Pantai Nampu di Wonogiri: Surga Tersembunyi yang Harus Kamu Jelajahi

Pantai Nampu di Wonogiri_ Surga Tersembunyi yang Harus Kamu Jelajahi (sumber: Google Maps: Ghazi Zulhazmi)

Mungkin banyak orang belum pernah tahu tentang Pantai Nampu. Pantai Nampu adalah objek wisata yang terletak di kabupaten Wonogiri.

Ini adalah destinasi yang bagus dan belum populer bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun, keindahan panorama pantai ini tidak kalah menawan dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal lainnya.

Pantai Nampu terkenal karena pesona alam yang indah. Pantai ini juga dijuluki sebagai surga bahari yang tersembunyi di Wonogiri. Letaknya yang jauh dari keramaian membuat pantai ini cukup sepi dan tidak ramapi pengunjung.

Wisata alam di pantai ini sangat baik untuk digunakan sebagai tujuan camping dan wisata jalan-jalan, terutama bagi sobat wisata yang ingin merasakan rasa serunya berlibur dengan meningkatkan kenyamanan.

Intip Pesona Pantai Nampu yang Tersembunyi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak wilayah wisata bahari yang berseberangan di seluruh penjuru, misalnya ketika pergi ke Wonogiri, kamu akan mendapatkan destinasi wisata yang menarik, yakni Pantai Nampu.

Pantai Nampu adalah pantai yang unik dan indah di Kabupaten Wonogiri. Begitu pula ombaknya yang keras dan besar.

Pantai ini juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu mencapai 15 km. Namun apa saja pesona alam yang dimiliki di pantai ini?

1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Pemandangan Alam yang Menakjubkan
Pemandangan Alam yang Menakjubkan (sumber: Google Maps: Lugut Lug)

Pantai Nampu adalah salah satu pantai yang natural dan memukau di Indonesia. Selain itu, pantai ini juga mengandalkan pesisir yang sangat panjang dan berbentuk lanskap.

Pantai ini terdiri dari 3 bagian yang sesuai atau sekaligus dipisahkan oleh bukit kapur (bukit karst). Masing-masing pantai tersebut diberi nama sebagai pantai utama, kedua dan ketiga.

Karena akses pantai ini dapat ditempuh dengan mudah, maka wisatawan bisa menempuhnya dengan kendaraan. Namun untuk pantai dua dan ketiga, pengujung harus berjalan kaki terlebih dahulu dan mengikuti rute setapak yang tersedia untuk bisa sampai ke lokasi.

Pemandangan alam yang masih alami, natural dan minim kontaminasi merupakan surga tersendiri bagi para wisatawan. Terutama bagi orang-orang yang biasa tinggal di kota besar dan jarang menemukan suasana alam yang asri.

2. Pantai yang Sepi dan Tenang

Lokasi Pantai Nampu tersembunyi dan cukup sulit diakses juga membuat destinasi wisata ini lebih sepi dan tenang.

Pantai yang Sepi dan Tenang
Pantai yang Sepi dan Tenang (sumber: Google Maps: Sri Utami)

Kondisi pantai ini juga tidak memiliki banyak pengunjung. Hanya pada akhir pekan atau musim liburan pantai tersebut kedatangan pengunjung yang cukup banyak. Namun diluar waktu-waktu itu, pantai akan lebih lenggang dan sepi.

Udara yang segar dan bersih membuat suasana pantai menjadi tenang dan cocok untuk wisatawan yang ingin relaksasi dan melepaskan kepenatan.

3. Warga Setempat yang Ramah

Pantai Wonogiri ini juga terkenal dengan penduduknya yang ramah. Penduduk sekitar itu berprofesi sebagai nelayan.

Warga Setempat yang Ramah

Kamu bisa menjelajahi dan melihat lebih dekat kegiatan warga lokal selama liburan.

4. Spot Foto

Pantai Nampu adalah jenis pantai yang berorientasi landscape. Pantai ini memiliki ukuran tinggi dan panjang. Sejauh mata memandang, kita akan disajikan dengan hamparan pasir pantai yang membentang luas.

Pemandangan ini menjadi surga bagi para pecinta fotografi karena menantang mereka untuk bisa mendapatkan foto dengan angel yang baik.

Spot Foto
Spot Foto (sumber: Google Maps: ariv winanta)

Banyak lokasi yang indah di pantai, dan ini adalah satu-satunya tempat para wisatawan yang menemukan segala macam spot indah yang beragam.

Jadi jangan lupa untuk foto di sini, karena banyak macam tempat yang menarik yang akan diterima oleh pengguna media sosial.

5. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Selain memiliki pesona alam yang menakjubkan, kamu perlu tahu bahwa wisata pantai Nampu ini juga memiliki  keistimewaan khusus, yaitu:

Dekat dengan Objek Wisata Lain
Dekat dengan Objek Wisata Lain (sumber: Instagram @gograbcar)
  • Lokasi yang sangat strategis, berdekatan dengan objek wisata lainnya
  • Memiliki udara yang segar dan alami
  • Seluruh layanan dan penginapan langsung di pantai

Beberapa objek wisata yang lokasinya berada dekat dengan tempat yang ditawarkan ini antara lain, seperti Pantai Dadapan, Pantai Sembukan, Pantai Banyu Tibo, dan lain-lain.

6. Pesona Karang yang Unik

Tak hanya panorama pantai dan laut biru yang memanjakan mata. Di tempat ini pengunjung juga akan menikmati pesona dari batu karang unik.

Pesona Karang yang Unik
Pesona Karang yang Unik (sumber: Google Maps: Muhammad Rosyid)

Batu karang ini terbentuk akibat proses alami, yakni akibat hempasan-hempasan ombak yang mengikis permukaannya dari waktu ke waktu.

Hempasan ombak yang terjadi secara terus menerus membuat permukaan karang menjadi terkikis, hal inilah yang menjadi penyebab bentuk batuan karang menjadi lebih unik.

Karang pantai ini memiliki kilau yang sangat menarik. Pada saat air laut sedang surut, maka para pengunjung bisa menikmati batuan karang dengan lebih jelas.

Aktivitas Seru yang Ada di Pantai Nampu

Pantai Nampu selalu dikenali sebagai suatu tempat wisata bahari. Pantai ini terletak di pesisir Selatan yang letaknya tersembunyi dan sulit di jangkau.

Mungkin para pengunjung wisata akan tertarik untuk berlama-lama di tempat in karena suasana sangat hijau dan tenang.

Berkunjung ke tempat ini juga akan memberikan pengalaman baru untuk para wisatawan. Berikut aktivitas seru yang bisa kamu lakukan:

1. Berenang

Pantai Nampu memiliki banyak hal yang bermanfaat bagi para wisatawan. Hal tersebut antara lain ialah dengan berenang.

Berenang

Pantai yang hampir mirip dengan pantai Selatan yang memiliki ombak yang besar dan keras. Namun karena pantainya landai, wisatawan tetap aman untuk berenang di area tersebut.

Tetapi seperti yang dikatakan, baiklah pengunjung hanya berenang di bagian tepi pantai saja dan jangan terlalu ke tengah. Ombak besar dan bebatuan yang tajam disinyalir berbahaya dan menuntut kita untuk tetap waspada.

Karena ingin mempertahankan keamanan dan ketahanan, kamu bisa memakai perlengkapan untuk berenang. Misal baju renang, pelampung, dan sepatu lainnya.

2. Bermain Pasir

Pantai Nampu memiliki pasir yang berwarna putih. Hamparan pasir ini juga dijadikan sebagai spot favorit bagi para wisatawan.

Bermain Pasir

Berjalan di tepi pantai, duduk dan kumpul bersama, hingga melakukan berbagai aktivitas seru di tepi pantai adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan.

3. Hunting Foto

Berkunjung ke pantai tidak lengkap rasanya bila tidak diabadikan dengan kamera selfie. Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan banyak spot keren untuk berselfie ria.

Hunting Foto
Hunting Foto (sumber: Instagram @ianelgato)

Selain lokasi pantai utama dan dua pantai lainnya, pengunjung bisa berfoto di beberapa titik menarik. Seperti berfoto dengan background bukit kapur, batu karang, tebing, gardu pandang, dan lainnya.

4. Menyaksikan Cumi-Cumi

Apakah kamu pernah melihat cumi-cumi yang hidup di alam liar? Jika belum, maka pengalaman itu bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Pantai Nampu.

Menyaksikan Cumi-Cumi

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat kehidupan dan keberadaan berbagai hewan laut langsung di habitatnya. Hewan-hewan laut ini bisa kamu saksikan lebih dekat terutama pada saat air laut sedang surut.

5. Pelelangan Ikan

Pantai Nampu sebenarnya merupakan kawasan yang sangat berguna bagi warga sekitar. Di tempat ini, warga yang relatif sedikit berprofesi sebagai nelayan akan melaut dan menangkap ikan.

Pelelangan Ikan

Karena itu, di pantai juga terdapat lokasi yang digunakan sebagai tempat penyimpanan ikan. Di tempat penyimpanan ikan ini, pengunjung bisa menemukan beragam ikan laut padat.

Jika ingin memesan ikan-ikan segar, pengunjung juga bisa membeli ikan-ikan ini untuk dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

6. Berburu Souvenir

Sebuah souvenir atau oleh-oleh pantai tidak lepas dari perhatian wisatawan. Souvenir ini biasanya dijadikan oleh-oleh dan diberikan kepada orang terdekat setelah liburan.

Berburu Souvenir

Di pantai Nampu, pengunjung bisa menemukan berbagai souvenir yang dibuat oleh warga setempat. Souvenir ini dapat berupa baju, tas, asesoris, tirai dan lain-lain.

7. Nikmati Sunset

Sunset yang dinikmati di tepi pantai memang tidak ada duanya. Ketika kamu berkunjung ke Wonogiri, pastinya untuk menyaksikan indahnya sunset di pantai Nampu.

Nikmati Sunset

Menikmati suasana indah di tepi pantai sambil menunggu matahari terbenam menimbulkan suasana romantis. Fenomena ini dapat kamu nikmati bersama dengan pasangan ataupun keluarga tercinta.

8. Wisata Kuliner

Mendatangkan tempat baru akan kurang lengkap apabila tidak dibarengi dengan berwisata kuliner. Begitu juga saat berkunjung ke pantai Nampu.

Wisata Kuliner

Kamu bisa menikmati kuliner yang disediakan oleh kedai atau warung makan di sekitaran pantai. Jenis kuliner yang biasa disajikan ialah seafood serta aneka makanan berbahan ikan lainnya.

9. Camping

Pantai Nampu juga adalah tempat ideal untuk camping. Untuk pengunjung yang ingin menginap dan camping di sini, mereka harus meminta izin langsung kepada pihak pengelola wisata.

Camping

Untuk peralatan dan akomodasi yang dibutuhkan juga perlu disediakan secara pribadi oleh pengunjung. Jadi pastikan kamu membawa semua peralatan yang dibutuhkan jika ingin melakukan camping di tempat ini ya.

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Nampu

Pantai Nampu adalah destinasi wisata di kabupaten Wonogiri, namun sebagian wilayahnya masih termasuk dalam daerah Gunung Kidul.

Lokasi wisata yang tepat adalah di dusun Dringo, kelurahan Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. Untuk mengunjungi destinasi ini membutuhkan akses jalan yang tidak mudah

Jalan menuju pantai banyak yang berlubang, selain itu juga jumlah tanjakan dan turunan ekstrim yang menuntut pengunjung untuk selalu waspada ketika melintas.

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Nampu
Rute dan Lokasi Menuju Pantai Nampu (sumber: Google Maps: farid agung cahyono)

Karena kamu ingin melihat pantai, kamu tidak perlu membeli mobil berlisensi dan hanya perlu memilih kendaraan pribadi yang bisa mengantar hingga ke lokasi pantai.

Untuk sampai lokasi, pengunjung harus melewati beberapa rute terlebih dahulu. Ketika kamu datang dari arah Sukoharjo atau Solo, maka kamu bisa menuju ke Wonogiri lebih cepat.

Wonogiri memiliki jalur menuju Baturretno dan lanjut ke Giriwoyo. Setelah tiba di Giriwoyo, kamu akan menemukan perempatan Giribelah. Lalu kamu dapat melakukan perjalanan tersebut menuju selatan hingga menemukan Paranggupito.

Jika kamu sudah sampai di Paranggupito, kamu harus mengikuti jalur yang akan menuju Gunturharjo, Dringo dan sampailah di Pantai Nampu.

Bahkan, untuk pengunjung yang berasal dari Pacitan, kamu dapat melalui jalur menuju Wonogiri. Setelah memasuki Wonogiri, kamu akan melaju ke Donorojo.

Di Donorojo, kamu dapat melanjutkan perjalanan hingga menuju Kalak, Dringo dan sampailah ke lokasi wisata.

Jangan khawatir bila kamu merasa kebingungan dengan penjelasan di atas. Untuk mempermudah perjalanan kamu juga bisa menggunakan layanan google maps untuk menuju pantai.

Lokasi lengkap menuju pantai Nampu:

Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Nampu

Pantai Nampu terkenal bukan sekadar sebagai tempat berfoto bersamaan dengan pengunjung lainnya. Namun fasilitas yang ditawarkan pantai ini sungguh memadai.

Apa saja fasilitas tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Area Parkir yang Luas

Bagi pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan, pihak pengelola pantai sudah menyediakan area yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan kamu.

Area Parkir yang Luas
Area Parkir yang Luas (sumber: Google Maps: meijoko santoso)

Parkir di tempat ini sangat luas. Jadi kamu bisa memarkirkan kendaraan lebih leluasa.

2. Toilet

Toilet adalah fasilitas yang banyak ditemukan di tempat ini. Toilet dan kamar mandi yang disediakan berada tepat di sekitar pantai.

Toilet yang disediakan juga cukup banyak, jadi kamu tidak perlu khawatir jika harus mengantri lama untuk menggunakan toilet.

3. Gazebo

Gazebo adalah salah satu jenis bangunan yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Tujuannya yaitu agar memudahkan wisatawan ketika ingin beristirahat atau berteduh ketika kondisi pantai sedang panas terik.

Di Pantai Nampu, kamu akan menemukan banyak bangunan gazebo atau saung. Pengunjung sering menyantap makanan dan menikmati indahnya panorama pantai di sana.

4. Gardu Pandang

Gardu pandang merupakan sebuah bangunan yang dibuat di atas ketinggian. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan pengunjung yang datang ke sini agar bisa beristirahat.

Gardu Pandang
Gardu Pandang (sumber: Google Maps: Jx geager)

Karena letaknya berada di atas bukit, semua pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh. Tetapi, setelah sampai, rasa lelah akan terbayar begitu siap menemukan gardu.

Gardu pandang yang terletak di atas ketinggian ini menyajikan pemandangan yang menarik dari view keseluruhan pantai Nampu. Gardu pandang ini juga sering dimanfaatkan para wisatawan untuk berswafoto.

Berfoto dengan latar belakang pantai dan laut lepas akan memberikan hasil gambar yang cantik dan instagramable. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke gardu pandang ini ketika berlibur di Pantai Nampu.

5. Kedai dan Warung Makan

Ketika pengunjung ingin mengisi perut, mereka juga bisa mengunjungi kedai dan warung makan yang disediakan di sekitaran pantai.

Kedai atau warung makan tersebut menyajikan aneka olahan ikan dan seafood. Selain rasanya yang lezat, makanan tersebut di banderol dengan harga yang cukup murah loh.

5. Homestay

kamu bisa berlibur lebih lama di pantai karena terdapat penginapan yang memadai. Namun jika kamu ingin berlibur lebih lama di kawasan sekitar objek wisata, pastikan sudah memiliki penginapan yang tersedia.

Homestay ini biasanya merupakan rumah penduduk. Walaupun fasilitas yang ditawarkan terbatas, namun tetap cukup nyaman untuk digunakan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Ada beberapa keuntungan yang ada di pantai ini, salah satunya adalah biaya masuknya yang sangat ekonomis.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nampu
Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Nampu (sumber: Google Maps: Wiratama Enes)

Untuk menikmati keindahan pantai Nampu, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp.5.000 untuk tiket masuk, Rp.5.000 untuk parkir motor dan Rp.15.000 untuk biaya parkir mobil.

Selain itu untuk mengunjung pantai ini, pihak pengelola telah menetapkan jam buka pantai ialah pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk setiap harinya.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Selasa07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Rabu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Kamis07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Jumat07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Sabtu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000
Minggu07.00 WIB – 18.00 WIBRp. 5.000Rp. 5.000Rp.15.000

Rekomendasi Penginapan Sekitaran Pantai Nampu

Pantai Nampu adalah destinasi liburan yang menakjubkan dengan pemandangan yang memukau dan suasana yang menenangkan. Jika kamu berencana mengunjungi pantai ini, penting untuk memiliki akomodasi yang nyaman dan dekat dengan pantai. Berikut ayowisata.co.id telah menyediakan beberapa hotel terdekat yang bisa jadi pilihan kamu, yaitu:

1. Summerfield Homestay and Cafe

Summerfield Homestay and Cafe adalah pilihan yang sempurna untuk menginap dekat Pantai Nampu. Hotel ini menawarkan kenyamanan rumah dan fasilitas modern yang membuat pengalaman kamu semakin istimewa.

Summerfield Homestay and Cafe
Summerfield Homestay and Cafe (sumber: Google Maps: Mohammad Muflih)

Kamar-kamar yang luas dan bersih memberikan suasana yang menyenangkan setelah seharian menjelajahi pantai.

Selain itu, mereka juga menyediakan kafe yang menyajikan makanan lezat dan segar. Kamu dapat menikmati hidangan khas lokal sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 525.000 per malam

2. Watukarung Ristu Homestay

Watukarung Ristu Homestay adalah homestay yang terletak dekat dengan Pantai Nampu. Dengan suasana yang hangat dan ramah, homestay ini memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

Watukarung Ristu Homestay
Watukarung Ristu Homestay (sumber: Google Maps Watukarung Ristu Homestay)

Kamar-kamar sederhana tetapi nyaman memberikan tempat istirahat yang sempurna setelah hari yang panjang di pantai.

Kamu juga dapat menikmati sarapan pagi yang lezat sebelum memulai petualangan kamu.

Watukarung Ristu Homestay adalah pilihan yang ideal bagi para wisatawan yang menginginkan akomodasi yang terjangkau dan dekat dengan pantai.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 339.000 per malam

3. Watukarung Sackstone Guesthouse Surf

Jika kamu adalah pecinta selancar, Watukarung Sackstone Guesthouse Surf adalah pilihan yang tepat. Terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Nampu, hotel ini menyediakan fasilitas bagi para penggemar olahraga air.

Watukarung Sackstone Guesthouse Surf
Watukarung Sackstone Guesthouse Surf (sumber: Google Maps: Monica Sebtaria Kembaren)

Dengan suasana yang santai dan tenang, kamu dapat bersantai di kamar-kamar yang nyaman dan bersih setelah seharian bermain ombak.

Watukarung Sackstone Guesthouse Surf juga menawarkan layanan penyewaan peralatan selancar, sehingga kamu dapat menikmati kegiatan selancar yang seru di pantai yang indah ini.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 253.440 per malam

4. Watukarung Prapto Homestay

Watukarung Prapto Homestay adalah pilihan akomodasi yang terjangkau dekat dengan Pantai Nampu. Dengan kamar-kamar yang sederhana tetapi nyaman, homestay ini menawarkan tempat yang tenang untuk beristirahat setelah menghabiskan waktu di pantai.

Watukarung Prapto Homestay
Watukarung Prapto Homestay (sumber: Google Maps: Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation)

Kamu dapat menikmati suasana alami yang menenangkan dan menikmati keindahan pantai yang luar biasa.

Watukarung Prapto Homestay adalah opsi yang bagus untuk wisatawan dengan anggaran terbatas yang ingin menikmati liburan di Pantai Nampu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 250.000 per malam

5. Desa Limasan Resort

Desa Limasan Resort adalah tempat menginap yang eksklusif dan mewah dekat dengan Pantai Nampu. Resort ini menawarkan kamar-kamar yang luas dan fasilitas premium yang akan memanjakan kamu selama liburan kamu.

Desa Limasan Resort
Desa Limasan Resort (sumber: Google Maps: Desa Limasan Resort)

Dengan pemandangan yang menakjubkan dan lingkungan yang tenang, kamu dapat bersantai sepenuhnya dan menikmati pantai yang indah ini.

Resort ini juga menyediakan restoran yang menghidangkan hidangan lezat dan berkualitas tinggi. Jika kamu mencari pengalaman mewah di dekat Pantai Nampu, Desa Limasan Resort adalah pilihan yang sempurna.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp. 1.161.156 per malam

Booking Penginapan Sekitaran Pantai Nampu yang Diskon Hingga 51%

Saya adalah seorang traveler sejati yang lahir pada 24 Agustus 2003 di Tngerang. Sejak usia muda, saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia dan keinginan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan berbeda. Saya telah menjadikan perjalanan sebagai gaya hidup dan terus mengembangkan jiwa petualang.

You might also like