Rahasia Keindahan Pantai Mertasari di Sanur Bali yang Tak Terungkap

Rahasia Keindahan Pantai Mertasari di Sanur Bali yang Tak Terungkap (sumber: Google Maps: Manah Hasanti)

Pantai Mertasari, merupakan salah satu destinasi rekreasi yang memukau di Bali dengan keelokannya. Terletak di sisi utara pulau, pantai ini juga menawarkan garis pantai yang indah dan menarik hati wisatawan, tidak hanya dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

Meskipun Pantai Sanur telah dikenal secara internasional, Pantai Mertasari tidak kalah cantiknya. Keindahan alamnya benar-benar mempesona dan membuat para pengunjung terpikat.

Pasir putih lembut yang melingkupi pantai, air laut yang jernih, serta ombak yang tenang menjadikan Pantai Mertasari tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana pantai yang tenang.

Pantai Mertasari di Sanur Bali

Pantai Mertasari ini berada di Jalan Tirta Empul Dusun Intaran yang masuk ke daerah Sanur, Kota Denpasar Selatan.

Di garis pantai Sanur ini memang ada beberapa nama pantai lainnya, sebutlah saja pantai Sindhu, Pantai Segara, Pantai Matahari Terbit, Pantai Semawang dan Pantai Pengembak.

Pantai Mertasari di Sanur Bali
Pantai Mertasari di Sanur Bali (sumber: Google Maps: Manah Hasanti)

Letak pantai ini diapit oleh dua pantai yakni Pantai Semawang dan Pantai Pengembak. Bahkan juga, letak pantai ini adalah di bagian selatan paling ujung dari kawasan rekreasi pantai Sanur.

Kehadirannya yang ada di kawasan pantai tidak menjadikan kalah populer dengan pantai yang lainnya karena tentu saja mempunyai keelokan pantai tersendiri.

Pantai Mertasari dan beberapa pantai lain di garis pantai ini sudah dikembangkan menjadi satu tujuan rekreasi yang menarik, yang tidak kalah menariknya dibanding sejumlah pantai lain di Bali. Di kawasan ini, pengembangan wisatanya diberi panggilan sebagai Dream Island.

Sebetulnya, yang masuk ke dalam sisi kawasan Dream Island ini ialah Pantai Pengembak yang letaknya berdekatan dengan Pantai Mertasari.

Namun, karena pintu masuk dari Dream Island ini ialah di Pantai Mertasari serta lebih bersisihan dengan area parkir pantai ini, warga kemudian lebih mengenal Dream Land sebagai sisi dari Pantai Mertasari ini.

Pengelolaan pantai ini ada pada kuasa Desa Pekraman Intaran Sanur. Pengelola juga telah melakukan pengaturan ulang untuk berusaha menciptakan image pantai sebagai destinasi wisata pilihan wisatawan.

Dengan ini, diharap akan semakin banyak wisatawan yang berminat untuk menghabiskan waktu liburan mereka di pantai ini dan kawasan di sekitarnya.

Untuk biaya yang perlu dikeluarkan waktu berkunjung ke pantai ini, harga tiket cukup terjangkau. Dibedakan tiket untuk orang dewasa dan tiket untuk anak-anak. Karena di area pantai ini ada beberapa sarana rekreasi lainnya, per sarana dikenai ongkos tambahan.

Tiap nikmati satu sarana, pengunjung diwajibkan bayar dengan harga tertentu. Sarana permainan ini disiapkan oleh pengurus sebagai pelengkap waktu berekreasi di pantai ini.

Ada permainan sepeda air, berkuda, naik perahu kano, dan sepeda paddle. Bahkan juga, pengunjung pantai bisa juga untuk memberikan makan hiu yang berada di sana.

Akses jalan ke arah lokasi pantai ini telah disediakan benar-benar sangat baik dan mudah ditempuh.

Bila pengunjung pergi dari Bandara Internasional Ngurah Rai, perjalanan darat menuju lokasi pantai ini, Mertasari Beach Sanur, akan memerlukan waktu sekitaran 30 menit saja melalui jalan Tol Bali Mandara.

Waktu perjalanan ini hampir serupa bila pengunjung pergi dari Pantai Kuta atau dari Kota Denpasar. Perjalanan memerlukan waktu sekitaran setengah jam saja.

Dengan akses jalan yang bagus, perjalanan dapat dilakukan beragam model transportasi seperti kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan umum. Apalagi, karena memakai jalan melalui Bypass Ngurah Rai, jalur yang diambil akan semakin nyaman sampai mengantarkan ke lokasi pantai.

Keindahan Pantai Mertasari

Pantai Mertasari adalah satu pantai di kawasan garis pantai Sanur yang tawarkan kekhasan tertentu dibanding tujuan rekreasi pantai lainnya di kawasan Bali.

Pantai yang ada di teritori rekreasi Dream Island ini sangat bagus dijadikan sebagai tujuan relaksasi dan wisata. Ada bermacam macam keelokan alam yang bisa dinikmati sepanjang ada di area pantai ini.

Keindahan Pantai Mertasari
Keindahan Pantai Mertasari (sumber: Google Maps: alton super)

Hal pertama yang dapat dinikmati sepanjang ada di pantai ini ialah nikmati keelokan pasir pantainya. Pengunjung dapat jalan menyusuri pantai ini.

Bahkan juga, dengan berjalan kaki, pengunjung bisa juga mengunjungi pantai lainnya yang masih tetap ada di garis pantai yang sama, sebut saja pantai Sanur, Pantai Semawang, dan Pantai Pengembak. Semua bisa dituju berjalan kaki saja.

Di tepi pantai, ada banyak gazebo yang disiapkan oleh pengurus diperuntukkan untuk tiap pengunjung pantai sebagai tempat istirahat sambil nikmati keelokan pantai dan sepoi-sepoi angin yang terhembus.

Ada beberapa gazebo yang berjejer di tepi pantai yang bisa dipakai siapa saja. Gazebo di tepi pantai Mertasari ini dibuat model yang khas serta unik bahkan disebutkan jika kehadiran gazebo ini jadi keunikan tertentu dari Mertasari Beach ini.

Selain gazebo, di tepi pantai disiapkan beberapa kursi dan meja, termasuk kursi dan meja yang dibuat dari coran semen.

Semua dapat dipakai untuk istirahat para pengunjung. Untuk kursi dan meja yang tempatnya dekat sama bibir pantai, disertakan payung besar untuk menahan cahaya matahari yang bebas bersinar tanpa halangan.

Payung besar ini pasti benar-benar membantu saat menjaga pantulan cahaya matahari yang bisa jadi mengganggu waktu ada di tempat terbuka seperti di pantai ini.

Tidak cuma gazebo dan penyediaan meja dan kursi yang dapat digunakan oleh pengunjung, di pinggir pantai, ada banyaknya pohon yang menjulang dengan rindangnya.

Di antara menjulang tingginya pohon-pohonan ini, pengunjung dapat memanfaatkan ruang yang ada dengan menggelar alas untuk santai bersama dengan bagian keluarga lain yang diajak berkunjung pantai ini.

Air di perairan Mertasari Beach ini tergolong ke laut yang tenang. Hingga, kondisi tenang ini sangat aman digunakan untuk berenang.

Tidaklah heran, bila sebagian wisatawan akan berenang selama ada di pantai ini. Bila tidak ingin berenang, bermain air bisa jadi pilihan permainan simpel yang dapat dilakukan di tepi pantai ini.

Permainan air lain bisa juga dilakukan, tidak cuma berenang, pengunjung bisa juga diving atau beberapa olahraga air yang disediakan oleh pengurus.

Ada permainan parasailing, jet ski, wakeboarding dan menarik perahu kano atau sepeda air. Tentu saja, ada ongkos tambahan yang perlu dibayar bila ingin nikmati sarana permainan air ini.

Ongkos masih tetap tergolong dapat dijangkau tidak sampai ratusan ribu untuk tiap wahana permainan.

Daya tarik lain yang dapat didapat waktu ada di Mertasari Beach ini ialah keelokan panorama saat matahari terbit di ufuk timur dan matahari terbenam di ufuk barat. Panorama ini sangat eksotis dan dapat membuat hasil photografi yang cantik.

Ada beberapa spot foto yang sengaja dibikin supaya bisa dipergunakan oleh tiap pengunjung saat menghasilkan bidikan yang memvisualisasikan nuansa pantai Mertasari ini.

Semua hal yang berada di pantai ini dapat bersatu untuk membuat keelokan photografi sebagai kenangan sepanjang ada di kawasan rekreasi pantai ini.

Pantai Mertasari masuk juga ke kawasan Dream Island, inilah taman wisata yang dibuat di sepanjang pantai Sanur hingga ada banyak nama pantai yang masuk ke kawasan wisata ini. Taman ini mempunyai beberapa sarana untuk santai bagi keluarga.

Satu diantaranya ialah spot ayunan di Dream Island yang juga bisa digunakan sebagai spot foto unik. Berpose dengan memakai latar belakang pohon bakau yang rindang bisa juga jadi pilihan untuk hasilkan foto yang estetik.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Mertasari

Alamat Pantai Mertasari Sanur terletak di Jalan Tirta Empul, Desa Intaran, yang berada dalam wilayah administrasi Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Mertasari
Lokasi dan Rute menuju Pantai Mertasari (sumber: Google Maps: Manah Hasanti)

Lokasi pantai ini berada di ujung paling Selatan dari rangkaian Pantai Sanur, Pantai Matahari Terbit, Pantai Mertasari, dan Pantai Pengembak.

Pantai ini berada di antara dua pantai lainnya, yaitu Pantai Semawang dan Pantai Pengembak.

Rute Perjalanan menuju Pantai Mertasari Bali dapat ditempuh dari wilayah Danau Tamblingan ke arah Selatan, kemudian menuju Jalan Cemara dan Jalan Mertasari.

Dari Jalan Mertasari, sobat wisata harus melanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Tirta Empul untuk mencapai bibir Pantai Mertasari.

Dari Pantai Sanur, pantai ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Lokasi lengkap menuju pantai Mertasari:

Alamat: Jl. Tirta Empul, Desa Intaran, kelurahan Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar

Sarana di Pantai Mertasari

Sebagai satu destinasi rekreasi yang memikat di pulau yang sangat dikenali wisatanya, Pantai Mertasari dihadirkan oleh pengurus dengan beragam sarana tambahan lainnya. Semua guna mendukung rasa nyaman untuk pengunjung dan kemauan untuk tiba kembali di pantai ini.

Ada beberapa sarana yang disiapkan di tempat pantai ini. Sarana umum yang ada seperti kamar mandi. Berikut sarana yang wajib dipunyai oleh tiap rekreasi pantai.

Karena setelah bermain air di pantai, tentu saja pengunjung ingin untuk membersihkan diri. Hingga, kamar mandi sebaiknya jadi perhatian khusus untuk tiap pengurus pantai.

Di Pantai Mertasari ini, kamar mandi disediakan dengan jumlah yang mencukupi tetapi disertai ongkos sewa pemakaian kamar mandi itu.

Sarana di Pantai Mertasari
Sarana di Pantai Mertasari (sumber: Google Maps: putu tamiarta)

Sarana khusus lain yang berada di pantai ini ialah tempat parkir. Pantai ini sediakan tempat parkir yang lumayan luas buat memuat kendaraan pengunjung.

Bahkan juga, dapat dikatakan jika area parkir dari pantai ini lebih luas dibanding pantai yang lain di kawasan ini.

Berwisata tidak bisa dipisahkan dengan makanan. Di pantai ini, menyediakan rekreasi kulineran untuk pengunjung. Ada beberapa warung makan yang sengaja dibangun di tepi pantai.

Tiap warung, sediakan beberapa kursi pantai yang bisa dipakai sambil melahap hidangan.

Makan sambil nikmati keelokan pantai dan sepoi-sepoinya angin pasti memberi pengalaman berekreasi yang tidak terlupakan. Ada bermacam macam menu masakan yang ditawari oleh tiap warung makan di tepi pantai ini.

Selain warung makan dengan bermacam macam menu, di pantai ini, pengunjung bisa temukan penjual keliling yang menawarkan barang dagangan mereka. Dimulai dari makanan kecil, minuman sampai keperluan lainnya yang mungkin diperlukan oleh pengunjung.

Peraturan pengurus pantai memang memperbolehkan keberadaan dari pedagang keliling ini. Salah satunya maksudnya untuk mendukung kehidupan ekonomi warga sekitaran yang menjadi sebagian besar dari pedagang keliling ini.

Untuk lengkapi sarana untuk pengunjung yang ingin berenang atau bermain air di tepi pantai, pengurus sediakan sarana persewaan pelampung. Hal ini untuk memberikan dukungan pengamanan keselamatan untuk para pengunjung. Dengan memakai pelampung, kemungkinan untuk tenggelam waktu bermain air di pantai akan jadi lebih minim.

Di tempat Mertasari Beach ini, disiapkan tempat bermain untuk anak-anak berbentuk taman playground atau bermain. Untuk kalangan anak-anak, akan semakin aman bila mereka main di tempat ini.

Ada beberapa permainan yang dapat dipakai seperti ayunan, perosotan, dan mobil dorong yang umum berada di kebanyakan taman bermain untuk anak-anak.

Tempat bermain ini dilengkapi tempat futsal mini yang dapat jadi opsi ketika nikmati keelokan pemandangan pantai.

Lakukan aktivitas rekreasi dapat menjadi benar-benar menguras energi. Membuat badan jadi capek karena banyaknya kegiatan yang dilakukan. Untuk menyiasati ini, pihak pengurus Mertasari Beach ini sediakan jasa spa dan pijat atau massage.

Ada banyak opsi treatment yang ditawari untuk pengunjung. Badan yang lelah akan kembali fit dan fresh sesudah lakukan spa dan pijat di tepi pantai ini.

Untuk pengunjung yang ingin bermalam, ada beberapa penginapan disekitaran area pantai. Harga yang dibanderol cukup dapat dijangkau untuk kawasan wisata.

Ada penginapan dengan biaya sebesar dua ratus rupiah saja per malamnya. Penginapan ini telah berskala hotel yang tentu saja telah dilengkapi aneka macam sarana.

Disamping itu, sama seperti yang telah disebut sebelumnya, di pantai ini ada beberapa wahana bermain air yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Sebut saja sepeda air, naik perahu kano, paddle dan naik kuda. Segala hal ini disiapkan sebagai sarana tambahan untuk pengunjung dan untuk memberi pengalaman main di pantai yang semakin lebih menggembirakan dan menantang dibanding kebanyakan pantai yang lainnya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Mertasari

Kunjungan ke Pantai Mertasari menawarkan tiket masuk dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

Jika ingin menikmati wahana tambahan, ada biaya ekstra yang dikenakan. Berikut adalah rincian biaya masuk untuk wisata Pantai Mertasari:

Harga Tiket Masuk
DewasaRp. 20.000/ orang
Anak-AnakRp. 15.000/ orang
Harga Tiket Masuk Wahana
SepedaRp. 50.000
Naik KudaRp. 100.00
Naik KanoRp. 50.000
Naik Sepeda AirRp. 75.000
StandUp PaddleRp. 50.000
Memberi makan HiuRp. 50.000

Untuk mengunjungi pantai Mertasari, kamu bisa datang kapan saja karena tidak ada jam khusus untuk memasuki kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Mertasari
Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Mertasari (sumber: Google Maps: Manah Hasanti)
HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Festival Layang-Layang

Beberapa pantai sebagai tujuan rekreasi bahari yang berada di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri. Ini untuk menarik wisatawan. Umumnya berbentuk festival atau tradisi lokal yang digerakkan berkala untuk menarik semakin banyak wisatawan untuk datang.

Demikian pula di Pantai Mertasari ini, ada satu aktivitas menarik yang diselenggarakan di pantai ini guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Aktivitas ini ialah bermain layang-layang. Di pantai ini, sering dijadikan tempat mengadakan perlombaan layang-layang dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Bentuk layang-layang yang diterbangkan beraneka macam dimulai dari yang memiliki ukuran kecil sampai besar dengan bermacam warna.

Tentu saja, mampu mendatangkan satu pemandangan keindahan tertentu di pinggir pantai. Angin pantai terhembus dengan intensitas yang cukup besar membuat layang-layang dapat terbang lebih mudah.

Festival Layang-Layang

Perlombaan layang-layang ini kemudian dijadikan satu jadwal besar yang diadakan dengan teratur sepanjang beberapa hari.

Festival ini juga sudah dikenal oleh banyak pihak. Ada ratusan sampai ribuan peserta yang menerbangkan ribuan layang-layang untuk memeriahkan festival ini.

Festival terkini yang diselenggarakan ialah pada tahun 2022 yakni pada tanggal 30 sampai 31 Juli 2022. Acara ini diprakarsai oleh Komunitas Seni Layangan Bali.

Beragam tipe layangan turut ikut serta dalam festival ini. Sebut saja dari jenis pecukan, bebean, janggan, janggan buntut dan kreasi. Semua terlihat cantik saat beterbangan di angkasa di atas laut Mertasari.

Semua keelokan yang dimiliki oleh Pantai Mertasari ini membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Selain banyak kelebihan yang ditawarkan, pantai ini jadi satu kawasan dengan beberapa pantai yang lain di garis pantai Sanur.

Sehingga, biasanya pengunjung sekalian mengunjungi beberapa pantai ini. Beberapa pantai bahkan juga dapat ditempuh dari pantai yang satu dengan jalan kaki saja.

Setiap akhir minggu atau saat liburan, sudah pasti pantai Mertasari ini akan dipenuhi dengan banyak pengunjung, baik itu untuk berjemur di tepi pantai, istirahat di gazebo maupun tempat lain di tepi pantai dan untuk nikmati sarana rekreasi lain yang ada di pantai ini.

Untuk menghindari ramainya situasi yang ada, umumnya dianjurkan supaya pengunjung tiba tidak di dua masa ini. Karena pengunjung akan lebih sedikit dibandingkan dua masa ini.

Hotel Terbaik Sekitaran Pantai Mertasari

Pantai Mertasari, yang terletak di Sanur, Bali, telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mencari pesona pantai yang tenang dan indah.

Apakah kamu berencana untuk mengunjungi pantai ini dan mencari akomodasi yang nyaman dan dekat dengan Pantai Mertasari?

Berikut ayowista.co.id telah menyediakan beberapa pilihan hotel yang dapat menjadi tempat ideal untuk menginap selama liburan kamu di daerah Sanur yang menakjubkan ini.

1. Sanur Seaview Hotel

Sanur Seaview Hotel
Sanur Seaview Hotel (sumber: Google Maps: Despegar)

Sanur Seaview Hotel menawarkan pemandangan laut yang memukau dan hanya berjarak beberapa menit dari Pantai Mertasari.

Hotel ini memiliki beragam fasilitas mewah yang akan memastikan kamu merasa santai dan nyaman selama menginap.

Kolam renang infinity yang menghadap ke laut dan spa mewah adalah beberapa fasilitas unggulan yang ditawarkan oleh hotel ini.

Nikmati liburan kamu dengan berjalan kaki ke Pantai Mertasari yang indah setiap pagi dan menikmati suasana santai di sekitar hotel ini.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 373.327 per malam

BOOKING HOTEL Sanur Seaview Hotel DISKON UP TO 70%

2. Little Tree House

Little Tree House adalah pilihan akomodasi yang cocok bagi para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang unik dan berbeda.

Little Tree House
Little Tree House (sumber: Google Maps: Blind Dog Inn)

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Mertasari, Little Tree House menawarkan penginapan dalam bentuk vila pohon yang menggemaskan dan berkesan.

Setiap vila pohon dirancang dengan gaya arsitektur tradisional Bali yang khas dan dilengkapi dengan fasilitas modern. Rasakan sensasi tinggal di atas pepohonan dan dikelilingi oleh alam yang hijau.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 382.370 per malam

BOOKING HOTEL Little Tree House DISKON UP TO 80%

3. Prama Sanur Beach Bali

Prama Sanur Beach Bali adalah resor mewah yang terletak tepat di sepanjang Pantai Mertasari. Dengan fasilitasnya yang mencakup kolam renang luas, akses langsung ke pantai, dan pilihan restoran yang menggugah selera, resor ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi para tamu.

Prama Sanur Beach Bali
Prama Sanur Beach Bali (sumber: Google Maps: Hotelbeds)

Jelajahi keindahan pantai setiap saat atau nikmati matahari terbenam yang menakjubkan langsung dari tepi kolam renang.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.044.612 per malam

BOOKING HOTEL Prama Sanur Beach Bali DISKON UP TO 67%

4. The Garden Villa

The Garden Villa adalah pilihan akomodasi yang tenang dan nyaman, terletak di sekitar Pantai Mertasari. Dikelilingi oleh taman-taman yang indah, vila-vila pribadi ini menawarkan suasana yang santai dan kedamaian yang sempurna untuk beristirahat.

The Garden Villa
The Garden Villa (sumber: Google Maps: Анна Володина)

Setiap vila didesain dengan gaya tradisional Bali yang elegan dan memiliki kolam renang pribadi untuk menambah kenyamanan kamu.

Nikmati privasi dan ketenangan di The Garden Villa, sambil tetap memiliki akses mudah ke atraksi pantai dan wisata di Sanur.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 540.000 per malam

BOOKING HOTEL The Garden Villa DISKON UP TO 45%

5. Sindhu Mertha Sanur

Hanya berjarak beberapa menit dari Pantai Mertasari, Sindhu Mertha Sanur menawarkan akomodasi yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

Hotel ini menyediakan kamar-kamar yang luas dan bersih dengan fasilitas yang memadai untuk para tamu.

Sindhu Mertha Sanur
Sindhu Mertha Sanur sumber: Google Maps: Ostrovok)

Dengan lokasinya yang strategis, kamu dapat dengan mudah mengeksplorasi keindahan Pantai Mertasari dan berbagai tempat menarik lainnya di Sanur.

Tersedia juga beragam restoran dan toko-toko di sekitar hotel untuk memenuhi berbagai kebutuhan kamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 679.102 per malam

BOOKING HOTEL Sindhu Mertha Sanur DISKON UP TO 75%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like