Pantai Ngetun di Yogyakarta: Keasrian Alam dan Masih Jarang Dikunjungi Oleh Pengunjung, Cocok Dijadikan Tempat Healing

Ada banyak sekali wisata pantai yang berada di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke dapat kamu temui berbagai macam pantai indah dengan keunikannya masing-masing. Salah diantara banyaknya wisata pantai itu ialah Pantai Ngetun. Pantai ini terletak di Yogyakarta. Yogyakarta bahkan juga disebut sebagai kawasan Bali baru. Hal ini bukan tanpa alasan.

Yogyakarta memang memiliki banyak hidden gem yang masih sangat indah. Jarangnya pengunjung yang datang ke tempat itu menyebabkan tempat-tempat tersembunyi ini menjadi lebih asri dan menarik.

Seperti halnya Pantai Ngetun. Ketika kamu menyaksikan dengan mata kepala kamu sendiri, dijamin tidak ada kata yang mampu menggambarkan keindahannya.

Pantai Ngetun sendiri mempunyai keunikannya sendiri. Pantai ini merupakan sebuah teluk yang berukuran kecil. Warga-warga di sekitar kawasan ini memberikan nama dengan panggilan Ngitun.

Pantai Ngetun ini memiliki pemandangan perbukitan hijau yang sangat alami dan terjaga keindahannya. Pasir putihnya mempesona dan air biru lautnya yang cantik. Perbukitan yang terdapat di pantai inilah yang kemudian membentuk sebuah teluk yang sangat menawan.

Cerita dan Mitos di Balik Keindahan Pantai Ngetun yang Menakjubkan

Cerita dan Mitos di Balik Keindahan Pantai Ngetun yang Menakjubkan
(sumber gambar: GoogleMaps_Putri Angelina)

Ada cerita unik yang berkembang di sekitar Pantai Ngetun. Untuk para pengunjung yang hendak berkunjung ke Pantai Ngetun ini dan melintas menyusuri jalan menuju pantai, maka kamu akan menemukan sebuah batu yang ukurannya lumayan besar.

Para warga sekitar percaya bahwa siapapun orang yang akan memegang batu tersebut, maka orang itu akan menjadi gila.

Sampai saat ini banyak warga atau pengunjung juga enggan memegang batu besar itu. Padahal kebenarannya pun belum dapat diuji. Namun, tetap saja banyak orang yang lebih mempercayai cerita mitos tersebut.

Lokasi Pantai Ngetun Yogyakarta

Lokasi Pantai Ngetun Yogyakarta
(sumber gambar: GoogleMaps_William Saputra)

Pantai Ngetun terletak di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu sedang berada di sekitar Stasiun Yogyakarta, maka kamu akan membutuhkan jarak sekitar 76 km atau memakan waktu kurang lebih 2 jam 15 menit.

Keluar dari Stasiun Yogyakarta, lajukan kendaraan kamu menuju jalan ring road timur sejauh 71 km. Kamu tinggal mengikuti arahan dari papan petunjuk yang berada di sepanjang sisi jalan.

Atau bisa juga kamu mengarahkan kendaraan kamu menuju Wonosari, kemudian menyusuri Jalan Pantai Baron. Disana, kamu bisa mengarah ke pertigaan Mulo. Setelah itu kamu bisa memasuki daerah Kecamatan Tepus, untuk selanjutnya mengarah ke kawasan bernama Indrayanti.

Setelah itu, kamu bisa menuju sebuah tempat bernama Pok Tunggal, lantas menuju kawasan Seruni. Tidak lama dari lokasi itu, kamu akan segera menginjakkan kaki di pantai yang menawan yaitu Pantai Ngetun.

Sekadar saran, sebaiknya sebelum kamu datang berkunjung ke Pantai Ngetun, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang sempurna. Datanglah ke bengkel tempat langganan kamu untuk memeriksa kondisinya.

Jalan menuju Pantai Ngetun ini memang tidak begitu baik. Sehingga akan merepotkan kamu nantinya jika kondisi kendaraan kamu tidak dalam keadaan sempurna. Jalanan di sekitar Pantai Ngetun masih banyak yang berbatu dan tidak beraspal, sehingga dikhawatirkan akan membuat ban bocor. Jadi, jangan lupa untuk membawa ban cadangan, ya.

Sayangnya, jalan menuju Pantai Ngetun tidak bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda empat, ada jenis-jenis tertentu yang dirasa kurang cocok untuk melalui medan menuju Pantai Ngetun. Mungkin ada baiknya kamu menggunakan mobil khusus off-road.

Sementara untuk bus yang berukuran besar dipastikan akan sulit mencapai lokasi pantai ini. Kecuali, kamu memarkir kendaraan roda empat kamu agak jauh dari Pantai Ngetun. Kemudian, kamu bisa melanjutkannya menggunakan kendaraan roda dua. Ketika menggunakan motor kamu, tidak jarang kamu harus mendorong kendaraan kamu di saat-saat tertentu.

Letak Pantai Ngetun memang tersembunyi. Ditambah lagi jalannya yang tidak terstruktur dengan baik. Aksesnya cukup sedikit sulit. Tetapi semua itu akan terbayarkan tuntas dengan pemandangan yang mempesona saat kamu tiba di Pantai Ngetun. Alamnya masih sangat asri dan udaranya sejuk. Karena belum banyak pengunjung yang datang, meskipun pada hari libur.

Rute Lengkap Menuju Pantai Ngetun di Yogyakarta:

Alamat: Sureng, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Jam Operasioanal dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngetun

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Selasa24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Rabu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Kamis24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Jumat24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Sabtu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000
Minggu24 JamGratisRp 2.000Rp 5.000

Saat kamu memutuskan untuk datang dan menyaksikan Pantai Ngetun dengan pemandangannya yang menakjubkan, kamu tidak perlu khawatir masalah biaya masuk. Kamu tidak akan dipungut biaya sedikitpun. Alias gratis.

Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir saja untuk memastikan kendaraan yang kamu bawa akan aman. Biayanya pun tidaklah mahal. Cukup 5.000 rupiah untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat. Jika kamu membawa kendaraan roda dua, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 2.000 rupiah saja.

Harga parkir itu dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tetapi, ini bisa dijadikan patokan berapa kira-kira yang perlu kamu keluarkan untuk biaya parkir nantinya.

Pantai Ngetun dibuka 24 jam, lho. Jadi kamu bisa datang berkunjung kapanpun kamu mau. Akan lebih baik jika kamu tiba pada saat pagi hari sambil menikmati matahari terbit. Atau bisa juga datang pada saat sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Walaupun kamu datang pada saat hari libur, dipastikan tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Karena Pantai Ngetun terbilang masih sepi pengunjung.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Berkunjung ke Pantai Ngetun

Ketika kaki kamu menginjak area wisata ini, kamu akan langsung disambut oleh kicauan burung yang menyenangkan. Ditambah lagi banyak pepohonan hijau dan rindang yang bisa kamu jadikan tempat peristirahatan.

Di Pantai Ngetun belum banyak tempat seperti gubug atau saung, sehingga pepohonan yang berada di pesisir pantai itu bisa dijadikan alternatif sebagai tempat untuk beristirahat setelah lelah melalui perjalanan dan sebelum kamu memutuskan kegiatan selanjutnya.

Sekedar saran untuk kamu, akan lebih bagus jika kamu membawa serta tikar dari rumah sebelum berangkat. Tikar ini bisa kamu gunakan untuk duduk di atas pasir putihnya yang halus sambil duduk-duduk di bawah pepohonan dengan angin pantainya yang sejuk.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan jika datang berkunjung ke pantai ini. Di antaranya adalah:

1. Piknik

Piknik

Jika kamu sudah membawa tikar dari rumah, mungkin bisa sekalian kamu siapkan bekal makanannya. Kamu bisa membawa camilan-camilan atau makanan ringan lainnya dan minuman segar.

Suasana pantai yang cantik, laut yang biru, angin yang sejuk, tentu menambahkan keseruan aktivitas piknik di Pantai Ngetun Gunung Kidul ini. Jangan lupa untuk mengumpulkan lagi sampah-sampah sisa makanan dan minuman kamu.

Kamu bisa menaruhnya dalam satu kantong plastik untuk kemudian membuangnya sekaligus dalam tong sampah. Jangan biarkan sampah-sampah sisa makanan dan minuman kamu merusak keasrian Pantai Ngetun, ya.

2. Memancing

Memancing

Walaupun tempat Pantai Ngetun tidak terlalu besar, tetapi dikamu pastikan akan menikmati banyak keceriaan dari tempat ini. Banyak warga sekitar yang memanfaatkan tempat ini untuk memancing. Kamu pun diperbolehkan untuk melakukan hal yang sama.

Jangan lupa untuk membawa alat pancing pribadi kamu, ya, sebelum pergi menuju Pantai Ngetun. Di Pantai Ngetun ini kamu akan menemukan banyak jenis ikan. Mulai dari ikan kerapu, ikan nila, ikan kakap, hingga beragam jenis lobster.

Mulai dari yang ukuran kecil sampai yang ukurannya besar dan mempunyai harga jual yang lumayan cukup tinggi. Tertarik untuk mencoba memancing dengan suasana yang berbeda? kamu akan mendapatkannya di sini. Jangan ragu lagi untuk datang, ya.

3. Melihat Biota dan Hewan Laut

Melihat Biota dan Hewan Laut

Untuk kamu yang terbiasa hidup di perkotaan, tentu menjumpai biota dan hewan laut akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Di Pantai Ngetun, kamu akan disuguhkan oleh banyak dan beragam jenis biota dan hewan laut yang mungkin tidak pernah kamu temui sebelumnya.

Dijamin kamu akan terperangah dan kagum melihat keindahan biota dan hewan laut yang ada di sini. Seperti contohnya, kelomang, ubur-ubur, berbagai macam jenis kerang yang cantik, dan masih banyak lagi.

Bahkan beberapa di antaranya bisa kamu lihat di pasir putih Pantai Ngetun yang bersih dan halus. Kamu bahkan akan menjumpai banyak telur lobster yang melimpah. Telur-telur lobster itu dapat kamu temui di bawah dua kaki bukit.

Banyak warga sekitar yang memanfaatkan telur-telur lobster yang berada di bawah dua kaki bukit itu. Di Pantai Ngetun, kamu menyaksikan keindahan kehidupan penyu laut. Tempat itu biasanya dijadikan penyu untuk bertelur dan berkembang biak.

Pengunjung bisa menyaksikan bagaimana para penyu laut itu beraktivitas. Tetapi, harap dijadikan peringatan agar tidak terlalu dekat dan menjaga jarak pada penyu-penyu itu. Hewan yang satu ini memang sedikit takut dengan tangan-tangan manusia. Sehingga ditakutkan akan mengganggu proses kehidupan para penyu laut.

Tidak ketinggalan, kamu bisa melihat ganggang laut maupun rumput laut pada saat air laut sedang surut. Ganggang laut dan rumput laut itu akan tampak begitu sangat cantik dan tampak nyata dari kedekatan.

4. Menikmati Matahari Terbenam

Menikmati Matahari Terbenam
(sumber gambar: GoogleMaps_adhim)

Aktivitas yang satu ini tentu sudah jadi incaran para penggemar fotografi. Pantai Ngetun dipastikan akan memuaskan dahaga kamu para pemburu foto. Kamu pun dapat mengabadikannya di media sosial yang kamu miliki.

Melalui foto-foto cantik yang kamu ambil, hal itu tentu saja membantu mengenalkan ke masyarakat luas tentang keberadaan Pantai Ngetun yang indah. Akan ada banyak pasang mata yang turut melihat keindahan Pantai Ngetun ini, khususnya di saat matahari terbenam.

Warna awan yang mulai berwarna kekuningan bersatu dengan warna oranye, seakan berpadu serasi dengan birunya air laut. Pesona siluet dari matahari itu menjadikan beberapa spot di Pantai Ngetun menjadi lebih instagrammable.

5. Mendaki Bukit

Mendaki Bukit

Ada dua puncak bukit yang ada di sekitar Pantai Ngetun. Bukit yang pertama bernama Watu Bangku. Sementara bukit yang kedua bernama Watu Gentong. Watu Bangku memiliki puncak yang lebih tinggi ketimbang Watu Gentong.

Kamu akan menyaksikan suasana berbeda saat mencapai puncak salah satu atau kedua bukit tersebut, lho. Tetaplah berhati-hati dan waspada. Jangan sampai kamu terlalu terlena sehingga teledor dan tidak memperhatikan rute perjalanan menuju bukit.

Apalagi jika kamu datang berkunjung di saat musim hujan. Jalanan menuju kedua bukit itu dipastikan akan menjadi lebih licin. Oleh karena itu, sebaiknya tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan kamu.

6. Berkemah

Berkemah

Jika kamu termasuk ke dalam jiwa-jiwa petualang sejati, tentu kamu akan menyukai kegiatan berkemah di Pantai Ngetun. Meskipun lokasi Pantai Ngetun tidak luas, tetapi disediakan sarana bagi kamu untuk mendirikan tenda dan menikmati alam di pantai ini pada saat malam datang.

Apalagi jika kamu mengajak teman-teman atau keluarga kamu untuk ikut serta. Tentu bisa menjadi pengalaman seru. Ditambah lagi suasana di Pantai Ngetun yang menyejukkan. Dijamin kamu akan makin betah menikmati kemah bersama orang-orang terdekat kamu. Dan penat kamu akan menghilang seiring dengan banyaknya waktu yang kamu habiskan di pantai ini.

Di Pantai Ngetun belum banyak penjual makanan. Beberapa warung penyedia makanan atau camilan belum banyak. Jadi, kamu pastikan membawa perbekalan yang cukup, ya. Jangan sampai kamu kelaparan dan kekurangan pangan.

7. Berenang

Berenang

Ombak di Pantai Ngetun cenderung tenang sehingga aman jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan berenang di pantai ini. kamu pastikan membawa peralatan seperti pakaian renang, kacamata, dan sunblock.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Pantai Ngetun Yogyakarta

Jika kamu sedang mencari penginapan di Yogyakarta dan ingin menikmati keindahan Pantai Ngetun, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap yang dapat membuat perjalanan kamu lebih berkesan:

1. Penginapan Putra Darma

Penginapan Putra Darma
(sumber gambar: Agoda)

Nikmati kenyamanan Penginapan Putra Darma yang strategis terletak di Tepus, bagian dari Bedoyo. Lokasinya yang dekat dengan atraksi dan pilihan restoran menarik membuatnya menjadi pilihan ideal. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Baron Beach yang terkenal.

Fasilitas populer meliputi tempat parkir gratis, akses langsung ke pantai, ruangan ber-AC, dan opsi sarapan dengan biaya tambahan. Waktu check-in dimulai pukul 14.00, dan check-out pada pukul 13.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 227.511 per malam

PESAN HOTEL Penginapan Putra Darma Diskon 67%

2. Hotel Kukup Indah

Hotel Kukup Indah
(sumber gambar: Agoda)

Menawarkan kenyamanan dan kemudahan, Hotel Kukup Indah terletak strategis di Kemadang, bagian dari Bedoyo. Dengan dekatnya properti ini dengan atraksi dan restoran menarik, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut ketika mengunjungi Baron Beach terdekat.

Fasilitas populer termasuk Wi-Fi gratis, akses ke pantai, ruangan ber-AC, dan restoran. Waktu check-in mulai pukul 13.00, dan check-out pada pukul 13.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 291.041 per malam

PESAN HOTEL Hotel Kukup Indah Diskon 58%

3. Omah Sundak

Omah Sundak
(sumber gambar: Agoda)

Menyuguhkan kenyamanan tinggal, Omah Sundak terletak strategis di Sidoharjo, bagian dari Bedoyo. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan Baron Beach yang terkenal sebelum pulang.

Sebagai bonus tambahan, properti ini menyediakan restoran untuk memenuhi kebutuhan kuliner kamu. Fasilitas populer termasuk Wi-Fi gratis, lokasi di tepi pantai, layanan jemputan bandara, dan waktu check-out pada pukul 11.30.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 256.275 per malam

PESAN HOTEL Omah Sundak Diskon 51%

4. Adinda Hotel

Adinda Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Parangtritis, bagian dari Yogyakarta, Adinda Hotel memberikan akses dekat ke atraksi dan pilihan restoran menarik. Luangkan waktu untuk mengunjungi Taman Sari dan Pantai Parangtritis terdekat.

Properti ini juga menyediakan restoran untuk memenuhi kebutuhan kuliner kamu dengan mudah. Fasilitas populer meliputi tempat parkir gratis, akses ke pantai, Wi-Fi gratis, dan waktu check-in pada pukul 14.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 192.567 per malam

PESAN HOTEL Adinda Hotel Diskon 52%

5. Orchid Inn Hotel

Orchid Inn Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Dengan lokasi yang strategis di Wonosari, bagian dari Yogyakarta, Orchid Inn Hotel menempatkan kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran menarik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Sari yang terkenal sebelum pulang.

Fasilitas populer termasuk tempat parkir gratis, sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan ruangan ber-AC. Waktu check-in dimulai pada pukul 13.00, dan check-out pada pukul 12.00.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 702.852 per malam

PESAN HOTEL Orchid Inn Hotel Diskon 83%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Ngetun

Rekomendasi kuliner di sekitar Pantai Ngetun, Yogyakarta. Namun, jika kamu ingin mencoba kuliner lezat khas Yogyakarta, sebaiknya kamu mencari warung atau restoran lokal di sekitar area tersebut. Beberapa hidangan khas Yogyakarta yang mungkin ingin kamu coba termasuk:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Yogyakarta di Sekitar Pantai Ngetun

    • Gudeg: Gudeg adalah hidangan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu khas. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, tahu, dan sambal.
    • Soto Ayam: Soto Ayam adalah sup ayam khas Indonesia yang biasanya disajikan dengan kuah kuning, potongan ayam, tauge, dan bumbu rempah-rempah. Rasanya yang kaya dan hangat sangat cocok untuk dinikmati.
    • Bakmi Jawa: Mie Jawa khas Yogyakarta memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari mie-mie lainnya di Indonesia. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah kental dan daging panggang atau rebus.
    • Wedang Uwuh: Minuman tradisional dari Yogyakarta yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan daun pandan. Minuman ini memiliki rasa hangat dan kaya rempah.
    • Es Gempol Pleret: Es Gempol adalah minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari gula kelapa dan air kelapa yang dicampur es serut. Biasanya, es ini disajikan dengan bubur sumsum dan santan.
    • Ayam Goreng Kalasan: Ayam Goreng Kalasan adalah ayam goreng khas Yogyakarta yang dimasak dengan bumbu khas Kalasan, yaitu campuran kelapa parut, kelapa yang disangrai, dan bumbu rempah.
    • Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate khas Yogyakarta yang menggunakan tusuk bambu besar dan daging sapi atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang khas.

Kesimpulan

Sedikit informasi untuk kamu yang tidak ingin kerepotan mencari rute perjalanan menuju Pantai Ngetun, kamu bisa menyewa jasa tour guide. Tour guide ini merupakan warga lokal yang tinggalnya tidak jauh dari Pantai Ngetun. Jadi sudah dapat dipastikan jika mereka hafal betul jalur mana yang bisa ditempuh.

Kamu hanya perlu membayar sebesar 30.000 rupiah saja. Dan kamu akan diantarkan hingga tepat ke lokasi. Satu lagi, pastikan datang berkunjung tidak saat waktu hujan atau langit sedang mendung, ya. Agar kamu puas menikmati keindahan pantai ini.

Kamu memang memerlukan usaha maksimal untuk mencapai Pantai Ngetun Gunung Kidul, Yogyakarta. Jalannya yang masih belum teraspal dan masih berbatu, letaknya yang tersembunyi, ditambah lagi tidak ada sarana dan prasarana yang memadai.

Tetapi, semua itu terbayarkan dengan pemandangan Pantai Ngetun yang menakjubkan dan mempesona. Kamu mungkin akan kehilangan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkannya.

Karena letaknya yang terselinap inilah, Pantai Ngetun masih terbilang sangat asri dan terjaga keindahannya.

Maka ketika kamu memutuskan untuk berkunjung ke sana, kamu pastikan turut menjaga kebersihannya, ya. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak ekosistem alamnya yang alami.

Selamat menikmati dan menjadi saksi keindahan Pantai Ngetun yang eksotik. Dan jangan lupa ceritakan pengalaman berharga kamu di pantai ini ke orang-orang. Agar semakin banyak wisata bahari di Indonesia yang semakin dikenal oleh wisatawan lokal atau internasional.

You might also like