Pantai Marina Lampung: Destinasi Tersembunyi yang Akan Membuatmu Terpukau

Pantai Marina Lampung_ Destinasi Tersembunyi yang Akan Membuatmu Terpukau (sumber: Google Maps: Eko Nurfendi Saputra)

Pantai Marina Lampung adalah destinasi yang populer, terutama bagi orang-orang yang ingin mengunjungi pemandangan yang indah di Lampung.

Lampung memang terkenal di daerahnya sebagai destinasi wisata bahari. Hal ini dikarenakan wilayah Lampung secara utuh berada di tengah-tengah lautan. Dalam banyaknya pantai yang bisa dijumpai, Pantai Marina merupakan salah satu destinasi populer yang sangat ditunggu oleh kaum masyarakat.

Karena banyak orang yang berkunjung ke tempat ini setiap hari, baik wisatawan lokal dan wisatawan luar sering mengunjungi Pantai Marina Lampung untuk berwisata.

Jadi, jika kamu memiliki agenda untuk mengunjungi Lampung, maka tidak ada salahnya jika kamu memasukan pantai Marina ke daftar destinasi pantai yang akan kamu kunjungi di Lampung.

Pesona Pantai Marina Lampung

Negara Indonesia memang populer sebagai negara kepulauan, hal inilah yang membuat Indonesia memiliki kekayaan wisata yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahannya ialah pantai Marina Lampung.

Pantai Marina adalah destinasi wisata yang menarik di Lampung. Tempat ini amat terkenal dengan pantai yang eksotis.

Selain itu, ombak besar dan pemandangan dari batu karang yang cantik juga membuatnya terkenal. Pengunjung bisa menemukan keindahan dari tempat ini tanpa harus merasa resah.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan berlibur di alam bebas, khususnya di pantai. Pantai ini sangat rekomended untuk kamu kunjungi loh.

Nah berikut pesona alam yang dimiliki pantai Marina di Lampung:

1. Pantai yang Asri dan Alami

Pantai yang Asri dan Alami
Pantai yang Asri dan Alami (sumber: Google Maps: Damar Wianggo)

Di pantai Marina Lampung ada beberapa ciri khas yang bisa ditemukan, antara lain suasana alamnya yang masih asri dan alami.

Pantai Marina Lampung berada di bagian selatan dan cukup jauh dari pusat perkotaan. Hal ini memiliki pengaruh besar terhadap suasana sekitar pantai yang masih minim dengan kontaminasi polusi.

Pantai tersebut memiliki pemandangan asri yang dipengaruhi oleh banyaknya pepohonan dan wahana hijau yang tumbuh disekitar tempat itu.

Sejauh mata memandang, sobat wisata akan melihat berbagai pepohonan dengan daun-daunnya yang rimbun. Pohon-pohon yang tumbuh didekat pantai juga berfungsi sebagai penahan abrasi.

Wisatawan juga sering menjadikan pohon tersebut sebagai tempat berteduh, terutama pada saat cuaca di pantai sedang dalam kondisi yang panas.

2. Pemandangan Laut yang Indah

Pantai Marina memiliki tampak laut yang eksotis dan menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Air pantai ini terasa segar dan berwarna kebiruan.

Disini pengunjung pun bisa menikmati pemandangan yang ditimbulkan oleh gelombang ombang yang cukup keras.

Pemandangan Laut yang Indah
Pemandangan Laut yang Indah (sumber: Google Maps: Priskila Ansel)

Pantai selatan memang terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini membuat tidak banyak orang yang berani berenang di wilayah ini.

Meskipun tidak bisa berenang, namun pengunjung akan tetap merasa terhibur karena pemandangan yang ciamik dari deburan ombak laut.

Fenomena ini sering dimanfaatkan untuk menikmati foto-foto yang estetik dan Instagram-able.

Jadi ketika menuju Pantai Marina Lampung, jangan lupa untuk membawa kamera sekalian, karena banyaknya spot yang indah yang bisa dicapai dengan selfie.

3. Udara yang Bersih dan Sejuk

Karena kamu yang biasa tinggal di kota besar, tentu akan mencari suasana alam bebas yang jauh dari keramaian.

Udara yang Bersih dan Sejuk
Udara yang Bersih dan Sejuk (sumber: Google Maps: RIF KISS)

Oleh karena itu, sangat tepat jika kamu jadikan pantai Marina ini sebagai destinasi tujuam.

Pantai segar dan bersih membuatnya seperti tempat yang aman dan nyaman. Aroma udara pantai yang tercium menjadikan ini sebagai suatu atmosfer yang akan dirindukan.

Suasana alam bebas membuatnya terasa sangat tenang dan berlibur dengan maksimal cara mengeluarkan penat dari rutinitas yang melelahkan.

4. Pantai Tidak Terlalu Ramai Pengunjung

Jika kamu menyukai suasana pantai yang tidak terlalu ramai, maka Pantai Marina Lampung adalah pilihan yang tepat. Bentuk pantai ini sangat lenggang dan tidak begitu ramai oleh wisatawan.

Pantai Tidak Terlalu Ramai Pengunjung
Pantai Tidak Terlalu Ramai Pengunjung (sumber: Google Maps: Andrew Dylan)

Jika kamu berkunjung pada akhir pekan atau hari libur, mungkin pantai ini akan jauh lebih ramai. Namun saat kamu berkunjung di hari biasa atau hari kerja maka situasi pantai akan jauh lebih sepi.

5. Batu Karang yang Cantik

Pantai Marina Lampung merupakan tempat yang sangat indah karena terdapat banyak batu karang berukuran berlainan.

Di sini terdapat sepuluh batu karang berukuran besar, dan setiap batu karang memiliki suasana yang aneh dan menyimpan petunjuk bahwa entitas apa yang ada di dalamnya.

Batuan karang yang ada di sini memiliki bentuk yang sangat unik dan tidak biasa. Bentuk batu karang yang cantik tidak terjadi begitu saja, namun dikarenakan adanya proses yang cukup lama.

Batu karang yang terkikis hingga mengakibatkan bentuk batu yang unik ini dikarenakan adanya deburan ombak yang terjadi secara terus-menerus.

Batu Karang yang Cantik
Batu Karang yang Cantik (sumber: Google Maps: ujang rozali)

Pantai ini memiliki batu karang yang cantik, sehingga menjadikan panorama pantai semakin eksotis.

Para wisatawan juga sering memanfaatkan spot ini untuk mengambil gambar atau berswafoto.

Lokasi batu karang ini juga selalu digunakan untuk berswafoto. Pasangan yang akan menikah sering mengunjungi tempat ini untuk memotret sesi pernikahan mereka.

Kita harus waspada ketika berada di tempat ini. Ombak laut yang besar dari pantai selatan sangat rawan akan membawa bahaya jika tidak berhati-hati.

Sebagian besar wisatawan menghabiskan waktu mereka untuk mempermainkan fotografi atau memotret. Sehingga, jangan sampai membahayakan keselamatan kamu.

6. Pasir Putih yang Menakjubkan

Hamparan pasir putih di Pantai Marina Lampung memiliki ciri-ciri halus dan lembut yang menarik.

Pasir Putih yang Menakjubkan

Area pasir putih ini memang tidak terlalu luas, karena bibir pantai lebih didominasi oleh batu karang. Namun area berpasir putih itu tetap menjadi spot favorit yang digemari oleh wisatawan.

Menyimpan gambar di atas pasir adalah kegiatan yang seru dan menarik. Kamu bisa berswafoto, duduk-duduk, nongkrong, atau bermain bola.

7. Berkunjung ke Goa di Belakang Pantai

Ketika melihat Pantai Marina Lampung, wisatawan juga bisa mendapati adanya goa di belakang pantai. Goa itu terletak di bagian belakang pantai dan ditemukan di daerah yang menempel di bukit lereng. Goa itu relatif kecil dan tersembunyi.

Berkunjung ke Goa di Belakang Pantai
Berkunjung ke Goa di Belakang Pantai (sumber: Google Maps: Renaldi Vanhoten)

Walaupun demikian, area laut ini seperti tempat favorit para wisatawan. Banyak pengunjung yang datang ke tempat itu hanya untuk melihat dan mengambil gambar.

8. Menikmati Sunset yang Indah

Selanjutnya, kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai Marina Lampung ialah menikmati indahnya matahari terbenam.

Pantai yang berada di wilayah Lampung bagian selatan ini memiliki letak geografis yang cukup strategis.

Menikmati Sunset yang Indah
Menikmati Sunset yang Indah (sumber: Google Maps: Agus Sunyoto)

Pantai ini juga biasanya menghadap ke arah barat, sehingga sangat ideal untuk memotret sunset. Sunset yang cantik dengan latar belakang pantai yang eksotis menjadi fenomena langka yang sayang untuk dilewatkan.

9. Camping

Kita bisa memesan paket camping ketika ke Pantai Marina. Memesanan ini menjadi alasan yang menarik untuk membawa wisatawan ke pantai ini. Wisatawan bisa berkemping di tepi pantai dan menjadi kegiatan yang menarik.

Camping

Karena Wisatawan memiliki keinginan untuk berkemping di pantai itu, maka mereka harus membuka booking penginapan dari jauh-jauh hari.

Jadi pengunjung harus menghubungi pihak pengelola pantai untuk memesan paket camping.

Karena ingin menikmati keunggulan camping, kamu harus membawa 10 orang anggota. Juga para pengunjung harus siapkan perlengkapan berkemah dan keperluan logistik yang diperlukan selama camping ini berlangsung.

Lokasi Menuju Pantai Marina di Lampung

Pantai Marina merupakan destinasi wisata yang terletak di Lampung. Lokasi tepatnya adalah di kelurahan Belantung, kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Kalau menuju pantai tersebut dari kota Bandar Lampung, jaraknya tersebut memakan waktu sekitar 63 km. Lalu lintas biasanya membuat jarak tempuhnya hingga sekitar 1,5 jam.

Lokasi Menuju Pantai Marina di Lampung
Lokasi Menuju Pantai Marina di Lampung (sumber: Google Maps: ariestya adinugraha)

Dan kalau kamu memilih untuk menuju Bandar Lampung dari Sumatera Selatan, kamu dapat melalui jalan Trans Sumatera. Di situ, pengunjung akan masuk ke dalam tol Sidomulyo dan kemudian melewatinya ketika sudah sampai di titik tol.

Setelah keluar dari tol Sidomulyo, kamu akan bertemu dengan kantor desa Sukamarga. Dari situ sebaiknya kamu terus melaku menuju Selatan sekitaran 7.5 km untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Bandar Lampung dan pelabuhan Bakauheni adalah rute terbaik untuk menuju Pantai Marina. Jarak tempuh antara pelabuhan Bakauheni dengan Pantai Marina sekitar 1 jam.

Jika kamu meluncur dari Pelabuhan Sumatera, maka pengunjung juga harus menuju Jalan Trans Sumatera.

Namun ketika kendaraan sudah sampai di Kalianda Resort, selanjutnya kita bisa berbelok dan menuju arah kiri, melalui jalur Haji Abdul Mutholib.

Lalu dari jalan Haji Abdul Mutholib kamu hanya membutuhkan sekitar 9 km dan akhirnya akan tiba di Pantai Marina.

Untuk mendapatkan lokasi pantai Marina Lampung sebenarnya tidak sulit, akses jalan yang dilewati juga sudah cukup memadai.

Pengunjung bisa melihat rambu-rambu yang telah disediakan di panggir jalan yang akan membantu kamu untuk sampai ke tempat tujuan.

Lokasi lengkap menuju pantai Marina Lampung:

Alamat: Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Marina Lampung

Walaupun pantai Marina Lampung berada cukup jauh dari pusat perkotaan, namun pengunjung tidak perlu cemas. Karena di tempat ini fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai.

Selain fasilitas yang disediakan oleh pihak pantai, para wisatawan bisa melihat beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Area Parkir yang Luas

Bagi para wisatawan yang datang dengan kendaraan, kamu tidak perlu merasa cemas dan mengkhawatirkan. Karena di tempat ini sudah disediakan lahan khusus yang dapat dipakai untuk memarkirkan kendaraan.

Parkir di pantai bisa didapatkan dengan mudah. Oleh karena itu, pengunjung bisa leluasa untuk memarkirkan mobil masing-masing di tempat tersebut.

2. Toilet Umum

Selain lahan parkir yang luas, pihak pengurus pantai juga menyediakan beberapa fasilitas toilet umum yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Tujuan dibuatnya adalah untuk menjaga dan membantu wisatawan yang ingin membuang hajat ataupun mengganti pakaian saat ingin bermain ditepi pantai atau setelah bermain dipantai.

Untuk pengunjung yang menggunakan fasilitas ini akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per orang.

3. Gazebo

Di lokasi Pantai Marina Lampung, pengunjung bisa mendapati sejumlah bangunan pondok. Pondok atau gazebo ini merupakan bangunan yang disediakan oleh pihak pengelola wisata dan dikelola oleh para pengunjung.

Gazebo
Gazebo (sumber: Google Maps: erda yati)

Adanya gezebo atau pemondokan ini ialah untuk memfasilitasi para wisatawan yang ingin beritirahat atau berteduh disaat matahari sedang terik.

Gazebo itu juga sering digunakan oleh wisatawan untuk bersantai dengan menikmati berbagai macam makanan atau minuman.

Namun selain berbincang-bincang di gazebo, pengunjung juga bisa memilih untuk beristirahat di bawah pohon-pohon rindang yang juga relatif banyak tumbuh di sekitar tempat tersebut.

4. Pelataran

Di Pantai Marina Lampung juga terdapat area pelataran. Area pelataran ini dibuat oleh pihak pengelola wisata dan lokasinya berada di atas karang.

Karena tujuannya ialah untuk memuaskan wisatawan dengan baik, pelataran tersebut dibuat agar wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dengan sempurna.

Dengan cara ini, di harapkan para wisatawan akan melihat pantai yang indah dan menarik dari segala penjuru.

Pelataran ini juga sangat baik digunakan untuk mengambil gambar. Berswafoto dengan background pantai Marina yang cantik bisa dilakukan oleh pengunjung pada area ini.

5. Playground

Jika kamu datang bersama anak-anak, maka dapat beristirahat di area playground. Playground atau taman rakyat adalah salah satu fasilitas yang juga disediakan di Pantai Marina Lampung.

Ketika kamu sudah bosan bermain di pantai, maka langkah selanjutnya adalah berpindah ke area ini. Area ini dipenuhi oleh bermain rakyat yang memiliki licin untuk menikmati apapun.

6. Tempat Makan

Untuk mengisi perut saat berada di pantai, pengunjung tidak perlu pergi jauh untuk mencari makanan.

Tempat Makan

Karena disekitaran pantai juga tersedia beberapa kedai yang berjualan aneka makanan, baik itu makanan ringan ataupun makanan berat.

Menyantap makanan dan minuman sambil menikmati indahnya pantai dengan deburan ombak. Aktivitas ini memang sangat seru dan selalu berguna untuk merangsang gairah makan dan minuman.

7. Mushola

Selanjutnya fasilitas yang ada disediakan oleh pengelola wisata ialah mushola.

Bagi kamu yang beragama muslim bisa memanfaatkan mushola yang telah disediakan. Mushola ini juga terletak tidak jauh dari lokasi wisata.

8. Aula Pertemuan

Pantai Marina Lampung sering dijadikan sebagai tempat untuk berbagai pertemuan lainnya, antara lain para komunitas ataupun acara-acara lainnya.

Ditempat ini juga tersedia aula pertemuan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut.

Untuk melakukan pertemuan di aula tersebut, kamu perlu melakukan booking saat jauh-jauh hari saat sebelum pertemuan dilaksanakan

9. Penginapan

Kamu dapat menikmati liburan selama beberapa hari di sekitar tempat ini, tanpa harus pulang kerumah.

Akomodasi penginapan ini juga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tarif yang dibanderol untuk penginapan juga bervariasi, jadi kamu bisa sesuaikan dengan budget yang ada.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Marina Lampung

Pasti kamu kini bertanya-tanya berapa budget yang dibutuhkan untuk memasuki pantai ini bukan?

Untuk memasuki destinasi wisata pantai Marina Lampung, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 20.000 untuk satu orang.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Marina Lampung
Harga Tiket Masuk ke Pantai Marina Lampung (sumber: Google Maps: Muhammad Fajar)

Lalu, jika pengunjung membawa kendaraan. Kamu akan dikenakan biaya parkir, untuk kendaraan bermotor sebesar Rp. 5.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Selasa24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Rabu24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Kamis24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Jumat24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Sabtu24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000
Minggu24 JamRp.20.000Rp. 5.000Rp.10.000

Daftar Hotel Nyaman yang Ada di Lampung

Berikut ayowisata.co.id sediakan daftar hotel di Lampung yang bisa kamu jadikan pilihan saat berlibur ke sana, yaitu:

1. Sumatra Surf Resort

Sumatra Surf Resort adalah hotel bintang tiga yang terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Marina Lampung.

Sumatra Surf Resort
Sumatra Surf Resort (sumber: Google Maps Sumatra Surf Resort)

Hotel ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan akses mudah ke pantai. Dengan desain yang modern dan fasilitas yang lengkap, Sumatra Surf Resort menjamin kenyamanan dan kenyamanan kamu selama menginap.

Fasilitas hotel ini mencakup kamar yang luas dan nyaman dengan AC, televisi, dan kamar mandi pribadi.

Selain itu, terdapat juga restoran yang menyajikan hidangan lezat dengan pilihan menu yang beragam.

Jika kamu ingin bersantai, kamu dapat menikmati kolam renang yang tersedia di hotel ini. Para tamu juga dapat memanfaatkan layanan antar-jemput bandara yang disediakan oleh hotel.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 826.952 per malam

2. Melati Cottage

Melati Cottage adalah hotel yang terletak dalam jarak berjalan kaki dari Pantai Marina Lampung. Dengan suasana yang tenang dan dekat dengan pantai, hotel ini merupakan pilihan yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Melati Cottage
Melati Cottage (sumber: Google Maps:Hotels)

Melati Cottage menawarkan akomodasi yang sederhana namun nyaman untuk para tamu.

Hotel ini memiliki kamar-kamar yang terawat dengan baik dan dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti kipas angin, televisi, dan kamar mandi pribadi.

Selain itu, hotel ini juga menyediakan tempat parkir gratis bagi para tamu yang membawa kendaraan pribadi.

Kamu dapat menikmati makanan lezat di restoran hotel atau menjelajahi restoran terdekat untuk mencoba hidangan lokal.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 750.000 per malam

3. Grand Elty Krakatoa Resort

Grand Elty Krakatoa Resort adalah hotel mewah yang berjarak beberapa menit dari Pantai Marina Lampung.

Grand Elty Krakatoa Resort
Grand Elty Krakatoa Resort (sumber: Google Maps: handriyanti diah)

Hotel ini menawarkan pemandangan indah dari pantai dan fasilitas yang mewah. Dengan arsitektur yang elegan dan layanan berkualitas tinggi, Grand Elty Krakatoa Resort menjadi pilihan yang sempurna bagi para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang istimewa.

Hotel ini memiliki berbagai jenis kamar yang elegan dan dilengkapi dengan AC, televisi layar datar, minibar, dan kamar mandi pribadi.

Selain itu, terdapat juga fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan restoran yang menyajikan hidangan internasional dan lokal yang lezat.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 585.495 per malam

Booking Hotel Sekitaran Pantai Marina Lampung yang Diskon Hingga 82%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like