Pantai Ngrawe di Yogyakarta: Wisata Laut yang Mempesona dengan Taman Hijaunya yang Cantik

Yogyakarta memang selalu menyimpan kekayaan alam yang mempesona dan salah satunya ada di Gunung Kidul. Hal yang mempesona tersebut ada pada keindahan Pantai Ngrawe atau disebut Pantai Mesra.

Untuk menuju ke Pantai Ngrawe ini cukup berbeda dari wisata lain karena letaknya yang bersebelahan dengan pantai Kukup. Lokasi antara kedua pantai ini hanya dibatasi oleh bukit karang yang cukup tinggi. Dengan begitu untuk sampai di tempat tersebut maka pengunjung perlu menunggu pasang surutnya air laut.

Meski jalannya termasuk tidak mudah namun banyak juga wisatawan yang berkunjung ke pantai itu. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik atau sarana yang ada di wisata itu. Namun sebelum berkunjung pastikan sudah mengetahui apa saja daya tariknya, harga tiket dan rute perjalanannya.

Sekilas Tentang Pantai Ngrawe

Sekilas Tentang Pantai Ngrawe
(sumber gambar: GoogleMaps_Tanjung IMC)

Sebagaimana dijelaskan di bagian awal jika Pantai Ngrawe ini berdekatan dengan wisata lain. Dengan begitu pantai ini bisa dikatakan anti mainstream dan selalu menyajikan sesuatu yang mempesona.

Hal yang mempesona di pantai tersebut berupa pasir putihnya yang cukup indah dipandang. Meski terbilang indah seperti ini, pantai tersebut memang tidak sepopuler wisata lain di sekitarnya.

Meskipun begitu semua keindahan yang disajikan membuat pengunjung tidak kecewa datang ke tempat itu. Salah satu yang cukup terkenal ada pada taman hijau dengan gazebo yang cantik.

Semua keindahan ini terjadi karena proses pengelolaan yang baik dari warga dan pemerintah setempat. Dengan semua keindahan tersebut rasanya pantas jika tempat wisata ini dijadikan sebagai tempat liburan di akhir pekan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Ngrawe

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp 3.000Rp 5.000

Karena konsepnya memang pantai maka jam operasional dari wisata ini bisa dikatakan selalu terbuka. Untuk itu pengunjung bisa datang ke tempat ini kapan saja selama kurun waktu 24 jam non stop.

Meski waktunya selalu terbuka namun untuk masuk ke Pantai Ngrawe ini dikenakan biaya masuk. Untuk masuk ke area pantai, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu per orangnya.

Selain berupa tiket masuk, pengunjung perlu membayar biaya lain seperti parkir dan yang lainnya. Untuk parkir kendaraan roda dua biayanya 3 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan dengan roda empat.

Jika pengunjung ingin menikmati atau fasilitas lain di tempat ini juga dikenakan biaya. Untuk itu pastikan selalu membawa budget yang lebih untuk keperluan selama di destinasi tersebut.

Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai Ngrawe

Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai Ngrawe

Untuk menuju ke wisata ini tergolong sangat mudah dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. Dengan begitu siapapun yang ingin berlibur tinggal ikuti saja rute perjalanan yang sudah ditentukan.

Sebelum membahas rute maka pengunjung perlu mengetahui alamat lengkap dari destinasi ini. Wisata air satu ini lokasinya ada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul.

Posisi Pantai Ngrawe ini jika diukur jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Dengan begitu jika menggunakan kendaraan dari pusat kota membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Hal penting yang perlu diketahui adalah saat kendaraan sudah di parkir, pengunjung harus berjalan kaki. Untuk durasi waktu jalan kakinya sekitar 20 menit untuk sampai di pantai tersebut.

Rute Lengkap Menuju Lokasi Pantai Ngrawe:

Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe ini memiliki daya tarik yang mempesona dan penting dipahami pengunjung, diantaranya sebagai berikut:

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrawe
(sumber gambar: GoogleMaps_Catur Nizzam)

1. Deburan Ombak

Deburan ombak ini sebenarnya sudah terlihat saat pengunjung akan melewati pantai sebelum wisata ini. Karena di saat itu pengunjung harus menunggu air laut tersebut pasang agar bisa sampai di destinasi ini.

Meski demikian ketika akan berkunjung ke pantai ini nantinya ada panitia yang akan membantu. Panitia inilah yang nanti akan memberitahukan pijakan mana agar pengunjung bisa sampai di pantai ini.

Di pantai ini deburan ombaknya akan terlihat dengan begitu indah dan tergolong tinggi. Dengan deburan ombak ini, pengunjung juga bisa berenang di sekitarnya namun jangan terlalu ke tengah. Jika ingin lebih aman maka bisa bermain pasir di Pantai Ngrawe sambil menikmati ombaknya air laut.

Deburan Ombak
(sumber gambar: GoogleMaps_Dian Adhitiya Chandra)

2. Tamannya Mempesona

Pantai ini tidak hanya menyajikan ombak yang besar namun ada juga taman yang indah. Oleh karena itu kamu bisa berjalan mengelilingi daratan yang ada di pantai itu untuk melihat taman ini.

Taman ini terbilang mempesona karena hamparan rumput hijaunya yang indah dan tergolong luas. Selain itu, taman tersebut dipercantik dengan adanya lampu taman yang ada di sekitarnya.

Untuk membuat puas para pengunjung maka di taman itu disediakan kursi putih. Di Pantai Ngrawe tersebut, pengunjung bisa duduk atau berfoto bersama dengan background taman indah itu.

Hadirnya taman ini memberinya kesan yang berbeda karena tidak banyak laut yang ada tamannya. Karena itu perpaduan antara birunya air laut dan taman hijau membuat tempat ini sangat mempesona dan layak dijadikan tempat wisata akhir pekan.

3. Pantai Kukup dan Baron

Bentuk daya tarik lainnya di Pantai Ngrawe ini berupa destinasi lain yang berdekatan. Wisata tersebut berupa Pantai Kukup dan Pantai Baron yang terlihat sangat mempesona dari segi keindahan lautnya. Lokasi dari pantai ini cukup dekat sehingga saat sampai di liburan akhir pekan, pengunjung bisa berkunjung ke dua pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrawe

Selain daya tarik yang ada, pengunjung perlu mengetahui fasilitas di pantai tersebut yang meliputi:

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrawe
(sumber gambar: GoogleMaps_Galih Sapta Ajipratama)

1. Tempat Penyewaan

Ketika sampai di laut terkadang pengunjung ada yang lupa tidak membawa peralatan selama di pantai. Untuk itu di tempat ini disediakan tempat untuk menyewa berbagai peralatan tersebut.

Untuk alat itu bisa berupa tenda duduk dan tikar yang bisa digunakan untuk tempat duduk. Untuk menyewa alas dibutuhkan uang sebesar 30 ribu dan alas ini tergolong cukup luas.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa tenda duduk dengan biaya sekitar 15 ribu rupiah. Selain dua alat tersebut, pengunjung bisa bertanya ke panitia terkait ketersediaan alat yang kamu butuhkan selama di pantai tersebut.

2. Area Parkir Luas

Saat berkunjung ke Pantai Ngrawe ini, pengunjung bisa dimanjakan dengan adanya area parkir. Untuk tempat parkir di pantai ini tergolong cukup luas dan muat untuk beberapa kendaraan.

Menariknya ada perbedaan area untuk pengunjung yang menggunakan motor dan mobil. Dengan seperti ini akan memudahkan pengunjung ketika akan keluar atau masuk ke tempat wisata ini.

Area Parkir Luas

3. Tempat Kuliner

Saat berada di sekitar pantai ini, pengunjung bisa juga menikmati aneka hidangan makanan yang ada. Untuk makanan yang tersedia di tempat ini tergolong cukup beragam dan dari sisi rasanya cukup nikmat.

Untuk menunya cukup beragam dan pengunjung dapat memilih sesuai keinginan. Rasanya yang enak ini juga didukung harganya yang tergolong cukup ramah di kantong.

4. Gazebo

Dari sekian fasilitas yang ada, gazebo ini rasanya sudah seperti fasilitas wajib di setiap tempat wisata. Untuk gazebo di Pantai Ngrawe ini termasuk cukup luas dan dibuat bahan yang kokoh.

Fasilitas satu ini juga dibuat desain yang indah untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Wisatawan bisa beristirahat atau duduk santai bersama keluarga di satu tempat itu.

Untuk meningkatkan kepuasan ke pengunjung, gazebo ini dibuat di beberapa tempat. Dengan begitu pengunjung tinggal memilih gazebo mana yang akan dipilih.

Gazebo

5. Toilet dan Kamar Mandi

Saat pengunjung sedang berada di pantai maka memerlukan tempat berupa kamar mandi dan toilet. Untuk toilet umumnya dibutuhkan waktu wisatawan ingin buang air besar atau kecil. Pengunjung yang masuk di toilet ini akan dikenakan tarif standard dan dari segi kebersihannya terjamin.

Lalu untuk kamar mandi yang tersedia cukup banyak sehingga memudahkan pengunjung yang akan mandi. Tidak hanya itu, fasilitas di Pantai Ngrawe ini juga dikelola baik agar kebersihannya selalu terjaga dengan baik.

6. Wahana Permainan

Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Ngrawe ini terkadang membawa anak-anak untuk bermain. Ketika sampai di lokasi, anak-anak bisa bermain pasir yang tergolong halus dan berbagai wahana permainan.

Untuk wahana ini cukup beragam dan akan membuat keseruan tersendiri untuk anak-anak. Dengan wahana ini akan membuat anak-anak merasa betah selama berada di pantai.

Wahana Permainan

7. Penginapan

Beberapa pengunjung terkadang malas mendirikan tenda untuk bermalam di sekitar pantai. Untuk itu maka di area wisata ini diberikan fasilitas berupa penginapan yang cukup sederhana.

Untuk pengunjung yang ingin menginap di Pantai Ngrawe tersebut akan dikenakan biaya sebesar 100 ribu per malam. Selain penginapan sederhana, pengunjung juga bisa menyewa kamar di hotel yang ada di sekitar pantai.

8. Spot Foto

Saat masuk ke area pantai ini rasanya kurang lengkap jika tidak berfoto bersama teman atau keluarga. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka di wisata ini pengunjung bisa memilih spot foto.

Ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk berfoto dan nyatakan dari hasilnya akan memuaskan. Tapi dari sekian spot yang paling menarik memang yang berlatar belakang taman dan birunya air laut.

Tips Berwisata ke Pantai Ngrawe

Untuk kamu yang akan berkunjung ke pantai ini tidak boleh asal datang begitu saja. Maka dari itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengunjung untuk masuk ke area wisata ini diantaranya:

Tips Berwisata ke Pantai Ngrawe

1. Menunggu Pantai Surut

Sebagaimana dijelaskan jika ingin berkunjung ke pantai ini pengunjung harus melewati pantai lain. Karena itu sebelum berkunjung pastikan air laut tersebut dalam posisi sedang surut.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melewati pantai tersebut saat pantai sedang pasang. Karena ini akan membahayakan diri sendiri dan pengunjung tinggal menunggu perintah dari petugas yang akan membantu melewati di jalan tersebut.

2. Datang Bersama Keluarga atau Teman

Untuk berkunjung ke tempat ini, kamu bisa membawa keluarga atau teman untuk menikmati masa liburan. Dengan wahana dan indahnya air laut dan tamannya akan membuat mereka senang. Apalagi untuk masuk ke Pantai Ngrawe ini tiket masuknya tergolong murah meriah.

Datang Bersama Keluarga atau Teman
(sumber gambar: GoogleMaps_Agus way)

3. Datang di Pagi Hari

Saat berkunjung ke pantai, waktu yang terbaik adalah ketika pagi hari. Di waktu itu ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan oleh pengunjung. Wisatawan dapat menikmati semua wahana yang ada di sekitar pantai.

Hal ini bisa dilakukan karena di waktu tersebut tidak banyak yang datang ke tempat tersebut. Menariknya lagi pengunjung juga bisa menikmati kesejukan yang ada di pantai ini. Bahkan pengunjung bisa menikmati sunrise jika datang pagi-pagi sekali ke wisata ini.

4. Membawa Pakaian Ganti

Saat berada di pantai umumnya orang akan berenang di Pantai Ngrawe tersebut bersama keluarga dan teman. Karena itu pengunjung perlu membawa pakaian untuk bisa ganti saat selesai berenang.

Untuk tips ini sebenarnya lebih ke optional dan lebih dikhususkan untuk mereka yang berenang. Jika tidak ada niatan untuk berenang bisa tidak membawa pakaian ganti saat masuk ke area pantai.

Membawa Pakaian Ganti

5. Jaga dan Awasi Anak

Untuk pengunjung yang membawa anak maka perlu dijaga dan diawasi baik. Karena pantai ini termasuk memiliki ombak yang cukup tinggi di waktu-waktu tertentu. Dalam kondisi seperti itu maka akan berbahaya jika anak-anak bermain di pantai.

Sebab itu saat membawa anak sebaiknya diberikan batasan agar tidak masuk ke area Pantai Ngrawe. Pengunjung tinggal menyuruh anak-anak untuk bermain pasir atau menikmati wahana lain yang ada di sekitar pantai.

6. Menyiapkan Gadget

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung ada selalu menyiapkan gadget atau smartphone. Alat ini harus selalu dipegang selama di pantai untuk mengabadikan momen yang seru.

Dengan gadget ini pengunjung bisa berfoto di beberapa spot tertentu yang ada di sekitar pantai. Juga wisatawan juga bisa melakukan siaran langsung selama berada di sekitar pantai baik di Tiktok atau media lainnya.

Semua tehnik yang disebutkan ini hanya sekedar pendapat sehingga pengunjung setuju atau tidak. Dikatakan demikian karena beberapa pengunjung terkadang ada yang suka datang saat sore atau siang hari ke pantai.

Aktivitas Seru Selama di Pantai Ngrawe

Ada beberapa kesibukan seru yang bisa dilakukan oleh pengunjung selama berada di Pantai Ngrawe ini diantaranya:

Aktivitas Seru Selama di Pantai Ngrawe
(sumber gambar: GoogleMaps_andrieka budi)

1. Berenang

Salah satu aktivitas utama saat berada di Pantai Ngrawe ini kebanyakan berenang di sekitar laut. Namun sebelum berenang pastikan ombaknya tidak terlalu besar terutama pada sisi pinggir pantai.

Sebagai bentuk antisipasi, hindari berenang hingga ke tengah laut karena ombaknya tergolong cukup tinggi. Pengunjung bisa berenang sesuai hati dengan airnya yang jernih dan tidak terlalu banyak karang di bawah laut.

Berenang
(sumber gambar: GoogleMaps_Gubuk Happy)

2. Surfing

Dengan khas ombaknya yang tinggi di bagian tengah maka bisa melakukan aktivitas surfing. Untuk melakukan aktivitas itu, pengunjung perlu membawa sendiri papan seluncur yang akan digunakan.

Dengan ombak yang tinggi tentu sangat mendukung ketika akan melakukan aktivitas tersebut. Meskipun begitu hindari berselancar bersama anak-anak karena ditakutkan tenggelam di tengah Pantai Ngrawe.

3. Menikmati Indahnya Taman

Jika tidak bisa berenang maka pengunjung bisa berkeliling di sekitar taman yang hijau. Keberadaan taman ini menjadi ciri khas tertentu dari pantai ini dan tidak dimiliki oleh tempat wisata yang lain. Karena itu pengunjung bisa berfoto bersama di lokasi itu untuk kenang-kenangan.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Ngrawe di Yogyakarta

Pantai Ngrawe adalah salah satu pantai yang indah di Yogyakarta. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan yang terletak dekat dengan Pantai Ngrawe:

1. Ama Awa Resort

Ama Awa Resort
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di lokasi yang strategis di Kemadang, bagian dari Bedoyo, Ama Awa Resort menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan dengan akses yang mudah ke berbagai atraksi dan restoran menarik di sekitarnya.

Kamu bisa menikmati pemandangan laut yang menakjubkan ketika berkunjung ke Pantai Baron yang hanya beberapa langkah dari properti ini. Dengan peringkat bintang-3, Ama Awa Resort menawarkan fasilitas yang memanjakan seperti kolam renang dalam ruangan dan restoran yang menyajikan hidangan lezat untuk kamu nikmati.

Selain itu, tersedia beragam fasilitas lainnya seperti resepsionis 24 jam, parkir valet, WiFi gratis di semua kamar, kolam renang luar ruangan, lapangan golf di properti, fasilitas BBQ, dan sarapan gratis untuk memastikan pengalaman menginap kamu sempurna.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 682.240 per malam

PESAN HOTEL Ama Awa Resort Diskon 71%

2. The Royal Joglo

The Royal Joglo
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Ngestirejo, bagian dari Bedoyo, The Royal Joglo adalah pilihan akomodasi yang nyaman dengan akses yang mudah ke atraksi dan tempat makan populer di sekitarnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Pantai Baron yang terkenal sebelum kamu meninggalkan tempat ini.

Properti ini menawarkan kolam renang luar ruangan yang menyegarkan untuk kamu bersantai. Selain itu, fasilitas lainnya termasuk resepsionis 24 jam untuk membantu kebutuhan kamu, layanan shuttle bandara, kebijakan ramah hewan peliharaan, tempat parkir mobil, WiFi gratis di semua kamar, layanan laundry, dan WiFi di tempat umum.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 264.787 per malam

PESAN HOTEL The Royal Joglo Diskon 67%

3. Sandhya Giri Beach Resort Watukodok

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok
(sumber gambar: Agoda)

Sandhya Giri Beach Resort Watukodok menawarkan pengalaman menginap yang tenang dan nyaman di Kemadang, bagian dari Bedoyo. Properti ini menyediakan akses yang mudah ke atraksi terkenal seperti Pantai Baron. Fasilitas yang tersedia di resort ini mencakup tempat parkir mobil yang luas.

WiFi gratis di semua kamar untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman, ruang keluarga yang nyaman, akses langsung ke pantai untuk menikmati keindahan alam, serta kamar bebas asap rokok dan properti bebas asap rokok untuk kenyamanan semua tamu.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 840.000 per malam

PESAN HOTEL Sandhya Giri Beach Resort Watukodok Diskon 66%

4. Orchid Inn Hotel

Orchid Inn Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Terletak di Wonosari, Orchid Inn Hotel menawarkan akomodasi yang nyaman dengan akses yang mudah ke atraksi terkenal seperti Taman Sari. Properti ini menyediakan beragam fasilitas untuk memastikan pengalaman menginap kamu menyenangkan, termasuk resepsionis 24 jam.

Kebijakan hewan peliharaan yang ramah, tempat parkir mobil yang aman, WiFi gratis di semua kamar, layanan kamar 24 jam untuk kenyamanan tambahan, dan bar yang menawarkan minuman menyegarkan.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 100.266 per malam

PESAN HOTEL Orchid Inn Hotel Diskon 75%

5. Alzara Hotel

Alzara Hotel
(sumber gambar: Agoda)

Alzara Hotel terletak di lokasi yang strategis di Wonosari, menawarkan akses mudah ke atraksi dan restoran terkenal di Yogyakarta. Pastikan untuk mengunjungi Taman Sari yang ikonik sebelum meninggalkan daerah ini. Properti ini menyediakan beragam fasilitas, mulai dari resepsionis 24 jam untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Tempat parkir mobil yang aman, penitipan barang, hingga layanan laundry untuk kenyamanan kamu. Kamu juga dapat menikmati layanan kamar, WiFi di tempat umum, serta ruang keluarga yang nyaman untuk bersantai setelah seharian menjelajahi kota.

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp 278.390 per malam

PESAN HOTEL Alzara Hotel Diskon 58%

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yang Menggugah Selera

Yogyakarta adalah tempat yang kaya akan budaya dan kuliner lezat. Berikut beberapa makanan khas Yogyakarta yang patut kamu coba:

Mencoba Makanan Khas Yogyakarta yang Menggugah Selera

    • Es Dawet: Es Dawet adalah minuman segar khas Yogyakarta yang terbuat dari santan, gula merah, dan tepung beras yang disajikan dengan es serut dan agar-agar hijau.
    • Sego Kucing: Sego Kucing adalah hidangan nasi kecil yang disajikan dalam porsi kecil dan biasanya dijual di warung-warung kaki lima. kamu bisa mencicipi berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, dan sambal.
    • Gudeg: Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, dan krecek (kulit sapi direbus). Rasanya manis dan gurih.
    • Bakmi Jawa: Mi rebus ala Jawa, biasanya disajikan dengan irisan daging ayam atau sapi, tauge, dan bumbu khas Jawa seperti kecap manis dan bawang goreng.
    • Sate Klatak: Sate dari daging kambing yang dipanggang dengan arang. Dagingnya empuk dan disajikan dengan sambal khas Yogyakarta.
    • Soto Yogyakarta: Soto dengan kuah bening yang kaya rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, tauge, bawang goreng, dan daun seledri.
    • Wedang Uwuh: Minuman tradisional dari campuran rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Biasanya disajikan hangat dan cocok diminum saat cuaca dingin.
    • Angkringan: Bukan makanan khas, tapi pengalaman makan yang unik di Yogyakarta. Angkringan adalah warung kaki lima yang menyajikan berbagai jenis makanan ringan dan minuman seperti nasi kucing, sate usus, telur puyuh, dan masih banyak lagi.
    • Bakpia Pathok: Bakpia adalah kue khas Yogyakarta yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti kacang hijau, kacang tanah, cokelat, atau keju. Bakpia Pathok adalah salah satu jenis bakpia yang terkenal di Yogyakarta.

Penutup

Jadi Pantai Ngrawe ini termasuk wisata air yang punya keunikan perpaduan antara birunya laut dan hijaunya taman. Kombinasi ini membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan meskipun dari akses ke lokasinya harus melewati lautan terlebih dahulu.

Namun dengan keindahan alamnya ini akan terbayarkan meski aksesnya tidak mudah. Untuk menikmati indahnya alam ini, pengunjung bisa duduk santai di gazebo atau menikmati kuliner khas Gunung Kidul

You might also like