Pantai Ngliyep di Malang: Wisata Air dengan Wahana Mempesona dan Mengandung Nilai Mistis

Malang menjadi salah satu kota dengan destinasi terbaik dan salah satunya ada Pantai Ngliyep. Pantai ini cukup populer di kota itu dan menjadi favorit banyak orang untuk berkunjung ke wisata tersebut.

Pantai ini menjadi idaman pengunjung karena memiliki lahan yang cukup luas dan indah. Dengan demikian mereka yang berkunjung bisa dengan puas dan lega menikmati segala sesuatunya.

Leganya pengunjung tidak lepas dari cukup banyaknya daya tarik di pantai tersebut. Untuk itu, pengunjung perlu mengetahui apa saja yang menjadi daya tarik agar saat sampai disana bisa melihat semuanya.

Tidak hanya itu, pengunjung perlu mengetahui berapa harga tiket dan lokasinya. Dari informasi tersebut nantinya kamu bisa mencari rute terbaik dan mempersiapkan segala sesuatu saat berwisata ke pantai tersebut.

Sekilas Tentang Pantai Ngliyep

Sekilas Tentang Pantai Ngliyep
(sumber gambar: GoogleMaps_Yossi Iswahyudi)

Nama dari ngliyep ini sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yang artinya tertidur atau mengantuk. Pemberian nama ini karena dari segi ombak dan pasir yang ada di pantai ini sangat menenangkan. Belum lagi, pantai ini memiliki luas yang cukup fantastis mencapai 10 ha.

Pantai ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an dan menjadi destinasi pilihan warga sekitar dan luar daerah. Sejak dahulu, ombaknya memang menenangkan dan suasana pantainya cukup sejuk dan nyaman. Selain itu angin di sekitar pantai berhembus dengan sepoi-sepoi.

Angin tersebut berasal dari tempat wisata ini yang dikepung adanya hutan tropis dan tebingnya yang curam. Hal inilah yang membuat suasana pantai ini menjadi sangat indah.

Selain itu pantai ini ternyata cukup misterius karena menyimpan tradisi dan budaya lokal Malang. Bahkan beberapa orang menyebutkan jika pantai ini dikaitkan adanya mitos nyi Roro Kidul

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Ngliyep

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Ngliyep

Secara umum destinasi satu ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Namun jarak dari kota Malang ke pantai ini sekitar 63 km dan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Untuk lokasinya, wisata ini berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, kota Malang.

Sekilas lokasinya sudah diaspal secara keseluruhan dan suasananya cukup rindang. Hanya untuk menuju ke tempat tersebut dari cukup banyak tanjakan dan tikungan yang tajam.

Jika dari kota, pengunjung tinggal belok kiri ke Jln. Jenderal Basuki Rahmat lalu diteruskan ke Jln. KH Hasyim Ashari sejauh 18 km. Dari perjalanan tersebut nantinya pengunjung akan sampai di jalan Sumedang. Dari jalan ini akan cukup menantang sejauh 28 km dan nantinya akan sampai di kawasan pantai ini.

Rute Lengkap Menuju Pantai Ngliyep di Malang:

Alamat: Desa, Hutan, Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65167

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Ngliyep

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Selasa24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Rabu24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Kamis24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Jumat24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Sabtu24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000
Minggu24 JamRp 15.000Rp 5.000Rp 10.000

Untuk masuk ke area tempat wisata ini dari segi harga tiketnya termasuk murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar 15 ribu rupiah per orangnya. Selain tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya lain berupa parkir kendaraan. Untuk biayanya sebesar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Lalu untuk jam bukanya selama 24 jam karena wisata ini sering digunakan untuk berkemah oleh sebaik orang. Tetapi untuk waktu terbaiknya bisa datang ketika sore hari saat matahari akan terbenam.

Di jam tersebut biasanya tidak banyak yang berkunjung sehingga tidak terlalu ramai. Selain itu di jam-jam tersebut, pengunjung dapat melihat indahnya sunset dan bisa berfoto di ayunan, pohon kelapa dan yang lainnya.

Daya Tarik di Pantai Ngliyep

Pantai yang berada di Malang ini memiliki berbagai daya tarik dan berikut ulasan secara lengkap:

1. Gunung Kombang dan Budaya Warga

Gunung Kombang dan Budaya Warga
(sumber gambar: GoogleMaps_Tenda Ramadika)

Saat berwisata ke pantai ini, pengunjung bisa datang langsung ke Gunung Kombang yang dikenal bentuknya yang mungil. Untuk sampai di tempat tersebut, pengunjung tinggal melewati jembatan kayu di sekitar pesisir pantai.

Di sekitar gunung tersebut ada makam yang terbilang keramat dan terbaring memanjang. Menurut cerita masyarakat sekitar, makam itu diyakini sebagai penampakan Nyi Roro Kidul.

Karena dianggap keramat maka di tempat ini sering ditemukan sesajen dan semacamnya. Karena itu ketika sampai di tempat tersebut sebaiknya menjaga sopan santun dan menghormati tradisi masyarakat sekitar.

Saat berada di gunung yang dekat dengan Pantai Ngliyep tersebut, kamu cukup bergaya di tempat yang terbilang unik dan menarik. Banyak spot yang bisa dijadikan tempat berfoto khususnya dengan panorama alam yang memukau.

Berkaitan dengan budaya warga ini puncaknya ada di tanggal 14 rabiul awal dan perayaan ini dikenal sebagai ritual labuhan. Di hari tersebut banyak warga yang beramai-ramai menyembelih kambing atau sapi. Sebagian dagingnya ada yang dihanyutkan ke laut dan untuk sesajen di Gunung Kondang.

2. Teluk Putri

Teluk Putri
(sumber gambar: GoogleMaps_Fadhilah Aulia Febrianti)

Daya tarik lain yang ada di Pantai Ngliyep ini ada yang namanya Teluk Putri. Lokasi dari teluk itu berada di sebelah kiri dan dari segi medannya tidak terlalu susah. Letaknya berada di antara perbukitan dan ini destinasi ini juga banyak diincar oleh wisatawan.

Pemberian nama itu tersebut dari segi pasirnya yang termasuk halus dengan warna putih. Selain itu untuk tekstur pasirnya termasuk halus seperti layaknya tuan putri. Teluk ini termasuk tidak terlalu dalam karena hanya memiliki kedalaman 40 cm dengan garis pantai sekitar 100 meter.

3. Bukit Karang Lie Tiong

Bukit Karang Lie Tiong
(sumber gambar: Google_Wikipedia)

Jenis perbukitan ini tergolong berbeda dari yang lain karena disusun berbagai batu karang. Selain itu, bukit di Pantai Ngliyep ini juga terlihat cukup menakutkan dan letaknya sangat curam.

Bukitnya sangat tinggi dan sebagian orang bisa saja menciut saat berada di atas tersebut. Untuk itu untuk yang kurang nyaman sebaiknya menghindari destinasi tersebut.

Namun untuk yang berani maka akan melihat pemandangan alam yang begitu menggoda mata. Hal yang paling mempesona ada pada bentangan laut selatan yang memiliki nilai estetis tersendiri. Dengan begitu, pengunjung bisa langsung berpose di sekitar tempat tersebut.

4. Panggung Bambu

Panggung Bambu

Dinamakan panggung bambu karena tempat ini bahan dasarnya menggunakan bambu. Tempat ini berada di atas hamparan pasir dan dari segi bentuknya cukup mungil dan bisa dijadikan tempat berfoto bersama di Pantai Ngliyep.

Selain mungil, panggung ini juga terbilang unik karena dari sisi atapnya menggunakan anyaman daun kelapa. Sedangkan pada tiang dan lantainya menggunakan bahan bambu.

Untuk membuatnya semakin menarik, panggung ini dilengkapi berbagai aksesoris. Misalnya sepeda tua, bangku panjang, pot bunga dan sejumlah aksesoris lainnya.

Tambahan aksesoris ini ditopang indahnya panggung dengan latar belakang pantai.Lalu pada sisi kanan dan kirinya ada perbukitan dan dari jauh terlihat seperti dikepung oleh lautan. Untuk tingginya bisa dikatakan standar karena hanya seukuran betis orang dewasa.

5. Berbagai Macam Ayunan

Berbagai Macam Ayunan
(sumber gambar: Google_SEPASANGCARRIER)

Jika panggung tidak membuatnya lebih seru maka kamu bisa mencoba berbagai ayunan yang tersedia. Posisi dari ayunan ini ada di beberapa tempat mulai di tengah laut, hamparan pasir dan sekitar pesisir Pantai Ngliyep

Dengan posisinya yang berada di tempat berbeda maka akan membuat kamu merasakan sensasi yang menyenangkan. Sehingga pengunjung tinggal memilih saja di mana tempat yang sesuai selera dan keinginan.

Saat pertama kali dibuka, spot satu ini memang menjadi incaran anak-anak muda di sekitar Malang. Tetapi ayunan tersebut kini tidak seindah dulu tetapi masih terlihat menarik dan ikonik.

Fasilitas di Sekitar Pantai Ngliyep

Selain mengetahui daya tarik, fasilitas pantai perlu diketahui dan berikut penjelasannya:

Fasilitas di Sekitar Pantai Ngliyep

    • Aneka Kuliner: Saat berada di sekitar pantai, pengunjung dapat mencoba berbagai kuliner warga sekitar. Ada beberapa warung yang berjejer di tempat tersebut dan dari rasanya cukup nikmat.
    • Musholla dan Toilet: Bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah maka di Pantai Ngliyep ini tersedia musholla. Selain itu ada juga beberapa toilet yang dibuka secara umum dengan harga yang cukup terjangkau.
    • Area Parkir: Untuk pengunjung yang membawa motor dan mobil tidak perlu cemas karena tersedia area parkir. Untuk area ini terbilang sangat luas dan mampu menampung banyak kendaran.
    • Tempat Penyewaan: Untuk pengunjung yang ingin berlama-lama di pantai ini maka bisa datang ke tempat penyewaan. Di tempat tersebut, pengunjung bisa menyewa berbagai alat seperti tiker, tenda dan yang lainnya.Untuk biaya sewanya belum ada informasi resmi tetapi masih tergolong ramah di kantong.
    • Cendera Mata: Bagi yang datang dari luar daerah rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas dari Pantai Ngliyep ini. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengunjung dapat membeli aneka macam cendera mata.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngliyep

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di pantai tersebut meliputi:

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngliyep

1. Menjelajahi Dasar Lautan

Pantai satu ini memang memiliki daya tarik yang mempesona baik di saat airnya pasang atau surut. Ketika pasang maka pengunjung bisa melihat ombaknya yang tinggi dan terlihat sangat indah.

Dan ketika sudah mulai surut, pengunjung bisa melihat berbagai batu karang yang mengapung dengan ukurannya yang kecil. Keberadaan batu karang ini sangat unik dan pemandangan dari bebatuan ini sangat memikat dan mampu memberikan kepuasan tersendiri.

2. Berfoto di Bingkai dan Perahu Gantung

Saat kamu sudah mulai memasuki area Pantai Ngliyep maka akan melihat berbagai bingkai di bagian bibir pantanya. Bingkai tersebut dibuat dari bahan kayu yang cukup kuat dan bentuknya persegi panjang dan posisinya dibuat berdampingan. Dengan bentuk seperti ini maka bisa membuat kamu bisa berfoto bersama keluarga.

Lalu di bagian atas bukit, pengunjung akan mendapati perahu gantung yang tidak banyak ditemui di destinasi lain. Dari segi bentuknya memang sederhana namun ruas-ruas bambunya terilang ikonik dan cocok untuk berfoto.

Karena posisinya ada di ketinggian maka untuk melakukan aktivitas tersebut sebaiknya dilakukan saat sore hari. Dengan seperti ini maka suasananya terbilang sepi sehingga pengunjung bisa lebih puas menikmatinya

3. Berolahraga

Sebagaimana diketahui jika Pantai Ngliyep ini memiliki area yang cukup luas. Dengan begitu aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga yang tujuannya hanya untuk senang-senang.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti voli, sepak bola atau yang lainnya. Dengan cara seperti ini maka kondisi fisik akan tetap bugar dan untuk bolanya bisa membawa dari rumah.

Berolahraga

4. Berenang

Saat datang ke pantai ini maka yang terbayangkan tentu bisa berenang di wisata tersebut. Saat melakukan aktivitas ini maka perlu melihat kondisi terlebih dahulu dan pastikan ombaknya tidak terlalu tinggi.

Biasanya pengelola di pantai ini selalu menyarankan untuk berenang di sekitar pinggir pantai saja. Hindari berenang hingga ke tengah laut karena dari ombaknya tidak bersahabat dan cukup membahayakan.

5. Surfing

Pantai Ngliyep ini di beberapa waktu juga dikenal ombaknya yang tergolong tinggi. Sehingga beberapa pengunjung diminta untuk berenang saat kondisinya ombaknya tidak bersahabat.

Dalam keadaan yang seperti ini maka bisa digunakan untuk surfing atau bermain papan seluncur. Untuk mengantisipasi, pengunjung bisa membawa papan seluncur sendiri dari rumah.

Bagi yang sudah ahli di olahraga tersebut maka bisa beraktivitas di tengah laut. Sebab di tempat tersebut ombaknya yang tergolong tinggi dan menantang ketika bermain surfing.

6. Camping dan Bermalam di Sekitar Pantai

Dengan suasana pantai yang sunyi tidak jarang banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat untuk camping. Hal ini dilakukan berbagai acara baik itu malam keakraban atau yang lain.

Selama berada di Pantai Ngliyep tersebut, pengunjung akan melihat indahnya alam di kala malam hari. Keindahan ini akan semakin lengkap dengan adanya taburan bintang dan indahnya bulan purnama saat malam hari.

Jika pengunjung tidak suka mendirikan kemah maka bisa menginap di sekitar pantai. Ada beberapa tempat yang mungkin terbilang sederhana namun cukup untuk menginap dan tarifnya berbeda. Namun biaya menginap ini terbilang terjangkau dan mahal tidaknya tergantung ukuran rumah yang akan ditempati.

Camping dan Bermalam di Sekitar Pantai

7. Bermain Pasir

Sebagaimana dijelaskan di bagian atas jika pantai ini memiliki pasir dengan tekstur yang halus. Dengan begitu, wahana ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak untuk bermain pasir di Pantai Ngliyep.

Dengan adanya pasir tersebut nantinya mereka tinggal membawa ember kecil. Skop dan yang lainnya. Dengan peralatan tersebut bisa membuat anak-anak bermain pasir dengan siang gembira. Bahkan dapat pula menulis sesuatu yang ada di pasir tersebut.

8. Foto Prewedding

Untuk pengunjung yang mempunyai hajat untuk menikah maka wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi dari segi fotonya tentu sangat bagus karena menggunakan tema alam yang mempesona.

Foto tersebut akan terlihat sangat menarik jika dipadukan adanya pakaian yang serasi. Dengan kombinasi tersebut, pengunjung tinggal menentukan saja apakah temanya tentang petualangan, bahari atau yang lainnya.

9. Mengikuti Upacara Ritual

Dari sekian aktivitas di wisata lain tentu jarang sekali yang ada upacara ritual. Namun di Pantai Ngliyep ini ada upacara yang sering disebut ritual Labuhan dengan menyembelih hewan dan dibagikan kepada masyarakat.

Untuk acaranya tidak hanya itu saja melainkan ada juga kepala hewan yang dihanyutkan ke laut dan diletakkan di Gunung Kombang. Menariknya lagi ada juga iringan berupa pertunjukan jaranan. Untuk mengikuti upacara tersebut setiap warga perlu menggunakan pakaian tradisional.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Ngliyep di Malang

Ada berbagai hotel, penginapan dan homestay yang bisa kamu pilih untuk bermalam di sekitar pantai ini. Ada banyak pilihan di aplikasi booking online, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget.

Berbagai diskon pun sering ditawarkan agar kamu bisa memesan penginapan dengan harga yang lebih murah. Berikut ini adalah rekomendasi penginapan yang bisa menjadi referensi kamu untuk bermalam di Pantai Ngliyep, Malang:

1. Kapal Garden Hotel

Kapal Garden Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Kapal Garden Hotel, tempat penginapan berperingkat bintang-3 yang terletak strategis di Batu, bagian dari kota Malang. Kami menyuguhkan kenyamanan dengan dekatnya akses ke atraksi dan restoran menarik.

Jangan lewatkan kunjungan kamu ke Malang City Square yang terkenal! Nikmati fasilitas kolam renang luar ruangan dan restoran eksklusif kami. Waktu check-in kami dimulai pukul 14:00, dan kami siap memberikan layanan terbaik selama 24 jam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 397.440 per malam

PESAN HOTEL Kapal Garden Hotel Diskon 68%

2. Padi Heritage Resort

Padi Heritage Resort
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Padi Heritage Resort, tempat penginapan yang memberikan kesejukan di Malang Pusat. Lokasinya yang strategis membuat kamu dekat dengan atraksi dan opsi restoran yang menarik. Pastikan untuk mampir ke Malang City Square sebelum pulang.

Fasilitas istimewa kami meliputi kolam renang luar ruangan dan restoran yang akan meningkatkan kenyamanan kamu. Waktu check-in kami pukul 15:00, dan jangan ragu untuk memanfaatkan layanan kami, termasuk tempat parkir, WiFi gratis, dan resepsionis 24 jam.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 267.140 per malam

PESAN HOTEL Padi Heritage Resort Diskon 65%

3. Gets Hotel Malang

Gets Hotel Malang
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Gets Hotel Malang, tempat penginapan yang memudahkan akses kamu ke atraksi dan objek wisata lokal di Malang Pusat. Malang City Square yang terkenal wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu.

Kami menyediakan kolam renang luar ruangan sebagai bonus tambahan untuk memenuhi kebutuhan kamu dengan mudah. Waktu check-in kami pukul 14:00, dan jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, shuttle bandara, dan kolam renang yang kami sediakan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 382.188 per malam

PESAN HOTEL Gets Hotel Malang Diskon 51%

4. RedDoorz Hostel near Malang Train Station 3

RedDoorz Hostel naear Malang Train Station 3
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di RedDoorz Hostel, penginapan yang strategis di Malang Pusat. Nikmati akses yang dekat ke atraksi dan objek wisata lokal, dan pastikan untuk singgah di Malang City Square sebelum pulang.

Restoran di properti kami siap memenuhi kebutuhan kuliner kamu dengan mudah. Waktu check-in kami dimulai pukul 14:00, dan kamu dapat menikmati layanan resepsionis 24 jam, tempat parkir, dan WiFi gratis di semua kamar.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 177.940 per malam

PESAN HOTEL RedDoorz Hostel near Malang Train Station 3 Diskon 71%

5. Morse Hotel

Morse Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Selamat datang di Morse Hotel, penginapan yang strategis di Malang Pusat. Akses yang mudah ke atraksi dan objek wisata lokal membuat kunjungan kamu lebih menyenangkan. Pastikan untuk menjelajahi Malang City Square sebelum kembali ke hotel.

Fasilitas restoran kami siap memenuhi kebutuhan kuliner kamu. Waktu check-in kami pukul 14:00, dan jangan lewatkan layanan kami seperti sarapan gratis, layanan laundry, dan resepsionis 24 jam untuk memastikan kenyamanan kamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 220.000 per malam

PESAN HOTEL Morse Hotel Diskon 60%

Mencoba Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar pantai Ngliyep

Malang, sebuah kota di Jawa Timur, Indonesia, memiliki beragam makanan khas yang lezat dan unik. Beberapa makanan khas Malang yang terkenal antara lain:

Mencoba Kuliner Lezat Khas Malang di Sekitar pantai Ngliyep

    • Bakso Malang: Bakso Malang dikenal dengan bakso yang besar dan kenyal. Seringkali disajikan dengan mie, bihun, tahu, pangsit, dan kuah yang gurih.
    • Rawon Setan: Rawon adalah sup daging berwarna hitam khas Jawa Timur. Di Malang, terdapat variasi rawon yang dikenal sebagai Rawon Setan. Keunikan rawon ini terletak pada tingkat kepedasannya yang tinggi.
    • Bebek Sinjay: Bebek Sinjay adalah hidangan bebek goreng khas Malang yang dikenal karena bumbu khasnya yang lezat. Bebek ini biasanya disajikan dengan sambal yang pedas.
    • Tahu Campur: Makanan ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, disiram dengan kuah kental yang berisi mie, suwiran daging sapi, tauge, dan kerupuk.
    • Lumpia Basah: Lumpia basah adalah versi lumpia yang digulung dengan lembaran kulit yang lebih tipis dan biasanya diisi dengan rebung, tauge, daging ayam, dan telur rebus. Lumpia ini kemudian disajikan dengan saus kacang.
    • Rujak Cingur: Rujak Cingur adalah hidangan campuran buah-buahan dan sayuran yang disajikan dengan saus petis dan cingur (hidung sapi direbus). Uniknya, cingur memberikan sensasi kenyal saat dikonsumsi.
    • Sate Klopo: Sate Klopo adalah sate khas Malang yang menggunakan kelapa parut sebagai bumbu pelapis pada dagingnya. Ini memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dari sate biasa.
    • Bakpao Telur Asin: Bakpao ini berisi telur asin dan daging ayam yang diolah dengan bumbu khas. Rasanya asin dan gurih, membuatnya menjadi camilan yang populer di Malang.
    • Pia Legong: Pia Legong adalah kue khas Malang berbentuk bulat dengan isi nanas yang manis. Kue ini terkenal sebagai oleh-oleh khas Malang.
    • Tahu Telor Malang: Tahu telor adalah hidangan yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan telur, tauge, ketimun, dan bumbu kacang yang khas.

Kesimpulan

Dengan demikian pantai ini memberikan nuansa cantiknya alam dipadu suasana mistis di sekitarnya. Hal ini bisa dilihat makam keramat yang ada di sekitar Gunung Kombang

Tidak hanya itu di sekitar Pantai Ngliyep ada beberapa wahana lain bukit hingga teluk putri. Semua itu mampu memberikan kesan yang berbeda dan pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas selama berada di pesisir pantai.

You might also like