison Ultima Bandara Balikpapan adalah pilihan yang sempurna. Hotel ini tidak hanya menawarkan ruang pertemuan yang luas, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memastikan kenyamanan kamu selama menginap.

Dengan WiFi yang dapat diandalkan, kemudahan parkir, kenyamanan AC, dan layanan resepsionis 24 jam yang ramah, kamu bisa bersantai dan menikmati pengalaman menginap yang menyenangkan di sini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 477.000 per malam

2. Best Inn Hotel Balikpapan

Best Inn Hotel Balikpapan
(sumber gambar: Travelokadotcom)

Terletak strategis di Pusat Kota Balikpapan, Best Inn Hotel adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi kota ini. Dengan jarak yang dekat dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (BPN), serta berbagai tempat menarik seperti Ocean’s Resto dan E-Walk Mall Balikpapan.

Hotel ini memastikan kamu tidak kehabisan aktivitas. Fasilitas seperti Wi-Fi gratis, tempat parkir gratis, AC yang menyegarkan, dan sarapan yang lezat akan menambah kesempurnaan pengalaman menginap kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 323.000 per malam

3. Grand Tjokro Balikpapan

Grand Tjokro Balikpapan
(sumber gambar: Agoda)

Grand Tjokro Balikpapan tidak hanya menawarkan kemewahan, tetapi juga kenyamanan yang dekat dengan Bandara Sepinggan. Properti ini tidak hanya memiliki fasilitas mewah seperti kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, dan layanan pijat.

Tetapi juga dekat dengan atraksi dan restoran terkenal. Dengan layanan resepsionis 24 jam dan shuttle bandara yang efisien, kamu akan merasa dijemput dengan hangat di sini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 578.163 per malam

4. ibis Balikpapan

ibis Balikpapan
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Pusat Kota Balikpapan, ibis Balikpapan menawarkan kenyamanan tingkat tinggi bagi para tamu. Properti ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang uap, kolam renang luar ruangan, dan layanan pijat untuk membantu kamu bersantai sepenuhnya.

Dengan layanan shuttle bandara yang mudah diakses, pusat kebugaran yang lengkap, dan WiFi gratis di semua kamar, kamu akan merasa seperti di rumah di sini.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 345.815 per malam

5. The Malibu Suites

The Malibu Suites
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Pusat Kota Balikpapan, The Malibu Suites menawarkan pengalaman menginap mewah yang tak tertandingi. Dengan akses mudah ke atraksi dan objek wisata lokal, serta fasilitas seperti kolam renang luar ruangan, spa, dan layanan pijat, hotel ini memastikan kenyamanan dan kesenangan kamu selama menginap.

Dengan layanan shuttle bandara yang nyaman, penyewaan sepeda untuk menjelajahi kota, dan WiFi gratis di semua kamar, setiap momen di sini akan menjadi tak terlupakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 599.000 per malam

Mencoba Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

Kalimantan Timur, atau yang biasa disingkat menjadi Kaltim, memiliki beragam makanan khas yang menggambarkan kekayaan budaya dan keanekaragaman kuliner di wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang patut dicoba:

Mencoba Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

    • Sate Payau: Sate yang terbuat dari daging rusa dan dibumbui dengan rempah khas Kalimantan Timur. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang pedas dan irisan bawang merah.
    • Sambal Raja: Sambal khas Kalimantan Timur yang pedas dan memiliki rasa yang kaya karena menggunakan berbagai rempah-rempah tradisional.
    • Nasi Bekepor: Nasi yang dimasak dengan menggunakan daun pandan sehingga memiliki aroma yang khas. Biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ikan bakar atau ayam goreng.
    • Gence Ruan: Masakan tradisional Kalimantan Timur yang terbuat dari ikan gabus yang dimasak rica-rica dengan rempah-rempah yang khas.
    • Nasi Kuning: Nasi yang dimasak dengan kunyit sehingga memiliki warna kuning cerah. Biasanya disajikan dengan telur, ayam, atau ikan serta acar.
    • Sayur Asam Kutai: Sayur asam khas daerah Kutai yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, labu siam, dan terong yang dimasak dengan kuah asam segar.
    • Rabo Ruan: Sajian tradisional Kalimantan Timur yang terbuat dari daging ikan gabus yang diolah menjadi abon dengan bumbu khas daerah.
    • Amplang: Camilan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan lainnya yang digoreng hingga kering. Rasanya gurih dan renyah.
    • Abon Kepiting Samarinda: Abon yang terbuat dari daging kepiting yang diolah menjadi serat halus dan kering. Biasanya dimakan sebagai lauk atau camilan.
    • Gula Gait: Camilan manis tradisional Kalimantan Timur yang diproses dari nira aren. Biasanya dimakan untuk camilan dan bentuknya menyerupai kayu.

Penutup

Pantai Manggar memiliki eksotismenya sendiri yang berbeda dari pantai-pantai lainnya di Pulau Kalimantan. Kamu harus menyempatkan datang kesini agar bisa merasakan keseruan piknik di pantainya yang tenang dan menarik. Jangan lupa untuk mengajak teman seperjalanan yang mengasyikkan agar liburan kali ini terasa semakin seru.

You might also like